You are on page 1of 10

Soal dan Jawaban Auditing - UTS

Jawaban B
AR = IR x CR x DR
𝐴𝑅
DR = 𝐼𝑅 π‘₯ 𝐢𝑅

DR = Detection Risk
AR = Audit Risk
CR = Control Risk
IR = Inherent Risk

IR dan CR adanya di CLIENT
DR adanya di auditor

A salah karena Risiko Bawaan (IR) tidak dapat dikendalikan oleh Auditor
C salah karena IR tidak dapat dikendalikan oleh auditor
D. salah karena CR tingkat maksimum, auditor tidak dapat menurunkan hanya bisa bisa menemukan,
mengidentifikasi dan mengukurnya

Jawaban B
Menentukan = mengukur
Risiko salah saji signifikan adalah IR x CR

Jawaban C Jawaban B Jumlah sample yang kan diuji biasanya datang dari rumus [π‘ƒπ‘œπ‘π‘’π‘™π‘Žπ‘‘π‘–π‘œπ‘›βˆ’π‘˜π‘’π‘¦ π‘–π‘‘π‘’π‘šπ‘ ] π‘ƒπ‘’π‘Ÿπ‘“π‘œπ‘Ÿπ‘šπ‘Žπ‘›π‘π‘’ π‘€π‘Žπ‘‘π‘’π‘Ÿπ‘–π‘Žπ‘™π‘–π‘‘π‘¦ x R Key item = item2 diatas materiality R = Realibility factor = ukuran risiko dari akun yang diperiksa (semakin berisiko maka nilainya semakin kecil) Materialitas biasanya dikaitkan dengan .penjualan.laba sebelum pajak.laba bersih Jawaban A Kecurangan 1. Kecurangan dalam LK (Fraudulent in Financial Statement) B. D – masuk ke poin 1 . penyalahgunaan aset (misappropriation of asset) – pencurian 2. C.aset. . . .

Jawaban B Triangle of Fraud Jawaban A .

Jawaban A Jawaban C Jika ada kecurangan tanggung jawab auditor adalah melaporkan ke Komite Audit Jawaban B Jawaban D B salah karena pengendalian internal merupakan kewajiban dari manajemen .

Jawaban B Jawaban A Jawaban D Jawaban D .

Pemantauan Monitoring 5.Jawaban D Jawaban A Jawaban B Jawaban A Unsur Internal Control (COSO) 1. Penilaian Risiko 3. Aktivitas Pengendalian 4. Informasi dan Komunikasi . Lingkungan Pengendalian 2.

Unmodified ο‚· wajar tanpa pengecualian (unqualified) b. Opini Tanpa Modifikasian – Istilah a. Modified o Qualification o Disclaimer o Adverse (tidak wajar) Paragraph tambahan : -.tidak memodifikasi opini hanya menambahkan paragraph o Other matters paragraph (auditor memberikan informasi yang tidak ada dalam LK.Jawaban C B salah karena Test of control itu tidak wajib Jawaban 1. contoh pergantian auditor) o Emphasis of matters (auditor menekankan satu hal yang sudah ada di Laporan Keuangan) Material Material & Pervasif Penyimpangan dari kerangka Qualified Adverse (LK itu Menyesatkan) Pembatasan Ruang Lingkup Qualified Disclaimer .

Jawaban Pencegahannya o Meminta persetujuan ke komite audit o Memberikan independent letter o Tim yang berbeda o Tapi kalau listed company tidak boleh KAP & konsultan seperti badan yang sama .

.

Gambar PT Laman AMIR & Rekan Manager Budi Pindah Santosa & Pindah Rekan Tidak ada masalah dalam perpindahan tersebut. Dalam surat perikatan (engagement letter) harus dijelaskan tidak ada pembatasan terhadap . Jawaban Jadi karena fee berkurang.Jawaban 1. Jawaban Tidak boleh ada pembatasan dalam penugasan auditor. kemudian prosedur audit berkurang Seharusnya fee yang kita minta tersebut dapat mengcover seluruh prosedur audit yang penting 3. Amir & rekan akan menunjuk partner In charger yang baru sebagai pengganti Budi 2.