You are on page 1of 19

Sejarah Proses Perumusan Pancasila

Menjelang tahun 1945, Jepang mengalami kekalahan di Asia Timur Raya, Jepang banyak
menggunakan cara untuk menarik simpati khususnya kepada bangsa Indonesia dengan
membuat suatu janji bahwa jepang akan memberikan kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia yang diucapkan oleh Perdana Menteri Kaiso pada tanggal 7 September 1944.
Pembentukan BPUPKI
Jepang meyakinkan akan janjinya terhadap bangsa Indonesia untuk dimerdekakan dengan
membentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
(BPUPKI). Dalam bahasa Jepang BPUPKI berarti Dokuritsji Junbi Cosakai. Jenderal
Kumakichi Harada, merupakan komandan pasukan jepang di jawa dan mengumumkan
pembentukan BPUPKI lalu pada tanggal 28 April 1945 diumumkan pengangkatan anggota
BPUPKI. Upacara peresmiannya di gelar Gedung Cuo Sangi In di Pejambon Jakarta
(sekarang, Gedung Departemen Luar Negeri).
BPUPKI beranggotakan 67 orang, termasuk 7 orang Jepang dan 4 orang Cina dan Arab.
Jabatan Ketua BPUPKI adalah Radjiman Wedyodiningrat, Wakil ketua BPUPKI adalah
Icibangase (Jepang), dan sebagai sekretarisnya adalah R.P. Soeroso.
A. Sejarah Proses Persidangan Pertama BPUPKI (29 Mei-1 Juni 1945) dan Usulan-
Usulan Rumusan Pancasila
Setelah terbentuk BPUPKI segera mengadakan persidangan. Masa persidangan BPUPKI
dimulai pada tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945. Di masa persidangan,
BPUPKI membahas rumusan dasar negara untuk Indonesia merdeka. Di persidangan
BPUPKI yang pertama, terdapat berbagai pendapat mengenai dasar negara yang dipakai
di Indonesia. Pendapat-pendapat rumusan dasar negara Indonesia disampaikan oleh Mr.
Mohammad Yamin, Mr. Supomo, dan Ir. Soekarno
a. Mr. Mohammad Yamin
Mr. Mohammad Yamin menyatakan pemikirannya mengenai dasar negara Indonesia
merdeka yang dihadapan sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945. Pemikirannya Mr.
Mohammad Yamin diberi judul "Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik Indonesia".
Usulan rumusan dasar negara Mr. Mohammad Yamin yang intinya adalah sebagai
berikut..
1)Perikebangsaan
2).Perikemanusiaan
3).Periketuhanan
4).Perikerakyatan
5).Kesejahteraanrakyat

b. Mr. Supomo
Mr. Supomo mengemukakan usulan rumusan dasar negara di sidang BPUPKI tanggal 31
Mei 1945, dari pemikiran tersebut merupakan penjelasan masalah-masalah mengenai
hubungan dasar negara Indonesia dimana negara dibentuk hendaklah integralistik
berdasarkan pada hal-hal berikut...
1). Persatuan
2). Kekeluargaan
3). Keseimbangan lahir dan batin
4). Musyawarah
5). Keadilan sosial

Maluku serta penduduk cina. 2 orang wakil sulawesi. Soekarno terdiri atas lima asas antara lain sebagai berikut.. Kesejahteraan sosial 5). Maramis. dan seorang wakil Sunda Kecil. Soekarno Tanggal 1 Juni 1945. 1). Usulan rumusan dasar negara Ir. ketua PPKI menambah 6 anggota lagi sehingga anggota PPKI berjumlah 27 orang. namun rumusan dasar negara Indonesia untuk merdeka belum terbentuk. Moh... Soekarno (ketua). Mr. Piagam Jakarta E.. Agus Salim. Ir. 3 wakil dari sumatera. Soekarno mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapat mengenai rumusan dasar negara Indonesia. Lembaga tersebut dalam bahasa Jepang disebut dengan Dokuritsi Junbi Inkai. Kebangsaan Indonesia 2). Abdul Wachid Hasyim. Maka dari itu. Ir. Tugas Panitia Sembilan adalah menampung berbagai aspirasi mengenai pembentukan dasar negara Indonesia. D. BPUPKI membentuk panitia perumus dasar negara yang anggota terdiri dari sembilan orang yang disebut dengan Panitia Sembilan. dan A. H. K.c. Padahal. Tanggal 18 Agustus 1945. Kerakyatan yang dimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaran/perwakilan 5. Kemanusiaan yang adil dan beradab 3. Persatuan Indonesia 4. Ketuhanan Yang Maha Esa B. Rumusan itu oleh Mr Moh. Abikusno Cokrosuryo. Untuk menindaklanjuti hasil kerja dari BPUPKI. Abdulkahar Muzakir. F. Kerja keras dan cerdas dari Panitia Sembilan membuahkan hasil di tahun 22 Juni 1945 yang berhasil merumuskan dasar negara untuk Indonesia merdeka.Moh. BPUPKI akan reses (istirahat) satu bulan penuh. Yamin. Hatta. Mufakat atau demokrasi 4). 1. Drs.H. Anggota PPKI terdiri dari 21 orang untuk seluruh masyarakat Indonesia. Internasionalismee atau perikemanusiaan 3). Pembentukan Panitia Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) Tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan di Jepang. Yamin yang diberi nama "Piagam Jakarta atau Jakarta Charter". 12 orang wakil dari jawa. Sejarah Proses Persidangan Kedua BPUPKI (10-16 Juli 1945) Persidangan pertama BPUPKI berakhir.Ketuhanan Yang Maha Esa 2.A. maka jepang membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Ahmad Subardjo. Rumusan Akhir Yang Ditetapkan Tanggal 18 Agustus1945 dalam sidang PPKI adalah sebagai berikut. Anggota Panitia Sembilan terdiri dari Ir. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia .

Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia. Hormat menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda. b. kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. g. Mengakui persamaan derajat.II/MPR/1978 itu adalah sebagai berikut: 1. Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur. sehingga terbina kerukunan hidup. Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Persatuan Indonesia : a. 4. Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. c. f. Mengembangkan sika tenggang rasa dan tepa-selira. d. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Ketuhanan Yang Maha Esa : a. Tidak memaksakan kehendak pada orang lain. e. b. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain. Berani membela kebenaran dan keadilan. e. Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya. 3. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.C. d. Saling mencintai sesama manusia. d. Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia. Menempatkan persatuan. b. 2. c. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. karena itu dikembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain. kesatuan. e. h. c. Dengan itikat baik dan rasa tanggungjawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah. Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila seperti yang teruang dalam Ketetapan MPR No. d. . Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Bearadab : a. Cinta tanah air dan bangsa. f. persamaan hak dan persamaan kewajiban anatar sesama manusia. Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan : a. c. b. Tidak semena-mena terhadap orang lain.

Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung-jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa. struktur negara. j. Undang-Undang Dasar merupakan sumber hukum tertinggi yang menjadi pedoman dan norma hukum yang dijadikan sumber hukum bagi peraturan perundangan yang berada di bawahnya. Republik Indonesia belum memiliki Undang-Undang Dasar. g. bentuk negara. Menghargai hasil karya orang lain. . 5. Rakyat pemegang kedaulatan tertinggi terikat pada konsititusi. Undang-Undang Dasar menempati tata urutan peraturan perundang-undangan tertinggi dalam negara. “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar”. Suka bekerja keras. l. Bersikap adil. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.[6] proses perumusan uud nri tahum 1945 : Konstitusi adalah hukum dasar yang dijadikan pegangan dalam penyelenggaraan suatu negara. Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain. dan dapat pula tidak tertulis yang juga disebut Konvensi.g. e. i. Suka member pertolongan kepada orang lain. Tidak bersifat boros. dan berbagai lembaga negara serta hak-hak rakyat. Bersama-sama mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. Sesuai dengan rumusan Pasal 1 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dengan demikian. Pasal tersebut dimaksud memuat paham konstitusionalisme. b. kekuasaan peradilan. kekuasaan legislatif. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ditetapkan oleh PPKI pada hari Sabtu 18 Agustus 1945. k. a. menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan. Undang- Undang Dasar biasanya mengatur tentang pemegang kedaulatan. c. d. f. Tidak bergaya hidup mewah. bentuk pemerintahan. Kedaulatan rakyat dilaksanakan menurut Undang. satu hari setelah Proklamasi.Undang Dasar. Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Konstitusi dapat berupa hukum dasar tertulis yang lazim disebut Undang-Undang Dasar. Ketika kemerdekaan Indonesia diproklamasikan. Menghormati hak-hak orang lain. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong-royongan. h.

sidang pertama pada 29 Mei-1 Juni 1945 kemudian dilanjutkan pada sidang kedua pada 10-17 Juli 1945. 3. usulan tentang warga negara. Membentuk Panitia Perancang “Declaration of Rights”. usulan tentang daerah. Panitia Perancang Keuangan dan Perekonomian. pada tanggal 13 Juli 1945 berhasil membahas beberapa hal dan menyepakati antara lain ketentuan tentang Lambang . setelah mendengarkan pandangan dan pemikiran 20 orang anggota. usulan mengenai dasar negara. Sukiman. dan Parada Harahap.Pembahasan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dilakukan dalam sidang BPUPKI. yang beranggotakan Subardjo.Undang Dasar dilakukan pada sidang yang kedua. Panitia Perancang Undang-Undang Dasar melanjutkan sidang yang antara lain menghasilkan kesepakatan: 1. Besar. usulan tentang unifikasi atau federasi. Hatta. Soekarno selaku Ketua Panitia Kecil melaporkan hasil kerjanya. dengan ketua Abikusno Tjokrosujoso. yaitu: 1. dengan ketua Moh. 3. Kepala Negara di tangan satu orang. Bentuk “Unitarisme”. setelah dibuka oleh ketua dilanjutkan dengan pengumuman penambahan anggota baru. dan Abdul Kaffar. Dalam sidang pertama dibahas tentang dasar negara sedangkan pembahasan rancangan Undang. usulan tentang agama dan negara. usulan tentang pembelaan negara. yang diketuai oleh Supomo Panitia Kecil Perancang Undang-Undang Dasar. 2. Pada sidang BPUPKI tanggal 11 Juli 1945. Soekarno. Panitia Perancang Undang-Undang Dasar. bahwa Panitia Kecil telah menerima usulan-usulan tentang Indonesia merdeka yang digolongkannya menjadi sembilan kelompok. Asikin Natanegara. 2. Muhammad Noor. Pada sidang BPUPKI tanggal 10 Juli 1945. 4. Kemudian Ir. yaitu Abdul Fatah Hasan. dan usulan tentang keuangan. Panitia Perancang Pembelaan Tanah Air. yaitu: usulan yang meminta Indonesia merdeka selekas-lekasnya. Pada tanggal 11 Juli 1945. maka dibentuklah tiga Panitia Kecil. yaitu Presiden. dengan ketua Ir. Membentuk Panitia Kecil Perancang Undang-Undang Dasar. usulan tentang bentuk negara dan kepala negara. Surio Hamidjojo.

