You are on page 1of 10

UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA
RUANG SEKRETARIAT BEM UI
GEDUNG PUSGIWA LT 2
EMAIL : UIYEA2017@GMAIL.COM

GUIDELINE KARYA TULIS ILMIAH

UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION
“Environmental Adaptation and Mitigation Towards Climate Change”






















Narahubung : - Selita (085287046469 | Line: selitarestu)

- Firdha (085814233099 | Line: rafidhairdiani)

50C yang menyebabkan kenaikan air laut hingga 24-30 cm pada tahun 2065 dan 40-63 cm pada tahun 2100. padi. Hal ini menjadi pemicu diselenggarakannya konferensi internasional seperti Konvensi Perubahan Iklim yang menghasilkan Protokol Kyoto dan Perjanjian Paris. Peningkatan suhu bumi menyebabkan kenaikan rata-rata permukaan air laut hingga 19 cm akibat mencairnya es di Laut Artik sejak tahun 1979 terjadi pencairan es sebanyak 1.07 juta km2 setiap dekadenya. . Sejak tahun 1991-2002 terjadi penurunan produksi pangan hingga 40 megaton per tahun.COM LATAR BELAKANG UNIVERSITAS INDONESIA YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 “Environmental Adaptation and Mitigation Towards Climate Change” Sustainable Development Goals (SGDs) merupakan agenda terbaru yang telah resmi dideklarasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pembangunan berkelanjutan hingga tahun 2030. Peningkatan suhu rata-rata bumi meningkat hingga 0.85 derajat celcius dari tahun 1880-2012. Terdapat 17 tujuan prioritas yang dicanangkan dalam SDGs dan salah satu fokus utamanya adalah perubahan Iklim. Hal ini mengingat apabila berbicara mengenai perubahan iklim maka kita berbicara terkait dengan keadaan lingkungan yang memiliki hubungan langsung dengan keadaan generasi penerus di masa depan. Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca yang diprediksikan akan meningkatkan suhu bumi sebesar 1. UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA RUANG SEKRETARIAT BEM UI GEDUNG PUSGIWA LT 2 EMAIL : UIYEA2017@GMAIL. dan jagung di seluruh dunia sebanyak 5%. Peningkatan temperatur suhu tiap 10C menyebabkan penurunan produksi gandum. Berdasarkan seluruh penjabaran itulah maka pada akhirnya sebuah gerakan yang bertujuan untuk mendapatkan solusi terkait dengan permasalahan perubahan iklim yang terjadi saat ini merupakan sebuah hal yang sangat penting.

UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA RUANG SEKRETARIAT BEM UI GEDUNG PUSGIWA LT 2 EMAIL : UIYEA2017@GMAIL. dibuktikan dengan melampirkan hasil scan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang masih berlaku. 6. • Peserta memilih salah satu dari tema yang telah ditentukan oleh panitia. 4. • Karya Tulis Ilmiah ditulis dalam kaidah bahasa Indonesia. dan format yang telah disediakan oleh Panitia UI YEA 2017. • Tim hanya diperbolehkan mengirimkan satu (1) karya ilmiah. Peserta adalah mahasiswa/i aktif jenjang S1/D3 Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta di seluruh Indonesia. • Setiap Perguruan tinggi boleh mengirimkan lebih dari satu tim. Peserta/tim yang dinyatakan lolos sebagai Delegasi UI Youth Environmental Action 2017 wajib membayar commitment fee sebesar Rp 150. Tim peserta memenuhi persyaratan berikut ini : • Setiap tim terdiri dari 3 (tiga) orang anggota. • Berusia 18-25 tahun • Peserta dalam satu tim berasal dari Perguruan tinggi yang sama dan diperbolehkan dari disiplin ilmu yang berbeda/lintas angkatan. 2.COM KETENTUAN PESERTA KARYA TULIS ILMIAH UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 1. Peserta/tim yang dinyatakan lolos sebagai Delegasi UI Youth Environmental Action 2017 wajib mengirimkan karya tulis ilmiah dalam . • Karya Tulis Ilmiah akan diseleksi untuk menentukan 15 karya terbaik yang akan dipresentasikan di depan juri dan menjadi delegasi UI Youth Environmental Action 3. Peserta/tim yang dinyatakan lolos sebagai Delegasi UI Youth Environmental Action 2017 wajib mengikuti seluruh rangkaian UI Youth Environmental Action 2017 selama 4 hari di Universitas Indonesia. • Peserta mengirimkan karya tulis ilmiah mengenai inovasi untuk membantu menghadapi perubahan iklim baik yang telah dilakukan maupun masih berupa gagasan sesuai dengan tema besar. Saat presentasi KTI peserta wajib memakai almamater sebagai identitas Perguruan Tinggi masing-masing. 5. subtema pilihan. • Gagasan atau ide yang diangkat dalam karya tulis ilmiah harus orisinil (bukan hasil plagiat). belum pernah memenangkan lomba dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.000.

