You are on page 1of 71

Politeknik Negeri Malang

z
Instalasi Listrik di
Rumah/Bangunan

z

Objektif/Tujuan
 Setelah mempelajari sesi ini, anda diharapkan dapat:

 Menjelaskan konsep dasar dari instalasi listrik

 menjelaskan peralatan yang dibutuhkan di instalasi listrik rumah
tinggal

 merancang instalasi listrik di suatu ruangan sesuai PUIL 2000

z

Definisi
 Instalasi listrik:

 rangkaian dari peralatan listrik yang saling berhubungan satu sama
lain secara listrik yang berada di dalam satu ruangan atau lokasi
Instalasi listrik

Instalasi
penerangan

Instalasi daya

z Prinsip dasar Instalasi Keamanan Keandalan Kemudahan Ketersediaan Estetika Ekonomi .

lasdop. kotak sambung .z Peralatan Instalasi Kawat Penghantar/Kabel MCB & Sekring Saklar Kotak kontak Peralatan pelengkap: pipa. klem.

Peralatan instalasi Listrik z Kawat Penghantar/ Kabel .

z Definisi  Kawat penghantar/kabel:  Bagian yang mampu menghantarkan arus listrik dari sumber menuju ke beban  Bagian pokok kabel:  Konduktor  Isolasi  Selubung/pelindung luar .

z Jenis Konstruksi .

z Nomenklatur Kabel .

z Nomenklatur Kabel .

z Nomenklatur Kabel .

z Nomenklatur Kabel .

z Nomenklatur Kabel .

z Parameter Utama  KHA  kemampuan suatu penghantar listrik dalam menghantarkan arus listrik  Dipengaruhi oleh:  Luas penampang penghantar  Suhu  Tahanan jenis .

z Standar Warna  Merah : fasa R  Kuning : fasa S  Hitam : fasa T  Biru : netral  Hijau strip kuning : grounding .

z Kabel Instalasi Rumah Tinggal NYA NYM NYY NYAF NYMHY .

z .

.

.

z .

.

.

.

.

Peralatan instalasi Listrik z MCB dan Sekring (Peralatan Pengaman) .

contoh: Fuse. Thermal overload relays. I2R  Semakin besar aliran arus. . MCB. semakin panas konduktor  Efek panas berbahaya bagi komponen elektrik  Konduktor memiliki KHA  Piranti pengaman arus lebih digunakan untuk melindungi konduktor dari arus lebih.z Latar Belakang  Aliran arus listrik dalam konduktor selalu membangkitkan PANAS karena ada tahanan .

z Arus Lebih  Definisi  jumlah arus yang lebih besar dari KHA penghantar  Penyebab:  hubung singkat  beban lebih .

z Short Circuit .

z Overload .

z MCB  Definisi:  Suatu alat yang berfungsi memutus hubungan listrik secara otomatis apabila ada arus hubung singkat atau arus beban lebih yang melebihi arus nominal/rating dari MCB  Rating MCB:  2 A. 20A. 25A. 40A. 16A. 32A. 6A. 4A. 50A dan 63A . 10A.

z Bagian .Bagian  Actuator Lever atau toggle switch (1)  Switch mekanis (2)  Kontak arus listrik (3)  Terminal I/O (4)  Batang bimetal (5)  Baut (6)  Solenoid (7)  kisi-kisi pemadam busur api (8) .

z Kode dan Simbol .

z Kurva Karakteristik .

z Pemilihan MCB Standar Kapasitas pemutusan Arus Pengenal Tegangan Jumlah fase Bentuk kurva trip Frekuensi sistem Aplikasi beban .

z Box MCB .

z Sekring  Definisi:  Berfungsi memutuskan aliran listrik akibat adanya overcurrent .

z Cara Kerja Sekring non otomatis Sekring otomatis .

seng. dan timah putih  Kawat ditempatkan dalam patrun yang terbuat dari bahan porselin  Di dalam patrun terdapat pasir untuk memadamkan bunga api yang terjadi saat pemutusan arus dan juga juga sebagai pendingin. tembaga. maka rangkalan terbuka open/off . karena dapat menyerap panas  Cara kerja:  Jika kuat arus melampaul batas tertentu. kawat melebur. z Non Otomatis (1)  Ciri2 fisik:  Mempunyai kawat tunggal yang mudah melebur  Kawat tunggal terbuat dari perak. aluminium.

