You are on page 1of 5

IDENTIFIKASI PENYEBAB MASALAH,ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH DAN PEMECAHAN MASALAH

YANG DIPILIH
MASALAH PENYEBAB ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH PEMECAHAN YANG DIPILIH
MASIH ADA 1. Man ( Manusia ) 1. Man ( Manusia ) 1. Man ( Manusia )
KELUARGA  Petugas masih ragu menentukan  Petugas melakukan konsultasi teknis  Petugas melakukan konsultasi
sarana air bersih yang tepat ke dinas kesehatan berkaitan sarana teknis ke dinas kesehatan
YANG BELUM  Petugas belum menindak lanjuti air bersih yang tepat berkaitan sarana air bersih yag
MENGAKSES hasil inspeksi maupun pemantauan  Petugas merencanakan kembali tepat
sarana air bersih tindak lanjut yang tepat  Petugas merencanakan kembali
AIR BERSIH
 Petugas belum merencanakan  Mengusulkan tambahan tenaga tindak lanjut yang tepat
YAITU 98,6% kembali kegiatan tindak lanjut kesling 1 orang  Mengusulkan tambahan tenaga
DARI TARGET  Beban kerja petugas cukup berat kesling 1 orang
 Jumlah tenaga kesling hanya 1
100% orang 2. Money ( Uang )
 Kekurangan tenaga kesling 2. Money ( Uang )  Petugas melakukan konsultasi
2. Money ( Uang )  Petugas melakukan konsultasi teknis teknis ke dinas kesehatan
 Belum tersedianya dana yang ke dinas kesehatan berkaitan sarana berkaitan sarana air bersih yang
memadai untuk menyediakan sarana air bersih yang tepat tepat
air bersih bagi masyarakat yang  Petugas membuat rencana SAB yang  Petugas membuat rencana SAB
sesuai akan direalisasikan yang akan direalisasikan
 Belum diusulkan anggaran dana  Petugas bersama kapus mengusulkan
penyediaan SAB anggaran kepada
 Belum ada rencana SAB yang tepat dinkes/desa/musrenbangdes/musrenb
bagi masyarakat ang kecamatan
 Belum hasil analisis hasil konsultasi
teknis dengan dinkes terkait SAB 3. Material ( Bahan )
yang sesuai  Petugas melakukan konsultasi teknis
ke dinas kesehatan berkaitan sarana 3. Material ( Bahan )
3. Material ( Bahan ) air bersih yang tepat  Petugas melakukan konsultasi
 Belum ada bahan material untuk  Petugas membuat rencana SAB yang teknis ke dinas kesehatan
pembuatan SAB akan direalisasikan berkaitan sarana air bersih yang
tepat

1

Machine ( Peralatan ) ang kecamatan  Belum adanya mesin yang mungkin 4.  Belum ada panduan /kerangka  Petugas bersama kapus mengusulkan  Petugas membuat rencana SAB kegiatan penyediaan SAB di daerah anggaran kepada yang akan direalisasikan terpencil dinkes/desa/musrenbangdes/musrenb 4. Market ( Pasar ) 6. Market ( Pasar ) dibutuhkan  Sasaran adalah desa terpencil area  Memohon bantuan dinkes untuk  Kordinasi dengan dinas tepi sungai yang rawan pasang air memperkuat advokasi ke sektor2 kesehatan kabupaten sungai dan terbatas dalam tertentu mengakses kebutuhan rumah  Mengikuti forum musyawarah tangga pembangunan untuk memastikan 6. Market ( Pasar )  Ekonomi masyarakat mengah ke usulan telah dibahas dan diajukan  Memohon bantuan dinkes untuk bawah  Mencari dan membuat prosedur memperkuat advokasi ke  Pengetahuan yang kurang tentang pengusulan kegiatan dengan jumlah sektor2 tertentu pentingnya SAB rumah tangga anggaran besar  Mengikuti forum musyawarah  Terbatasnya informasi kepada  Mengembangkan inovasi dalam pembangunan untuk stakeholder terkait masalah SAB di penyediaan SAB memastikan usulan telah desa sungai sekonyer dibahas dan diajukan  Mencari dan membuat prosedur pengusulan kegiatan dengan jumlah anggaran besar 2 . Metode ( Cara kerja ) SAB masyarakat dalam rangka  Mengusulkan kegiatan pelatihan bagi penyediaan SAB mandiri masyarakat tentang penyediaan SAB 5. Machine ( Peralatan ) diperlukan dalam kegiatan  Membuat usulan anggaran  Membuat usulan anggaran penyediaan SAB bagi masyarakat kebutuhan terkait mesin yang kebutuhan terkait mesin yang 5. Metode ( Cara kerja ) dibutuhkan dalam penyediaan SAB dibutuhkan dalam penyediaan  belum ada pelatihan bagi 5. Machine ( Peralatan ) 4. Metode ( Cara kerja )  tidak ada usulan kegiatan yang  Mengusulkan anggaran yang  Mengusulkan kegiatan pelatihan diajukan maupun penganggarannya dibutuhkan bagi masyarakat tentang  Petugas mengusulkan kegiatan dan  Kordinasi dengan dinas kesehatan penyediaan SAB anggaran kabupaten  Mengusulkan anggaran yang 6.

