You are on page 1of 4

RPP Unsur Kimia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP Negeri 9 Bandung

Mata Pelajaran : IPA

Kelas/Semester : VII / 2

Materi Pokok : Unsur, Senyawa dan Campuran

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Standar Kompetensi

2. Memahami Klasifikasi Zat

B. Kompetensi Dasar

2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

C. Indikator

1. Menjelaskan pengertian unsur

2. Menyebutkan nama unsur

3. Menerapkan aturan tata nama unsur

4. Menuliskan lambang unsur

5. Menggunakan tabel periodik

6. Menjelaskan pengelompokan unsur dalam tabel periodik

D. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke 1 : Unsur Kimia

berwujud cair atau gas  Unsur dikelompokan menjadi 3 bagian. Contoh : Besi (Fe). sisanya 20 % unsur bukan logam. 3. Nitrogen (N). yaitu : 1. Brom. dan huruf kedua kecil. Tujuan Pembelajaran Setelah melaksanakan pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah diharapkan peserta didik mampu menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana. 2. Oksigen (O). Pendekatan : Saintifik dan Kontekstual b. menentukan cara penulisan nama dan lambang unsur yaitu : 1. Contoh : Karbon (C). Materi Pembelajaran  Zat Murni dapat berupa unsur dan senyawa  Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa  Jumlah keseluruhan unsur yang ada didalam kurang lebih ada 109 jenis. Uranium (U). Terdiri dari 92 unsur alam dan selebihnya unsur buatan manusia  Unsur terdiri dari zat padat sebanyak 74 buah. dan Yodium 3. dan unsur buatan sebanyak 15 buah  80 % unsur berupa logam berwujud padat. yang diambil dari awal huruf. Tembaga.1. Kegiatan Pembelajaran . 2. Nikel. zat cair sebanyak 5 buah. Besi. Lambang unsur ditulis dengan huruf kapital. dan Emas. 2. Unsur bukan logam seperti : Flour. 3.Alumunium (Al). Unsur semi logam seperti : Silikon dan Germanium John Jacob Berzelius (1779-1848). Unsur logam seperti : Khrom. Setiap unsur dilambangkan dengan huruf. Metode Pembelajaran a. Platina (Pt). Metode : Diskusi dan Ceramah 4. Belerang/Sulfur (S). Emas (Au). Seng. unsur zat gas sebanyak 11 buah. Platina. huruf pertama besar. Untuk nama unsur yang memiliki dua huruf.

Pendahuluan (15 menit)  Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.a.  Siswa mengamati nama-nama unsur kimia yang ditulis oleh guru  Siswa mengamati penjelasan guru tentang lambang unsur kimia dari masa ke masa  Siswa mengamati penjelasan guru tentang aturan tata nama unsur kimia Berzelius  Siswa mengamati tabel periodik yang ditunjukan oleh guru  Menanya  Siswa diharapkan bertanya bagaimana cara menulis lambang unsur kimia  Siswa diharapkan bertanya tentang bagaimana cara menggunakan tabel periodik .apa yang kalian hirup dari udara disekitar kalian?  Pernahkah kalian berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu?  Apakah kalian pernah mencium bau menyengat ketika berada di dekat kawah?  Dari manakah bau menyengat tersebut berasal?  Guru menjelaskan bahwa bahwa bahan-bahan yang mereka sebutkan tadi merupakan contoh dari unsur  Guru memberikan penjelasan tentang tujuan. Kegiatan Inti (45 menit)  Mengamati  Siswa mengamati penjelasan guru tentang pengertian unsur kimia.  Guru memusatkan perhatian siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan untuk menggali pengetahuan siswa tentang nama-nama unsur yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari :  Pernahkan kalian melihat ibu atau saudara perempuan kalian menggunakan perhiasan ?  Bahan apakah yang biasanya digunakan untuk membuat perhiasan tersebut ? (siswa diharapkan menjawab emas dan perak)  Pernahkah kalian menggunakan paku dan palu ?  Bahan apakah yang biasanya digunakan untuk membuat paku dan palu ? (siswa diharapkan menjawab besi)  Ketika kalian bernafas.cakupan materi.berdoa.dan kegiatan pembelajaran  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok b.dan memeriksa kehadiran siswa.

 Siswa mengerjakan beberapa soal essai sebagai tes formatif  Guru memberikan tugas mandiri. c. 5. Sumber Belajar a. Media Pembelajaran : Slide power point b.menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya. Mengumpulkan informasi  Siswa mengumpulkan informasi tentang cara menulis lambang unsur kimia  Siswa mengumpulkan informasi tentang letak atau posisi unsur kimia pada tabel periodik unsur  Mengasosiasi  Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Lembar Kerja Siswa  Mengkomunikasikan  Siswa secara berkelompok mengemukakan jawaban dan argumentasi tentang permasalahan yang diberikan  Mengamati  Guru memberikan koreksi dan penguatan tentang materi unsur kimia. Sumber Belajar :  Buku Pelajaran IPA untuk SMP Kelas VII  Tabel Periodik Unsur Kimia  Lembar Kerja Siswa .kemudian menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam. Penutup (20 menit)  Siswa diberi kesempatan untuk membuat rangkuman dan melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan.