You are on page 1of 18

Tentang Rokok dan Merokok

Surga bagi bisnis industri rokok!

Beberapa waktu lalu saya sempat menonton sebuah tayangan video, yang membahas
tentang suburnya bisnis industri rokok di Indonesia. Video ini berdurasi sekitar 40 menit
lebih, dan sudah dilengkapi dengan teks Bahasa Indonesia.
Ketika baru memasuki bandara Soekarno Hatta, si host tayangan tersebut mengatakan,
bahwa ia seperti baru saja meluncur menggunakan mesin waktu, dan mundur ke masa
Amerika jaman dahulu kala. Ya, jaman dimana ketika rokok masih sangat marak di
Amerika. Di area Bandara Soekarno Hatta, si host melihat begitu banyak iklan rokok
terpampang di segala sudut bandara. Dan ketika ia melewati jalanan di Jakarta, iklan
rokok pun kembali banyak terlihat. Wow… Persis seperti Amerika dahulu kala!

Rokok bisa dengan mudahnya didapatkan disini, di negeri ini. Bahkan anak kecil pun
bisa mendapatkan rokok hanya dengan bermodalkan seribu rupiah. Dunia menertawakan
kita ketika ada bayi yang merokok puluhan batang rokok sehari. Indonesia, negeri ini
benar-benar menjadi surga bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis industri rokok!
————————–

Tentang bahaya dan sulitnya berhenti merokok!

Tak perlu saya tuliskan tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Tak perlu saya sebutkan
satu per satu dari ratusan racun yang terkandung di dalam setiap satu batang rokok. Toh
sebenarnya kita semua sudah sangat paham akan hal ini. Semua orang sudah tau akan
bahaya merokok bagi kesehatan, namun masih saja tetap tidak mau berhenti
melakukannya.
Seorang ayah yang perokok, akan berusaha keras agar anak laki-lakinya tidak mengikuti
jejaknya yang merokok. Bukti bahwa sang ayah mengetahui bahwa rokok itu tidak baik
bagi kesehatan, walaupun sang ayah masih juga terus menghisap batangan rokok setiap
hari.

Berhenti merokok itu sulit, katanya. Dan mungkin saja iya. Tapi, ketika ada niat yang
disertai dengan kebulatan tekad, maka saya rasa tidak ada hal yang tidak mungkin,
bukan?
Saya punya pengalaman dengan hal ini. Ayah saya, sudah merokok semenjak kecil, sudah
merokok selama 32 tahun. Rokok yang dihisap ayah saya pun bukan sembarang rokok,
tapi rokok dengan asap tebal dan pekat yang mengepul hebat ketika dihembuskan. Ketika
ayah saya merokok di ruang depan rumah, saya bisa mencium aroma asapnya hanya dari
dapur.

Suatu ketika, ada tetangga saya yang meninggal karena terlalu banyak menghisap rokok.
Ya, asap rokok telah membuat paru-parunya berlubang sebesar ujung jari telunjuk.
Entahlah, saya tak terlalu mengerti tentang penyakitnya, yang jelas beredar kabar bahwa
ia meninggal karena rokok yang dicintainya itu, ternyata telah sukses membuat paru-

ayah saya pun sudah bisa terbebas dari candu rokok. Emil Salim. ayah saya menderita demam. “kita tidak bisa mengubah masa lalu yang kelam. ala Prof. Namun begini. Dr. Tubuh yang dulunya terlihat kurus. Selama satu minggu ayah saya menderita demam disertai badan yang menggigil hebat. Hari ketiga. adik. kalau ingin berhenti merokok. Rasa takut akan mendapatkan nasib yang sama seperti si tetangga tadi. demam dan menggigil. mulutnya terasa asam. memberi tahu mereka tentang bahaya rokok. Tapi setelahnya. tubuhnya seperti ikan yang diawetkan dengan cara pengasapan. kering!” ————————– Mencegah anak untuk merokok. maka “hari ini” ayah pun memuaskan dirinya untuk menikmati candu tersebut. Tapi hal itu tidak berlaku bagi ayah saya. hingga sekarang. ibarat kata pepatah. kakak. Kita mungkin tidak bisa mengubah dan membuat orang-orang yang kita sayangi (ex: Ayah. Kalo ayah sering bilang sih. Tak perlu kecewa. Berbungkus-bungkus rokok dalam satu hari itu. Satu hari penuh ayah saya merokok. Tapi bagaimana caranya? Benar bahwa kita bisa mengawasi anak kita selagi mereka masih dalam masa balita dan kanak-kanak. Tidak perduli sesering apa kalian menasehati mereka. Bagaimana caranya agar anak-anak kita nantinya tidak tergoda untuk . Merokok itu candu! Mereka yang sudah terbiasa merokok. Setelah menetapkan bahwa “besok” beliau tidak akan menyentuh rokok lagi. yaitu bahwa kita pasti bisa mencegah anak kita kelak dari godaan untuk merokok. semakin bertambah asam. maka akan sangat sulit sekali untuk membuat mereka berhenti menghisap rokok. selama tidak ada niat dari dalam diri mereka sendiri untuk berubah. Hari pertama. Kalian tau kawan. Hari kedua. Orang bilang. tapi kita bisa merangkai masa depan yang lebih indah”. akan sangat sulit bagi mereka bisa lepas dari ketergantungan akan candu rokok. Berat tubuh ayah saya pun bertambah. Ayah saya. Hari ke-empat. dan cara-cara lainnya. yang merasa ngeri ketika mendengar kabar tentang si tetangga itu pun kemudian memutuskan untuk berhenti merokok. “Hari terakhir untuk merokok!” Esoknya. ayah konsisten pada niatnya untuk berhenti merokok. suami. maka kita harus perlahan-lahan mengurangi jumlah rokok yang kita konsumsi setiap hari. membuat ayah bersikeras untuk bisa segera berhenti merokok secepatnya. atau siapapun) untuk berhenti merokok. tapi satu hal yang pasti. dan menghindarkan mereka dari bahaya candu rokok. Tetapi bagaimana nanti ketika mereka sudah memasuki masa sekolah menengah? Ketika kita tidak mampu lagi mengawasi mereka setiap waktu. dengan berhenti merokok ternyata memberikan efek nyata pada tubuh ayah saya. bukankah tugas kita hanya untuk sekedar saling mengingatkan? Karena hanya Tuhan yang mempunyai kemampuan untuk mengubah seseorang. apalagi marah karena merasa tidak didengarkan. “orang yang merokok itu. sekarang kembali terlihat segar dan bugar.parunya berhenti bekerja.

dan timbul rasa cinta akan olahraga. Olahraga dan merokok itu. diberi cat dan dirawat dengan biaya yang tidak murah. tapi hanya ingin agar saya tidak takut untuk berkeringat. Sepakbola. Emil Salim juga mengatakan. mana ada seorang wanita yang rutin melakukan perawatan pada kuku-kuku dan jari tangannya (manicure). ibaratnya Manicure dan mencuci piring. ketika di suatu sore saya dan beberapa teman dari klub Anggar sedang beristirahat. maka sungai musi akan menjadi tong sampah terpanjang di dunia. Bukan untuk menjadikan saya seorang atlit. saya melakukannya bukan untuk mendapatkan perut sixpack atau apalah. merasakan tubuhnya yang sehat dan segar bugar. mending loncat dari gedung daripada merokok. maka sibukkanlah mereka dengan kegiatan olahraga.mencoba sebatang rokok yang ditawarkan oleh temannya di sekolah. kalau kita ingin agar nanti ketika dewasa. Saya pernah membuktikannya. dan Gym/Fitness. mengingat kuku- kuku tersebut yang sudah indah. ketika saya masih kecil. berkeringat. di dalam buku tersebut Prof. Logikanya begini. tapi lebih banyak yang akan menolak. anak-anak kita terbebas dari bahaya merokok. “mau mati kok ribet dan mahal banget sih. Dari membaca buku tersebut. akan berfikir berulang kali untuk merusak semua itu hanya karena rokok. Mungkin ada beberapa yang mau. ada dua hal yang selalu terkenang di dalam ingatan saya sampai saat ini. Karena terang saja. hampir semua teman saya sudah merokok. yang rela bersedia untuk mencuci piring. Semenjak Sekolah Dasar. kami melihat seorang pria yang sedang asik menghisap rokok. Dr. saya kembali disibukkan dengan Anggar (Fencing). Dr. bunuh . orang tua saya sudah menyibukkan saya di Karate. bahwa nanti di tahun 2020. Prof. Buku cerita tanpa gambar. yang ujung- ujungnya akan membuat mereka semakin sering menghisap batang demi batang rokok tersebut? Dulu. tetapi tidak jika dilakukan di dalam lingkungan yang gemar berolahraga. Salah seorang teman saya pun berkomentar. Selain juga tentunya dengan selalu memberikan pengetahuan kepada mereka akan bahaya dari zat-zat yang terkandung di dalam rokok tersebut. Toh intinya sama saja. Begitupun ketika saya duduk di bangku SMA. jika tidak ditanggulangi dan hanya dibiarkan begitu saja. Emil Salim mengatakan. Khusus untuk fitness. tapi hanya untuk merasakan tubuh yang sehat karena rutin berolahraga. Ketika saya dewasa. Sampai saat ini saya berhasil menahan diri tidak tergoda untuk merokok. dan kegiatan olahraga lainnya. Dan hal kedua dari buku tersebut yang masih saya ingat sampai sekarang adalah. teman-teman sepergaulan saya kebanyakan sudah mengenal rokok. ternyata harus dikotori. yang isinya adalah pelajaran yang dibalut dengan cerita seru petualangan beberapa anak sekolah yang berlibur ke sebuah pedesaan. dan ditambah dengan kemungkinan akan rusak karena bersentuhan dengan sabun colek. Merokok mungkin terkesan biasa dan lumrah apabila dilakukan di dalam lingkungan sesamanya. Begitulah mereka yang rutin berolahraga. ayah pernah memberikan saya sebuah buku. Padahal semenjak SMP. Yang pertama.

