You are on page 1of 6

Faedah Zakat

Faedah agama (Diniyyah )
1. Dengan berzakat berarti telah menjalankan salah satu dari Rukun Islam yang
mengantarkan seorang hamba kepada kebahagiaan dan keselamatan dunia dan
akhirat.
2. Merupakan sarana bagi hamba untuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada Rabb-nya, akan
menambah keimanan karena keberadaannya yang memuat beberapa macam ketaatan.
3. Pembayar zakat akan mendapatkan pahala besar yang berlipat ganda,sebagaimana firman
Allah , yang artinya: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah” (QS: Al Baqarah:
276). Dalam
sebuah hadits yang muttafaq ” alaih Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam ” juga
menjelaskan bahwa sedekah dari harta yang baik akan ditumbuhkan kembangkan oleh Allah
berlipat ganda.
4. Zakat merupakan sarana penghapus dosa.

Faedah akhlak (Khuluqiyah)
1. Menanamkan sifat kemuliaan, rasa toleran dan kelapangan dada kepada pribadi pembayar
zakat.
2. Pembayar zakat biasanya identik dengan sifat rahmah (belas kasih) dan lembut kepada
saudaranya yang tidak punya.
3. Merupakan realita bahwa menyumbangkan sesuatu yang bermanfaat baik berupa harta
maupun raga bagi kaum Muslimin akan melapangkan dada dan meluaskan jiwa.
Sebab sudah pasti ia akan menjadi orang yang dicintai dan dihormati sesuai tingkat
pengorbanannya.
4. Di dalam zakat terdapat penyucian terhadap akhlak.
5. Menjadi Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah.

Faedah kesosialan ( Ijtimaiyyah )
1. Zakat merupakan sarana untuk membantu dalam memenuhi hajat hidup para fakir miskin
yang merupakan kelompok mayoritas sebagian besar negara di dunia.
2. Memberikan dukungan kekuatan bagi kaum Muslimin dan mengangkat eksistensi mereka.
Ini bisa dilihat dalam kelompok penerima zakat, salah satunya adalah mujahidin fi sabilillah .
3. Zakat bisa mengurangi kecemburuan sosial, dendam dan rasa dongkol yang ada dalam
dada fakir miskin. Karena masyarakat bawah
biasanya jika melihat mereka yang berkelas ekonomi tinggi menghambur-hamburkan harta
untuk sesuatu yang tidak bermanfaaat bisa
tersulut rasa benci dan permusuhan mereka.
Jikalau harta yang demikian melimpah itu dimanfaatkan untuk mengentaskan kemiskinan
tentu akan terjalin keharmonisan dan cinta
kasih antara si kaya dan si miskin.
4. Zakat akan memacu pertumbuhan ekonomi
pelakunya dan yang jelas berkahnya akan melimpah.
5. Membayar zakat berarti memperluas peredaran harta benda atau uang, karena ketika harta
dibelanjakan maka perputarannya akan meluas dan lebih banyak pihak yang mengambil
manfaat.

Hikmah Zakat

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri  Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri : "Nawaitu an ahroja zakat fitri annafsi fardholillahi ta'ala"  Artinya : "saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas diri sendiri saya sendiri. Dengan demikian. Dengan demikian.  Artinya : " Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari'at.. Pilar amal jama’i antara mereka yang berada dengan para mujahid dan da’i yang berjuang dan berda’wah dalam rangka meninggikan kalimat Allah SWT. Apakah dalam berzakat harus ada ijab qabul ? Lalu. 5. Ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Alat pembersih harta dan penjagaan dari ketamakan orang jahat. 6. donasi itu masuk ke rekening zakat yang telah ditetapkan oleh lembaga zakat.. Dukungan moral kepada orang yang baru masuk Islam. 4. 3. seseorang yang menyalurkan zakatnya tanpa ada akad hukumnya sah. Untuk pengembangan potensi ummat. 8. Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan keluarga  Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan keluarga : "Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa 'an jami'i maa yalzamuni nafqu tuhun syiar a'an far dzolillahi ta'ala". fardhu karna Allah Ta'ala. Menambah pendapatan negara untuk proyek-proyek yang berguna bagi ummat. 2. Lafaz Doa Niat Zakat Fitrah dan Artinya Terdapat beberapa doa niat zakat fitrah berdasarkan dari siapa yang ingin dizakatkan antara lain sebagai berikut. 1. Yang terpenting. . 2. Bagaimana dengan pembayaran zakat melalui transfer bank atau atm ? Para ulama tidak memasukkan ijab qabul dalam rukun atau syarat sahnya zakat. ATM atau fasilitas yang lainnya. tidak masalah bagi seseorang yang menyalurkan zakatnya ke lembaga zakat melalui transfer Bank.Hikmah dari zakat antara lain: 1. fardhu karena Allah ta'ala". Mengurangi kesenjangan sosial antara mereka yang berada dengan mereka yang miskin. 7. Membersihkan dan mengikis akhlak yang buruk.