20 A biru . 35 A hitam . 60 A kuning emas . 50 A putih. 6 A hijau. 15 A abu-abu. 25 A kuning. 4 A coklat.z Non Otomatis (2)  Warna pengenal:  2 A merah muda. 10 A merah.

yaitu tombol besar warna hitam yang berfungsi untuk menghubungkan aliran listrik setelah terjadinya korslet dan tombol kecil berfungsi untuk mematikan aliran listrik  Prinsip kerja:  Apabila terjadi arus hubung singkat maka kumparan elektromagnet akan menarik kontak sehingga sirkuit akan terputus .z Otomatis  Ciri2 fisik:  Mempunyai dua tombol.

z Box Sekring .

Peralatan instalasi Listrik z Saklar .

z Definisi  Saklar:  Alat yang digunakan untuk memutuskan dan menghubungkan rangkaian listrik secara manual .

z Jenis Saklar Ditanam Tidak ditanam .

z Jenis Saklar Saklar Saklar dua Saklar tunggal seri/deret/ganda arah/tukar/hotel Saklar silang Saklar impuls Saklar Staircase .

z Saklar Tunggal  Definisi:  Saklar yang berfungsi menyalakan/mematikan sebuah beban .

.

z Saklar Seri/Deret/Ganda  Definisi:  Saklar yang berfungsi menyalakan/mematikan dua buah beban .

z

Saklar Tukar
 Definisi:

 Saklar yang berfungsi
menyalakan/mematikan
sebuah beban dari dua
tempat yang berbeda

z Saklar Silang  Definisi:  Saklar yang berfungsi menyalakan/mematikan sebuah beban dari tiga/lebih tempat yang berbeda .

z Saklar Impuls  Definisi:  Saklar yang digunakan yang berfungsi menyalakan/mematikan sebuah beban dari tiga/lebih tempat yang berbeda dengan menggunakan bantuan push button. bekerja berdasarkan kontak magnetik .

.

z Saklar Staircase  Definisi  Saklar yang digunakan yang berfungsi menyalakan/mematikan sebuah beban dari tiga/lebih tempat yang berbeda dengan menggunakan bantuan push button. bekerja berdasarkan timer .

.

Peralatan instalasi Listrik z Kotak Kontak .

z Kotak Kontak  Definisi:  alat pada instalasi listrik dalam gedung yang menjadi tempat pengambilan arus .

Peralatan instalasi Listrik z Peralatan Pelengkap .

3. hal.3) . tidak boleh terdapat lubang atau tonjolan yang tajam atau cacat lainnya yang sejenis.3. Bagian dalam maupun luar pipa tersebut harus dilindungi secara baik terhadap karat (7.3.2)  Permukaan dan pinggiran atau bibir lewat mana penghantar ditarik harus licin dan tidak tajam (7. tahan terhadap panas.8.z Pipa Instalasi  Syarat pipa instalasi (PUIL 2000.3. 251):  Pipa instalasi harus terbuat dari bahan yang tahan terhadap tekanan mekanis. dan tahan kelembaban (7.2)  Permukaan bagian dalam dan luar pipa instalasi haruslah licin dan rata.3. tidak menjalarkan nyala api.8.8.

z Kotak Sambung  Di dalam pipa instalasi tidak boleh ada sambungan penghantar. penyambungan penghantar ini harus dilaksanakan dalam kotak sambung atau kotak cabang yang diperuntukkan bagi maksud itu (7.2) .12.

z Lasdop & Klem  Lasdop:  Alat yang digunakan pada sambungan penghantar untuk mencegah adanya hubungan dan untuk mencegah adanya hubungan singkat  Klem:  Alat digunakan pada instalasi di luar tembok untuk memperkuat pipa atau kabel .

z Gambar Instalasi .

z Gambar Situasi .

z Diagram Lokasi .

z Diagram Garis Tunggal .

z Diagram Pengawatan .

z Tabel Rekapitulasi Daya .

z Tabel Kebutuhan Bahan .

• Saklar o Dipasang 1.25 meter dari lantai. o Tidak boleh ditempatkan dekat dengan perapian.z Penempatan Peralatan  Kotak-kontak dinding o Dipasang 1.5 meter diatas lantai o Sebaiknya dipasang dekat dengan pintumemudahkan menyalakan lampu • Lampu o Dipasang sebaiknya ditengah-tengah  sehingga dapat menerangi ruangan secara merata . o Tidak boleh dipasang dekat dengan wastafel. o Penempatan kotak-kontak didekat pintu kurang tepat. o Sebaiknya dipasang tidak jauh dari sudut ruanganagar tidak tertutup oleh perabot.