You are on page 1of 6

Sistem Pengaturan Loop Terbuka

Alat Pengering Tangan Otomatis

1. Diagram Blok, Fungsi, dan Cara Kerja
Penjelasan:
Tujuan pembuatan pengering tangan dengan menggunakan sensor infra merah
ini adalah agar proses pengeringan tangan dapat berlangsung lebih praktis daripada
menggunakan kain ataupun tisu. Dan juga agar proses pengeringan tangan dapat
berlangsung lebih cepat. Untuk memberikan kemudahan kepada pengguna / pemakai
dalam mengeringkan tangan. Serta dapat membuat alat pengering tangan yang dapat
bekerja lebih optimal dan efisien dalam penggunaan daya listriknya. Serta
memberikan salah satu fitur tambahan berupa layar tampilan dari LCD.
Alat Pengering Tangan Otomatis akan mengaktifkan pemanas udara untuk
mengeringkan tangan saat berada di bawah sensor. Ketika Tangan berada di bawah

Setelah melewati kapasitor gelombang yang dihasilkan berupa tegangan DC 12 V tetapi tegangan DC ini masih mempunyai riak walaupun sangat kecil. Ketika terdapat tegangan maka kontroller yang berupa Comparator akan mengaktifkan rangkaian Aktuator sehingga pemanas udara akan bekerja dan tangan akan kering. dimana sensor ini berfungsi apabila sebuah benda menghalangi sumber sinar yang menuju infra merah da photo dioda akan menyebabkan resistansi dari infra merah da photo dioda tersebut besar. setelah tegangan diturunkan kemudian masuk ke diode penyearah jembatan atau dioda bridge yang berfungsi sebagai penyearah gelombang penuh. Prinsip Kerja Rangkaian Cara kerja dari rangkaian sistem pengontrol pengering tangan. hal ini . Kemudian ketika tangan sudah tidak berada dibawah sensor inframerah maka sensor tidak mengirimkan tegangan ke kontroller berupa Comparator sehingga Aktuator berupa Pemanas Udara akan Off. Dengan menggunakan prinsip pembagian tegangan maka ketika sensor inframerah mendeteksi inframerah yang dipantulkan oleh tangan maka terdapat tegangan yang dijadikan set point.Sensor maka tangan akan memantulkan cahaya inframerah yang kemudian dideteksi oleh sensor inframerah. dimulai dari trafo step down pada rangkaian ini mempunyai input tegangan sebesar 220 V AC dan V sekunder 12V AC. oleh karena itu digunakan IC regulator yang berfungsi sebagai penstabil tegangan. gelombang yang diserahkan adalah gelombang AC 12 V dari trafo yang kemudian masuk ke kapasitor yang difilter karena gelombang keluaran dari dioda bridge masih mempunyai riak-riak yang cukup besar. IC regulator yang digunakan pada rangkaian ini adalah IC LM 7812 yang akan menghasilkan tegangan DC 12 V yang stabil. Setelah dari regulator tersebut tegangan masuk kedalam penguat op-amp dan menuju sensor infra merah dan photo dioda. Karena tidak ada umpan balik dari output yang dihasilkan aktuator kepada sistem maka dapat dikategorikan sebagai Sistem Pengaturan Loop Terbuka. oleh karena itu kapasitor akan menepis gelombang tersebut menjadi kecil.

Setelah relay aktif akan mengaktifkan hand dryer. Fungsi utama dari rangkaian ini adalah penunda waktu. IC NE 555 yang aktif rendah akan mengeluarkan pulsa yang dapat diatur lama waktu tundanya. Relay akan dalam kondisi on bila pada bagian lilitan dialiri arus. walaupun sensor hanya terputus beberapa detik saja akan menyebabkan rangkaian ini tertunda sampai waktu yang diset pada timer ini. Relay adalah saklar yang bekerja atas dasar prinsip elektromagnetik. Rangkaian Pengeringan Tangan Otomatis . hal ini menyebabkan operasional amplifier inputnya tidak sama sehingga akan menghasilkan nilai output.akan membuat jembatan wheatstone menjadi tidak seimbang. Setelah dari pewaktuan dari IC 555 tersebut maka rangkaian tersebut kesebuah relay sebagai switch. Agar dapat dikontrol relay ini dikombinasikan dengan transistor sebagai saklar. Lamanya waktu penundaan tergantung dari nilai Vr dan kapasitor. Karena nilai dari resistansinya menjadi tidak seimbang. Output yang dihasilkan oleh Op-Amp akan memicu transistor menjadi saturasi.

