You are on page 1of 5

LAPORAN KEGIATAN PENDAMPING

PROGRAM PEMBERDAYAAN FAKIR MISKIN
DALAM USAHA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE)
BULAN APRIL s/d JUNI TAHUN 2016

KECAMATAN : BATAUGA
KABUPATEN : BUTON SELATAN
PROPINSI : SULAWESI TENGGARA

TAHUN 2016

Propinsi Sulawesi Tenggara. Pembuatan laporan ini bertujuan untuk melaporkan hasil kegiatan dalam melaksanakan tugas pendampingan kecamatan selama bulan April sampai dengan Juni 2016.KATA PENGANTAR Puji Syukur kita panjatkan Kehadirat Allah SWT karna atas berkah rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan lapran kegiatan perkembengan Usaha Kelompok Bersama (kube) di Kecamatan Batauga. Kel. Batauga. leh sebab itu kritik dan saran kami sangat harapkan untuk pembuatan laporan ini. Kabupaten Buton Selatan. Namun kami sadari bahwa dalam penyusunan lapran ini masih memiliki kekurangan dan kelemahan . 30 Juni 2016 Pendamping Kecamatan ULFI . tahun 2016 yang berada di Empat Kelurahan yaitu Kel.Bandar Batauga.Busoa. Kel.Lakambau. dan Kel.Laompo.

PERKEMBANGAN KEGIATAN PENDAMPINGAN a. memberikan pemahaman kepada KUBE terkait kelengkapan pembukuan KUBE d. dengan adanya bantuan program pemberdayaan fakir miskin ini sangat tepat untuk masyarakat atau para anggota KUBE. Maka dari itu. Mendatangi menyampaikan kepada para KUBE untuk membuat pembukuan kelompok b. PERKEMBANGAN KEGIATAN KELOMPOK P2FM . PENDAHULUAN Pelaksanaan pemberdayaan sosial fakir miskin merupakan tata kehidupan dan penghidupan social materil maupn spiritual yang diliputi oleh rasa keselamatan dan ketentraman yang memungkinkan bagi setiap masyarakat tidak mampu atau para anggota KUBE untuk mengadakan usaha pemenuhan kebutuhan jasmani dan rohani. III. Melakukan monitoring kegiatan KUBE c. melakukan pemantauan kegiatan KUBE e. pembuatan lapran III. II. untuk dengan segera dapat menumbuh kembangkan peningkatan pendapatan dalamu saha – usaha KUBE dan bias membawa dampak positif dalam pelapisan social agar dapat m andiri dan sejahtera serta dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat tidak mampu untuk menuju kesejahteraan yang adil dan makmur seperti yang diamanah kan dalamPancasila dan UUD 1945.I.

Lakamb Belum . PERMASALAHAN ATAU KENDALA YANG DIHADAPI a. . . . Busoa Belum . . . Nelayan Kel. Minimnya rental Komputer dalam melakukan pembuatan laporan V. Proses perakitan BARU Jaring jaring 10 SALSABILA Jual Beli ATK Kel. Tahapan Penanaman bibit 2 CAHAYA Rental Kel.Busoa Belum . . Tahapan proses HARAPAN Batauga 5 KUDA Nelayan Kel.Laompo Belum . Tahapan proses KONOHA Komputer 3 MEKAR Rumput Laut Kel.Lakamb Belum . .Lakamb Belum . Berjauhan jarak antara pendamping Kelurahan dalam melakukan konsultasi c. Proses perakitan LUMBA Jaring au jaring 8 WAMOSE Nelayan Kel. Proses perakitan LAUT Jaring au jaring 6 MAKMUR Pertukangan Kel.Laompo Belum .Bandar Belum . Sangat berjauhan kantor Dinas Sosial Kabupaten dalam melakukan konsultasi b. .Laompo Belum . SOLUSI MASALAH DAN SARAN Solusimasalah : . Tahapan proses Batauga 4 CAHAYA Rumput Laut Kel. Tahapan proses au 7 LUMBA.Bandar Belum . . . Proses perakitan Jaring jaring 9 KAMOALI Nelayan Kel. PENURUN PEMBU ALAMAT PENINGKATAN NO NAMA KUBE JENIS USAHA AN KUAN KETERANGAN KUBE USAHA USAHA KUBE 1 LA AWEA Tani Ubi kayu Kel. Tahapan proses IV.

MM. untuk mencapai keberhasilan dalam pelaksanaan program KUBE ini perlu adanya kebersamaan para jajaran pemerintah pusat. Saran : Dengan program KUBE ini diharapkan agar penguatan kerja sama antara pemerintah dan para pendamping selalu lebih meningkat dalam usaha kesejahteraan social secara berkelanjutan. Selalu diberikan motifasi dari supervisor untuk semangat dalam menjalankan pendampingan. Oleh karena itu. Mengetahui. Batauga. VI. Sos.SIP ULFI NIP. PENUTUP Keberhasialan dalam pelaksanaan program KUBE ini merupakan tanggungjawab pemerintah dan tidak terlepas dari ekstensi dan peranan para pendamping sosial. Batauga.Buton Selatan MARJANI WALLI.19650317 198603 1 016 . 30 Juni31 Maret 2016 2016 Kepala Dinas Sosial dan Nakertrans Pendamping Kecamatan Kab. daerah dan pendamping untuk meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab social kepada para KUBE dalam membangun kesejateraan sosial.