You are on page 1of 7

Nama : Made Dika Diatmika

NIM : 1506305108
Absen : 28
Kelas : EKA440 A1

SOAL:
4. Identifikasi empat siklus operasi suatu aktivitas bisnis.
JAWABAN:
1. Siklus Pendapatan
Siklus pendapatan (revenue cycle) merupakan:
1. Rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus
berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas
sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut (Romney & Steinbert, 2005).
2. Kejadian yang terkait dengan distribusi barang dan jasa ke entitas lain dan
pengumpulan kas yang terkait dengan distribusi tersebut (Bodnar & Hopwood, 2006).
Pada siklus pendapatan, terdapat 4 aktivitas dasar bisnis yaitu :
a. Memasukkan pesanan penjualan (sales order entry)
Siklus pendapatan dimulai dari penerimaan pesanan dari para pelanggan. Departemen
bagian pesanan penjualan, melakukan proses memasukkan pesanan penjualan.
Dokumen yang dibuat dalam proses memasukkan pesanan penjualan (sales order).
Proses memasukkan pesanan penjualan mencakup tiga tahap :
1) Mengambil pesanan dari pelanggan
2) Memeriksa dan menyetujui kredit dari pelanggan
3) Serta memeriksa ketersediaan persediaan
b. Mengirim pesanan (shipping)
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan
dan mengirimkan barang dagangan yang dinginkan tersebut. Proses ini terdiri dari dua
tahap : mengambil dan mengepak pesanan, dan mengiri pesanan tersebut beserta
dokumen pengiriman (surat jalan). Departemen bagian perdagangan dan pengiriman
melakukan aktivitas ini.
c. Penagihan dan piutang usaha (billing and accounts receivable)
Aktivitas dasar kketiga dalam siklus akuntansi pendapatan melibatkan penagihan ke
para pelanggan dan memelihar data piutang usaha. Dokumen yang dibuat dalam proses

1

Kejadian yang terkait dengan perolehan barang dan jasa dari entitas lain serta pelunasan kewajiban terkait dengan perolehan barang dan jasa tersebut (Bodnar & Hopwood. 2. persediaan. persediaan. Membayar untuk barang. Memesan barang. persediaan. Siklus Produksi Siklus produksi merupakan kejadian yang terkait dengan transformasi sumber daya menjadi barang dan jasa (Bodnar & Hopwood. dan jasa. Siklus Pengeluaran Siklus pengeluaran (expenditure cycle) merupakan: 1. 2005). b. dan dari pemasok mana akan dibeli. kapan. Siklus produksi ini tidak termasuk 2 . Aktivitas ketiga dalam siklus pengeluaran adalah menyetujui faktur penjualan dari vendor untuk pembayran. 2006). 3. Keputusan penting yang dibut dalam langkah ini adalah mengidentifikasi apa. terdapat tiga aktivitas dasar bisnis yaitu: a. dan jasa Aktivitas pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau perlengkapan. Menerima dan menyimpan barang. Rangkaian kegiatan bisnis dan operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa (Romney & Steinbert. Aktivitas kedua dalam siklus pengeluaran adalah penerimaan dan penyimpanan barang yang dipesan. Yang melakukan aktivitas ini adalah kasir. 2. Menerima pembayaran / kas (cash collection) Langkah terakhir dari siklus pendapatan adalah menerima pembayaran. penagihan adalah faktur penjualan (sales invoice). d. Bagian utang usaha menyetujui faktur penjualan untuk dibayar dan kasir bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran. dan jasa. Siklus ini mencakup kegiatan mengubah bahan mentah dan buruh menjadi produk jadi. Bagian penerimaan bertanggung jawab untuk mengecek dan menerima kiriman dari para pemasok. dan berapa banyak yang dibeli. Dokumen yang dibuat dalam proses pemesanan barang adalah pesanan pembeliaan (purchase order). Dokumen yang dibuat dalam proses penerimaan barang adalah laporan penerimaan barang adalah laporan penerimaan (receiving report) c. 2006) Pada siklus pengeluaran.

Mengumpulkan dan memproses informasi yang digunakan untuk menghitung persediaan serta nilai harga pokok penjualan yang muncul di laporan keuangan perusahaan. Biaya overhead produksi lainnya yang terjadi 4) Akuntansi Biaya a. Tujuan aktivitas ini adalah untuk merancang sebuah produk yang memenugi permintaan dalam hal kualitas. Untuk memberikan informasi untuk perencanaan. b. Operasi mesin yang dilakukan 4. Tujuan dari langkah ini adalah mengembangkan rencana produksi yang cukup efisien untuk memenuhi pesanan yang ada dan mengantisipasi permintaan jangka pendek tanpa menimbulkan kelebihan persediaan barang jadi. Bahan baku yang digunakan 2. dan penilaian kinerja dari operasi produksi 2. Langkah kedua dalam siklus produksi adalah perencanaan dan penjadwalan. 2) Perencanaan dan Penjadwalan a. dan fungsi. b. seperti robot dan mesin yang dikendalikan oleh kompute.harga pokok penjualan. Jam tenaga kerja yang digunakan 3. Memberikan data biaya yang akurat mengenai produk untuk digunakan dalam menetapkan harga serta keputusan bauran produk. Setiap perusahaan membutuhkan data mengenai 4 segi berikut ini dari operasi produksinya : 1. 3. Pada siklus produksi. pengendalian. untuk mengurangi biaya produksi. dan secara simultan meminimalkan biaya produksi. b. terdapat 4 aktivitas dasar bisnis yaitu : 1) Perancangan Produk a. Langkah terakhir dalam siklus produksi adalah akuntansi biaya. Langkah pertama dalam siklus produksi adalah Perancangan produk. ketahanan. Computer-Integrated Manufacturing (CIM) adalah penggunaan berbagai bentuk TI dalam proses produksi. b. Tiga tujuan dasar dari sistem akuntansi biaya adalah: 1. 3) Operasi Produksi a. 3 .

