You are on page 1of 7

PETUNJUK TEKNIS

PEMBERKASAN CPNS 2017
HARMONI PKN STAN

A. KETENTUAN UMUM
1. Pemberkasan CPNS tahun 2017 dilakukan oleh mahasiswa lulus SKD dari Program
Diploma III dan Program Dipoma I PKN STAN tahun 2017.
2. Untuk CPNS yang disebutkan pada poin 1 diatas selanjutnya dalam petunjuk teknis ini akan
disebut sebagai peserta.
3. Pemberkasan dilakukan oleh peserta secara dua tahap yaitu Pemberkasan Online dan
Pemberkasan Fisik.
4. Pemberkasan online dapat dilakukan oleh peserta dimana saja melalui website
http://rekrutmenstan.kemenkeu.go.id.
5. Pemberkasan online dilakukan dengan terlebih dahulu mengirimkan berkas kepada Tim
Viva Harmoni untuk diverifikasi.
6. Setelah mendapatkan verifikasi dari Tim Viva Harmoni, peserta baru diperkenankan
meng-upload berkas sesuai dengan ketentuan.
7. Pemberkasan Fisik dilaksanakan di Kampus PKN STAN.
8. Ketentuan ini berlaku untuk seluruh peserta, baik lokasi pendidikan di Bintaro maupun di
BDK.

B. PEMBERKASAN ONLINE
1. Pemberkasan Online dilaksanakan mulai tanggal 4 - 13 Oktober 2017.
2. Pemberkasan online dilakukan oleh masing-masing peserta, dengan alur sebagai berikut:

Berkas online Tim Viva
Dikirim ke Tim
disiapkan Peserta memverifiksasi
Viva
berkas peserta

Peserta mendapatkan Peserta diperkenankan Tim Viva
dua atau tiga dokumen upload berkas di memberikan
hasil pemberkasan website konfirmasi ke peserta
online

Dr. diisikan secara lengkap dengan gelarnya. diisi dengan nama Kabupaten/Kota dengan acuan ijazah SMA. maka diisi dan menyesuaikan menjadi daerah baru.nomor.. Nama. maka diwajibkan mengisi status perkawinan : “Kawin”. Nama Dokter pada Surat Keterangan Sehat. f.net) d. Pengisian data diisikan dengan menggunakan HURUF KAPITAL. g. e. Nomor surat keterangan tidak mengkonsumsi NAPZA (cukup jelas).3. maka ditulis langsung nama Kabupaten/Kota tersebut.D. Nomor SKCK (cukup jelas). Contoh di ijazah SMA Bowo tercantum tempat lahir Purwokerto. Ph. Contoh tempat lahir Nurman di Kab. BERTRAND TARIGAN. Purwokerto). k. 4.  Jika ada pemekaran menjadi daerah baru. Tahapan pengisian Pemberkasan online ada dua yaitu mengisi data dan meng-upload dokumen. i. diisi sesuai dengan nama yang tertera di ijazah SMA. Contoh: Prof. . j.  Jika ada peserta yang menikah sebelum 1 Desember 2017. Peserta diwajibkan mengikuti alur pemberkasan pada poin 2 untuk memastikan kesesuaian dokumen dengan ketentuan yang ada dan menghindari penolakan pada saat pemberkasan fisik. Semarang. (bisa di cek di www. b. Tanggal pembuatan SKCK (cukup jelas). h.Sc./Kota”.  Jika dalam ijazah tertulis nama Kecamatan sebagai tempat lahir. Alamat. Dengan melapor kepada Koordinator Tim Harmoni (Bertrand Tarigan) untuk didata terkait tunjangan keluarga. Tanggal pembuatan surat keterangan tidak mengkonsumsi NAPZA (cukup jelas). M. Tempat lahir. alamat peserta diisikan sesuai dengan KTP. diisi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. maka yang dituliskan pada pengisian data adalah Banyumas (Kabupaten dari Kec. H. c. Status perkawinan. Tanggal pembuatan surat keterangan sehat (cukup jelas). maka yang dituliskan di pengisian data adalah nama Kabupaten/Kota. kecuali penamaan gelar pada nama orang. 5.  Jika dalam ijazah tertulis Kabupaten/Kota dengan nama yang sama. Ketentuan pengisian data yang perlu diperhatikan: a. maka dituliskan cukup dengan nama Semarang tanpa embel-embel “Kab.

