You are on page 1of 4

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang kelistrikan di
Indonesia, PT. PLN merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN),
dimana menyediakan pasokan listrik untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.
PT. PLN memiliki tingkatan bidang yang berawal dari Pengendali Pengatur
Beban Jawa Bali (P3B Jawa Bali), Area Pengatur Beban Jawa Timur (APB
Jatim), dan Area Pengatur Pemeliharaan Surabaya (APP Surabaya).
Tingkat keandalan dari Gardu Induk Waru sudah mengalami
penurunan, dikarenakan pada Gardu Induk Waru dengan teknologi Gas
Inslated Switchgear (GIS) sudah dioprasikan sejak tahun 1992 yang masa
operasionalnya adalah 20 tahun. Pada tahun 2015 sudah berumur hampir 23
tahun, dan sudah mengalami kebocoran-kebocoran gas sf6 di beberapa
kompartmen. Apabila hal ini tidak direspon dengan baik dan cermat, maka
GIS yang di dalamnya terdapat fasa R, S, T akan short dan menimbulkan
kerusakan yang lebih parah, dikarenakan kemampuan dielektrik dari gas sf6
sudah mulai berkurang. Diperlukan suatu penanganan yang disebut dengan
overhaul GIS.
Dikarenakan hal tersebut APP Surabaya dan APB Jatim saling
bekerjasama untuk melaksanakan strategi rekonfigurasi sistem atau biasa
dikenal dengan pemindahan penghantar atau bay, dikarenakan pada saat
pelaksanaan overhaul GIS Waru aliran listrik harus padam. Hal tersebut
merupakan salah satu solusi untuk meminimalisir terjadinya pemadaman di
wilayah Surabaya.

B. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dari magang proyek akhir ini adalah:
1. Mengetahui bagian-bagian dan juga sistem GIS Waru
2. Menganalisis dalam pelaksanaan overhaul GIS Waru.

1

meliputi kondisi fisik isolasi gas SF6 dan fenomena listrik berupa partial discharge. sehingga perlu diadakannya Strategi Rekonstruksi Sistem untuk meminimalisir pemadaman aliran listrik atau yang lebih dikenal dengan pemindahan bay sistem. terdapat beberapa pengaturan parameter. Identifikasi Masalah Pada Gardu Induk Waru menggunakan Gas Insulated Switchgear (GIS). Rumusan Masalah Sesuai dengan identifikasi masalah dan batasan masalah yang telah diuraikan di muka. maka dalam magang proyek akhir ini dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut: . Tekanan ini dapat berkurang jika terjadi kebocoran pada kompartmen GIS dan terdapat celah pada sambungan antar kompartmen yang bisa diakibatkan oleh korosi tabung dari logam ataupun kesalahan pada saat pemasangan GIS. D. Pembatasan Masalah Dalam magang proyek akhir ini pembatasan masalahnya yaitu : 1. 2 3. C. Analisis pemindahan bay pada setiap kompartmen di GIS Waru 3. performa dari sistem GIS mengalami penurunan. Data pengujian yang digunakan adalah data hasil pengukuran pada setiap skema evakuasi daya E. Disisi lain. PLN APB Jatim dan APP Surabaya. Menganalisis rekonfigurasi sistem pada saat pelaksanaan overhaul GIS Waru 4. Analisis kerja pada pelaksanaan overhaul GIS Waru 2. Hal tersebut yang menimbulkan terjadinya gangguan pada GIS Waru gas sf6 yang terus berkurang menimbulkan terjadinya penurunan kekuatan dielektrik maka pada saat menahan medan listrik homogen yang tinggi akan rentan terjadi breakdown. Menjalin hubungan yang harmonis antara kampus dengan PT.

Studi Literatur Penulis melakukan kegiatan dengan cara mencari langsung literatur yang terkait dengan sistem transmisi tenaga listrik. Sistematika Penulisan Pada penulisan laporan ini. Bagaimana prinsip kerja dari komponen-komponen GIS Waru dan perannya ? 2. Bagaimana cara kerja dari GIS Waru ? 3. 2. Secara global sistematika penulisan ini dibagi menjadi 5 bab: BAB I PENDAHULUAN . GIS kompartmen. G. relevan dan obyektif serta dapat dipercaya kebenarannya. dan strategi rekontruksi sistem. maka diperlukan suatu pengumpulan data yang lengkap. Bagaimana cara menentukan rekonfigurasi sistem ? 4. baik yang diperoleh langsung dari sumber maupun literatur. Studi Observasi Penulis melakukan pengamatan langsung dan mencatat semua hal yang berhubungan dengan masalah yang diteliti serta mengumpulkan data dengan mewawancarai langsung dengan pihak karyawan PT. Metodologi Penulisan Dalam melaksanakan studi kasus proyek akhir ini. maka penulis dalam hal ini melakukan dua metode penulisan. Bagaimana studi aliran daya sebelum adanya rekonfigurasi ? F. yaitu : 1. untuk mendapatkan analisis dan pemecahan masalah serta menemukan solusinya. 3 1. PLN yang berkaitan dengan pengumpulan data sehingga informasi dapat lebih jelas. penulis membuat sistematika penulisan agar memudahkan dalam membaca dan memahami isi dari laporan secara garis besarnya.

dan pembatasan masalah sebagai ruang lingkup yang hanya akan di bahas dalam penulisan. BAB III REKONFIGURASI SISTEM PADA GIS WARU Membahas mengenai permasalahan yang ada pada GIS Waru. pembatasan masalah yang timbul. serta saran dari magang proyek akhir. 4 Bab ini menjelaskan latar belakang penulisan sebagai topik. BAB II DASAR TEORI Bab ini menjelaskan tentang teori-teori yang mendukung mengenai peralatan yang akan dibahas. identifikasi masalah yang timbul. BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA HASIL Memberi keterangan mengenai pengujian sistem rekonfigurasi dari hasil pengujian sistem apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan. BAB V PENUTUP Bab ini menjelaskan kesimpulan dari keseluruhan. DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN .