You are on page 1of 66

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13, 2014

PANDUAN PENULISAN

LAPORAN AKHIR
DAN
SKRIPSI

1

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13, 2014

Oleh
TEAM TUGAS AKHIR

PROGRAM STUDI TEKNIK SISTEM TENAGA LISTRIK
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
POLITEKNIK NEGERI MALANG
MALANG
2011

2

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13, 2014

Contents
1. PENDAHULUAN
1.1 Bagian Utama Karya ilmiah
1.2 Mainstream
1.3 Non-Mainstream
2. PROPOSAL
2.1 Ketentuan Umum
2.2 Prosedur Pengajuan Usulan Penelitian
2.3 Format Usulan Penelitian
2.3.1 Bagian Awal
2.3.2 Bagian Inti
2.3.3 Bagian Akhir
2.4 Sampul (Cover)
3. SELEKSI PROPOSAL
3.1 Seleksi Usulan Penelitian
3.1.1 Ketentuan Umum
3.1.2 Seminar Seleksi Usulan
3.1.3 Wewenang Pelaksanaan
3.2 Proses Seleksi
3.2.1 Instrumen Penilaian
3.2.2 Tim Reviewer
3.3 Pelaksanaan Penelitian dan Monitoring
3.3.1 Pelaksanaan Penelitian
3.3.2 Pemantauan (monitoring) Penelitian
4. LAPORAN LA /SKRIPSI
4.1 Format Laporan Penelitian
4.2 Bagian Awal
4.2.1 Halaman Sampul
4.2.2 Halaman Judul
4.2.3 Halaman Pengesahan
4.2.4 Abstrak
4.2.5 Abstract

3

3 Bagian Inti 4.4 Rujukan dari Dictionary.7 Daftar Isi 4.2 Bab II.2. hard copy.7 Nomer Halaman 6.5 Bab V. 6.2.3 Bab III.4 Bab IV.2 Penulisan Pengarang Dalam Teks dan Daftar Pustaka.2. Kesimpulan dan Saran 4.3.6 Rujukan dari Software atau Manual Software 4 .2.2.6 Proses Pelaporan 4.2.2 Pengetikan 5.1 Kertas 5. online.Tinjauan Pustaka 4.1 Cara Menulis Daftar Pustaka 6.5 Rujukan dari Artikel surat kabar atau majalah 6.3.2. Metode Penelitian 4.4 Margin 5.3.2. CARA MENGUTIP PUSTAKA DAN MENULIS DAFTAR PUSTAKA 6.9 Daftar Gambar 4.3 Rujukan dari internet 6.10 Daftar Lampiran 4.8 Daftar Tabel 4.3.6 Spasi 5.5 Format 5.2 Rujukan dari artikel 6.3.4 Bagian Akhir 4.3 Jenis Huruf 5.1 Rujukan Dari Buku 6. Pendahuluan 4.2.2. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. and CD-ROM 6. 2014 4.2.7 Sampul (Cover) 5.6 Kata Pengantar 4. BAHASA DAN PENGETIKAN 5. Hasil dan Pembahasan 4.1 Bab I.5 Seminar Hasil Penelitian 4.

tesis.2. Lambang.3.2. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Gambar.3 Cetak Miring LAMPIRAN 5 .2. dan Singkatan 7.3.8 Rujukan Dari Dokumen Resmi Pemerintah Yang Diterbitkan Oleh Suatu Penerbit Tanpa Penulis Dan Tanpa Lembaga 6.10 Singkatan untuk daftar referensi 6. 2014 6. Singkatan Dan Cetak Miring 7. atau disertasi 6.3 Kutipan 6.1 Penulisan Tabel dan Gambar 7. Satuan.1 Cara merujuk 6. skripsi. Satuan.2 Penulisan Lambang.7 Rujukan berupa karya terjemahan.2 Cara merujuk kutipan langsung 7. Cara Penulisan Tabel.9 Rujukan dari lembaga yang ditulis atas nama lembaga tersebut 6.2.

Contoh ABSTRACT Lampiran 6. Contoh halaman Riwayat Hidup Lampiran 5. Contoh Daftar Isi Lampiran 10. Contoh Daftar Isi Lampiran 9. Contoh Tabel Lampiran 12. Contoh Daftar Gambar Lampiran 11. Contoh Grafik 6 . Contoh Cara Penulisan Punggung Buku Lampiran 4. Contoh Kata Pengantar Lampiran 8. Contoh Sampul Depan Skripsi Lampiran 2. Contoh ABSTRAK Lampiran 7. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Contoh Halaman Judul Skripsi Lampiran 3. 2014 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1.

2014 7 .[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.

juga berwenang mempermasalahkan karya ilmiah mahasiswa. tinjauan pustaka/kerangka dasar teoritik/kerangka fikir. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Polinema. Oleh karena itu. Pembimbing mempunyai tanggung jawab akademik terhadap skripsi atau LA mahasiswa bimbingannya. Rangkaian kata untuk menyampaikan 8 . mahasiswa harus memperoleh persetujuan dari semua pembimbing untuk menempuh seluruh rangkaian proses untuk ujian skripsi dan LA. rencana penelitiannya harus mendapatkan persetujuan dari pembimbing. karena karya ilmiah itu merupakan hasil bimbingannya.1 Bagian Utama Karya ilmiah Bagian utama karya ilmiah terdiri atas beberapa bab. Bobot akademik skripsi berkisar antara 12-15 sks (tergantung program studi). Tanggung-jawab akademik ini ditandai oleh tanda-tangan komisi pembimbing yang dibubuhkan dalam lembar persetujuan skripsi atau LA. namun disesuaikan dengan ruang lingkup penelitian penulis. dan lulus ujian proposal penelitian. Sedangkan Karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa D3 disebut Laporan Akhir (LA). 1. skripsi merupakan sebagian dari persyaratan bagi mahasiswa untuk memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan merupakan sedangkan LA sebagian dari persyaratan bagi mahasiswa untuk memperoleh gelar Ahli Madya (Amd). Bagian utama umumnya terdiri atas: pendahuluan. Semua penguji mempunyai hak menguji kemampuan mahasiswa dalam mempertahankan karya ilmiahnya. dalam hal kebenaran ilmiah dan format penulisannya. PENDAHULUAN Karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa D4 disebut Skripsi. Tetapi tidak selayaknya para pembimbing mempertanyakan atau mempermasalahkan kebenaran ilmiah dari karya ilmiah mahasiswa bimbingannya pada saat ujian. 2014 BAB I PENDAHULUAN 1. sebagai pedoman bagi mahasiswa dalam menulis skripsi atau LA dan pedoman bagi pembimbing dalam mengarahkan penulisan skripsi atau LA. Jumlah bab tidak dibakukan. Buku pedoman format penulisan ini disusun dengan tujuan menyeragamkan pokok-pokok format penulisan skripsi atau LA di Program Studi Teknik Sistem Tenaga Listrik. Sedangkan penguji di luar pembimbing disamping berwenang menguji. kesimpulan dan saran. Baik mahasiswa D4 sebelum melakukan penelitian. hasil dan pembahasan. serta daftar pustaka. Karya ilmiah dapat dimulai setelah mahasiswa menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Polinema. kerangka konsep. Dalam sistem pendidikan di Program Studi Teknik Listrik dan Program Studi Teknik Sistem Tenaga Listrik. metode penelitian. Skripsi dan LA merupakan karya ilmiah yang disusun berdasarkan hasil penelitian ilmiah. Selama proses ujian skripsi atau LA dalam batas-batas tertentu dimungkinkan adanya perbedaan pendapat antara penguji selaku pembimbing dan penguji di luar komisi pembimbing.

Secara garis besar perbedaan mainstream dan non-mainstream disajikan pada Tabel 1.2 Mainstream Bagian utama Mainstream. Kesimpulan dan Saran Daftar Pustaka Daftar Pustaka 1. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. baik jumlah bab maupun tata aturan isi pada masing-masing bab. jelas. Bab Mainstream Non-Mainstream I Pendahuluan Pendahuluan II Tinjauan Pustaka/Kerangka Tinjauan Pustaka/Kerangka dasar teoritik dasar teoritik III Kerangka konsep penelitian Kerangka konsep penelitian IV Metode Penelitian Metode Penelitian V Hasil dan Pembahasan atau Hasil Penelitian: Kumpulan Bab-bab yang memuat Isi Pokok artikel-artikel jurnal hasil Bahasan penelitian yang telah dan akan dipublikasi dalam jurnal nasional atau Internasional VI Kesimpulan dan Saran Pembahasan Umum n/n+1 . Pendahuluan 9 . Di dalam perkembangannya penulisan bagian utama skripsi terdapat dua model dasar asumsi filosofis. Oleh karena itu. Urutan penulisan bagian utama skripsi model mainstream dan non-mainstream. adanya perbedaan asumsi ini akan berimplikasi terhadap penulisan bagian utama skripsi tersebut. dan relevan serta konsisten. padat. terdiri atas: Bab I Pendahuluan Bab II Tinjauan Pustaka/Kerangka dasar teoritik Bab III Kerangka konsep penelitian Bab IV Metode Penelitian Bab V Hasil dan Pembahasan atau Bab-bab yang memuat Isi Pokok Bahasan Bab VI Kesimpulan dan Saran Daftar Pustaka Pada dasarnya bentuk penulisan skripsi yang menggunakan pendekatan mainstream memiliki aturan yang baku di dalam setiap babnya. Tabel 1. Bab 1. tajam. yaitu: mainstream (yaitu: positivist paradigm). dan non-mainstream. 2014 informasi yang disajikan di dalam suatu karya ilmiah hendaknya teliti. singkat.

a. jika perumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan. teknis) mengapa masalah yang dikemukakan dalam usulan penelitian itu dipandang penting untuk diteliti.) atau hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan permasalahan dan tujuan penelitiannya secara sistematis dan analitik. paradigma yang ada (mulai dari yang klasik sampai yang mutakhir) yang kemudian peneliti menarik benang merahnya. b. proposisi dan paradigma. Diktat kuliah. tetapi merupakan hasil ramuan dari proses persandingan. Sumber pustaka berasal dari Jurnal Ilmiah. Pada bab ini dikemukakan hasil telaah atau kajian teori atau unsur-unsur teori (konsep. perbandingan dan dialog antar teori. Tujuan penelitian: dalam tujuan penelitian harus menyebutkan secara spesifik tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian. kutipan text book boleh asal relevan. alasan-alasan (empiris. c. tujuan dan kegunaan penelitian. Bab 2. penuntun praktikum dan bahan kuliah dapat digunakan sebagai bahan kepustakaan. Manfaat penelitian: menyatakan kaitan antara hasil penelitian yang dirumuskan dalam tujuan penelitian dengan masalah kesenjangan yang lebih luas atau dunia nyata yang rumit dan kompleks. asalkan karya asli dari penulis yang bersangkutan. bab ini tidaklah sekedar berisi kutipan atau pencantuman teori-teori. Di dalam menyampaikan perumusan masalah harus relevan dengan judul dan perlakuan yang akan diteliti. secara berjajar dan runtut yang diambil dari pelbagai sumber (cut and paste). konsep. agar bahan-bahan kepustakaan yang disajikan dalam tinjauan pustaka secara terpadu dan terarah. Tinjauan Pustaka atau Kerangka Dasar Teoritik Posisi tinjauan pustaka ditempatkan sesudah sajian perumusan masalah. Kerangka Konsep Penelitian 10 . jumlah pertanyaan tidak selalu harus sama dengan tujuan penelitian. Artinya. Dengan logika seperti butir (b) di atas. Dalam beberapa hal. tujuan penelitian dan manfaat penelitian. seharusnya tujuan penelitian juga tersirat di dalam judul penelitian. atau merumuskan kaitan antara kesenjangan pengetahuan ilmiah atau teknologi yang akan diteliti dengan kesenjangan pengetahuan ilmiah yang lebih luas. perumusan masalah. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Latar belakang penelitian: memuat fakta-fakta relevan dengan masalah penelitian sebagai titik tolak merumuskan masalah penelitian. dsb. Bab 3. d. Perumusan masalah: memuat proses penyederhanaan masalah yang rumit dan kompleks dirumuskan menjadi masalah yang dapat diteliti (researchable problems). proposisi. Perumusan masalah tidak selalu berupa kalimat tanya. 2014 Bab pendahuluan ini memuat: latar belakang. konsep. proposisi.

