You are on page 1of 97

RENCANA PELAKSANAAN

PEMBELAJARAN
(RPP)
DAN
KUNCI JAWABAN

Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS - ESIS 25

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA. : ………………………………………………..
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
di Berbagai Daerah di Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha di India
Alokasi Waktu : 3x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
 Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di
India

B. Materi Pembelajaran
 Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Di daerah
mana mayoritas penganut agama Hindu di Indonesia ?”.
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
 Penugasan mencari artikel di internet tentang lahir dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha di India.
 Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan peserta didik dari internet dan menugaskan
peserta didik membuat karangan analitis tentang proses perkembangan Hindu-
Buddha pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai
sumber (Aktivitas hal 6).
3. Kegiatan Penutup
 Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
 Menarik kesimpulan materi.

E. Sumber Belajar
 Kurikulum KTSP dan perangkatnya
 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - ESIS
 Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 1 – 20)
 Peta konsep
 Power point
 OHP/slide
 Buku-buku penunjang yang relevan
Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS - ESIS 26

 Internet
F. Penilaian
 Portofolio berbentuk uraian analitis tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada
masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (Aktivitas
hal 6).

Format Penilaian Portofolio
Indikator Nilai Nilai Deskripsi
Kualitatif Kuantitatif

Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi
karangan/laporan penelitian,
kesimpulan maupun rangkuman.
Untuk peta, skema, dan lukisan,
mempersiapkan bahan-bahan.
Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan
materi. Menguraikan hasil
karangan/laporan penelitian,
kesimpulan, dan rangkuman dengan
tepat. Menjabarkan peta dan skema
sesuai dengan tema yang diajukan.
Melukis sesuai dengan wujud benda
yang telah ditentukan.
Penutup Memberikan kesimpulan
karangan/hasil penelitian
Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode
penulisan yang dipakai dalam
karangan/penelitian
Orisinalitas karangan Karangan/penelitian, kesimpulan,
rangkuman, peta, skema, dan lukisan
merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD
dan bahasa dan komunikatif
Jumlah

Kriteria Penilaian :
Kriteria Nilai Kualitatif Nilai
Indikator Kuantitati
f
80-100 Memuaskan 4
70-79 Baik 3
60-69 Cukup 2
45-59 Kurang cukup 1

Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran

……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................

Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS - ESIS 27

Kegiatan Inti  Guru menjelaskan mengenai teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.  Menarik kesimpulan materi. 1 – 10). Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia Indikator : .Mendeskripsikan teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 17 – 19 no. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Materi Pembelajaran  Proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia C. 3. 1 – 20) dan soal uraian (hal 19 – 20 no. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. E. Guru kemudian mengadakan tanya jawab mengenai teori penyebaran agama Hindu- Buddha di Indonesia.1.ESIS 28 . Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia B.  Guru menugaskan peserta didik untuk melakukan analisis mengenai teori apa yang memiliki dasar penjelasan paling kuat mengenai masuknya agama Hindu-Buddha di Indonesia. pemberian tugas D.. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1. : ………………………………………………. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Siapa yang menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia?”.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 1 – 20)  Peta konsep Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . 2. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

ESIS 29 . Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. 1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 19 – 20 no. Penilaian  Evaluasi pilihan ganda hal 17 – 19 no. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Kunci Jawaban A. 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3).  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F.

.. Bidang teknologi berpengaruh terhadap teknologi kemaritiman. e 9. Seseorang yang telah sempurna hdupnya dapat mencapai Moksa. b 10.. c 15. b 4.. c 17. sedangkan Buddha tidak mengenal kasta.. b 19.. Jakarta. a 2. Karena agama Hindu-Buddha disebarkan melalui perdagangan damai sehingga mudah masuk ke Indonesia. Bidang pendidikan berpengaruh pada penggunaan bahasa Sansekerta dan huruf Palawa serta diterapkan juga sistem pendidikan berasrama. yaitu lepas dari samsara. d B. a 12. aliran Mahayana mengajarkan bahwa untuk mencapai nirwana. c 7. Mengetahui. 4. d 5. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Agama Hindu menerapkan sistem kasta. Letak Indonesia yang dilewati oleh jalur perdagangan membuat Indonesia menjadi salah satu lokasi perdagangan para pedagang India dan Cina. Sementara itu. Agama Hindu-Buddha disebarkan dengan jalan damai dan memiliki kemiripan dengan kepercayaan masyarakat Indonesia sebelumnya. Melalui hubungan perdagangan. kebudayaan asing ikut masuk ke Indonesia. 2.1. arsitektur bangunan. Bidang kepercayaan adalah dianutnya agama Hindu-Buddha. 6.ESIS 30 . e 16. a 3. a 18. kasta Waisya menghasilkan dan mendistribusikan kebutuhan masyarakat. Digunakannya bahasa Kawi. Agama Hindu dikembangkan oleh Bangsa Arya yang memuja banyak dewa. dan bahasa Bali Kuno yang merupakan turunan dari bahasa Sansekerta.. dan pertanian. sedangkan agama Buddha muncul sebagai reaksi terhadap dominasi Brahmana dalam ritual keagamaan. Aliran Hinayana mengajarkan bahwa untuk mencapai nirwana sangat tergantung pada usaha diri melakukan meditasi. kasta Sudra menjadi pelayan atau pekerja kasar.. Berlakunya sistem kasta berdasarkan pembagian kerja secara turun-temurun. Bidang sosial dan kemasyarakatan berpengaruh pada diterapkannya sistem kasta dan pemerintahan raja yang turun-temurun.. setiap orang harus mengembangkan kebijaksanaan dan sifat welas asih.. 5. 1.. kasta Ksatria menjalankan pemerintahan dan menjaga keamanan wilayah. Kasta Brahmana mengatur kegiatan keagamaan.. d 14. Sistem pendidikan asrama (ashram) dan didirikan sekolah-sekolah (pasraman). 10. e 8. Digunakannya bahasa Sansekerta dan huruf Palawa. a 13. 8. d 11. 7. Samsara merupakan penderitaan atau kesengsaraan akibat perbuatan yang kurang baik pada masa sebelumnya. diantaranya Hindu-Buddha. d 6. 9. 3. Seni arsitektur Hindu-Buddha memiliki nilai budaya dan teknologi tinggi sehingga mempengaruhi seni arsitektur bangsa Indonesia pada saat itu. ………. bahasa Jawa Kuno.. c 20.

.……………………. NIP/NRK........ NIP/NRK.................... ...... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ......................ESIS 31 ......................................

Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1.ESIS 32 .. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. : ………………………………………………. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .

 Menarik kesimpulan materi. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia Indikator : . Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .5 hal 9)  Peserta didik secara berkelompok ditugaskan untuk membuat peta penyebaran agama Hindu-Buddha. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. pemberian tugas. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 1 – 20)  Peta konsep  Power poin  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F.Kompetensi Dasar : 1. Penilaian  Portofolio dengan membuat peta penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . diskusi D. 2. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Melalui jalur pelayaran mana para pedagang dari India menuju Indonesia?”.Menunjukkan peta jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A. 3. Tugas telah diberitahukan seminggu sebelumnya. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Materi Pembelajaran  Jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia C.  Peserta didik secara berkelompok mendemonstrasikan peta jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia berdasarkan hasil buatan mereka disertai dengan tanya jawab.ESIS 33 . Kegiatan Inti  Guru bersama peserta didik memperhatikan peta penyebaran agama Buddha (Gambar 1. E.1. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menunjukkan peta jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia B.

dan lukisan..................... : ………………………………………………....... skema.. Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode penulisan yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian.ESIS 34 . Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ..... Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan bahasa dan komunikatif Jumlah Kriteria Penilaian : Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati f 80-100 Memuaskan 4 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 Mengetahui... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….... kesimpulan.. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. Jakarta....... kesimpulan maupun rangkuman..... kesimpulan......Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian......... mempersiapkan bahan-bahan.. skema......... dan rangkuman dengan tepat........ NIP/NRK... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1......... peta.... . rangkuman. dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian........ Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. NIP/NRK........ ……….. Untuk peta.

Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . 2. seperti upacara selamatan kematian. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.ESIS 35 . diskusi D. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran menceritakan mengenai tradisi Hindu yang masih dilakukan oleh masyarakat sampai saat ini. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mengidentifikasi fakta-fakta tentang proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha B. Kegiatan Inti  Peserta didik secara berkelompok melakukan diskusi mengenai kontribusi paling besar dari kebudayaan Hindu-Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (Analitika hal 16). Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1.  Menarik kesimpulan materi. Materi Pembelajaran  Tradisi Hindu-Buddha di Indonesia C. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia Indikator : . 3. E.Mengidentifikasi fakta-fakta tentang proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu- Buddha Alokasi Waktu : 2x45 menit A. Penilaian  Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai kontribusi paling besar dari kebudayaan Hindu-Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (Analitika hal 16).1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 1 – 20)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F.

………........ Jakarta......ESIS 36 ............. NIP/NRK........... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1...... Ketelitian Jumlah Nilai Individu Mengetahui. ... Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1......... Berani mengemukakan pendapat 2.. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .. : ………………………………………………... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA.... Inisiatif 4............. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….......................Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok 1.. Berani menjawab pertanyaan 3...... NIP/NRK.........

Tarumanegara h. Melayu j.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 21 – 62)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Medang Kemulan b. Sriwijaya k.2. E. Setelah itu. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. 3. Setiap kelompok membahas salah satu dari materi tersebut. Materi Pembelajaran  Muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah C. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. setiap kelompok membuat laporan tertulis mengenai hasil diskusi. Singasari d. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah B. Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1.Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya kerajaan- kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah a.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti  Peserta didik dibagi dalam dua belas kelompok untuk mendiskusikan dua belas kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia (hal 21 – 57). 2. Kutai g. Mataram Kuno l. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Kediri c.  Menarik kesimpulan materi. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia Indikator : . Holing i. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Sebutkan kerajaan Hindu tertua di Indonesia?”. Pajajaran f.ESIS 37 . Majapahit Alokasi Waktu : 3x45 menit A. diskusi jigsaw D. Bali e.

.... NIP/NRK... Berani mengemukakan pendapat 2........ Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok 1.... Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ... .. Jakarta. Ketelitian Jumlah Nilai Individu Mengetahui.................................... : ………………………………………………........ Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1................ Penilaian  Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai kerajaan-kerajaan Hindu- Buddha di Indonesia...F....... Berani menjawab pertanyaan 3......... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA... ………...... NIP/NRK.. Inisiatif 4.....ESIS 38 . Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….

Tarumanegara h. Tugas telah diberitahukan pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti  Peserta didik secara berkelompok mendemonstrasikan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia berdasarkan hasil buatannya.2. Bali e. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah B.ESIS 39 . Kediri c.Kompetensi Dasar : 1. Medang Kemulan b. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Dimana letak wilayah kekuasaan Kerajaan Kutai?”. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Mataram Kuno l. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS .  Menarik kesimpulan materi. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. E. 3. Kutai g. Sriwijaya k. Materi Pembelajaran  Wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah C.Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah a. Singasari d. Majapahit Alokasi Waktu : 3x45 menit A. Pajajaran f.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Melayu j. Holing i.  Guru memberikan tes lisan kepada para peserta didik mengenai wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. 2.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 21 – 62)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia Indikator : . diskusi D.

. Jakarta.. Mengetahui.............. ………. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………. NIP/NRK......................F.... Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ..... : ……………………………………………….................. NIP/NRK.... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1.......... Penilaian  Tes lisan mengenai wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia..........ESIS 40 ...... Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1.... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA.......... ......2..

 Peserta didik ditugaskan menganalisis peninggalan-peninggalan sistem kebudayaan dari Kerajaan Tarumanegara yang masih berlaku di masyarakat kita pada saat ini dalam bentuk uraian analitis (Aktivitas hal 26). 2. dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah Alokasi Waktu : 3x45 menit A.  Tanya jawab mengenai kehidupan sosial. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.ESIS 41 . ekonomi. ekonomi. E. budaya. dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah. Kegiatan Inti  Peserta didik secara berkelompok mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai kehidupan sosial. budaya. Penilaian Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menceritakan kehidupan sosial masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah.  Menarik kesimpulan materi. dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah C. dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah B. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. tanya jawab D.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 21 – 62)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. budaya. Tugas telah diberitahukan pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. ekonomi. budaya.Mendeskripsikan kehidupan sosial. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. budaya. dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah. Materi Pembelajaran  Kehidupan sosial. 3. ekonomi. pemberian tugas. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan kehidupan sosial. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . ekonomi. Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia Indikator : .

