You are on page 1of 7

SILABUS KKPI KELAS XII

NAMA SEKOLAH : SMK PGRI PESANGGARAN
MATA PELAJARAN : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
KELAS/SEMESTER : 12/ 5
STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan PC dalam jaringan
ALOKASI WAKTU : 24 x 45menit

NILAI BUDAYA ALOKASI WAKTU
KOMPETENSI MATERI KEGIATAN SUMBER
DAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN INDIKATOR PENILAIAN
DASAR PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN TM PS PI BELAJAR
BANGSA
 Menjelaskan  Berpikirlogis,  Mandiri 1 5  Buku KKPI
4.1 Pengenal Latar Belakang dan
 Kritis,  Kreatif  Jaringan komputer  Tes untuk SMK
an Sejarah Jaringan Pengertian Jaringan dijelaskan dengan benar
komputer  Kreatif,  Berani mengambil Tertulis dan MAK
Jaringan
 Inovatif risiko  Tes Erlangga
 Menjelaskan Latar
 Mandiri,  Berorientasi pada  Latar Belakang Praktik Kelas XII,
Belakang
Pembentukan Jaringan  Bertanggungjawa tindakan Pembentukan Jaringan  Tugas- Karangan
b  Kepemimpinan dijelaskan secara detail tugas Anjrah M dan
 Menjelaskan Jenis–  Menghargaikarya  Kerja keras  Lima Jenis Jaringan  Observasi Adi T.
Jenis–jenis Jaringan Wijaya, Hal.
jenis Jaringan orang lain  Jujur dijelaskan dengan baik dan
 Disiplin benar 1 sd 22.
  Komputer
Topologi Jaringan  Menjelaskan Inovatif  Pengertian Topologi
 Tanggung jawab  LCD
Pengertian Topologi Jaringan dijelaskan
Proyektor
Jaringan  Kerjasama dengan benar
 Menjelaskan Jenis–  Pantang menyerah  Jenis–jenis Topologi
jenis Topologi Jaringan  Komitmen Jaringan dijelaskan
 Realistis dengan benar
 Rasa Ingin tahu
Protokol Jaringan  Menjelaskan  Pengertian Protokol
Pengertian Protokol  Komunikatif Jaringan dijelaskan
Jaringan  Motivasikuatuntuksuks dengan benar
es
 Menyebutkan dan  7 Lapisan Model Referensi
menjelaskan macam- OSI disebutkan dan
macam hubungan dijelaskan dengan benar
antara model OSI
dengan protokol
internet
IP Address (Alamat  Menjelaskan  Pengertian IP Address
IP) Pengertian IP Address pada suatu Jaringan
pada suatu Jaringan dijelaskan dengan benar
 Menyebutkan dan  IP Address kelas A, B dan
menjelaskan kelas– C dijelaskan dengan tuntas
kelas IP Address suatu dan benar
Jaringan

Domain Name  Menjelaskan  Pengertian Domain Name System (DNS) Pengertian Domain System (DNS) dijelaskan Name System (DNS) dengan benar  Menyebutkan dan  Level–level yang ada pada menjelaskan Level– suatu DNS dijelaskan level yang ada pada dengan benar suatu DNS Tipe Jaringan  Menjelaskan Tipe    Tipe Jaringan Client– Jaringan Server dan Peer to Peer dijelaskan dengan benar Perangkat Jaringan  Menyebutkan dan  Spesifikasi PC yang Komputer menjelaskan digunakan dalam Jaringan. perangkat–perangkat dijelaskan dengan benar yang dibutuhkan untuk  Network Interface Card membangun suatu (NIC) dijelaskan dengan jaringan benar  Macam–macam kabel Jaringan dijelaskan dengan baik Keterangan: TM : Tatap Muka PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka) PI : Praktik di Industri (4 jam praktik di DU/DI setara dengan 1 jam tatap muka) .

