You are on page 1of 16

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN

TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL
DI LINGKUNGAN KECAMATAN A, KABUPATEN B
Oleh :

1. Latar Belakang Penelitian

Alasan Pemilihan Judul :
a) Dengan tingkat pendidikan yang tinggi lebih cepat cepat dalam
menyelesaikan masalah pekerjaan
b) Dengan upaya memberdayakan seluruh pegawai melalui
pemberdayaan ketrampilan, tanggungjawaaab serta
pengembilan keputusan, hal ini akan berdampak pada
peningkatan kinerja karyawan.

2. Ruang Lingkup

2.3.1 Permasalahan yang diteliti adalah tingkat pendidikan dan
pemberdayaan terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil di
Lingkungan kecamatan A Kabupaten B.
2.3.2 Objek dalam penelitian ini adalah Lingkungan kecamatan A
Kabupaten B.
2.3.3 Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan/pegawai
Lingkungan kecamatan A Kabupaten B.

1

1 Apakah ada pengaruh antara tingkat pendidikan dan pemberdayaan terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil baik secara parsial dan berganda ? 3. 3. 2 .3 Untuk menguji faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil. 5.1.3. Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 4. Serta berguna bagi semua pihak yang membutuhkan sebagai bahan referensi dalam penelitian lebih lanjut. Kegunaan Penelitian Adapun kegunaan dari penelitian ini sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan/organisasi dalam upaya mengelola sumber daya manusia yang menyangkut pengaruh tingkat pendidikan dan pemberdayaan serta kinerja pegawai. Perumusan Masalah 3. Untuk menguji pengaruh antara tingkat pendidikan dan pemberdayaan terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil baik secara parsial maupun berganda.2 Variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil? 4.

2.3.2. Gambar 1 Kerangka Pikir 3 .2.3.1.3. Tinjauan Pustaka 6.2.3.1.1.1. Pengertian Pendidikan 6.4.3.3.1. Metode Latihan atau Training 6.4.2.2. Faktor-Faktor Kinerja 6.1.2. Kinerja Pegawai 6. Pemberdayaan 6.2.2.2.1.2. Metode Pengembangan Pendidikan (Training and Education) 6. Pengertian Kinerja 6. Tipe Pemberdayaan 6. Pendidikan 6.3. Kebutuhan Pemberdayaan 6.1. Pengukuran Kinerja 6. Pengertian Pemberdayaan 6. Hubungan dan Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pemberdayaan terhadap Kinerja Karyawan.Metode Pendidikan (Education Method) 6.6. Peran Pemberdayaan 6.

Pemberdayaan Kerja Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tata Kota dan Permukiman Kota Semarang Penelitian yang dilakukan oleh Djoko Oentoro (2004) tentang Analisis Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kabupaten Pati.2. tentang Analisa Pengaruh Motivasii dan Komitmen Kerja. Hipotesis a.6. Metode Penelitian 7. Diduga ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan pemberdayaan terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil baik secara parsial maupun berganda. 7. Pemberdayaan (X2) Dependen variabel atau variabel terikat adalah: Kinerja Pegawai (Y) 4 .5. Tinjauan Penelitian Terdahulu Penelitian yang dilakukan oleh Ratnaningdyah Hasna Zahary. Variabel Penelitian Dalam penelitian ini variabel bebas yang digunakan adalah : c.6.1. (2005). b. Diduga variabel tingkat pendidikan yang paling berpengaruh terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil 7. Tingkat pendidikan (X1) d. Rancangan Penelitian Dalam penelitian ini penulis melakukan survei di lingkungan Kantor Kecamatan A Kabupaten B. 6.

3. Untuk jawaban (d) kurang mendukung diberi nilai 2 e. Jenis dan Sumber Data 7. Data Sekunder diperoleh dari Kantor Dilingkungan Kecamatan A Kabupaten B meliputi sejarah berdirinya. Kuesioner (Angket) 7. personalia.3. 7.1. Data Primer diperoleh dari kuesioner.2.6. Wawancara 7. Untuk jawaban (e) sangat kurang mendukung diberi nilai 1 2) Editing 3) Tabulating 5 . Metode Pengolahan Data Pengolahan data dilakukan dengan langkah-langkah berikut : 1) Coding Adapun skala nilai yang digunakan adalah 5 untuk pemberian skor untuk setiap jawaban adalah sebagai berikut ini. 78).5. maka jumlah sampelnya sebanyak 43 responden dengan metode sensus atau sampling jenuh. (Supranto.7.1. (1999. 1997) a. 7.2. Untuk jawaban (a) sangat mendukung diberi nilai 5 b. Untuk jawaban (b) mendukung diberi nilai 4 c. 7. Metode Pengumpulan Data 7. Populasi dan Sampel Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah semua pegawai di lingkungan Kecamatan A Kabupaten B sebanyak 43 pegawai.5.5. struktur organisasi.4. Untuk jawaban (c) ragu-ragu diberi nilai 3 d.3.