umur sampel (kalau ada). yang akan diuji dengan data empirik melalui penelitian ini. Kerangka konsep penelitian meliputi: a) kerangka fikir. Definisi operasional dan pengukuran variabel adalah penjelasan operasionalisasi semua variabel yang dimasukkan dalam hiposkripsi. Dapat pula disebutkan jenis tanah. Perguruan Tinggi atau kebun percobaan milik Balai Penelitian. sifat fisik. 11 . Hiposkripsi adalah pernyataan atau dugaan atau jawaban sementara (berdasarkan hasil penelitian atau pustaka sebelumnya) atas pertanyaan dalam masalah penelitian. sehingga perlu diteliti. Uraian lokasi penelitian lapangan dapat meliputi wilayah administrasi (desa kecamatan. Tempat dan waktu penelitian Tempat penelitian diuraikan secara jelas mengenai kegiatan penelitian di lapangan atau di laboratorium. tahun. iklim. Bila kegiatan penelitian di laboratorium maka ditulis nama laboratorium dan institusinya. Bahan dan Alat Bahan penelitian dijelaskan spesifikasi bahan atau materi penelitian yaitu termasuk asal sampel. 2014 Sub-bab ini dapat disajikan apabila dibutuhkan. dan bahan kimia yang dipakai (Merk dan Negara). [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. sehingga dapat diketahui validitas penelitian berdasarkan alat ukurnya. Metode Penelitian Metode penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian yang experimental dan non-experimental. kabupaten maupun propinsi). cara persiapan sampel. institusi. musim (apabila perlu) dilakukannya kegiatan penelitian mulai dari persiapan hingga akhir pelaksanaan penelitian b. Kerangka ini dapat merupakan ringkasan tinjauan pustaka yang mendukung dan atau menolak teori di sekitar permasalahan penelitian. Waktu penelitian diuraikan tentang bulan. b) hiposkripsi. Bab 4. Alat yang digunakan juga dijelaskan spesifikasinya secara lengkap. Juga diuraikan kesenjangan di antara hasil penelitian terdahulu. “Konsep” pada dasarnya adalah pengertian atau pemahaman tentang suatu fenomena yang merupakan elemen dasar dari proses berfikir. Uraian kerangka konsep atau kerangka pikir biasanya mengarah ke hiposkripsi dan dapat disusun berupa narasi atau diagram alur. Metode Penelitian Bidang Teknik Di dalam Bab Metode Penelitian ini lazimnya disajikan uraian yang rinci mengenai: a. Selain itu agar peneliti lain yang ingin menguji ulang penelitian itu tidak mengalami kesalahan. dan c) definisi operasional dan pengukuran variabel.

baik yang telah dipublikasi maupun yang akan dipublikasi Bab VI Pembahasan Umum 12 . 2014 c. bentuk yang disajikan di bawah ini bukan merupakan bentuk baku. d. Metode penelitian Prosedur penelitian disajikan lengkap dan terinci tentang langkah-langkah yang telah diambil pada pelaksanaan penelitian serta digambarkan dalam bentuk diagram alur penelitian. fisik organoleptik atau uji biologis. seperti pembuatan program 1 atau model. 1. Pengamatan variabel Uraikan jenis-jenis variabel yang akan diamati/diukur selama penelitian. Metode dan model analisis data secara statistik dan/atau matematik. Bagi mahasiswa yang menulis karya ilmiah mengenai perancangan alat. dalam bab ini diuraikan tentang sistem desain yang memuat uraian tentang bahan dan alat. e. Oleh karena itu. tetapi hanya merupakan ilustrasi atau rambu-rambu yang dapat dijadikan rujukan bagi penulis untuk berkreasi membuat bentuk sendiri secara sistematis dan rasional. Kesulitan -kesulitan yang timbul selama penelitian dan cara mengatasinya perlu ditampilkan. tergantung dari kreativitas penulis. Bentuk yang dipaparkan di bawah ini adalah salah satu variasi dari banyak model yang mungkin dapat dibuat oleh penulis. Metode pengumpulan data yang memuat metode dan prosedur/cara memperoleh data. agar para peneliti yang akan berkecimpung dalam bidang penelitian yang sejenis terhindar dari hal-hal yang dapat mengurangi tingkat ketelitian pengamatan yang dilakukan. Jumlah maksimal Bab yang ditulis juga tidak dibatasi. perancangan alat dan pengujian alat. baik secara kimiawi. Ilustrasi dasar dari bentuk penulisan tesis tersebut adalah sebagai berikut: Non-mainstream terdiri atas: Bab I Pendahuluan Bab II Tinjauan Pustaka/Kerangka dasar teoritik Bab III Kerangka konsep penelitian Bab IV Metode Penelitian Bab V Hasil Penelitian: Berisi artikel-artikel jurnal hasil penelitian skripsi. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.3 Non-Mainstream Pada dasarnya bentuk penulisan tesis dan disertasi yang menggunakan pendekatan non-mainstream ini jauh lebih bebas dan fleksibel bila dibandingkan dengan pendekatan mainstream.

2014 Bab VII Kesimpulan dan Saran Daftar Pustaka 13 . [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.

1 Ketentuan Umum Secara umum program penelitian ilmiah Skripsi atau LA dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Polinema di program studi Teknik Listrik dan Teknik Sistem Tenaga Listrik kecuali mahasiswa yang: Belum menjalankan magang industri (selama memenuhi jangka waktu penelitian) Belum melaksanakan Sertifikasi Kompetensi .5 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4 serta mengikuti sistematika sebagai berikut: 2. yang ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1.3. Usulan proposal Skripsi atau LA harus disajikan secara lugas dan obyektif. 2014 BAB II PROPOSAL LAPORAN AKHIR DAN SKRIPSI 2. 2. berisi apa yang akan diteliti secara lengkap. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Secara umum proses pengajuan proposal Skripsi atau LA digambarkan dalam bagan alir 1. cara melakukan penelitian.3 Format Usulan Penelitian Usulan proposal Skripsi atau LA maksimum berjumlah 15 halaman (tidak termasuk halaman sampul. 2. dan lampiran). halaman pengesahan. PROPOSAL 2.2 Prosedur Pengajuan Usulan Penelitian Usulan proposal Skripsi dan LA sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan.1 Bagian Awal Hal-hal yang termasuk dalam bagian awal adalah: Halaman Sampul Halaman Pengesahan Ringkasan - Daftar Isi Halaman Sampul 14 . mengapa hal itu diteliti. Usulan penelitian harus bersifat teknis mengikuti panduan. dan luaran yang akan dihasilkan.

Contoh sampul skripsi (Lampiran 1) dan disertasi (Lampiran 2). Halaman Pengesahan Usulan proposal Skripsi atau LA harus ditandatangai oleh sediktnya seorang Pembimbing dan Kepala Kelompok Pengajar sebelum delaksanakan seleksi proposal Halaman pengesahan Usulan proposal Skripsi atau LA memuat judul karya ilmiah. Ringkasan mencakup masalah penelitian. judul . Setelah melalui proses evaluasi dan dinyatakan lolos/diterima. tulisan kata: skripsi (huruf kapital). dan tahun skripsi diajukan. dan serasi. Judul ringkasan adalah sama dengan judul karya ilmiah. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. diketik dengan huruf kapital pada halaman baru. tulisan: Program Studi Teknik Sistem Tenaga Listrik. Malang. Contoh halaman pengesahan sebagaimana lampiran 2. lambang Polinema nama lengkap penulis (tanpa gelar). jadi merupakan hasil uraian murni dari penulis. penelitian. Komposisi huruf dan tata letak masing-masing bagian diatur secara simetris. Pada sampul dicetak: Judul skripsi. 2014 Halaman sampul berisi kata Usulan proposal Skripsi atau LA. RINGKASAN (maksimum satu halaman) Ringkasan ditulis dalam dua bahasa: bahasa Indonesia. tujuan penelitian. Contoh halaman pengesahan skripsi (Lampiran 6) dan disertasi (Lampiran 7). Semua huruf kecuali nama ketua dan anggota tim peneliti. Isi ringkasan harus dapat dimengerti tanpa harus melihat kembali pada 15 . anggota komisi pembimbing. Judul ringkasan atau summary ditempatkan di sisi halaman bagian atas. nomer induk mahasiswa. rapi. nama penulis dan kata-kata pengesahan. dicetak dengan huruf kapital. Di dalam ringkasan tidak boleh ada kutipan (acuan) dari pustaka. nama program studi. Jenis huruf menggunakan Times New Roman ukuran 12-16 point. nama anggota peneliti beserta NIM(bila mengerjakan kelompok untuk D3). Contoh halaman sampul untuk usulan penelitian swadana sebagaimana lampiran 1. Politeknik Negeri Malang. Usulan penelitian tidak perlu dijilid cover dulu. proposal direvisi dengan halaman pengesahan harus tercetak dan ditandatangani dua pembimbing dan Ketua Proram Studi terkait. susunan dewan penguji dan tanda tangan dewan penguji dengan urutan ketua komisi pembimbing. metode penelitian dan hasil-hasil penelitian yang menonjol. tulisan kalimat: Untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan atau Ahli Madya.

6 Luaran Penelitian Bab II Tinjauan Pustaka Bab III Kerangka Konsep Penelitian Bab IV Metode Penelitian (sub bab disesuaikan seperti dalam penjelasan dari isi metode penelitian antara lain jenis penelitian.2 Rumusan Masalah 1. rumusan masalah dan batasan masalah. Contoh halaman daftar isi pada Lampiran 18 2. Jarak pengetikan antara baris judul bab yang satu dengan bab yang lain adalah 1. Keterangan yang mendahului daftar isi tidak perlu dimuat dalam daftar isi. Dalam daftar isi dimuat daftar tabel. sedangkan jarak spasi antara anak bab adalah satu spasi.3. dst) Bab IV Jadwal Penelitian Contoh tata tulis bagian inti dari usulan penelitian disajikan dalam lampiran 9. Halaman Daftar Isi Halaman daftar isi diketik pada halaman baru dan diberi judul daftar isi yang diketik dengan huruf kapital tanpa diakhiri titik dan diletakkan di tengah atas kertas. Penjelasan bagian inti Pendahuluan Dalam bab pendahuluan sekurang-kurangnya mencakup uraian latar belakang. daftar gambar. Ringkasan disusun dengan jumlah maksimum 600 kata (1. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Contoh ringkasan (Lampiran 15). sedangkan judul sub bab diketik dengan huruf kecil kecuali huruf pertama tiap sub bab diketik dengan huruf besar. daftar pustaka dan lampiran. Baik judul bab ataupun sub bab tidak diakhiri titik.2 Bagian Inti Bagian ini berisi inti isi usulan penelitian yang ditulis melalui bab-bab meliputi: Bab I Pendahuluan 1.1 Latar Belakang 1.5 Manfaat Penelitian 1. Nomer bab menggunakan angka romawi dan sub bab menggunakan angka arab. Judul bab diketik dengan huruf kapital.5-2 halaman) dan diketik satu spasi.3 Batasan Masalah 1.4 Tujuan Penelitian 1.5 spasi. populasi dan sampel. tempat. 2014 materi karya ilmiah. Latar Belakang 16 . judul dari bab dan sub bab.

Rumusan masalah disajikan dalam konteks akademik berdasarkan profesionalisme peneliti dalam bidang yang ditekuninya dan dilengkapi dengan pendekatan analisis yang akan dipergunakan. Latar belakang juga memberikan jawaban atas pertanyaan dan motivasi mengapa penelitian dilakukan. Rumusan masalah hendaknya disusun secara singkat. jenis atau sifat hubungan antara variabel-variabel tersebut. padat. Rumusan Masalah ● Rumusan masalah berisi identifikasi masalah yang akan diteliti berdasarkan latar belakang yang dikemukakan. Batasan Masalah ● Batasan masalah diperlukan agar pembaca dapat menyikapi temuan penelitian sesuai dengan kondisi yang ada. Kategorinya adalah : a). Batasan 17 . ● Dengan demikian. Rumusan masalah menjawab pertanyaan apa yang akan dilakukan dalam penelitian. dan subjek penelitian. dan sedapat mungkin dituangkan dalam bentuk kalimat tanya. jelas. rumusan masalah hendaknya dapat diuji secara empiris. kesimpulan seminar dan diskusi ilmiah ataupun pengalaman/pengamatan pribadi yang terkait erat dengan pokok masalah yang diteliti. selain itu. Memang sudah ada masalah di Industri b). dalam arti memungkinkan dikumpulkannya data untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Potensi tejadi masalah yang mungkin terjadi baik di industri naupun di jaringan dengan menganalisa Data awal yang diperoleh. Rumusan yang baik akan menampakkan variable-variabel yang diteliti. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Batasan masalah menunjukkan kepada suatu keadaan yang tidak bisa dihindari dalam penelitian. ● Di dalam latar belakang masalah dapat dipaparkan secara ringkas teori. Contoh : Apakah terdapat hubungan antara tingkat kecerdasan siswa SMP dengan prestasi belajar mereka dalam mata pelajaran Matematika?. Sebaiknya latar belakang disertai dengan bukti-bukti berupa data kuantitatif. ● Latar belakang hendaknya menguraikan atau menjelaskan tentang pentingnya masalah yang akan dikemukakan sehingga perlu dilakukan penelitian tersebut. 2014 ● Untuk menekankan bahwa Lulusan Politeknik adalah pendidikan VOKASI baik d3 maupun D4 maka usulan PROPOSAL SKRIPSI ATAU LA harus berupa PROBLEM SOLVING artinya Latar Belakang usulan PROPOSAL SKRIPSI ATAU LA harus berbasis PROBLEM dan SOLUSINYA permasalahan INDUSTRI atau jaringan. c). hasil-hasil penelitian terdahulu. Berupa Alternatif solusi yang memberikan rekayasa teknik baru dari kondisi yang ada. masalah yang dipilih untuk diteliti mendapat landasan berpijak yang lebih kokoh.

2014 yang sering dihadapi menyangkut dua hal. Tinjauan Pustaka ● Tinjauan pustaka menguraikan teori. Dari uraian dalam bagian ini diharapkan dapat disimpulkan bahwa penelitian terhadap masalah yang dipilih memang layak untuk dilakukan. Masalah penelitian dirumuskan dengan menggunakan kalimat tanya. etika dan kepercayaan yang tidak memungkinkan bagi peneliti untuk mencari data yang diinginkan. paten. 2. praktis. Dengan kata lain. perbedaannya terletak pada cara merumuskannya. baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Isi dan rumusan tujuan penelitian mengacu pada isi dan rumusan masalah penelitian. Penelitian dapat bertujuan untuk memperoleh data. tradisi. sedangkan rumusan tujuan penelitian dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan. Contoh: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan antara tin gkat kecerdasan mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika dengan prestasi belajar mereka dalam mata kuliah Matematika. ekonomis. Tujuan Penelitian ● Tujuan penelitian memuat secara jelas apa yang ingin dicapai/diperoleh peneliti dengan melakukan penelitian. Manfaat Penelitian ● Manfaat penelitian menjelaskan bahwa penelitian ini akan memberikan implikasi dari sisi akademis (pengembangan ipteksb). temuan. wajib menghasilkan luaran berupa artikel ilmah untuk publikasi dalam prosiding atau jurnal. Tujuan bersifat terukur dan disajikan bukan dalam kata kerja. atau yang lainnya. Luaran Penelitian ● Semua penelitian skripsi atau LA: 1. atau prototipe. ataupun karena faktor logistik. keterbatasan ruang lingkup kajian yang terpaksa dilakukan karena alasanalasan prosedural. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. bukti. uraian dalam manfaat penelitian berisi alasan kelayakan atas masalah yang diteliti. Kedua. dan pembangunan. teknik penelitian. buku ajar (model pembelajaran). konsep. Pertama. informasi. rancangan model. diharapkan menghasilkan luaran lainnya seperti prototipe. dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan yang dijadikan landasan untuk melakukan penelitian yang diusulkan. 18 . teknologi tepat guna. keterbatasan penelitian berupa kendala yang bersumber dari adat.

sehingga perlu diteliti. ● Kerangka konsep penelitian meliputi: a) kerangka fikir. penelitian kajian. ● Definisi operasional dan pengukuran peubah adalah penjelasan operasionalisasi semua peubah yang dimasukkan dalam hipotesis. serta dapat diuji secara empiris. yang akan diuji dengan data empirik melalui penelitian ini. Penelitian yang bersifat eksploratoris atau deskriptif. ● Kerangka ini dapat merupakan ringkasan tinjauan pustaka yang mendukung dan atau menolak teori di sekitar permasalahan penelitian. Tinjauan pustaka mengacu pada daftar pustaka. dan jelas. Tata cara penulisan rujukan diuraikan pada lampiran 3. sub bab tersebut tidak selalu ada dalam usulan penelitian. “Konsep” pada dasarnya adalah pengertian atau pemahaman tentang suatu fenomena yang merupakan elemen dasar dari proses berfikir. relevan. Metode Penelitian 19 . [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. ● Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang secara teoritis dianggap paling mungkin dan paling tinggi tingkat kebenarannya. dimana pengetahuan ilmiah (ilmu) merupakan dasar argumentasi dalam mengkaji persoalan. Juga diuraikan kesenjangan di antara hasil penelitian terdahulu. padat. dan c) definisi operasional dan pengukuran variabel. Kerangka Konsep Penelitian ● Sub-bab ini dapat disajikan apabila dibutuhkan. Uraian dalam tinjauan pustaka digunakan untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian. dan asli. ● Pustaka yang digunakan diusahakan mutakhir (diatas tahun 2000). 2014 ● Tinjauan pustaka dapat berisi dugaan atau jawaban sementara terhadap suatu masalah (direction hypothesis). Oleh karena itu. Rumusan hipotesis hendaknya terkait dengan variabel atau menyatakan pertautan antara dua variabel atau lebih. b) hipotesis. Uraian kerangka konsep atau kerangka pikir biasanya mengarah ke hipotesis dan dapat disusun berupa narasi atau diagram alur. dirumuskan dengan singkat. Tidak semua penelitian memerlukan hipotesis penelitian. dan penelitian kerja pengembangan tidak selalu membutuhkan hipotesis. dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan.(Flowchart) Hipotesis Penelitian ● Hipotesis adalah pernyataan atau dugaan atau jawaban sementara (berdasarkan hasil penelitian atau pustaka sebelumnya) atas pertanyaan dalam masalah penelitian.

3 Personalia Penelitian ● Personalia dalam satu tim penelitian terdiri atas 1 (satu) ketua peneliti (dosen) dan maksimum 2 (dua) anggota peneliti (dosen) serta harus melibatkan teknisi atau mahasiswa sebagai peneliti pendukung. Ketua peneliti sekaligus ketua pelaksana dan bertanggungjawab penuh atas pelaksanaan penelitian secara keseluruhan. Kegiatan penelitian harus merupakan upaya optimalisasi sumberdaya dan keterlibatan secara kolaboratif tim penelitian. 2. maka perlu dijelaskan kapasitas dan tanggungjawab tim penelitian sebagai ketua peneliti. 2014 ● Dalam metode penelitian hendaknya dilengkapi dengan bagan alir yang mencerminkan kerangka pikir penelitian. pengumpulan laporan dandiseminasi penelitian. anggota. dan 9) Penggunaan sarana. rancangan eksperimen. prasarana termasuk laboratorium milik Polinema Jadwal Pelaksanaan Penelitian ● Jadwal penelitian disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana penelitian yang diajukan dan disusun sistematis yang menunjukkan tahap-tahap kegiatan penelitian dan perkiraan lama waktu yang dibutuhkan sampai dengan seminar. hasil.3. Daftar personalia penelitian disusun menurut sistematika seperti pada lampiran 5. teknisi/laboran dan tenaga pembantu peneliti (mahasiswa) dan sebagainya. Contoh format jadwal pelaksanaan penelitian ditunjukkan pada lampiran 4. 4. Secara umum metode penelitian menguraikan secara jelas tentang: 1) Bagian sub tema penelitian pada fokus riset 2) Tempat penelitian 3) Populasi dan sampel 4) Variabel-variabel yang akan diteliti dan definisi operasionalnya 5) Data-data dalam penelitian 6) Teknik pengumpulan data/instrumen penelitian 7) Analisis data (tahapan penelitian. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.3 Bagian Akhir Pada bagian akhir ini termuat: ● Daftar Pustaka ● Daftar Riwayat Hidup ketua dan anggota penelitian ● Pernyataan Kegiatan Penelitian 20 . rancangan teknik analisis data. prosedur interpretasi hasil) 8) Bahan dan alat.

2. Bahan-bahan yang dibaca akan tetapi tidak dikutip. berikut ini diuraikan isi yang terkandung dalam masing-masing unsur tersebut.4 Sampul (Cover) Untuk pengajuan usulan penelitian awal (sebelum proses seleksi) berkas usulan penelitian tidak perlu dijilid (cover) terlebih dahulu dan disiapkan sebanyak 2 (dua) eksemplar. Hanya pustaka yang dikutip dalam usulan penelitian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. makalah. Tata cara penulisan daftar pustaka sebagaimana lampiran 6. (2) Daftar Riwayat Hidup Daftar riwayat hidup tim penelitian dilampirkan dengan menyebutkan identitas akademik. Pengambilalihan karya orang lain untuk diakui sebagai karya sendiri merupakan tindakan kecurangan yang lazim disebut plagiat. Kurun waktu aktivitas minimal dalam 3 tahun terakhir. (3) Pernyataan Kegiatan Penelitian Pernyataan kegiatan penelitian berisi antara lain tentang Keaslian tulisan yang berisi ungkapan bahwa usulan penelitian yang diajukan bukan merupakan pengambilalihan tulisan atau pikiran orang lain yang diakui sebagai hasil tulisan atau pemikirannya sendiri. (4) Lampiran-lampiran Lampiran-lampiran berisi lampiran data atau keterangan-keterangan yang dipandang penting untuk mendukung penelitian.. Terutama data awal terkait dengan DATA yang menjadi latar belakang maslah atau data untuk solusi masalah. Peneliti harus menghindarkan diri dari tindak kecurangan ini. dan/atau memenuhi luaran penelitian lainnya seperti yang direncanakan dalam penelitian.dengan bukti SURAT TIDAK PLAGIAT dari SAC beserta hasil resume scaning software ANTI PLAGIAT Kesanggupan untuk mengikuti diseminasi/seminar hasil penelitian. riwayat pendidikan tinggi. sedangkan semua bahan yang dikutip secara langsung ataupun tak langsung dalam teks harus dicantumkan dalam Daftar Pustaka. tidak dicantumkan dalam Daftar Pustaka. pengalaman penelitian dan publikasi. Daftar riwayat hidup dilengkapi dengan tanda tangan yang bersangkutan. Pada saat usulan penelitian telah melalui proses 21 . pengalaman PPM serta pelatihan yang diikuti atau pelatihan yang dilakukan. Contoh penulisan daftar riwayat hidup ada pada lampiran 7. artikel. 2014 ● Lampiran-Lampiran Untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang unsur-unsur usulan yang telah diuraikan di atas. atau bahan lainnya yang dikutip baik secara langsung maupun tidak langsung untuk kepentingan penelitian. (1) Daftar Pustaka Daftar Pustaka merupakan daftar yang berisi buku.

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. 22 . 2014 seleksi dan dinyatakan lolos maka usulan penelitian harus direvisi sesuai masukan dari tim reviewer. Usulan penelitian yang sudah direvisi kemudian dijilid menggunakan kertas jilid langsung jenis kertas buffalo warna oranye (kuning kunyit) dengan halaman sampul dicetak dengan tinta hitam di atasnya (termasuk lambang Polinema black white) sebanyak 3 (tiga) eksemplar.

3 Wewenang Pelaksanaan Proses seleksi usulan penelitian dikelola dan diselenggarakan oleh jurusan/program studi /kelompok dosen masing-masing. a) Evaluasi Meja (Desk Evaluation).1 Ketentuan Umum Setiap usulan/proposal Skripsi atau LA yang diajukan akan dilakukan proses seleksi. Daftar Usulan usulan/proposal Skripsi atau LA diserahkan sesuai jadual yang telah ditentukan. Ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam proses seminar usulan meliputi: 3. Urutan proses kegiatan seleksi (prosedur seleksi) sebagaimana digambarkan pada bagan alir 3. 3. 2014 BAB IV SELEKASI PROPOSAL 3. Setelah lolos desk evaluation. Untuk program D4 seminar proposal dilakukan dengan membuat presentasi proposal yang akan diajukan.1. SELEKSI PROPOSAL 3.1. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. usulan-usulan penelitian diseleksi tim reviewer/reviewer di jurusan/prodi melalui Seminar Seleksi Usulan. dan penentuan tim reviewer.1. Hasil scaning plagiat dengan hasil lebih dari 75 % plagiat tidak boleh melanjutkan pengajuan proposal dan harus memperbaiki atau mengganti proposal atau mengganti dengan materi judul yang lain . Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses seleksi antara lain menyangkut waktu pelaksanaan.2 Seminar Seleksi Usulan Seleksi usulan penelitian melalui seminar usulan harus dilakukan di masing-masing Jurusan/Prodi/Kelompok Dosen. bentuk evaluasi. Prosedur desk evaluation digambarkan sebagaimana bagan alir 2.1 Seleksi Usulan Penelitian 3. Terhadap usulan-usulan penelitian tersebut dilakukan proses evaluasi meja (desk evaluation) dan pemenuhan administratif terlebih dahulu oleh Panitia LA atau skripsi Termasuk materi desk evaluation adalah scaning plagiat dilakukan dengan software di SAC.. Pada tahap ini dibuatkan Berita Acara desk evaluation dan Surat Lolos Plagiat oleh Petugas Scaning beserta lampiran hasil SCAning. Seleksi pada tahap ini dilakukan oleh Panitia bersama Kepala Kelompok Pengajar atau Dosen Yang ditunjuk untuk Validasi seleksi awal usulan/proposal Skripsi atau LA. 23 .

