You are on page 1of 9

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa
karena berkat Rahmat, Taufig dan KaruniaNyalah sehingga kami dapat menyusun
laporan kegiatan Pendamping Kube Desa LAWELA. LAWELA SELATAN dan BOLA.
Kecamatan BATAUGA, keadaan dari bulan Januari sampai dengan Maret Tahun
2016

Laporan kegiatan ini merupakan suatu kewajiban bagi kami sebagai Pendamping
Kube Pemberdayaan Fakir Miskin yang telah diberi amanah oleh Dinas Social Propinsi,
Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buton Selatan secara berjenjang

Kegiatan Pemberdayaan Kube Fakir Miskin merupakan sala satu program yang ada
pada Kementrian Sosial R.I ditunjukan bagi keluarga miskin untuk dapat diberdayakan
dalam pengelolaan usaha secara kelompok

Kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masi jauh dari sepurna, oleh
karenanya kritik dan saran senantiasa kami harapkan demi menyempurnakan
pembuatan laporan pada masa masa yang akan datang

Kini masyarakat penerima program bantuan pemberdayaan fakir miskin saat ini telah diberikan bantuan langsung melalui rekening kelompok (cash transfer) yang dapat digunakan sebagai modal usaha untuk meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga.I. kelompok bersepakat dari awal untuk bermusyawarah dalam menentukan jenis usaha yang akan dikembankan serta menyusun jenis jenis kebutuhan dalam kelompok. PENDAHULUAN Program Pemberdayaan Fakir Miskin adalah merupakan program yang sangat menyentuh pada kalangan masyarakat berpenghasilan renda / masyarakat miskin yang potensial untuk dapat mengembangkan usaha sesuai potensi yang dimiliki oleh para penerima bantuan. serta potensi sumber daya alam yang tersedia dilingkunganya. Dalam pengelolaan usaha tersebut.I dan saat ini pemerintah telah memberi kepercayaan terhadap masyarakat penerima bantuan untuk dapat mengembangkan usahanya sesui potensi yang mereka miliki . Bantuan modal bagi kelompok usaha bersama / kube fakir miskin merupakan salah satu program yang ada pada kementrian social R.

KEGIATAN PENDAMPING JANUARI S/D MARET  Melakukan konsultan dengan pendamping kecamatan tenteng perkembangan usaha dan kelengkapan administrasi KUBE  Memberikan pemahaman kepada para pengurus kube tentang kelengkapan pengukuan kube  Melakukan monitoring kegiatan kube usaha  Melakukan konsultan dengan pendamping kecamatan agar para kube membuat laporan perkembangan usaha setiap triwulan  Melakukan pemantaun kegiatan kube  Pembuatan laporan APRIL.AGUSTUS.DAN JUNI  Konsultasi dengan pihak dinsos kabupaten tentang perkembangan usaha kube  Melakukan penyampaian kepada para kube untuk membuat laporan perkembangan usaha setiap triwulan  Melakukan monitoring kegiatan dan kelengkapan administrasi kube  Melakukan pemantauan terhadap kegiatan kube  Konsultasi dengan pendamping kecamatan tentang laporan perkembangan  Pembuatan laporan JULI.DAN SEPTEMBER  Mendampingi pendamping kecamatan melakukan pengecekan kelengkapan administrasi kube .II.MEI.

AGUSTUS DAN SEPTEMBER . Bersama dengan pendamping kecamatan memberi pemahaman kepada kube tentang cara menggali potensi yang ada di wilayah setempat untuk perkembangan kube  Melakuna menotoring perkenbagan usaha kube  Membuat laporan JANUARI.MEI DAN JUNI  Konsultasi dengan pihak dinsos kabupaten/supervisor tentan perkembangan kube  Melakukan penyampaian kepada pendamping desa untuk di sampaikan kepada para kube binaan untuk membuat laporan perkembangan usaha setiap triwulan  Melakukan monotoring kegiatan dan kelengkapan administrasi kube  Melakukan pemantauan kegiatan kube  Melakukan konsultasi dengan pendamping desa untuk mendesak para kube agar membuat laporan perkembangan usaha  Pembuatan laporan JULI.FEBRUARI DAN MARET  Melakukan monitoring kegiatan kube  Melakukan konsultasi dengan pendamping desa tentang perkembangan usaha dan kelengkapan administrasi kube  Memberikan pemahaman kepada kube tentang kelengkapan administrasi kube  Konsultasi dengan pendamping dasa tentang laporan perkembangan usaha kube agar para kube membuat laporan perkembangan usaha setiap triwulan  Melakukan pemantauan kube  Membuat laporan APRIL.

SOS . Melakukan pengecekan kelengkapan administrasi kube  Melakukan pemahaman kepada kube tentang perkembangan usaha dan cara menggali potensi yang ada di wilayah setempat untuk perkembangan usaha  Melakukan konsultasi dengan survivor tentang kegiatan usaha kube  Melakukan monitoring kegiatan kube  Membuat laporan Mengetahui Supervisor HARYADI S.

