You are on page 1of 7

PRESENTASI EFEKTIF

oleh
Okky Naomi Sahupala, S.Psi., M.A.

Pengertian Presentasi
 Presentasi sendiri berarti “teknik explain untuk mempersembahkan, dan atau memperlihatkan
suatu hasil dari sebuah karya atau sebuah produk dengan cara mengkomunikasikan ide ke banyak
orang (audience).”
 Pesentasi dapat juga diartikan merupakan komunikasi langsung antara penyaji/presenter dengan
sekelompok pendengar/audience dalam situasi teknis, saintifik atau professional untuk satu tujuan
tertentu dengan menggunakan teknik sajian dan media yang terencana.
 Presentasi juga merupakan pembicaraan terencana yaitu pembicaraan yang sebelumnya telah
direncanakan baik waktu, tempat, maupun permasalahannya yang akan dibicarakan sehingga
persiapan dapat dilakukan sebelumnya.

Hambatan dalam Presentasi
Dari dalam :
 Tidak percara diri/grogi
 Takut gagal/malu
 Tidak menguasai materi
Dari luar :
 Tidak mengenal peserta
 Lingkungan kurang mendukung
 Latar belakang yang berbeda

Hal yang Mendukung Sebuah Presentasi yang Efektif :
 Kemampuan berbicara dan gesture
 Kecakapan menguasai audiens
 Alat peraga teknis slide

Pembicara mempunyai point-point yang jelas untuk disampaikan. Alur sebuah presentasi dimulai dari pembukaan. dan tepat guna. sampai pada penutup. Kriteria slide Presentasi Power Point (PPT) :  Mampu menjelaskan ide dan gagasan yang disampaikan pembicara  Ringkas  Menggunakan gambar dan data/angka  Penyajian yang lebih menarik  Penempatan gambar dan tulisan yang eye catching Slide Power Point Hendaknya :  Visible Mudah dilihat atau dibaca audiens.  Simple Sederhana. ringkas. gunakan huruf yang kontras dengan background dan sebaliknya. pembahasan.  Colorful Gunakan paduan warna serasi dan seperlunya  Justified by the content Jangan terlalu banyak slide (8-10 slide). Audiens pun punya gambaran yang jelas apa yang disampaikan. Perhatikan juga ukuran huruf.  Rule of Three Sebaiknya atau idealnya satu slide hanya berisi tiga point. bukan ke desain atau warna-warni dan elemen yang bisa membuat slide terkesan ramai dan menor (seperti brosur iklan). Tugas pembicara untuk menjabarkannya mengggunakan bahasa yang mudah dimengerti. . Dalam membuat slide tidak perlu menggunakan banyak penjelasan dan keterangan. fokus ke konten. padat. Dengan slide. presentasi akan lebih terarah. Slide adalah alat komunikasi visual. melompat-lompat atau kehilangan arah.Slide Slide sering digunakan sebagai media presentasi. presentasi tidak akan melebar. antara 25-30 pixel. Slide tidak sama dengan makalah atau dokumen. dan jangan pula terlalu sedikit.

diagram. Pembicaralah yang akan menjelaskan gambar dan kata kunci tersebut secara mendetil. Gunakan gambar yang memancing rasa ingin tahu audiens. Slide pembuka akan menjadi penyokong presentasi.  Pemilihan jenis huruf (font) Pastikan teks yang digunakan mudah terbaca dengan menggunakan ukuran dan jenis font yang tepat. Aturlah posisi kata dan gambar secara tepat. Dengan menggunakan gambar dan diagram akan membantu audiens memahami ide dengan mudah dan tepat. akan tetapi hanya mengandung informasi penting dan gambar yang tepat. atau ringkasan dari apa yang dibahas dengan menggunakan kata kunci. jadi harus kreatif dan menampilkan visualisasi slide demi slide. . Audiens akan melihat sebagai kesatuan yang harmonis dan berkesinambungan.  Satu slide satu pesan Dalam satu slide fokus pada satu ide. berulang akan menyulitkan audiens untuk memahami.  Sederhana Sederhana bukan berarti minim teks dan gambar. Slide yang fokus pada satu pesan akan lebih mudah diingat dan mampu menjadi alat komunikasi yang efektif. penjelasan. pembukaan. Untuk mendapatkan kesan itu bisa dibuat dengan memilih gambar yang unik. warna. Jadi tiap slide mewakili sebuah ide yang ingin disampaikan. jenis huruf yang tepat sehingga audiens menjadi antusias mengikuti presentasi.  Alur yang teratur Slide yang baik memiliki alur. dan penutup. Slide yang sederhana hanya menggunakan gambar.Cara Membuat Slide Presentasi agar Terlihat Bagus dan Memenuhi Kriteria :  Slide pembuka Perhatian audiens akan langsug tersita bila slide pembuka dibuat semenarik mungkin.  Visualisasi Otak manusia lebih mudah menyimpan gambar daripada tulisan. Jangan menumpuk ide yang berbeda ke dalam satu slide. Presentasi yang melompat-lompat.

Don’t Do It When Presentation  mumble  talk to the blackboard/screen  apologize all the time  read your talk (unless it is a speech)  sit down while talking  talk in a monotone  have a poor attitude  say “um” repetitively  discuss things you don’t understand . Dekatkan elemen yang merupakan satu kesatuan dan beri jarak dengan elemen yang menjelaskan hal berbeda. Kontras Ciptakan perbedaan antara elemen dalam slide. baik gambar/teks menciptakan hubungan. Pengulangan menciptakan suatu harmoni dalam keseluruhan presentasi. perbandingan. semua diletakkan dengan maksud tertentu. Gunakan pemerataan yang konsisten.  Rekap Selalu buat ringkasan atau kesimpulan dari presentasi powerpoint (PPT) kita. membuat sesuatu lebih menarik.  Pengulangan Manfaatkan elemen yang bisa diulang dalam presentasi antar satu slide dengan slide lain.  Proximity Setiap element dalam presentasi. Dengan demikian audiens dengan mudah mengingat kembali point yang dibahas untuk dibawa pulang. tata letak dan banyak hal lain. pola.  Alignment Tidak ada elemen dalam slide presentasi powerpoint (PPT) berupa gambar/teks yang diletakkan sembarangan. Bisa mengulang warna. Fungsinya menciptakan perbedaan.

 Pyramid. (http://ahlipresentasi. Memperlihatkan proses yang terus menerus. NN.com/doc/100109239/Materi-Presentasi-Efektif. Pada Saat Tanya Jawab Berlangsung  Catat pertanyaan dengan baik. (https://id. C. diakses pada tanggal 1 Oktober 2016). Referensi: NN. Yahya. Grafik SmartArt  List. memperlihatkan pohon keputusan. (tanpa tahun). Materi presentasi efektif. NN. Pelajari selengkapnya tentang grafik smartart. (tanpa tahun). diakses pada tanggal 1 Oktober 2016). bukan hanya kepada penanya.com/2014/09/teknik-presentasi-powerpoint-yang- benar.scribd. Memperlihatkan langkah dalam proses atau garis waktu. diakses pada tanggal 1 Oktober 2016). (https://support.com/id-id/article/Pelajari-selengkapnya-tentang-grafik- SmartArt-344c80f1-3b25-4e1d-bfa1-96bb4759f12a.com/cara-membuat-presentasi-powerpoint-atau-ppt-yang- bagus-dan-efektif/. . Teknik presentasi powerpoint yang benar. Memperlihatkan informasi tidak berurutan. Cara membuat presentasi powerpoint atau ppt yang bagus dan efektif.  Klarifikasi pertanyaan jika perlu. diakses pada tanggal 1 Oktober 2016.  Process. (2014). (http://www.  Matrix.  Jawaban ditujukan kepada seluruh audiens.  Cycle. (tanpa tahun).office. Membuat bagan organisasi.  Hierachy.  Relationship.html. Memperlihatkan bagian-bagian berhubungan secara keseluruhan.  Jawab secara tepat sasaran (to the point).komunikasipraktis. Menggambarkan koneksi. Memperlihatkan hubungan proporsional dengan komponen terbesar pada bagian atas atau bawah.

Contoh Slide Presentasi Komunikasi KOMUNIKASI DAN PERILAKU Merupakan transmisi atau KONSUMEN pengiriman pesan dari pengirim kepada penerima melalui medium (saluran) transmisi Okky Naomi Sahupala Ditta Febrietta Asmaul Jannah Siregar Cahya Suryani .

. TUGAS. Kemudian Buat Slide Powerpoint Se-Efektif Dan Se-Menarik Mungkin. . Kumpulkan Dalam Bentuk Hardcopy. Pilih Satu Materi Dari Salah Mata Kuliah.