You are on page 1of 5

Materi Penyuluhan PHBS (2): Gosok Gigi

04 Saturday Jan 2014

Posted by neinalatif in Science in Daily Life

≈ 6 Comments

Tags

gosok gigi, hadits tentang gosok gigi, KKN, materi penyuluhan, mouthwash alami,
pentingnya gigi, pertumbuhan gigi manusia, PHBS, siwak, tips menjaga kesehatan gigi,
Unnes

Hampir setiap orang pernah mengalami masalah dengan giginya. Menurut Anda, lebih baik
mana: sakit gigi atau sakit hati? :3 Ada orang yang mengatakan bahwa merawat gigi sama
saja dengan merawat harta Anda yang paling berharga. Bisa kita bayangkan bagaimana
jadinya jika gigi bagian depan kita rusak, senyum tidak akan terlihat indah lagi dan makan
pun tidak akan terasa enak. Karena itu, perawatan gigi sangat penting untuk menghindari
proses kerusakan gigi, seperti gigi berlubang dan keropos.

A. Pentingnya Gigi

1. Gigi merupakan salah satu organ penting pencernaan. Gigi digunakan untuk
mengunyah makanan sebelum masuk ke saluran pencernaan. Jika gigi mengalami
gangguan, akan terganggu pula proses pencernaannya.
2. Gigi yang tidak terawat sehingga terkena infeksi dapat menimbulkan penyakit yang
lainnya, seperti: penyakit jantung dan pembuluh darah, paru, gula, stroke, kanker.
3. Sisa makanan yang masih ada di gigi menyebabkan aktivitas bakteri berlebihan
sehingga mulut mengeluarkan bau yang kurang sedap.
4. Gigi juga berfungsi sebagai keindahan. Gigi adalah komponen lain dalam kecantikan
selain kulit tubuh, kulit wajah, mata, bibir, dll. Oleh karena itu, setiap orang ingin
punya senyum memikat dengan gigi yang sehat.

dan ludah akan membentuk lapisan lengket yang melekat pada permukaan gigi. biasanya keluhan yang sering dirasakan pasien adalah rasa ngilu bila gigi terkena rangsang panas. tumbuh yang namanya gigi susu. gigi kita hanya akan berganti 1 kali saja. Pada awal pertumbuhan. Zat asam dalam plak akan menyebabkan jaringan keras gigi larut dan terjadilah karies. Plak akan terbentuk 20 menit setelah makan. Pertumbuhan Gigi Manusia Selama hidupnya. 5. Pada karies yang cukup dalam. gigi manusia hanya tumbuh dua kali. Gigi ini tidak permanen. mengingat mulut kita akan tetap ompong apabila kita terpaksa untuk mencabut gigi kita yang rusak saat kita dewasa. C. asam. Gambar 1. dapat berwarna coklat atau hitam. Gigi yang Sehat dan Senyum yang Menawan Gambar 2. Banyak orang bahkan berpikir bahwa gigi kita akan selalu tumbuh kembali begitu kita mencabut gigi kita yang telah rusak. Gigi yang Mengalami Pengikisan B. Lapisan lengket inilah yang disebut plak. akan tanggal dan berganti menjadi gigi permanen. sisa makanan. Karies ditandai dengan adanya lubang pada jaringan keras gigi. Bakteri dapat mengubah semua makanan. terutama gula. Bakteri. menjadi asam. dingin. Sedih memang. atau . Bakteri yang paling berperan dalam menyebabkan karies adalah Streptococcus mutans. Gigi berlubang biasanya tidak terasa sakit sampai lubang tersebut bertambah besar dan mengenai persyarafan dari gigi tersebut. Sakit Gigi Keberadaan bakteri dalam mulut merupakan suatu hal yang normal. Namun tahukah Anda? Bahwa dalam siklus hidup manusia.