harus diketahui keterangan-keterangannya dan juga harus diketahui dalam suasana apa teks itu dibikin. Oleh karena itu. Norma agama datang dari Tuhan sehingga tidak bisa dibantah oleh siapapun. Rancangan Undang-Undang Dasar diserahkan kepada Panitia Penghalus Bahasa. Dengan demikian kita dapat mengerti apa maksudnya. . Hatta. menjadi bahan yang historis. aliran pikiran apa yang menjadi dasar Undang-undang itu. Negara. BPUPKI mengadakan sidang dengan agenda “Pembicaraan tentang pernyataan kemerdekaan”.Undang Dasar”. Untuk itu semua masyarakat yang tinggal di Indonesia harus mempunyai agama sehingga bisa menjalankan norma agama dengan baik. “Paduka Tuan Ketua! Undang-Undang Dasar negara mana pun tidak dapat dimengerti sungguh- sungguh maksudnya Undang-Undang Dasar dari suatu negara. Soekarno memberikan penjelasan naskah yang dihasilkan dan mendapatkan tanggapan dari Moh. bahan interpretasi untuk menerangkan apa maksudnya Undang- Undang Dasar ini. Sedangkan sidang pada tanggal 15 Juli 1945 melanjutkan acara “Pembahasan Rancangan Undang. 1. sebutan Majelis Permusyawaratan Rakyat. diberi kesempatan untuk memberikan penjelasan terhadap naskah Undang-Undang Dasar Penjelasan Soepomo. Pada tanggal 14 Juli 1945. segala pembicaraan dalam sidang ini yang mengenai rancanganrancangan Undang-Undang Dasar ini sangat penting oleh karena segala pembicaraan di sini menjadi material. Norma agama Yang pertama adalah norma agama. dan Supomo. kita harus mempelajari juga bagaimana terjadinya teks itu. lebih lanjut Soepomo. antara lain menjelaskan betapa pentingnya memahami proses penyusunan Undang-Undang Dasar (Sekretariat Negara Indonesia. norma yang didasarkan pada aturan agama masing- masing individu yang menganutnya. dan membentuk Panitia Penghalus Bahasa yang terdiri atas Djajadiningrat. Undang-undang yang kita pelajari. Setelah Ketua Perancang Undang-Undang Dasar.” Naskah Undang-Undang Dasar akhirnya diterima dengan suara bulat pada Sidang BPUPKI tanggal 16 Juli 1945. Berikut adalah beberapa contoh norma agama yang berkembang di Indonesia. Salim. Negara Kesatuan. sebagai Panitia Kecil Perancang Undang- Undang Dasar. 1995:264).

Berikut adalah contoh norma kesopanan. Demikian adalah beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian.  Mematuhi aturan lau lintas  Memnuhi semua persyaratan menjadi pengendara motor atau mobil yang baik  Mempunyai kartu identitas sebagai salah satu syarat warga negara yang baik 4. Berikut adalah contoh norma kesusilaan. dimana semua orang harus mematuhinya tanpa terkecuali. 5. Norma hukum Selanjutnya ada norma hukum yang dijadikan sebagai pedoman masyarakat dalam menjalankan hukum yang berlaku. jenis dan contoh norma yang berlaku di Indonesia.  Berjalan pelan dan menundukkan kepala saat lewat didepan orang tua. Menjalankan perintah agama dan menjauhi larangan. berikut adalah contoh norma adat. misalnya berjudi. Semua orang tanpa terkecuali harus patuh dan tunduk pada norma demi keseimbangan kehidupan bermasyarakat.  Melakukan upacara adat yang biasa dilakukan. norma hukum bersifat tegas dan memaksa. Norma kesopanan Adapun norma kesopanan yang hidup di masyarakat. mabuk.  Menghargai dan menghormati hak dan kewajiban orang lain.  Menghargai kegiatan adat yang dijalankan. 1. Norma kesusilaan Sedangkan di poin ke empat kita memiliki norma kesusilaan. seperti melakukan beberapa hal buruk.  Berkata dan bertindak jujur dalam masyarakat. Lembaga negara berdasarkaan uud nri 1945 Adapun rincian lembaga-lembaga negara atau alat-atal perlengkapan negara menurut UUD 1945 hasil amandemen adalah sebagai berikut.  Membuang sampah pada tempatnya 3. Norma adat Dan yang terkhir adalah norma adat. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Tugas-tugas MPR dalam Pasal 3 UUD 1945 hasil amandemen adalah sebagai berikut : a.  Melaksanakan ibadah rutin sebagaimana yang dipertintahkan dalam agama masing- masing.  Mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain dan memberi senyum. sehingga kita bersikap sopan dan santun untuk menghargai sesama. norma yang masih berlaku dimasyarakat mengenai aturan adat tertentu.  Menghormati mereka yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. memfitnah orang lain dan masih banyak lainnya. norma kesusialaan tinggal dimasyarakat dan bila ada yang melanggar norma ini akan dikucilkan dari masyarakat. Mengubah dan menetapkan undang-undang dasar . 2.

Presiden dibantu oleh satu orang wakil presiden dalam melaksanakan kewajibannya. c. 2. anggota DPD dipilih dari setiap provinsi melalui pemilihan umum. presiden memiliki legitimasi (pengesahan) yang lebih kuat karena didukung secara langsung oleh rakyat. Membahas rancangan undang-undang (RUU) bersama presiden (Pasal 20 Ayat 2) c. yaitu hak DPR untuk tidak dituntut di pengadilan karena pernyataan/pendapat yang disampaikan dalam rapat. Hak mengajukan usul RUU. Fungsi pengawasan. 4. Hak angket yaitu hak DPR untuk mengadakan penyelidikan atas suatu kebijaksanaan presiden/pemerintah c. Hak menyampaikan pendapat d. Fungsi legislasi berkaitan dengan wewenang DPR dalam pembentukan undang-undang b. Oleh karena itu. Hak mengajukan pertanyaan. Fungsi anggaran. Melantik presiden dan/atau wakil presiden c. 3. Susunan keanggotaan MPR terdiri atas anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang dipilih melalui pemilihan umum. menyampaikan usul dan pendapat e. DPR mempunyai fungsi legislasi. a. f. Membahas rencana anggaran pengeluaran belanja negara (RAPBN) bersama presiden (Pasal 23 Ayat 2) Dalam UUD 1945 hasil amandemen 2002 tersebut juga dicantumkan fungsi dan hak DPR. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Keanggotaan DPR merangkap keanggotaan MPR. kedudukan dewan ini kuat dan tidak dapat dibubarkan oleh presiden yang memegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan negara. DPR diberikan hak-hak yang diatur dalam pasal-pasal UUD 1945. fungsi aggaran dan fungsi pengawasan (Pasal 20A Ayat 1). Tugas-tugas DPR dalam UUD 1945 hasil amandemen adalah sebagai berikut : a. Hak imunitas.b. Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) adalah sebuah lembaga baru setelah adanya perubahan UUD 1945. Menurut Pasal 22C Ayat 1. Hak interpelasi yaitu hak DPR untuk meminta keterangan kepada presiden b. Membentuk undang-undang (Pasal 20 Ayat 1) b. Dengan demikian. Prsiden Presiden Repoblik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD 1945 (Pasal 4 Ayat 1). Anggota DPD dari setiap provinsi jumlahnya sama. Dalam melaksanakan fungsinya. Memberhentikan presiden dan/atau wakil presiden dalam masa jabatannya menurut undang-undang dasar. Terjadi pula pergeseran kekuasaan pemerintahan negara yakni kekuasaan presiden ini tidak lagi di bawah . Hak-hak tersebut adalah sebagai berikut : a. DPR berwewenang menyusun dan menetapkan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) bersama presiden. presiden dipilih oleh rakyat secara langsung. Menurut sistem pemerintahan negara berdasarkan UUD 1945 hasil amandemen 2002. DPR melakukan pengawasan terhadap pemerintah dalam pelaksanaan undang-undang.

