You are on page 1of 8

BAHAN BAKAR

1. PENGERTIAN BAHAN BAKAR

Bahan bakar adalah merupakan bahan yang apabila dibakar dapat meneruskan proses
pembakaran dengan sendirinya, disertai pengeluaran kalor. Suatu bahan bakar dapat
terbakar dengan sendirinya karena adanya kalor dari sumber kalor. kalor yang
dihasilkan dari proses pembakaran. Bahan bakar adalah suatu material dengan suatu
jenis energi yang bisa diubah menjadi energi berguna lainnya. Contoh yang umum
adalah energi potensial yang dirubah menjadi energi kinetis. (wikipedia,2010).
Bahan bakar adalah setiap bahan yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi untuk
menghasilkan kerja mekanik secara terkendali. Dengan kata lain, ini adalah zat yang
menghasilkan energi, terutama panas yang dapat digunakan. Ditinjau dari sudut teknis
dan ekonomis, bahan bakar diartikan sebagai bahan yang apabila dibakar dapat
meneruskan proses pembakaran tersebut dengan sendirinya, disertai dengan pengeluaran
kalor.
Penggunaan bahan bakar seperti gas alam, minyak bakar di rumah kita, dan
batubara contohnya adalah untuk memanaskan air menghasilkan steam untuk
menggerakan turbin untuk sistim pembangkitan tenaga yang sangat besar. Bahan bakar
tersebut batubara, minyak bakar, dan gas alam sering disebut sebagai bahan bakar fosil.
Ada berbagai jenis bahan bakar (seperti bahan bakar cair, padat, dan gas) yangtersedia
tergantung pada berbagai faktor seperti biaya, ketersediaan, penyimpanan, handling,
polusi dan peletakan boiler, tungku dan peralatan pembakaran lainnya.

2. JENIS – JENIS BAHAN BAKAR

Bagian ini menerangkan tentang jenis bahan bakar: padat, cair, dan gas.
► Bahan bakar padat : batu bara, arang, kayu
►Bahan bakar cair : bensin, minyak solar, minyak tanah
►Bahan bakar gas : elpiji

Sepeda Motor Sistem Bahan Bakar Konvensional (Unit Pelaksana Teknis Pelatihan
Kerja Mojokerto 2009).Pada kendaraan – kendaraan yang sering dilihatdi jalan,
umumnya mempergunakan bahan bakar cair yaitu bensin atau minyak solar. Hal ini
dikarenakan bensin dan minyak solar merupakan bahan bakar yang efektif dalam
penggunaannya, karena mempunyai beberapa kelebihan antara lain :

serta kegiatan-kegiatan industri lainnya. Di banyak negara angka-angka ini jauh lebih tinggi: Polandia menggunakan batu bara lebih dari 94% untuk pembangkit listrik. batuan organik yang terutama terdiri dari karbon. Premium adalah bensin dengan mutu yang diperbaiki. terbentuk dari endapan. padahal volatility yang rendah dapat menyebabkan bensin susah terbakar Bahan Bakar Padat (Batubara) Batu Bara adalah salah satu sumber energi yang penting bagi dunia. yaitu nilai kalor (calorific value) yang merupakan sejumlah energi panas yang bisa digunakan untuk menghasilkan kerja/usaha dan volatility yang mengukur seberapa mudah bensin akan menguap pada suhu rendah. Untuk mesin bensin dipakai bensin dan untuk mesin diesel disebut minyak diesel. Batu bara telah memainkan peran yang sangat penting ini selama berabad-abad tidak hanya membangkitkan listrik. Cina 77%. Menurut definisinya batu bara adalah bahan bakar fosil. Dua hal tadi perlu dipertimbangkan karena semakin naik nilai kalor. Batu bara terbentuk dari tumbuhan yang telah terkonsolidasi antara strata batuan lainnya dan diubah oleh kombinasi pengaruh tekanan dan panas selama jutaan tahun sehingga membentuk lapisan batu bara. volatility-nya akan turun. air dan sumber daya pengganti. Unsur utama bensin adalah carbon (C) dan hydrogen (H). Afrika Selatan 92%. Pemilihan bensin sebagai bahan bakar di dasarkan pertimbangan dua kualitas . Bensin terdiri dari octane (C8H18) dan nepthane (C7H16).nuklir. Batu bara merupakan sumber energi yang mengalami pertumbuhan yang paling cepat didunia di tahun-tahun belakangan ini lebih cepat daripada gas.►Relatif ringan ►Effisien untuk menghasilkan panas ►Sisa pembakaran sedikit dan tidak merusak mesin ►Cara penyimpanannya mudah (susai kondisi tempat) Bahan bakar bensin merupakan persenyawaan Hidro-karbon yang diolah dari minyak bumi. Tinjauan ini menguraikan peran penting batu bara . minyak. Bahan bakar yang umum digunakan pada sepeda mesin adalah bensin. Batu bara dapat terbakar. namun juga merupakan bahan bakar utama bagi produksi baja dan semen. yang digunakan pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik hampir 40% diseluruh dunia. dan Australia 76%. Sumber Daya Batu Bara menyajikan tinjauan lengkap mengenai batu bara danmaknanya bagi kehidupan kita. hidrogen dan oksigen.