Kreativitas dan Inovatif Topik/Gagasan a.COM bentuk Power Point ke email uiyea2017@gmail.com paling lambat tanggal 17 November 2017.500 kata • Menggunakan jenis tulisan TNR dan font size 12 Penyajian : • Menggunakan ragam bahasa ilmiah • Ketepatan dan kejelasan ungkapan • Penggunaan bahasa yang laras dan ilmiah (sesuai dengan ketentuan EYD) • Menggunakan kutipan dengan model APA Style • Penulisan daftar pustaka sesuai dengan APA Style • Sumber rujukan lebih bagus dengan melampirkan data • Pendahuluan harus dijawab dalam kesimpulan 2. Relevansi topik dengan tema b.5 cm • Batas margin kiri dan atas : 4 cm. KETENTUAN DAN SISTEMATIKA PENULISAN KTI UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 1. Kelayakan implementasi . Kreativitas gagasan c. Format Penulisan Karya Tulis Tata tulis : • Ukuran kertas A4 • Menggunakan spasi 1. kanan dan bawah: 3 cm. • Maksimal menggunakan 3. UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA RUANG SEKRETARIAT BEM UI GEDUNG PUSGIWA LT 2 EMAIL : UIYEA2017@GMAIL.

sistematika penulisan. 10. sumber penulisan. Kata Pengantar 5. serta merumuskan saran. SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH 1. tujuan penulisan. rumusan masalah. Lembar Pengesahan 3. Metode penulisan dapat mencakup: pendekatan penulisan. sasaran penulisan. Pembahasan. UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA RUANG SEKRETARIAT BEM UI GEDUNG PUSGIWA LT 2 EMAIL : UIYEA2017@GMAIL. serta Transfer Gagasan a. Abstrak 4. Daftar Isi 6. Halaman Judul : sesuai dengan format yang ditentukan oleh Panitia UI YEA 2017 2. 8. analisis informasi dan atau data. Kemampuan menganalisis dan mensintesis serta merumuskan kesimpulan b.COM 3. 9. daftar gambar. tahapan penulisan dan lain-lain. serta dikaitkan dengan telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif pemecahan masalah atau gagasan kreatif 11. Kesimpulan yang diambil harus konsisten dan saran yang disampaikan berupa gagasan yang berkaitan dengan isi karya tulis secara keseluruhan. manfaat penulisan. . Bab III Metode Penulisan Metode penulisan menyajikan langkah-langkah/prosedur yang benar yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah yang menguraikan secara cermat cara/metode pengumpulan informasi dan atau data. daftar grafik. Bab I Pendahuluan Pendahuluan berisi: latar belakang. Daftar Lain (Jika ada seperti daftar tabel. penarikan kesimpulan. Prediksi hasil implementasi gagasan. atau sumber-sumber lainnya.) 7. Kesimpulan. Bab II Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka merupakan kerangka konseptual berisi batasan/konsep/teori yang mendukung penulisan yang dapat diperoleh dari jurnal penelitian. Bab IV Pembahasan Analisis permasalahan didasarkan pada data atau informasi. buku. Bab Penutup Penutup berisi kesimpulan dan saran.

prestasi/penghargaan dalam menulis . Daftar Pustaka Referensi/sumber acuan yang digunakan dalam karya tulis ilmiah. Penulisan daftar pustaka dari jurnal dimulai dari nama penulis. tahun. dan nomor halaman. No Kartu Mahasiswa.COM 12. UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA RUANG SEKRETARIAT BEM UI GEDUNG PUSGIWA LT 2 EMAIL : UIYEA2017@GMAIL. Penulisan daftar pustaka untuk buku. nama jurnal. Lampiran Biodata : Nama. 13. volume. Penulisan daftar pustaka yangdiperoleh dari internet ditulis alamat website-nya dan tanggal pengutipan. tempat dan tanggal lahir. tahun penerbitan. dimulai dengan menulis nama pengarang. judul buku. nama penerbit dan tempat terbit. judul penulisan. Asal Sekolah.