....... mempersiapkan bahan-bahan.... ..... skema... NIP/NRK.. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA... dan lukisan.. Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian....... Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. NIP/NRK.. Untuk peta........ dan rangkuman dengan tepat.. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan... bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan dan bahasa komunikatif Jumlah Kriteria Penilaian : Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati f 80-100 Memuaskan 4 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 Mengetahui... peta... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………. skema.... Jakarta.... ………... kesimpulan maupun rangkuman.. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan... kesimpulan........................... : ……………………………………………….. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian......ESIS 42 ..... rangkuman.. dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian..... Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode yang penulisan dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian. kesimpulan...... Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya..  Portofolio dalam bentuk uraian analitis mengenai peninggalan-peninggalan sistem kebudayaan dari Kerajaan Tarumanegara yang masih berlaku di masyarakat kita pada saat ini (Aktivitas hal 26).....

Kegiatan Inti  Guru menjelaskan mengenai keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. E.ESIS 43 . Penilaian Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .  Menarik kesimpulan materi.  Guru menjelaskan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia 3. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Sebutkan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan keruntuhan kerajaan- kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia?”.Menjelaskan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia Alokasi Waktu : 1x45 menit A. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1.  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 60 – 62 no. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menjelaskan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan- kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia B. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia Indikator : . 1 – 20) dan soal uraian (hal 62 no.2. pemberian tugas D.Standar Kompetensi : 1.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 1 – 10). Materi Pembelajaran  Keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu- Buddha di Indonesia C.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 21 – 62)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . 2.

Tugu... b 17. a 16. c 5.. ia mengalami kekalahan dan meninggal.. Jambu. Anusapati.. NIP/NRK. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . d 4.. Untuk membalas kematian ayahnya. 9. Kemudian.... Kerajaan Holing dipimpin oleh Ratu Sima dan sistem pemerintahan bersifat matrilineal. serta mendirikan Kerajaan Singasari. Ketika Ken Arok berkuasa di Tumapel... dan menanam perkebunan. . Prasasti Ciaruteun........ Mpu Sendok. dan Ksatria menganut agama Hindu. 1.. 6. Namun...... dan Kertajaya... Gandra. d 11... Ia memerintah Kerajaan Medang Kemulan dan mengembangkan kekuasaan kerajaan hingga mencakup hampir seluruh wlayah Jawa Timur. Raja Samaratungga. Jakarta. c 12. yang dibunuh oleh Tohjaya. Sri Jayawarsha. Golongan istana.. 3. Kebon Kopi... Pasir Awi.. Kualitas kepemimpinan tidak maksimal dan pengaruh penyebaran Islam yang kuat.. 1. c 14.. Mengetahui.ESIS 44 ... Para Brahmana tersebut melarikan diri ke Tumapel dan meminta perlindungan kepada Ken Arok.. Sang raja menyerang Tumapel... Masyarakat Bali bercorak agraris. d 20. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. d B..... dan Munjul. c 8... 1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 62 no.. 7..  Evaluasi pilihan ganda hal 60 – 62 no... Kerajaan telah mengadakan hubungan perdagangan dengan negara tetangga dan memiliki pusat perdagangan yang terpusat pada pasar...... e 3.... di Kerajaan Kediri berlangsung perselisihan antara Raja Kertajaya dengan para Brahmana. ………. Raja Indra... : ……………………………………………….. 4. 8. dalam pertempuran di Ganter. b 2. Jayabhaya.. b 13.. e 9... Budaya dan agama Kerajaan Kutai telah dipengaruhi oleh kebudayaan India.... d 18... Masyarakat umumnya masih menjalani adat istiadat dan kepercayaan asli mereka. a 7. Raja Wisnu. Muara Cianteun... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………....... e 19. NIP/NRK... 10... Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya....... Ken Arok menyatukan Kerajaan Kediri dan Tumapel. Kerajaan menerapkan hukum dan undang-undang yang ketat dan mayoritas masyarakatnya memeluk agama Buddha.. 5. b 10. d 15. 2........ Kunci Jawaban A.. Brahmana... 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3). Bameswara. c 6. beternak.. Ketika Raja Kertajaya mengetahui hal itu......

Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara ringkas situasi sebelum Islam di Jazirah Arab. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. 2. 3. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia Indikator : . baik internet maupun buku. dan Kordoba dari berbagai sumber.  Menarik kesimpulan materi.ESIS 45 . Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1.3.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 63 – 86)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Kegiatan Inti  Guru menjelaskan mengenai Islam masa Nabi Muhammad Saw. dan Kordoba dari berbagai sumber yang telah peserta didik dapatkan (Aktivitas hal 70). Fatimiyah. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.  Pada pertemuan sebelumnya guru telah menugaskan pada peserta didik untuk mencari informasi tentang perkembangan Islam pada masa Khalifah Abbasiyah. Materi Pembelajaran  Proses lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia C. Fatimiyah.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.  Peserta didik dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 3 – 4 orang untuk mendiskusikan tentang perkembangan Islam pada masa Khalifah Abbasiyah. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. dan masa Bani Umayah. masa Khulafaur Rasyidin. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan proses lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia B. diskusi D.Mendeskripsikan proses lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab Alokasi Waktu : 3x45 menit A.Standar Kompetensi : 1. E.

............ Fatimiyah......... Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok 1... dan Kordoba dari berbagai sumber yang telah peserta didik dapatkan (Aktivitas hal 70). RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA...... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………...... Jakarta... : ………………………………………………....... Ketelitian Jumlah Nilai Individu Mengetahui.. NIP/NRK........... Penilaian  Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai perkembangan Islam pada masa Khalifah Abbasiyah............F. Inisiatif 4...ESIS 46 .............. ........ Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1. NIP/NRK..... Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .. Berani menjawab pertanyaan 3...... ……….... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1... Berani mengemukakan pendapat 2......

pemberian tugas D.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 63 – 86)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia  Mengidentifikasi pada peta mengenai tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran Islam di Indonesia B.ESIS 47 .  Tes lisan mengenai peta tempat dan bukti penyebaran Islam di Indonesia. Materi Pembelajaran  Pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia  Tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran Islam di Indonesia C. 3.  Menarik kesimpulan materi.3. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1.Mengidentifikasi pada peta mengenai tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran Islam di Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A. baik dari internet maupun buku. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan gambaran mengenai kegiatan perdagangan yang dilakukan para pedagang Islam. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia Indikator : . Kegiatan Inti  Pada pertemuan sebelumnya guru telah menugaskan pada peserta didik untuk mencari informasi tentang pendapat para ahli mengenai proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia. E.  Guru dan peserta didik menganalisis peta masuknya Islam di Indonesia (Gambar 3. 2.5 hal 72). Penilaian Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS .  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.Mendeskripsikan pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia .  Peserta didik membuat rangkuman berdasarkan informasi yang didapatkan.

................... bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan dan bahasa komunikatif Jumlah Kriteria Penilaian : Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati f 80-100 Memuaskan 4 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 Mengetahui....... dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian.......... Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi...... peta...... Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian... ………........ Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian. Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode yang penulisan dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian....... : ……………………………………………….....  Portofolio berbentuk rangkuman mengenai pendapat para ahli mengenai proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia... skema. Jakarta.. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1. dan rangkuman dengan tepat.. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA.. ... dan lukisan.... mempersiapkan bahan-bahan. NIP/NRK.. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ............  Tes lisan mengenai letak tempat dan bukti penyebaran Islam pada peta Indonesia. kesimpulan maupun rangkuman....ESIS 48 ... Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan..... NIP/NRK... Untuk peta. skema. kesimpulan.. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….. rangkuman.... Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. kesimpulan....

 Menarik kesimpulan materi. E. Materi Pembelajaran  Perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18 C. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia Indikator : . Kegiatan Inti  Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan ditugaskan untuk menganalisis proses perkembangan Islam dari zaman kerajaan hingga saat ini.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 63 – 86)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.ESIS 49 . Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan gambaran mengenai Wali Songo. 3.Mendeskripsikan perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18 Alokasi Waktu : 3x45 menit A. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill.3. Tugas dikumpulkan dalam bentuk portofolio uraian analitis (Aktivitas hal 78). Peserta didik juga menjelaskanlah faktor-faktor yang menjadi penentu mudahnya proses perkembangan Islam di Nusantara. Penilaian  Portofolio berbentuk uraian analitis mengenai proses perkembangan Islam dari zaman kerajaan hingga saat ini dan faktor-faktor yang menjadi penentu mudahnya proses perkembangan Islam di Nusantara (Aktivitas hal 78). Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. 2. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18 B. pemberian tugas D.

....... Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. dan rangkuman dengan tepat. dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian. Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian.... bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan bahasa dan komunikatif Jumlah Kriteria Penilaian : Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati f 80-100 Memuaskan 4 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 Mengetahui. dan lukisan...... Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian. kesimpulan.. NIP/NRK.... skema........... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….. : ……………………………………………….......... mempersiapkan bahan-bahan... Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .. .. NIP/NRK.........................ESIS 50 ......... Jakarta.. rangkuman.. ………... Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode penulisan yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian.. kesimpulan............ Untuk peta.. kesimpulan maupun rangkuman......... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1... peta. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.. skema..

E. 1 – 20) dan soal uraian (hal 85 no.3.ESIS 51 . 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3). dan budaya Islam di Indonesia B. ekonomi.  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 83 – 85 no. Penilaian  Evaluasi pilihan ganda hal 83 – 85 no. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Bagaimana kehidupan sosial masyarakat Islam di Indonesia?”. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan kehidupan sosial. ekonomi. politik.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 63 – 86)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1. dan budaya Islam di Indonesia. ekonomi. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . politik. 1 – 10). dan budaya Islam di Indonesia Alokasi Waktu : 2x45 menit A. 3. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia Indikator : . politik. ekonomi. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .Mendeskripsikan kehidupan sosial. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. pemberian tugas D.  Menarik kesimpulan materi. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. politik. 2. Materi Pembelajaran  Kehidupan sosial.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. dan budaya Islam di Indonesia C. Kegiatan Inti  Guru menjelaskan mengenai kehidupan sosial. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. 1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 85 no.