mungkin dianggap “biasa” oleh mereka sesama perokok. tapi dianggap sebuah “kebodohan” bagi mereka yang peduli dengan kesehatan. Rokok dapat membuat hangat tubuh. Laki-laki itu dinilai dewasa dari pemikirannya. dari cara berfikirnya. ini faktanya dari mana ya? Ataukah ini hanya sekedar pepesan kosong untuk menakut-nakuti agar industri rokok tetap berjaya di negeri ini. dan bukan membagi rokok. . dan mana yang buruk bagi kesehatan. Negeri ini kaya. Mulai dari hal yang kecil hingga yang besar. “Industri rokok adalah penyumbang pajak terbesar. teramat sangat kaya. Dan kalau sekedar ingin mendapatkan teman baru. saya sudah berkontribusi dalam membangun negara ini”. bukan dari merokok atau tidak merokoknya. bahwa negara ini bukan negara murahan. adalah ketika kita tau mana yang baik bagi kesehatan kita. Rokok penyumbang pajak terbesar di negeri ini. yang jumlahnya tidak sedikit. Gosh. ———————- A Disgusting Habit Dulu teman saya di SMA pernah dengan bangganya mengatakan kepada saya. Tapi yang saya tau. bahwa ada banyak sekali pemikiran-pemikiran yang salah menyangkut hal rokok ini. Memang tidak bisa dipungkiri. sehingga apabila rokok dilarang maka ekonomi negara akan goyah”.. dan pemikiran-pemikiran aneh yang lainnya. Rokok mempermudah pergaulan dan mendapat teman. Tapi bagaimana dengan pendapatan negara dari sumber lainnya? Lihat kontribusi yang diberikan oleh daerah-daerah sumber devisa negara dan para pekerja di luar negeri yang memberikan sumbangan devisa untuk negara. Hitung juga berapa banyak uang yang dihasilkan dari tambang-tambang yang ada di negeri ini. Ah.diri!”. merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Merokok. atau juga semacam pemakluman karena rokok telah dibiarkan berkembang di negeri ini? Entahlah. seperti: Rokok membuat seorang laki-laki terlihat dewasa dan keren. Jujur saya bingung. yang hanya bergantung hidup hanya dari recehan pajak industri rokok.. Bukan negara murahan yang menggantungkan hidupnya dari pajak rokok yang tak seberapa. sambil menunjukkan sebatang rokok yang tengah disulut api. maka rajin-rajinlah membagi senyum kalian kepada orang lain. Keren itu. sehingga apabila rokok dilarang maka ekonomi negara akan goyah.!! Alangkah pendeknya pikiran anak ini. atau seorang ahli yang paham mengenai hal ini. sungguh negara ini bukan negara banci. Berapa besar pajak yang dihasilkan dari ratusan juta rakyatnya yang taat membayar pajak setiap tahunnya? Berapa besar pajak yang dihasilkan dari tiap bangunan yang berdiri di atas tanah di negeri ini? Berapa besar pajak yang didapatkan dari tiap-tiap usaha rakyatnya yang kreatif berwirausaha? Pajak dari kendaran bermotor? Saya tidak sedang mengajak kalian untuk berhitung. Rokok bisa menyembuhkan batuk. pikir saya. “dengan menghisap rokok ini. dia mengatakan kepada saya. saya memang bukan orang yang bergelut di dunia perpajakan.

