You are on page 1of 11

PROPOSAL PERINGATAN HARI BESAR ISLAM ( PHBI ) MAULID NABI MUHAMMAD

SAW

LEMBAR PENGESAHAN

PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM ( PHBI )

MAULID NABI MUHAMMAD SAW

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA ( BEM ) KELUARGA MAHASISWA ( KM )

STAI DR. KHEZ. MUTTAQIEN PURWAKARTA

KETUA PELAKSANA, SEKRETARIS,

SAEPUL MUKTI HUSNUL KHOTIMAH

NIM. 0101.1201.119 NIM. 0101.1401.032

MENGE TAHUI,

PRESIDEN MAHASISWA

PEMBANTU KETUA III BEM KM

BIDANG KEMAHASISWAAN STAI DR KHEZ MUTTAQIEN

DIDIH AHMADIAH, SQ., S. H. I ASEP SAEPUL MALIK

NIP. 11.607.008.08 NIM. 0101.1201.039

MENYETUJUI,

KETUA

STAI DR KHEZ MUTTAQIEN,

sebagaimana dinyatakan Allah dalam al-Qur’an. ditambah dengan terkotak-kotaknya umat muslim karena kefanatikan dengan suatu golongan. berguna sebagi i’tibar (pengambilan pelajaran dan tauladan) dari contoh-contoh di masa lampau. dan politik. yang bersumber dari Al-Qur’an dan al-Sunnah. sehinggamemberikan azas manfaat secara lebih khusus demi keberlangsungan hidup umat. yaitu : al-ukhuwwah (persaudaraan). M. mulai dari tindakan kekerasan. maka kita akan melihat suatu perbedaan yang signifikan. saling menyayangi. Bila kita mengacu pada fakta historis keadaan umat islam (masyarakat muslim) pada zaman Rasullullah SAW maka kita akan menemukan suatu kondisi masyarakat yang berperadaban tinggi. penindasan terhadap yang lemah sampai kepada maraknya mafia hukum dan peradilan. sosial. MUQODDIMAH Tujuan utama diutusnya Rasulullah SAW adalah sebagai rahmat bagi semesta alam ini. Hal ini terjadi karena adanya komitmen mereka pada sunnah-sunnah rasul dan kemampuan mereka untuk memposisikanRasul sebagai teladan dan panutan yang terbaik serta aplikasi mereka terhadap esensi ajaran islam yang syamil / komprehensif. al- tsasamuh (toleransi). Umat islam sebagai penghuni mayoritas di negeri tercinta ini jelas yang paling terkena imbas krisis tersebut. . di mana masyarakat kita saat ini sedang menghadapi sebuah krisis moral di setiap lapisan sosial dalam masyarakat. maka Rasulullah SAW menanamkan dasar-dasar karakteristik Islam yang umumnya merupakan sejumlah nilai dan norma yang mengatur manusia dan masyarakat dalam hal yang berkaitan dengan peribadatan. al-ta’awwun (tolong-menolong). ada dua yang tidak gaib. sebuah negeri yang berketuhanan dan dihuni oleh mayoritas ummat Nabi Muhammad SAW. Mempelajari sejarah terutama Rasulullah SAW sebagai Matsl al-A’la (tipe ideal). yaitu sosok Nabi Muhammad SAW sebagai sosok historis dan kitab suci al-Qur’an yang bisa kita baca dan kaji kandungannya. merupakan pintu gerbang ajaran Ilahi yang mengajarkan umat ini untuk hidup dan berkehidupan yang ”Rahmatan lil‘alamin”.Ag NIP. kemudian bencana alam melanda negeri ini hingga menyengsarakan sebagian rakyat Indonesia. belum lagi dengan krisis global. Dr. dan al-‘adalah (keadilan). dapat terlihat oleh kita kemiskinan merajalela sehingga banyak saudara kita menjerit dengan beban ekonomi yang semakin menghimpit. MANPAN DRAJAT. dan jalinan solidaritas sosial diantara mereka yang begitu indah dan kuatnya. yang telah menghancurkan sendi-sendi perekonomian dunia dan berdampak pada terpuruknya laju perekonomian. al-syuro’ (musyawarah). Dari enam rukun iman yang diyakini umat Islam. 197512222005011003 BAB I PENDAHULUAN A. ekonomi. saling menghormati. tolong-menolong. Indonesia. Jika kita bandingkan kondisi kehidupan bermasyarakat pada zaman Rasulullah SAW dengan kondisi sosial dewasa ini di negeri kita. al-musawwa (persamaan). sebagai konsekuensi logis dari fungsi dan tujuan Ke-Rasul-an tersebut. toleran.

