You are on page 1of 33

DRAFT PROKER

KULIAH KERJA NYATA 71
PEDUKUHAN KARANG GEDE, JATIMULYO,
GIRIMULYO

Kelompok 3
Brian Ardynata 11 01 14099
Surya Handri Atanto 12 02 14200
Hilaria Dian Permata 12 03 19612
I Kadek Beto Wedayana 12 05 11059
Maharaden Randy Dolly H 13 03 20707
Nikolas Aldian Putra 13 04 20306
Amelinda 13 04 20512
Ni Putu Ayualita C.P.D. 13 05 11415
Berlin Bastian Alfonso 13 06 07219
Margaretha Susetya 13 07 07388
Yeryko Sangputra Seto 13 07 07565
Hoppy Ramadilla 13 09 05058
Paramitha Sindiana 13 09 05128
Cornelia Verina Laveda 14 02 15150

UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA
2017

1. Program Kerja Unggulan
1.1 Bidang Pemetaan Monografi Pedukuhan

Penanggung Jawab :

1. Brian Ardynata 11 01 14099
2. I Kadek Beto Wedayana 12 05 11059
Sasaran : Seluruh warga di Pedukuhan Karang Gede
Tujuan : Membantu masyarakat dalam memetakan wilayah
Pedukuhan Karang Gede.
Penyampaian :

1. Melakukan sosialisasi mengenai pentingnya pemetaan
dalam mengenali secara jelas batas-batas wilayah
Pedukuhan Karang Gede.
2. Melakukan pendataan rumah warga yang berada di
wilayah Pedukuhan Karang Gede dan pencarian data
wilayah.
3. Melakukan tracing peta melalui google maps serta
bimbingan dari pedukuhan setempat.
4. Mengamati kondisi geografis pada pedukuhan.
Indikator Keberhasilan :

1. Menghasilkan sebuah produk peta monografi yang
dapat dipahami masyarakat serta tercetak pada bidang
tertentu.

1.2 Bidang Pemetaan Peta Potensi Pedukuhan

Penanggung Jawab :

1. Yerico Sangputra Seto 13 07 07565
2. Hoppy Ramadilla 13 09 05058

Sasaran : Seluruh masyarakat Pedukuhan Karang Gede dan
masyarakat luar Karang Gede.

Tujuan : Menggali Potensi SDA dan SDM yang ada di
Pedukuhan Karang Gede agar masyarakat luar dan dalam
mengetahui apa saja yang ada di Karang Gede dan
sebagai pedoman pengetahuan tentang potensi apa saja
yang ada dan dapat muncul di Karang Gede.

Waktu Pelaksanaan : ?? Juli 2017

Cara Penyampaian :

1. Melakukan sosialisasi mengenai pentingnya pemetaan potensi dalam mengenali
secara jelas potensi-potensi yang dimiliki SDM wilayah Pedukuhan Karang
Gede.
2. Melakukan pendataan potensi warga di wilayah Pedukuhan Karang Gede.
3. Membuat peta potensi warga padukuhan Karang Gede.

Potensi SDA :

 Perikanan
Beberapa warga memiliki ikan lele namun sedikit
karena bermasalah pada air di pedukuhan.
 Peternakan
Beberapa warga memiliki peternakan pada umumnya
kambing dan ayam.
 Kehutanan
Warga juga memiliki ladang perkubunan yang dimana
ditanami pohon-pohon yang nantinya pohon tersebut
digunakan untuk kebutuhan rumah atau dijual untuk
kayu bakar.
 Perkebunan
Sebagian besar warga berkebun dan kebanyakan yang
ditanam berupa jamu-jamuan dan cengkeh serta coklat.
 Pengolahan sampah
Untuk limbah dalam hal ini berupa sampah ,
pengolahannya belum ada dari masyarakat maupun
dinas pemerintah
 Daerah rawan bencana
Untuk daerah rawan bencana banyak titik yang bisa
menjadi potensi tanah longsor, dan untuk Pedukuhan
Karang Gede tanah longsor sangat berpotensi besar.
 Pengolahan susu kambing