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13, 2014

3.2 Proses Seleksi
Proses seleksi dilakukan dengan tujuan untuk menentukan diterima atau
tidaknya suatu usulan dapat dilaksanakan.
Bentuk seleksi adalah melalui seminar usulan yang harus diikuti oleh
peneliti (ketua atau anggota dengan surat keterangan) diselenggarakan di
jurusan/prodi/kelompok dosen.
3.2.1 Instrumen Penilaian
Kisi-kisi materi penilaian usulan kurang lebih sesuai dengan kisi penilaian
pada form seleksi usulan.
Dalam proses seleksi termasuk merevisi item, penelitian sesuai dengan
lingkup penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian, bahan/alat dan lokasi
penelitian.
Kriteria diterima atau tidaknya proposal skripsi atau LA.
Tidak melakukan plagiat lebih dari 75%
Ruang lingkup meliputi kajian program solving, studi kasus atau potensi
masalah atau desain rekayasa teknik,
Kajian yang sifatnya studi harus dipastikan dukungan data lengkap dan
kepastian kemudahan pengambilan data di lapangan atau industri
Mahasiswa yang mengajukan proposal paling tidak menguasai dan
memahami proposal yang akan diajukan.
Proposal yang diajukan harus bisa diyakinkan untuk bisa diselesaikan oleh
mahasiswa dengan pertimbangan baik dari segi kemampuan, dukungan data
mupun kelayakan ilmiah.
Pertimbangan lain adalah judul proposal harus disesuaikan dengan
kompetensi yang harus dicapai oleh program D3 dan D4.
Rauang lingkup Proposal D3 harus berisi penyelesain teknis dan kalaupun
berisi analisis harus analisis teknis praktis. Sedangkan untuk program D4 harus
berisi analisis teknis praktis, didukung teoritis serta alateranatif solusi dengan
menggunakan metode tertentu atau simulasi perangat softaware bantu sekaligus
bisa analisis ekonomisnya
Proposal D4 yang mengarah kepada keilmuan murni tanpa ada data
lapangan atau solusi algoritma-algorima tertentu sebaiknya proposalnya tidak
diterima dan diarahkan ke solusi yang praktis dan realistis daripada yang
mengarah ke pengembangan ilmu.
Kisi-kisi materi penilaian dengan persentase bobot tertentu antara lain:
perumusan masalah dan tujuan penelitian, luaran penelitian, tinjauan pustaka,
metode penelitian, unsur kelayakan dan pengalaman penelitian, sebagaimana

24

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13, 2014

yang ditunjukkan dalam instrumen penilaian usulan penelitian sebagaimana
lampiran 16.
3.2.2 Tim Reviewer
Tim reviewer seleksi usulan penelitian terdiri atas 2 (dua) orang, yang
relevan dengan bidang yang di ambil. Proporsi bobot penilaian masing-masing
reviewer terhadap skor total evaluasi adalah sama, masing-masing 50%. Kriteria
reviewer dikaji berdasarkan pengalaman dan kualifikasi reviewer, tidak semata-
mata berdasarkan pendidikan formal dan jabatan fungsional.
Hasil seleksi usulan penelitian akan diumumkan oleh PANITIA melalui
papan pengumuman atau intranet.
3.3 Pelaksanaan Penelitian dan Monitoring
Dalam pelaksanaannya, mahasiswa harus mengerjakan kegiatan penelitian
sesuai dengan usulan. Untuk kelancaran pengerjaan dan jaminan mutu dilakukan
pemantauan (monitoring) sebanyak 10 (dua) kali dengan mengisi logbook
pengerjaan yang ditandatangani pembimbing.
3.3.1 Pelaksanaan Penelitian
Peneliti bertanggungjawab atas terpenuhinya semua rencana kegiatan yang
ada pada usulan penelitian menyangkut: subyek dan obyek penelitian,
penggunaan bahan, penggunaan metode dan analisis, keterlibatan anggota
jadual, tempat dan dan Laboratorium.
3.3.2 Pemantauan (monitoring) Penelitian
Selama waktu pelaksanaan sampai dengan selesainya penelitian harus
dilakukan proses pemantauan (monitoring), sebanyak 2 (dua) kali yaitu pertama
pemantauan sendiri (self- monitoring) dan kedua pemantauan lapang (field-
monitoring). Pemantauan atau monitoring merupakan kegiatan yang diperlukan
untuk mengendalikan perkembangan dan kualitas penelitian.
a). Pemantauan sendiri (self-monitoring)
Pemantauan sendiri oleh peneliti untuk mengendalikan pelaksanaan penelitian
dengan melibatkan sesama anggota bagi mahasiswa D3 . Hal yang penting adalah
sejauh mana perkembangan penelitian (dalam persentase) sejak usulan penelitian
dan menyampaikan hambatan-hambatannya (jika ada) sampai dengan saat
pemantauan sendiri dilakukan. Hasil monitoring sendiri dibuatkan Berita Acara
Monitoring. Prosedur monitoring sendiri tampak pada bagan alir 4.
b). Pemantauan lapang (field-monitoring)
Pemantauan lapang dilakukan oleh pembimbing Hasil monitoring sendiri
dibuatkan Berita Acara Monitoring.
Prosedur monitoring sendiri tampak pada bagan alir 5.

25

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13, 2014

BAB IV
LAPORAN HASIL LA DAN SKRIPSI
4. LAPORAN LA /SKRIPSI
4.1 Format Laporan Penelitian
Laporan penelitian perlu disusun secara sistematis, sedemikian rupa sehingga
pembaca dapat menemukan setiap bagian yang dicarinya dan dapat memahaminya
secara tepat. Laporan penelitian harus disajikan secara lugas dan obyektif sesuai
kaidah ilmiah. Jumlah halaman untuk isi bagian inti laporan penelitian minimal
adalah 50 halaman, tidak termasuk isi bagian awal dan akhir laporan. Tata tulis
bagian inti dari laporan penelitian, penyajian tabel dan gambar serta tata tulis
lainnya seperti bahasa, tanda baca, kertas, bidang pengetikan, jenis huruf, ukuran
huruf, modus huruf, spasi, paragraf, penulisan halaman, penulisan lampiran, dan
aturan-aturan pelengkap lainnya dalam laporan penelitian sama dengan aturan-
aturan yang dijelaskan pada format usulan penelitian (disesuaikan pada konteks
laporan).
Format laporan penelitian adalah sebagai berikut.
(1) Bagian Awal
Hal-hal yang termasuk dalam bagian awal adalah:
▪ Halaman Sampul
▪ Halaman Pengesahan
▪ Identitas Penelitian
▪ Abstrak (dalam bahasa Indonesia)
▪ Abstract (dalam bahasa Inggris)
▪ Kata Pengantar
▪ Daftar Isi
▪ Daftar Gambar
▪ Daftar Tabel
▪ Daftar Lampiran
(2) Bagian Inti Bagian ini berisi inti isi laporan penelitian
antara lain meliputi:
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian
1.6 Luaran Penelitian

26

lambang Polinema (dasar putih). 4. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. nama ketua dan anggota tim beserta NIP. prinsipnya sama dengan sebelumnya dalam penjelasan usulan diterapkan dalam konteks laporan seperti contoh lampiran 1.3 Data 3.3 Kerangaka Konsep(diagram blok. berikut ini diuraikan isi yang terkandung dalam masing-masing unsur tersebut.1 Halaman Sampul Halaman sampul berisi kata Laporan Skripi/LA.2 Kajian Teori (sesuaikan judul sub bab ini dengan isi kajian teori/ pustaka yang relevan) Bab III Kerangka Konsep 3. dan yang lainnya.3 Hipotesis (jika ada) Bab III Metode Penelitian (menyesuaikan dengan usulan).2 Tempat Penelitian 3. judul Skripi/LA. misalnya: 3. Laporan Skripi/LA yang sudah direvisi kemudian dijilid menggunakan kertas jilid langsung jenis kertas buffalo warna oranye (kuning kunyit) dengan 27 .2 Bagian Awal 4.4 dst Bab IV Hasil dan Pembahasan Bab V Kesimpulan dan Saran (3) Bagian Akhir Pada bagian akhir ini memuat: Daftar Pustaka Daftar Riwayat Hidup Pernyataan Keaslian Tulisan Lampiran-Lampiran Untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang unsur-unsur laporan penelitian. flowchart) jika ada 3.2. nama program dana Skripi/LA swadana.1 Penelitian Terdahulu (jika ada) 2.1 Jenis Penelitian 3. 2014 Bab II Tinjauan Pustaka (menyesuaikan dengan usulan) 2.

Kata pengantar memuat rasa syukur sehingga tulisan dapat disajikan. manfaat bagi yang membutuhkan.6 Kata Pengantar Teks kata pengantar pada dasarnya diserahkan pada mahasiswa. susunan dewan penguji dan tanda tangan dewan penguji dengan urutan ketua komisi pembimbing. nama penulis dan kata-kata pengesahan. Contoh halaman pengesahan skripsi (Lampiran 6) dan disertasi (Lampiran 7).2. harapan: penyempurnaan. instansi dicetak secara benar. Polinema. 4. 2014 halaman sampul dicetak dengan tinta hitam di atasnya (termasuk lambang Polinema black white) sebanyak 3 (tiga) eksemplar. namun dicetak di atas kertas HVS putih.4 Abstrak Abstrak disajikan secara padat mencakup intisari Skripi/LA mencakup latar belakang. Contoh tata tulis abstrak disajikan dalam lampiran 17.2. Contoh halaman judul Skripi/LA (Lampiran 4) dan disertasi (Lampiran 5). 4.2. 28 . [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. dan (kalau ada) saran yang diajukan. Harap diperhatikan. hasil-hasil yang diperoleh. Kata kunci salah satunya berfungsi untuk komputerisasi sistem informasi ilmiah (database) agar memudahkan dalam menelusuri judul/isi Skripi/LA.2 Halaman Judul Halaman judul Skripi/LA berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul. 4. anggota komisi pembimbing dan pengesahan atau Program Studi Teknik Sistem Tenaga Listrik.5 Abstract Abstract adalah abstrak yang disajikan dalam bahasa Inggris. Kajur/KPS). Contoh disajikan pada Lampiran 14. 4. Contoh tata tulis abstract disajikan pada lampiran 18. Ucapan terima kasih ini di uraikan secara singkat kepada siapa saja yang membantu selama proses Skripi/LA hingga penulisan. metode yang digunakan. Dalam kata pengantar perlu disampaikan ucapan terima kasih peneliti yang ditujukan kepada orang-orang (dari lembaga Polinema Direktur.3 Halaman Pengesahan Contoh halaman pengesahan laporan Skripi/LA sebagaimana contoh lampiran 2. gelar.2. Abstrak diketik dengan spasi tunggal (satu spasi) dan panjangnya tidak lebih dari 1 (satu) halaman kertas ukuran kuarto. 4. kesimpulan yang dapat ditarik. uraian singkat proses penulisan karya ilmiah dan penulis mengantarkan kepada pembaca agar dapat memahami isi tulisan. Dalam abstrak dicantumkan kata kunci yang dipandang penting. masalah yang diteliti. nama.2. Halaman pengesahan memuat judul Skripi/LA.

Judul daftar lampiran diketik di tengah atas halaman dengan huruf kapital. Tulisan KATA PENGANTAR diketik dengan huruf kapital.8 Daftar Tabel Halaman daftar tabel diketik pada halaman baru. organisasi. Halaman daftar gambar memuat daftar gambar.10 Daftar Lampiran Daftar lampiran diketik pada halaman baru. Jarak pengetikan judul (teks) tabel yang lebih dari satu baris diketik satu spasi dan jarak antar judul tabel dua spasi. baik gambar yang ada dalam teks dan dalam Lampiran. daftar pustaka dan lampiran. 2014 lembaga. Judul daftar lampiran harus sama 29 .7 Daftar Isi Halaman daftar isi diketik pada halaman baru dan diberi judul daftar isi yang diketik dengan huruf kapital tanpa diakhiri titik dan diletakkan di tengah atas kertas. dan atau pihakpihak lain yang telah membantu dalam mempersiapkan. Halaman daftar lampiran memuat nomer teks judul lampiran dan halaman. Daftar tabel memuat semua tabel yang disajikan dalam teks dan lampiran. Contoh halaman daftar isi pada Lampiran 18. Dalam daftar isi dimuat daftar tabel. daftar gambar. melaksanakan. Judul tabel dalam halaman daftar tabel harus sama dengan judul tabel dalam teks. Judul bab diketik dengan huruf kapital. sedangkan judul sub bab diketik dengan huruf kecil kecuali huruf pertama tiap sub bab diketik dengan huruf besar. 4.2. judul dari bab dan sub bab.2. 4. nomer gambar judul gambar dan nomor halaman. Contoh tata tulis abstract disajikan pada lampiran 19. Nomer tabel ditulis dengan angka.2. Contoh halaman daftar tabel pada Lampiran 19.9 Daftar Gambar Halaman daftar gambar diketik pada halaman baru. simetris di batas atas bidang pengetikan dan tanpa tanda titik.2. 4. Teks kata pengantar diketik dengan spasi ganda (dua spasi). Baik judul bab ataupun sub bab tidak diakhiri titik. Pada bagian akhir teks (di pojok kanan bawah) dicantumkan kata Peneliti tanpa menyebut nama terang. 4. sedangkan jarak spasi antara anak bab adalah satu spasi. Keterangan yang mendahului daftar isi tidak perlu dimuat dalam daftar isi. Panjang teks tidak lebih dari dua halaman kertas ukuran kuarto. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Cara pengetikan pada halaman daftar gambar seperti pada halaman daftar tabel pada Lampiran 20. Nomer bab menggunakan angka romawi dan sub bab menggunakan angka arab. Judul daftar tabel diketik dengan huruf kapital tanpa diakhiri titik dan diletakkan di tengah atas kertas. dan menyelesaikan Skripi/LA. Jarak pengetikan antara baris judul bab yang satu dengan bab yang lain adalah dua spasi.