BENTUK KEGIATAN 1. 4. Ceramah / Tabligh Akbar 2. perdamaian dan saling tolong menolong serta semangat ukhuwwah islamiyyah. E. D. 3. umumnya di antara sesama manusia. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan rasa cinta kepada Rasulullah SAW. sebagaimana sabdanya : “Muslim dengan muslim lain adalah saudara. sehingga dimana salah satu organ tubuh merasakan sakit maka organ-organ tubuh yang lainnyapun akan merasakannya pula”.” (HR. Al-qur’an dan Hadits ‫لقد كان لكم في رسول هللا أسوة حسنة لمن كان يرجو هللا واليوم اآلخر وذكر هللا كثيرا‬ “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. B. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) STAI Dr. TEMA KEGIATAN Tema kegiatan ini adalah “Maulid Nabi sebagai Momentum Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW Demi Terciptanya Insan yang Berbudi”. demi meningkatkan jalinan ukhuwwah yang telah sejak dahulu disinyalir oleh Nabi Muhammad SAW. 2. al-Ahzab/33 : 21) ‫انما بعثت ألتمم مكارم األخالق‬ “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlaq yang mulia. Sebagai bentuk pengabdian (ibadah) kepada Allah SWT. DASAR PEMIKIRAN 1. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN . F. Muttaqien Purwakarta. bermaksud mengadakan kegiatan dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.Realitas Faktual diatas tersebut sudah seharusnya menggugah kita untuk mewujudkan kepedulian sosial dan mempertebal rasa solidaritas diantara kita selaku umat yang inti ajarannya adalah cinta kasih dan persaudaraan.” (QS. maka kami. Diskusi (tanya jawab) G. Implementasi nilai – nilai islam yang berlandaskan rahmatan llila’alamin. Berpijak dan mengacu pada esensi ajaran islam yang tersimpul pada cinta kasih. layaknya tubuh manusia. NAMA KEGIATAN Nama kegiatan ini adalah Maulid Nabi Muhammad SAW untuk berbudi. untuk menumbuh-kembangkan solidaritas ummat dan terciptanya jalinan ukhuwwah diantara sesama muslim. Menjalin dan mempererat tali silaturahmi di antara sesama mahasiswa khususnya. Khez. Bukhari dalam Shahih Bukhari kitab adabul mufrad) C. TUJUAN KEGIATAN Dalam kegiatan ini tentunya memiliki tujuan yakni sebagai berikut : 1.

SUSUNAN KEPANITIAAN ( Terlampir ) J. Khez. ESTIMASI ANGGARAN ( Terlampir ) N. SASARAN KEGIATAN 1. K. Amien.Pd.Hari / Tanggal : Ahad. M.I. Mahasiswa/i se-Kabupaten Purwakarta 3. SUMBER DANA KEGIATAN 1. Muttaqien Purwakarta. PELAKSANA KEGIATAN Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa STAI DR Khez. AGENDA ACARA ( Terlampir ) I. Atas segala perhatian. dukungan. Lembaga Kampus STAI Dr.00 s/d selesai Tempat : Aula Kampus STAI Dr. teriring harapan terjalinnya kerja sama dan partisipasi maksimal dari semua pihak demi suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut. (Alumni PTIQ) H. Semoga Allah SWT mencatat amal baik Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian. Khez Muttaqien Purwakarta. Muttaqien Purwakarta 2. Siswa/i SMA/Sederajat se-Kabupaten Purwakarta L. PENUTUP Demikian proposal ini kami buat untuk dijadikan sebagai deskripsi dan acuan kegiatan yang akan diselenggarakan. Hafidz Utsman Qurnaen. MUTTAQIEN PURWAKARTA . ` PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM ( PHBI ) MAULID NABI MUHAMMAD SAW BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA ( BEM ) KELUARGA MAHASISWA ( KM ) STAI DR. 1 Februari 2015 Waktu : 13. Mahasiswa/i STAI Dr. Muttaqien Purwakarta Penceramah : Ust. bantuan dan kerjasamanya tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih. S. KHEZ. Khez.