Hal ini dikarenakan harga jual barang bisa menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis yang dilakukan. 1. Potensi SDM :  Unit usaha Beberapa koperasi masih berjalan namun kurang mendapat antusias dari warga. Cara Penyampaian : 1. . Materi ini juga mengenai alasan mengapa peta potensi diperlukan dalam padukuhan. Mengundang warga yang memiliki usaha sendiri dan usaha home industry di pedukuhan untuk mengikuti sosialisasi.3 Bidang Disiplin Ilmu 1.1 Bidang Disiplin Ilmu Akuntansi (Penentuan Harga Jual bagi pelaku bisnis) Penanggung Jawab : Nikolas Aldian Putra 13 04 20306 Sasaran : Perkumpulan Tani dan Karang Taruna (produksi jamu). Tujuan : Memberi pemahaman kepada warga Pedukuhan Karang Gede yang memiliki usaha sendiri agar dapat menetapkan harga jual yang tepat dalam usahanya. Indikator keberhasilan :  Masyarakat mampu mengenali potensi yang tersedia di pedukuhan Karang Gede. sehingga dapat memaksimalkan penggunaan potensi yang ada serta dapat mengantisipasi potensi yang bersifat merugikan.3. Beberapa warga memiliki kambing etawa atau sebagian besar dan masyarakat kurang memanfaatkan susu dari kambing itu sendiri. Materi :  Sosialisasi yang diberikan adalah penjelasan mengenai peta potensi dan potensi apa saja yang dimiliki oleh SDM di karang gede.

2. 1.2 Bidang Disiplin Ilmu Akuntansi (Pencatatan Inventaris Desa) Penanggung Jawab : Nikolas Aldian Putra 13 04 20306 Sasaran : Seluruh warga Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Memberi pemahaman kepada perangkat dusun bahwa semua inventaris desa harus dicatat sesuai dengan kondisinya pada saat itu juga guna tindakan perawatan dan pembuatan keputusan investasi untuk masa depan.3. Melakukan praktek penghitungan dan pencatatan umur ekonomis inventaris desa. Hal ini dikarenakan banyak nya inventaris desa yang belum dicatat dan umur ekonomisnya belum diketahui. Perangkat desa mampu mencatat inventaris desa yang ada di wailayahnya dengat output daftar inventaris desa 1. Indikator Keberhasilan : 1. Masyarakat mampu menghitung dan menentukan harga jual produknya sehingga dapat membantu perekonomian warga setempat. Indikator Keberhasilan : 1. Mengundang bendahara untuk penyuluhan tentang cara mencacat inventaris desa sesuai dengan umur ekonomisnya. sehingga perlu diberikan pengetahuan tentang umur ekonomis suatu barang.3. Secara fisik sudah ada catatan tetapi masih belum tepat dan sesuai dengan umur ekonomis inventaris yang ada. Melakukan praktek penghitungan penetapan harga jual. 2. Cara Penyampaian : 1.3 Bidang Disiplin Ilmu Akuntansi (Pembuatan Laporan Keuangan Sedehana) .

Indikator Keberhasilan : 1. Tujuan : Tujuan diadakannya pembukuan ini yaitu untuk mengetahui keadaan keuangan yang ada secara jelas. dan lain sebagainya) dengan rentang usia antara 20 tahun sampai dengan 40 tahun (terutama pada ibu-ibu atau karang taruna yang berjenis kelamin perempuan). karyawan.3. Melakukan praktek latihan pembuatan laporan keuangan. PNS. Penanggung Jawab : Nikolas Aldian Putra 13 04 20306 Sasaran : Bendahara di setiap organisasi Tujuan : Memberikan pengetahuan tentang pembuatan laporan keuangan Sederhana dengan acuan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku.4 Bidang Disiplin Ilmu Akuntansi (Pembuatan Laporan Keuangan Sedehana) Penanggung Jawab : Amelinda 13 04 20512 Sasaran : Masyarakat Pedukuhan Karang Gede yang mempunyai penghasilan tetap (misal: guru. seperti membayar SPP sekolah anak. Bendahara mampu menyusun laporan keuangan organisasinya dengan benar dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Mengundang bendahara organisasi untuk menghadiri penyuluhan tentang pembuatan laporan kuangan yang benar menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Hal ini perlu dilakukan karena administrasi di dusun ini sangat mendasar dan kurang mendalam. 2. membiayai . 1. Pembukuan ini dilakukan dengan pertimbangan banyaknya pengeluaran yang ada. Cara Penyampaian : 1.

Tiap tahapan akan dijelaskan sebagai berikut: a. kemudahan untuk melakukan pembelian secara kredit menyebabkan semakin meningkatnya jumlah masyarakat yang melakukan pembelian secara kredit yang mengharuskan masyarakat untuk semakin berhati-hati dalam melakukan pengelolaan keuangan. yaitu sosialisasi. kebutuhan hidup sehari-hari. pelatihan dan evaluasi. Cara Penyampaian : Penyampaian materi dilakukan melalui empat tahapan. Penyuluhan Dalam penyuluhan akan dijelaskan bagaimana seharusnya mencatat pendapatan dan pengeluaran (contoh: kebutuhan hidup) supaya agar masyarakat dapat memahami dengan jelas kondisi keuangan mereka dengan merekap pendapatan dan pengeluaran yang ada. Sosialisasi Penjelasan secara umum apa yang akan dilakukan selama program kerja berjalan. membayar listrik. Terlebih lagi. serta menghitung saldo awal dan saldo akhir setiap bulan guna mengetahui kondisi keuangan secara keseluruhan agar dapat melakukan perencanaan keuangan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Dalam penyuluhan juga akan dijelaskan mengenai format pencatatan keuangan yang baik dan mudah dipahami. masyarakat diharapkan dapat melakukan perancanaan pengelolaan keuangan mereka dengan bijaksana. Dengan melakukan pembukuan yang baik. membayar pajak dan lain sebagainya. b. tujuan apa yang ingin dicapai dengan adanya program kerja ini dan penggambaran materi secara umum yang akan dijelaskan pada pelaksanaan program kerja pencatatan keuangan sederhana. . penyuluhan.

masyarakat akan diminta untuk melakukan pencatatan keuangan dengan menggunakan format yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tingkat keberhasilan dilihat dari seberapa antusias masyarakat dalam berpartisipasi dalam program kerja yang telah ditawarkan (apabila masyarakat aktif dan dapat berpartisipasi dengan baik maka program kerja dapat dikatakan berhasil). dan lain sebagainya. d. Masyarakat mampu melakukan pembukuan yang baik sehingga mampu membantu masyarakat dalam pengelolaan keuangan mereka dengan lebih bijaksana. c. Evaluasi Dalam tahap evaluasi akan dilakukan evaluasi seberapa berhasilnya program kerja dengan melihat hasil dari pelatihan yang telah dilakukan sehingga dapat dinilai apakah masyarakat sudah atau belum memahami cara pencatatan yang baik. Selain itu juga akan dilakukan evaluasi terhadap kekurangan- kekurangan yang ada selama program kerja dilaksanakan misalnya kesulitan dalam melakukan penyuluhan. Indikator Keberhasilan : 1. 2. Materi : Cara melakukan pencatatan keuangan sederhana guna membantu masyarakat dalam mengelola keuangan. Pelatihan dilakukan dengan tujuan masyarakat menjadi semakin memahami praktik pencatatan keuangan. yaitu memberikan contoh kasus kepada masyarakat agar masyarakat dapat berlatih melakukan pencatatan keuangan berdasarkan pada contoh kasus yang ada. . Dengan contoh kasus yang ada. Pelatihan Pelatihan dilakukan dengan menggunakan studi kasus.

tujuan apa yang ingin dicapai dengan adanya program kerja ini dan penggambaran materi secara umum yang akan dijelaskan pada pelaksanaan program kerja pencatatan keuangan sederhana.3. Sosialisasi Penjelasan secara umum apa yang akan dilakukan selama program kerja berjalan. Dengan adanya pembukuan yang berbasis table aktiva = passiva membuat pembukuan di kas RT dapat terlihat jelas di setiap transaksi yang dilakukan. karyawan. pelatihan dan evaluasi. Cara Penyampaian : Penyampaian materi dilakukan melalui empat tahapan. penyuluhan. Tiap tahapan akan dijelaskan sebagai berikut: a.1. Penyuluhan Dalam penyuluhan akan dijelaskan bagaimana seharusnya mencatat pendapatan dan pengeluaran dan tata letak aktiva dan pasiva / Debet Kredit (contoh: kebutuhan hidup) supaya . yaitu sosialisasi. b. dan lain sebagainya) dengan rentang usia antara 20 tahun sampai dengan 40 tahun (terutama pada ibu-ibu atau karang taruna yang berjenis kelamin perempuan). Untuk itu perlunya suatu rekapan transparasi mengenai pembukuan kas pada setiap warga.5 Bidang Disiplin Ilmu Akuntansi (Pembukuan Tabel Aktiva = Pasiva) Penanggung Jawab : Amelinda 13 04 20512 Sasaran : Masyarakat Pedukuhan Karang Gede yang mempunyai penghasilan tetap (misal: guru. Tujuan : Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah warga dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan dana dari kegiatan sehari-hari dilakukan oleh warga pedukuhan khususnya pada ibu-ibu. PNS. agar dapat mengatur keuangan keluarga menjadi lebih baik.

