You are on page 1of 7

STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN (SP

)
Masalah : Defisit Perawatan Diri
Membimbing pasien menjaga perawatan diri :menggosok gigi

A. PROSES KEPERAWATAN
1. Kondisi
a Klien tampak giginya kotor.
2. Diagnosa Keperawatan
Defisit perawatan diri :kebersihan diri berhubungan dengan menurunnya kemampuan diri
motivasi perawatan diri .
3. Tujuan Khusus
a. Klien dapat melaksanakan perawatan diri dengan bantuan perawat

B. STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN (SP)
1. Orientasi
a. Salam Terapeutik
“Selamat pagi. Mas Tono,masih ingat dengan suster Ari?Seperti janji kita kemarin ktita akan
ngobrol yang bertujuan untuk mengetahui cara- cara menjaga perawatan diri ,mas Tono
bersedia?
b. Evaluasi/Validasi
“Bagaimana perasaan mas Tono hari ini ?....pagi tadi mas Tono,apakah sudah menggosok gigi
?”
c. Kontrak
1) Topik
“Bagaimana kalau kita bercakap-cakap tentang cara- cara menjaga perawatan diri khususnya
menggosok gigi?
2) Tempat
“Dimana kita akan berbincang-bincang Mas ?, o o o.... di teras dekat kamar mandi ujung,
baiklah”.
3) Waktu
“Kita akan bercakap-cakap berapa menit ?”. “15 menit !”, ya baiklah”.

2. Kerja
“yeah sekarang kita akan belajar cara menggosok gigi, pertama mas Tono siapkan alatnya dulu,
seperti handuk, pasta gigi, gelas untuk berkumur dan sikat gigi. Pertama mas Tono
berkumur,kemudian buka pasta gigi oleskan pada sikat gigi secara merata,kemudian
menggosok gigi secara merata ,gigi disikat dari arah atas kebawah, menggosok seluruh gigi
dari depan sampai belakang kemudian masTono berkumur dan membuang pada tempatnya
misalnya ini ada bengkok, setelah semuanya selesai bersihkan mulut menggunakan
handuk.Sekarang mas Tono coba.

3. Terminasi
a. Evaluasi Subyektif
“Bagaimana perasaan mas Joko setelah belajar cara menggosok gigi yang benar ?”.
b. Evaluasi Obyektif
“ Tampaknya tadi mas Tono sudah dapat menggosok gigi dengan cara yang benar.tepat sekali”

mungkin Mas Joko punya tempat yang teduh dan santai untuk ngobrol ?” 3) Waktu “Berapa lama kita akan bercakap-cakap ?”. Kontrak 1) Topik “Bagaimana kalau kita bercakap-cakap tentang cara menjaga perawatan diri berpakaian yang rapi?Setuju”. c. Evaluasi/Validasi : Menanyakan kembali topic yang diinginkan klien (perawatan tali pusat pada bayi) c. mulai nanti sore mas Tono mulai menggosok gigi setiap kali mandi dan sebelum tidur. Mas!”.ORIENTASI a. Kondisi klien adalah post partum ( anak pertama ) 2. selamat pagi di sertai dengan mengulurkan tangan) b. Kontrak : Topic : Perawatan tali pusat pada bayi Waktu : jam 0700 wib Tempat : ruang rawat bayi d. “Sampai jumpa besok ya. Tujuan : Untuk menambah pengetahuan klien tentang perawatan ali pusat bayi 2. Rencana Tindak Lanjut “Baiklah mas. Salam Terapeutik : Memberi salam kepada klien (assalamualaikum. Tindakan keperawatan adalah peawatan tali puasat pada bayi a.” d. Tujuan khusus adalah klien dapat memahami dan mandiri dalam melaksanakan cara perawatan tali pusat 4.Proses Keperawatan 1. Diagnosa keperawatan dalam rangka perawatan tali pusat 3. 2) Tempat “Baiklah kalau begitu. Perlengkapan membersihkan tali pusat sediakan yaitu : kasa steril. PERAWATAN TALI PUSAR a.KERJA Memberi penjelasan tentang materi yang ingin disampaikan Perawatan tali pusat bayi : a. catombath/kapas lidi yang kering . ”10 menit atau 15 menit”. alkohol. Strategi komunikasi dalam pelaksanaan tindakan keperawatan 1. dimana kita akan bercaka-cakap.