terkait sharing jamban sehat atau 3. Machine ( Peralatan ) Jamban cetak ) yang dibutuhkan dalam  Belum adanya mesin (alat cetak ) 5. Machine ( Peralatan ) yang menggunakan dan mengakses kebutuhan terkait mesin (alat cetak )  Membuat usulan anggaran jamban sehat yang dibutuhkan dalam penyediaan kebutuhan terkait mesin (alat 4. Material ( Bahan )  Kordinasi dengan desa terkait sharing bila ada bantuan dari desa  Belum diketahui apakah material jamban sehat atau bila ada bantuan  Petugas mengedukasi untuk dapat diupayakan secara mandiri dari desa mengakses jamban sehat. Man ( Manusia ) 1. Material ( Bahan ) tambahan verifikasi ulang  Petugas mengedukasi untuk  Petugas Kordinasi dengan desa mengakses jamban sehat. Machine ( Peralatan ) desa perihal ada 3 Rumah tangga  Membuat usulan anggaran 4. Material ( Bahan ) 3. Money ( Uang ) JAMBAN SEHAT merencanakan kembali kegiatan  Petugas mengusulkan tindak lanjut penambahan anggaran verifikasi YAITU 5. Money ( Uang )  Kekurangan tenaga kesling  Petugas mengusulkan penambahan 2. oleh Rumah tangga atau memerlukan bantuan  Petugas belum kordinasi dengan 4.Man ( Manusia ) 1.MASIH ADA 1. Metode ( Cara kerja ) penyediaan Jamban yang mungkin diperlukan dalam 3 .6% dari  Beban kerja petugas cukup berat target 100  Jumlah tenaga kesling hanya 1 orang 2. Man ( Manusia ) KELUARGA  petugas belum optimal menganalisis  Petugas melakukan logical check data  Petugas melakukan logical check form pemeriksaan hasil pengumpulan IKS data hasil pengumpulan IKS YANG BELUM  petugas belum lakukan verifikasi  Petugas merencanakan kembali  Petugas merencanakan kembali MENGAKSES ulang tindak lanjut yang tepat dan mebuat tindak lanjut yang tepat dan  Petugas belum merencanakan dan rencana tindak lanjut mebuat rencana tindak lanjut DAN menindaklanjuti data hasil verifikasi  Mengusulkan tambahan tenaga MENGGUNAKAN jamban Petugas belum kesling 1 orang 2. Money ( Uang ) anggaran verifikasi  Anggaran untuk melakukan verifikasi ulang masih kurang  Belum diusulkan anggaran dana 3.