aplikasi yang dijalankan langsung dihentikan. Jika sudah.Mengimplementasikan fungsi soft real-time membutuhkan design yang hati-hati dan aspek yang berkaitan dengan sistem operasi.proses yang kritis menerima prioritas lebih daripada yang lain. semakin cepat real-time proses mengeksekusi. melainkan hanya menyebabkan kerugian keuangan saja. pada sistem softreal-time. dan variasi tugas yang tidak dapat diterima di lingkungan yang tidak mendukung komputasi soft real-time. Walaupun menambah fungsi soft real-time ke sistem time sharing mungkin akan mengakibatkan ketidakadilan pembagian sumber daya dan mengakibatkan delay yang lebih lama.Kedua. maka para pengguna dapat saja merasa tidak puas dan akhirnya dapat menurunkan pendapatan pemilik mesin. Semakin kecil latency. maka contex . Ada beberapa cara untuk mencapai tujuan ini. tergantung pada aplikasi. Akan tetapi. tidak melampaui waktu.dihentikan secara bertahap atau dengan kata lain masih diberikan toleransiwaktu. Jenis RTOS yang digunakan Pada alat pengering tangan jenis yang digunakan yaitu Soft Real Time System.2. Keterlambatan pada sistem ini tidak menyebabkan kecelakaan atau akibat fatal lainnya. grafik berkecepatan tinggi.sistem harus punya prioritas penjadualan. Komputasi soft real-time memiliki sedikit kelonggaran. sistem yang harus memenuhi deadline.misalnya waktu pelayanannya menjadi lebih lambat dibandingkan ketika masih baru. Yaitu. walaupun prioritas non real-time dapatterjadi. hasilnya adalah tujuan secara umum sistem yang dapat mendukung multimedia. aplikasi yang telah habis masa waktu pengerjaan tugasnya.Setelah batas waktu yang diberikan telah habis. pada sistem hard realtime. Contoh penerapan sistem ini dalam kehidupan sehari-hari adalah pada alat penjual/pelayan otomatis. Jika mesin yang menggunakan sistem ini telah lama digunakan. Pertama. Pertama adalah dengan memasukkan preemption points di durasi system call yang lama.Untuk menjaga dispatch tetap rendah. dan proses real-time harus memiliki prioritas tertinggi. Apabila sistem tidak memenuhi deadline tidak menyebabkan kegagalan sistem. Dalam sistem ini. maka mesin tersebut dapat mengalami penurunan kualitas. tetapi biaya dapat meningkat dalam proporsi keterlambatan. kita butuh agar system call untuk preemptible. yang memeriksa apakah prioritas utama butuh untuk dieksekusi. tapi memiliki toleransi. atau mungkin menyebabkan starvation. Jika pelayanan mesin menjadi lambat. dispatch latency harus lebih kecil.

switch mengambil alih. Masalah ini dapat diatasi dengan priority-inheritance protocol. yaitu semua proses yang sedang mengakses sumber daya mendapat prioritas tinggi sampai selesai menggunakan sumber daya. karena setiap data kernel yang sedang di update diproteksi dengan pemberian prioritas yang tinggi. semua struktur data kernel harus diproteksi dengan mekanisme sinkronisasi. . Situasi seperti ini dikenal dengan priority inversion. prioritas proses inidikembalikan menjadi seperti semula. Jika ada proses dengan prioritas tinggi ingin membaca atau memodifikasi data kernel yang sedang dijalankan. Setelah selesai. ketika high priority proses selesai.Karena operasi yang benar dapat dijamin. kernel dapat selalu di preemptible. prioritas yang tinggi harus menunggu sampai proses dengan prioritas rendah tersebut selesai. Kenyataanya. Dengan metode ini. proses yang diinterupsi meneruskan dengan system call. serangkaian proses dapat saja mengakses sumber daya yang sedang dibutuhkan oleh proses yang lebih tinggi prioritasnya. Metoda yang lain adalah dengan membuat semua kernel preemptible. Points premption dapat diganti hanya di lokasi yang aman di kernel dimana kernel struktur tidak dapat dimodifikasi.

Besarnya tegangan yang dihasilkan oleh photodioda tergantung besar kecilnya radiasi yang dipancarkan oleh LED. Keutamaan dari alat pengering tangan ini adalah tingkat kehigienisannya yang tinggi. modul pengering ini terdiri dari sebuah modul sensor infra merah dan sebuah modul kontroller untuk mengaktifkan hand dryer dan display. Kelebihan dari alat ini selain berfungsi sebagai pengering tangan adalah adanya display atau tampilan kata – kata baik saat aktif maupun tidak aktif. Sehingga alat pengering tersebut dapat aktif dan mati secara otomatis berdasar objek yang dibaca oleh sensor. Pada dasarnya. Gelombang cahaya tersebut ditransmisikan menjadi besaran tegangan oleh photodioda. Nama Kelompok : Sarifa Isna Fitria Ali (21120114140057) Nanda Maulida Hadyahti Utami (21120114130070) Paramadita Hantoro (21120114140078) . 3. hotel dan rumah sakit. Data biner tersebutlah yang selanjutnya akan diolah oleh mikrokontroller untuk memberikan instruksi pada rangkaian switching. Komparator yang digunakan adalah IC LM324 untuk membandingkan keluaran dari photodioda dengan tegangan referensi pada komparator untuk mendapatkan data biner (0 atau 1). Peralatan ini menggunakan mikrokontroller AVR ATmega16 dengan menggunakan suatu sensor cahaya dimana hand dryer akan aktif jika sensor mendeteksi adanya objek yaitu tangan. Sensor yang digunakan adalah sensor cahaya LED dan menghasilkan suatu gelombang cahaya. restoran. Fitur-fitur yang dimiliki Alat pengering tangan otomatis saat ini merupakan salah satu pemanfaatan teknologi yang banyak digunakan di mall.