Berbuatlah sesuatu yang nyata. Ibunya menangis meminta kepada dia agar menghentikan kebiasaannya merokok.. dan jangan berhenti ketika sudah sakit. Teman-teman kampus yang lain. walaupun terlihat bahwa dia masih berusaha keras melakukannya. Tapi ada yang sedikit berbeda darinya. tanpa harus mengorbankan diri dengan mengasapi tubuh dengan menghisap rokok setiap waktu. yang menderita sakit karena terlalu banyak menghisap rokok. terkadang menggodanya dengan cara merokok tepat di hadapan dia. ada salah seorang teman saya. paru-parunya telah berlubang karena disebabkan oleh asap rokok.Kalau ingin berkontribusi dalam pembangunan negeri. Tak lama berselang. maka lakukanlah dengan pintar. Si A pun hanya tersenyum kecut. Salam hangat dari saya. karena merasa akrab dengan si A. dan bukan karena keadaan yang memaksa kita untuk berhenti.’) ———————– . Ternyata dia sudah meninggalkan kebiasaan merokoknya. Tragis. Berminggu-minggu ia terpaksa dirawat di rumah sakit. merokok adalah kebiasaan yang menjijikkan”. Merokok itu buruk bagi kesehatan! Berhentilah selagi masih sehat. anggaplah namanya si A. dan mengatakan bahwa menghisap rokok itu rasanya nikmat sekali. Hanya saja teman saya si A ini masih diberi kesempatan hidup oleh Yang Maha Kuasa. begitu kata Morgan Freeman dalam salah satu film nya. seumuran saya. Saudara sesama anak Indonesia. namun teringat kondisi tubuh yang mengharuskan dia untuk berhenti merokok. karena ingin rasanya merokok. Ya. teringat janji pada ibu untuk tidak lagi merokok. si A pun kembali masuk kuliah seperti biasa. “A disgusting habit. Sama seperti cerita si tetangga saya tadi. yang nyatanya hanya akan menguntungkan perusahaan asing yang menguasai hampir seluruh saham dari industri rokok tersebut. sama-sama cinta Indonesia . ———————- Berhenti karena keinginan sendiri Saya ingat dulu semasa kuliah. Berhentilah karena keinginan diri sendiri. menatap nanar pada teman lain yang sedang asik menghisap batangan rokok.

Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok. Nikotin . Segala hal tentang "ROKOK" Hai … ^_^ “SELAMAT PAGI” itu kata-kata yang selalu diucapkan saat aku sudah memasuki dunia kampus saat ini. Tapi ga tau juga sih ampuh dikit kayanya yah hehe… Kali ini saya akan memaparkan segala hal yang menyangkut “ROKOK” pasti udah pada tau kan tapi supaya lebih jelas dan kebetulan ini tugas dari universitas saya saat ini UNIVERSITAS WIDYATAMA jurusan MANAJEMEN S1 mata kuliah KOMPUTER APLIKASI BISNIS jadi moga aja bermanfaat yah >>>> Selamat Membaca ~~~~~~ PENGERTIAN ROKOK Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung(walapun pada kenyataanya itu hanya tinggal hiasan. jarang sekali dipatuhi). Zat Berbahaya dalam Rokok 1. segala macam sapaan walaupun itu siang atau malam tetap disapa dengan “PAGI” *sambil ditekankan gitu ngomongnya* tujuannya sih katanya supaya semangat terus seperti saat kita di pagi hari. Sejak beberapa tahun terakhir.

