You are on page 1of 4

PAPER EKOLOGI DASAR

Oleh:
Kelas :A
Kelompok : I
Anggota :
1. Hermina R. Dhane (1506050025)
2. Maria E. Suhartin (1506050030)

HUTAN HUJAN TROPIS

Hutan hujan tropis merupakan hutan daun lebar yang selalu hijau dengan tingkat kerapatan
pohon yang tinggi dan selalu basah atau lembap. Menurut Ewusie wilayah hutan hujan tropis
mencakup ± 30 % dari luas permukaan bumi.

Ciri-Ciri Umum Hutan Hujan Tropis

1. Lokasi: hutan hujan berada di daerah tropis
2. Curah hujan: hutan hujan memperoleh curah hujan yang tinggi.
3. Kanopi: hutan hujan memiliki kanopi, yaitu lapisan-lapisan cabang pohon beserta
daunnya yang terbentuk oleh rapatnya pohon-pohon hutan hujan
4. Keanekaragaman biota: hutan hujan memiliki tingkan keragaman biota yang tinggi
(biodiversity). Biodiversity adalah sebutan untuk seluruh benda hidup seperti
tumbuhan, hewan, dan jamur yang ditemukan di suatu ekosistem. Para peneliti
percaya bahwa sekitar separuh dari tumbuhan dan hewan yang ditemukan di muka
bumi hidup di hutan hujan
5. Hubungan simbiotik antar spesies: spesies di hutan hujan seringkali bekerja bersama.
Hubungan simbiotik adalah hubungan dimana dua spesies berbeda saling
menguntungkan dengan saling membantu.

dll) serta daerah Asia Pasific (Indonesia. Afrika Hutan hujan tropis di Afrika merupakan blok kedua terbesar. Kenya. 3. Papua New Guinea). Afrika (Tanzania. Antara blok utama di Afrika Tengah dengan blok di Afrika Barat terpisah sejauh 300 km. terdapat juga hutan hujan tropis di bagian Selatan Mexico memanjang hingga ke Guatemala. Blok hutan ini biasa disebut juga neotropics. meliputi Amerika Selatan (Brasil. Selain itu. Amerika Selatan Hampir setengah dari luas hutan hujan tropis dunia berada di Amerika Selatan. 1. Jawa. 2. Kalimantan dan Sulawesi atau disebut juga Sunda Besar (sundaland). Peru. dll). Liberia hingga ke bagian timur Sierra Leone. Terpisah dari blok di atas. Gabon dan Kamerun. Hutan ini terkonsentrasi di sekitar sungai Amazon dan sungai Onoroco. secara harfiah artinya hutan tropis baru. dan Australia bagian utara. sedangkan basin sungai Onoroco terletak di timur Kolombia dan Venezuela.Persebaran Hutan Hujan Tropis di Dunia Hutan hujan tropis terdapat di wilayah tropis di sekitar garis khatulistiwa. Asia Hutan hujan tropis terbesar ketiga terletak di semenanjung Malaya dan Indonesia. Di Indonesia terletak hampir di setiap pulau besar seperti Sumatera. Basin sungai Amazon terletak di Utara dan tengah Brasil. Pantai Gading. Sedikit terpisah dari blok utama. . terdapat hutan tropis di bagian barat Afrika meliputi Ghana. Letaknya di sekitar sungai Kongo. terdapat juga dalam bentuk area kecil-kecil di Kepulauan Karibia. Costa Rica. Bolivia. Setengah kawasannya masuk dalam wilayah negara Republik Demokratik Kongo (dulunya bernama Zaire). Selain itu ditemukan juga di wilayah Filipina. Sisanya tersebar di Republik Kongo. Malaysia. Panama hingga Ekuador.