a. dan DPRD sesuai kewenangannya (Pasal 23E Ayat 2). Membentuk undang-undang (Pasal 5 Ayat 1) b. Presiden berhak menetapkan peraturan pemerintah untuk melaksanakan undang-undang (Pasal 5 ayat 2). Mahkamah Agung (MA) Mahkamah Agung merupakan badan yang melaksanakan kekuasaan kehakiman. presiden bukan berarti diktator. sebab jika presiden melanggar undang-undang. DPD. namun juga melaksanakan tugas legislatif bersama DPR. 4) Memutuskan pembubaran partai politik 5) Memutuskan perselisihan hasil pemilu. Badan Pemerinksa Keuangan BPK merupakan badan yang bertugas memeriksa tanggung jawab keuangan negara. Tugas mahkamah agung adalah mengawasi jalannya undang-undang dan member sanksi terhadap segala pelanggaran terhadap undang-undang. maka MPR dapat memberhentikan presiden dalam masa jabatannya. dalam melaksanakan tugasnya. Hasil pemeriksaan keuangan negara diserahkan kepada DPR. Kewenangan MK adalah sebagai berikut : 1) Berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final. tetapi bukan berarti di atas pemerintah. b. Namun. Presiden merupakan kepala eksekutif. Seperti dinyatakan dalam Pasal 23E Ayat 1 bahwa untuk memerinksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara diadakan suatu Badan Pemerinsa Keuangan yang bebas dan mandiri. 2) Untuk menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar 3) Memutuskan sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh undang-undang dasar. Ketua dan wakil ketua MA dipilih dari dan oleh hakim agung. Lembaga Kehakiman Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan (Pasal 24 Ayat 1). 5. Merdeka yang dimaksud disini berarti tidak dapat dipengaruhi oleh kekuasaan pemerintah maupun DPR/MPR. antara lain dalam hal sebagai berikut : a. Dalam pelaksanaan tugasnya. Mahkamah Konstitusi mempunyai sembilah orang anggota hakim konstitusi yang ditetapkan oleh presiden. Anggota BPK dipilih oleh DPR dengan mempertimbangkan DPD dan disahkan oleh presiden. Lembaga-lembaga yang berkaitan dengan kekuasaan kehakiman adalah sebagai berikut. Lembaga ini berfungsi mengawasi perilaku hakim dan mengusulkan nama . Mahkamah Konstitusi (MK) Mahkamah Konstitusi adalah sebuah lembaga baru di wilayah kekuasaan kehakiman. BPK terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah. c. Menetapkan peraturan pemerintah sebagai pengganti undang-undang bila keadaan memaksa (Pasal 22) c. Komisi Yudisial (KY) Komisi Yudisial adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor. 22 tahun 2004.MPR melainkan setingkat dengan MPR. 6. Pimpinan BPK dipilih dari dan oleh anggota Pasal 23F Ayat 1 dan 2.

Kita wajib menyadari bahwa hak-hak asasi kita selalu berbatasan dengan hak-hak asasi orang lain. . Menurut John Locke. Hak asasi tidak bisa dilepas dengan kekuasaan atau dengan hal-hal lainnya. Dari pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) dapat disimpulkan bahwa sebagai anugerah dari Tuhan terhadap makhluknya. karena itulah ketaan terhadap aturan menjadi penting Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Para ahli Ada berbagai versi umum pengertian mengenai HAM. sehingga sifatnya suci. 4. Hak asasi merupakan hak hukum. yang tanpa hak itu kita mustahil hidup sebagai manusia. Bila itu sampai terjadi akan memberikan dampak kepada manusia yakni manusia akan kehilangan martabat yang sebenarnya menjadi inti nilai kemanusiaan. hak asasi adalah hak yang diberikan langsung oleh Tuhan sebagai sesuatu yang bersifat kodrati. kaya maupun miskin. 5. Memperjuangkan hak sendiri sembari mengabaikan hak orang lain merupakan tindakan yang tidak manusiawi. Austin-Ranney. hak yang dimiliki manusia menurut kodratnya tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya. 39 Tahun 1999. Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) adalah hak-hak dasar yang dimiliki setiap pribadi manusia sebagai anugerah Tuhan yang dibawa sejak lahir. Menurut Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999.. John Locke. Milne. dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. 3. laki-laki ataupun perempuan. Hak itu merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati. HAM adalah ruang kebebasan individu yang dirumuskan secara jelas dalam konstitusi dan dijamin pelaksanaannya oleh pemerintah. Walapun demikian. Hakhak tersebut bersifat universal dan dimiliki setiap orang. dijunjung tinggi. hukum.J. ini berarti bahwa hak-hak tersebut merupakan hukum. HAM adalah hak hukum yang dimiliki setiap orang sebagai manusia. Hak-hak tersebut mungkin saja dilanggar. Menurut David Beetham dan Kevin Boyle. bukan berarti bahwa perwujudan hak asasi manusia dapat dilaksanakan secara mutlak karena dapat melanggar hak asasi orang lain. Secara umum Hak Asasi Manusia sering sekali terdengar di telinga kita tentang Pelanggaran-pelanggaran HAM yang membuat kita prihatin tentang semua yang terjadi. Hak asasi manusia : Dalam pengertiannya Hak Asasi Manusia (HAM) menurut definisi para ahli mengatakan. Artinya. 6. Berikut beberapa definisi tersebut. Anggota Komisi Yudisial diangkat dan diberhentikan oleh presiden dengan persetujuan DPR. Adapun beberapa definisi Hak Asasi Manusia (HAM) adalah sebagai berikut: 1. 2. sedangkan pengertian HAM menurut perserikatan bangsa-bangsa (PBB) adalah hak yang melekat dengan kemanusiaan kita sendiri. tetapi tidak pernah dapat dihapuskan.M. HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. UU No. calon hakim agung. C. sehingga perlunya kita tahu lebih jelas tentang hak asasi manusia seperti dibawah ini. HAM adalah hak yang dimiliki oleh semua umat manusia di segala masa dan di segala tempat karena keutamaan keberadaannya sebagai manusia. hak asasi tidak boleh dijauhkan atau dipisahkan dari dipisahkan dari eksistensi pribadi individu atau manusia tersebut. dan dilindungi oleh Negara. Setiap pengertian menekankan pada segi-segi tertentu dari HAM. de Rover. David Beetham dan Kevin Boyle. HAM dan kebebasan-kebebasan fundamental adalah hak-hak individual yang berasal dari kebutuhan- kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia. pemerintah. A.