.3..  Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) fardhu karena Allah Ta'ala". fardhu karena Allah ta'ala".  Artinya : "Ya Allah jadikanlah ia sebagai simpanan yang menguntungkan dan jangan jadikanlah ia pemberian yang merugikan". 2...) fardzolillahita'ala"...  Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya... Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak perempuan kita  Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak perempuan kita : "Nawaitu an uhrija zakat fitri ambinti (.) fardzolillahi ta'ala". walaa taj'alhaa maghraman". 1. 4.. 5. Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak laki-laki kita  Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak laki-laki kita : "Nawaitu an uhrija zakat fitri (... Bacaan Doa Niat Membayar Zakat Fitrah  Bacaan Doa Niat Membayar Zakat Fitrah : "Allahumma j'alhaa maghnaman.  Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya). Bacaan Doa Niat Menerima Zakat Fitrah . Bacaan Doa Niat Membayar dan Menerima Zakat Fitrah Dalam melakukan zakat fitrah terdapat serah terima antara pemberi dan penerima zakat yang disertai dengan doa kedua belah pihak antara lain sebagai berikut. fardhu karena Allah Ta'ala. Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk istri  Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk istri : "Nawaitu an-uhrizakat fitri an zaw jati fardzolillahita 'ala"..

Pengertian zakat menurut bahasa adalah membersihkan diri atau mensucikan diri. tua atau muda. 1. 3. Dari Ibnu Abbas radhiallau anhu berkata : . Artinya : "Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat ..2 liter. Syarat. Dalil Mengenai Zakat Fitrah Sebagaimana firman Allah SWT : Artinya : "Dan dirikanlah shalat.  Artinya : Semoga Allah memberi pahala atas apa yang telah kau berikan. (Pengertian. perempuan.5 kg. Hukum. atau 2.. dan melimpahkan berkah terhadap harta yang tersisa". wa baraaka laka fiimaa abqaita. tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Zakat fitrah dikeluarkan berupa makanan pokok yang dibayarkan sebanyak 3. menjadikannya penyuci (jiwa dan harta) untukmu. Hukum Membayar Zakat Fitrah Membayar zakat fitrah atau zakat fitri adalah hukumnya wajib ain yang artinya wajib bagi umat muslim laki-laki. tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku". perempuan. tua dan muda. pada awal bulan ramadhan sampai menjelang idul fitri. Dan kebaikan apa saja kamu usahakan bagi dirimu. Rukun & Ketentuan)| Sudah lengkapkah pengetahuan anda mengenai Zakat Fitrah ?. Tujuan zakat fitrah adalah untuk membersihkan jiwa atau menyucikan diri dari dosa-dosanya dan memberikan makan bagi fakir miskin. 2. Secara umum. Sedangkan pengertian zakat menurut istilah adalah ukuran harta tertentu yang wajib dikeluarkan kepada orang yang membutuhkan atau yang berhak menerima dengan beberapa syarat sesuai dengan syariat islam. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan". Pengertian Zakat : Apa itu Zakat ?. merdeka atau budak.. waj'alhu laka thahuuraa". Pengertian zakat terbagi atas dua yaitu pengertian zakat menurut bahasa dan pengertian zakat menurut istilah. (QS: Al-Baqarah 2:110). Pengertian Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam baik laki-laki. besar atau kecil.  Bacaan Doa Niat Menerima Zakat Fitrah : "Aajarak-llahuma fiima a'thaita. (QS: Al-Baqarah 2: 43).