Pengaruh bagi tubuh manusia :  Mengikat hemoglobin. Karbon Monoksida Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh. Zat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok Pengaruh bagi tubuh manusia :  Menyebabkan kecanduan / ketergantungan  Merusak jaringan otak  Menyebabkan darah cepat membeku  Mengeraskan dinding arteri 2. Tar Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker Pengaruh bagi tubuh manusia :  Membunuh sel dalam saluran darah  Meningkatkan produksi lendir diparu-paru  Menyebabkan kanker paru-paru  3. sehingga tubuh kekurangan oksigen  Menghalangi transportasi dalam darah  4. Zat Karsinogen Pengaruh bagi tubuh manusia : .

dan karbon monoksida (CO).  Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh 5. polonium. istilah nikotin yg kita ketahui selama ini berasal dari kata (Nicot). amonia. Tak lama satelah itu kru Columbus membawa tembakau beserta tradisi mengunyah & membakar lewat pipa ini ke “peradaban” di Inggris.Tetapi ada catatan sejarah rokok yg lain bahwa tradisi rokok & merokok yg lebih tua berasal dari Turki semenjak periode dinasti Ottoman. Aztec & Indian) sejak 1. Zat Iritan  Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru  Menyebabkan batuk Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam ASAP ROKOK. 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) . serta sebagai ritual pengobatan. orang ini adalah Jean Nicot. Namun yg lebih berperan adalah seorang diplomat & petualang perancis-lah yg menyebarkan popularitas rokok di seantero Eropa. arsen. dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang ROKOK. Mereka melaksanakan tradisi membakar tembakau yg bertujuan untuk menunjukkan persahabatan & persaudaraan saat beberapa suku yg berbeda berkumpul.000 tahun sebelum masehi. Sejarah Rokok Sejarah rokok dimulai dari mengunyah tembakau & mengisap tembakau melalui sebuah pipa yg dilakukan warga asli benua Amerika (Maya. .

sehingga dampaknya memang sekarang hampir tidak ada iklan yg muncul tentang rokok. Dari anggapan sebagai obat penyembuh. Sebuah legenda percintaan klasik menyertai kelahiran rokok di Indonesia sehingga membuatnya menjadi sebuah fenomena kultural ketimbang semata-mata sebuah komoditas di pasar. Hal ini ditandai sejak dijadikannya rokok sebagai ransum wajib setiap prajurit saat Perang Dunia Pertama. budidaya tembakau mulai dipelajari dengan serius terutama tembakau Virginia yg ditanam di Amerika. tetapi sekarang ini fakta rokok yg berbaya terhadap kesehatan telah dibenarkan oleh medis. namun pada akhirnya rokok racikan Jamahri menjadi terkenal. namun 10 tahun setelahnya mulai menyebar isu bahwa merokok merupakan aktivitas populer di kalangan elit Banten. Tujuan awalnya adalah mencari obat penyakit asma yg dideritanya. lambang persahabatan & persaudaraan. Dari catatan sejarah umumya disimpulkan bahwa yang kali pertama memperkenalkan tembakau ke Nusantara adalah Belanda. John Rolfe adalah orang pertama yg berhasil menanam tembakau dlm skala besar. dari bayi hingga dokter. Namun bukan sejarah jika tidak dilingkupi mitos. Seperti akan kita lihat nanti. rokok kemudian berkembang menjadi simbol kejantanan pria.Setelah permintaan tembakau mengalamai kenaikan & lonjakan di Eropa. Sejarah rokok di Indonesia muncul pada tahun 1880 . istilah ini berasal dari bunyi rokok saat disedot yg diakibatkan oleh letupan cengkeh yg berbunyi kretek. Manfaat Merokok . Istilah Kretek adalah sebutan khas untuk menamai rokok asal Indonesia. Karena fakta rokok berbahaya bagi kesehatan belum terbukti. akar kultural rokok ini tidak pernah lepas meskipun industri rokok telah mencapai level masif seperti sekarang. Dikisahkan bahwa Raja Amangkurat I (1646-1677) biasa menikmati rokok dengan pipa sambil ditemani oleh 30 pelayan wanitanya. yg kemudian diikuti oleh perdagangan & pengiriman tembakau dari AS ke Eropa. Haji Jamahri dari Kudus adalah orang yg pertama kali meramu tembakau dengan cengkeh. rokok pada jamannya pernah diiklankan dengan menggunakan beragam model. Salah satu bukti awal yang menunjukkan bahwa tembakau telah dikonsumsi di pulau Jawa dapat ditemukan di Kartasura. Tidak jelas dengan cara apa tembakau di konsumsi saat itu. Tepatnya ketika ekspedisi pimpinan Cornelis de Houtman mencapai Banten pada 1596.