Latar belakang juga memberikan jawaban atas pertanyaan dan motivasi mengapa penelitian dilakukan. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. 4. masalah yang dipilih untuk diteliti mendapat landasan berpijak yang lebih kokoh. Rumusan yang baik akan menampakkan variable-variabel yang diteliti. Luaran Skripi/LA diharapkan mengarah pada artikel untuk publikasi.1. dan subjek penelitian. Rumusan masalah hendaknya disusun secara singkat.3 Bagian Inti Bagian ini berisi inti isi laporan Skripi/LA antara lain meliputi: 4. seperti telah diuraikan sebelumnya. teknologi tepat guna. Daftar lampiran memuat nomor lampiran. paten. Rumusan masalah menjawab pertanyaan apa yang akan dilakukan dalam penelitian. Selain itu.1 Latar Belakang Latar belakang hendaknya menguraikan atau menjelaskan tentang pentingnya masalah yang akan dikemukakan sehingga perlu dilakukan penelitian tersebut. buku ajar (model pembelajaran). peta. hasil-hasil penelitian terdahulu. 4. judul lampiran.3.1 Bab I. padat.3. sidik ragam. Pendahuluan Isi pendahuluan memuat latar belakang.3. misalnya memuat contoh perhitungan. rumusan masalah dan batasan masalah. jelas. Contoh penulisan daftar lampiran sebagaimana pada lampiran 23. Di dalam latar belakang masalah dapat dipaparkan secara ringkas teori. rumusan masalah dan batasan masalah.2 Rumusan Masalah Rumusan masalah berisi identifikasi masalah yang akan diteliti berdasarkan latar belakang yang dikemukakan. jenis atau sifat hubungan antara variabel-variabel tersebut.1. Dengan demikian. Sebaiknya latar belakang disertai dengan bukti-bukti berupa data kuantitatif. Dalam bab pendahuluan sekurang-kurangnya mencakup uraian latar belakang. dan atau luaran lainnya. Lampiran. 2014 dengan judul lampiran. data. Contoh : 30 . kesimpulan seminar dan diskusi ilmiah ataupun pengalaman/pengamatan pribadi yang terkait erat dengan pokok masalah yang diteliti. rumusan masalah hendaknya dapat diuji secara empiris. manfaat Skripi/LA dan luaran hasil Skripi/LA. Rumusan masalah disajikan dalam konteks akademik berdasarkan profesionalisme peneliti dalam bidang yang ditekuninya dan dilengkapi dengan pendekatan analisis yang akan dipergunakan. 4. dan lain-lain. dan nomor halaman. tujuan Skripi/LA. dan sedapat mungkin dituangkan dalam bentuk kalimat tanya. dalam arti memungkinkan dikumpulkannya data untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

Contoh: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan antara tin gkat kecerdasan mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika dengan prestasi belajar mereka dalam mata kuliah Matematika.3 Batasan Masalah Batasan masalah diperlukan agar pembaca dapat menyikapi temuan penelitian sesuai dengan kondisi yang ada. ekonomis. 4. bukti.3.3. Penelitian dapat bertujuan untuk memperoleh data.1. praktis. dan pembangunan. sedangkan rumusan tujuan penelitian dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan. teknik penelitian.5 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian menjelaskan bahwa penelitian ini akan memberikan implikasi dari sisi akademis (pengembangan ipteksb). tradisi. keterbatasan penelitian berupa kendala yang bersumber dari adat. Dengan kata lain. uraian dalam manfaat penelitian berisi alasan kelayakan atas masalah yang diteliti.1. 4. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Batasan masalah menunjukkan kepada suatu keadaan yang tidak bisa dihindari dalam penelitian. Dari uraian dalam bagian ini diharapkan dapat disimpulkan bahwa penelitian terhadap masalah yang dipilih memang layak untuk dilakukan.3. Kedua. baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Isi dan rumusan tujuan penelitian mengacu pada isi dan rumusan masalah penelitian. informasi. 4.6 Luaran Penelitian Semua penelitian swadana Polinema: 3. ataupun karena faktor logistik. 4. Masalah penelitian dirumuskan dengan menggunakan kalimat tanya. atau prototipe. wajib menghasilkan luaran berupa artikel ilmah untuk publikasi dalam prosiding atau jurnal. Pertama. Tujuan bersifat terukur dan disajikan bukan dalam kata kerja.4 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian memuat secara jelas apa yang ingin dicapai/diperoleh peneliti dengan melakukan penelitian. Batasan yang sering dihadapi menyangkut dua hal. keterbatasan ruang lingkup kajian yang terpaksa dilakukan karena alasanalasan prosedural. etika dan kepercayaan yang tidak memungkinkan bagi peneliti untuk mencari data yang diinginkan.1. perbedaannya terletak pada cara merumuskannya.3. konsep. 2014 Apakah terdapat hubungan antara tingkat kecerdasan siswa SMP dengan prestasi belajar mereka dalam mata pelajaran Matematika?. 31 .1.

penelitian kajian. Contoh tata cara penulisan rujukan diuraikan pada lampiran 3. diharapkan menghasilkan luaran lainnya seperti prototipe. 2. dan asli.2.2 Landasa Teori Penulisan landasan teori sebaiknya diambilkan dari buku refeerensi yang sudah mempunyai izin terbit baik yang edisi bahasa indonesia . relevan. maka hipotesis dituliskan di bagian akhir dari bab Tinjauan Pustaka atau dinyatakan pada tiap sub bab pembahasan variabel/teori.3 Hipotesis Penelitian Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang secara teoritis dianggap paling mungkin dan paling tinggi tingkat kebenarannya. Uraian dalam tinjauan pustaka digunakan untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian. atau yang lainnya. 2014 4. serta dapat diuji secara empiris. Oleh karena itu. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.3. dirumuskan dengan singkat. padat. Rumusan hipotesis hendaknya terkait dengan variabel atau menyatakan pertautan antara dua variabel atau lebih. 4. paten. rancangan model. dan jelas.3. Pustaka yang digunakan diusahakan mutakhir (diatas tahun 2000).3. Tidak semua penelitian memerlukan hipotesis penelitian. 4. sub bab tersebut tidak selalu ada dalam usulan penelitian.3. 4.1 Penelitian Terdahulu (jika ada) 32 . Tata cara penulisan rujukan diuraikan pada lampiran 3.2. dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan. dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan yang dijadikan landasan untuk melakukan penelitian yang diusulkan. buku ajar (model pembelajaran).1 Tinjauan pustaka menguraikan teori.2 Bab II.2.Tinjauan Pustaka Cara penyusunan tinjauan pustaka pada laporan penelitian sama dengan cara penulisannya pada usulan penelitian yang telah diuraikan sebelumnya. temuan. Tinjauan pustaka mengacu pada daftar pustaka. teknologi tepat guna. terjemahan buku tekstual atau handbook sesuaikan judul sub bab ini dengan isi kajian teori/pustaka yang relevan) 4. dan penelitian kerja pengembangan tidak selalu membutuhkan hipotesis. Tinjauan pustaka dapat berisi dugaan atau jawaban sementara terhadap suatu masalah (direction hypothesis). Jika dalam penelitian diperlukan hipotesis penelitian. dimana pengetahuan ilmiah (ilmu) merupakan dasar argumentasi dalam mengkaji persoalan. Penelitian yang bersifat eksploratoris atau deskriptif.

2014 2. 33 . dan kesimpulan penelitian tetap terpelihara. Dalam hal atau kasus tertentu metode penelitian pada laporan penelitian dapat berubah sesuai pelaksanaan sesungguhnya dengan memberikan alasan atau penjelasan yang rasional. yaitu penyajian data-data yang diperoleh.5. Tata urutan kesimpulan hendaknya sama dengan yang ada di dalam bab Hasil dan Pembahasan. 4. Metode Penelitian Metode penelitian memuat uraian kembali atas metode penelitian sebagaimana yang telah diajukan pada usulan penelitian. analisis data. Hasil dan Pembahasan Bagian ini setidaknya mengungkapkan tiga butir penting.3 Bab III. konsistensi isi dan tata urutan rumusan masalah. Dengan demikian. Apabila terdapat hipotesis dalam penelitian maka pengujian hipotesis termasuk dalam bagian ini.3. Interpretasi terhadap hasil analisis data disajikan pada bagian pembahasan.3 Hipotesis (jika ada) 4. hasil yang diperoleh. Jika pengumpulan data penelitian termasuk dalam proses pelaksanaan penelitian.2 Kajian Teori (sesuaikan judul sub bab ini dengan isi kajian teori/ pustaka yang relevan) 2. tujuan penelitian.4 Bab IV.1 Kesimpulan memuat jawaban-jawaban singkat atas tujuan penelitian yang telah dirumuskan.3. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.3. dan pembahasannya. 4.3. Kesimpulan dan Saran 4. Tujuan pembahasan adalah: ● menjawab masalah pen elitian ● menunjukkan bagaimana tujuan penelitian tercapai ● menafsirkan temuan-temuan penelitian ● mengintegrasikan temuan penelitian ke dalam teori-teori ● memodifikasi teori yang ada atau menyusun teori baru ● menjelaskan implikasi lain dari hasil penelitian termasuk keterbatasan temuan penelitian Jika penelitian termasuk dalam jenis penelitian kerja pengembangan maka perlu dilengkapi dengan pembahasan atas perlu atau tidaknya revisi dari produk yang dihasilkan agar produk menjadi lebih efisien dan/atau menarik. Penyajian analisis data perlu dibatasi agar menyajikan hasil yang sifatnya faktual tanpa interpretasi.5 Bab V. penyajian data- data perlu untuk disajikan di bagian ini Analisis data mengungkapkan secara rinci hasil analisis data.

4. atau pihak lain yang dianggap layak.3. Saran yang diajukan hendaknya selalu bersumber pada temuan penelitian. tindak lanjut penelitian yang lahir dari keterbatasan penelitian. 4. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Saran hendaknya tidak keluar dari batas-batas lingkup dan implikasi penelitian. pembahasan.2 Saran memuat implikasi. 4. 2014 4. maka tidak kesulitan dalam menafsirkan atau melaksanakannya.5.1. Pada berkas cukup ditandatangani dan tidak perlu diberi materai. Saran yang baik dapat dilihat dari rumusannya yang bersifat rinci dan operasional. jika orang/pihak lain hendak melaksanakan saran itu. 34 .4 Bagian Akhir Pada bagian akhir ini termuat: ● Daftar Pustaka ● Daftar Riwayat Hidup ketua dan anggota penelitian ● Pernyataan Kegiatan Penelitian ● Lampiran-Lampiran Untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang unsur-unsur usulan yang telah diuraikan di atas. Artinya. Contoh Tata cara penulisan daftar pustaka sebagaimana lampiran 6. Di samping itu. saran yang diajukan hendaknya bersifat spesifik. dan rekomendasi yang diajukan.1 Daftar Pustaka Yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanyalah kepustakaan yang digunakan atau dikutip dan dituliskan dalam tinjauan pustaka.2 Daftar Riwayat Hidup Halaman riwayat hidup berisi nama penulis. tempat dan tanggal lahir.4.4. 4.4. Saran dapat ditujukan kepada perguruan tinggi. dan kesimpulan hasil penelitian. riwayat pendidikan dan riwayat pekerjaan serta prestasi-prestasi yang menonjol dimulai dari tahun yang terakhir (Lampiran 13).3 Pernyataan Kegiatan Penelitian Format pernyataan kegiatan penelitian pada laporan penelitian sama dengan format pada usulan penelitian (disesuaikan konteks laporan penelitian).1. lembaga pemerintah ataupun swasta. nama orang tua.1. berikut ini diuraikan isi yang terkandung dalam masing- masing unsur tersebut. Contoh pernyataan keaslian tulisan pada lampiran 8.

Ketentuan pelaporan hasil penelitian dituangkan dalam surat perjanjian pelaksanaan penelitian. Laporan penelitian yang sudah direvisi kemudian dijilid menggunakan kertas jilid langsung jenis kertas buffalo warna oranye (kuning kunyit) dengan halaman sampul dicetak dengan tinta hitam di atasnya (termasuk lambang Polinema black white) sebanyak 5 (tiga) eksemplar 35 .6 Proses Pelaporan Pelaporan adalah tahapan kegiatan setelah seminar hasil penelitian. Tim reviewer berhak memberikan masukan. dengan surat keterangan yang menyebutkan alasan ketidakhadiran kepada tim reviewer.7 Sampul (Cover) Sampul terdiri dari dua bagian: sampul luar dari karton (hard cover) dan sampul dalam dari kertas HVS putih.1.4 Lampiran-Lampiran Penjelasan sama dengan yang diatur dalam usulan penelitian (disesuaikan untuk konteks laporan penelitian). saran. peneliti berhak mendapatkan surat tugas penelitian dan 30% sisa dana penelitian yang belum diterimakan. lihat contoh pada Lampiran 3. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. 2014 4. peneliti harus meyerahkan laporan penelitian dalam bentuk hardcopy dan softcopy.5 Seminar Hasil Penelitian Seminar hasil wajib dihadiri oleh mahasiswa peneliti dan tim reviewer yang sama dengan tim reviewer saat seminar usulan. atau merevisi hasil penelitian yang tertuang di dalam draft laporan penelitian. Jika peneliti telah menyelesaikan kewajibannya melakukan revisi. dapat diwakili oleh anggota tim penelitian. Cara penulisan punggung buku. 4. dimana draft hasil penelitian telah melalui seminar dan revisi perbaikan.4. Pada punggung sampul dicantumkan nama penulis. Jika ketua tim penelitian berhalangan hadir. Setelah pelaporan hasil penelitian. Pada proses seminar hasil ini wajib dibuat berita acara seminar hasil penelitian. Prosedur laporan penelitian dan tindak lanjut (seminar hasil) digambarkan pada bagan alir 6. 4. 4. judul skripsi dan tahun kelulusan.