DESA LAWELA SELATAN NO. Perkembagan kegitan kube V. KUBE KESETARAN DESA LAWELA SELATAN 2. KUBE MAJU BERSAMA DESA LAWELA 2 KUBE KACANG MENTE DESA LAWELA 3. KUBE TUNAS DESA BOLA BOLA 2. PERKEMBANGAN KEGIATAN KUBE DESA LAWELA NAMA KUBE JENIS USAHA KUBE ALAMAT KUBE PENINGKATAN PENURUNAN PEMBEKUAN NO. KUBE RANO DUA DESA BOLA 3. KUBE SEJAHTERA DESA LAWELA SELATAN 3. PERMASALAHAN ATAU KENDALA YANG DI HADAPI  Kurangnya sumber daya manusia yang ada di kelompokkan masing-masing  Jarak antara desa yang satu dengan dasa yang lain sangat berjauhan  Masyarakatnya masih saling menjatuhkan satu sama lain . KUBE DESA BOLA AWATANJO IV.III. NAMA KUBE JENIS USAHA ALAMAT KUBE PENINGKATAN PENURUNAN PEMBEKUAN KUBE USAHA USAHA KUBE 1. USAHA USAHA USAHA KUBE SANDITO DESA LAWELA 1. NAMA KUBE JENIS USAHA KUBE ALAMAT KUBE PENINGKATA PENURUNAN USAHA PEMBEKUAN KUBE USAHA 1. KUBE BANGUN BERSAMA DESA LAWELA SELATAN DESA BOLA NO.

 Kurangnya kesabaran dalam mengembangkan usaha masing-masing  Minimnya rental komputer dalam pembuatan laporan Hingga saat ini laporan perkembangan ke 9 kube tersebut baru pada tahapan pembelanjaan bahan-bahan sesuai proposal kube dan telah memulai berusaha. perlu adanya kerjasama antara jajaran pemerintah pusat. Masing-masing kube telah berupaya untuk dapat mengelola usaha tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai kesepakatan kelompok.provinsi daerah maupun pendamping kube yang ada di lapangan untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada para kube dalam membangun kesejahteraan ekonomi di masa-masa uang akan datang. juli 2016 . PENUTUP Keberhasilan dalam melaksanakan program kube ini merupakan tanggung jawab pemerintah dan tidak terlepas dari eksistensi dan peranan para pendamping sosial yang ada di lapangan oleh karena itu untuk mencapai keberhasilan dan pelaksanaan program kube.selalu memberikan motifasi sekaligus memberikan bimbingan dan berkunjung kepada penerima bantuan supaya mereka tetap semangat untuk memajukan kubenya masing-masing SARAN: Kami berharap kepada seluruh pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi untuk selalu memberikan motifasi atau gagasan yang sifatnya membangun demi perkembangan kube yang kami bimbing sehingga masyarakat yang ada di desa kami ekonominya bisa meningkat khususnya kelompok kube yang telah menerima bantuan VII. VI. SOLUSI DAN SARAN  Memberikan pembinaan kepada seluruh penerima bantua agar usaha mereka bisa berkembang  Kami selaku pendamping kube desa. Mengetahui Batauga.

IX. Pendamping kecamatan pendamping desa ULFI VIII. PENUTUP . Memberikan petunjuk tentang cara-cara pengelolaan usaha kube termaksud pembukuan kube 3. Pengurus dan anggota kube belum sepenuhnya memahami cara-cara membuat laporan pembukuan maupun kegiatan administrasi yang sifatnya harian yang harus di bukukan. Memberikan motivasi dan bimbingan secara berkala pada pengurus dan anggota kube 2. Memberikan pemahaman terhadap masyarakat yang belum terkafer dalam program ini. PEMECAHAN MASALAH Dari masalah tersebut di atas. karena anggaran yang tersedia masih sangat terbatas X. Masih adanya kecemburuan social antara masyarakat yang masuk dalam kelompok usaha bersama dan masyarkat yang tidak masuk dalam kelompok. Masih terbatasnya pengetahuan dan wawasan pengurus dan anggota kube 2. 3. maka kami mencoba memberikan alternatif pemecahannya sbb : 1. PERMASALAHAN YANG DI HADAPI KUBE Adapun permasalahan yang dihadapi oleh kelompok KUBE sbb : 1.

………………… 2014 Mengetahui Pendamping KUBE Pendamping Kube ULFI HASIADI. sebagai bentuk pertanggung jawaban atas tugas yang di amanahkan pada kami. Kami sebagai pendamping kube mempunyai tugas dan tanggung jawab besar atas tugas yang di berikan pada kami untuk mendampingi kemajuan usaha kelompok. Demikian laporan ini kami sampaikan. namun demikian kami juga mempunyai keterbatasan dalam membina kube. untuk dapat digunakan sebagai mana mestinya. karena kami juga baru pertama kali diberi tugas untuk melakukan pendampingan terhadap kube. namun dengan jiwa dan semangat kami bahwa tugas ini harus dapat kami lakukan dengan sebaik-baiknya. S.KOM . Kami menyadari sepenuhnya laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.