dan CD ROM disk. Hard Folder. Karangan sikannya  Menginstal dan Bertanggungjawab  NIC telah tepasang pada slot mengkonfigurasi  Menghargaikarya orang  Kepemimpinan expantion dan terinstal dengan tugas Anjrah M dan lain  Kerja keras Adi T.  Mandiri  Masing-masing komputer yang 1 5  Buku KKPI 4. Network Interface Card benar .  Berorientasi pada Workgroup Kelas XII. .Observasi  Jujur Wijaya. dan Folder.Tugas.  Kreatif terkoneksi ke jaringan.KOMPETEN MATERI KEGIATAN NILAI BUDAYA DAN ALOKASI WAKTU SUMBER KEWIRAUSAHAAN INDIKATOR PENILAIAN SI DASAR PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN KARAKTER BANGSA TM PS PI BELAJAR Instalasi dan  Mengidentifikasi  Berpikirlogis. Printer. Hard CD ROM Drive telah di-shared disk.2 Menginstal Konfigurasi LAN komputer dalam  Kritis. Hard disk. Printer.Tes Praktik Erlangga Mengopera  Mandiri.Tes untuk SMK Software pada Sistem jaringan  Kreatif.  cara-cara copying file dalam cara copying file dalam suatu jaringan dipraktikkan suatu jaringan dengan benar Mencetak Dokumen  Menjelaskan cara    Pencetakan dokumen dengan Menggunakan mencetak dokumen menggunakan sharing printer.  tindakan . dan CD ROM dengan benar Drive Drive Mengopi File Dalam  Menjelaskan cara-cara  Cara-cara melakukan copying Jaringan melakukan copying file file dalam suatu jaringan dalam suatu jaringan dijelaskan dengan benar  Mempraktikkan cara.  Melakukan pengaturan  Baik IP statis maupun IP  TCP/IP  Inovatif dinamis jelaskan dan diseting Komputer  Tanggung jawab dengan benar  LCD  Kerjasama Proyektor Menguji Jaringan  Melakukan pengujian  Komputer kita telah terkoneksi   Pantang menyerah Buku konektivitas komputer dengan jaringan. Printer. dibuktikan  Komitmen Panduan kita dengan jaringan dengan suatu pengujian  Realistis instalasi Pengertian dan  Menjelaskan  Rasa Ingin tahu  Pengertian sharing device softwareNIC Manfaat Sharing pengertian sharing dijelaskan dengan benar dan program  Komunikatif Device device aplikasi  Motivasikuatuntuksuks  Menjelaskan manfaat es  Manfaat sharing device  SOP instalasi sharing device dijelaskan dengan benar software NIC Melakukan Sharing  Melakukan Sharing  Folder. Sharing Printer dengan menggunakan dijelaskan dengan benar fasilitas sharing printer Keterangan: TM : Tatap Muka PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka) PI : Praktik di Industri (4 jam praktik di DU/DI setara dengan 1 jam tatap muka) .  Berani mengambil diberikan identitas yang terdiri Tertulis dan MAK Jaringan dan Operasi Windows  Inovatif risiko dari nama komputer dan nama . (NIC)  Disiplin 23 sd 48. Hal.

Hal. beserta kegunaan.  Berorientasi pada tugas Kelas XII.  tindakan  Pengertian tentang modem.  Fasilitas-fasilitas yang ada fasilitas yang ada dalam area kerja internet dalam area kerja explorer. mempraktikkan Disiplin internal maupun modem instalasi modem. sejarah dan  Tes Tertulis untuk SMK sikan Web.  Kreatif kegunaan.1. Erlangga pertumbuhannya  Mandiri.  Observasi Karangan Koneksi Internet  Menjelaskan Bertanggungjawab pengertian Modem  Menghargaikarya orang  Kepemimpinan dijelaskan dan dipahami Anjrah M dan lain  Kerja keras dengan benar Adi T. dipraktikkan dengan internet explorer benar Memahami Alamat  Menjelaskan  Pengertian dan maksud dari . baik modem  49 sd 76. dijelaskan  Tes Praktik dan MAK Browser sejarah dan  Inovatif risiko dengan benar  Tugas.  Kreatif. baik  Inovatif eksternal dijelaskan dan  Personal modem internal  Tanggung jawab dipraktikkan dengan benar Komputer maupun modem  Kerjasama  LCD eksternal  Pantang menyerah Proyektor  Melakukan pengaturan  Komitmen  Telah dilakukan pengaturan  Printer koneksi ke internet  Realistis koneksi internet  Buku  Rasa Ingin tahu Panduan Mengoperasikan  Mengoperasikan  Koneksi dan diskoneksi Koneksi Internet Koneksi Internet  Komunikatif internet dapat dilakukan instalasi dengan telkomnet  Motivasikuatuntuksukse dengan benar modem dan instant s program aplikasi Mengenal Web  Menjelaskan  Pengertian web browser  SOP instalasi Browser pengertian web dijelaskan dengan benar modem browser  Menjelaskan langkah. SILABUS KKPI KELAS XII NAMA SEKOLAH : SMK PGRI PESANGGARAN MATA PELAJARAN : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) KELAS/SEMESTER : 12 / 6 STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Web-Design (Internet) ALOKASI WAKTU : 16 x 45 menit KOMPETENSI MATERI KEGIATAN NILAI BUDAYA DAN ALOKASI WAKTU SUMBER KEWIRAUSAHAAN INDIKATOR PENILAIAN DASAR PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN KARAKTER BANGSA TM PS PI BELAJAR 5.  Berani mengambil pertumbuhannya.  Langkah-langkah menjalankan langkah dalam web browser.  Mandiri  Pengertian internet beserta 1 3  Buku KKPI Mengopera pengertian internet  Kritis.  Wijaya. dipraktikkan menjalankan web dengan benar browser  Menjelaskan fasilitas.  Menjelaskan dan Jujur  Instalasi modem. Pengenalan Internet  Menjelaskan  Berpikirlogis.