Analisis ini digunakan untuk menunjukkan sejauh mana suatu hasil pengukuran relatif konsisten apabila pengukuran diulangi dua kali.7. dengan metode Teknik Belah Dua. 2. 1996: 347) Y= a +b1X1+ b2X2 + e Keterangan : Y : Kinerja a : bilangan konstanta b1 : koefisien regresi X1 b2 : koefisien regresi X2 X1 : Tingkat pendidikan X2 : Pemberdayaan e : variabel lain yang tidak masuk dalam model atau standart error 6 . 3. validitas adalah sifat yang menujukkan adanya kemampuan setiap instrumen atau setiap butir pertanyaan. Statistik/ Inferensial 1.2. maka kuesioner sebagai alat pengukur alam penelitian reliabel. Analisis Regresi Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan analisis regresi berganda dan diuji dengan “F” test. Dasarnya Apabila r hitung > r tabel = Valid. Uji Validitas. Deskriptif 7. demikian sebaliknya. Dasarnya bila dari hasil perhitungan r alpha > r tabel. Persamaan regresi berganda adalah sebagai berikut : (Sudjana.7.7.1. Metode Analisis Data 7. Uji Reliabilitas.7.

05 (5%) Ho ditolak bila Fhitung  F tabel (Ada pengaruh) atau P < 0. Uji F (secara serempak) Uji F digunakan ntuk menguji pengaruh variabel-variabel independen secara keseluruhan atau bersama-sama terhadap variabel dependen.4. Kriteri pengujian Ho diterima bila t hitung < t tabel (tidak ada pengaruh) atau P > 0.05 (5%) b.05 (5%) 5. Analisis Adjusted R Square Digunakan untuk mengetahui persentase perubahan variabel independent secara bersama-sama dapat mempengaruhi variabel dependen (kontribusi dalam persentase) 7 . Kriteri pengujian Ho diterima bila Fhitung < F tabel (Tidak ada pengaruh) atau P > 0. Pengujian Hipotesis a) Uji t Uji t digunakan untuk mengetahui signifikansi dari pengaruh variabel independen secara individu terhadap variabel dependen dengan menganggap variabel independen lainnya konstan.05 (5%) Ho ditolak bila t hitung  t tabel (ada pengaruh) atau P < 0.

Uji reliabilitas menguji secara keseluruhan dari butir dari setiap variabel yang diteliti (atau menguji setiap variabel) 4) Dalam penelitian menggunakan pengujian dua sisi atau satu sisi. Menguji hipotesis terkait dengan pembuktian pengaruh menggunakan analisis regresi. Menguji Angket dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas 2. hal ini akan berdampak pada peningkatan kinerja karyawan.1) Alasan Pemilihan judul dalam penelitian ? a) Dengan tingkat pendidikan yang tinggi lebih cepat cepat dalam menyelesaikan masalah pekerjaan b) Dengan upaya memberdayakan seluruh pegawai melalui pemberdayaan ketrampilan. dan uji berganda atau bersama-sama dengan F test. 2) Pengujian yang dipakai dalam penelitian ini apa saja ? Pengujian yang dipakai dapat dikelompokkan dalam dua kelompok : 1. uji yang dipakai uji parsial/sendiri-sendiri atau masing- masing variabel dengan t test. 3) Apa yang anda ketahui tentang validitas dan reliabilitas ? a. Uji validitas menguji kehandalan dari setiap butir dari variabel yang diteliti (atau menguji setiap pertanyaan) b. tanggungjawaaab serta pengembilan keputusan. apa alasannya ? Dalam penelitian ini menggunakan uji dua sisi ( Two Tailed) untuk pengujian secara parsial (uji t test) alasannya karena terkait dalam dugaan sementara yang tertuang dalam hipotesis tidak ada kata-kata yang menunjukkan atau adanya kecenderungan pengaruh positif ataupun negatif (atau dapat dikatakan belum memiliki keyakinan yang penuh) 8 .

penyajian data. kerangka pemikiran dan hipotesis. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini disampaikan kesimpulan dan saran yang bermanfaat bagi perusahaan. tujuan dan kegunaan penulisan serta sistematika penulisan. 9 . perumusan masalah. BAB III METODE PENELITIAN Dalam bab ini dibahas mengenai variabel penelitian dan devinisi operasional. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Dalam bab ini dibahas mengenai gambaran umum obyek penelitian. Sistematika Penulisan Secara sitematis susunan dari laporaan ini adalah : BAB I PENDAHULUAN Dalam bab ini berisi latar belakang masalah. analisis data dan pembahasan. metode pengumpulan data dan metode analisis. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Dalam bab ini dijelaskan mengenai landasan teori. penentuan sampel dan sumber data.9.