BAHASA DAN PENGETIKAN Skripsi dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.5 Format Setiap memulai alinea baru.Batas bawah : 3 cm dari tepi kertas 5.Batas kanan : 3 cm dari tepi kertas . 2014 BAB III BAHASA DAN PENGETIKAN 5.4 Margin Posisi penempatan teks pada tepi kertas: . dengan huruf kecil kecuali huruf pertama pada setiap kata diketik 36 . 5.3 Jenis Huruf Huruf menggunakan jenis huruf Times New Roman 12 poin (ukuran sebenarnya) dan diketik rapi (rata kiri kanan – justify).Batas atas : 3 cm dari tepi kertas .1 Kertas Spesifikasi kertas yang digunakan: ● Jenis : HVS ● Warna : Putih polos ● Berat : 80 gram ● Ukuran : A4 (21. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. titik koma dan titik dua diberi jarak satu ketukan (sebelum titik dua tidak diberi spasi). diketik dengan huruf kapital diletakkan di tengah-tengah bagian atas halaman.2 Pengetikan Ketentuan pengetikan adalah sebagai berikut: Pencetakan dilakukan pada satu sisi kertas (single side) Huruf yang tercetak dari printer harus berwarna hitam pekat dan seragam. 5.5 cm x 29.Batas kiri : 4 cm (termasuk 1 cm untuk penjilidan) dari tepi kertas . Setiap bab dimulai pada halaman baru. kata pertama diketik ke kanan masuk lima ketukan. Sub-bab diketik di pinggir sisi kiri halaman. Setelah tanda koma. setelah tanda titik untuk kalimat baru.7 cm) 5. 5. diberi jarak dua ketukan.

sub judul.5 lines).5 (Line spacing = 1. 37 .7 Nomer Halaman Bagian awal karya ilmiah diberi nomer halaman dengan menggunakan angka kecil romawi (i. iii. dan seterusnya). Jarak antar baris dalam kalimat judul. pemutusan kata dalam satu baris kalimat harus mengikuti kaedah bahasa Indonesia yang baku dan benar. Pengetikan dilakukan dengan spasi 1. judul tabel dan judul gambar serta ringkasan/summary diketik dengan jarak satu setengah spasi. 5. pemberian nomer halaman dimulai dari bagian pendahuluan. ii. Khusus bagian awal utama karya ilmiah.6 Spasi Jarak antara baris dalam teks adalah dua spasi. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. pemberian nomer halaman berupa angka yang diletakkan pada sisi halaman kanan atas. 2014 dengan kapital. sub bab. Untuk bagian utama dan bagian akhir karya ilmiah. ditempatkan pada sisi tengah bawah halaman. 5.

2) Contoh Muhammad Sudomo ditulis Sudomo. jika lebih dari satu nama. 8) Judul skripsi diketik miring (italik) dan diawali kalimat huruf besar. dengan judul daftar pustaka diketik dengan huruf kapital dan diletakkan di sisi halaman sebelah kiri di halaman. 5) Jika nama Cina terdiri dari tiga kata dengan dua kata memakai garis penghubung. Ada dua cara kutipan pustaka yang dicantumkan dalam teks. maka nama terakhir yang ditulis atau nama yang biasa dikenal dalam publikasi ilmiah yang ditulis. 2014 BAB VII CARA MENGUTIP PUSTAKA DAN MENULIS DAFTAR PUSTAKA 6. Franciscus G. atau “editor” (eds) untuk jurnal. 6. 10) Halaman untuk buku teks tidak diketik. nomor halaman diketik titik dua (:). Sebagai contoh Hwa-wee Lee ditulis Lee. diatur sebagai berikut: 1) Nama orang Indonesia. M. Selanjutnya tentang penulisan nama. maka kata yang pertama adalah menunjukkan nama keluarga. yaitu (1) kutipan berupa kalimat yang disajikan dalam teks. 4) Jika nama Cina terdiri dari tiga kata yang terpisah. 3) Nama orang barat. nomor jurnal diketik dalam kurung. CARA MENGUTIP PUSTAKA DAN MENULIS DAFTAR PUSTAKA Dalam bab ini. Apabila rangu-ragu boleh ditulis lengkap. Misalnya: James Stewart ditulis Stewart. Contoh: Gan Koen Han ditulis Gan. H. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. sedang untuk artikel dalam buku teks diketik setelah nama editor (Ed). 11) Pengetikan baris kedua dalam penulisan pustaka masuk ke dalam 1. 9) Nama jurnal diketik miring (italik). maka kedua kata yang dihubungkan adalah nama diri (bukan nama keluarga). 6) Judul buku diketik tegak setiap kata (bukan kata sambung) diawali huruf besar. F. dan (2) kutipan pustaka yang disajikan sebagai catatan kaki.5 cm.1 Cara Menulis Daftar Pustaka Daftar pustaka disajikan pada halaman baru. K. Contoh: Hidrobiologia 15 (4): 112-122. akan dikemukakan mengenai cara menulis daftar pustaka.G. Winarno ditulis Winarno. 7) Judul artikel di Jurnal diketik (tegak atau normal) dan huruf besar hanya diawali judul. dan cara menulis kutipan yang dicantumkan dalam teks. Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu dalam skripsi dan disusun ke bawah menurut abjad nama akhir dari penulis pertama. 38 . nomor volume diketik tebal.H. nama keluarga terletak pada kata sebelah belakang. J..

dan (5) nama penerbit. Pustaka yang dicantumkan dalam daftar pustaka seharusnya sumber penulisan yang diacu oleh penulis. Unsure-nsur tersebut dapat bervariasi tergantung jenis sumber pustakanya. yaitu: buku teks. termasuk anak judul (subjudul). Penulisan yang saya maksud dalam "Daftar Pustaka" adalah jika setiap referensi yang dijadikan rujukan dikumpulkan menjadi satu dalam tempat khusus (misal 'catatan kaki') atau bahkan lembar khusus. Feynman Integral Calculus. (4) kota tempat penerbitan. Kota Tempat Penerbitan. hasil-hasil penelitian berupa laporan hasil penelitian. Variasi dalam penulisan karena ada perbedaan dalam sumber pustaka yang dipakai. Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation): (Smirnov. Berikut ini adalah sebagian contoh format penulisan referensi dan citasi yang sering digunakan menurut panduan publikasi APA (American Psychological Association) yang dikeluarkan pada tahun 2001 yang penggunaannya lebih banyak pada Ilmu-ilmu sosial. edukasi. engineering (keahlian tehnik) dan bisnis. Nama Penerbit Contoh : Penulisan dalam Daftar Pustaka : Smirnov. (2006). 2006) 39 .1 Rujukan Dari Buku Dengan Satu Penulis Informasi yang dibutuhkan secara lengkap harus berisi : Pengarang. dan nama tengah. 6.A. Judul Buku. nama awal.2. New York: Springer. (2) tahun penerbitan.2 Penulisan Pengarang Dalam Teks dan Daftar Pustaka.1 Rujukan Dari Buku 6. tanpa gelar akademik. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. 6. artikel jurnal ilmiah. Sedangkan istilah "Dalam teks" adalah jika referensi yang dimaksud dicantumkan langsung dalam kalimat yang Pada dasarnya. skripsi. 2014 Untuk masing-masing jenis referensi. yang ditunjukkan sitasi yang dicantumkan dalam teks. unsur yang ditulis dalam Daftar Pustaka secara berturut-turut meliputi (1) nama penulis ditulis dengan urutan: nama akhir.2. terdapat dua bentuk penulisan. V. (3) judul.1. Tahun.

Mood disorders. 2. kedua.). & Berkow. R. Kota Tempat Penerbitan.) Penulis lebih dari lima orang..4 Rujukan dari Bab (Chapter) atau bagian dalam buku (online & print): Bab atau Pasal dalam buku Penulisan dalam Daftar Pustaka : Beers.3 Rujukan Dari Buku Online Membuat rujukan dari Buku secara Online : Penulisan dalam Daftar Pustaka : Reed.. & Friedman.1.2. 189). Ten days that shook the world. The handbook of social psychology (3rd ed. tidak perlu dicantumkan (1st ed. (1985).2. 2003. 2004.1. from http://www.txt » Setelah URL (alamat web) tidak diakhiri dengan tanda titik (. In G. sec. dengan lebih dari satu penulis sama seperti diatas. Etext 3076. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Tahun. New York: Oxford University Press Inc. chap.). G. from ftp://ibiblio. Molecular Quantum Mechanics (4th ed. dituliskan nama penulis pertama.. kemudian selanjutnya ditulis "et al. 15. 599- 658). Vol.merck. Retrieved January 17. (1922). Informasi yang dibutuhkan secara lengkap harus berisi : Pengarang." 6. 2014 6.2 Rujukan Dari Buku Dengan Lebih dari Satu Penulis Buku. W. Project Gutenberg. Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation): (Atkins & Friedman.) Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation): (Reed. Intergroup relations. pp. 2005) Untuk buku edisi pertama.org/pub/docs/books/gutenberg/etext02/10daz10. H. (2005).com/pubs/manual/section15/chapter189/189a. Aronson (Eds. Retrieved January 12. ketiga. Nama Penerbit Contoh : Penulisan dalam Daftar Pustaka : Atkins.htm Stephan. M. Judul Buku. (1999).2. Lindzey & E. J. New York: Random House. P. In The Merck manual of diagnosis and therapy (17th ed. R. 1922) 6. 40 .1.

Penulisan dalam Daftar Pustaka : Letheridge. V. Schur & Myagashko. Ovechko.1. Optical properties of the porous glass composite material Optica Applicata. Myagashko.2. C. satu atau lebih penulis Artikel jurnal.5 Rujukan dari buku yang berisi kumpulan artikel (ada editornya) Seperti menulis rujukan dari buku ditambah dengan tulisan (Ed. XXXVIII. nomor VOLUME jurnal dicetak miring tanpa menyertakan kata "Vol. (2008).New York: Praeger. Aminuddin (Ed.1 Artikel jurnal.. chap. 1999. S. Contoh." Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Lipson." atau "Volume. Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Letheridge & Cannon. satu atau lebih penulis Penulisan dalam Daftar Pustaka : Lipson. Bilingual Education: Teaching English as a Second Language. 1980. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalm Bidang Bahsa dan Sastra. 1985) 6. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. C. 1999) (Aminuddin.).2. 1991) (Ovechko. 2014 Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Beers & Berkow. Malang: HISKI Komisariat Malang dan YA3."). & Cannon. (1991).R. 1990.) jika editornya lebih dari satu. 75–82. dituliskan nama penulis pertama-keenam kemudian selanjutnya ditulis "et al. 2008) 41 . 45." Penulis lebih dari enam orang. O. 189) (Stephan. Perhatikan bahwa JUDUL artikel tidak dituliskan dalam tanda kutip (". V..2. 1990) 6. Schur.2. Why are some international agreements informal? International organization.). di antara nama penulis dan tahu penerbitan.) jika ada satu editor dan (Eds.2 Rujukan dari artikel 6.. 495–538. (Eds.