dan perencanaan jasa informasi dalam organisasi. Siklus ini merupakan pelaporan keuangan berupa prosedur pencatatan dan perekaman ke jurnal dan buku besar dan pencetakan laporan-laporan keuangan yang datanya diambil dari buku besar.4. anggaran. Apa tujuan dibentuknya dewan penasihat? JAWABAN: Dewan penasihat adalah alat bagi manajer dari area lain untuk mengendalikan dan memengaruhi kebijakan. Pengguna akhir menjalankan sendiri aktivitas pemrosesan informasi dengan perangkat keras. Mengingat anggota dewan penasihat adalah pengguna jasa sistem informasi. dewan penasihat juga mencakup manajer sistem informasi itu sendiri. Sistem aplikasi dalam siklus keuangan yaitu: 1) Sistem pemilikan. dewan penasihat dapat memberi masukan pengguna sekaligus mengendalikan fungsi sistem informasi. 3) Sistem pelaporan keuangan SOAL: 11. Beri contoh apa yang dimaksud dengan komputasi pengguna-akhir (EUC). dan sebagian staf departemen sistem informasi. anggaran. Siklus ini mencakup kegiatan untuk mendapatkan laba dari investor dan kreditor dan membayar mereka kembali. perangkat lunak. termasuk kas (Bodnar & Hopwood. Siklus Keuangan Siklus keuangan merupakan kejadian yang terkait dengan akuisisi dan pengelolaan dana. Selain itu. 2006). dan manajer pemasaran. dan sumber daya profesional yang disediakan oleh organisasi. JAWABAN: Komputasi pengguna akhir (EUC) adalah penggunaan komputer oleh pengguna akhir. seperti manajer produksi. Staf dari fungsi audit intemal juga dapat menjadi anggota dari dewan penasihat. dan keputusan proyek sistem informasi. atau bisa juga fungsi audit memberikan saran dan mengevaluasi fungsi sistem informasi melalui saluran yang lain. Dewan penasihat bertemu secara berkala satu bulan sekali untuk menetap dan mengevaluasi kebijakan. Dewan penasihat mencakup manajer dari fungsi-fungsi pengguna jasa sistem informasi. 2) Sistem catatan jurnal. Salah satu 4 . SOAL: 13.

Fishco Company merupakan distributor ikan berskala regional yang menjual ikan ke restoran di wilayah selatan Florida. Dengan menggunakan komputer personal yang tersambung ke jaringan dan query. Kronologi kejadian tersebut dapat dilihat pada gambar di atas. Semua penjualan dilakukan secara kredit. dan menyediakan penggantian 5 . Ibu Fischo melakukan pemrograman web. Untuk menyederhanakan operasinya. di www. memanipulasi data tersebut. dan berikutnya laporan yang diminta dikirim ke pengguna. Semua pesanan dikirim ke pelanggan melalui pihak ketiga. menjawab telepon. pengguna tidak melewati spesialis sistem informasi untuk mendapatkan informasi. Fishco hanya melayani pemesanan ikan lewat website. Fishco membeli ikan dari kapal kecil di tempat pelelangan ikan dan membayar hanya dengan cek. Sistem yang amat sederhana ini memungkinkan Bapak dan Ibu Fishco menangani sendiri seluruh kegiatan bisnis.aplikasi EUC umumnya adalah pengambilan informasi dari database organisasi dengan menggunakan bahasa query dari suatu manajemen database (DBMS). Gambar EUC: Aplikasi Mainframe Sebagai contoh. SOAL: 28.com. akuntan mengakses data piutang dagang dari database perusahaan yang terpusat. pengguna membuat dan mengirimkan permintaan ke perangkat lunak pengendali akses database.fishisgoodforyou. tetapi mengembangkan sendiri aplikasi pemrosesan data dan mengimplementasikannya dengan menggunakan perangkat lunak bahasa query. Pekerjaan tersebut kemudian diproses oleh prosessor bahasa query. Sebagaimana diilustrasikan. dan mencetak laporan.

