You are on page 1of 7

Data Diagnosa NIC NIC

DS : Nyeri kronis Mengenal masalah Mengenal masalah
Ny. K mengatakan agak nyeri Setelah dilakukan intervensi Manajemen nyeri 1400
pada kaki kanannya sudah 2 keperawatan selama … x…. menit 1. Lakukan pengkajian
hari yang lalu. Skala nyeri 4, diharapkan pasien dan kelurga mampu nyeri secara
nyeri hilang timbul terasa mengenal masalah asam urat komprehensif yang
pada saat setelah beraktivitas. Dengan indikator sebagai berikut : meliputi lokasi,
Ny. K belum tahu cara 1803- Pengetahuan : Proses penyakit karakteristik, onset/
penangan nyeri Kriteria hasil Awal Target durasi , frekuensi,
DO : Tanda dan geejala 1 5 kualitas, intensitas atau
TD : 160/ 100 penyakit beratnya nyeri dan
Nadi : 85 X / menit Faktor risiko 1 5 faktor pencetus
Respirasi : 22 X / menit Keterangan : 2. Gali pengetahuan dan
Asam urat serum : 10,5 mg/ 1. Tidak ada pengetahuan kepercayaan pasien dan
dl 2. Pengetahuan terbatas keluarga mengenai
P : pengendapan Kristal 3. Pengetahuan sedang nyeri
monosodium urat di 4. Pengetahuan banyak 3. Evaluasi pengalaman
sendi 5. Pengeahuan sangat banyak nyeri dimasa lalu yang
Q : Nyeri seperti di tusuk – meliputi riwayat nyeri
tusuk benda tajam kronik individu atau

Bantu pasien untuk Tindakan 1 5 mengidentifikasi pencegahan yang informasi berkaitan dengan 3. komplikasi . Mengambil Keputusan diharapkan pasien dan keluarga Peningkatan Koping ( 5230 ) mampu mengatasi sedini mungkin 1.R : sendi meta tarsofalangeal keluarga atau nyeri yang kaki kanan menyebabkan disability/ S : skala nyeri 6 ketidakmampuan/kecac T : kadang – kadang muncul Mengambil Keputusan atan. dengan tepat. menit. setelah beraktivitas Setelah dilakukan intervnsi keeperawatan selama …. Cari jalan untuk prosedur meemahami perspektif Tindakan yang 1 5 pasien terhadap situasi sesuai dengan stress yang berat. X…. Bantu pasien untuk tentang asam urat dengan indikator menyelesaikan masalah sebagai berikut : dengan cara yang Pengetahuan : Prosedur penanganan konstruktif Kriteria hasil Awal Target 2.

Pendekatan – 2 5 pendekatan preventif Modifikasi Lingkungan . Pengetahuan sedang 4. menit. Sediakan dukungan Kepuasan klien : Manajemen nyeri positif dalam 3016 melakukan latihan Kriteria hasil Awal Target sendi. Pengetahuan terbatas 3. Lindungi pasien dari anggota keluarga dengan indikator trauma saat latihan sebagai berikut : 2.Keterangan : 1. Pengetahuan banyak 5. Pengetahuan sangat banyak Merawat anggota keluarga Setelah dilakukan intervensi Merawat anggota keluarga keperawatan selama …. Terapi Latihan : mobilitas sendi diharapkan keluarga mampu merawat 1. X…. Tidak ada pengetahuan 2.

Cukup puas istirahat 4. Tidak puas tidak perlu dan 2. Sangat puas 3. X…. seperti yang di keperawatan selama …. Hindari gangguan yang 1. Ciptakan lingkungan dipantau secara yang tenang dan teratur mendukung Keterangan : 2. Sepenuhnya puas selimut untuk meningkatkan Modifikasi Lingkungan kenyamanan terhadap Setelah dilakukan intervensi suhu. Agak puas diberikan untuk waktu 3. diharapkan keluarga mampu memodifikasi lingkungan rumah dengan indikator sebagai berikut : Status kenyaman lingkungan 2009 Memanfaatkan Fasilitas Kesehatan . digunakan untuk Manajemen Lingkungan : manajemen nyeri Kenyamanan ( 6482 ) Tingkat nyeri 2 5 1. Berikan atau singkirkan 5. indikasikan. menit.

X…. Kriteria hasil Awal Target Peresepan Obat (2390) Lingkungan yang 3 5 1. Ajarkan pasien / pelatannyang keluarga kapan waktu dibutuhkan berada untuk mencari bantuan dalam jangkauan tambahan Keterangan : 3. Konsultasikan pada 1. Cukup terganggu referensi lainnya jika 4. menit. Konsultasikan dengan kondusif untuk dokter atau farmasi tidur sesuai kebutuhan Suplai dan 3 5 2. Banyak terganggu obat untuk dokter dan 3. 5. diharapkan keluarga mampu memanfaatkann fasilitas kesehatan . Sangat terganggu referensi pemberian 2. Tidak terganggu Memanfaatkan Fasilitas Kesehatan Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama …. Sedikit terganggu diperlukan.

dengan indikator sebagai berikut : Kepuasaan Klien : menejemen nyeri 3016 Kriteria hasil Awal Target Layanan 3 5 kesehatan bekerja sebagai satu tim dalam mengelola nyeri Membuat rujukan 3 5 ke professional kesehatan dalam menejemen nyeri saat sesuai kebutuhan Keterangan : 1. Agak puas 3. Tidak puas 2. Cukup puas .

Sepenuhnya puas .4. Sangat puas 5.