Social Text. Nama editor ditulis seperti menulis nama biasa. Malang HISKI Komisariat Malang dan YA3.2. & Scarcella..2. M. Poon (Ed.A. Judul artikel ditulis tanpa cetak miring. TESOL Quarterly.O. dan nomor halaman dari artikel tersebut. Aging in the 1980s: Psychology Issues (hlm. (2002). Judul buku kumpulannya ditulis dengan huruf miring. nomor berapa (dalam kurung). [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. J. 13:573-82 (CD-ROM: TESOL QuarterlyDigital. 1990.3 Rujukan dari artikel dalam jurnal dari CD-ROM Penulisannya di Daftar Pustaka sama dengan rujukan dari artikel dalam jurnal cetak ditambah dengan penyebutan CD-ROMnya dalam kurung. dan huruf besar pada setiap awal kata. & Walsh. M. Long. J. Nama jurnal ditulis dengan cetak miring.W. 1979. 6.T.). Hasan. Harker. 1–18.2.4mitchell. 42 .2. 2003. Dalam L. Contemporary Issue and New Direction in Adult Develompment of Learning an Memory. diberi keterangan (Ed. McJihad: Islam in the U. Karakteristik Penelitian Kualitatif. 2002) 6.2 Artikel jurnal. T.2.). Age..) bila hanya saty editor.Z.html Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Mitchell. dan huruf awal dari setiap katanya ditulis dengan huruf besar kecuali kata hubung. 1980.2.S. Dalam Aminuddin (Ed. from JSTOR database: http://muse. 12-25). Washington. 239- 252). S. 2014 6. Online Penulisan dalam Daftar Pustaka : Mitchell.jhu. 20(4). global order.4 Artikel Dalam Buku Kumpulan Artikel (Ada Editornya) Nama penulis artikel ditulis di depan diikuti dengan tahun penerbitan.) bila lebih dari satu editor. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra (hlm. R. D.C. dan (Eds. 6. 1997). Retrieved December 28. dan nomor halamannya disebuttkan dalam kurung. D. Contoh: Krashen. rate and Eventual Attainment in Second Lenguage Acquisition.edu/journals/xsocial text/v020 /20.: American Psychological Association.2. Bagian akhir berturut-turut ditulis jurnal tahun ke berapa. Contoh: Hartley.2.5 Rujukan dari artikel dalam jurnal Nama penulis ditulis paling depan diikuti dengan tahun dan judul artikel yang ditulis dengan cetak biasa.

com/courses/Getting- a-good-recommendation. 1(1): 33-47. Retrieved January 6. 2003) (Yale History Department home page. from http://www. C. tanpa disertai nama penulis Penulisan dalam Daftar Pustaka : I Love Lucy: Series summary (2004). 6. 1989. disertai nama penulis (asli maupun julukan/'nick') Penulisan dalam Daftar Pustaka : Lipson. from http://www. from http://www. Retrieved May 4.Sitcoms Online.1 Situs Web. Retrieved February 1.3. November 17). 2014 Contoh: Hanafi. 2003) atau (IPL. A.3 Halaman web. maka dituliskan "(n. 2005. Advice on getting a great recommendation. from http://www. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.2.htm Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Lipson. 2004. Retrieved January 5.2.ipl.2. 2003) 6.html Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (I Love Lucy: Series summary.2.sitcomsonline. Partisipasi dalam Siaran Pedesaan dan Pengadopsian Inovasi. 2004. 2004) 6. 2004. 2004) 6.yale. (2004).4 Blog.3 Rujukan dari internet 6.3.org Yale University. History Department home page.2. keseluruhan Penulisan dalam Daftar Pustaka : Internet Public Library (IPL) (2003.3. Forum Penelitian.(2003).edu/history/ Jika pada halaman situs tidak terdapat tanggal 'copyright' situs.2 Halaman web. posting atau komentar Penulisan dalam Daftar Pustaka : 43 .charleslipson.3.d)" Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Internet Public Library.com/ilovelucy.

hard copy.com/eb/article?eu=119645 Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Balkans: History. Oxford: Oxford University Press.com/search?q=class Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Protest. n. 1987) (Balkans. Retrieved January 4. 2004.2. hard copy. hard copy. Retrieved December 28. 2008) (firdaus. online and CD-ROM : Ensiklopedia Penulisan dalam Daftar Pustaka : Balkans: History. Balkans. pp.4.a [Comment post]. and CD-ROM 6. 2009.blogspot. Retrieved April 6.reference. (2003). 14. 2003) 44 .2. February 1).. 2003) 6. In Encyclopaedia Britannica (15th ed. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Encyclopaedia Britannica [online]. online. and CD-ROM : Kamus Penulisan dalam Daftar Pustaka : Protest. from http://search. 570–588). 1971) (Class. Class. v. 2009) 6. p. (2003).com Untuk posting dan komentar tanpa nama. Membuat Halaman Blog Dinamis. Vol. bag kedua [Comment post]. (1987).a (2009. April 6). Mendaftarkan Blog di Search Engine Yahoo [Entry post]. 2335). from http://catalog- tutorial. 2. from http://catalog- tutorial. Chicago: Encyclopaedia Britannica.com.blogspot.2. 2014 Jaloe (2008.1 Dictionary. from http://dictionary.eb. 2009. maka penulis disebut sebagai "anonim" Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Jaloe. 2003. Retrieved April 6. Compact edition of the Oxford English dictionary (Vol.4.4 Rujukan dari Dictionary. online. Dictionary.2 Encyclopedia.com firdaus. (1971).

1 Software atau Manual Software Perangkat lunak Penulisan dalam Daftar Pustaka : Dreamweaver MX 2004 [Computer software]. Chicago: SPSS. San Francisco: Macromedia. ditulis dengan kata Tanpa tahun.2. (2003. Untuk surat kabar. nama penerjemah. (2003).2. 2003) atau bila perlu (Bruni.5 Rujukan dari Artikel surat kabar atau majalah 6. (2003). Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Strong aftershocks.6. perlu dituliskan "p. atau disertasi 6. skripsi.]. p.2. 2003.2 Artikel surat kabar atau majalah.2. diikuti tahun penerbitan karya asli. Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Dreamweaver MX 2004. December 26). tanpa disertai nama penulis Penulisan dalam Daftar Pustaka : Strong aftershocks continue in California. 2003) (SPSS Regression Models.5.7 Rujukan berupa karya terjemahan. Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Bruni." atau "pp.1 Artikel surat kabar atau majalah.2. sedangkan untuk majalah tidak perlu. judul terjemahan.7. Contoh: 45 . New York Times [national ed. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13." untuk menunjukkan halaman.5.2. 2003) 6. December 26). Pope pleads for end to terrorism and war.0 for Windows) [Computer software]. Apabila tahun penerbitan buku asli tidak dicantumkan. 2014 6.6 Rujukan dari Software atau Manual Software 6. (2003. F. New York Times [national ed. tesis.].2. disertai nama penulis Penulisan dalam Daftar Pustaka : Bruni. 2003) 6. p. SPSS regression models (12. nama tempat penerbitan dan nama penerbit terjemah. A23. tahun terjemahan. December 26) 6. A21.1 Rujukan berupa karya terjemahan Nama penulis asli ditulis paling depan.

(2003). Terjemahan oleh Arief Furchan. T. Dsertasi tidak diterbitkan. D.. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. T. & Razavieh. A. Richards. Differential reinforcement of stimulus dimensions during human Pavlovian fear conditioning. Untuk makalah (paper) yang baru saja di-seminarkan. D. 2014 Ary. tesis. NY Gomez. Cheng. (1992). L. poster. Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Tsygankov. 2004) (Cheng et al. C. D. June).2.. disertasi atau tesis Penulisan dalam Daftar Pustaka : Tsygankov. Rao. 2003) 6. 1982. Thomas. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP MALANG.C.. poster dan paper yang tak terpublikasi Nama penulis paling depan. Economics. A. Pengantar Penelitian Pendidikan. N. atau disertasi. February). 46 . Paper presented at the Program on International Politics. C. diikuti tahun yang tercantum pada sampul. dan nama fakultas serta nama perguruan tinggi. T. Russia’s identity and foreign policy choices. belum dipublikasi. Jakarta: PT armas Duta Jaya. C. (2004. Smith. atau disertasi tidak diterbitkan. S. Jacobs. L.. 6. Surabaya: Usaha Nasional.. Pangaribuan. Perkembangan Kompetensi Kewacanan Pembelajar Bahasa Inggris di LPTK.2. Identifying early indicators for autism in self-regulatory difficulties.8 Rujukan Dari Dokumen Resmi Pemerintah Yang Diterbitkan Oleh Suatu Penerbit Tanpa Penulis Dan Tanpa Lembaga Judul atau nama dokumen ditulis di bagian awal dengan cetak miring. (Tanpa tahun).. A. judul skripsi. AL. 2003) (Gomez. Poster session presented at the 9th Annual Meeting of the Organization for Human Brain Mapping.2 Rujukan berupa skripsi. diikuti tahun penerbitan dokumen. nama kota tempat perguruan tinggi. kota penerbit dan nama penerbit. Knight.. Unpublished doctoral dissertation. Contoh: Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. tesis atu disertasi ditulis dengan cetak miring diikuti dengan pernyataan skripsi. (2003. Auburn University. Makalah (paper) yang belum dipublikasi. and Security.7. tesis.. gunakan bulan dan tahun saja. et al. New York. M. University of Chicago. 1990. J.

dan diikuti nama penulis.3. nama tempat penerbitan.2.. volumes Vols. 47 .9 Rujukan dari lembaga yang ditulis atas nama lembaga tersebut Nama lembaga penanggung jawab langsung ditulis paling depan. 6. second edition 2nd ed. editor Ed. Nama penulis disebut bersama dengan tahun penerbitan dan nomor halaman. number page No. yang dicantumkan dalam rujukan adalah nama lembaga yang menerbitkan. Untuk karya terjemahan.1 Kutipan kurang dari 40 kata Kutipan yang berisi kurang dari 40 kata ditulis di antara tanda kutip (". translated by Trans.") sebagai bagian yang terpadu dalam teks utama.10 Singkatan untuk daftar referensi chapter chap. perujukan dilakukan dengan cara menyebutkan nama penulis aslinya. supplement Suppl. atau nama Koran. Lihat contoh berikut. Jika penulisnya lebih dari dua orang. part Pt. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.3. 6. Nama penulis dapat ditulis secara terpadu dalam teks atau menjadi satu dengan tahun dan nomor halaman di dalam kurung. Jika nama penulis tidak disebutkan. edition ed. dan nama lembaga yang bertanggung jawab atas penerbitan karangan tersebut. judul karangan yang dicetak miring. p. nama dokumen yang diterbitkan. revised edition Rev.1 Cara merujuk Perujukan dilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun di antara tanda kurung. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.2. tahun dan nomor halaman.3 Kutipan 6. Nama penulis disebut dalam teks secara terpadu.2 Cara merujuk kutipan langsung 6. volume Vol. Rujukan dari dua sumber atau lebih dari yang ditulis oleh penulis yang berbeda dicantumkan dalam satu tanda kurang dengan titik koma sebagai tanda pemisahnya. Contoh: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.3. 2014 6.2. 6. ed. Contoh: Soebronto (1990:123) menimplkan "ada hubungan erat antara factor social ekonomi dengan kemajuan belajar". penulisan rujukan dengan cara menulis nama pertama dari penulis tersebut diikuti dengan dkk. 1978. pages pp. diikuti dengan tahun.

Furthermore. 6.2cm dari garis tepi sebelah kiri dan kanan. even when real drugs were administered.3.2. dan diketik dengan spasi tugggal. maka kat-kata yang dibuang diganti dengan tiga titik. 2014 Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah "ada hubungan erat antara factor social ekonomi dengan kemajuan belajar"(soebronto. 1991:101). ditulis 1. garis barunya dimulai 1.3 Kutipan yang sebagian dihilangkan Apabila dalam mengutip langsung ada kata-kata dalam kalimat yang dibuang. 1990:123) Jika ada tanda kutip dalam kutipan. Nama penulis bahan kutipan dapat disebut terpadu dalam teks. atau disebut dalam kurung bersama tahun penerbtannya. 1995:315) Cara merujuk kutipan tidak langsung Kutipan yang disebut secara tak langsung atau dikemukakan dengan bahasa penulis sendiri ditulis tanpa tanda kutip dan terpadu dalam teks. Contoh: Smith (1990:276) menarik kesimpulan sebagai berikut.2 Kutipan 40 kata atau lebih Kutipan yang berisi 40 kata atau lebih ditulis tanpa tanda kutip secara terpisah dari teks yang mendahului. Nama penulis disebut terpadu dalam teks 48 . Jika memungkinkan nomor halaman disebutkan. disappeared when behaviors were studied in this manner. Contoh: "semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah & diharapkan sudah melaksanakan kurikulum baru".2. (Manna. The 'placebo effect'. the behaviors were never exhibited again. Earlier studies were early premature in attributing the results to a placebo effect. Perhatikan contoh berikut. Nomor halaman juga harus ditulis.2 cm dari tepi kiri garis teks kutipan.which had been verified in previous studies. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Jika dalam kutipan terdapat paragraph baru lagi. digunakan tanda kutip tunggal ('&') Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah "terdapat kecenderungan semakin banyak campur tangan pimpinan perusahaan semakin rendah tingkat partisipasi karyawan di daerah perkotaan"(soewignyo.3. 6.

