You are on page 1of 4

TUGAS

ANALISIS DATA STATISTIK (PRAKTEK)
“ANALISIS UKM DI ACARA BAZZAR FLS2N DI WIDYATAMA”
Tugas ini Diajukan untuk Memenuhi Matakuliah Analisis Data Statistik dari
dosen: Fitriani Reyta, S.E., M.M.

Disusun Oleh :
TIO RAHAYU WIRIANTO
(021401123)
Kelas B

JURUSAN MANAJEMEN S1
FAKULTAS BISNIS & MANAJEMEN
UNIVERSITAS WIDYATAMA
BANDUNG
2017

Karena penghasilan utama bapak budi adalah berjualan karpet atau tikar lipat. Bapak budi berjualan makanan seperti spagethi. mie ayam dan juga berjualan minuman yang menyegarkan seperti mojitos. Bapak budi berjualan makanan hanya saat ada acara-acara tertentu atau hanya mengisi stand bazar saat ada acara. Ia berjualan sudah hampir 5 taun. burger. Saya mewawancarai bapa budi sebagai salah satu pelaku bisnis ukm di acara flsn2n widyatama dan mengisi stand bazar yang disediakan oleh pihak acara. LATAR BELAKANG Dengan melihat adanya acara di Universitas Widyatama dan berbagai macam ukm menjajakan dagangannya di sekitar lingkungan kampus.saya tertarik untuk mewawancarai salah satu pelaku bisnis ukm ini untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi bisnis-bisnis ukm seperti itu di acara bazar widyatama yang diadakan beberapa waktu lalu karena dalam sebuah bazar tidak hanya satu macam makanan yang dijajakan namun berbagai macam makanan yang bisa lebih membuat pembeli atau orang lain tertarik untuk membeli dagangan mereka. Ia mulai menekuni bisnis makanan dan mengikutsertakannya ketika ada bazar mulai 6 bulan yang lalu. namun berjualan makanan bukanlah jualan utama dari bapak budi ini. hot dog. Brand atau nama ukm bapak budi adalah mister bundar. baso. .

Penjualan yang di dapat pun fluktuatif atau tidak tentu karena hanya sesekali berjualan jadi bisa dibilang dalam sebuah event masalah pendapatan adalah untung-untungan tergantung seberapa banyak pengunjung dan minat pembeli dalam acara itu dan juga permasalahan yang timbul diakibatkan adanya konsumen yang tidak jujur pada saat proses pembayaran. dagangannya pun kadang habis terjual kadang tersisa karena tidak bisa diprediksi berapa banyak pengunjung yang datang dan beliau tidak tahu berapa jenis makanan yang sama dengan yang beliau jajakan di acara itu. Akibat bukan pekerjaan atau jualan tetap. . IDENTIFIKASI MASALAH Persaingan dalam bisnis tentu pasti ada saja namun persaingan bapak budi ini tidak tentu karna bapak budi hanya berjualan ketika ada bazar saja jadi bisa dibilang ini adalah usaha sampingan yang tidak terlalu terpikirkan ketika membicarakan persaingan. beliau dan istri harus rela bongkar angkut peralatan setiap ada bazar.

Kita juga bisa membandingkan minat pembelian atau keuntungan yang didapat walaupun kita hanya berjualan dalam skala kecil. Selain itu bertujuan melihat fenomena ukm agar mengetahui masalah apa yang dihadapi para ukm yang sering mengikuti bazar. TUJUAN PENELITIAN Makalah ini disusun sebagai tugas akhir prasyarat ujian akhir semester mata kuliah Analisis Data Statistik. Bagaimana untung rugi menjalani bisnis ukm ini. Karena selama kita tahu keuntungan berbisnis adalah tidak tetap atau berubah- ubah tidak tentu. .