1. sebagai sumber energi dan betapa pentingnya batu bara bersama sumber energi lainnya dalam memenuhi kebutuhan energi dunia yang berkembangdengan cepat. Dimana bahan bakar gas merupakan bahan bakar yang hanya .2.1 Jenis –Jenis Batubara Kandungan karbon dan energy batubara Tinggi Tinggi Kandungan kelembaban batubara Batubara dengan mutu Batubara Keras 53% rendah 47% Batubara muda Sub-bitumen Bitumen 52% Antrasit -1% 17% 30% Thermal Batu bara Metalurgi untuk ketel uap Batu bara kokas Sebagian besar PembangkitPembangki listrik Pembangkit listrik Pembuatan Dalam untuk pembangkit Produksi semen Produksi semen besi dan baja Negri/industry listrik Penggunaan untuk Penggunaan untuk Termasuk bahan industri industri bakar minyak tanpa asap Sumber Daya Batu Bara: Tinjauan Lengkap Mengenai Batu Bara Bahan Bakar Gas Suatu bahan bakar merupakan hal yang paling dibutuhkan yaitu bahan bakar gas.

Propilen (C3 H6).52 22200 25 1967 0.2.Dari proses industri lainnya (gas blast furnace) Sifat-sifat fisik dan kimia berbagai bahan bakar gas Bahan Massa jenis Nilai kalor Perbandingan Suhu nyala Kecepatan bakar gas relatif yang lebih udara api nyala api tinggi (m3)/bahan o ( C) m/s kkal/Nm3 bakar (m3) Gas alam 0.290 Propan 1.870 LPG LPG terdiri dari campuran utama propan dan Butan dengan sedikit persentase hidrokarbon tidak jenuh (propilen dan butilene) dan beberapa fraksi C2 yang lebih ringan dan C5 yang lebih berat.460 Butan 1.Metan dari penambangan batubara  Bahan bakar gas yang terbuat dari bahan bakar padat . LPG merupakan campuran dari hidrokarbon tersebut yang berbentuk gas pada tekanan atmosfir. . namun dapat diembunkan menjadi bentuk cair pada suhu normal. ada pula gas dari kotoranhewan ternak yang sering kita temui yaitu ternak sapi.1 Jenis-jenis bahan bakar gas Berikut adalah daftar jenis-jenis bahan bakar gas:  Bahan bakar yang secara alami didapatkan dari alam: . normal dan iso-butan (C4 H10)dan Butilen (C4 H8).Gas yang terbentuk dari limbah dan biomasa .Gas alam .2. Dalam Gas yang sering kita tahu yaitu dikirimkan melalui jaringan pipa distribusi sehingga cocok untuk wilayah yang berpopulasi tinggi atau padat industry dan banyak pemakai perorangan yang besar memiliki penyimpan ga s.memerlukan sedikit handling dan sistim pembakaran yang sangat sederhana dan mudah perawatan sekaligus mudah dicari. Sering sekali kita dapat temui para memilik tahu yang sering memanfaatkan limbah tahunya sebagai gas.96 28500 32 1973 0. bahkan beberapa diantara mereka memproduksi gasnya sendiri. Senyawa yang terdapat dalamLPG adalah propan (C3 H8).Gas yang terbentuk dari batubara .6 9350 10 1954 0.