Evaluasi Dalam tahap evaluasi akan dilakukan evaluasi seberapa berhasilnya program kerja dengan melihat hasil dari pelatihan yang telah dilakukan sehingga dapat dinilai apakah masyarakat sudah atau belum memahami cara pencatatan yang baik. agar masyarakat dapat memahami dengan jelas kondisi keuangan mereka dengan merekap pendapatan dan pengeluaran yang ada. d. c. dan lain sebagainya. Materi : Cara melakukan pencatatan keuangan sederhana guna membantu masyarakat dalam mengelola keuangan. Dalam penyuluhan juga akan dijelaskan mengenai format pencatatan keuangan yang baik dan mudah dipahami. Indikator Keberhasilan : . yaitu memberikan contoh kasus kepada masyarakat agar masyarakat dapat berlatih melakukan pencatatan keuangan berdasarkan pada contoh kasus yang ada. Pelatihan dilakukan dengan tujuan masyarakat menjadi semakin memahami praktik pencatatan keuangan. Pelatihan Pelatihan dilakukan dengan menggunakan studi kasus. Dengan contoh kasus yang ada. serta menghitung saldo awal dan saldo akhir setiap bulan guna mengetahui kondisi keuangan secara keseluruhan agar dapat melakukan perencanaan keuangan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Selain itu juga akan dilakukan evaluasi terhadap kekurangan- kekurangan yang ada selama program kerja dilaksanakan misalnya kesulitan dalam melakukan penyuluhan. masyarakat akan diminta untuk melakukan pencatatan keuangan dengan menggunakan format yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cara Penyampaian : Penyampaian materi dilakukan melalui empat tahapan. PNS. tujuan apa yang ingin dicapai dengan adanya program kerja ini dan penggambaran materi secara umum . Tujuan : Memberikan informasi pada penduduk di Pedukuhan Karang Gede mengenai pentingnya mengelola arus kas keuangan (kas masuk dan kas keluar).6 Bidang Disiplin Ilmu Akuntansi (Pengeloalaan Arus Kas Keuangan Keluarga) Penanggung Jawab : Amelinda 13 04 20512 Sasaran : Masyarakat Pedukuhan Karang Gede yang mempunyai penghasilan tetap (misal: guru.3. Sosialisasi Penjelasan secara umum apa yang akan dilakukan selama program kerja berjalan. pelatihan dan evaluasi. Membantu meningkatkan pemahaman para penduduk mengenai tata cara pengelolaan arus kas yang baik dan benar sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga di waktu sekarang dan yang akan datang. Masyarakat mampu melakukan pembukuan yang baik sehingga mampu membantu masyarakat dalam pengelolaan keuangan mereka dengan lebih bijaksana. Tingkat keberhasilan dilihat dari seberapa antusias masyarakat dalam berpartisipasi dalam program kerja yang telah ditawarkan (apabila masyarakat aktif dan dapat berpartisipasi dengan baik maka program kerja dapat dikatakan berhasil). 1. 2. dan lain sebagainya) dengan rentang usia antara 20 tahun sampai dengan 40 tahun (terutama pada ibu-ibu atau karang taruna yang berjenis kelamin perempuan). 1. karyawan. Tiap tahapan akan dijelaskan sebagai berikut: 1. yaitu sosialisasi. penyuluhan.

