You are on page 1of 11

..

PEMELIHARAAN SARANA
(GEDUNG)
PUSKESMAS
KABUPATEN KARANGREJO
TULUNGAGUNG No. Dokumen No. Revisi Halaman
1 dari 1

Tanggal Terbit Ditetapkan,
Januari 2017 Kepala UPTD Puskesmas Karangrejo
SOP .Kab. Tulungagung

HARI UMINARTI,S.Kep.Ns
NIP 19661207 198901 2 001
Pengertian Kegiatan pemeliharaan gedung dan alat agar selalu dalam keadaan baik
dan layak pakai
Tujuan Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk pemeliharaan sarana (gedung).
Kebijakan Pemeliharaan gedung dan alat harus direncanakan dan harus
dilaksanakan secara rutin.
Unit Terkait 1.Tata Usaha
2.Unit UKP
3.Unit Admen
Prosedur A Pelaksanaan:

1.Mempersiapkan ceklist pemantauan pemeliharaan
sarana/gedung yang telah tersedia,
2. Memulai pemantauan sarana/gedung sesuai dengan daftar
kegiatan yang ada di checklist
3. Memantau sarana/gedung Puskesmas apakah dalam kondisi
baik atau tidak di setiap ruangan yang ada di Puskesmas,
4. Memantau apakah sarana/gedung berfungsi dengan baik
atau tidak,
5. Melaporkan hasil pemantauan pemeliharaan sarana/gedung
kepada Kepala Puskesmas,
6. Jika dalam pemeriksaan terdapat kerusakan maka
melaporkan ke unit administrasi untuk diajukan anggaran
perbaikan, atau diajukan di perencanaan anggaran.
7. Mendokumentasikan hasil pemantauan pemeliharaan
sarana/gedung Puskesmas,
8. Melakukan pemantauan pemeliharaan sarana/gedung
Puskesmas setiap satu bulan sekali,
9. Membuat rencana tindak lanjut.

Ns NIP 19661207 198901 2 001 Pengertian Suatu kegiatan untuk memelihara dan menjaga alat-alat agar tetap terpantau dan terpelihara dengan baik. 5.Kep. Menempatkan peralatan sesuai kebutuhan pada tiap unit. Membuat dan memasang kartu inventaris alat per ruangan. Membuat pengajuan usulan pengadaan barang dan perbaikan alat. 2. Memantau dan mengecek secara berkala alat. Tujuan Sebagai acuan penerapan langkah langkah petugas untuk memelihara alat- alat agar tetap terawat dengan baik dan aman. Membuat dan memasang ceklist keadaan alat per ruangan. Januari 2017 Kepala UPTD Puskesmas Karangrejo SOP Kab. Membersihkan alat setiap kali habis digunakan. Mensterilkan alat dan menyimpan sesuai karakteristik alat. 4. Revisi Halaman 1 dari 1 Tanggal Terbit Ditetapkan. Dokumen No. Tulungagung HARI UMINARTI. . 7. 10.S. 3. 6. 9. Membuat dan memasang kartu pemeliharaan barang. Mencatat semua alat kedalam buku inventaris barang.alat yang perlu diperbaiki. Pelaksanaan: 1. PEMELIHARAAN PERALATAN PUSKESMAS KABUPATEN KARANGREJO TULUNGAGUNG No. Melakukan pemantauan dan pencatatan alat-alat yang perlu dihapus dan perlu diusulkan penambahan. Kebijakan Sebagai acuan untuk Pemeliharaan Peralatan Unit Terkait Pengurus Barang/Penyimpanan Barang Prosedur A. 8.

dll) 3. sarung tangan. jenis peralatan. dll) 5. gunting.Peralatan yang terbuat dari email (Waskom.S. maka harus disterilkan kembali.Peralatan yang terbuat dari ebonite (kanule rectum.Peralatan yang terbuat dari logam (pinset. tanggal dan jam disterilkan.Tulungagung HARI UMINARTI. dll) 4. Memelihara peralatan dalam keadaan siap pakai. Mencegah terjadinya infeksi silang 2. Revisi Halaman KABUPATEN 1 dari 2 TULUNGAGUNG Tanggal Terbit Ditetapkan. canule trachea. piring. stoom panas tinggi. STERILISASI PERALATAN PUSKESMAS KARANGREJO No.Peralatan yang tebuat dari kaca (tabung kimia.Peralatan yang terbuat dari karet (kateter. Jenis Peralatan yang dapat disterilkan: 1. Januari 2017 Kepala UPTD Puskesmas Karangrejo SOP Kab. Jika peralatan yang baru disterilkan terbuka. dll) . Unit Terkait Ruang Rawat jalan. Dokumen No. UGD. Tujuan 1. Rawat Inap.Kep.Ns NIP 19661207 198901 2 001 Pengertian Suatu tindakan untuk membunuh kuman patogen dan apatogen beserta sporanya pada peralatan perawatan dan kedokteran dengan cara merebus.Peralatan yang terbuat dari porselen (cangkir. Kebijakan Peralatan yang dibungkus harus diberi label yang jelas dengan mencantumkan: nama.dll) 2. atau menggunakan bahan kimia. Ruang Persalinan/VK Prosedur A. dll) 6.

dll . h. Menekan tombol on pada sterilisator g. Langkah-langkah: a. obat-obatan. Mematikan dengan menekan tombol off dan Melepaskan stop kontak. dan karet. Pelaksanaan: 1. Mengisi air hingga alat terendam d. Mengangkat alat setelah 30 menit. Sterilisasi dengan cara stoom (uap) : Mensterilkan peralatan dengan uap panas dengan autoclave dengan waktu. suhu dan tekanan tertentu. Misalnyaalat dari logam.B. Mengatur waktu selama 30 menit f. Misalnya alat tenun. Sterilisasi dengan cara rebus : Mensterilkan peralatan dengan merebusnya di dalam air sampai mendidih (100º C) dan ditunggu antara 15 sampai 30 menit. 2. Menutup sterilisator dengan rapat e. Memasukkan alat yang sudah dicuci bersih ke dalam sterilisator c. Yakinkan sterilisator dalam keadaan siap pakai b. kaca.

Merencanakan layanan ditetapkan berdasarkan hasil kajian yang dinyatakandalam bentuk diagnosis.Ns NIP 19661207 198901 2 001 Pengertian SOP ini mengatur tentang rencana tindakan dan pengobatan serta rencana layanan terpadu jika diperlukan penanganan oleh tim kesehatan antar profesi disusun dengan tujuan yang jelas. Penanganan pasien secara interprofesi meliputi:  Penanganan pasien HT  Penanganan pasien DM  Penanganan pasien TB  Penanganan pasien IMS  Penanganan pasien Balita gizi kurang/buruk  Penanganan pasien BUMIL dengan keluhan medis  Penanganan pasien BUMIL dengan anemia  Penanganan pasien BUMIL dengan KEK  Penanganan pasien JIWA . Kebijakan SK kepala puskesmas tentang kebijakan peningkatan mutu klinik dan keselamatan pasien Unit Terkait  Petugas Pendaftaran. Tulungagung HARI UMINARTI. 4. Dokter atau petugas medis melakukan kajian terhadap keluhan dankebutuhan pasien. Revisi Halaman 1 dari 1 Tanggal Terbit Ditetapkan. Dokumen No.Kep. PENYUSUNAN RENCANA LAYANAN TERPADU PUSKESMAS KABUPATEN KARANGREJO TULUNGAGUNG No. terkoordinasi dan melibatkan pasien/keluarga. 2. pasien memerlukan kolaborasi dengan timkesehatan lain.S. Dokter atau petugas medis memberikan rujukan ke poli lain jika didalam rencana layanan. Tujuan Pasien mendapatkan pelayanan yang profesional dan komperehensif.  Dokter.  Bidan  Apoteker  Paramedis / Perawat Prosedur Pelaksanaan : 1. Dalam menyusun rencana layanan dipandu olehkebijakan dan prosedur yang jelas sesuai dengan kebutuhan pasien dansesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan 3. Januari 2017 Kepala UPTD Puskesmas Karangrejo SOP Kab.

Instalasi Rawat Inap Prosedur A Pelaksanaan : 1. Melaksanakan tindakan sesuai dengan rencana layanan yangtelah disusun. Menegakkan diagnose pasien. 2 . 3 Melakukan anamnesa. Dokumen No. Mengevaluasi segera (formati) untuk tindakan yang sudah dilakukan. Mendokumentasikan kegiatan. Menyusun rencana penatalaksanaan pasien sesuai denganmasalah kesehatan pasien.Pelayanan Imunisai 7. . 11. 9.Pelayanan KB 6.Poli Pelayanan Gigi 4. Menyusun rencana tindak lanjut bila masalah kesehatan pasien belum teratasi. Melakukan pemeriksaan fisik. 7. 10. Berkolaborasi dengan tim kesehatan lain bila pasienmembutuhkan penanganan tim kesehatan lain 8.Poli Pelayanan Umum 3.Kep. Revisi Halaman 1 dari 1 Tanggal Terbit Ditetapkan.Memanggil pasien masuk keruang periksa. PENYUSUNAN RENCANA LAYANAN MEDIS KABUPATEN PUSKESMAS KARANGREJO TULUNGAGUNG No.UGD 8.Loket Pendaftaran 2.S. 6. Menerima rekam medis pasien dari petugaspendaftaran. 4. 5.Ns NIP 19661207 198901 2 001 Pengertian Penyusunan rencana layanan medis adalah kegiatan menyusunterapi atau pengobatan yang akan dilakukan untuk pasien sesuaidengan masalah kesehatan yang dihadapi pasien agar pasienmendapatkan pengobatan yang tepat dan maksimal.Poli Pelayanan KIA 5. Januari 2017 Kepala UPTD Puskesmas Karangrejo SOP Kab. Tulungangung HARI UMINARTI. Tujuan Sebagai pedoman penyusunan rencana layanan medis di Puskesmas Kebijakan SK Kepala Puskesmas tentang Pelayanan& klinis Unit Terkait 1.