1. dan daerah Hijaz. Daerah Arab sebelum masuk Islam. c 20. Para pedagang Arab dan Gujarat berdagang di pesisir pantai dan berda’wah menyebarkan agama Islam. terutama bagian Selatan. Kekhalifahan Abbasiyah berkuasa dari tahun 750 – 1258). Dalam masa pemerintahan kekhalifahan ini. Di Sulawesi. c 19. sifat bangsa Indonesia yang ramah tamah memberi peluang untuk Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . e 14. di Indonesia pada 1178 M. d 16. d 10. misalnya jika situasi politik di kerajaan-kerajaan itu mengalami kekacauan akibat perebutan kekuasaan. Namun. Trengganu. e 15. Mereka kemudian membangun perkampungan- perkampungan di pesisir pantai dan menikah dengan gadis-gadis pribumi. Islamisasi dilatarbelakangi adanya kepentingan politik Kerajaan Demak dalam konflik antara Kerajaan Banjar dan Kerajaan Daha. Sistem pergantian khalifah tidak lagi dilakukan secara musyawarah. masyarakat Islam mencapai puncak kejayaan. e 11. Mereka memindahkan pusat kekhalifahan dari Damaskus ke Baghdad. yaitu Fo-lo-an (Kuala Brag. Syria. 1. b 6. Ibu kota negara dipindahkan dari Madinah ke Damaskus. 5. Mobilitas sosial masyarakat terjadi secara horisontal maupun vertikal. Pernikahan tersebut menyebabkan para gadis dan keluarganya kemudian ikut memeluk Islam. umumnya dibagi dalam tiga bagian besar. Konversi agama dijalankan dengan pusat kekuasaan yang telah ada. 4. b 5.ESIS 52 . daerah bagian utara Jazirah Arab. Sistem sosial masyarakat di Indonesia setelah masuknya Islam merujuk pada nilai-nilai kesetaraan. c 4. a 13. Syarat untuk masuk Islam mudah. terdapat dua tempat yang menjadi komunitas orang Ta-Shih (Arab). Islam juga berfungsi sebagai alat untuk mempersatukan kekuatan dalam menghadapi lawan. b 9. d 7.Kunci Jawaban A. 8. Penyebaran Islam di Pulau Kalimantan dapat diketahui dari Hikayat Banjar milik Kerajaan Banjar. 3. agama Islam masuk pada abad ke-16. tetapi didasarkan pada garis keturunan. 2. dan Malaysia) dan Sumatra Selatan. Di daerah ini Islamisasi terjadi melalui konversi pusat kekuasaan (istana/keraton). 7. 6. adakalanya penyebaran diwarnai dengan penaklukan. Kekuasaan Bani Umayyah berumur kurang lebih 90 tahun 661 – 743). Menurut catatan Chou Ku-Fei. yakni daerah bagian selatan Jazirah Arab. a 8. d B. penyebaran Islam dilakukan dengan jalan yang relatif damai. Masuknya Islam ke Indonesia dilakukan dengan jalan damai melalui perdagangan dan da’wah oleh para mubaligh dan sufi. d 12. Para pedagang juga mendekati para bangsawan kerajaan untuk memeluk Islam. terbentuknya pusat-pusat kebudayaan di masjid-masjid. d 2. c 17. b 18. a 3. agama Islam tidak mengenal sistem pembagian masyarakat berdasarkan pembedaan kasta.

.. ... ………. NIP/NRK........... penyebar..... dan perintis agama Islam khususnya di Pulau Jawa..... NIP/NRK........... Para wali berperan sebagai juru da’wah... bergaul lebih erat dengan bangsa lain........... Pertemuan dengan pedagang asing adalah pintu utama jaringan ekonomi sehingga tidak salah yang menjadi titik pentingnya adalah kota-kota pelabuhan....... Jaringan ekonomi dan intelektual Islam dimulai pada jalur perdagangan..... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ......ESIS 53 .... 10.... upacara-upacara keagamaan dalam Islam lebih sederhana dan dipadankan dengan upacara-upacara yang telah ada sebelumnya.... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………............................... 9.. Jakarta.... Mengetahui..

Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1..ESIS 54 . : ………………………………………………. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .

Materi Pembelajaran  Muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah  Ciri-ciri pokok sistem dan struktur sosial masyarakat di kerajaan-kerajaan bercorak Islam di berbagai daerah C. Malaka c. diskusi jigsaw.Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya kerajaan- kerajaan Islam di berbagai daerah a. Samudra Pasai b. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.ESIS 55 . Demak e. Kegiatan Inti  Peserta didik dibagi dalam delapan kelompok untuk mendiskusikan delapan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia (hal 87 – 111).Kompetensi Dasar : 1. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Ternate dan Tidore . Aceh Darussalam d.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.  Guru memberikan tugas portofolio kepada peserta didik berbentuk uraian analitis mengenai kontribusi pahlawan-pahlawan dan sastrawan Islam besar yang berasal dari Kerajaan Aceh (Aktivitas hal 96). 2. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Sebutkan kerajaan Islam tertua di Indonesia?”. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . setiap kelompok membuat laporan tertulis berdasarkan hasil diskusi. Setiap kelompok membahas salah satu dari materi tersebut.Mengidentifikasi ciri-ciri pokok sistem dan struktur sosial masyarakat di kerajaan-kerajaan bercorak Islam di berbagai daerah Alokasi Waktu : 3x45 menit A.4. Mataram Islam g. 3. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Islam di Indonesia Indikator : . pemberian tugas D. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah  Mengidentifikasi ciri-ciri pokok sistem dan struktur sosial masyarakat di kerajaan- kerajaan bercorak Islam di berbagai daerah B. Banten f. Setelah itu. Gowa dan Tallo h.

ESIS 56 . Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 87 – 114)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .  Menarik kesimpulan materi. Berani mengemukakan pendapat 2. Ketelitian Jumlah Nilai Individu Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian. Berani menjawab pertanyaan 3. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Penilaian  Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. E. Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok 1. Inisiatif 4. kesimpulan maupun rangkuman.

.ESIS 57 ....... peta...... skema.... kesimpulan... mempersiapkan bahan-bahan. Jakarta. dan rangkuman dengan tepat. NIP/NRK............. rangkuman..... Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. ………....... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….... ......... Untuk peta.. kesimpulan... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ... Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian........ Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan..... dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian...... NIP/NRK......... bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan bahasa dan komunikatif Jumlah Mengetahui.. skema............ Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode penulisan yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian......... Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi... dan lukisan...

ESIS 58 . Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1. : ………………………………………………. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1..4.

Kegiatan Inti  Peserta didik secara berkelompok mendemonstrasikan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia berdasarkan hasil buatannya. 3.Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah a. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Banten f. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah B. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Demak e. Tugas telah diberitahukan pada pertemuan sebelumnya.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 87 – 114)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. E. Kerajaan Islam di Indonesia Indikator : .  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Penilaian Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .ESIS 59 . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. diskusi D. Materi Pembelajaran  Wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah C.  Menarik kesimpulan materi. 2.  Guru memberikan tes lisan kepada para peserta didik mengenai wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Dimana letak wilayah kekuasaan Kerajaan Samudra Pasai?”. Aceh Darussalam d. Gowa dan Tallo h. Samudra Pasai b. Ternate dan Tidore Alokasi Waktu : 3x45 menit A. Mataram Islam g. Malaka c.

.............. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1............................ ………....... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA..ESIS 60 ............... NIP/NRK. Mengetahui. Jakarta....... : ………………………………………………......... NIP/NRK...... Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ... .4...........  Tes lisan mengenai wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia........ Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….....

E.  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 112 – 114 no. c 5. Materi Pembelajaran  Struktur birokrasi. 1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 114 no. b 2. hubungan pusat daerah. Kerajaan Islam di Indonesia Indikator :. pemberian tugas D. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan struktur birokrasi. 1 – 10). 1 – 20) dan soal uraian (hal 114 no. dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam B. hubungan pusat daerah. 2. Kegiatan Inti  Guru menjelaskan mengenai struktur birokrasi.  Menarik kesimpulan materi. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. a 3.ESIS 61 . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kunci Jawaban A.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 87 – 114)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. e Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3). Penilaian  Evaluasi pilihan ganda hal 112 – 114 no. dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam C. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. hubungan pusat daerah. Mendeskripsikan struktur birokrasi.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam Alokasi Waktu : 1x45 menit A. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . 3. 1. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Bagaimana struktur birokrasi di kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia?”. dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. a 4. hubungan pusat daerah. b 6.

.. yaitu Sultan Haji. sektor perdagangan dan kelautan semakin berkembang setelah Demak berhasil menguasai beberapa pelabuhan penting.. c 16... Portugis mendekati Ternate dan membujuk agar diizinkan membangun Benteng Sao Paolo.. Kerajaan Mataram terbagi dua.... b 12. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA... Kerajaan Banten menjadi kerajaan boneka VOC... NIP/NRK... c 17...5. 10...... e 14.. Kasuhunan Surakarta......... a B. Hal itu hanyalah taktik Portugis agar dapat memonopoli perdagangan dan menguasai Ternate. masuknya pengaruh Barat ke Indonesia..... c 10. dan Mangkunegaran. ………. Sultan Ageng Tirtayasa ditangkap dan wafat pada tahun 1692. Akhirnya Demak berada dalam kekuasaan Kerajaan Mataram..7.... yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kasuhunan Surakarta. e 8.... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1.. Kerajaan Malaka memiliki letak yang strategis... d 19. Hindu-Buddha.. b 20... Perjanjian Giyanti (1755).. Perjanjian Salatiga (1757).. 3.... yaitu berada di tepi Selat Malaka...... 9.. Belanda mendapatkan bantuan dari Aru Palaka..... Tidak ada pemimpin yang cakap.... b 18. a 9. a 13.... Sultan Ageng Tirtayasa. Mengetahui.. Ayah Sultan Haji... 2.. 1.... Sultan Haji dekat dengan VOC sehingga menimbulkan persengketaan dan perang saudara... : ……………………………………………….. NIP/NRK. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1.. 5... VOC menjalankan politik adu domba (devide et impera) dengan mempengaruhi anak Sultan Ageng Tirtayasa. yaitu Kesultanan Yogyakarta. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………... . Di Kerajaan Demak terjadi perebutan kekuasaan hingga menimbulkan perpecahan.... menyebabkan kerajaan ramai dikunjungi para pedagang.. tidak menyetujui hubungan tersebut sehingga terhjadi persengketaan dan perang saudara.... dan Islam di Indonesia Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . b 11. Kehidupan politik di Kerajaan Banten sangat dipengaruhi oleh VOC karena Sultan Haji cenderung bersahabat dengan VOC.. Basis perekonomian Demak adalah pertanian beras. Jakarta.... Raja Bone.. Menganalisis Proses Interaksi antara Tradisi Lokal.. 4. 7.. 8..ESIS 62 . Kerajaan Mataram terbagi tiga daerah.. b 15. Raja-raja yang memerintah setelah Sultan Iskandar Muda tidak mampu mempertahankan wilayah Kerajaan Aceh yang luas. Terjadi perpecahan antarkelompok antara golongan ulama (tengku) dan golongan bangsawan (teuku).... 6..

Indikator : - Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha,
dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai
daerah
- Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan
lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan
keagamaan masyarakat di berbagai daerah
Alokasi Waktu : 3x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
 Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi
sosial masyarakat di berbagai daerah
 Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam
dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah

B. Materi Pembelajaran
 Perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat
di berbagai daerah
 Percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan
keagamaan masyarakat di berbagai daerah

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi, pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
 Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan
“Sebutkan contoh perpaduan tradisi lokal dan Hindu-Buddha dalam institusi
sosial masyarakat di berbagai daerah?”.
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
 Peserta didik dibagi beberapa kelompok untuk mendiskusikan warisan
peninggalan pengaruh budaya Hindu-Buddha yang sampai saat ini masih secara
konsisten dilaksanakan di dalam masyarakat kita (Aktivitas hal 122).
 Guru memberikan tugas portofolio kepada peserta didik berbentuk uraian
analitis mengenai akulturasi budaya Islam dengan budaya lokal yang sampai
saat ini masih diterapkan di masyarakat tempat tinggalmu, baik dalam ilmu
fikih, filsafat, ekonomi, maupun sosial budaya (Aktivitas hal 127). Tugas
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
 Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
 Menarik kesimpulan materi.

E. Sumber Belajar
 Kurikulum KTSP dan perangkatnya
 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - ESIS
 Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 115 – 136)
 Peta konsep
Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS - ESIS 63

 Power point
 OHP/slide
 Buku-buku penunjang yang relevan
 Internet

F. Penilaian
 Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai kerajaan-kerajaan Islam di
Indonesia.

Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian :
Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai
Indikator Kuantitati
Topik diskusi/debat : ………………………………… f
No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4
dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3
60-69 Cukup 2
Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1
peserta
Penilaian kelompok
1. Menyelesaikan
tugas kelompok
dengan baik
2 Kerjasama
kelompok
3 Hasil tugas
Jumlah Nilai Kelompok
Penilaian Individu Peserta didik
1. Berani
mengemukakan
pendapat
2. Berani menjawab
pertanyaan
3. Inisiatif
4. Ketelitian
Jumlah Nilai Individu

Format Penilaian Portofolio
Indikator Nilai Nilai Deskripsi
Kualitatif Kuantitatif

Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi
karangan/laporan penelitian,
kesimpulan maupun rangkuman.
Untuk peta, skema, dan lukisan,
mempersiapkan bahan-bahan.
Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan
materi. Menguraikan hasil
karangan/laporan penelitian,
kesimpulan, dan rangkuman dengan
tepat. Menjabarkan peta dan skema
Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS - ESIS 64

sesuai dengan tema yang diajukan.
Melukis sesuai dengan wujud benda
yang telah ditentukan.
Penutup Memberikan kesimpulan
karangan/hasil penelitian
Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode
penulisan yang dipakai dalam
karangan/penelitian
Orisinalitas karangan Karangan/penelitian, kesimpulan,
rangkuman, peta, skema, dan lukisan
merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD
dan bahasa dan komunikatif
Jumlah

Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran

……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................

Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS - ESIS 65

5. dan Islam di berbagai wilayah Indonesia Alokasi Waktu : 2x45 menit Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .ESIS 66 . Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional Kompetensi Dasar : 1. Menganalisis Proses Interaksi antara Tradisi Lokal. Hindu-Buddha. dan Islam di Indonesia Indikator : . Hindu-Buddha. : ……………………………………………….Mengidentifikasi proses percampuran seni bangunan lokal.. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/1 Standar Kompetensi : 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA.

Pilihan ganda hal 128 – 130 no. 1 . Penilaian Penilaian Tes tertulis: .ESIS 67 . a 4. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Hindu-Buddha. Kegiatan Inti  Peserta didik bersama guru menganalisis gambar-gambar hasil percampuran kebudayaan lokal. c 2. b 5. d 6. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. 2. b 8. 1 – 10 dan hal 136 no 1 – 15).  Menarik kesimpulan materi. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mengidentifikasi proses percampuran seni bangunan lokal. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. dan Islam di berbagai wilayah Indonesia C. pemberian tugas D. 1 – 10 dan hal 136 no.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Hindu-Buddha. Hindu-Buddha. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. dan Islam dalam seni arsitektur. 1 – 20 dan hal 132 – 136 no. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS .  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi dan evaluasi akhir semester 1 pilihan ganda (hal 128 – 130 no. E.15 (skor setiap soal benar 2 tetapi bila mendekati 1) Kunci Jawaban A. dan Islam di berbagai wilayah Indonesia B. 1 .50 (skor 1 s/d 70) . Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Sebutkan contoh perpaduan tradisi lokal dan Hindu-Buddha dalam seni bangunan?”.Uraian hal 130 no. b 7. e Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . 1 – 50) dan soal uraian (hal 130 no. Materi Pembelajaran  Percampuran seni bangunan lokal. 3. e 3.A. 1.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 115 – 136)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. c 10. 1 – 20 dan hal 132 – 136 no. e 9.

Swarloka (atap candi) melambangkan dunia para dewa. Bhurloka (kaki candi) terdapat peripih untuk air suci. c B. e 11. b 14. b 18. Setelah Islam masuk ke Indonesia. d 13. 10. Bangunan masjid dengan arsitektur khas Indonesia. Hasil kesusastraan zaman kuno terutama berasal dari kerajaan- kerajaan di Jawa dan Bali mendapat pengaruh Hindu-Buddha berupa prosa dan puisi atau tembang. d 16. 2. 4. c 2. c Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . 5. Qalam adalah ajaran pokok agama Islam tentang keesaan Tuhan.11. c 20. dalam aturan-aturan pemerintahan. d 15. c 5. c 6. 10. Pengaruh budaya tampak dalam penggunaan kalender Islam. 7. c 8. yaitu atap bersusun atau tumpang dan dilengkapi dengan menara. Namun. 9. c 13. Selain itu. d 16. Agama Islam tidak mengenal perbedaan golongan dalam masyarakat. banyak raja-raja yang memakai gelar sultan. Bentuk candi di Indonesia merupakan akulturasi dengan kebudayaan lokal punden berundak-undak. Evaluasi Semester 1 A. sedangkan agama Buddha memperkenalkan samsara dan moksa. 3. e 7. 8. Sistem penanggalan yang berkembang ketika kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia adalah Tahun Saka. a/b 17. a 3. e 17. Tahun Saka berasal dari India Barat yang baru diterapkan pada penanggalan tahun 78. d 18. e 12. Arupadatu (atas candi) melambangkan manusia sudah mencapai nirwana. a 19. 1. berbentuk melengkung seperti kubah masjid. c 14. seperti upacara penobatan raja sudah digunakan aturan-aturan Islam. c 21. d 20. Batu nisan berhias kaligrafi. b 9. c 15. dan dibuat dari bahan permanen seperti marmer. Kebudayaan Islam memperkenalkan sistem masyarakat yang relatif lebih demokratis dari masa sebelumnya. Hikayat pada dasarnya sama dengan dongeng atau cerita rakyat yang sudah ada sebelum masuknya Islam kemudian disesuaikan dengan ajaran dan pengaruh Islam. Rupadatu (tengah candi) melambangkan kehidupan manusia penuh nafsu keduniaan. c 12. ajaran Hindu-Buddha tidak menyebabkan hilangnya kepercayaan asli Indonesia.ESIS 68 . Kamadatu (dasar candi) melambangkan manusia dalam rahim ibu. Bhurwaloka (tubuh candi) biasanya terdapat patung dewa. Suluk merupakan salah satu karya sastra yang berisi ajaran tasawuf. 6. Babad merupakan kisah sejarah yang kadang memuat silsilah para raja suatu kerajaan Islam. e 22. a 19. Agama Hindu memperkenalkan konsep dewa. 1. d 4. Sistem penanggalan Tahun Saka digunakan di Indonesia pada abad ke-7 sampa ke-14.

yaitu Sutta Pitaka (kumpulan khotbah). sebagian besae Persia dan Mesir. rakyat terkadang dengan sukarela menjadi tenaga kerja dalam pembangunan istana. jalan-jalan. Kaum Ksatria berkewajiban menjalankan pemerintahan. e 45. d 39. sebagian Persia. dalam aturan-aturan pemerintahan. Sri Maharaja Rakai Wawa. termasuk pertahanan negara. Atharva-Weda (kumpulan mantra-mantra gaib). b 47. Khalifah Umar bin Khattab menguasai Jazirah Arab. c 35. d 36. e 32. dan sistematisasi doktrin). membasmi nabi-nabi palsu. Khalifah Usman bin Affan meresmikan pembukuan Kitab Al-Quran. Raja Samaratungga. digunakannya menara masjid untuk mengumandangkan azan. d 46.ESIS 69 . Kaum Brahmana bertugas mengurus soal kehidupan keagamaan. b 42. d 29. d 41. Yajur-Veda (pedoman pengorbanan). Kaum Sudra bertugas sebagai pekerja atau pelayan. Pada abad ke-7 terdapat kerajaan Melayu yang berada di dekat Selat Malaka sebagai bagian dari kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. Rakai Kayuwangi. Kitab Veda terdiri atas empat bagian. membangun bendungan. digunakannya tiang penopang yang mengikuti bentuk rumah tradisional Jawa. c B. dan beternak. Rakai Watuhumalang. dan menciptakan Tahun Hijriah. seperti upacara penobatan raja sudah digunakan aturan-aturan Islam. Hal itu wujud kecintaan terhadap raja yang dianggap sebagai titisan dewa. mendirikan Baitul Maal. Selain itu. Sementara itu. e 26. c 33. yaitu Reg-Veda (kitab tertua). Kebudayaan Islam memperkenalkan sistem masyarakat yang relatif lebih demokratis dari masa sebelumnya. Bentuk akulturasi Islam dengan lokal dalam seni bangunan terlihat dari bangunan masjid yang menggunakan atap tumpang. Setelah Islam masuk ke Indonesia. pengumpulan lembaran surat-surat Alquran. Cyprus. Dinasti Sanjaya: Raja Sanna. c 43. Perdagangan di Indonesia semakin berkembang setelah lahirnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha. 1. b 40. Tunisia. 5. Syria. e 48. Dinasti Syailendra: Raja Indra. a 49. Berdasarkan catatan dari biksu Cina. banyak raja-raja yang memakai gelar sultan. 6. dan Tabaristan. d 28. Kaum Waisya bertugas berdagang. Sri Maharaja Tulodhong. a 50. d 38.23. dan jalan walau dilakukan tanpa bayaran. 7. 2. Khalifah Abu Bakar memenangkan Perang Riddah. Pengaruh budaya tampak dalam penggunaan kalender Islam. c 30. masjid. e 24. Pembagian masyarakat atas kasta pada dasarnya adalah pembagian tugas atau pekerjaan. d 31. Rakai Panangkaran. Agama Islam tidak mengenal perbedaan golongan dalam masyarakat. d 27. Raja Sanjaya. Khalifah Ali bin Abi Thalib menghadapi berbagai Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . bertani. c 44. psikologi. Sama-Weda (pedoman zikir dan puji-pujian). a 34. menempa mata uang. Abhidharma Pitaka (filosofi. 3. Rakai Pikatan. Tripitaka terdiri atas tiga bagian. candi. Raja Balitung. Vinaya Pitaka (aturan kehidupan pendeta). Pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha. 4. Transoxania. d 25. yaitu I-Tsing. Rhodes. d 37. klasifikasi. dan memperluas kekuasaan Islam ke Armenia. Palestina.

13..... Setelah masa Khulafaur Rasyidin.. Sultan Hairun terbunuh dan rakyat semakin membenci Portugis. Pendidikan Islam dilakukan di pesantren-pesantren. memerintah dari tahun 1402-1708.... 12... Jakarta... Raja terakhir dari Dinasti ini adalah Sultan Nazimuddin Al-Kamil... NIP/NRK.. Kerajaan Ternate dan Tidore merupakan daerah penghasil rempah-rempah terbesar...... Ia tidak memiliki keturunan sehingga terjadi perebutan kekuasaan.. tetapi didasarkan pada garis keturunan. Pendiri Kerajaan Majapahit adalah Raden Wijaya. NIP/NRK. sistem pergantian khalifah tidak lagi dilakukan secara musyawarah antara pemuka agama.. Pedagang muslim melakukan perdagangan sekaligus menyebarkan Islam......... Suluk merupakan salah satu karya sastra yang berisi ajaran tasawuf.. 9... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………... Ia berhasil memperkuat pengaruh Kerajaan Samudra Pasai menjadi kerajaan perdagangan di Malaka. sehingga diadakan perundingan antara Portugis dengan Sultan Hairun.......... 8. terbentuklah persekutuan Uli Lima dipimpin oleh Ternate dan Uli Siwa yang dipimpin oleh Tidore... Dengan adanya kepentingan penguasaan perdagangan. Perlawanan dilanjutkan oleh Sultan Baabullah yang berhasil mengusir Portugis pada tahun 1575.. Aksara Jawa dan Bali dipengaruhi oleh tulisan India.1. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2. Raden Wijaya adalah menantu Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari.. Persaingan ini dipengaruhi oleh kedatangan Portugis dan Spanyol yang berhasil mendirikan benteng..... Hindu-Buddha.......... Mengetahui. pergolakan. Bentuk atap tumpang pada masjid di Indonesia merupakan akulturasi kebudayaan Islam. Bentuk candi-candi di Indonesia yang berakulturasi dengan punden berundak-undak. 11. . Dinasti Meurah Silu didirikan olehnya sendiri dan ia bergelar Sultan Malik Al-Saleh (1285-1297) yang juga keturunan raja Perlak.. Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi. Para pedagang banyak yang menikah dengan wanita pribumi yang kemudian diminta untuk masuk Islam. Namun...... 15.... Dinasti Meurah Khair didirikan oleh Meurah Khair bergelar Maha Raja Mahmud Syah. Saluran penyebaran Islam juga melalui tasawuf yang banyak dijumpai dalam cerita babad dan hikayat........ dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial Indikator : .. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2... 10.. Babad merupakan kisah sejarah yang kadang memuat silsilah para raja suatu kerajaan Islam. Penggunaan huruf Arab pada seni kaligrafi.... 14.ESIS 70 . Hikayat pada dasarnya sama dengan dongeng atau cerita rakyat yang sudah ada sebelum masuknya Islam kemudian disesuaikan dengan ajaran dan pengaruh Islam.Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ...... Pembangunan benteng mendapat tentangan dari Sultan Hairun.... dan prasejarah........... Ingin menyatukan Pulau Jawa di bawah kekuasaan Mataram. ………. : ………………………………………………. Demografi...