Man ( Manusia ) 1. Market ( Pasar ) memperkuat advokasi ke sektor2  Sasaran adalah desa terpencil area tertentu 6. biaya khusus untuk kegiatan ini. transport dan kebutuhan lainnya 4 . Material ( Bahan ) dana di puskesmas pengadaan leaflet. sumber dana di puskesmas TARGET 70%  Belum adanya buku petunjuk biaya transport dan kebutuhan lainnya pengadaan leaflet. merekomendasi cara memverifikasi . MASIH 2. merekomendasi dan tindak  Petugas melatih perangkat desa masyarakat /kader lanjut untuk memverifikasi jamban  Kader /masyarakat belum dilatih rumah tangga. Money ( Uang ) 2. Metode ( Cara kerja ) masyarakat memverifikasi jamban rumah tangga.  Melatih kader/masyarakat/ untuk 5.rekomendasi 6. Money ( Uang ) MEROKOK YAITU kegiatan STOP MEROKOK  Menganggarkan dana melalui sumber  Menganggarkan dana melalui 47. Man ( Manusia ) 1. Man ( Manusia ) ANGGOTA  Belum adanya tenaga penyuluh  Mengusulkan pelatihan stop merokok  Mengusulkan pelatihan stop stop merokok terlatih untuk kepada petugas merokok kepada petugas KELUARGA YANG kegiatan ini. Money ( Uang )  Tidak tersedianya dana untuk 2. Market ( Pasar ) dan tindak lanjut dan tindak lanjut  Memohon bantuan dinkes untuk 6. Market ( Pasar ) tepi sungai yang rawan pasang air  Mengikuti forum musyawarah  Memohon bantuan dinkes untuk sungai dan terbatas dalam pembangunan untuk memastikan memperkuat advokasi ke mengakses kebutuhan rumah usulan telah dibahas dan diajukan sektor2 tertentu tangga  Mencari dan membuat prosedur  Mengikuti forum musyawarah  Ekonomi masyarakat mengah ke pengusulan kegiatan dengan jumlah pembangunan untuk bawah anggaran besar memastikan usulan telah  Pengetahuan yang kurang tentang  Mengembangkan inovasi dalam dibahas dan diajukan pentingnya SAB rumah tangga penyediaan SAB  Mencari dan membuat prosedur  Terbatasnya informasi kepada pengusulan kegiatan dengan stakeholder terkait masalah SAB di jumlah anggaran besar desa sungai sekonyer MASIH ADA 1. kegiatan penyediaan jamban bagi  Melatih kader/masyarakat/ untuk 5.8 % DARI 3. Metode ( Cara kerja ) merekomendasi dan tindak lanjut memverifikasi jamban rumah  Verifikasi jamban keluarga masih  Petugas melatih perangkat desa tangga. merekomendasi dan tergantung petugas kesehatan untuk memverifikasi jamban rumah tindak lanjut  Verifikasi belum dilakukan tangga.

4. Metode ( Cara kerja ) pertemuan  Menggunakan metode role play atau sejenisnya agar lebih 6. Machine ( Peralatan ) merokok  Penggunaan perangkat audiovisual 4. Market ( Pasar ) KTR serta gerakan berhenti merokok  Mengusulkan ke dinkes terkait kegiatan sosialisasi perda tentang KTR serta gerakan berhenti merokok 5 . Market untuk alat bantu penyuluhan  Penggunaan perangkat  Belum ada sosialisasi perda 5. Machine  Tidak adanya fasilitas 3. Material ( Bahan ) pendukung untuk tenaga  Penggunaan leaflet untuk media 3. Machine ( Peralatan ) 6. Metode ( Cara kerja ) audiovisual untuk alat bantu  Menggunakan metode role play atau penyuluhan sejenisnya agar lebih menarik saat 5. Material ( Bahan ) penyuluh berhenti merokok promosi  Penggunaan leaflet untuk media 5. Market ( Pasar ) menarik saat pertemuan  Mengusulkan ke dinkes terkait kegiatan sosialisasi perda tentang 6. Methode promosi  Belum adanya teknis khusus cara menghetikan kebiasaaan 4.