Pelayanan Imunisai 6. Tujuan Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk meningkatkan pelayanan pasien melalui tinjauan sistematis pelayanan terhadap langkah-langkah eksplisit dan pelaksanaan perubahan dalam praktek jika diperlukan. .Poli Pelayanan KIA 4.Poli Pelayanan Umum 2. AUDIT KLINIS KABUPATEN PUSKESMAS KARANGREJO TULUNGAGUNG No. Mengukur Kinerja 4. Januari 2017 Kepala UPTD Puskesmas Karangrejo SOP Kab.Kep.S.Ns NIP 19661207 198901 2 001 Pengertian Proses Peningkatan Kualitas Yang Bertujuan Untuk Meningkatkan Perawatan Pasien Dan Hasil Peninjauan Secara Sistematis Melalui Perawatan Terhadap kriteria Eksplisit Dan Pelaksanaan Perubahan.Poli Pelayanan Gigi 3. Revisi Halaman 1 dari 1 Tanggal Terbit Ditetapkan. Perencanaan dan persiapan audit klinik tergantung dari keadaan khusus dari masing masing bidang garap audit. Tulungangung HARI UMINARTI.UGD 7. Perencanaan audit Untuk membuat suatu audit klinik yang sukses dalam mengindentifikasi bidang keunggulan atau untuk memperbaiki suatu kekurangan diperlukan suatu perencanaan dan persiapan yang efektif.Instalasi Rawat Inap Prosedur A Pelaksanaan : 1 . Mengevaluasi segera (formati) untuk tindakan yang sudah dilakukan. 2. Mempertahankan perbaikan Setiap tahap siklus audit klinik harus dilakukanuntuk memastikan bahwa audit dilaksanakan secara sistematis dan berhasil dilaksanakan. Membuat Kesimpulan 5. Penetapan standar 3. Kebijakan SK Kepala Puskesmas tentang Pelayanan klinis Unit Terkait 1.Pelayanan KB 5. Dokumen No.

.

Kebijakan SK Kepala Puskesmas tentang Pelayanan klinis yang berorientasi Pasien Unit Terkait 1.Ns NIP 19661207 198901 2 001 Pengertian Pemberian informasi tentang efek samping dan resiko pengobatan adalahkegiatan memberikan penjelasan mengenai pengobatan yang akan dilakukantermasuk didalamnya penjelasan mengenai efek samping dan resiko dari pengobatan yang akan dilakukan baik pada saat pengobatan berlangsung atau setelah pengobatan selesai. Dokumen No. Perawat mengantarkan Rekam medis ke Ruang Pemeriksaan 4. Petugas menyiapkan form informed consent b. Tujuan Agar petugas memahami mengenai efek samping dan resiko dari pengobatan yang dilakukan sehingga pasien siap menerima kemungkinan resiko yang akan terjadi saat pengobatan berlangsung atau setelah selesai pengobatan. Revisi Halaman 1 dari 1 Tanggal Terbit Ditetapkan. PEMBERIAN INFORMASI TENTANG EFEK SAMPING DAN RESIKO PENGOBATAN PUSKESMAS KABUPATEN KARANGREJO TULUNGAGUNG No. a.Pelayanan Imunisai 6.Pelayanan KB 5.Poli Pelayanan KIA 4. Dokter memberi kesempatan untuk bertanya mengenai pengobatan yang akan dilakukan.S. Dokter melakukan pemeriksaan fisik dan merumuskan diagnose pasien 5. Dokter memberitahukan pada pasien tentang penyakit dan pengobatan yang akan dilakukan serta menjelaskan efek samping dan resiko pengobatan yang akan dilakukan. Tulungangung HARI UMINARTI. Perawat menerima rekam medis pasien dari petugas pendadtaran 2.Kep. Petugas menjelaskan isi informed consent c.Poli Pelayanan Gigi 3.UGD 7. Januari 2017 Kepala UPTD Puskesmas Karangrejo SOP Kab. Perawat memanggil pasien masuk ke ruang anamnesa / melakukan anamnesa dan vital sign 3.Poli Pelayanan Umum 2. 6.Instalasi Rawat Inap Prosedur Pelaksanaan : 1 . Petugas memberikan kesempatan kepada pasien .

Petugas mencatat hasil pemeriksaan dan tindakan kegiatan pada Rekam medik . untuk mengambil keputusan mengenai persetujuan terhadap pengobatan yang akan dilakukan d. Petugas menandatangani informed consent yang telah ditandatangani pasien f. Petugas meminta pasien untuk menandatangani informed consent e.