3. mempersiapkan bahan-bahan. Materi Pembelajaran  Merkantilisme dan kapitalisme C.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia B. E.  Menarik kesimpulan materi. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . dan lukisan.ESIS 71 . kesimpulan maupun rangkuman. Kegiatan Inti  Peserta didik mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai pengertian merkantilisme dan kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Untuk peta. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan merkantilisme?”. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 137 – 170)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. pemberian tugas D. 2. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.A.  Peserta didik membuat rangkuman mengenai pengertian merkantilisme dan hubungannya dengan kolonalisme dan imperialisme Barat berdasarkan informasi yang didapat dari perpustakaan dan internet. Penilaian  Portofolio berbentuk rangkuman mengenai pengertian merkantilisme dan hubungannya dengan kolonalisme dan imperialisme Barat berdasarkan informasi yang didapat dari perpustakaan dan internet. skema.

... bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan bahasa dan komunikatif Jumlah Kriteria Penilaian : Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati f 80-100 Memuaskan 4 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 Mengetahui. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………... kesimpulan..1. Demografi........ Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan.... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2.. : ………………………………………………..........Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ....... kesimpulan.. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2. dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial Indikator : .Menunjukkan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia . ………..... NIP/NRK....... ...... Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian.... Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi.....ESIS 72 . dan rangkuman dengan tepat.. skema........... NIP/NRK.... Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode penulisan yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian.... Jakarta... rangkuman..... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA....... Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi............ dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian.... peta..... Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan...

mempersiapkan bahan-bahan. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menunjukkan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia  Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia B. 2. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 137 – 170)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. E. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Untuk peta. Materi Pembelajaran  Kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia C. Penilaian  Tes lisan berdasarkan peta peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Apa latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia?”. skema. 3. pemberian tugas D.  Menarik kesimpulan materi. Kegiatan Inti  Peserta didik mendemonstrasikan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia disertai dengan tes lisan. Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian.  Portofolio berbentuk uraian analitis mengenai pengaruh kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia terhadap perkembangan masyarakat.ESIS 73 . dan lukisan. kesimpulan maupun rangkuman.Alokasi Waktu : 3x45 menit A.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.  Peserta didik membuat uraian analitis mengenai pengaruh kedatangan bangsa- bangsa Barat ke Indonesia terhadap perkembangan masyarakat. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill.

. kesimpulan. Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode penulisan yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian...... Demografi..... ......... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….......... NIP/NRK......ESIS 74 ... : ………………………………………………...............1. Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi.... dan rangkuman dengan tepat... Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan..... peta.... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA... NIP/NRK...... Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian.........Mendeskripsikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .. ……….... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2.... Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi. bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan bahasa dan komunikatif Jumlah Kriteria Penilaian : Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati f 80-100 Memuaskan 4 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 Mengetahui....... rangkuman............. skema. dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial Indikator : . Jakarta.. dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian.. kesimpulan. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2.. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan..

Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia B.Alokasi Waktu : 3x45 menit A. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. 3.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Materi Pembelajaran  Perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia C. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan latar belakang khusus Belanda datang ke Indonesia.  Menarik kesimpulan materi. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Kegiatan Inti  Peserta didik mendiskusikan pengaruh kegiatan perdagangan dengaan bangsa Eropa terhadap perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia (Aktivitas hal 153). Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.ESIS 75 . Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 137 – 170)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Penilaian  Unjuk kerja berbentuk diskusi mengenai pengaruh kegiatan perdagangan dengaan bangsa Eropa terhadap perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia (Aktivitas hal 153). E. 2. diskusi D. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill.

......... dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .1......... Inisiatif 4.. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2...... NIP/NRK.. : ………………………………………………....... ..... Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi..... Ketelitian Jumlah Nilai Individu Mengetahui...... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………...... NIP/NRK........ Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2.... ………......... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA... Jakarta...ESIS 76 ......1.... Berani menjawab pertanyaan 3.......... Berani mengemukakan pendapat 2. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1................. Demografi..

Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f 80-100 Memuaskan 4 Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan kebijakan Tanam Paksa?”. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Penilaian  Unjuk kerja berbentuk diskusi mengenai kegagalan proses industrialisasi di Indonesia pada masa kolonial dan proses perkembangan tata ruang kota Indonesia pada masa kolonial (Aktivitas hal 162). Materi Pembelajaran  Kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. diskusi D. 2.Indikator : .ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 137 – 170)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. 3. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Kegiatan Inti  Guru menjelaskan kondisi masyarakat Indonesia akibat dari kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah kolonial.ESIS3 77 70-79 Baik 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 . Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial B. Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial Alokasi Waktu : 3x45 menit A.  Peserta didik mendiskusikan kegagalan proses industrialisasi di Indonesia pada masa kolonial dan proses perkembangan tata ruang kota Indonesia pada masa kolonial (Aktivitas hal 162).  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.  Menarik kesimpulan materi. E.

Berani menjawab pertanyaan Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Berani mengemukakan pendapat 2.No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit Nama atif atif peserta Penilaian kelompok 1.ESIS 78 . Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1.

....... Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.3... pemberian tugas D.... Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi......... Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing B.. : ………………………………………………... Ketelitian Jumlah Nilai Individu Mengetahui......1.... NIP/NRK.. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2........... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….... Jakarta..Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing Alokasi Waktu : 1x45 menit A.... dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial Indikator : ............. Kegiatan Pendahuluan Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ..... ………..... Demografi..... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. ..... Inisiatif 4.. Materi Pembelajaran  Perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing C........... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2....ESIS 79 .......... Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill.... NIP/NRK..

Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS .ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 137 – 170)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. mendapatkan daerah penghasil bahan mentah atau bahan baku. dan menyebarkan ajaran agama Kristen (gospel). e 16. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. b 12. b 13. E. a 14. a 11. a 2. 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3). d 3. e 19. c 8. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . d 5. d 18. b 9. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. c 4.ESIS 80 .  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 167 – 169 no.  Menarik kesimpulan materi. 1 – 20) dan soal uraian (hal 169 no. c 17. Penilaian  Evaluasi pilihan ganda hal 167 – 169 no. 2. 3. 2. 1 – 10). Kegiatan Inti  Guru menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia di berbagai daerah terhadap kekuasaan asing. Kunci Jawaban A. Politik imperialisme kuno terdiri atas usaha untuk mendapatkan logam mulia (gold). mengeksploitasi sumber daya alam dan manusia di daerah baru. d 7. mendapatkan daerah penanaman modal. 1. c 15. 1. b B. 1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 169 no. b 20.  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Mengapa perlawanan Diponegoro disebut Perang Jawa?”. mendapatkan kejayaan bangsa (glory). Mendapatkan daerah pemasaran hasil industri. e 10. a 6.

... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………. Sistem pemerintah kolonial Belanda di Indonesia mengalami perubahan-perubahan.. Di dalam bidang agama.. mulai dibuka sekolah secara massal. mengangkat pegawai dan melakukan pengadilan.. secara tidak langsung telah mendorong proses industrialisasi secara lebih cepat........ dimulailah era komersialisasi.... Portugis membujuk Ternate agar diizinkan untuk membangun benteng dan memonopoli perdagangan. 8... Kekuatan modal asing yang masuk ke Indonesia. mulai dipelajari bahasa Belanda.... Jakarta....... .. Magelang. Pengaruh Barat terhadap kehidupan masyarakat Indonesia telah menimbulkan nilai- nilai baru dan melalui jalur pendidikan nilai kebangsaan mulai tumbuh.. mulai dibuka Sekolah Angka 1 dan Sekolah Angka 2.. Tanam Paksa yang dicetuskan van den Bosch.ESIS 81 .. yaitu memberikan keuntungan besar bagi pemerintah kolonial Belanda. Sekolah tersebut bernama OSVIA yang didirikan di Bandung. Belanda memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada perusahaan- perusahaan swasta untuk masuk ke Indonesia. Kebijakan kerja paksa merupakan peraturan pemerintah kolonial yang mewajibkan penduduk pribumi untuk bekerja pada pemerintah kolonial. Pendirian sekolah untuk kaum pribumi pada awalnya untuk mendidik calon-calon birokrat pemerintah. tata cara pergaulan Eropa..3.. Belanda menerapkan kebijakan ekonomi pintu terbuka........ 6.. dibuka sekolah guru (Kweekschool dan Hogere Kweekschool) dan sekolah dokter (STOVIA). hingga Politik Etis.. ………... Pada tahun 1870. Membantu Ternate dalam pertikaian dengan Tidore.... 10.. dan menanamkan modalnya di Indonesia..... Dengan kebijakan ini.. Kebijakan-kebijakan tersebut memiliki pola yang berbeda tetapi tetap satu tujuan. NIP/NRK... moneterisasi... Pengaruh budaya Barat yang diterima oleh masyarakat Indonesia seringkali disebut proses “westernisasi”.......... melakukan perdagangan. 4. pemerintah kolonial membatasi dan mengontrol kegiatan masyarakat. Proses westernisasi pada masa kolonial berlangsung....... Baru pada akhir abad ke-19.. Melalui kedua jalur ini... mata uang sendiri. Hak Oktrooi adalah hak khusus VOC yang diberikan oleh Parlemen Belanda untuk monopoli perdagangan. Dari kebijakan Daendels untuk mempertahankan Pulau Jawa dari Serangan Inggris. dan Probolinggo... 5..... Mengetahui. dan etiket berpakaian ala Eropa.. 7. 9..... NIP/NRK.. Pada tahun 1848... AMS.. seperti HIS.. Pada tahun 1851. serta HBS. terutama melalui jalur pemerintahan dan pendidikan.. dan industrialisasi di Indonesia... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .. Politik Pintu Terbuka....... MULO. memiliki tentara dan membangun benteng...

ESIS 82 .Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .

pan-islamisme. dan demokrasi dengan munculnya nasionalisme di Asia.2. dan demokrasi serta kesadaran nasionalisme di Asia dan Afrika C. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. pan-islamisme. nasionalisme. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menghubungkan faham liberalisme. nasionalisme. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2. dan demokrasi dengan munculnya nasionalisme di Asia. pan-islamisme. sosialisme..Menghubungkan faham liberalisme. sosialisme. dan kesadaran kebangsaan Indonesia B. : ………………………………………………. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham- paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan Indikator : . Afrika. Afrika. pemberian tugas Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . dan kesadaran kebangsaan Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A. sosialisme. Materi Pembelajaran  Faham liberalisme.ESIS 83 . RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. nasionalisme.

2.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Kegiatan Inti  Peserta didik mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai faham liberalisme. skema. pan-islamisme.  Peserta didik membaca sumber-sumber yang telah didapatkan dan membuat uraian analitis tentang masing-masing kebaikan dan kelemahan setiap faham dalam bentuk uraian analitis (Aktivitas 176). Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. dan lukisan. sosialisme. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. E. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Jelaskan latar belakang munculnya faham sosialisme!”. Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.ESIS 84 . Penilaian  Portofolio berbentuk uraian analitis tentang masing-masing kebaikan dan kelemahan setiap faham dalam bentuk uraian analitis (Aktivitas 176). 3. Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode penulisan yang dipakai dalam karangan/penelitian Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Untuk peta. dan demokrasi serta kesadaran berbangsa di Asia dan Afrika. nasionalisme.  Menarik kesimpulan materi.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 171 – 190)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. mempersiapkan bahan-bahan. dan rangkuman dengan tepat.D. kesimpulan maupun rangkuman. kesimpulan.

...... Malaysia c. peta. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA........ .... Metode Pembelajaran Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .. Jakarta. : ……………………………………………….......... Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika B....... kesimpulan............ NIP/NRK....... Orisinalitas karangan Karangan/penelitian. Vietnam d.. Mesir Alokasi Waktu : 3x45 menit A............... ………. NIP/NRK. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2.Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika a.... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2..... India e. Materi Pembelajaran  Pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika C..... Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham- paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan Indikator : ...... rangkuman..... skema...... bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan bahasa dan komunikatif Jumlah Kriteria Penilaian : Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati f 80-100 Memuaskan 4 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 Mengetahui....... Filipina b...ESIS 85 ...... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………... dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian.2.