dijelaskan dengan hyperlink benar Menyimpan File  Menjelaskan cara    Cara menyimpan file halaman Halaman Web dan menyimpan file web. melakukan download dijelaskan dengan benar Mencetak File Hasil  Menjelaskan langkah. dijelaskan dan Download halaman web dipraktikkan dengan benar  Menjelaskan  Pengertian dan cara pengertian dan cara melakukan download.  Langkah-langkah mencetak file Browsing langkah mencetak file dari hasil browsing. dijelaskan dari hasil browsing dengan benar Keterangan: TM : Tatap Muka PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka) PI : Praktik di Industri (4 jam praktik di DU/DI setara dengan 1 jam tatap muka) .Internet dan pengertian dan maksud alamat internet. dijelaskan Hyperlink dari alamat internet dengan benar  Menjelaskan maksud  Maksud dan tujuan adanya dan tujuan adanya hyperlink.

 Menjelaskan etika  Pantang menyerah  Etika penulisan E-mail. Hal.2. dijelaskan mempraktikkan dan dipraktikkan dengan benar pengiriman E-mail  Menjelaskan dan  Cara membaca dan membalas mempraktikkan cara E-mail. Aplikasi Webmail mempraktikkan cara  Komunikatif dijelaskan dan dipraktikkan membuat E-mail  Motivasikuatuntuksukse dengan benar  Menjelaskan dan s  Cara mengakses E-mail. mempraktikkan cara dijelaskan dan dipraktikkan mengakses E-mail dengan benar  Menjelaskan menu  Menu yang ada dalam yang ada dalam Webmail Yahoo.  Mandiri  Tes 1 3  Buku KKPI 5.  Jujur benar 77 sd 109. Proyektor mail penulisan E-mail  Komitmen dijelaskan dengan benar  Printer  Realistis Menggunakan  Menjelaskan dan  Rasa Ingin tahu  Cara membuat E-mail. E-mail dan dipahami dengan benar Karangan  Bertanggungjawab tindakan tugas  Menghargaikarya orang  Kepemimpinan  Observasi Anjrah M dan  Menjelaskan anatomi  Kerja keras  Anatomi alamat E-mail Adi T.  Kreatif Mail) dijelaskan dan dipahami Tertulis untuk SMK sikan (Elektronic Mail)  Kreatif.  Menjelaskan  Pengertian E-mail (Elektronic Mengopera Mail) pengertian E-mail  Kritis. dijelaskan Webmail Yahoo dan dipahami dengan benar  Menjelaskan dan  Pengiriman E-mail. Perangkat Lunak E. lain alamat E-mail dijelaskan dan diahami dengan Wijaya. Berorientasi pada Kelas XII. penilaian Alokasi waktu KOMPETENSI MATERI KEGIATAN NILAI BUDAYA DAN KEWIRAUSAHAAN Indikator TM PS PI Sumber belajar DASAR PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN KARAKTER BANGSA E-mail (Electronic  Berpikirlogis.  Berani mengambil dengan benar  Tes dan MAK software E. dipraktikkan dengan membaca dan benar membalas E-mail  Menjelaskan cara    Cara mencetak E-mail dan mencetak E-mail dan lampiran dipraktikkan dengan lampiran benar.  Disiplin  Menjelaskan variasi  Inovatif  Variasi bentuk komunikasi  Personal bentuk komunikasi  Tanggung jawab dengan E-mail dijelaskan dan Komputer dengan E-mail  Kerjasama dipahami dengan benar  LCD Etika Penulisan E.  Menjelaskan E-mail  E-mail Client dengan mailClient Client dengan menggunakan Microsoft menggunakan Outlook. dijelaskan dan Microsoft Outlook dipraktikkan dengan benar .  Inovatif risiko Praktik Erlangga  Menjelaskan cara kerja   Cara kerja E-mail dijelaskan  Tugas- mail client  Mandiri.

 E-mail Account.  Menjelaskan tentang E.Replays & Forward pesan. dijelaskan dan lampirannya dipahami dengan benar  Menjelaskan  Attachments. Replays & Attachments. pemakaian Signature dijelaskan & dipahami dengan benar  Menjelaskan dan  Pencetakan E-mail. dijelaskan Mencetak E-mail mempraktikkan dan dipraktikkan dengan benar pencetakan E-mail Keterangan: TM : Tatap Muka PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka) PI : Praktik di Industri (4 jam praktik di DU/DI setara dengan 1 jam tatap muka) Pesanggaran. S. dijelaskan dan mail Account dipahami dengan benar  Menjelaskan cara  Cara membaca E-mail& membaca E-mail& lampirannya. ANWAR. Juli 2017 Mengetahui KepalaSekolah Guru Mata Pelajaran KKPI UMI QOWIYAH. dijelaskan & Forward pesan dipraktikkan dengan benar  Menjelaskan  Pemakaian Signature. SE .Pd M.