Tapi ternyata angka penderita penyakit jantung di Glasgow lebih banyak dari pada di Bournemouth. Menurut Prof. Hal ini di sebabkan orang Yunani banyak mengkonsumsi ikan dan minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh ganda. Seorang ahli THT ternama di AS mengatakan. dalam rokok terdapat nikotin yang dapat menghambat berkurangnya sel-sel di otak. sangat sedikit. Orang Yunani yang mendapat subsidi tembakau dari Uni Eropa. Sebab. para perokok yang terkena kanker endometrik kandungan 50% lebih sedikit daripada nonperokok. peneliti dari Inggris dalam artikel yang di muat di The Times (Juli 1994). untuk menghisap dua batang rokok sehari. bahwa ia menyarankan pada mantan perokok yang terserang batuk. Ia meneliti 100 pria perokok dan 100 pria tak merokok. 7. 5. yang semuanya penderita parkinson. Menurut artikel di Journal of The American Medical Association. 6. orang merokok di Glasgow tidak lebih banyak dari mereka yang ada di Bournemouth (kota sebelah selatan Glasgow). namun angka rata-rata penderita kanker wanita terendah dan terendah kedua bagi pria. 4. Ahli penyakit saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu mengaku pernah meneliti dampak nikotin terhadap parkinson pada tahun 1987. dan hal itu menyembuhkan mereka. 30-50% lebih besar berpotensi menyerang nonperokok. Menurut Woodrow Wyatt. “Ternyata mereka yang perokok tidak cepat parah penyakitnya. dan banyak perokok yang mempunyai perlindungan lebih banyak dari penyakit ini.” The New England Journal of Medicine tahun 1985 menulis. penyakit kanker usus dan ulcerative. yang mengakibatkan gangguan pada saraf. Mereka rata-rata berusia di atas 50 tahun. Demikian pula untuk penyakit jantung dan pernafasan. Petrus Budi Santoso.1. . rokok bisa menolong manusia dari terkaman parkinson (sindrom yang membuat organ tubuh bergetar liar dan susah di kontrol). Dr.” katanya. 2. menemukan kemungkinan osteoarthritis menyerang perokok berat 5 kali lebih kecil daripada nonperokok. merupakan perokok terberat di dunia. James Le Fanu di AS menulis: “Perokok mempunyai resiko 50% lebih sedikit terkena penyakitalzheimer (pikun). The American Government’s Health and Nutrition Examination Survey. 3.

iklan lainnya paling hanya Rp15 juta. Staf Seksi Pendaftaran dan Pendataan Bidang Pajak Daerah DPDPK Kota Jogja Tuparman mengatakan kontribusi iklan rokok telah menyumbang 20% pendapatan dari sektor reklame. Selain manfaat diatas ternyata Rokok Sumbang Pendapatan Iklan Terbesar JOGJA-Dinas Pendapatan Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK) Kota Jogja mencatat iklan rokok mendominasi pendapatan Pemkot Jogja di sektor reklame. 8. yang artinya untuk rokok menyumbang lebih dari Rp1 miliar per tahun. Pendapatan yang didapatkan dari iklan tersebut mencapai Rp1 miliar. . Di Inggris. Jumat (22/2/2013). pada akhir perang dunia ke dua. termasuk keuntungan dan kerugian merokok. penderita jantung mengalami penurunan secara drastis padahal jumlah perokok waktu itu sangat tinggi. Misalnya pasang iklan dengan billboard bisa sampai Rp60juta-Rp75 juta. “Pendapatan dari sektor rokok memang lebih besar dari sektor lainnya.3 miliar dari sektor reklame. karena tarif iklanya lebih mahal. Pada 2012. Para ahli kedokteran pun tidak berani membuktikan kemungkinan doktrin itu salah. Pemkot berhasil mengumpulkan pemasukan sebesar Rp6.” katanya. Selama ini rokok di cap sebagai biang kerok dari berbagai jenis penyakit horor. Sejauh ini memang di perlukan satu studi yang seimbang dan objektif mengenai apa yang menyebabkan sakit.

Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama seseorang merokok. Jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Penyakit jantung Rokok menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. dalam sebulan rata-rata ada satu hingga tiga perusahaan yang mengiklankan rokok. Tuparman menyatakan. pendapatan dari sektor ini diperkirakan bakal melorot bila Pemerintah Kota dan DPRD sepakat mengatur iklan rokok dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR). emfisema dan bronkitis kronis meningkat karena merokok. Penyakit paru Risiko terkena pneumonia. . Tren tesebut relatif stabil. Tarif menjadi lebih mahal bila dipasang di tempat strategis seperti di area Jalan Laksda Adi Sutjipto atau Abu Bakar Ali. Jika satu arteri atau lebih menjadi benar-benar terblokir. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri. semakin besar kesempatannya mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke. lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). kendati saat ini hanya merk tertentu yang mendominasi periklanan rokok. Sementara Kepala Bidang Pajak DPDPK Tugiarta mengatakan. tarif iklan rokok memang paling mahal karena menyangkut kesehatan masyarakat. Bahaya Rokok 1. Hal ini menyebabkan penyakit jantung. serangan jantung bisa terjadi. 2. Namun.

kanker leher. kematian janin. penyakit pembuluh darah. Menimbulkan Kebutaan Seorang yang merokok menimbulkan meningkatnya resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami orang tua. Pembuluh darah ke p3nis kemungkinan juga akan terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yg kecil & dapat mengakibatkan disfungsi ereksi/impoten. Penyakit paru-paru ini dapat berlangsung dan bertambah buruk dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut. Rokok juga bisa naik menyebabkan komplikasi dari diabetes. dan sindrom kematian mendadak bayi. perut pankreas. stroke. penyakit ginjal dan masalah kaki. dan menghancurkan penglihatan sentral tajam. leher rahim dan kanker darah (leukemia). Sekitar 90% kematian karena penyakit paru kronis disebabkan oleh merokok. penyakit gigi. 4. kandung kemih. keguguran. yang juga dapat menyebabkan terhadap kanker lain seperti dari mulut. 5. penyakit pada gigi dan nafas. menurut American Cancer Society. 6. yg merusak makula. yang mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh bagian tubuh. menurut Cleveland Clinic. Kanker paru dan kanker lainnya Kanker paru2 sudah lama dikaitkan dg bahaya rokok. seperti penyakit mata. tenggorokan dan kerongkongan. penyakit jantung. Diabetes Merokok meningkatkan resiko terjadinya diabetes. tapi gejala biasanya akan*jauh lebih buruk di kemudian hari. Gangguan Pernafasan Merokok meningkatkan risiko kematian karena penyakit paru kronis hingga sepuluh kali lipat. bayi lahir berberat badan rendah. Orang-orang berumur 40 tahun bisa mendapatkan emfisema atau bronkitis. Gangguan Janin Merokok berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan. Merokok juga dikaitkan dengan kanker ginjal. 7. termasuk infertilitas (kemandulan). 8. pusat retina. 3. kotak suara atau laring. Penyakit mulut Penyakit mulut yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut. Impotensi Rokok merupakan faktor resiko utama untuk penyakit pembuluh darah perifer. Dalam setudi yg diterbitkan dalam 'Archives of Ophthalmology' pada tahun 2007 menemukan yaitu orang merokok empat kali lebih mungkin dibanding orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula. . 9.

OSTEOPOROSIS (tulang menjadi lebih mudah patah/retak). PENYAKIT JANTUNG. 9. KULIT KERIPUT. RAMBUT RONTOK. mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. . 1. TUKAK LAMBUNG. 11. DISKLORI JARI-JARI (jari-jari dan kuku warna kuning dan kecoklatan). EMPHYSEMA (pelebaran dan rusaknya kantung udara oada paru yang menurunkan kapasitas paru-paru untuk menghisap oksigen dan melepaskan CO2). HILANGNYA PENDENGARAN. KATARAK. PSORIASIS (Berkembangnya psosiasis/inflamasi noncotageous pada kulit yang menyisakan bercak merah berair dan gatal). membuat gigi menjadi kuning). KANKER UTERUS. KANKER. 14. KANKER KULIT. 3. 13. 4. 15. 10. berikut efek samping akibat rokok yang jarang dipublikasikan.Selain itu ada masalah kesehatan karena rokok yang jarang dipublikasikan Berdasarkan penelitian banyak dampak kesehatan yang diakibatkan oleh rokok. 7. PENYAKIT BEURGER (matinya sel tubuh). KARIES (keseimbangan kimiawi dalam mulut. 8. 5. 2. membentuk plak yang berlebihan. 6. 12.

