You are on page 1of 16

TUGAS

MANAJEMEN PENJUALAN

Dosen Pengampu Mata Kuliah :Jauharry, SE., MM

DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 1
IVA AMELYA PUTRI (1310551024)
MUHAMMAD RIFKI H (1410551002)
WELLA SHINTYA R (1410551004)
TRI YOGI PRATAMA (1410551005)
SUCI YUNIA ASHARI (1410551006)
SESNITA ERLINA PUTRI (1410551008)
DIANA PURNAMA SARI (1410551010)
BAGAS ALFINANDO P (1410551012)
DENI APRIKA (1410551014)
GITA RIA FISESTA (1410551016)

JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ANDALAS KAMPUS II PAYAKUMBUH
2017

dan follow-up . . Banyak perusahaan menggunakan permainan peran (role play) untuk memberi kesempatan tenaga penjualan baru untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam situasi di mana peserta penjualan dapat mengamati dan memperbaiki perilaku. demi kepentingan terbaik tenaga penjual dan perusahaan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan membantu pengambilan keputusan pelanggan dengan memilih dari rangkaian produk-produk yang paling sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ini menyiratkan bahwa untuk kelangsungan hidup jangka panjang. Saat mengembangkan kemampuan personal selling. negosiasi (negotiation). presentasi dan demonstrasi (presentation and demonstration). PENDAHULUAN Filosofi dasar yang mendasari pendekatan personal selling adalah penjualan merupakan perpanjangan dari konsep pemasaran. Oleh karena itu.Dimana tahap-tahap penjualan tersebut harus mampu dilaksanakan oleh tenaga penjual untuk meningkatkan volume penjualan. identifikasi kebutuhan dan masalah (need and problem identification). tenaga penjualan juga harus menyadari karakteristik yang diinginkan penjual oleh pembeli. menutup penjualan (closing the sale). sangat diperlukan mengembangkan kemampuan tenaga penjual. mengatasi keberatan (dealing with objections). Ada 7 (tujuh) tahapan penjualan ketika melakukan penjualan. diantaranya : pembukaan (opening).

Seorang tenaga penjualan dari Precision Mesin fotokopi telah memanggil Anda untuk berdiskusi status mesin fotokopi Anda. pabrik dan operasi gudang yang mengkhususkan diri pada mesin fotokopi digital dan mesin faks.. Anda tidak memiliki kebutuhan khusus saat ini. Kontrak besar untuk pencetakan juga dihasilkan oleh industri mal itu mengelilingi lokasi Anda . PERMASALAHAN ROLE PLAY . mesin fotokopi digital memberikan kualitas tinggi salinan berkualitas dan bahkan bisa diikat ke jaringan Anda dengan jaringan opsional kit. maka lakukanlah analisis dan perankan 1 buyer style (thinker). Mesin fotokopi digital menawarkan ekonomi mesin fotokopi kecepatan tinggi dengan kualitas teknologi laser digital.PENDEKATAN DAN KEBUTUHAN Mesin fotokopi Anda adalah tenaga penjualan yang dipekerjakan di Precision Photocopiers. Customer 1 Peran . Berdasarkan ilustrasi diatas.Anda senang dengan Performance dari mesin fotokopi Anda dengan hanya beberapa masalah kecil Jika ada yang logis atau Alasan rasional untuk mempertimbangkan pembelian Anda mungkin tertarik. 1 universitas dan 1 perguruan tinggi berada dalam radius 2 km dari perusahaan anda.Pemikir Anda pemilik ABC Printing itu beroperasi 24 jam sehari setiap hari. . Anda sangat senang menampilkan semua fitur dan manfaatnya dua model untuk pembeli di industri dan bisnis komersial. Precision memproduksi dan melayani 2 jenis mesin fotokopi. Dengan sejumlah fitur dan asesoris inovatif.

Keterampilan organisasi f. Membentuk organisasi. dan pelatihan tenaga penjualan e. ukuran. seleksi.berpegang teguh pada tugas e. Menjaga atau menghapus pelanggan b. Keterampilan komunikasi verbal g. Menunjukkan kemampuan untuk mengatasi keberatan i. Manajemen Penjualan Manajemen Penjualan adalah suatu proses perencanaan . desain dan perencanaan penjualan d. Memasarkan produk e. Melakukan peramalan dan penganggaran c. Mengatasi masalah yang berkaitan dengan sistem penjualan f. Melakukan rekrutmen. implementasi. Melakukan kontrol dan evaluasi tenaga penjualan 2. Manajemen database dan pengetahuan c. Kemampuan untuk menyesuaikan gaya penjualan dari situasi ke situasi d. Memuaskan kebutuhan dan memberikan nilai tambah. Faktor-faktor kesuksesan penjualan profesional Berikut ini adalah faktor-fakttor kesuksesan penjualan profesional : a. Ketekunan . Keterampilan menutup penjualan j. Tugas dan tanggung jawab manajer penjualan : a. Memotivasi tenaga penjualan f. Kemahiran dalam berinteraksi dengan orang-orang di semua tingkat dalam sebuah organisasi h. pengendalian terhadap aktifitas kegiatan menjual yang dilakukan oleh perusahaan melalui tenaga penjualan. Tindak lanjut keterampilan c. ANALISIS 1. Karakteristik penjualan modern : a. Keterampilan mendengarkan b. Mengelola hubungan baik dengan pelanggan selama jangka panjang d. Keterampilan perencanaan personal dan manajemen waktu . pengorganisasian. Menetapkan tujuan dan sasaran tenaga penjualan b.

Selanjutnya. e. misalnya mesin kereta api. Perbedaan antara pembelian konsumen dan organisasi Ada sejumlah perbedaan penting dalam penekanan antara pembelian konsumen dan organisasi yang memiliki implikasi penting bagi pemasaran barang dan jasa secara umum dan fungsi personal seling pada khususnya. produk itu sendiri mungkin secara teknis dan penjual mungkin menghadapi masalah yang tak terduga begitu pekerjaan dimulai. Lebih sedikit pembeli organisasi Umumnya. melibatkan banyak orang di berbagai tingkat organisasi. Pembelian organisasi lebih kompleks Banyak pembelian organisasi. Maka pembeli dalam beberapa situasi pembeli mungkin menuntut agar penjual membeli beberapa produk pembeli sebagai imbalan untuk mengamankan pesanan.3. Pembelian timbal balik mungkin penting dalam pembelian organisasi Karena pembeli organisasi mungkin berada dalam posisi yang kuat ketika bernegosiasi. masuk akal bagi pemasok untuk berinvestasi dalam hubungan jangka panjang dengan mereka. f. menghitung biaya siklus hidup termasuk harga beli. Pelanggan semakin banyak menggunakan biaya siklus hidup dan analisis nilai dalam penggunaan untuk mengevaluasi produk. Penjualan / pembelian organisasional mungkin lebih berisiko Pasar business to business terkadang ditandai dengan kontrak yang disepakati sebelum produk dibuat. pemasaran produk industri perusahaan akan memiliki lebih sedikit pembeli potensial daripada pemasaran di pasar konsumen. c. Perusahaan rel. misalnya. biaya operasional dan pemeliharaan saat memesan lokomotif baru. Seringkali 80 persen output. terutama yang melibatkan sejumlah besar uang dan merupakan hal baru bagi perusahaan. d. Pembeli organisasi lebih rasional Seringkali keputusan dibuat berdasarkan kriteria ekonomi. akan dijual ke sekitar 10-15 organisasi. g. Pembelian organisasi mungkin sesuai dengan kebutuhan spesifik Hal yang tidak biasa dalam pemasaran business to business bagi pembeli untuk menentukan spesifikasi produk dan bagi penjual untuk menyesuaikan penawaran produk mereka untuk mencapainya. Dikarenakan besarnya potensi pendapatan produk tersebut. Hubungan jangka panjang yang lebih dekat antara pembeli dan penjual organisasional Karena pentingnya pelanggan besar. Direktur . Hal ini tercermin dalam pertumbuhan penjualan kunci di mana tim penjualan dan pemasaran berdedikasi dipekerjakan untuk melayani pelanggan utama. yaitu : a. b.