3. Materi : Cara melakukan pencatatan keuangan sederhana guna membantu masyarakat dalam mengelola keuangan. Selain itu juga akan . Evaluasi Dalam tahap evaluasi akan dilakukan evaluasi seberapa berhasilnya program kerja dengan melihat hasil dari pelatihan yang telah dilakukan sehingga dapat dinilai apakah masyarakat sudah atau belum memahami cara pencatatan yang baik. Dalam penyuluhan juga akan dijelaskan mengenai format pencatatan keuangan yang baik dan mudah dipahami. Pelatihan dilakukan dengan tujuan masyarakat menjadi semakin memahami praktik pencatatan keuangan. 2. serta menghitung saldo awal dan saldo akhir setiap bulan guna mengetahui kondisi keuangan secara keseluruhan agar dapat melakukan perencanaan keuangan yang semakin baik dari waktu ke waktu.yang akan dijelaskan pada pelaksanaan program kerja pencatatan keuangan sederhana. Pelatihan Pelatihan dilakukan dengan menggunakan studi kasus. 4. Dengan contoh kasus yang ada. masyarakat akan diminta untuk melakukan pencatatan keuangan dengan menggunakan format yang sudah dijelaskan sebelumnya. yaitu memberikan contoh kasus kepada masyarakat agar masyarakat dapat berlatih melakukan pencatatan keuangan berdasarkan pada contoh kasus yang ada. Penyuluhan Dalam penyuluhan akan dijelaskan bagaimana seharusnya mencatat pendapatan dan pengeluaran (contoh: kebutuhan hidup) supaya agar masyarakat dapat memahami dengan jelas kondisi keuangan mereka dengan merekap pendapatan dan pengeluaran yang ada.

Disisi lain pendaftaran hak atas tanah bertujuan untuk menunjang berbagai kepentingan pemilik tanah yang berkaitan dengan tanah contohnya kepentingan administrasi seperti jual beli tanah. Kepastian mengenai subyek hukum hak atas tanah. dan lain sebagainya. dll. . 1. dilakukan evaluasi terhadap kekurangan- kekurangan yang ada selama program kerja dilaksanakan misalnya kesulitan dalam melakukan penyuluhan.3. Tingkat keberhasilan dilihat dari seberapa antusias masyarakat dalam berpartisipasi dalam program kerja yang telah ditawarkan (apabila masyarakat aktif dan dapat berpartisipasi dengan baik maka program kerja dapat dikatakan berhasil). Khusus tujuan pendaftaran tanah untuk pertama kali bertujuan untuk memberikan jaminan kepastian hukum hukum yang meliputi : 1. Indikator Keberhasilan : 1.7 Bidang Disiplin Ilmu Hukum (Sosialisasi Pentingnya Pendaftaran Kepemilikan Hak atas Tanah) Penanggung Jawab : I Kadek Beto Wedayana 12 05 11059 Sasaran : Seluruh warga Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Agar masyarakat lebih mengerti mengenai pentingnya perlindungan dan kepastian hukum akan hak atas tanah dalam hal ini hak milik atas tanah agar nantinya memiliki kekuatan hukum tetap sehingga apabila terjadi sengketa tanah pemilik tanah tersebut dapat dengan mudah membuktikan kepemilikan hak atas tanahnya. Masyarakat mampu melakukan pembukuan yang baik sehingga mampu membantu masyarakat dalam pengelolaan keuangan mereka dengan lebih bijaksana. 2.

9 Bidang Disiplin Ilmu Komunikasi (Penggunaan Media Televisi secara Bijak) . 1. batas dan luas tanah ). disertai penjelasan mengenai cara dan tahapan pendaftaran tanah.dasar hukum pertanahan dan peraturan daerah yang mengatur tentang hukum pertanahan. Indikator Keberhasilan : 1. 2. Presentasi akan bersifat interaktif. Cara Penyampaian : Mengundang dan mengumpulkan warga Pedukuhan Karang Gede untuk mendengarkan presentasi dan penjelasan mengenai materi pendaftaran hak atas tanah. 1.8 Bidang Disiplin Ilmu Hukum (Penyuluhan Ruang Lingkup Tanah) Penanggung Jawab : Ni Putu Ayualita 13 05 11415 Sasaran : Orang tua warga Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Memberi pengetahuan mengenai pentingnya pengetahuan dasar dari pertanahan. Indikator Keberhasilan : 1.3. Masyarakat mampu memahami dan mengerti dasar. Cara Penyampaian : Penyampaian materi dilakukan dengan presentasi untuk memudahkan pemahaman audiens mengenai materi yang akan dijelaskan.3. Masyarakat mengerti tentang tata cara pendaftaran tanah baik itu pendaftaran tanah untuk pertama kali atau pendaftaran tanah karena jual beli. 3. Kepastian jenis hak atas tanah yang menjadi landasan hukum hubungan antara orang dengan tanah yang bersangkutan. Kepastian mengenai obyek hak atas tanah ( letak.