mulai dari Srilangka. Di bagian semenanjung. terdapat kesamaan pada warnanya yaitu merah terang atau kuning. hutan tropis meliputi wilayah Malaysia. Laos. terdapat juga hutan hujan tropis di bagian utara Australia meliputi Cooktown dan Townsville yang memiliki karakteristik relatif sama dengan hutan di Papua. umumnya mempunyai tekstur lempung dan berliat. Dalam beberapa system . Kamboja. Vietnam. Pulau Papua terbagi ke dalam dua wilayah negara berbeda. Bagian terbesar tanah tropis merupakan tanah liat kuning atau merah yang sangat intensif karena pencucian (leaching) dan sangat dipengaruhi oleh perubahan iklim serta mempunyai kandungan hara yang rendah. Myanmar dan Thailand. seperti pulau yang terisolasi dari dunia. bagian barat masuk Indonesia. Karakteristik Hutan Hujan Tropis Topografi : Secara geografis daerah hutan hujan tropis mencakup wilayah yang terletak di antara titik balik rasi bintang Cancer dan rasi bintang Capricornus. fraksi liatnya cukup kaya dengan alumunium dan silica. yakni di sisi timur membentang dari utara ke selatan sepanjang 120 km. 5. Papua Nugini dan Australia Blok hutan hujan tropis di Pulau Papua bisa dikatakan mempunyai karakteristik flora fauna berbeda dengan blok Asia Tenggara. Madagaskar Blok terakhit terdapat di Pulau Madagaskar. bagian timur masuk Papua Nugini. Kemudian terdapat juga Asia Selatan. India dan Pakistan. Meskipun demikian. Sebagian kecil lagi ditemukan di Cina bagian Selatan dan Taiwan. Hutan Madagaskar terkenal memiliki keunikan tersendiri. Tanah : Keragaman sifat kimia dan fisika tanah dikawasan tropis tersebut dapat dinyatakan sebagai sebaran kesuburan dan produktifitas tanah dari ekstrim sangat subur dan produktif hingga ekstrim infertile. yaitu suatu wilayah yang terletak di antara 23027’ LU dan 23027’ LS. juga ditemukan tekstur berpasir pada lapisan-lapisan atas. flora dan faunanya khas dan tidak ditemukan di tempat-tempat lain. Dalam konsentrasi yang kecil. 4. Hutan hujan tropis hanya ditemukan di sebagian kecil wilayah pulau ini. kandungan basa relative rendah.

Pada kawasan tropis di Amerika Selatan. Oleh sebab itu selama vegetasi hutan masih ada maka kondisi iklim di dalam hutan tersebut relatif stabil atau fluktuasinya relatif kecil. sedangkan tanah yang tercuci dan kadar hara rendah hanya 7. dengan rata-rata sekitar 80%. tanah tersebut digolongkan sebagai oksisol dan ultisol yang meliputi sekitar 50% tanah tropis (Sanchez. Iklim : Hutan ini beriklim tropis. Dikawasan tropis Afrika dan Asia sekitar 50% tanahnya tergolong tidak subur dan hanya sekitar 27% yang tergolong subur. Hal ini disebabkan karena faktor faktor pembentuk iklim misalnya angin suhu curah hujan dan sebagainya dipengaruhi oleh vegetasi penyusun hutan. 1976). Faktor yang menyebabkan-nya yakni karena hutan jenis ini terdapat di sekitar wilayah tropika atau dekat wilayah tropika di bumi ini yang menerima curah hujan berlimpah sekitar 2000-4000 mm dan relatif rata sepanjang tahun sehingga tidak memiliki musim kemarau yang nyata dan umumnya bulan kering kurang dari 3 bulan. Sebaliknya di Amerika Tengah tanah yang subur secara potensial lebih luas. hanya 13. . Tanah hutan hujan tropis menyimpan cadangan air yang berlimpah.9%. Tingkat kelembapan yang tinggi sebenarnya disebabkan oleh banyaknya uap air yang berasal dari daun menguap ke atmosfer. selain itu kerapatan vegetasi dan suhu hangat (rata-rata sekitar 25-26oC) menjadi salah satu faktor pemicu tingkat kelembapan udara. Kondisi iklim di dalam hutan berbeda dengan di luarnya. yaitu 44. Dengan demikian secara keseluruhan tanah dikawasan tropis adalah tanah yang miskin akan hara. Kelembaban : Kelembaban udaranya tinggi.3% tanahnya adalah jenis tanah yang tercuci tingkat lanjut dan kandungan hara rendah.1%. 52.7% tanah disana yang tergolong subur secara potensial. klasifikasi tanah yang umum.