spesifikasi dan kuantitas barang yang dibutuhkan. 5) Buyers : mereka yang memiliki wewenang untuk melaksanakan pengaturan kontrak. kurang penting dan lebih banyak informasi yang dimiliki pembeli. 3) Deciders : mereka yang memiliki kewenangan untuk memilih supplier / model. Contoh faktor internal adalah realisasi ketidakcukupan yang mengarah pada keputusan untuk membeli pabrik atau peralatan. 2) Penentuan karakteristik.siapa yang berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan dan peran khusus mereka. item yang lebih murah. manajer pembelian dan operator dapat mempengaruhi keputusan mesin mahal mana yang akan dibeli. h. Negosiasi seringkali penting dalam pembelian organisasi Negosiasi sering kali penting dalam pembelian organisasi karena adanya pembeli profesional dan penjual serta ukuran dan kompleksitas pembelian organisasional. semakin sedikit pencarian yang terjadi. 4) Influencer : mereka yang memberikan informasi dan menambahkan kriteria keputusan selama proses berlangsung. manajer produksi. namun harga sebenarnya akan bergantung pada hasil negosiasi. DMU akan menyusun deskripsi tentang apa yang dibutuhkan. B. 4. Perilaku pembeli organisasi Perilaku pembeli organisasi dibagi menjadi tiga elemen oleh Fisher : A. 3) Mencari dan kualifikasi sumber potensial. 2) Users : mereka yang benar-benar menggunakan produk. . dianalisis. 6) Gatekeeper : mereka yang mengendalikan arus informasi. Secara umum. Daftar Harga pemasok dapat dianggap sebagai titik awal untuk negosiasi. Proses Merupakan faktor bagaimana pola informasi yang didapat. insinyur produk. Berikut ini proses pengambilan keputusan organisasi (fase pembelian): 1) Pengenalan kebutuhan atau masalah Kebutuhan dan masalah dapat dikenali melalui faktor internal atau eksternal. di evaluasi dan pengambilan keputusan yang terjadi saat organisasi pembelian bergerak menuju sebuah keputusan. Pada tahap proses pengambilan keputusan. Struktur Merupakan faktor siapa. pelaksana. Bonoma dan Webster telah mengidentifikasi enam peran dalam struktur decision-making unit (DMU) : 1) Initiators : mereka yang memulai proses pembelian.

mungkin tepat pada waktunya. di mana departemen pembelian menyusun formulir evaluasi untuk departemen pengguna untuk menyelesaikan. proposal akan diminta dan dilakukan analisisnya. Biasanya hal ini dilakukan oleh petugas pembelian. Setiap proposal akan dievaluasi berdasarkan kriteria yang dianggap penting bagi setiap anggota DMU. saat mengevaluasi produk. perancangan spesifikasi produk dan dengan secara jelas menyajikan keuntungan dari produk tersebut melalui kompetisi sesuai persyaratan yang relevan dengan anggota DMU. harga menjadi pertimbangan utama. 5) Evaluasi proposal dan seleksi pemasok. sehingga persepsi nilai baru dapat dicapai. 2) Harga dan biaya siklus hidup Untuk bahan dan komponen dengan spesifikasi dan kualitas yang serupa. Semakin banyak pembeli mempertimbangkan biaya siklus hidup. Implikasinya adalah bahwa seorang wiraniaga dapat mempengaruhi penjualan melalui pengenalan kebutuhan.4) Akuisisi dan analisis proposal. Selanjutnya rincian pembayaran dan pengiriman disusun. atau informal melalui percakapan sehari-hari. 7) Umpan balik dan evaluasi kinerja. Isi Merupakan faktor apa yaitu kriteria pilihan yang digunakan pada tahapan proses yang berbeda dan oleh anggota unit pengambilan keputusan yang berbeda. 6) Seleksi pesanan rutin. Ini mungkin formal. . Pemasar dapat menggunakan analisis biaya siklus. mencakup penghematan produktivitas. Berikut ini beberapa kriteria penting yang perlu diperhatikan : 1) Kualitas Munculnya manajemen kualitas total (TQM) sebagai aspek kunci dari kehidupan organisasional mencerminkan pentingnya kualitas dalam mengevaluasi produk dan layanan pemasok. biaya perawatan dan nilai residu. 3) Kontinuitas pasokan Pelanggan organisasi menuntut hubungan yang erat dengan 'pemasok terakreditasi' yang dapat menjamin pasokan yang andal. C. serta harga pembelian awal. Penting untuk disadari bahwa berbagai anggota dapat menggunakan kriteria yang berbeda saat menilai proposal. Setelah menemukan sejumlah perusahaan yang dianggap memenuhi syarat untuk memasok produk.

d. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian organisasi Cardozo mengidentifikasi tiga faktor yang mempengaruhi komposisi DMU. seperti kritik dari rekan kerja. 6) Suka / tidak suka terhadap personal Pembeli mungkin secara pribadi menyukai satu orang penjual lebih banyak daripada yang lain dan ini mungkin memengaruhi pilihan pemasok. Menawarkan produk yang akan memuaskan kebutuhan tersebut. Dan sejauh mana tenaga penjualan dianggap oleh pelanggan untuk berperilaku etis. perusahaan perlu mengembangkan budaya perusahaan yang memandang konsumen memahami dan menciptakan nilai bagi pelanggan. Mengajukan pertanyaan b. Untuk menumbuhkan penjualan berorientasi pelanggan. Jenis produk c. Berikut ini karakteristik penjualan berorientasi pelanggan sebagai: a. Menggambarkan produk secara akurat. Menghindari tipu muslihat atau taktik mempengaruhi yang manipulatif. Penelitian menunjukkan bahwa penjualan yang berhasil dikaitkan dengan hal berikut: a. b. Konflik antar departemen dapat memanifestasikan dirinya dalam pembentukan kelompok yang bersaing atas pembelian produk atau layanan. pentingnya pembelian ke organisasi 5. Menghindari penggunaan teknik penjualan bertekanan tinggi. Kelas pembelian b. Menyediakan informasi produk . seperti ketidakpastian sehubungan dengan kinerja produk atau pemasok. 5) Kantor politik Faksi-faksi politik dalam perusahaan pembelian juga dapat mempengaruhi hasil keputusan pembelian. sifat proses pengambilan keputusan dan kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi penawaran produk: a. f. e. Keinginan untuk membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang memuaskan. c. dan risiko psikologis. terutama bila produk pesaing sangat mirip. 4) Perceived risk Risiko yang dirasakan dapat muncul dalam dua bentuk: risiko fungsional. Karakteristik penjualan berorientasi pelanggan Saxe dan Weitz (1982) mendefinisikan penjualan berorientasi pelanggan sebagai sejauh mana tenaga penjualan mempraktikkan konsep pemasaran dengan mencoba membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang akan memuaskan kebutuhan pelanggan. Membantu pelanggan menilai kebutuhan mereka.

Melepaskan ketegangan h. Mendukung pelanggan g. Dengan menghubungi penyedia jasa fotokopi. Memiliki pengetahuan yang lebih banyak dan lebih terperinci dari pelanggan i. Pembukaan Kesan awal dapat menyudutkan persepsi selanjutnya. Setuju dengan persepsi pelanggan f. Proses Personal Selling Berikut ini adalah proses personal selling : a. . Mengakui sudut pandang pelanggan e. memperkenalkan diri dan perusahaan yang dikirim. Peningkatan usaha j. jadi penting untuk mempertimbangkan cara-cara di mana respons awal yang baik dapat dicapai.Pembeli mengharapkan tenaga penjualan untuk menjadi pelaku bisnis dalam penampilan dan perilaku pribadinya. Tenaga penjualan harus menyambut pelanggan dengan senyuman. Misalnya pabrik yang memproduksi menghubungi perusahaan penyedia jasa fotokopi untuk menawarkan mesi fotokopi. Harus memiliki kepercayaan pada kemampuan seseorang 6. jabat tangan dan. c. Membuat perbandingan dan menawarkan bukti untuk mendukung klaim d. hal ini dapat menjalin hubungan erat dengan pembeli.