mana yang tidak perlu) beserta fungsi media televisi yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini dikarenakan agar masyarakat lebih bijak dalam melihat dan memilih tayangan-tayangan yang disajikan media televisi. 2. Memberi pengetahuan mengenai manfaat dari media televisi. dan mana saja yang pantas untuk dilihat orang tua. 1. Cara Penyampaian : 1. Indikator Keberhasilan : 1.10 Bidang Disiplin Ilmu Komunikasi (Pengenalan Media Massa) Penanggung Jawab : Hoppy Ramadilla 13 09 05058 Sasaran : Masyarakat Pedukuhan Karang Gede. Penanggung Jawab : Hoppy Ramadilla 13 09 05058 Sasaran : Masyarakat Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Memperkenalkan kepada masyarakat Karang Gede akan pentingnya penggunaan media televisi secara bijak (mana yang perlu diikuti. Tujuan : Memperkenalkan kepada masyarakat Karang Gede tentang berbagai jenis Media Massa yang beredar secara luas dan fungsi dari masing- masing media massa yang dapat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini . Melakukan penyuluhan program kerja terkait dengan penggunaan media televisi sesuai dengan kebutuhan. serta pengaruh apabila masyarakat tidak bijak dalam penggunaannya. Serta dapat mengerti pengaruhnya apabila masyarakat tidak bijak dalam penggunaan media televisi. Masyarakat dapat dengan bijak memilih tayangan telivisi. mana saja tayangan yang pantas untuk dilihat anak-anak.3.

Tujuan : Menumbuhkan rasa percaya diri. dan . Hal ini dikarenakan masih kurangnya rasa percaya diri yang ada pada masyarakat.11 Bidang Disiplin Ilmu Komunikasi (Public Speaking Skill) Penanggung Jawab : Hoppy Ramadilla 13 09 05058 Sasaran : Masyarakat dan Karang Taruna Pedukuhan Karang Gede. Memberi pengetahuan mengenai manfaat dari Public Speaking Skill. Cara Penyampaian : 1. 1. Cara Penyampaian : 1. Melakukan penyuluhan program kerja terkait dengan apa yang dimaksud Public Speaking Skill. Masyarakat dapat mengetahui akan berbagai jenis media massa. 2. meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik dan membentuk pola pikir yang kuat.3. serta pengaruh apabila masyarakat tidak maksimal dalam penggunaan Media Massa. Memberi pengetahuan mengenai manfaat dari Media Massa. 2. dikarenakan kurangnya pengetahuan akan media massa yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat. Indikator Keberhasilan : Masyarakat mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan baik. 2. Melakukan penyuluhan program kerja terkait berbagai jenis Media Massa yang berada di sekitar masyarakat. Dapat memanfaatkan media massa secara langsung. Indikator Keberhasilan : 1.

Melakukan diskusi bersama remaja karang taruna Pedukuhan Karang Gede mengenai jiwa kepemimpinan.12 Bidang Disiplin Ilmu Komunikasi (Penanaman Jiwa Kepemimpinan Dalam Diri Remaja) Penanggung Jawab : Paramitha Sindiana 13 09 05128 Sasaran : Remaja (Karang Taruna) Tujuan : Memberi pemahaman kepada remaja karang taruna Pedukuhan Karang Gede mengenai pentingnya mempunyai jiwa kepemimpinan. Cara Penyampaian : 1. Pasalnya hal ini juga dapat meningkatkan kualitas diri bagi masing-masing individu. Tujuan : 1.3. Sistem pemasaran produk dapat memberikan informasi kepada para pengusaha menengah . 1. Indikator Keberhasilan : 1. 2. 1. Mengundang para remaja karang taruna Pedukuhan Karang Gede untuk mengikuti sosialisasi.13 Bidang Disiplin Ilmu Manajemen (Sistem pemasaran produk) Penanggung jawab : Hilaria dian permata 12 03 19612 Sasaran : Semua masyarakat Pedukuhan Karang Gede yang ingin mencoba memasarkan produknya. memiliki pola pikir yang kuat serta menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri. Dari diskusi yang diadakan akan dikatakan berhasil ketika banyak peserta yang menyadari bahwa mempunyai jiwa kepemimpinan sangatlah penting.3.