uap dapa tmengalir didekat permukaan tanah dan turun hingga ke tingkat yang paling rendah dari lingkungan dan dapat terbakar pada jarak tertentu dari sumber kebocoran.41 - Oksigen 1 9. Nitrogen. LPG cair. Pada udara yang tenang. Gas ini bercampur dengan udara dan tidak menghasilkan asap atau jelaga. Sulfur dalam jumlah yangsangat sedikit juga ada. disimpan danditransport dalam bentuk cair dengan tekanan tertentu.76 25 Sulfur 3 0.2.75 Abu Sedikit 38. Metan merupakankandungan utama gas alam yang mencapai jumlah sekitar 95% dari volumtotal.Untuk membantu 2.Uap LPG lebih berat dari udara: butan beratnya sekitar dua kali beratudara dan propan sekitar satu setengah kali berat udara.3 Gas alam Ada gas alam yag sering kita ucakan tapi kita tidak tahu gas tersebutmemiliki fungsi dan kandungan yang besar dalam gas alam. Perbandingan kadar karbon dalam minyak bakar. Walaupun digunakansebagai gas. lebih ringan dari udara dan menyebar ke udara denganmudahnya jika terjadi kebocoran.Lolosnya gas cair walaupun dalam jumlah sedikit. batubara dan gas diberikan dalam tabel dibawah.98 - Bahan Bakar Cair . jika menguapmembentuk gas dengan volum sekitar 250 kali. uap akan tersebar secara perlahan. biasanya sifat metan digunakan untuk membandingkan sifat-sifat gasalam terhadap bahan bakar lainnya. namun untuk kenyamanan dan kemudahannya. dapat meningkatkan campuran perbandingan volum uap/udara sehingga dapat menyebabkan bahaya. Komponen lainnya adalah: Etan. Propan.89 sedikit Nitrogen Sedikit 1. KarbonDioksida. Pentan. Gas alam merupakan bahan bakar dengannilai kalor tinggi yang tidak memerlukan fasilitas penyimpanan. Gas ini tidak juga mengandung sulfur.dengan tekanan yang cukup besar. Jenis Gas Bahan bakar minyak Batu bara Gas Alam () (%) (%) Karbon 84 41. Karena metan merupakan komponen terbesar dari gasalam. Sehingga.11 74 Hidrogen 12 2.22 0. dan gasgas lainnya dalam jumlah kecil.63 - Air Sedikit 5.

3. Minyak Residu . transportasi maupun rumah tangga adalah fraksiminy ak bumi.seperti timbulnya asap dan kabut putih. Makin tinggi angka cetana. Mutunya ditentukan oleh angka cetana. Bahan Bakar Diesel Bahan bakar diesel atau minyak diesel dipakai untuk mengoperasikan mesin diesel atau “compression ignition engine”. Bensin/gasolin/premium. minyak solar. tetapi perbandingannya berbeda.Dibawah ini diantaranya adalah bahan bakar cair : 1. sedang aromatik mempunyai angka cetana = 0. Setiap minyak petroleum mentah mengandung keempat kelompok senyawa tersebut. Bensin atau Gasolin atau Premium 2. Kelompok senyawa ini berbeda dari yang lain dalam kandungan hidrogennya. Bahan bakar cair seperti minyak tungku/ furnace oil dan LSHS (low sulphur heavy stock) terutama digunakan dalam penggunaan industri.- Minyak bakar.dan penerangan lampu kereta api di masa lalu.Mutu kerosen tergantung pada sifatnya dalam uji lampu (lamp test) dan uji bakar. Bahan bakar cair adalah bahan bakar yang strukturnya tidak rapat. sebagian besar berupa parafin (lilin). minyak bakar.KerosenTermasuk kerosen adalah:. Unjuk kerja adalah persentase rata-rata daya yangdapat diperoleh dari mesin dengan bahan bakar tertentu dibandingkan dengandaya yang diperoleh dari bahan bakar yang mempunyai angka cetana = 100. makin tinggi unjuk kerja yang diberikan oleh bahan bakar diesel. jika dibandingkandengan bahan bakar padat molekulnya dapat bergerak bebas. bahan bakar kapal laut.d an lain-lain. biasa dipakai untuk dapur rumah tangga. seperti: bensin atau premium. olefin. O minyak prafin.Bahan bakar turbin gas pada pesawat terbang.minyak solar. Minyak bumi adalah campuran berbagai hidrokarbon yangtermasuk dalam kelompok senyawa: parafin. Asap disebabkan oleh hidrokarbonaromatik sedang kabut putih oleh disulfida. Cetan murni mempunyai angka cetana = 100. dan aromatik.3. minyak tanah adalah contoh bahan bakar cair. Perbedaan minyak mentahyang utama ialah: O minyak aspaltik. jika disuling akan menghasilkan beberapa macam fraksi.Angka cetana adalah besarnya kadar volume cetana dalam campurannya denganmetilnaphtalen. Bahan bakar cair yang biasa dipakai dalam industri. naphtena.Minyak mentah. yang terdiri sebagian besar naphtena dan aromatik. 4. kerosen atau minyak tanah.