Misalnya. sales person menjelaskan bahwa Jenny 1. menyanggkal kebenaran dari keberatan tersebut. Presentasi dan demonstrasi Bagaimana sales person dapat “menceritakan” tentang produk yang ia tawarkan. Dalam kondisi dan situasi tertentu negosiasi merupakan kegiatan yang tepat menutup penjualan. dan syarat- syarat lainnya. Dalam negosiasi kedua pihak dapat saling tawar-menawar untuk membuat suatu kesepakatan. .b. grafik dan mode foto. terutama ketika sudah ada zona kesepakatan/zone of agreement. d. Dalam negosiasi kedua pihak yaitu penjual dan pembeli membuat kesepakatan tentang harga. Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang membutuhkan jawaban lebih dari satu kata atau satu kata. keuntungan yang dapat diambil dari penggunaan produk. Identifikasi kebutuhan dan masalah Pendekatan analisis kebutuhan ini menunjukkan bahwa pada awal proses penjualan. tenaga penjual harus mengadopsi postur tanya-dan-dengar.Document Center 600 adalah nomornya Mesin Fotokopi Digital di pasaran saat ini. Mengatasi keberatan Biasanya para pelanggan mengajukan keberatannya selama sales person melakukan presentasi. Sales person dapat meminta konsumen untuk menjelaskan keberatannya. dan mengubah keberatan menjadi alasan untuk membeli. Bagaimana tentang fitur dari produk. kuantitas. Sales person yang baik harus dapat mengatasi hal tersebut dengan pendekatan yang positif. Oleh sebab itu salesperson perlu untuk memiliki keahlian dalam bernegosiasi. Mereka meningkatkan penyalinan ke tingkat yang baru kualitas dan produktivitas.200 dan Jenny 2 . Misalnya. Salinan terlihat lebih baik dengan teks yang disempurnakan secara digital. Zona kesepakatan ini terjadi ketika hasil-hasil perundingan sudah dapat diterima oleh kedua pihak baik pembeli maupun penjual. manfaat dari produk. e. Untuk mendorong pembeli mendiskusikan masalah dan kebutuhan mereka. serta nilai (value) yang terdapat pada produk tersebut. bertanya kembali kepada konsumen sehingga konsumen dapat menjawab sendiri pertanyaannya. Negosiasi Negosiasi merupakan salah satu aspek penting dalam personal selling. tenaga penjualan cenderung menggunakan pertanyaan 'terbuka' daripada 'tertutup'. misalnya: 1) Mengapa Anda percaya bahwa mesin fotokopi ini tidak sesuai untuk bisnis Anda? 2) Apa alasan utama membeli mesin fotokopi XYZ?' 3) Dengan cara apa mesin pfotokopi ini gagal memenuhi harapan Anda?' c. sales person dari manufaktur yang memproduksi mesin fotokopi dapat menjawab dari keberatan yang dirasakan oleh pembeli dengan menawarkan manfaat yang lebih dari mesin fotokopi dibandingkan resikonya .