Evaluasi Indikator Keberhasilan : Program kerja ini dikatakan berhasil apabila masyrakat di Pedukuhan Karang Gede mengerti bagaimana cara memasarkan produk yang baik dengan memperhatikan target pasar. Mempelajari lagi bentuk struktur organisasi yang lebih efisien dan dinamis dalam organisasi. Memberikan solusi bagi masyarakat di Pedukuhan Karang Gede tentang sistem pemasaran produk dengan memperhatikan target pasar. Pencarian potensi yang baik untuk dipasarkan 3. Dalam proker ini. Sosialisasi 2. 1. dan cara mempromosikan produk tersebut. Setelah semua data . bentuk kemasan. struktur organisasi akan diperbaruhi demi efisiensi dan membentuk model kerja organisasi yang lebih dinamis. dengan mengolah sumber daya alam yang ada disekitar Pedukuhan Karang Gede untuk dijadikan usaha dengan memasarkan produk mereka. kebawah untuk dapat memasarkan produk mereka. 13 03 20707 Sasaran : Warga Pedukuhan Karang Gede Tujuan : 1.14 Bidang Disiplin Ilmu Manajamen (Desain Struktur Organisasi Pedukuhan Karang Gede) Penanggung Jawab : Maraden Randy Dolly H. 2.3. Cara Penyampaian : 1. Cara Penyampaian : 1. bentuk kemasan dan cara mempromosikan produk tersebut. Pengumpulan data dari Karang Taruna sampai dengan Kelompok Tani.

Terkumpulnya data lengkap dari setiap kelompok. dan fungsi kerja dari setiap departemen yang akan dibentuk. Melakukan observasi fasilitas – fasilitas jalan dan lingkungan apa yang dibutuhkan di Pedukuhan Karang Gede. 2.3. 4. 1. Dibentuk departemen-departemen yang akan menaungi semua fungsi-fungsi yang sudah disepakati bersama. Cara Penyampaian : 1. . Indikator Keberhasilan : Setiap Departemen bekerja sesuai visi-misi yang sudah ada. Melakukan penggabungan informasi berdasar hasil observasi dan pengamatan.15 Bidang Disiplin Ilmu Arsitektur (Analisis Revitalisasi Pedukuhan Karang Gede) Penanggung Jawab : Brian Ardynata 11 01 14099 Sasaran : Warga Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Melaksanakan analisis dan rendering sebagai alternatif revitalisasi dari pedukuhan berbentuk Blueprint. Antusias warga Karang Gede lebih meningkat lagi dalam menjalankan struktur organisasi tersebut. terkumpul. memulai pembuatan kesepakatan kerja tentang visi-misi. Mengamati kondisi geografis yang terdapat di pedukuhan. 3. tujuan. kemudian akan melihat lagi sistematika kerja dari model struktur organisasi tersebut dan terakhir mengevaluasi struktur organisasi dengan model yang baru. Melakukan dokumentasi lingkungan Pedukuhan Karang Gede. Pembetukan departemen selesai.

Indikator Keberhasilan : 1. Masyarakat mampu memahami pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja di setiap kegiatannya serta mengetahui APD mana saja yang dan di dalam setiap kegiatan yang dilakukan warga. serta memberikan .16 Bidang Disiplin Ilmu Teknik Industri (Penjelasan tentang Pentingnya K3 di setiap kegiatan) Penanggung Jawab : Berlin Bastian Alfonso 13 06 07219 Sasaran : Masyarakat Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Kegiatan penyuluhan kesehatan dan kelamatan kerja (K3) ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih memahami pentingnya K3 dalam melakukan setiap kegiatan kerja bagi warga Karang Gede.17 Bidang Disiplin Ilmu Teknik Informatika (Pelatihan Microsoft Office) Penanggung Jawab : Margaretha Susetya 13 07 07388 Sasaran : Seluruh warga Di Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Memberi pemahaman kepada warga Pedukuhan tentang apa itu Microsoft Office dan apa saja yang ada didalamnya. Mengundang warga di Pedukuhan untuk mengikuti penyuluhan. 1. Indikator Keberhasilan : 1. Menghasilkan sebuah produk analisis berbentuk Blueprint ataupun sketsa yang dapat dipahami oleh masyarakat Pedukuhan Karang Gede. Cara Penyampaian : 1.3. Mengolah hasil dokumentasi berbentuk Blueprint melalui hasil olah analisis dan rendering. 1. 5.3.