5 Penyusunan x x Laporan . 9 Penjilidan x. judul 2 Pengajuan x x x Proposal 3 Pengumpulan x x Data 4 Analisis Data x x . 10 . Sementara 6 Review x x Laporan 7 Perbaikan x x.10. dan Memperbany ak Laporan 8 Ujian Skripsi x. JADWAL PENELITIAN Jadwal Penelitian Waktu Daftar I II III IV Kegiatan i i iii iv i ii iii i i ii iii iv i ii iii iv i v 1 Konsultasi x.

Jilid 2. R. DAFTAR PUSTAKA Clutterbuc David dan Susan Kernaghan. AA. struktur. alih bahasa oleh: Bern. 11 . Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Heidjrachman. 1990. James. 2000. Yogyakarta. Elex Media Komputindo. SPSS Statistik Parametrik. Suad Husnan. Manajemen Personalia. Hidayat. Anwar Prabu. Binarupa. Flippo B Edwin. Daya Pemberdayaan Menggali dan Meningkatkan PotensiKaryawan Anda. Jakarta. Hasibuan Malayu. Gibson. Joko dan Donelly JR. Jakarta. Singgih Santoso. 1996. PT Remaja Rosdakarya. Jakarta. Edisi ke-6. Erlangga. Hani Handoko. Aksara Jilid I. 2000. Bumi Aksara. Gramedia. BPFE Yogyakarta Mangkunegoro. 1996. Catakan Kedua. 1990. Perilaku . diterjemahkan oleh : Nunuk. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. 2002. Adiarni Edisi Kedelapan. BPFE UGM. Bandung. 2003. Jakarta. Manajemen Personalia Edisi keempat.

1990. 1997. Pedoman Penyusunan Skripsi.Panca Winahyuningsih. -------------. Teknik Analisa Data Kuantitatif. 1997. Jakarta. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PERSETUJUAN RANCANGAN PENULISAN SKRIPSI Nama : RIN ANGGRAHINI NIM : 2002-11-249 Jurusan/Program : MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Fakultas : EKONOMI Dosen Pembimbing : 1. III. Tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil.Simamora Henry. Akt. STIE YKPN Yogyakarta. Renika Cipta. Suharsimi Arikunto. Dra. Drs. MM Judul : PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN 12 . MSi 2. Cholil. Fakultas Ekonomi UMK. M. Siagian P Sondang. -------------. SE. Tarsito. Manajemen Sumber Daya Manusia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1979. 2005. 2000. Bandung. 2000. Sudjana. Bumi Aksara Jakarta. Manajemen Sumber Daya Manusia.

131 125 903 NIS.0610702010101022 USULAN RANCANGAN PENULISAN SKRIPSI PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KECAMATAN A KABUPATEN B 13 . SE. Telah mendapat persetujuan pada tanggal …………. Akt. Kudus. MSi Dra. MM NIP. M. PEMBERDAYAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KECAMATAN A KABUPATEN B . ………………2006 Pembimbing I Pembimbing II Drs. CHOLIL. PANCA WINAHYUNINGSIH.

insentif. perlu kiranya antara pengusaha dengan tanaga kerja melakukan kerjasama. Diajukan Oleh : RIN ANGGRAHINI NIM. sedangkan dipihak 14 . 2002-11-249 PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MURIA KUDUS TAHUN 2006 DAFTAR PUSTAKA Dalam usaha peningkatan produktivitas perusahaan. yaitu dengan memberikan kesejahteraan tenaga kerjanya dengan memberikan haknya seperti: kompensasi yang meliputi: upah. dan tunjangan-tunjangan lain.

15 . diperoleh hasil sebagai berikut ini.tenaga lkerja juga melaksanakan kewajibannya dengan bekerja secara disiplin dalam rangka meningkatkan produktivitas kerjanya. dan variabel dependen yaitu: produktivitas karyawan . Metode penelitian yang digunakan yaitu: variabel dalam penelitian meliputi : variabel independen antara lain: kompensasi dan kedisiplinan. pengolahan datanya meliputi : coding dan editing serta tabulating. analisis statistik/inferensial dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk data dari angket. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: untuk menguji pengaruh pemberian kompensasi dan kedisiplinan terhadap produktivitas karyawan dan untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap produktivitas karyawan pada perusahaan rokok Janur Kuning Kudus. jenis dan sumber datanya meliputi data primer dan sekunder dengan mengambil sampel sebanyak 50 karyawan. pengumpulan datanya menggunakan observasi. Berdasarkan perhitungan analisis tersebut. dan analisis korelasi dan regresi berganda. Analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. dan kuesioner. Berdasarkan hal tersebut maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah ada pengaruh pemberian kompensasi dan kedisiplinan terhadap produktivitas karyawan dan faktor manakah dari kedua variabel tersebut yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap produktivitas karyawan pada perusahaan rokok Janur Kuning Kudus.

Penolakan Ho Diterima Ho Penolakan Ho 0. df ( Tabel F) 999 16 . df (tabel t) 0. df (tabel t) Diterima Ho Ditolak Ho 0.05/2 .05 .05/2 .