Sehingga kita bisa terbebas dari tekanan-tekanan untuk menerima syarat-syarat yang tidak menguntungkan dari lawan yang lebih kuat. Keragu-raguan ini mungkin terwujud dalam keinginan untuk menunda keputusan. Beberapa tenaga penjualan percaya bahwa presentasi yang efektif harus mengarahkan pembeli untuk meminta produk tanpa penjual yang perlu menutup penjualan. antara penjual (manufaktur penyedia mesin fotokopi Jenny) dan pembeli (perusahaan penyedia jasa fotokopi) harus bernegosiasi dalam menetapkan harga yang akan disepakati. Follow-up Merupakan tindakan tindak lanjut yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan kelanjutan bisnis dan melakukan pemeliharaan hubungan dengan konsumen. 7. ini. Dengan demikian bagian dari pekerjaan tenaga penjualan mencoba menutup penjualan. saluran distribusi. Seorang negosiator bisa menggunakan taktik BATNA (Best Alternative to a Negotiated Agreement). penjual dan manajer penjualan diminta untuk memainkan peran yang lebih signifikan dalam setiap komponen dari bauran pemasaran. dan promosi. Taktik ini menjelaskan tentang bagaimana kita harus dapat mengidentifikasi alternatif lain jika tidak terjadi penyelesaian dengan menentukan standar-standar untuk mengukur setiap tawaran. Ini terkadang terjadi. f. membangun hubungan jangka panjang antara pembeli (penydia jasa fotokopi) dengan penjual (perusahaan yang memproduksi mesin fotokopi). Misalnya. Peran personal selling dalam strategi produk Mereka berpartisipasi dalam pengujian produk dan uji pemasaran. mereka mungkin dapat menyarankan pemasok luar yang dapat memberikan produk tertentu di bawah pengaturan label pribadi untuk . Oleh karena itu. Misalnya. g. harga. Dalam hal ini. Misalnya. Dengan perubahan pasar dan strategi pemasaran. Menutup penjualan Setelah bernegosiasi anda harus sudah menyiapkan SO (sign order ) surat pemesanan. tenaga penjual harus mengarahkan pembeli untuk membeli produknya tanpa merubah pikirannya. Saran tenaga penjualan juga dapat bermanfaat terhadap pencarian produk. Personal selling dalam bauran pemasaran Bauran pemasaran terdiri dari empat elemen utama: produk. perusahaan yang memproduksi mesin fotokopi Jenny mengarahkan perusahaan penyedia jasa fotokopi untuk menutup penjualan dengan menawarkan surat pemesanan setelah negosiasi berhasil. Beberapa salesperson ada yang menggunakan strategi keras/hard sementara yang lain menggunakan strategi lunak/soft. tapi biasanya dibutuhkan tenaga penjual untuk mengambil inisiatif.

mereka dapat menyarankan manajemen senior dalam keputusan harga. Peran personal selling dalam strategi promosi Personal selling bekerja sama dengan iklan. Iklan adalah alat jangka panjang yang dirancang untuk menciptakan kesadaran produk perusahaan dan manfaat utama mereka. Peran personal selling dalam strategi harga Mereka memastikan strategi harga yang kompetitif dan reaksi pasar mengukur tingkat harga alternatif. atau mereka bisa untuk diberikan beberapa pertimbangan dalam menyesuaikan harga dengan kondisi pasar. Dalam kasus distribusi langsung.melengkapi bauran produk dan membuat perusahaan menjadi batas penuh vendor tanpa benar- benar setiap produk item yang dijual di pabrik sendiri. Sedangkan iklan dan promosi penjualan membuka jalan bagi personal selling dan bertindak dalam kapasitas mendukung. dan public relations. . Peran personal selling dalam strategi distribusi Tenaga penjualan memiliki koneksi lebih dekat dengan komponen distribusi bauran pemasaran. perusahaan atau penyedia barang langsung berhubungan dengan konsumen. promosi penjualan. Distribusi tidak langsung melibatkan penggunaan perantara (grosir dan pengecer) yang membeli dan menjual kembali barang dagangan.

Dapat memprint kertas 30 lembar per menit. Bagaimana langsung saja besok datang ke kantor kami sekitar jam 09. memiliki garansi 1tahun penuh terhadap semua fitur yang rusak ataupun yang eror. DIALOG *OTP B : Assalamualaikum. dengan berat 663lbs mesin foto copy jenny 2 memiliki banyak fitur dalam mendukung operasional perusahaan. Beberapa fitur mesin yang bekerja dapat bekerja efisen dan efektif. tentu saja bisa. Ya. Pada foto copy jenny 2 dia memiliki sistem leaser yang sanagt baik melakukan printner. pak? D . Terima kasih atas waktu yang telah bapak berikan. bisa.. Apakah bersama Bapak Deni pemilik ABC Printing? D : Waalaikummussalam.30. dapat menghasilkan 100 lembar permenit. ya baik-baik. pada custumer servise kami tersedia hadir 24 jam. Kami ingin menawarkan produk fotokopi dari perusahaan kami.. mesin foto copy jenny 2 ini juga mempunyai gransi 2tahun penuh dan memiliki 24 jam custumer servise yang tersedia diseluruh wilayah indonesia. Apakah bapak memiliki waktu luang dan bersedia untuk melihat presentasi dan demonstrasi dari produk kami? D : ooo begitu.. Ini siapa dan ada keperluan apa? B : saya Bagas dari sales Precision Photocopier. mesin . Kabar baik. Dimulai saya dulu pak (muhammad rifki hariadi) Pada foto copy jenny 1 memiliki kualitas yang baik resulasi yang baik apabila melakukan print dengan berat hanya 200lbs memudahkan mesin foto copy untuk pindah dari satu ruangan keruangan lain. on time ya! B : oke pak. Sekian pada fotocopy jenny dan saya akan menjelaskan mesin foto copy jenny 2. Hallooo. Sebelumnya saya perkenalkan diri dulu bahwa nama saya muhammad rifki hariadi dan rekan saya bagas alfinando sebagai marketing di perusahaan xyz . merupakan mesin yang sangat ramah pada lingkungan. dengan saya sendiri. Yuk langsung saja keruangan presentasi kami B : baik mari pak *OR B : maaf pak. sebelumnya boleh kami meminta bantuan untuk meminjam 2 pc laptop dan juga beberapa contoh dari laporan kerja perusahaan bapak. apabila mesin foto copy ini terjadi eror atau beberapa fitur yang tidak diketahui pemakainanya. Sampai jumpa besok di kantor bapak D: oke *OO B : selamat pagi pak..