7. bepergian. Ada bermacam-macam hak asasi manusia. dan dilindungi oleh negara. Oemar Seno Adji. Macam-macam Hak Asasi Manusia (HAM) Anda telah memahami bahwa hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapa pun.  Hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli. memeluk. dijunjung tinggi. Hak Asasi Hukum/Legal Equality Rights .  Hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa dan utang piutang. Miriam Budiardjo membatasi pengertian hak-hak asasi manusia sebagai hak yang dimiliki manusia yang telah diperoleh dan dibawanya bersamaan dengan kelahiran atau kehadirannya di dalam masyarakat. Hak Asasi Ekonomi/Property Rigths Hak yang berhubungan dengan kegiatan perekonomian. dan setiap orang.  Hak ikut serta dalam kegiatan pemerintahan.  Hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak. Franz Magnis. Hak Asasi Pribadi/Personal Rights Hak asasi yang berhubungan dengan kehidupan pribadi manusia. Miriam Budiardjo. Hak asasi manusia dihormati. Contoh hak-hak asasi pribadi ini sebagai berikut. menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini masing-masing. Hak asasi manusia dilindungi oleh konstitusi dan hukum nasional di banyak negara di dunia.  Hak memiliki dan mendapatkan pekerjaan yang layak.Suseno.  Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi.  Hak kebebasan untuk bergerak. Hak asasi manusia adalah hak dasar atau hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.  Hak membuat dan mendirikan partai politik serta organisasi politik lainnya. dan yang seolah-olah merupakan suatu holy area. Contoh hak-hak asasi politik ini sebagai berikut. 9. dan berpindah-pindah tempat. 4. Manusia memilikinya karena ia manusia.  Hak kebebasan untuk memilih. 3.  Hak kebebasan untuk memiliki sesuatu. HAM adalah hak-hak yang dimiliki manusia bukan karena diberikan kepadanya oleh masyarakat. 2. 8. Jadi bukan karena hukum positif yang berlaku. Hak Asasi Politik/Political Rights  Hak asasi yang berhubungan dengan kehidupan politik. pemerintah. Menurut Oemar Seno Adji yang dimaksud dengan hak-hak asasi manusia ialah hak yang melekat pada martabat manusia sebagai insan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang sifatnya tidak boleh dilanggar oleh siapapun.  Hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan. melainkan berdasarkan martabatnya sebagai manusia. Secara garis besar. Hak asasi manusia bersifat universal dan abadi. hukum. Contoh hak-hak asasi ekonomi ini sebagai berikut.  Hak kebebasan memilih dan aktif dalam organisasi atau perkumpulan.  Hak kebebasan mengeluarkan atau menyatakan pendapat. hak-hak asasi manusia dapat digolongkan menjadi enam macam sebagai berikut. 1.

gender. atau perbedaan lainnya. atau memiliki warna kulit yang berlainan. Aspek aspek pengokohan nkri :  A. Contoh hak-hak asasi hukum sebagai berikut.  Tidak dapat dibagi.  lebih khusus lagi rakyat diartikan “semua orang yang berdiam didalam suatu Negara/menjadi penghuni Negara. dan ada pula yang bersifat tambahan (deklaratif)  1.  Hak mendapat layanan dan perlindungan hukum.  Hak mendapat pembelaan hukum di pengadilan. dan penyelidikan di muka hukum. Ciri khusus hak asasi manusia sebagai berikut. UNSUR UNSUR NEGARA  unsur pembentuk bersifat mutlak (konstitutif). artinya hak asasi manusia berlaku untuk semua orang tanpa memandang status. dan mendapatkan pendidikan. Unsur tambahan  -pengakuan dari Negara lain   1.  Universal. Persamaan adalah salah satu dari ide-ide hak asasi manusia yang mendasar. artinya hak asasi manusia adalah hak asasi semua umat manusia yang sudah ada sejak lahir. dan budaya. artinya hak asasi manusia tidak dapat dihilangkan atau diserahkan.  Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat.  Hak mendapatkan pengajaran.  Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). menganut kepercayaan yang berlainan. apakah hak sipil dan politik atau hak ekonomi. yaitu hak yang berkaitan dengan kehidupan hukum dan pemerintahan. social. Hak Asasi Peradilan/Procedural Rights  Hak untuk diperlakukan sama dalam tata cara pengadilan. Rakyat  rakyat adalah kumpulan manusia dari dua jenis kelamin yang hidup bersama dalam suatu masyarakat.  Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan. 5. meskipun mereka berasal dari keturunan yang berlainan. artinya semua orang berhak mendapatkan semua hak.  Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan. Hak Asasi Sosial Budaya/Social Culture Rights  Hak yang berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat. Hak kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan.  rakyat dibedakan menjadi :  *penduduk dan bukan penduduk . Ciri Khusus Hak Asasi Manusia (HAM) Hak asasi manusia memiliki ciri-ciri khusus jika dibandingkan dengan hakhak yang lain. Contoh hak-hak asasi sosial budaya ini sebagai berikut. penangkapan. Contoh hak-hak asasi peradilan ini sebagai berikut.  Hakiki. penahanan. memilih.  Tidak dapat dicabut. 6.  Hak menentukan. suku bangsa. Unsur mutlak  -rakyat  -wilyah  -pemerintah yang berdaulat  2.