1990:13) 49 . Nama penulis disebut dalam kurung bersama tahun penerbitanya. Contoh: Mahsiswa tahun ketiganya ternyata lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat (Salimin. 2014 Contoh: Salimin (1990:13) tidak menduga bahwa mahasiswa tahu ketiga lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.

harus diketik dengan huruf "t" kapital. bagan. LAMBANG. peta. Pembaca harus mengerti apa maksud ilustrasi tersebut tanpa harus mengacu pada teks. Nomer urut dan judul gambar diketik di bawah gambar dua spasi dibawahnya. Lambang. cantumkan di lampiran. Pembuatan grafik. tanpa harus melihat dalam teks lain.1. fig. Oleh karena itu tabel yang disajikan bersama dengan teks. Contoh penulisan bentuk terakhir diatas adalah catatan umum untuk menjelaskan informasi pada Tabel.. from http://www. 2014 BAB VIII CARA PENULISAN TABEL. 2. Gambar. Dalam keadaan tertentu. Jarak antara baris dalam judul gambar diketik satu spasi. grafik atau tabel yang diambil sebagai referensi. Ikuti cara membuat grafik dengan mencontoh grafik dalam jurnal ilmiah terbaru. Press (2001). The myth of air power in the Persian GulfWar and the future of warfare. Modus ini lebih sering digunakan daripada modus "DalamTeks". 2004.com/news/vote2000/electfront. monogram. SATUAN. Cara Penulisan Tabel.usatoday. Satuan. bagan. GAMBAR. foto. Diusahakan grafik yang ditampilkan sudah mampu menjelaskan data atau informasi maksud dicantumkannya grafik tersebut. Tabel yang disajikan harus tabel yang dibahas.1 Ilustrasi (gambar). seperti contoh pada Gambar 1 di Lampiran 24. 7. Retrieved August 30.1 Penulisan Tabel dan Gambar Tabel harus dimuat dalam satu halaman dan tidak boleh dipisah dilanjutkan di halaman berikutnya. grafik atau tabel Citasi (penukilan) atas referensi untuk peta. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. diagram. 50 . dengan memakai simbol yang jelas maksudnya. Gambar meliputi grafik. peta. bagan. International Security 26 (Fall): 17.1. grafik atau tabel dapat langsung dimunculkan tepat dibawah ilustrasi yang digunakan.htm. Note: From Daryl G. monogram disarankan menggunakan komputer. Tabel dalam teks yang disertai dengan nomer tabel. bilamana tidak dibahas dalam teks tetapi perlu. Catatan Langsung dibawah Ilustrasi : Note: Electoral vote map (2000). jangan terlalu kompleks. Election 2000. huruf dapat diperkecil. Singkatan Dan Cetak Miring 7. Gambar dalam teks harus diketik dengan huruf "g" kapital. Note: Seluruh ilustrasi dibulatkan menjadi seperseratus(%) terdekat Berikan Judul yang deskriptif terhadap peta. SINGKATAN DAN CETAK MIRING 7.

10 ppm..5 N larutan H2SO4. op. atau mg O2 Kg-1 jam-1. dummy. Satuan. Bila ini tidak memungkinkan. atur cara pengetikan sedemikan rupa. Retrieved August 30. Penulisan Rujukan Citasi Dalam teks (Citation) (Electoral vote map [2000]. International Security 26 (Fall): 5–44. trimming. Election 2000. 10 g ml-1 atau 10 g/ml. g. Ikuti beberapa contoh dibawah ini: 25oC. o Baume. misalnya: et al. dan Singkatan Lambang untuk variabel penelitian dipakai untuk memudahkan penulisan variabel tersebut dalam rumus dan pernyataan aljabar lainnya.usatoday. 7. kg. starter. curing. cit.htm Press. Satuan dan singkatan yang digunakan adalah yang lazim dipakai dalam disiplin ilmu masing-masing. kw. 50%. agar rumus matematik saudara mudah dimengerti. Cara menulis rumus matematik diusahakan dalam satu baris.com/news/vote2000/electfront. The myth of air power in the Persian Gulf War and the future of warfare. Penulisan spesies miring (Rhizopus oryzae). sedangkan genus/famili tegak. L. oBrix.3 Cetak Miring Huruf yang dicetak miring untuk menyatakan istilah asing. from http://www. 51 . Penulisan lambang atau simbol sebaiknya menggunakan simbol dalam fasilitas program perangkat lunak komputer seperti program Microsoft Word. 2014 Penulisan dalam Daftar Pustaka : Electoral vote map (2000). 2004) (Press.2 Penulisan Lambang. 2001) 7. Daryl G. 2004. mg. Pilihlah lambang yang lazim digunakan dalam disiplin ilmu saudara.. mg O2/kg/jam. Ibid. (2001). Lambang diketik dengan huruf abjad Latin dan abjad Yunani. 1. ton. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. tulisan hitam)11 A N A L I S I S T E K N I S D A N E K O N O M I S O P T I M A S I P E N E M P A T A N K O M P E N S 11A Saat ujian dijilid dengan “soft cover” setelah pengesahan dijilid dengan “hard cover”. T O R K A 52 P A S I T O . 2014 LAMPIRAN Lampiran 1. Contoh Sampul Depan Skripsi (Warna sampul hijau muda D8 atau Linen.

2014 Lampiran 2. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. tulisan hitam) S T U D I P R E N C A N A A N I N S T A L A S I T E G A N G A N M E N E G A H P A D A S I S T E M K E L I 53 S T R I K A N . Contoh Halaman Judul Skripsi (Kertas warna putih.

2014 Lampiran 3. Contoh Cara Penulisan Punggung Buku S i s a k a n l i m a c m 54 u n t . [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. 2014 Lampiran 4. Contoh halaman Riwayat Hidup 55 .

Contoh Halaman Pengesahan Skripsi 56 . [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. 2014 Lampiran 6.

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. 2014 57 .

Contoh ABSTRACT ABSTRACT Ardhani. and outgoingOCR are 0. and last primary OCR in 1. Studyof Protection and Coordination System of Transformer I.transformer capacity was increased from 30 MVA to 60 MVA. Uprating. Since October 2012. B. Then with right coordination.8 second. The objective of this report is to investigate the protection of system before and after uprating..4 second. then secondary OCR in 0. Keywords :Protection Relay. ST. Consequently.Grading time between primary OCR.T. Switchyard 58 . which is not available before uprating. Advisor : Sigi Syah Wibowo. 60 MVA at Lawang Switchyard. The setting current of primary OCRis 130A before uprating changes to 276A after upratingand it’s time dial from 0.4 second. Coordination. protection system must work from downstream to upstream. Transformer. The system became more reliable and fault can be localized and cleared quickly. and therefore it’s needed to be uprated. the protection system must be adjusted to meet the protection requirement.3 second to 0. it’s works 0.. MT Transformer I at Lawang Switchyard at September 2012 have been loaded over 80%. 150/20 kV.. The result shows that the current setting has been changedbefore and after uprating. secondary OCR.28 second. Tech.2 second. In additionthe incoming OCR has been applied. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. The setting value of the relays and it’s coordination also be proved to meet the standard and requirements. 2014 Lampiran 5. Coordination about OCR start with outgoingOCR. M. Harrij Mukti K.

. diharapkan sistem menjadi lebih handal dangangguan dapat dilokalisir sekecil dan secepat mungkin. Gardu Induk 59 . 2014 Lampiran 6.T. Arus setting OCR primer sebelum uprating 130 A. Contoh ABSTRAK ABSTRAK Ardhani. Selain itu juga menentukan besar setting relai terpasang dan sistem koordinasinya. Uprating.4 detik.4 detik. Koordinasi antar OCR dimulai dengan OCR outgoing yang bekerja dalam waktu 0.2 detik. sehinggaperlu diadakannya peningkatan kapasitas transformatoratau uprating. Kata Kunci : Relai Proteksi. B. karena menyebabkan terjadinya perubahan pada sistem proteksi. dan terakhir OCR primer dalam waktu 1. Transformator. sekunder. Koordinasi. Perbedaan setting waktu antara OCR primer.T. dan outgoing adalah 0. Sehingga dengan koordinasi yang tepat. Uprating padatrans formator memerlukan perhatian khusus. S. kemudian OCR sekunder dengan waktu 0. StudiSistemProteksidanKoordinasipadaTransformator I 150/20 kV denganKapasitas 60 MVA di GarduIndukLawang.28 detik.T. M. Maka pada bulan Oktober 2012 diadakan uprating padaTransformator I GI Lawang dari kapasitas awal 30 MVA menjadi 60 MVA. Pembimbing: Sigi SyahWibowo. terjadi beberapa pergeseran setting arus antara sebelum uprating dan sesudah uprating. dimana sistem proteksi bekerja dari hilir kehulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sistem proteksi sebelum dan sesudah uprating. berubah menjadi 276 A dan time dial-nya dari 0.. M. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.Tech.. Dan penambahan OCR incoming yang sebelum uprating tidak terpasang. Pembebanantransformator I GI Lawangpada September 2012 sudahmelebihi 80%.8 detik. Berdasarkan hasil penelitian.3 detik menjadi 0. HarrijMukti K.

. Ketua Jurusan Teknik Elektro.. Bapak Ir. 4. Teman – teman tercinta yang sudah membantu dan selalu menemani dalam proses pembuatan laporan akhir ini.T. Gatot Joelianto. Bapak – Ibu di APB Waru. Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan Laporan Akhir ini masih jauh dari sempurna.T. 60 . 2014 Lampiran 7. Bapak – Ibu di UPJ Singosari.Dosen Pembimbing I.. S. Tech. Ketua Program StudiTeknik Listrik.. Bapak Ir. Direktur Politeknik Negeri Malang. Laporan Akhir yang berjudul “Studi Sistem Proteksidan Koordinasi pada Transformator I 150/20 kV dengan Kapasitas 60 MVA di Gardu Induk Lawang” ini disusun sebagai persyaratan menyelesaikan kurikulum di lembaga Politeknik Negeri Malang. 9. Malang. Dosen Pembimbing II. S. 2. Bapak – Ibu di Gardu Induk Lawang Pembimbing Lapangan. 7. Orang tua dan saudara tercinta yang sudah mendukung dan memberikan doa yang terbaik. 13..M. 2014 Penulis. Pembimbing Lapangan. M. 3. 5. M. Bapak Supriatna Adhisuwignjo. 11.M.T. Pada kesempatan kali ini penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada: 1. Pembimbing Lapangan.T. Dan semua pihak yang turut serta membantu proses pembuatan lamporan akhir ini yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu. Tundung Subali Patma. 8. Tanpa adanya campur tangan-Nya. 12. penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dan dapat membuat semakin maju dan lebih baik lagi.T. Oleh karena itu. Contoh Kata Pengantar KATA PENGANTAR Puji Syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia yang diberikan dalam menyusun dan menyelesaikan Laporan Akhir ini.M. Bapak – Ibu di APD Surabaya. M. 6. Bapak Sigi Syah Wibowo. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. B. Penulis juga berharap semoga LaporanAkhir ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan para pembaca pada umumnya terutama rekan – rekan mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang. Pembimbing Lapangan.T. laporan ini tidak dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Pembimbing Lapangan. . 10. Bapak – Ibu di APP Malang..T. Ibu Harrij Mukti K..

Contoh Daftar Isi D A F T A R I S I H a l a m a n R I N G K A S A 61 N i S U M . [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. 2014 Lampiran 8.

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. 2014 62 .

P e r s e n t a s e P e m b a g i a n 63 P e n g e . [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Contoh Daftar Isi D A F T A R T A B E L N o . J u d u l H a l a m a n 1 . 2014 Lampiran 9.

2014 Lampiran 10. Judul Halaman 1. Distribusi Relatif Pendapatan dalam Gini Ratio Masyarakat Pedesaan Indonesia tahun 1990-2000 17 3. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. Distribusi Pendapatan Rumah Tangga di Kecamatan Tumpang dan Batu Kabupaten Malang 1995-2000 25 64 . Persentase Pengeluaran Rumahtangga di Wilayah Pedesaan Indonesia 10 Rata-rata tahun 1990-2000 2. Contoh Daftar Gambar No.

65 .48 ab 4. T.06 ab P4 0. P5= Kotoran sapi diberikan satu kali.10 ab P8 0.37 a P6 1.23 7.62 abc P3 0.09 bc P9 0.13c 3.91 1. P6= Kotoran sapi diberikan dua kali.98 P10 1.32 8.09 6. T.07 0.08 d 3.58 6.23 c 3.21 1.09 8.I T.91 1. P7= Azolla diberikan satu kali.91 abc P7 1.18 9.92 10.08 2. P9= Kascing diberikan satu kali.67 a 3. P10= Kascing diberikan dua kali.II T.92 6. P4= Kotoran ayam diberikan dua kali.II T.85 ab P2 1.74 bc Uji Duncan 5% tn tn tn tn Keterangan : Bilangan yang didampingi huruf berbeda pada kolom yang sama menunjukkan adanya perbedaan di antara perlakuan P1= Anorganik diberikan satu kali. P8= Azolla diberikan dua kali.10 7.II T.04 4.39 ab 3.37 5. 2014 Lampiran 11.95 bc 3.35 5.10 2.05 d 4.97 0.12 2.90 4.90 3.40 abc 3. P3= Kotoran ayam diberikan satu kali.74 abc 4.98 a 4.02 bc 3.I P1 1.89 3.06 1.22 bc 3.60 11.93 a 3.10 ab 3. tn= tidak nyata.73 3. [Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13.10 4.36 cd 3.I T.10 bc 4.92 3.73 7.10 4. Contoh Tabel Tabel I.98 3.50 9.86 0.16 0.75 abc 4. Perkembangan Bobot Kering Tanaman Pak Choi pda Berbagai Perlakuan Periode Tanam I dan II (Sutikno 2003) Bobot Kering (g/tanaman) Perlakuan 9 HST 16 HST 23 HST 30 HST T.38 7.I=Tanam pertama.85 1. P2= Anorganik diberikan dua kali.94 5.21 5.76 8.1 T.11 c P5 0.II= Tanam kedua.02 1.61 abc 3.59 8.

[Panduan Penulisan Skripsi dan Laporan Akhir] December 13. / 1 3 0 0 = g r H i ) j a u = K u n i n g . Contoh Grafik K e t e T r o t P a n a e g l p B a Na n y K PT a a : e r 5 1 p% o b a t e y = e s a n a e r k H i e ( c j a m i u g l . 5 = . 2014 Lampiran 12. 4 = K u n i n g > h i j a 66 u .