E.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Setelah itu. Berani mengemukakan pendapat Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Kegiatan Inti  Peserta didik dibagi dalam lima kelompok untuk mendiskusikan lima pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika (hal 176 – 183). 3. Setiap kelompok membahas salah satu dari materi tersebut.ESIS 86 . Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Penilaian  Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok 1.  Menarik kesimpulan materi.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 171 – 190)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. 2. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan gambaran mengenai kondisi masyarakat di Asia dan Afrika pada masa kolonialisme. setiap kelompok membuat laporan tertulis berdasarkan hasil diskusi. Pendekatan model ICT dan life skill. diskusi jigsaw D.

.....2............... ...ESIS 87 ....... ………...... Materi Pembelajaran  Kehidupan kekotaan dan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia C..... Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1......... : ……………………………………………….. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………..... Ketelitian Jumlah Nilai Individu Mengetahui.......Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia Alokasi Waktu : 1x45 menit A... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia B.... NIP/NRK........... RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA..... Kegiatan Pendahuluan Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ...... Inisiatif 4....... Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham- paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan Indikator : ... Jakarta.......2.. pemberian tugas D....... NIP/NRK. Berani menjawab pertanyaan 3... Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2...

b 9.  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 187 – 190 no. c 10.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. e 13. nasib setiap individu merupakan satu entitas yang bebas dari pengaruh orang lain. 1 – 20) dan soal uraian (hal 190 no. c 18. Liberalisme adalah faham yang mengutamakan kemerdekaan individu sebagai pangkal dari kebahagiaan hidup. a 19. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Esensi dari faham liberalisme terhadap munculnya kesadaran berbangsa dan sikap nasionalisme bangsa Asia Afrika adalah inti semangat bebas untuk menentukan nasib sendiri. b 6. c 17. 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3).  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan gambaran mengenai munculnya kaum terpelajar di Indonesia. c 16. a B.ESIS 88 . b 8. a 15. 3. titik pusat dari faham ini adalah individu.  Menarik kesimpulan materi. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . 2. c 3. a 20. 1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 190 no. c 2. a 11. Kunci Jawaban A. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . 1. 1. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. 1 – 10).ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 171 – 190)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Penilaian  Evaluasi pilihan ganda hal 187 – 190 no. Kegiatan Inti  Guru menjelaskan kehidupan kekotaan dan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia. d 7. a 4. E. Jadi. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. d 12. b 5. b 14.

8. 9. Faham-faham tersebut membangun sebuah kesadaran bersama akan pentingnya kemerdekaan untuk mengangkat masyarakatnya dari kemiskinan. 6. Ho Chi Minh dengan organisasi pergerakan Viet Ninh-nya langsung memproklamirkan berdirinya Republik Demokratik Vietnam dengan Ho Chi Minh sebagai presidennya.. yaitu ahimsa. Pergerakan nasionalisme di Filipina berawal dari munculnya Liga Filipina yang dipimpin oleh Jose Rizal pada tahun 1892. Pers berperan untuk mentransfer ide-ide kemerdekaan. dan untuk rakyat.. swadesi. Amerika Serikat menyerahkan kedaulatan kepada Filipina dan mengangkat Manuel Royas Acuna sebagai presiden pertama Filipina. Jakarta. tetapi pada masyarakat secara keseluruhan. Pergerakan nasionalisme di Asia dan Afrika mendorong munculnya kebangkitan nasional di Indonesia. dan suaraji. 10. Liberalisme adalah faham yang mengutamakan kemerdekaan individu sebagai pangkal dari kebahagiaan hidup. Sosialisme merupakan faham yang tidak memusatkan perhatiannya pada indivdu. oleh rakyat. Amerika Serikat juga bermaksud menguasai Filipina dan Aguinaldo melakukan perlawanan gerilya selama 4 tahun hingga ia ditangkap pada tahun 1898. rasa senansib. Tumbuhnya pers merupakan awal dari kebebasan menyatakan pendapat. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . 3. Mahatma Gandhi mengemukakan lima konsep perjuangan. Adanya peningkatan diri dan emansipasi untuk Indonesia yang lebih baik. hartal..ESIS 89 .2. Kuatnya rasa persatuan.. Kaum terpelajar dan pers adalah kelompok pertama yang menyadari nasib bangsanya. Mengetahui.. rasa senasib. Pan-islamisme merupakan sebuah faham yang dirumuskan oleh tokoh Islam Jamaluddin Al-Afghani sebagai sebuah cita-cita manifestasi dari prinsip Islam mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan antara umat Islam di seluruh dunia.. kebodohan. yaitu mewujudkan sebuah negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat... Liga Filipina dibentuk untuk melawan dominasi penjajahan Spanyol di Filipina. Dekolonisasi Amerika Serikat di Filipina berlangsung pada 4 Juli 1946. Ia juga menjadi pelopor atas berdirinya gerakan kemerdekaan yang berhaluan komunis dengan nama Viet Minh. Demokrasi berarti suatu pemerintahan yang berasal dari rakyat. 4. Kemudian. dan keterbelakangan.. ia memproklamirkan berdirinya Filipina merdeka pada 12 Juni 1898.. dan semangat untuk memperbaiki bangsanya.. 5.. ………. Namun. satyagraha. Ho Chi Minh mendirikan Indochinese Communist Party pada 1930. dan semangat untuk memperbaiki bangsa ini memupuskan identitas kedaerahan mereka masing-masing untuk kemudian melebur menjadi satu tujuan. Perjuangan nasionalisme diteruskan oleh Aguinaldo.. Proses transfer pemikiran dan ide-ide antara tokoh terpelajar menumbuhkan rasa persatuan. Keinginan untuk bersatu dan merdeka melahirkan gerakan pemuda di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Barat dapat dikalahkan oleh bangsa-bangsa yang terjajah di Asia dan Afrika sehingga memberikan semangat juang bangsa Indonesia untuk merdeka. 7. Adanya kesadaran kebangsaan yang dimiliki oleh para pemuda yang telah mendapatkan pendidikan sehingga memiliki keinginan untuk mengusahakan kemerdekaan.

. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .......................... .................................ESIS 90 ....……………………............. NIP/NRK.... NIP/NRK...............

Mengidentifikasi perkembangan politik kolonial Belanda . Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mengidentifikasi perkembangan politik kolonial Belanda  Mengidentifikasi latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia B. Materi Pembelajaran  Perkembangan politik kolonial Belanda  Latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . : ………………………………………………. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA..2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham- paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan Indikator : . Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2.ESIS 91 .Mengidentifikasi latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A.

ESIS 92 . 3. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan gambaran mengenai perkembangan politik kolonial Belanda secara singkat. perkembangan media komunikasi-transportasi. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. perkembangan media komunikasi-transportasi. diskusi. Penilaian  Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai pengaruh sistem tanam paksa.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 191 – 228)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. pemberian tugas D. 2. Kegiatan Inti  Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang.  Menarik kesimpulan materi. Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok 1. politik etis. E. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.  Peserta didik membuat uraian analitis berdasarkan hasil diskusi (Aktivitas hal 196).C. dan nasionalisme di Asia-Afrika bagi perkembangan nasionalisme di Indonesia (Aktivitas hal 196). dan nasionalisme di Asia-Afrika bagi perkembangan nasionalisme di Indonesia (Aktivitas hal 196).  Portofolio berupa karangan analitis berdasarkan hasil diskusi (Aktivitas hal 196). politik etis. Masing-masing peserta didik mendiskusikan pengaruh sistem tanam paksa.

. dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian.. kesimpulan. mempersiapkan bahan-bahan. Berani menjawab pertanyaan 3. Ketelitian Jumlah Nilai Individu Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. dan lukisan.. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian. rangkuman...... ……….3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1.. peta. skema.. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode penulisan yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian... Berani mengemukakan pendapat 2. Jakarta. Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. skema.. dan rangkuman dengan tepat. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan bahasa dan komunikatif Jumlah Mengetahui. Inisiatif 4. kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta.ESIS 93 . kesimpulan.

.... NIP/NRK....... ............................. NIP/NRK...............ESIS 94 ...........……………………. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .............................

Kegiatan Pendahuluan Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mengidentifikasi proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia B. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. : ………………………………………………. Materi Pembelajaran  Proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia C. diskusi.Mengidentifikasi proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham- paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan Indikator : . pemberian tugas D.2.ESIS 95 ..

ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 191 – 228)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F.  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Siapa yang pertama kali menggunakan nama Indonesia?”. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS .ESIS 96 . Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.  Peserta didik membuat uraian analitis berdasarkan hasil diskusi (Aktivitas hal 200). Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok 1. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1. Penilaian  Unjuk Kerja berbentuk diskusi kelompok mengenai pengertian nasionalisme dan peranannya dalam masyarakat sekarang (Aktivitas hal 200).  Menarik kesimpulan materi. Berani mengemukakan pendapat 2. Kegiatan Inti  Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang untuk mendiskusikan pengertian nasionalisme dan peranannya dalam masyarakat sekarang (Aktivitas hal 200). Berani menjawab pertanyaan Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .  Portofolio berupa karangan analitis berdasarkan hasil diskusi (Aktivitas hal 200).  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. E. 3. 2.

Inisiatif 4.... mempersiapkan bahan-bahan.. kesimpulan maupun rangkuman... Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan... Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode penulisan yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian.. rangkuman.... dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian..... Ketelitian Jumlah Nilai Individu Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian. ………. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ........ dan lukisan.... Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian...... bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan bahasa dan komunikatif Jumlah Mengetahui.... skema.. skema.. Jakarta. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan...... ......... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….. kesimpulan.3. kesimpulan.. dan rangkuman dengan tepat.. Untuk peta.ESIS 97 . peta.... Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi.....

..NIP/NRK.......ESIS 98 ............... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ..................... NIP/NRK...

diskusi jigsaw D. : ………………………………………………. Materi Pembelajaran  Perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia C. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia B.ESIS 99 . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.Mendeskripsikan perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2.. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham- paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan Indikator : .2. 2. Kegiatan Inti Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Mengapa Budi Utomo dianggap sebagai pelopor pergerakan nasional?”.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA.

Berani menjawab pertanyaan 3.  Peserta didik dibagi dalam sembilan kelompok untuk mendiskusikan delapan belas pokok bahasan mengenai organisasi pergerakan kebangsaan. Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok 1.ESIS100 . Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1. organisasi pemuda.  Menarik kesimpulan materi. E. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Penilaian  Unjuk Kerja berbentuk diskusi jigsaw mengenai organisasi pergerakan kebangsaan. 3. serta kongres pemuda. Berani mengemukakan pendapat 2. organisasi kepanduan. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Setelah itu. organisasi pemuda.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 191 – 228)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Ketelitian Jumlah Nilai Individu Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Setiap kelompok membahas dua pokok bahasan dari materi tersebut. organisasi kepanduan. serta kongres pemuda. setiap kelompok membuat laporan tertulis berdasarkan hasil diskusi. Inisiatif 4.

.... Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham- paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan Indikator : ... Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill.. . RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA..... NIP/NRK............ NIP/NRK.ESIS101 ...... Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1........ pemberian tugas D....... : ……………………………………………….. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2......... Jakarta........... Kegiatan Pendahuluan Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………........ Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia B.....2... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2.Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia Alokasi Waktu : 1x45 menit A............ Materi Pembelajaran  Beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia C... ………...................Mengetahui..

e 19. E. 1 – 10). c 12. 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3). 1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 228 no. d 14. a 4. a 2. a 17. 2. Penilaian  Evaluasi pilihan ganda hal 226 – 228 no. pemerintah kolonial Belanda memberikan kebebasan kepada pihak swasta untuk menanamkan modalnya di Indonesia. d 16.  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan gambaran mengenai peristiwa-peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Belanda.  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 226 – 228 no. 1 – 20) dan soal uraian (hal 228 no. d 5.  Menarik kesimpulan materi. Kegiatan Inti  Guru menjelaskan beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia 3. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. 1. a B. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . d 18. a 8. pemerintah kolonial Belanda melakukan pengawasan dan pengelolaan secara langsung terhadap kebijakan yang diterapkan di Indonesia.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 191 – 228)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. a 10. e 20.ESIS102 . 1. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. d 7.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. a 6. b 13. d 9. Kunci Jawaban A. a 15. b 3. Pada masa liberal. Pada masa tanam paksa. b 11. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS .

... Wanita Rukun Sentosa.. dan Wanita Utomo.. PKI berhasil menempatkan dirinya sebagai partai besar dan melaksanakan pemberontakan terhadap Belanda pada tahun 1926... Namun..... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Kartini. Emansipasi wanita dipelopori oleh R. dan Sugono.. Indonesia...... Dilanjutkan dengan gerakan wanita yang merupakan bagian dari organisasi lokal kedaerahan atau keagamaan... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………. Latar belakang ekstern munculnya nasionalisme di Indonesia adalah kemenangan Jepang atas Rusia.... Wanito Hadi... 9. Mereka mengadakan pertemuan-pertemuan sehingga membangkitkan semangat kedaerahan asal tempat tinggalnya.A.. Pendidikan memberikan pengetahuan baru dan membuka cakrawala pemikiran para pemuda Indonesia........ Mempersatukan organisasi-organisasi politik di Indonesia... Namun..... Kegagalan Petisi Sutardjo..... Revolusi Prancis. munculnya kaum terpelajar.... Kongres Pemuda II menghasilkan sumpah setia Satu Nusa. ……….. seperti Sardjono........ para pemuda mendapatkan informasi dari berbagai sumber sehingga mengetahui perkembangan politik dunia... Kaum perempuan juga menerbitkan surat kabar dan mengadakan Kongres Perempuan I dan Kongres Perempuan II....... Satu Bangsa. Latar belakang intern munculnya nasionalisme di Indonesia adalah penderitaan yang dirasakan rakyat... dan ingatan tentang kejayaan masa lalu..... Perkembangan politik dan munculnya faham-faham baru membangkitkan semangat nasionalisme di Indonesia.. sikap pemerintah yang kurang memperhatikan kepentingan-kepentingan bangsa Indonesia.. 7. Organisasi kedaerahan yang berdiri pada awal abad ke-19 telah memiliki semangat untuk berjuang melepaskan diri dari penjajahan.. dan Revolusi Rusia. dan Satu Bahasa. 6......... pada perkembangannya. 8. Mengetahui. Semangat kedaerahan kemudian mendorong berdirinya organisasi pemuda kedaerahan yang merupakan awal dari proses integrasi nasional.. Jakarta.... seperti Keradjinan Amai Setia. Pawiyatan Wanito. 3. NIP/NRK. Para pemuda yang berada jauh dari kampung halaman terbentuk jati diri dan kepribadiannya. kegentingan internasional akibat timbulnya fasisme.... 4..2... organisasi-organisasi tersebut bersifat kedaerahan dan masih dalam proses menuju persatuan. Dengan mengenyam pendidikan. nasionalisme di Asia dan Afrika... Budi Sutjitro.. Pemberontakan tersebut dirancang oleh tokoh-tokoh PKI.. NIP/NRK.ESIS103 .. 5... Revolusi Amerika.. tumbuh organisasi-organisasi perempuan yang berdiri sendiri.. Kongres Pemuda I menerima dan mengakui cita-cita persatuan Indonesia.... .. 10...

Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. 2.Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2. : ………………………………………………. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia B. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.ESIS104 . Materi Pembelajaran  Latar belakang Jepang menguasai Indonesia C. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia Indikator : .. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan Restorasi Meiji?”.3. Kegiatan Inti  Guru dan peserta didik menonton film The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise mengenai Restorasi Meiji pada abad ke-19. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. pemberian tugas D.

Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian. 3. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas penulisan metode yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian. kesimpulan. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . mempersiapkan bahan-bahan.ESIS105 . dan rangkuman dengan tepat. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi.  Peserta didik membuat uraian analitis tentang nilai-nilai dari peristiwa Restorasi Meiji dan kemunculan Jepang sebagai bangsa penjajah didukung oleh berakhirnya kekuasaan para samurai dan digantikan oleh para shogun (Analitika hal 244). Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian.  Menarik kesimpulan materi. dan lukisan. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. E.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 229 – 248)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. Penilaian  Portofolio berbentuk uraian analitis tentang nilai-nilai dari peristiwa Restorasi Meiji dan kemunculan Jepang sebagai bangsa penjajah didukung oleh berakhirnya kekuasaan para samurai dan digantikan oleh para shogun (Analitika hal 244). Untuk peta. skema. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. kesimpulan. kesimpulan maupun rangkuman.

........ ………......... NIP/NRK...... peta.... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS ...................................... dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian...... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran …………………….... Jakarta. ............ NIP/NRK... skema...... rangkuman..ESIS106 ............... bahasan Bahasa yang digunakan sesuai dan bahasa EYD dan komunikatif Jumlah Kriteria Penilaian : Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati f 80-100 Memuaskan 4 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 Mengetahui..

: ………………………………………………. ekonomi. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang Kompetensi Dasar : 2. ekonomi.. ekonomi. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah Alokasi Waktu : 2x45 menit A. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan  Mendeskripsikan dampak kebijakan politik. pemberian tugas Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . tanya jawab.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia Indikator : .ESIS107 . dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah C.Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan . dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah B. Materi Pembelajaran  Pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan  Dampak kebijakan politik.Mendeskripsikan dampak kebijakan politik. sosial. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 2. sosial. sosial.

1 – 20) dan soal uraian (hal 247 no. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . 1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 247 no.  Evaluasi pilihan ganda hal 245 – 248 no. dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah  Peserta didik membuat karya tulis dan gambar yang menceritakan opini dan pandangan mengenai kekejaman kolonialisme Jepang (Aktivitas hal 244). 2.  Tanya jawab mengenai dampak kebijakan politik. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. ekonomi. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Bagaimana sikap rakyat Indonesia pada saat kedatangan Jepang di Indonesia?”. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3).  Menarik kesimpulan materi. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. E. 1 – 10). Kegiatan Inti  Guru mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan. sosial. 3. Penilaian  Portofolio berbentuk karya tulis dan gambar yang menceritakan opini dan pandangan mengenai kekejaman kolonialisme Jepang (Aktivitas hal 244).ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 229 – 248)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F.ESIS108 .  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 245 – 248 no.D.

Isi Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi.ESIS109 . b 2. kesimpulan.Format Penilaian Portofolio Indikator Nilai Nilai Deskripsi Kualitatif Kuantitatif Pengantar Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. Untuk peta. mempersiapkan bahan-bahan. 1. bahasan Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan bahasa dan komunikatif Jumlah Kriteria Penilaian : Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati f 80-100 Memuaskan 4 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 45-59 Kurang cukup 1 Kunci Jawaban A. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. skema. dan rangkuman dengan tepat. kesimpulan maupun rangkuman. skema. Penutup Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian Struktur/logika Penggambaran dengan jelas metode penulisan yang dipakai dalam karangan/penelitian Orisinalitas karangan Karangan/penelitian. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian. peta. kesimpulan. rangkuman. dan lukisan merupakan hasil sendiri Penyajian. c Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . dan lukisan.

Madriyan. e 19. d 5. a 11. 9. Dengan asas ekonomi perang. pemberontakan di Sukamanah dipimpin oleh K. 1. pemberontakan di Indramayu dipimpin oleh H. 8. 3. Pada awalnya.H. 4. semua sektor ekonomi dikuasai pemerintah dan perdagangan dimonopoli pihak swasta Jepang. a 12. Diadakan proses doktrnasi kepada guru- guru dalam Hakko Ichiu (Delapan Benang Merah dalam Satu Atap) yang intinya adalah pembentukan suatu lingkungan yang didominasi oleh Jepang. a 8. b B. Di bidang pendidikan. Selain itu. b 4. 6. Kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan. Seluruh kekayaan rakyat dikuras habis dan mereka mendapat perlakuan buruk dari Jepang. 5. 7. Pengaruh modernisasi Jepang di Asia Pasifik. sistem pengajaran dan strukturkurikulum sekolah ditujukan untuk kepentingan Perang Asia Timur Raya. Hal itu menyebabkan banyak diantaranya yang meninggal dunia. Hal itu disebabkan rakyat mengetahui bahwa Gerakan 3 A hanya merupakan propaganda Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia. d 6. pemberontakan di Meureu dipimpin oleh Teuku Hamid. a 7. c 17. Zaenal Mustofa. Rakyat menganggap Jepang sebagai saudara tua. pemberontakan di Lhokseumawe dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil. Selain harus bekerja sepanjang hari.3. a 20. d 15. 2. Jepang dianggap sebagai saudara tua yang membebaskan Indonesia dari Belanda. sikap Jepang sejak semula sudah membicarakan bangsa Asia dan mengajak nasionalis Indonesia untuk bekerja sama. Penerapan tonarigumi (rukun tetangga) untuk membangun pertahanan masyarakat secara gotong-royong masih berlaku hingga saat ini. b 10. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . a 16. antara lain ditunjukkan oleh bangkitnya rasa nasionalisme bangsa-bangsa terjajah di Asia untuk berjuang memperoleh kemerdekaan. mereka pun sering tidak memperoleh makanan dan perawatan.ESIS 110 . Jepang ingin menjadikan bangsa-bangsa di Asia sebagai tempat pemasaran sekaligus pemasok bahan mentah bagi industrinya. rakyat Indonesia menerima Jepang dengan sukacita karena telah membebaskan Indonesia dari penjajahan Belanda. Masa pendudukan Jepang di bidang ekonomi mengutamakan penguasaan atas sumber- sumber bahan mentah untuk industri perang. a 13. 10. Mengeksploitasi sumber daya manusia dan alam di Indonesia untuk kebutuhan industri dan memenangkan perang melawan Sekutu. c 14. c 18. a 9. Pemberontakan Peta di Blitar dipimpin oleh Supriyadi.

Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan gambaran mengenai kondisi masyarakat Prancis sebelum Revolusi Prancis...... Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas........... Revolusi Amerika...ESIS 111 .. Materi Pembelajaran  Revolusi Prancis.... Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 3.... Mengetahui........... Revolusi Amerika... .... Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke-20 Kompetensi Dasar : 3. dan Revolusi Rusia 3. dan Revolusi Rusia B.. Jakarta.... dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia Indikator : ......  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran..... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………....... Revolusi Amerika.. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis. dan Revolusi Rusia C..... Revolusi Amerika.... Revolusi Amerika....Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis.... Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis.... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .... NIP/NRK. 2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA.....1. ………........ Kegiatan Inti  Peserta didik mendiskusikan jalannya Revolusi Prancis........ Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill.... dan Revolusi Rusia Alokasi Waktu : 3x45 menit A.. diskusi D.. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. NIP/NRK. : ………………………………………………....

 Menarik kesimpulan materi.......... Ketelitian Jumlah Nilai Individu Mengetahui........ .... Berani menjawab pertanyaan 3......... NIP/NRK............. Penilaian  Unjuk Kerja berbentuk diskusi mengenai mendiskusikan jalannya Revolusi Prancis.... Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS .... E............. Lembar Penilaian Diskusi Kriteria Penilaian : Hari/Tanggal : ………………………………… Kriteria Nilai Kualitatif Nilai Indikator Kuantitati Topik diskusi/debat : ………………………………… f No Sikap/Aspek yang Nama Nilai Nilai 80-100 Memuaskan 4 dinilai Kelompok/ Kualit Kuantit 70-79 Baik 3 60-69 Cukup 2 Nama atif atif 45-59 Kurang cukup 1 peserta Penilaian kelompok 1......... Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .... ………..... NIP/NRK.. Jakarta.. Revolusi Amerika...ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 249 – 285)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F....... Inisiatif 4. Berani mengemukakan pendapat 2.......ESIS 112 . dan Revolusi Rusia......... Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok 3 Hasil tugas Jumlah Nilai Kelompok Penilaian Individu Peserta didik 1......

dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia C. 2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Revolusi Amerika.. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan gambaran mengenai akibat dari Revolusi Prancis.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill. dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia Alokasi Waktu : 3x45 menit A. tanya jawab D. Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis. Revolusi Amerika. Revolusi Amerika. Revolusi Amerika. Materi Pembelajaran  Pengaruh Revolusi Prancis. : ………………………………………………. dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia B. Revolusi Amerika.1. pemberian tugas. dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia Indikator : .ESIS 113 . dan Revolusi Rusia. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke-20 Kompetensi Dasar : 3.Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 3. Kegiatan Inti Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .

1 – 20 (skor 2 s/d 40) dan soal uraian hal 278 no. tiga belas koloni tidak mau membayar pajak yang banyak pada pemerintah tanpa ada imbalan pengakuan warga negara untuk mereka di pemerintah Inggris. Pennsylvania. b 2. New Hampshire. b 9. 1. dan Georgia. Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Virginia. 1. North Carolina. a 10. e 11. Para penguasa masih bersikap diktator dan mendapat sokongan dari Niccolo Machiavelli yang menulis buku Il Principe (Sang Penguasa). 1 – 10 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3). e 3. a 18. 1 – 10).  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pilihan ganda (hal 276 – 278 no. Revolusi Amerika. New Jersey. Rhode Island. Maryland. b 8. Kunci Jawaban A. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. b 19. Banyaknya kebijakan yang memberatkan. b 12. b B. b 20. E. 2. Kekuasaan raja tak terbatas atasnegara saja. a 5.  Menarik kesimpulan materi. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS . Massachusetts. c 15. South Carolina. c 7.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 249 – 285)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. a 6. New York. Penilaian  Evaluasi pilihan ganda hal 276 – 278 no. 3. tetapi juga rakyat dan harta benda yang berada di wilayah kekuasaannya. d 16. d 4.  Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab mengenai pengaruh Revolusi Prancis. d 17. 1 – 20) dan soal uraian (hal 278 no. Delaware.ESIS 114 . c 13. Connecticut. d 14. dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia 3.

... John Kay (mesin tenun).. 10. adanya perbedaan sosial yang mencolok antara kaum bangsawan dan rakyat.... ... penghapusan kekuasaan bangsawan dan keluarga raja. Revolusi Rusia memberikan dampak meluasnya paham komunisme..... ketimpangan ekonomi...4.. Richard Arkwright (alat tenun otomatis). tanpa hukum. Revolusi Amerika tidak begitu memberikan dampak pada kehidupan masyarakat Indonesia......... Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .. produk hasil industri pun semakin melimpah.. Untuk itu. Dengan semakin berkembangnya industri di Eropa.. Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran ……………………... investasi.. 7....... penghapusan fungsi dan peranan parlemen.... NIP/NRK. Jakarta.......... dan pemasok bahan mentah bagi industrinya. gagal panen akibat buruknya cuaca dan kas negara yang kosong..... 9... pemerintahan tanpa undang-undang.. guna melindungi kegiatan ekonominya. Nicholas Joseph Cugnot (mobil bermesin uap).... ………...... Ketidaksukaan rakyat terhadap kepemimpinan Tsar. imperialisme dan kolonialisme modern.... James Hargraves (alat pemintal)... 8. negara-negara Eropa memerlukan daerah lain sebagai daerah pasar.. tanpa dewan/parlemen.. 5. Barang konsumsi melimpah dengan harga yang murah.. Mengetahui. Revolusi Industri memberikan dampak semakin banyaknya pemenuhan bahan baku. pemogokan dan kerusuhan buruh akibat upah rendah.. NIP/NRK........... tetapi raja dan keluarganya masih hidup dalam kemewahan. dan kekalahan perang dengan Jepang pada tahun 1905... Benjamin Franklin (percobaan listrik).ESIS 115 . terjadi urbanisasi.. Penaklukan terhadap negara-negara Calvanist di Kerajaan Prancis.. tanpa kepastian anggara dan tanpa batas apa pun.......... Revolusi Prancis dampaknya pada Indonesia adalah berubahnya pemerintahan di Belanda juga mempengaruhi pemerintahan di Indonesia.... Revolusi Prancis disebabkan oleh ketidakpuasan rakyat terhadap sikap pemerintah yang absolut.... perubahan agraria yang tidak memberikan dampak untuk para petani. sistem transportasi berkembang pesat. beban pajak yang berat. 6...

tanya jawab D. dan Politik di Indonesia Indikator : . Ekonomi. : ………………………………………………. 2. dan Politik di Indonesia B.. Kegiatan Inti Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . Materi Pembelajaran  Pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial. Ekonomi. pemberian tugas. dan Politik di Indonesia C. dan Politik di Indonesia Alokasi Waktu : 1x45 menit A. Metode Pembelajaran Pendekatan model ICT dan life skill.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.2. Program : Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : XI/2 Standar Kompetensi : 3. Menganalisis pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA/MA. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk:  Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke-20 Kompetensi Dasar : 3. Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Apa latar belakang terjadinya Revolusi Industri?”.Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial. Ekonomi.ESIS 116 . Ekonomi. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.

a 40. Sumber Belajar  Kurikulum KTSP dan perangkatnya  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS .  Peserta didik mengerjakan soal evaluasi akhir semester 2 pilihan ganda (hal 279 – 285 no. b 14. c 27. c 39. e 16. b 30.ESIS 117 . 1 – 20) dan soal uraian (hal 285 no. 1 – 15 (skor setiap soal benar 3 – 4). e 13. d 35. c 24. 1 – 10). c 22. e 17. d 12. Kegiatan Penutup  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. c 38. c 33. a 36. d 45. dan Politik di Indonesia 3. e 23. d 6. Ekonomi. a 47. c 20. d 18. d 34. d 15.  Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab mengenai pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial. a 48. c 2. d 32. b 28. Kunci Jawaban Evaluasi Semester 2 A. e 46. c 11. b 29. c 5. a 7. a 19. e 4. d 41. c 42. b 8. b 31. d 10. c 3. c 44. a 26. 1. 1 – 50 (skor 1 s/d 50) dan soal uraian hal 285 no. d 21.  Menarik kesimpulan materi. e 25. e Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS . c 43. Penilaian  Evaluasi semester 2 pilihan ganda hal 279 – 285 no.ESIS  Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 249 – 285)  Peta konsep  Power point  OHP/slide  Buku-buku penunjang yang relevan  Internet F. E. a 37. b 9.

49. George Wahington 50. b

B.
1. Merkantilisme merupakan perekonomian yang berusaha mendapatkan logam mulia
sebanyak-banyaknya. Merkantilisme menyebabkan kolonialisme dan imperialisme
kuno yang berusaha mendapatkan gold (emas). Revolusi Industri dan kapitalisme
menyebabkan perkembangan modal dan perindustrian sehingga memunculkan
kolonialisme dan imperialisme modern. Kolonialisme dan imperialisme modern
berusaha mendapatkan daerah pemasaran dan penghasil bahan mentah serta menjadi
tempat perputaran modal.
2. Mendapatkan daerah pemasaran hasil industri, mendapatkan daerah penghasil bahan
mentah atau bahan baku, mendapatkan daerah penanaman modal, mengeksploitasi
sumber daya alam dan manusia di daerah baru.
3. Pada masa pemerintahan Belanda, awalnya diwakili oleh VOC yang melakukan
monopoli perdagangan. Kemudian dilanjutkan oleh Daendels yang ditugaskan untuk
mempertahankan Jawa dari serangan Inggris. Inggris kemudian berhasil menguasai
Indonesia di bawah pimpinan Raffles yang menerapkan sistem sewa tanah.
Pemerintahan kolonial di Indonesia kembali ke tangan Belanda dan dilanjutkan dengan
penerapan sistem tanam paksa yang dicetuskan oleh van den Bosch. Sistem tanam
paksa mendapat banyak kecaman sehingga dihapuskan. Kebijakan diganti dengan
Politik Pintu Terbuka yang merupakan usulan dari partai liberal di parlemen Belanda.
Kebijakan tersebut memberikan kebebasan pada swasta untuk menanamkan modalnya
di Indonesia. Kemudian van Deventer mengusulkan Politik Etis sebagai balas budi
kepada rakyat Indonesia.
4. Rakyat Indonesia sangat menderita dan dalam kondisi yang memprihatinkan. Rakyat
dieksploitasi oleh pemerintah kolonial, baik fisik maupun harta bendanya.
5. Faham-faham baru tersebut membuka pemikiran rakyat Indonesia tentang kesadaran
sebagai satu kesatuan. Faham-faham tersebut pada akhirnya menyadarkan rakyat untuk
bersatu dan berjuang melawan penjajahan.
6. Faham-faham tersebut membangun sebuah kesadaran bersama akan pentingnya
kemerdekaan untuk mengangkat masyarakatnya dari kemiskinan, kebodohan, dan
keterbelakangan.
7. Transformasi etnik dan identitas kebangsaan Indonesia berkembang akibat pendidikan
yang dimiliki oleh kaum terpelajar. Mereka mempelajari pengetahuan baru yang
membangkitkan semangat kebangsaan untuk lepas dari penjajah. Semangat tersebut
mendorong berdirinya organisasi-organisasi pergerakan nasional di Indonesia.
8. Kemunculan kaum elite nasional tidak lepas dari perkembangan kota-kota besar di
Indonesia. Di kota-kota ini, berdiri berbagai lembaga pendidikan yang menarik minat
kaum muda dari berbagai daerah untuk datang dan menimba ilmu. Proses transfer
pemikiran dan ide-ide antara pada pemuda menumbuhkan rasa persatuan, senasib, dan
semangat untuk memperbaiki bangsa. Rasa persatuan kemudian memupus identitas
kedaerahan yang melebur menjadi satu tujuan, yaitu Indonesia Merdeka.
9. Pendidikan mengubah pandangan dan pemikiran rakyat Indonesia. Hubungan sosial
yang pada awalnya hanya didasarkan pada kedaerahan. Dengan mengenyam
pendidikan, pola pikir rakyat semakin terbuka bahwa mereka selama ini berada dalam
belenggu penjajah dan memiliki perasaan senasib sebagai terjajah. Kesadaran tersebut
mengubah hubungan sosial mereka menjadi satu kesatuan sebagai bangsa.
10. Emansipasi wanita dipelopori oleh R.A. Kartini. Dilanjutkan dengan gerakan wanita
yang merupakan bagian dari organisasi lokal kedaerahan atau keagamaan. Namun,
Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS - ESIS 118

pada perkembangannya, tumbuh organisasi-organisasi perempuan yang berdiri sendiri,
seperti Keradjinan Amai Setia, Pawiyatan Wanito, Wanito Hadi, Wanita Rukun
Sentosa, dan Wanita Utomo. Kaum perempuan juga menerbitkan surat kabar dan
mengadakan Kongres Perempuan I dan Kongres Perempuan II.
11. Kongres Pemuda I menerima dan mengakui cita-cita persatuan Indonesia. Kongres
Pemuda II menghasilkan sumpah setia Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa,
Indonesia.
12. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia dengan mengajak para tokoh nasionalis
Indonesia bergabung dan bekerjasama dalam organisasi Poetra.
13. Perlawanan rakyat bermula dari sistem monopoli yang diterapkan oleh VOC yang
merugikan jaringan perdagangan para pedagang lokal. Sikap kejam dan penindasan
yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda juga menjadi penyebab perlawanan
rakyat Indonesia. Perlawanan rakyat Indonesia sebelum tahun 1900 bersifat
kedaerahan. Dalam artian, perlawanan di satu daerah tidak berhubungan dengan
perlawanan di daerah lain. Perjuangan itu dengan mudah dapat dipatahkan oleh
Belanda. Perlawanan setelah tahun 1900 dilakukan dengan diplomasi politik yang
berbasis persatuan. Perlawanan tersebut dilakukan dengan strategi yang baik dan
terstruktur.
14. Barang konsumsi melimpah dengan harga yang murah, terjadi urbanisasi, pemogokan
dan kerusuhan buruh akibat upah rendah, ketimpangan ekonomi, sistem transportasi
berkembang pesat, imperialisme dan kolonialisme modern.
15. Revolusi Amerika tidak begitu memberikan dampak pada kehidupan masyarakat
Indonesia. Revolusi Prancis dampaknya pada Indonesia adalah berubahnya
pemerintahan di Belanda juga mempengaruhi pemerintahan di Indonesia. Revolusi
Industri memberikan dampak semakin banyaknya pemenuhan bahan baku. Revolusi
Rusia memberikan dampak meluasnya paham komunisme.

Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran

……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................

Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS - ESIS 119

Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS - ESIS120

Buku Guru Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI IPS .ESIS121 .