pdf) ukuran maksimal 300 kb. Setelah menyelesaikan pendaftaran online. Email peserta. 6.jpeg) ukuran maksimal 100 kb. (ketentuan lain sama dengan ketentuan dokumen pemberkasan fisik) Format nama File : SKCK_NAMA PESERTA f. Formulir pemberkasan. (ketentuan lain sama dengan ketentuan dokumen pemberkasan fisik) Format nama File : DRH_NAMA PESERTA d. Surat Perjanjian Ikatan Dinas (Khusus untuk penempatan Kementerian Keuangan) . Nomor telepon keluarga yang bisa dihubungi. Hasil scan Dokumen Daftar Riwayat Hidup dengan format (. m.pdf) ukuran maksimal 300 kb. untuk penulisan gelar lihat poin 5a) n. Hasil scan Dokumen Surat Lamaran dengan format (.pdf) ukuran maksimal 300 kb. Hasil scan Dokumen Surat Pernyataan dengan format (. (ketentuan lain sama dengan ketentuan dokumen pemberkasan fisik) Format nama File : FOTO_NAMA PESERTA b. Foto 3 x 4 dengan format (. Tanda bukti pemberkasan c. diusahakan nomer HP yang masih aktif dari masing-masing peserta. Nomor telepon yang bisa dihubungi. (ketentuan lain sama dengan ketentuan dokumen pemberkasan fisik) Format nama File : SUPER_NAMA PESERTA e. o. peserta akan mendapatkan dokumen berikut: a. Hasil scan Dokumen SKCK dengan format (. b. disarankan orang tua/wali dari peserta. l.pdf) ukuran maksimal 300 kb. (ketentuan lain sama dengan ketentuan dokumen pemberkasan fisik tanpa hasil laboratorium) Format nama File : SUNAP_NAMA PESERTA g.pdf) ukuran maksimal 300 kb. Hasil scan Dokumen Surat Keterangan Sehat dengan format (. (ketentuan lain sama dengan ketentuan dokumen pemberkasan fisik) Format nama File : SULAM_NAMA PESERTA c. diusahakan nomer HP yang masih aktif. Foto yang digunakan adalah foto yang dikumpulkan untuk syarat yudisium (yang dikumpulkan bersamaan dengan ijazah). Nama keluarga yang bisa dihubungi. (ketentuan lain sama dengan ketentuan dokumen pemberkasan fisik) Format nama File : SKES_NAMA PESERTA 7. diusahakan gmail. Hasil scan Dokumen Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dengan format (. (Dibebaskan menyerahkan gelar. Ketentuan upload dokumen yang perlu diperhatikan: a.pdf) ukuran maksimal 300 kb.

 Ditempeli foto yang sesuai pada poin 5a. 2.  SPID dicetak jadi 1 lembar (bolak-balik) pada kertas F4. maka diwajibkan mengisi status perkawinan : “Kawin”.id. Daftar Riwayat Hidup  Template akan disediakan di web website http://rekrutmenstan.00 WIB  Sesi IV : 15. .go.00 – 12. Pemberkasan fisik dilaksanakan dengan pembagian sesi:  Sesi I : 08.  Status perkawinan pada DRH diisi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Berkas pada poin 7 di atas dicetak dan dibawa pada saat pemberkasan fisik. 3.. dan tanggal lahir di kertas (seperti syarat yudisium) b. Pas foto  Ukuran 3 x 4 tanpa border (sesuai yang di upload dan syarat yudisium)  Jumlah 5 lembar  Dimasukkan di plastik klip/plastik obat  Menulis nama. Jika ada peserta yang menikah sebelum 1 Desember 2017. maka pada poin “Keterangan Keluarga” diisi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. C.00 WIB  Sesi II : 10.00 – 17.00 – 15.00 WIB Peserta wajib hadir di lokasi pemberkasan 30 menit sebelum jadwal sesi pemberkasan fisik. PEMBERKASAN FISIK 1.  Penulisan DRH menggunakan HURUF KAPITAL dan tinta hitam. Peserta yang melakukan pemberkasan fisik wajib menggunakan pakaian rapi dengan atasan kemeja putih dan bawahan gelap (celana untuk laki-laki dan rok untuk perempuan jilbab warna hitam).00 WIB  Sesi III : 13.  Jika sudah menikah sebelum tanggal 1 Desember 2017. Dokumen (beserta ketentuan) yang diserahkan adalah sebagai berikut: a. 5. Peserta wajib datang dan tidak bisa diwakilkan pada pemberkasan fisik di Kampus PKN STAN. NPM.  Dicetak sebanyak 3 rangkap 8.30 – 10.kemenkeu. Pemberkasan Fisik dilakukan pada tanggal 16 – 20 Oktober 2017. 4.

Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah  Diperoleh dari Rumah Sakit Umum Daerah/Pemerintah dan/atau Rumah Sakit Kepolisian.  Tangal pembuatan SKCK mulai per 1 September 2017.  Pembuatan wajib daerah masing-masing dan tidak disarankan membuat melalui SKCK Online.  Tujuan pembuatan SKS adalah “Pengangkatan CPNS”.  Tujuan pembuatan SKCK adalah “Pengangkatan CPNS”. . Surat Keterangan Catatan Kepolisian  Minimal diperoleh dari Kepolisian Resor (Polres). maka harus dilakukan pencoretan.  Status pekerjaan diisi “Belum Bekerja”  Ditempeli foto yang sesuai pada poin 5a. silakan peserta menyesuaikan sendiri kebutuhan dan kekurangan kolom. Contoh dibawah ini c.  Dokter harus mencantumkan NIP (untuk dokter PNS) dan/atau NRP (untuk dokter non sipil).  Untuk kolom pada DRH yang tidak diisi. d.  Jika kolom yang tersedia masih kurang.  Ditandatangani oleh Dokter Pemerintah dan/atau Dokter Kepolisian (bukan pegawai Rumah Sakit/pejabat struktural).

menyesuaikan masing-masing rumah sakit.com/templatesulamharmoni  Penulisan surat lamaran wajib menggunakan HURUF KAPITAL. menempelkan formulir tanda bukti pemberkasan dan menuliskan nama unit penempatan pada cover stofmap.kemenkeu.  Jenis tes menyesuaikan dari pihak Rumah Sakit. h. Surat Lamaran  Template surat lamaran bisa diunduh di link http://tinyurl.  Stofmap warna biru yang berisi fotokopi berkas dan surat lamaran asli.  Surat lamaran wajib ditulis tangan dan ditandatangani dengan tinta hitam di kertas folio.  Tanggal di surat lamaran ditulis 3 Oktober 2017.  Penulisan Surat Pernyataan menggunakan HURUF KAPITAL.00 dan ditandatangani g.  Menempelkan materai Rp 6.  Ditandatangani oleh Dokter Pemerintah dan/atau Dokter Kepolisian (bukan pegawai Rumah Sakit/pejabat struktural). Surat Keterangan Bebas NAPZA  Diperoleh dari Rumah Sakit Umum Daerah/Pemerintah dan/atau Rumah Sakit Kepolisian. pas foto. dengan ketentuan:  Untuk Diploma III  Stofmap warna merah yang berisi berkas asli (tanpa surat lamaran).  Keterangan kata-kata “sehat dan tidak cacat” itu tidak diatur.id. Mengumpulkan semua berkas dan dimasukkan ke dalam dalam 2 rangkap secara urut dalam stofmap yang terpisah. . Surat Pernyataan  Template bisa diunduh di website http://rekrutmenstan.  Disertai lampiran hasil laboratorium f.go. e.  Dokter harus mencantumkan NIP (untuk dokter PNS) dan/atau NRP (untuk dokter non sipil).  Surat lamaran ditulis dengan tanpa coretan dan/atau tipex.  Surat lamaran ditulis dengan rapi dan jelas.000.

(087876436658) i. Sadana Nur Utama (085743283561) d. Pada dasarnya dokumen yang di upload merupakan hasil scan dokumen pemberkasan fisik. Moch. Birengga Harda Y. Tapi peserta disarankan untuk membuat NPWP tersebut. NPWP digunakan ketika pemberkasan masin-masing instansi eselon 1 nantinya. Harmoni PKN STAN . (082186447363) b. 3. D. September 2017 Salam. Tarigan (08567894561) f.  Untuk fotokopi berkas tidak perlu dilegalisir pada kantor terkait. (081286020344) Demikian Petunjuk Teknis ini kami sampaikan agar dapat disebarluaskan pada seluruh peserta (Lulusan PKN STAN 2017). peserta tidak diminta untuk membawa fotokopi legalisir ijazah SD sampai SMA. Bertrand H. Bagas Wisnu Aji (081327525055) e. Pada pemberkasan CPNS ini belum diwajibkan untuk membuat NPWP. 5. Jika dalam hal pemberkasan masih ada pertanyaan silakan menghubungi Tim VIVA atau menghubungi Tim Harmoni dengan Contact Person berikut: a. Nurrochman S. pas foto. Prabowo S. Pada pemberkasan fisik. KETENTUAN LAIN-LAIN 1. Dzulfiqar G. 2. Petunjuk teknis ini dibuat atas persetujuan berbagai pihak dan digunakan untuk memudahkan para peserta dalam mempersiapkan pemberkasan CPNS nantinya. Tangerang Selatan. menempelkan formulir tanda bukti pemberkasan dan menuliskan nama unit penempatan pada cover stofmap. Nizhar Alif Eridani (083895275267) c. Ananda Ardiansya (087711145140) g. (085725445024) h.  Untuk Diploma I  Stofmap warna hijau yang berisi berkas asli (tanpa surat lamaran).  Stofmap warna kuning yang berisi fotokopi berkas dan surat lamaran asli. Terima kasih dan semoga bermanfaat. 4.