E. Al-Bukhari no. Pada karies yang sudah mengenai jaringan pulpa. kompomer. infeksi bakteri dapat menyebabkan kematian jaringan dalam kamar pulpa dan infeksi dapat menjalar ke jaringan tulang penyangga gigi. 370 dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu). Hindari makanan yang terlalu manis dan lengket. karena pembentukan benih gigi dimulai pada awal trimester kedua. 2. Bahan tambal yang digunakan dapat bermacam-macam. ” (HR. Perhatikan diet pada ibu hamil dan pastikan kelengkapan asupan nutrisi. Lama kelamaan. bahkan mungkin mahkota tiruan. glass ionomer cement. akan terjadi proses peradangan yang menyebabkan rasa sakit yang berdenyut. niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali melakukan wudhu. atau amalgam (sudah mulai jarang digunakan). perlu dilakukan perawatan saluran syaraf. 4. Lakukan kunjungan rutin ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali. Bila sudah mencapai kamar pulpa. sehingga dapat terjadi abses. Penggunaan fluoride baik secara lokal maupun sistemik. yaitu rongga dalam gigi yang berisi jaringan syaraf dan pembuluh darah. 6. Sikat Gigi dalam Islam ُ ‫اك ِع ْن َد ُك ِ ِّل ُو‬ ‫ضوء‬ ِّ ِ ‫علَى أ ُ َّم ِتي أل َ َم ْرت ُ ُه ْم ِبال‬ ِ ‫س َو‬ َ ‫ق‬ ُ َ ‫لَو. Pencegahan 1.manis. 3. Sikat gigi dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari. Lakukan flossing sekali dalam sehari untuk mengangkat plak dan sisa makanan yang tersangkut di antara celah gigi-geligi. 5. biasanya digunakan inlay atau onlay. Muslim no. Bila kerusakan sudah terlalu luas dan gigi tidak dapat diperbaiki lagi. Penatalaksanaan Biasanya perawatan yang diberikan adalah pembersihan jaringan gigi yang terkena karies dan penambalan (restorasi). 838. karies akan bertambah besar dan dapat mencapai kamar pulpa. pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. maka harus dilakukan pencabutan. juga kurangi minum minuman yang manis seperti soda. misalnya resin komposit (penambalan dengan sinar dan bahannya sewarna gigi). Pada lubang gigi yang besar dibutuhkan restorasi yang lebih kuat. Bila dibiarkan.ْالَ أ َ ْن أ‬ َّ ‫ش‬ “Seandainya tidak memberatkan umatku. Cara Menggosok Gigi . D.

Rebus sampai 5 menit. kita dapat membuat sendiri mouthwash alami dengan cara: *Membuat Mouthwash Alami*  Rebus air kurang lebih 350ml sampai mendidih. Atau. Sikat gigi dan gusi dengan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan antara gigi dengan gusi. 2. 7. tunggu hingga dingin. Mouthwash dapat digantikan dengan berkumur menggunakan air garam hangat. 3. kapulaga. Sikat lidah untuk menyingkirkan bakteri dan agar napas lebih segar. Gunakan gerakan yang sama untuk menyikat bagian dalam permukaan gigi. Gambar 3. . Rubah posisi sikat gigi sesering mungkin.  Jika sudah mendidih. Perlukah mouthwash? Mouthwash (obat kumur) berguna untuk membersihkan bakteri yang ada di dalam mulut dan menjaga kesehatan gusi dan rongga mulut secara keseluruhan. masukan daun sirih. Gosoklah gigi secara teratur dua kali sehari selama kurang lebih 2 menit. dan adas. Jangan lupa untuk menggosok gigi malam sebelum tidur. 2. Gunakan hanya ujung bulu sikat gigi untuk membersihkan gigi dengan tekanan ringan sehingga bulu sikat tidak membengkok. Hal ini penting untuk membersihkan permukan gigi dan rongga mulut secara alami. Sikat bagian luar permukaan setiap gigi atas dan bawah dengan posisi bulu sikat 45 derajat berlawanan dengan garis gusi agar sisa makanan yang mungkin masih menyelip dapat dibersihkan. Biarkan bulu sikat membersihkan celah-celah gigi. 6. gosok gigi dengan posisi tegak dan gerakkan perlahan ke atas dan bawah melewati garis gusi. Untuk membersihkan gigi depan bagian dalam. Gerakan sikat dengan lembut dan memutar. Cara Menggosok Gigi 1. 3. obat kumur yang beredar di pasaran banyak mengandung alkohol yang justru membunuh flora baik di area mulut dan membuat mulut terasa kering. 5. Akan tetapi. Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. 4. masukan perasan jeruk nipis. Rajinlah makan buah dan sayur khususnya yang memiliki tekstur kasar atau berserat.  Jika sudah 5 menit. Tips Merawat Gigi 1. F.  Matikan kompor. baik dari terbentuknya plak maupun mencegah terbentuknya noda-noda yang menempel pada permukaan gigi.

hanya airnya saja). kemudian kain tersebut Anda lilitkan di jari telunjuk Anda. . Gunakan mouthwash ini 3x sehari. *Penggunaan* Minum airnya (jangan ditelan). Gunakan mouthwash ini selama 1 minggu karena mouthwash ini hanya bisa bertahan sampai 1 minggu saja. dan masukkan ke dalam botol (ampasnya tidak usah dimasukkan ke botol. Untuk penyimpanannya bisa disimpan di kulkas. Anda dapat menggunakan kain lembut atau washlap bersih yang telah direndam sebentar di dalam air hangat. Lalu mulailah mengelap bagian gigi bayi yang sudah mulai tumbuh secara lembut dan perlahan karena Anda tidak ingin menyakiti bayi Anda atau malah merusak giginya yang masih baru itu.  Saring airnya. Kumur-kumur hingga satu menit. Untuk merawat gigi bayi yang baru mulai tumbuh. 4.