Sebagian besar terdiri dari metana.2. Batubara: Batubara terbentuk dari tumbuhan. tetapi mungkin mengandung unsur-unsur lain juga. pemakaian minyak residu dalam ketel uap akanlebih murah dibanding batubara. SUMBER BAHAN BAKAR Ada tiga jenis utama yang secara luas digunakan untuk produksi energi dan banyakproduk lainnya: minyak bumi. dansemakin kekurangan oksigen. masing-masing yangdapat diekstraksi untuk produksi energy . Dengan kondisitersebut. Kumpulan minyak sering ditemukan di lokasi yang sama seperti gas alam. lumut dan pohon-pohon yangtinggal di dekat garis pantai dan di rawa-rawa dan rawa jutaan tahun yanglalu. Pada dasarnya setiap bahan bahabakar apa bila digunakan terus menerus maka akan habis. Disamping itu.Minyak residu biasa digunakan pada ketel uap. Batubara berjalan melalui berbagai tahap pembangunan berdasarkan peningkatan kadar karbon. baik yang stasioner maupun yang bergerak. minyak bumi istilah mencakup beberapa jenis hidrokarbon. oleh karena itu dapat Dilihatdarimana sumber bahan bakar ini berasa 1. dan diekstraksi dalam proses yang sama. Gas alamlebih disukai karena luka bakar lebih . pemakaian minyak residu tidak menimbulkan masalah abu. 3. yaitu senyawa yang terutama terdiri darihidr ogen dan karbon. batubara dan gas alam. dan batubara mengandung kadar tinggi karbon terbakar bersih dibandingkan dengantingkat yang lebih rendah.Minyak terbentuk terutama dari vegetasi laut dan bakteri yang hidup dilautan atau air asin lingkungan jutaan tahun lalu lainnya. Akan tetapi pada ketel uap tekanan tinggi dan suhu tinggi dapat menimbulkan korosi dan kerusakan pada “superheater tube”. yang hampir seluruhnya terdiri dari karbon. Bentuk paling murni batubara grafit.gas alam yang sering ditemukan di atas simpanan minyak bumi karenakepadatan lebih rendah. materi organik menjadi lebih kaya dalam karbon dan hidrogen. Petroleum: Disebut juga minyak mentah. mereka perlahan-lahan ditutupi dengansedimen dan dari waktu ke waktu menekan jauh ke dalam bumi di manamereka dipengaruhi oleh meningkatnya panas dan tekanan.Gas Alam: Gas alam terbentuk terutama dari sisa-sisa plankton. Ketika tanaman tersebut mati. Pemakaian minyak residu kecuali dalam ketel uap antara lain:5. atau jenisorganisme air kecil termasuk ganggang. Dalam hal instalasinya.

pemanas air dan lain-lain. 6. uap menjadi terkondensasi dan kembali keketel untuk dipanaskan sekali lagi (lihat diagram pada halaman 21). Uap mendorong bilah-bilah tersebut sehingga poros turbin berputar dengan kecepatan yang tinggi. digunakan di pembangkitlistrik untuk mengalirkan listrik. Gas alam umumnya digunakan dalam perumahan dan industrimakana n untuk masak. Pembangkit listrik konvensional yang pertama menggunakan batu bara bongkahan yang dibakar diatas rangka bakar dalam ketel untuk menghasilkan uap. Dalam sistem pulverised coal combustion (PCC – pembakaran serbuk batu bara) ini. Gas panas dan energi panas yang dihasilkan mengubah air – dalam tabung-tabung ketel– menjadi uap.Pada 3 Jenis Bahan Bakar yang tidak dapat diperbaharui namun keberadannyasangat penting bagi kehidupan manusia modern.Uap tekanan tinggi disalurkan ke dalam suatu turbin yang memiliki ribuan bilah baling-baling. Setelah melewati turbin. Kini. batu bara digiling dahulu menjadi bubuk untuk memperluas permukaan kontak sehingga reaksi pembakaran menjadi lebih cepat.CARA PENGOLAHAN / PRODUKSI BAHAN BAKAR Cara Mengubah Batu Bara Menjadi Listrik Batu bara ketel uap. Satu pembangkit listrik terpasang di salah satuujung poros turbin dan terdiri dari kumparan kabel terbuka. serbuk batu bara ditiupkan ke dalam ruang bakar ketel serbuk batu bara tersebut di bakar pada suhu yang tinggi. . Listrik yangdihasilkan ditransformasikan ke tegangan yang lebih tinggi – mencapai 400000volt – yang digunakan transmisi ekonomis yang efisien. bersih daripada batu bara dan minyak bumi. Listrik dihasilkan pada saat kumparan tersebut berputar dengan cepat dalam suatu medan magn etik yang kuat. juga disebut batu bara termal.