Negara  Negara adalah sebuah konsep inklusif yang meliputi semua aspek pembuatan kebijakan dan pelaksanaan sanksi hukumannya. asa pewarganegaraan (naturalis)  asas penentuan ini dapat dilakukan manakala seseorang yang berkewarganegaraan asing mengajukan permohonan menjadi warga Negara dari suatu Negara tertentu   2. pengakuan de facto yaitu pengakuan berdasarkan kenyataan (fakta) bahwa diatas wilayah itu diakui telah berdiri suatu hokum  b. missal mencangkup kapal kapal laut yang berlayar dilaut terbuka. pengakuan dari Negara lain  a.  2.  *warga Negara bukan warga Negara  -warga Negara ialah mereka yang berdasarkan hokum merupakan anggota dari suatu Negara  tiga unsur dasar yang menentukan warga Negara :  1. asas kedaerahan/territorial (ius soli)  menentukan kewarganegaraan seseorang didasarkan pada tempat ia dilahirkan meskipun orang tuanya berasal dari negara lain.   3.  3.  kedaulatan adalah kekuasaan yang tertinggi untuk membuat undang undang dan melaksanakannya dengan semua cara (paksaan) yang tersedia   4. Pemerintah yag berdaulat  pemerintah sebagai unsure Negara adalah pemerintah dalam pengertian luas. pengakuan de jure yaitu pengakuan berdasarkan hokum   B. asas keturunan atau pertalian darah (ius sanguinis)  kewarga negaraan seseorang didasarkan oleh kewarganegaraan orang tuanya  2. ASPEK ASPEK NEGARA  1. (larson)  Negara merupakan sebuah fakta dominasi dari satu atau beberapa kelompok masyarakat untuk suatu tujuan tertentu. Wilayah  wilayah bagi suatu Negara merupakan unsur yang mendasarkan peran penting wilayah bagi Negara  -sebagai tempat penetap rakyat dan tempat perintah menyelenggarakan perintahnya  -sebagai symbol kedaulatan dan integrasi kewilayahan  wilayah Negara meliputi : daratan. yaitu gabungan seluruh alat perlengkapan Negara. -penduduk adalah mereka yang bertempat tinggal didalam wilayah Negara  -bukan penduduk adalah mereka yang berada didalam wilayah Negara yang sedang melakukan kunjungan wisata. kantor kedutaan besar. Rezim  rezim adalah pemerintah yang berkuasa. udara dan daerah ekstrateritorial  -wilayah daratan ditentukan dalam perjanjian dengan Negara Negara tetangga  -wilayah lautan di suatu Negara dgn batas batas tertentu disebut lautan territorial  -wilayah udara suatu Negara berada diatas wilayah daratan dan lautan Negara itu  -wilayah ekstrateritorial ini berdasarkan hukum internasional. lautan. . dapat diartikan sebagai orang atau sekelompok orang yang menguasai Negara.

norma. Keberagaman suku bangsa dan budaya Budaya mempunyai sifat yang universal. A. Keberagaman yang ada pada masyarakat. tapi dalam praktiknya.  kebijakan juga diartikan sebagai pernyataan cita cita. ras. Menurut penelitian badan statistik auat BPS. dan pengambilan keputusan yang dianut oleh penguasa sebuah Negara.  3. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri pada aspek sosial dan budaya. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa. prinsip. Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia 1. di antaranya sebagai berikut :  Letak strategis wilayah Indonesia  Kondisi negara kepulauan  Perbedaan kondisi alam  Keadaan transportasi dan kumunikasi  Penerimaan masyarakat terhadap perubahan 3. aturan. Munculnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dan dibarengi tindakan yang dapat merusak persatuan.Faktor Penyebab keberagaman Bangsa Indonesia : Keberagaman bangsa Indonesia dapat dibentuk oleh banyaknya jumlah suku bangsa yang tinggal di wilayah Indonesia dan tersebar di berbagai pulau dan daerah. budaya dan gender. Pemerintah harus bisa mendorong keberagaman tersebut menjadi suatu kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional. kesetaraan. borokrasi memiliki kekuatan dan kemandirian sendiri. hal tersebut dapat mengancam keutuhan NKRI. atau maksud sebagai garis pedoman dalam mencapai sasaran. Perbedaan seperti itu ada pada suku bangsa. toleransidan juga saling menghormati satu sama lain. Keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa hal. kebijakan  kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi garis besar dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan. Karean itu adanya usaha untuk dapat mewujudkan kerukunan bisa dilakukan dengan menggunakan dialog dan kerjasama dengan prinsip kebersamaan. kepemimpinan dalam pemerintahan atau organisasi. 2. bisa saja menjadi tantangan hal itu disebabkan karena orang yang mempunyai perbedaan pendapat bisa lepas kendali. yang di lakukan tahun 2010.128 suku bangsa. rezim lebih diartikan dengan prinsip. tujuan.di Indonesia terdapat 1. agama. Pengertian Keragaman Indonesia Keragaman adalah suatu kondisi pada kehidupan masyarakat. aparat birokrasi  birokrasi adalah system pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan  para birokrit sekedar merupakan mesin Negara. Hal tersebut berarti ada berbagai sifat umum yang melekat dan menyatu pada setiap budaya yang ada dan dihasilkan. Beberapa sifat universal budaya tersebut di antaranya :  Kebudayaan merupakan milik bangsa  Kebudayaan adalah hasil belajar  Kebudayaan brdasar pada lambang  Kebudayaan dapat terintegrasi  Kebudayaan bisa disesuaikan .  4.

