You are on page 1of 43

MINGGU KE #2

Elektrostatika
(Hukum Gauss)

INSTITUT TEKNOLOGI DEL
Jl Sisingamangaraja, Tobasamosir (22381), Sumatera Utara
telp +62632331234, fax +626323311116, www.del.ac.id
FIS1102 – Fisika Dasar 2

http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/emcon.html#emcon

Last Time:
Muatan Listrik
& Medan Listrik

3

Gravitasi Kelistrikan
Massa M Muatan q (±)

M q
Menghasilkan: g  G 2 rˆ E  ke 2 rˆ
r r

FEEL: Fg  mg FE  qE

Cara termudah menggambarkan medan

4

Pada metode sebelumnya kita telah dapat menghitung kuat medan akibat distribusi muatan kontinu pada bentuk yang sederhana: P Berbentuk Batang Berbentuk Cincin Berbentuk Cakram 𝑸 x ˆi 𝝈 𝒛 𝑬= E  ke Q 𝑬= 𝟏− 𝟐   𝒛 + 𝒂𝟐 𝟒𝝅𝜺𝟎 𝑿𝒂 − 𝑳 3/ 2 𝟐𝜺𝟎 𝟏/𝟐 a x 2 2 .

Lalu bagaimana cara menghitung kuat medan E kalau bentuknya sudah lebih rumit? .

Thanks to Johann Carl Friedrich Gauss Who purposed a brilliant method to calculate E in complex geometry 1777–1855 160 tahun yang lalu menemukan Metoda Gauss .

Digunakan untuk menentukan medan listrik E bila sumber muatan diketahui dan sebaliknya 8 . Hukum Gauss .Persamaan Maxwell yang Pertama .

Hukum Gauss dan Idenya flux Total “ ” yang menembus setiap permukaan adalah sama dan hanya bergantung pada jumlah muatan di dalam permukaan tersebut 9 .

Apa itu Flux? Flux adalah banyaknya garis medan listrik yang menembus suatu permukaan tertentu   Electric Flux    (E cos )A  E  A   where A  A  n̂ .

Approximate Flux      E  A Exact Flux      E  dA dA  nˆdA Integral tertutup berarti anda mengintegrasi  seluruh permukaan tertutup. 11 .

Hukum Gauss – Persamaan Fluks Listrik ΦE (Integral permukaan dari E mencakup permukaan tertutup S) adalah berbanding lurus dengan muatan yang berada di dalam volume yang diselimuti oleh S 12 .

berapa gaya yang dialami oleh q2.Contoh(Cari medan di P dan jika di titik P diletakkan muatan q2. 𝑷 𝒓 𝑬 +q 𝑷𝒆𝒓𝒎𝒖𝒌𝒂𝒂𝒏 𝑮𝒂𝒖𝒔𝒔 .

Now the Details 14 .

Fluks Listrik ΦE Kasus I: E merupakan medan vektor konstan tegak lurus suatu bidang dengan permukaan S dan luasnya A 15 .

Fluks Listrik ΦE Kasus II: E merupakan medan vektor konstan membentuk sudut θ terhadap bidang dengan permukaan S dan luasnya A 16 .

Permukaan Tertutup dan Terbuka Sebuah plat persegi panjang adalah permukaan terbuka — tidak memiliki volume Sebuah bola adalah permukaan tertutup — memiliki volume 17 .

Elemen Luas dA: Permukaan Tertutup Untuk permukaan yang tertutup. dA adalah tegak lurus (normal) permukaan dan berarah ke luar (dari dalam ke luar) ΦE > 0 jika E berarah keluar ΦE < 0 jika E berarah ke dalam 18 .

Fluks Listrik ΦE Kasus III: E tidak konstan. permukaan melengkung dA E S 19 .

Fluks Listrik: Bola Muatan titik Q di pusat bola beradius r E pada permukaan: Fluks listrik yang menembus permukaan bola: 20 .

S1. S2 atau S3 21 . Permukaan Gauss Sembarang S berlaku untuk semua permukaan.