 Memiliki harta yang berlebih dengan ketentuan kelebihan harta untuk dirinya sendiri dan untuk keluarganya. Waktu Pembayaran Zakat Fitrah Terdapat beberapa waktu yang diperbolehkan dalam membayar zakat fitrah baik itu yang wajib.. dan haram antara lain sebagai berikut.  Wajib yang diperbolehkan yaitu dari bulan ramadhan sampai terakhir bulan Ramadhan  Waktu yang wajib adalah pada saat terbenamnya matahari pada penghambisan bulan Ramadhan (malam takbiran) . Sedangkan bagi yang kekurangan tidak diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. sunnah. Syarat-Syarat Wajib Membayar Zakat Fitrah  Orang Islam. 5. makruh..Artinya : "Rasullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah sebagai penyuci bagi orang yang berpuasa dari perbuatan yang sia-sia dan kata-kata kotor serta sebagai pemberian makanan untuk orang-orang miskin". Dari Ibnu Umar radhiallahu anhuma berkata : Artinya : "Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menfardukan zakat fitrah satu sha' kurma atau satu sha' gandum atas budak sahaya orang merdeka laki-laki wanita kecil dan besar dari kaum muslimin. Rukun-Rukun Zakat Fitrah  Niat untuk menunaikan zakat fitrah dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT  Terdapat pemberi zakat fitrah atau musakki  Terdapat penerima zakat fitrah atau mustahik  Terdapat makanan pokok yang dizakatkan  Besar zakat fitrah yang dikeluarkan sesuai agama islam 6. 4. sedangkan bagi orang yang bukan islam tidak diwajibkan  Membayar zakat fitrah dilaksanakan setelah terbenamnya matahari dari bulan ramadhan sampai akhir bulan ramadan. Dan nabi memerintahkan untuk ditunaikan sebelum keluar orang- orang menuju shalat".

yaitu dibayarkan sesudah shalat subuh.  Berdosa karena zakat fitrah wajib dilakukan bagi orang yang bercukupan  Puasa yang dikerjakan kurang sempurna  Menjadi orang yang kupur nikmat  Seperti memakan hak orang lain  Terbentuk sifat kikir (bakhil) dan egois. yaitu membayar zakat fitrah setelah terbenam matahari pada hari raya idul fitri 7.  waktu pengeluaran adalah malam hari sampai dengan menjelang pelaksanaan shalat idul fitri  Zakat fitrah berupa makan pokok masyarakat setempat .. Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Melaksanakan Zakat Fitrah  Orang yang wajib dibayarkan zakat fitrahnya adalah seluruh dari anggota keluarga dan orang yang ditanggungnya  Bayi yang lahir sebelum waktu magrib tanggal 1 syawal wajib dizakati. Akibat Tidak Mengeluarkan/Membayar Zakat Fitrah Bagi orang yang bercukupun lantas tidak membayar zakat fitrah atau fitri akan menerima berbagia akibat antara lain sebagai berikut. kurma untuk setiap orang yang membutuhkan atau fakir miskin yang jumlah pembayaran zakat fitrah adalah 3. yaitu membayar zakat fitrah sesudah shalat ied. sebelum pergi shalat ied  Waktu makruh.. 8.  Rezeki akan sempit 9.  Waktu Haram.2 liter atau 2.5 kg beras. gandum. Ukuran Membayar/Pembayaran Zakat Fitrah Benda yang digunakan zakat fitrah adalah makanan pokok menurut tiap-tiap daerah seperti beras. tetapi belum terbenam matahari pada hari raya idul fitri. Termasuk wanita yang dinikahi sebelum waktu magrib tanggal 1 syawal wajib dizakati oleh suaminya.  Orang yang berkewajiban mengeluarkan zakat fitrah untuk diri dan keluarganya adalah mereka yang punya kelebihan makanan di hari idul fitri.  Waktu Sunnah.