warna dan bentuk rambut. Kedatangan bangsa Eropa membawa agama kristen dan katolik. Ras ini tinggal dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia. bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah merupakan negara kepulauan dengan ribuan pulau besar kecil di dalamnya. bentuk dan warna mata. korea dan jepang. Terbawa oleh kondisi kewilayahan tersebut. letak geografis wilayah Indonesia. sejarah penyebaran ras di sunia. Manusia yang satu mempunyai perbedaan ras dengan manusia yang lainnya sebab adanya perbedaan ciri-ciri fisik seperti warna kulit. 5. lalu menyusul para pedagang Gujarat menyebarkan ajaran Islam. Terakhir yaitu ras Kaukosoid yaitu orang India. Australia. namun terkadang mendiami daerah tertentu. Arti Penting Memahami Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia Pernahkah kalian bepergian ke pulau-pulau atau daerah-daerah lain di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia? Coba ceritakan pengalaman kalian ketika berkunjung ke lain pulau atau ke lain daerah tempat tinggal kalian di depan kelas. Keberagaman Ras bebrapa pakar mempunyai pendapat berbeda tentang pengertian ras. Eropa dan Amerika. Berbagai agama diterima oleh bangsa Indonesia sebab sebelumnya masyarakat sudah mengenal kepercayaan sperti animisme dan dinamisme. Kepercayaan dan Ras di Indonesia Keberagaman ini antara lain di pengaruhi oleh letak geografis di jalur perdagangan internasional. sedangkan pedagang Cina menganut agama Kong Hu Chu. 4. Nah. kalimantan sulawesi. Satu pulau dengan pulau yang lain dipisahkan oleh bentangan laut yang sangat luas. maka perdagangan asing datang ke Indonesia. Kondisi wilayah yang demikian menjadikan keterpisahan antara satu bagian wilayah negara dengan wilayah negara yang lain dalam negara Indonesia. namun biasany ras dapat diartikan sebagai sekelompok besar manusia yang mempunyai ciri- ciri fisik yang sama. mereka juga menyebarkan ajaran agama dan kepercayaan yang mereka yakini yakni agama Hindu dan Budhamasuk dibawa oleh bangsa India yang sudah lama berdagang dengan Indonesia. timur Tengah. Dukungan kekayaan alam yang melimpah dan diperlukan oleh bangsa lain. dengan mengetahui pulau-pulau atau daerah-daerah di Indonesia kita dapat mengetahui perbedaan secara kewilayahan dan perbedaan sosial budaya masyarakat Indonesia. Keberagaman Agama. Ketiga ras Asiatic mongoloid seperti orang Tionghoa. jawa. dan ciri fisik lainnya. Di samping itu juga terdapatnya jarak yang jauh antara pusat dengan daerah. maluku dan NTT. ukuran badan. bali. Beberapa ras yang ada di Indonesia seperti ras malayan-mongoloid yang tersebar di wilayah sumatra. Selain melakukan kegiatan perdagangan. Kebudayaan selalu berubah  Kebudayaan bersifat nisbi dan relatif Pada suatu budaya juga terdapat suatu pola prilaku yang biasa disebut patterm of behavior yang merupakan tat cara masyarakat. Juga sifat keterbukaan masyarakat Indonesia menerima budaya lain. Yang kedua adalah ras malanesoid yang tersebar di daerah Papua. bentuk badan. perlu disadari oleh semua pihak bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia sesungguhnya rawan terjadinya . Masyarakat indonesia mempunyai keberagaman ras disebabkan oleh kehadiran bangsa asing ke wilayah Indonesia. Aspek kewilayahan menjelaskan.

dan gender menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Kondisi sosial budaya yang demikian menjadikan kehidupan bangsa Indonesia menyimpan potensi terjadinya konflik. Makna Persatuan dan Kesatuan Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia baik dalam rangka merebut. dan berkreasi. Atas dasar dua alasan tersebut. maka penting sekali memahami keberagaman dalam masyarakat Indonesia yang ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara. bangsa dan negara. guru. dan bahasa. Kenyataan lain menunjukkan. Kreatifitas dan inovasi akan lebih berkembang apabila memungkinkan perbedaan pendapat. perpecahan (disintegrasi). masyarakat. tetapi juga keindahan dalam keberagaman masyarakat Indonesia. dan sekolah. agama. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kita rasakan saat ini terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung lama karena persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari . Persatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Keberagaman suku bangsa. Aspek sosial budaya menjelaskan. berpikir. Perbedaan dalam lingkungan sekolah juga memiliki manfaat bagi pelajar. Bayangkan apabila setiap saat semua pelajar dan guru selalu memiliki pendapat yang sama. cara berpakain yang sama. cara berbicara yang sama. Namun demikian kenyataan semacam itu perlu manjadikan perhatian semua pihak agar dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tetap terjaga. bahwa pemerintah dihadapkan pada persoalan adanya daerah yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kenyataan juga menunjukkan. ras. baik perbedaan suku. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki. Maka kehidupan sekolah akan “monoton atau hambar”. bahwa masyarakat Indonesia diwarnai oleh berbagai macam perbedaan. Sampai saat ini. mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan. Arti Penting Persatuan dan Kesatuan Indonesia 1. bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan. Kita tidak hanya memiliki keindahan alam. bahwa dalam kehidupan bangsa Indonesia sering terjadi konflik antar-kelompok masyarakat yang dilatarbelakangi oleh perbedaan- perbedaan tersebut. kebudayaan.. PB. budaya. agama.” Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia. ras. Dampak positif memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan. Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif bagi diri sendiri. konflik-konflik yang terjadi tidak menimbulkan perpecahan dalam kehidupan bangsa Indonesia.