Tapi tanpa disadari. wajah sepasang saudara kembar akan tampak berbeda bila salah satunya adalah perokok. Penduduk RI Bakal Melempem 15 Tahun Lagi Karena Rokok Jakarta. paru.Beginilah Potret Wajah Para Perokok Bahaya rokok yang merusak jantung. Sekitar 15 tahun lagi. Agar ‘bonus demografi’ usia produktif ini dapat tercapai adalah mengoptimalkan pendidikan dan kesehatan. otak sudah banyak diketahui orang. Meski memiliki usia yang sama. Tapi kualitas usia produktif ini akan melempem jika para pemudanya sudah teracuni rokok. . jumlah penduduk usia produktif di Indonesia jauh lebih banyak dibanding penduduk tak produktif. efek merokok juga membuat orang buruk rupa dan tampak lebih tua.

Konsumsi rokok diketahui merupakan salah satu faktor risiko berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung.Tenaga kerja yang produktif akan dapat terserap secara optimal di pasar kerja jika memiliki pendidikan dan ketrampilan yang dibutuhkan. Padahal. Dengan perilaku tak sehatnya ini. Tenaga kerja yang sakit-sakitan akan menurunkan produktivitas nasional yang pada akhirnya akan mengancam bonus demogarfi. Rabu (14/6/2012). kanker dan sebagainya. paru-paru. Di antara 10 orang yang . Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dalam acara diskusi mengenai Konsumsi Rokok Mengancam Bonus Demografi di Hotel Atlit Century Park Senayan. MARS. “Jika konsumsi rokok tidak dihentikan mulai dari sekarang. maka di tahun 2027 remaja perokok berisiko tinggi terkena penyakit yang terkait dengan merokok seperti kanker. Jika melihat kondisi di lapangan. kekhawatiran ini bisa menjadi kenyataan karena jumlah generasi muda yang merokok semakin banyak. DTM&H. dalam 10 tahun lagi dampak buruk rokok akan menimpa tenaga kerja produktif. “Umur orang mulai merokok dari tahun ke tahun semakin muda. DTCE. Jumlah ini mengalami kenaikan 2 kali lipat dari tahun 1995. Hal ini sulit tercapai jika calon tenaga kerja produktif sudah teracuni oleh rokok.” kata Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K). stroke dan serangan jantung.2 juta jiwa. Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2007 menemukan bahwa saat ini jumlah perokok remaja berusia 15-19 tahun ada sebanyak 4. 15 tahun lagi remaja-remaja ini akan memasuki pasar kerja. Jumlah perokok muda yang merokok juga semakin banyak.

. Artinya. Fenomena ini hanya terjadi 1 kali dalam sejarah suatu penduduk. Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC 5. kecanduan merokok.” kata Abdillah Ahsan.” kata Prof Tjandra. SE. Penelitian yang pernah dilakukan BNN menemukan bahwa 90% orang yang kecanduan narkoba berawal dari kebiasaan merokok. Perbandingan ini akan terus menurun hingga level terendah. 100 penduduk produktif menanggung 81 orang penduduk tak produktif.. Tak hanya berisiko menyebabkan penyakit berbahaya. “Kondisi ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah. Belajar membenci rokok 3. Bergaullah dengan orang yang tidak merokok 4. yaitu penduduk yang berusia 15-64 tahun. Bonus Demografi ‘Bonus Demografi’ adalah suatu kondisi di mana jumlah penduduk usia produktif. hanya 2 yang berhasil berhenti merokok. MSE. di suatu negara jauh lebih besar dibandingkan dengan penduduk usia tak produktif. rokok juga merupakan pintu menuju penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Cara Berhenti Merokok 1. sehingga beban yang ditanggung penduduk produktif makin sedikit. Sebagai contoh. yaitu 44 yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2020 – 2030. Peneliti dari Lembaga Demografi FEUI. rasio ketergantungan penduduk tahun 1955 mencapai 81. sehingga jumlah penduduk yang produktif tadi dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menggerakkan roda perekonomian. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok. Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok. Penurunan rasio ini disebabkan menurunnya jumlah anak yang dimiliki keluarga di Indonesia. 2.

10. 9. tundalah 10 menit lagi. Coba dan coba lagi jika masih gagal. agar tau pentingnya kesehatan. Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu. Kurangi jumplah merokok sedikit demi sedikit. 12.6. Sering-seringlah pergi ke rumah sakit. 7. 8. . 11. misalnya permen atau gula. Cari pengganti rokok. Beritau teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok. Jika ingin merokok.