Tahun . UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA RUANG SEKRETARIAT BEM UI GEDUNG PUSGIWA LT 2 EMAIL : UIYEA2017@GMAIL.COM KARYA TULIS ILMIAH UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 JUDUL KARYA TULIS ILMIAH Logo Perguruan Tinggi Nama No KTM Nama No KTM Nama No KTM Nama Perguruan Tinggi Bulan.

tahun oleh : Dosen Pembimbing Ttd ( Nama dan gelar ) . bulan. UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA RUANG SEKRETARIAT BEM UI GEDUNG PUSGIWA LT 2 EMAIL : UIYEA2017@GMAIL.COM LEMBAR PENGESAHAN KARYA TULIS ILMIAH “JUDUL” Diajukan Oleh: Nama Anggota Kelompok Nomor Induk Mahasiswa Telah disetujui pada tanggal.

uiyea. a.org/submission.html 3. Pendaftaran lomba Karya Tulis Ilmiah UI YEA 2017 tidak dipungut biaya. TEMA KTI UI Youth Environmental Action 2017 “Environmental Adaptation and Mitigation Towards Climate Change” Gagasan atau ide yang diangkat setidaknya termasuk kedalam salah satu dari lima sub-tema Universtas Indonesia Youth Environmental Action 2017. 2. Bagi yang lolos sebagai delegasi UI YEA 2017. Pengumpulan dokumen dan karya ilmiah selambat-lambatnya tanggal 22 Oktober 2017 pukul 23. Nama file KTI. Formulir pendaftaran* b.org/submission.html sebelum mengumpulkan dokumen pendaftaran dan karya tulis ilmiah.org/registration. KTI UI YEA 2017_Nama Ketua Kelompok_Asal Perguruan Tinggi_Judul KTI 4. UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA RUANG SEKRETARIAT BEM UI GEDUNG PUSGIWA LT 2 EMAIL : UIYEA2017@GMAIL. wajib membayar commitment fee sebesar Rp150. 6.uiyea.COM REGISTRASI PESERTA UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 1.59 WIB.n. Kebakaran hutan. Commitment fee dibayarkan ke rekening BNI 0566810068 a. Peserta diwajibkan mengisi formulir registrasi Karya Tulis Ilmiah UI Youth Environmental Action 2017 secara online di www. Peserta akan menerima email balasan sebagai konfirmasi bahwa hasil karya peserta telah diterima oleh panita UI YEA 2017 dalam waktu selambat-lambatnya 3 hari kerja. Surat Komitmen * d. Arum Zulaikhah. Surat Orisinalitas* c.html.uiyea. forestry and peatland fires and toxic haze . Scan/foto bukti Kartu Tanda Mahasiswa masing-masing anggota Tim*: Berkas dapat diunduh di www. dan Lahan Gambut (Karhutla) restoration. Kehutanan. 5.59 WIB melalui web www. Peserta wajib mengumpulkan dokumen.000 yang maksimal dibayarkan pada tanggal 12 November 2017 pukul 23. sebagai berikut: 1.

000. Pertanian rendah emisi untuk meningkatkan ketahanan pangan low carbon agriculture (farm and crops) to support food resilience AWARDING UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 Dari karya tulis ilmiah yang dikumpulkan akan diseleksi menjadi 15 KTI terbaik sebagai tiket menjadi delegasi UI YEA 2017. Aksi langsung dan berkontribusi terhadap penanggulangan lingkungan akibat perubahan iklim . Mengikuti seluruh rangkaian acara UI YEA 2017 di Universitas Indonesia. Mempresentasikan ide/gagasan kelompoknya didepan Juri 2. Berkesempatan mendapatkan Juara 1. Pengelolaan limbah terpadu integrated waste and landfill management 5.000.COM 2. dan 3 berdasarkan hasil penulisan KTI dan Presentasi KTI .000 + Sertifikat 3.500.000 + Sertifikat . Pengembangan energi baru dan terbarukan yang rendah emisi low carbon renewable energy development 3. Depok yang berupa : - Ideas Presentation : 24 November 2017 - Seminar dan Talkshow Nasional : 25 November 2017 - Fieldtrip ke Kepulauan Seribu : 26 November 2017 4. Mendapatkan sertifikat 5. 2.Juara 1 : Rp6.Juara 2 : Rp4. UI YOUTH ENVIRONMENTAL ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA RUANG SEKRETARIAT BEM UI GEDUNG PUSGIWA LT 2 EMAIL : UIYEA2017@GMAIL.000 + Sertifikat . Industri yang ramah lingkungan eco friendly industry and infrastructure 4.500.The best speaker : Rp1. Tim yang lolos akan mendapatkan kesempatan untuk : 1.Juara 3 : Rp3.000 + Sertifikat .