dan adat kebiasaan yang majemuk. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas berbagai suku. dan lain-lain. Namun. kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik. Nasionalisme tidak berarti bahwa kita merasa lebih unggul daripada bangsa lain. Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan. Dengan wawasan itu. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi Dengan semangat persatuan Indonesia. Prinsip Kebebasan yang Bertanggung jawab Manusia Indonesia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional. Masuknya kebudayaan dari luar terjadi melalui proses akulturasi (percampuran kebudayaan). terhadap sesamanya.proses yang tumbuh dari unsur-unsur sosial budaya masyarakat Indonesia sendiri. sebangsa dan setanah air. apabila hal-hal yang berhubungan dengan arti dan makna persatuan Indonesia dikaji lebih jauh. lalu kita amalkan. Kemudian. yang ditempa dalam jangkauan waktu yang lama sekali. terdapat beberapa prinsip yang juga harus kita hayati serta kita pahami. Hal itu mewajibkan kita bersatu sebagai bangsa Indonesia. Islam. sosial. ekonomi. serta pertahanan keamanan. musyawarah. dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Kedua unsur itu merupakan sifat-sifat pokok bangsa Indonesia yang dituntun oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan. budaya. Kebudayaan dari luar itu adalah kebudayaan Hindu. “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik”. d. e. Unsur-unsur sosial budaya itu antara lain seperti sifat kekeluargaan dan jiwa gotong-royong. sikap seperti itu juga bertentangan dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab.Prinsip-prinsip yang berhubungan dengan arti dan makna persatuan Indonesia yang dimaksud adalah sebagai berikut. a. Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan awal dibentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kristen. Prinsip Nasionalisme Indonesia Kita mencintai bangsa kita. jiwa gotong-royong. manusia Indonesia merasa satu. Pasal 1 ayat (1) UUD. persatuan dan kesatuan bangsa dapat mewujudkan sifat kekeluargaan. Ia memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap dirinya. sifat-sifat lain terlihat dalam setiap pengambilan keputusan yang menyangkut kehidupan bersama yang senantiasa dilakukan dengan jalan musyawarah dan mufakat. bahasa. tetapi bukan berarti kita mengagung-agungkan bangsa kita sendiri. b. Prinsip Wawasan Nusantara Dengan wawasan nusantara itu. Hal itulah yang mendorong terwujudnya persatuan bangsa Indonesia. Sila ketiga Pancasila menegaskan kembali bagaimana tekad bangsa Indonesia mewujudkan persatuan. Jadi. Semua unsur-unsur kebudayaan yang datang dari luar diseleksi oleh bangsa Indonesia. Selain tidak realistis. kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta . dan unsur-unsur kebudayaan lain yang beraneka ragam. Kita tidak ingin memaksakan kehendak kita kepada bangsa lain karena pandangan seperti itu hanya mencelakakan kita. agama. c. Negara Indonesia yang diproklamasikan oleh para pendiri negara adalah negara kesatuan. senasib sepenanggungan.

Namun. Ikrar kesepakatan para pemuda tersebut diwujudkan dalam sumpah yang dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928. 2. Dalam kehidupan bernegara. Bentuk dari rasa bangga terhadap bangsa dan negara diwujudkan dengan sikap mencintai dan menggunakan produk dalam negeri. seperti mendapatkan pendidikan bagi seorang anak usia sekolah. rakyat. Arti Penting Persatuan dan Kesatuan serta Bhinneka Tunggal Ika Mungkinkah mobil tanpa ban dapat melaju di jalan raya? Dapatkah sebatang lidi dijadikan alat untuk membersihkan lantai? Mobil tidak mungkin berjalan tanpa ada ban walaupun baru dan bensinnya penuh. Lebih dari 84 tahun yang lalu para pemuda Indonesia telah mengikrarkan bentuk perilaku yang mendukung persatuan dan kesatuan. berdaulat. 2. antara lain: 1. seluruh tindakan pemerintah. di jalanan sering kita melihat . Persatuan merupakan modal dasar pembangunan nasional. serta 4. Kita juga mengetahui bahwa puluhan atau ratusan batang lidi yang disatukan akan lebih berguna untuk menjadi alat kebersihan. yaitu kita memiliki rasa bangga sebagai bangsa dan negara. dan bangsa Indonesia harus mengarah kepada terciptanya keadilan dan kemakmuran bagi seluruh bangsa Indonesia. seorang manusia tidak akan memiliki banyak arti jika ia sendiri. Dalam kehidupan. Oleh karena itu. Alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan. pengamalan sikap persatuan dan kesatuan diwujudkan dalam bentuk perilaku. Salah satu contoh perilaku mendukung persatuan dan kesatuan lainnya. mengembangkan semangat kekeluargaan. untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan. Artinya. melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur. mempertahankan persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia. Pemerintah telah menyatakan wajib belajar sembilan tahun. meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. bersatu. sebaiknya didasari oleh nilai persatuan dan kesatuan. “… merdeka. Apabila semua aspek kehidupan manusia ingin terbentuk secara harmonis. menghindari penonjolan SARA. seluruh warga negara Indonesia secara peraturan berhak dan wajib menempuh pendidikan sampai ke jenjang SMP/MTs. Menikmati kemakmuran merupakan hak seluruh bangsa Indonesia. Ketika bersama setiap orang merupakan bagian dari masyarakat harus bersatu padu mendukung tetap berjalannya tata nilai dan keharmonisan masyarakat. adil dan makmur”. Menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia seperti dinyatakan dalam Sumpah Pemuda merupakan bentuk perilaku mengamalkan tetap tegaknya persatuan dan kesatuan. Apabila produk dalam negeri digunakan. Itulah gambaran kehidupan. 3. dengan sendirinya para pengusaha yang menciptakan berbagai produk dan pegawainya akan tetap memiliki penghasilan dan dapat menciptakan kesejahteraan rakyat Indonesia. Masyarakat Indonesia yang sejahtera akan lebih kuat memiliki bangsa dan negara Indonesia jika dibandingkan dengan masyarakat yang tidak sejahtera.

cara berpakaian. Namun juga semakin beragam dalam cara berpikir. suku bangsa. aliran musik. ras. partai politik. budaya. Masyarakat Indonesia semakin hari semakin memiliki keberagaman yang sangat banyak. Kita tidak hanya beranekaraga dalam agama. berpendapat.ada anak-anak usia sekolah yang menghabiskan waktunya tanpa mengenyam pendidikan dan melakukan hal yang tidak berguna bersama teman-temannya. Pada awalnya Bhinneka Tunggal Ika dahulu hanya untuk menyatukan kehidupan di tengah keberagaman beragama dan keyakinan. ternyata semboyan ini masih sangat sesuai dengan keadaan Indonesia saat ini. dan sebagainya. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna sesuai dengan keberagaman masyarakat Indonesia saat ini. dan gender. berorganisasi. .