Identifikasi daerah yang akan ditentukan E nya. 3. 2. Hitung fluks listrik 4. muatan yang dilingkupi oleh permukaan S. Tentukan permukaan Gauss (S): Simetri.#Langkah Penggunaan Hukum Gauss 1. Hitung qin. Gunakan Hukum Gauss untuk menghitung E: 22 . 5.

Di permukaan atas. Sehingga fluksnya nol Contoh: Medan Uniform . fluks bernilai –EA . fluks bernilai EA . fluks bernilai nol 23 .Pada sisi-sisi permukaan.#Pemilihan Permukaan Gauss Pilihlah permukaan dimana E tegaklurus & konstan.Di permukaan bawah. Sehingga fluksnya adalah EA atau -EA. ATAU Pilihlah permukaan dimana E paralel.

#Simetri & Permukaan Gauss Gunakan hukum Gauss untuk menghitung medan listrik E yang dihasilkan oleh sumber bersimetri tinggi Simetri Sumber Permukaan Gauss Bola Bola Konsentrik Silinder Silinder Koaksial Bidang Pillbox 24 .

Carilah E di semua daerah! 25 .Gauss: Simetri Bola Bola padat non-konduktor berradius a bermuatan total +Q yang terdistribusi merata (uniform).

Gauss: Simetri Bola Simetri sumber adalah bola Gunakan permukaan Gauss berbentuk bola 26 .

27 .Gauss: Simetri Bola Daerah 1: r > a Gambar permukaan Gauss di daerah 1 (r > a) Cat: Pemilihan r adalah bebas tetapi merupakan radius yang akan dicari medan listrik E nya.

Kalau menggunakan Hk Coulomb Daerah 1: r > a akan rumit sekali Muatan total yang terlingkupi qin= +Q perhitungannya. Hasilnya sama dengan titik Q Gauss: Simetri Bola di pusat lingkaran. 28 .

Gauss: Simetri Bola Daerah 2: r < a Muatan total yang terlingkupi: 29 .

radius for a conducting sphere Er 1 Er  Er  r r2 Summer July 2006 30 . Electric field vs.

Carilah E di luar batang! 31 .Gauss: Simetri Silinder Batang yang panjangnya takberhingga memiliki rapat muatan uniform λ.

ℓ juga sembarang dan akan hilang.Gauss: Simetri Silinder Simetri sumber adalah silinder Gunakan permukaan Gauss berbentuk Silinder Cat: Pemilihan r adalah sembarang tetapi merupakan radius yang akan dicari medan listrik E nya. 32 .

Gauss: Simetri Silinder Muatan total yang terlingkupi: 33 .

.

Gauss: Simetri Bidang Lempeng dengan luas takberhingga memiliki rapat muatan uniform σ. Carilah E di luar lempeng! 35 .

Gauss: Simetri Bidang Simetri sumber adalah bidang Gunakan permukaan Gauss Pillbox Cat: A adalah sembarang (bentuk dan ukuran) dan akan hilang 36 .

Gauss: Simetri Bidang Muatan total yang terlingkupi: CAT: Tidak ada fluks yang melalui sisi silinder 37 .

kayu 38 . kertas. Konduktor dan Insulator Konduktor adalah sebuah benda yang memiliki muatan yang dapat bergerak bebas (electron-elektron yang terikat lemah pada atom) Contoh: logam Insulator adalah sebuah benda yang tidak memiliki muatan yang dapat bergerak bebas (electron-elektron yang terikat kuat pada atom) Contoh: plastik.

Konduktor Konduktor memiliki muatan bebas • E bernilai nol di dalam Konduktor ETotal = 0 • Konduktor adalah objek equipotensial 39 .

.

Konduktor sebagai Penghalang 41 .

Apa yang terjadi dengan muatan-muatannya? 42 . Konduktor Berongga Muatan ditempatkan di dalam konduktor berongga.

Konduktor Berongga Muatan ditempatkan di luar konduktor berongga. Apa yang terjadi dengan muatan-muatannya? 43 .