Bagaimana proses bisnis Fischo akan berubah jika Fischo mulai makin besar dan kompleks? d. Tugas Anda a. 4) Pemasaran. namun pesanan tetap dikirim melalui Fischo ke pelanggan dengan perantara pihak ketiga tersebut).com. c.com. dan pengumpulan piutang (dalam hal ini adalah penjualan yang dilakukan bersifat kredit jadi terdapat piuang yang harus dihitung dan dikumpulkan). maka selanjutnya order tersebut akan diproses sehingga dapat dikirim kemudian). menangani akuntansi dan pengumpulan ikan dari tempat pelelangan. Bagaimana proses bisnis Fischo akan berubah jika Fischo tidak hanya menjual ikan. Tentukan proses bisnis mana yang paling penting untuk tujuan strategis Fishco. Bapak Fishco melakukan kegiatan yang lain. tetapi juga menjual udang? JAWABAN: a. pada soal ini Fischo membeli ikan dari kapal kecil di tempat pelelangan ikan dan membayar hanya dengan cek. pada soal ini Fischo melakukan pemrograman web. termasuk menangani akuntansi dan pengumpulan ikan dari tempat pelelangan. pada soal ini disebutkan Fischo menjual ikannya melalui website yaitu www. 2) Logistik penjualan outbound. Namun operasional lainnya seperti pemrograman web. Jadi proses bisnisnya adalah bagaimana operasional Fischo berjalan walaupun tidak terdapat operasional dalam hal memproduksi sesuatu melainkan menjual ikan kembali (reseller). Proses bisnis utama Fischo adalah: 1) Logistik penjualan inbound.fishisgoodforyou. menjawab telepon dan sebagainya menjadi satu kesatuan yang utuh di dalam proses bisnis Fischo. ikan jika pelanggan tidak puas. Semua pesanan dikirim ke pelanggan melalui pihak ketiga. Jadi proses bisnisnya adalah telah terjadi pemrosesan order penjualan (setelah pembeli melakukan order pada website Fischo. pada soal ini Fischo hanya melayani pemesanan ikan lewat website. Semua penjualan dilakukan secara kredit. Jadi. proses bisnisnya adalah bagaimana Fischo membeli ikan dari kapal kecil tempat pelelangan yang kemudian akan dijual kembali nantinya kepada pihak restoran atau pembeli lainnya. 3) Operasi. Ini berarti. b. pengiriman pesanan (walaupun menggunakan pihak ketiga. Identifikasi semua proses bisnis utama Fischo. secara tidak langsung Fischo telah melakukan penawaran ikan mereka melalui website agar orang lain dapat melihat ikan apa yang 6 .fishisgoodforyou. di www. menjawab telepon.

b. pengembangan teknologi yaitu dengan pengembangan website Fischo agar lebih canggih dalam hal pemesanan ikan yang lebih cepat dan mudah. dan di bagian operasional. d. pendapatan baru dan sebagainya. Dengan salah satu cara Fischo yaitu menyediakan penggantian ikan jika pelanggan tidak puas. maka diharapkan akan menjadi suatu strategi yang membedakannya dengan para pesaing dalam hal kepuasan serta loyalitas pelanggan. karyawan yang direkrut misalkan seperti programmer. proses bisnis tentu akan berubah yaitu dengan bertambahnya proses bisnis yang disebut dengan proses bisnis pendukung. Ini merupakan salah satu proses bisnis di dalam memberikan jasa atau pelayanan terbaik bagi pelanggan agar pelanggan tetap setia dan tidak berpindah ke penjual lainnya. c. Secara tidak langsung. Fischo telah melakukan promosi di dalam meningkatkan peluang bisnisnya. akuntan. pemrograman website perlu perbaikan dari segi isi maupun design serta pencatatan akuntansi yang menambah beban. lalu manajemen sumber daya manusia yaitu jika Fischo bertambah besar dan banyak pelanggan. Misalkan di dalam logistik penjualan inbound. akan memungkinkan untuk Fischo merekrut karyawan untuk membantu proses jual beli ikan agar pemilik Fischo tidak terlalu repot sendiri dalam melayani pembeli. Jika Fischo mulai makin besar dan kompleks. lalu di bagian pemasaran tentu yang dipromosikan tidak hanya ikan saja namun udang termasuk di dalamnya. Fischo perlu mencari supplier udang yang berkualitas dan harga lebih murah untuk memenuhi pesanannya. proses bisnis yang paling penting untuk tujuan strategis Fischo adalah jasa. 5) Jasa. Jika Fischo menambah udang untuk dijual. Demi mewujudkan tujuan tersebut. layanan purnajual yang dilakukan oleh Fischo sebagai bentuk perhatian dan tanggungjawab kepada para pelanggan setia adalah menyediakan penggantian ikan jika pelanggan tidak puas. 7 . proses bisnis Fischo akan mengalami perubahan. proses bisnis jasa adalah salah satu cara yang dapat diandalkan. Tujuan strategis berarti tujuan jangka panjang. harga dari ikan tersebut. dan sebagainya. atau bahkan informasi lainnya. Menurut saya. mereka jual. karyawan bagian pengemasan ikan. Tujuan jangka panjang merupakan sesuatu yang ingin dicapai secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Jasa menekankan pada bagaimana kita melayani pelanggan dengan sebaik mungkin agar pelanggan yang berbelanja merasa puas dan tidak akan pernah berpaling ke penjual lainnya. Misalkan saja.