.. bagaimana solusi menurut saudara? R : lebih baik bapak menggunakan jenny 600 yang lebih bisa memenuhi kebutuhan konsumen bapak. Mungkin dari kami sebagai marketing itulah persentasi kami dari 2 foto copy ini.karena denga menggunakan jenny 600 ini bapak bisa mencetak baliho.foto copy jenny 2 memiliki beberapa bagian dalam waktu jangka panjang.. dan lain sebagainya.. mesin yang kami punya masih bagus dan jika kami beli produk saudara maka produk yang kami punya akan tidak terpakai lagi. seperti yang di sampaikan oleh constumer servise kami bahwa kami memiliki dua jenis foto copy baru yang dapat nantinya membantu operasional perusahaan bapak. . iyaa saya juga berharap begitu. D: ya sebanarnya saya selama ini. saya memenuhi kebutuhan konsumen untuk perkuliahan tetapi akhir akhir ini tumbuh permintaan dari perindustrian mall. Mesin foto copy jenny 2 ini mendapatkan penghargaan coicword.. pamplet. bagaimana sousi dari perusahaan saudara? R: bagaimana misalnya jika bapak memakai salah satu produk yang kami tawarkan apakah jenny 200 yang bapak butuhkan atau yang 600 yang banyak keunggulan. D : baik. spanduk. B : sekian dari presentasi dan juga demonstrasi dari kami. kalau begitu berapa harga satu unit dari produk saudara? Keterangan B : Bagas D : Deni R : Rifki . saya ingin bertanya mengenai produk ini. D .. (Rifki) selamat siang pak. Semoga kedepannya kita bersama dapat menjalin hubungan bisnis dengan baik..

KESIMPULAN Manajemen Penjualan adalah suatu proses perencanaan . Melakukan kontrol dan evaluasi tenaga penjualan Terdapat 7 (tujuh) tahapan penjualan ang dapat dilakukan oleh tenaga penjualan. Mengatasi keberatan 5. dan pelatihan tenaga penjualan e. diantaranya : 1. Melakukan peramalan dan penganggaran c. seleksi. implementasi. Membentuk organisasi. Melakukan rekrutmen. Pembukaan 2. Presentasi dan demonstrasi 4. Menetapkan tujuan dan sasaran tenaga penjualan b. Follow-up . Menutup penjualan 7. Memotivasi tenaga penjualan f. Identifikasi kebutuhan dan masalah 3. pengorganisasian. desain dan perencanaan penjualan d. Negosiasi 6. pengendalian terhadap aktifitas kegiatan menjual yang dilakukan oleh perusahaan melalui tenaga penjualan. ukuran. Tugas dan tanggung jawab manajer penjualan : a.

html . https://communicationdomain. Edisi Kedelapan.co.id/2011/11/manajemen-penjualan.blogspot. 2009. David dan Geoff Lancester.wordpress. Selling and Sales Management.com/2010/12/18/personal-selling/ http://chidoriri. DAFTAR PUSTAKA Jobber. Prentice Hall.