b. TERMINASI a. Topic : Cara pemberian asi yang benar b. Bungkus tali pusat dengan kasa steril yang kering 3. Tempat : Ruang rawat klien .Rencana Tindak lanjut Mencontohkan kepada klien bagaimana aplikasi dari materi yang telah diberikan (mencontohkan bagaimana melakukan perawatan tali pusat pada bayi) dan meminta klien untuk mengulangnya kembali.atau memberi kesempatan kepada klien untuk bertanya.00 wib c. Waktu : 13. Bersihkan tali pusat dari pangkal sampai ujung terlebih dahulu dengan catombath yang sudah di beri alkohol. lalu di sekitar pusat juga di bersihkan sekelilingnya dengan catombath d. bersihkan tali pusat dengan menggunakan sabun dan air ( saat mandi) kemudian keringkan tali pusat c. Kontrak Yang Akan Datang a.Evaluasi Respon Klien Menanyakan kembali kepada klien apakah sudah mengerti atau belum dan meminta klien mengulang kembali materi yang telah dijelaskan. c. b.

Tina berkumur dahulu. Selesai menggosok gigi. STRATEGI PELAKSANAAN Perawatan Diri Pada Anak : Cara Menggosok Gigi No Tahapan / Fase Kalimat Perawat Kalimat Pasien 1. Kalau waktunya adik mau bercakap-cakap berapa lama? Baik dik Tina kita berbincangnya tidak lama hanya 15 menit” 2. tapi adik menggosok gigi?” belum sikat gigi pagi ini sus” . Kalau boleh tau nama adik siapa?” . perkenalkan “Selamat pagi sus” nama saya Triana Utari. catombath/kapas lidi yang kering Langkah pertama dik “Sekarang saya coba sus. alkohol. bisa dipanggil kak Triana.Salam Terapeutik “Selamat pagi adik.Kontrak waktu.Evaluasi / Validasi “Bagaimana keadaan adik hari “Keadaan adik sudah ini? Apakah pagi ini adik sudah lebih baik. Setelah selesai dik Tina bias . Orientasi . tempat dan “Hari ini kakak akan membimbing “Di teras kamar mandi tujuan tindakan adik Tina untuk menggosok gigi ujung saja sus” yang benar. Kakak yang “Nama adik Tina sus” akan merawat adik pagi ini. kemudian dik Tina menggosok secara merata dari arah atas ke bawah dengan gerakan membulat lanjut dari depan sampai ke belakang bagian gigi. tujuannya agar gigi dik Tina terlihat lebih bersih dan sehat. Dimana dik Tina mau berbincang-bincang? Baiklah “Jangan lama-lama ya kalau begitu kita akan berbincang sus” di teras dekar kamar mandi ujung. Kerja Sekarang saya akan membimbing ibu Rina cara merawat tali pusat. “Iya suster” Jadi saya sudah siapkan apa saja yang diperlukan seperti Perlengkapan membersihkan tali pusat sediakan yaitu : kasa steril. lalu dik Tina berkumur lagi dan membuangnya di wastafel. selesai nanti kalau lupa dibantu berkumur ambil pasta gigi dan ya sus” oleskan pasta giginya ke sikat gigi dik Tina.

Terminasi “ Bagaimana perasaan dik Tina “Perasaan adik lebih . berbincang di ruangan ini. mengerti dan tindakan keperawatan gigi yang benar? paham tentang menggosok gigi yang benar” .Evaluasi perawat “Tampakanya tadi dik Tina sudah “Terimakasih sus” bisa menggosok gigi dengan cara yang benar dan tepat” -Tindak lanjut pasien “Baiklah dik Tina. Iya dik nanti suster bantu”. membersihkan mulut menggunakan handuk yang ada. 3. mulai nanti sore dik Tina mulai menggosok gigi setiap mandi dan sebelum tidur” -Kontrak yang akan datang “Baiklah dik Tina. Kalau begitu suster pamit dulu ya dik. “Iya selamat pagi sus” hanya 15 menit saja ya dik Tina.Evaluasi respon klien terhadap setelah belajar cara menggosok baik. Berapa jangan lama-lama” lama kita akan berbincang- bincang dik Tina? Baiklah kita tidak akan lama berbincang. selamat pagi dik” . bagaimana “ Iya sus setuju” kalau besok kita berbincang lagi tentang cara menjaga perawatan diri memotong kuku yang rapi. Sekarang dik Tina bisa mencobanya. “Di ruangan ini saja sus” setuju? Kalau begitu dimana besok kita akan berbincang dik Tina? Baiklah dik Tina kita besok “Seperti tadi saja sus.