0101. PRESIDEN MAHASISWA BEM KM STAI DR.039 Lampiran I AGENDA ACARA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM ( PHBI ) PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1435 H / 2015 M No Waktu Kegiatan Keterangan 13.00 Pembukaan : MC Yuyun Yuningsih Pembacaan Do’a Moch.0101. KHEZ. Pembacaan Ayat Suci al-Qur’an Jalaludin 15.119 NIM. 0101.1201. MUTTAQIEN PURWAKARTA. ASEP SAEPUL MALIK NIM. SEKRETARIS.00 Pembacaan Shalawat Jodi Muhammad Kurniawan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya & Husnul Khotimah . SAEPUL MUKTI HUSNUL KHOTIMAH NIM.032 MENGETAHUI.1201.00- 2. Arief Kharisyahbudi 14.1401. Check In Peserta Panitia 14. KETUA PELAKSANA.00- 1.

Ag 3. Asep Saepul Malik Muttaqien 3. 15. S. Saepul Mukti 2. Hafidz Utsman Qurnaen.00 Moderator : Soleh Sopian 16. Presiden BEM KM STAI Dr. Muttaqien Purwakarta Dr. Khez. Hymne STAI Sambutan-sambutan : . Muttaqien Ust.I 3. Penceramah 16. M.Pd. Ketua STAI Dr. Dr.00- 4.00. M. Khez.30 16. Manpan Drajat. Pembagian Hadiah PORAK Panitia 17.30- 5. Ketua Pelaksana 1. 1.00 Lampiran II SUSUNAN KEPANITIAAN PERINGATAN HARI BESAR ISLAM PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1435 H / 2015 M PELINDUNG Ketua STAI Dr. Manpan Drajat. 2. Shalat Ashar Berjama’ah all 16.Ag PENASEHAT . Khez.

SQ.I PENANGGUNG JAWAB Presiden Mahasiswa Asep Saepul Malik DIVISI PUBDEKDOK DIVISI KONSUMSI Jamaludin Ahmad Hamdani Luthfi .H. M Daarul Fadli Asep Misbah STEERING COMMITTE Menteri Agama Jalaludin . M Ilham Fauzi Yusie Yusniar Ida Susanti DIVISI KEAMANAN Soleh Sopian Jodi ..Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan Didih Ahmadiah. S.

ORGANIZING COMMITTE Ketua Pelaksana Saepul Mukti Sekretaris Bendahara Husnul Khotimah Eva Hasanah DIVISI – DIVISI DIVISI KESEKRETARIATAN DIVISI ACARA DIVISI HUMAS DAN PENDANAAN Marsid Hidayat Norwis Hanindar Habibi Samsul Bahri Dede M.Zaenal Alim Rian Haqi Yuyun Yuningsih Rosa Safa’atillah .

Lampiran III ESTIMASI ANGGARAN PERINGATAN HARI BESAR ISLAM PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW .

Pembuatan Proposal .000 Jumlah Rp. Dekorasi + Peralatan Teknis . Rp. Rp. Konsumsi Peserta 150 7.000 2. Konsumsi 1. 140.000 3. 1. Rp. Konsumsi Panitia 24 7.000 2. Rp. B. Rp.000 3. Humas . Spanduk 1 90.000 2 B. Pubdekdok + Akomodasi Peralatan 1. 200. Surat Menyurat .000 2. Co Card 24 pcs 2. . Rp. 2. 1. Rp.000 3. 90.000 2. ANGGARAN UMUM Jumlah Harga No Jenis Anggaran Jumlah Satuan Satuan 1 A. Konsumsi Tamu 20 7. Rp. . A.000 Jumlah Rp. Rp. 198.050.000 Jumlah Rp.000 2. 48.1435 H / 2015 M A. 290. 100.358. 1. 1.000 Undangan 3. 1.000 3. ANGGARAN KHUSUS 1.000 2. . 500.000 B. Kesekretariatan 1. Insentif Penceramah Penceramah 1 orang .000 1. 50. C. 168.

000 Jumlah Total Rp. Rp.072 . . 600. 1.1301.000 Proposal Jumlah Rp. EVA HASANAH NIM. Distribusi Surat & . 1. 2.000 Jumlah : “Dua Juta Empat Ratus Empat Puluh Enam Ribu Rupiah” BENDAHARA. 0101. 100.446.