bisa dipanggil Triana.Kontrak waktu. perkenalkan “Selamat pagi sus” nama saya Triana Utari. Dimana ibu Rina mau berbincang-bincang? Baiklah “30 menit saja sus” kalau begitu kita akan berbincang di teras dekat kamar mandi ujung. Kalau waktunya ibu Rina mau bercakap-cakap berapa lama? Baik ibu Rina kita berbincangnya tidak lama hanya 30 menit” 2. alkohol. saya sudah siapkan apa saja yang diperlukan seperti kasa steril. Kalau boleh tau nama ibu siapa?” . Orientasi .Salam Terapeutik “Selamat pagi ibu. Nama : Gusti Ayu Triana Utari NIM : P07120216040 Kelas : 1A / D4 Keperawatan STRATEGI PELAKSANAAN Perawatan Diri Pada Bayi : Perawatan Tali Pusat No Tahapan / Fase Kalimat Perawat Kalimat Pasien 2.Saya yang akan “Nama saya Rina sus” merawat ibu pagi ini. catombath/kapas lidi yang kering.Evaluasi / Validasi “Bagaimana keadaan ibu Rina “Keadaan saya sudah hari ini? Apakah pagi ini ibu lebih baik. saya ingin kendala setelah persalinan?” tahu cara perawatan tali pusat anak saya sus” . Bersihkan tali pusat dari pangkal sampai ujung terlebih dahulu dengan catombath yang . Kerja Se “Sekarang saya akan membimbing ibu Rina dalam “Iya suster” perawatan tali pusat pada bayi. tempat dan “Hari ini saya akan membimbing “Di teras kamar mandi tujuan tindakan ibu Rina untuk perawatan tali ujung saja sus” pusat pada bayi tujuannya agar ibu Rina tahu cara perawatan tali pusat. Langkah pertama bersihkan tali pusat dengan menggunakan sabun dan air ( saat mandi) kemudian keringkan tali pusat.

Berapa lama kita akan “30 menit saja sus” berbincang-bincang ibu Rina? Baiklah kita tidak akan lama berbincang. hanya 30 menit saja “Iya selamat pagi sus” ya ibu Rina. lalu di sekitar pusat juga di bersihkan sekelilingnya dengan catombath kemudian bungkus tali pusat dengan kasa steril yang kering. Kalau begitu saya pamit dulu ya ibu. bagaimana “ Iya sus setuju” kalau besok kita berbincang lagi tentang cara pemberian asi yang benar? Kalau begitu dimana besok “Di ruangan rawat saja kita akan berbincang ibu Rina? sus” Baiklah ibu Rina kita besok berbincang di ruangan ini saja. nanti ibu Rina “Baik sus” bisa mulai melakukan perawatan tali pusat yang benar” -Kontrak yang akan datang “Baiklah ibu Rina. sudah di beri alkohol. selamat pagi ibu” . Jadi ibu bisa merawat tali pusat bayi ibu dengan baik”. Terminasi “ Bagaimana perasaan ibu Rina “Perasaan saya lebih . 3.Evaluasi respon klien terhadap setelah belajar cara merawat tali mengerti dan paham tindakan keperawatan pusat pada bayi yang benar? tentang perawatan tali pusat pada bayi yang benar” .Evaluasi perawat “Tampaknya tadi ibu Rina sudah “Terimakasih sus” memahami cara merawat tali pusat pada bayi yang benar dan tepat” -Tindak lanjut pasien “Baiklah ibu Rina.