Indikator Keberhasilan : . Bagi anak-anak sekolah yang mempelajarinya menambah pengetahuan dan wawasan serta memiliki minimal bekal untuk tau dan mengerti pengoperasiannya. 2. Mengundang warga serta karang taruna Pedukuhan Karang Gede. Melakukan pembelajaran juga dilanjutkan dengan demo langsung.18 Bidang Disiplin Ilmu Teknik Informatika (Pembuatan Web Pedukuhan Karang Gede. 2. excel . Indikator Keberhasilan : 1. Desa Jatimulyo) Penanggung Jawab : Margaretha Susetya 13 07 07388 Sasaran : Seluruh warga Di Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Memberi pemahaman kepada warga serta Karang Taruna Pedukuhan Karang Gede tentang apa itu Web dan apa-apa saja yang ada didalamnya. Cara Penyampaian : 1. Masyarakat memahami kegunaan Microsof Office itu sendiri. dan power point. 1. juga pengenalan tools didalamnya. serta memberikan pemahaman apa tujuan dibuatkan adanya web. beberapa trik yang mudah dan gampang dalam pengoperasian. Melakukan pembagian modul pembelajaran juga dilanjutkan dengan demo langsung. Masyarakat mampu memahami cara pengoperasian word . Mengundang warga anak-anak yang sudah duduk dibangku sekolah dasar dan seterusnya juga Karang Taruna.3. 3. Cara Penyampaian : 1. 2.

3. terutama Karang Taruna. 1. Masyarakat mampu memahami cara pengoperasian web milik Pedukuhan Karang Gede.20 Bidang Disiplin Ilmu Teknik Sipil (Septictank) Penanggung Jawab : Cornelia Verina Laveda 14 02 15150 . Melakukan pembagian modul pembelajaran juga dilanjutkan dengan demo langsung.3. juga pengenalan tools didalamnya. Masyarakat memahami kegunaan sistem operasi itu Sendri. Masyarakat mampu memahami cara pengoperasian sistem operasi 2. serta memberikan beberapa trik yang mudah dan gampang dalam pengoperasian. Masyarakat memahami kegunaan dan fungsi serta tujuan adanya web itu sendiri. 3.19 Bidang Disiplin Ilmu Teknik Informatika (Pelatihan Dan Pengenalan Sistem Operasi (Windows) Penanggung Jawab : Yerico Sangputra Seto 13 07 07565 Sasaran : Seluruh warga Di Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Memberi pemahaman kepada warga pedukuhan tentang apa itu sistem operasi dan apa saja yang ada didalamnya . Indikator Keberhasilan : 1. 2. 1. Bagi anak-anak sekolah yang mempelajarinya menambah pengetahuan dan wawasan serta memiliki minimal bekal untuk tau dan mengerti pengoperasiannya. Cara Penyampaian : 1. 1. 2. Mengundang warga anak-anak yang sudah duduk dibangku sekolah dasar dan seterusnya juga karang taruna .

3. Memberikan informasi mengenai septictank kepada warga Pwdukuhan Karang Gede bahwa septictank itu merupakan hal penting bagi kesehatan warga. Cara Penyampaian : 1. 2. dan manfaat dari septictank. tujuan kenapa harus memperhatikan septictank di masing-masing rumah . Cara Penyampaian : .21 Bidang Disiplin Ilmu Teknik Sipil (Sumur Resapan) Penanggung Jawab : Cornelia Verina Laveda 14 02 15150 Sasaran : Warga Pedukuhan Karang Gede Tujuan : 1. Dapat menambah potensi air tanah di Pedukuhan Karang Gede karena dapat menampung dan mengalirkan air serta dapat meresapkan sebagian air hujan kedalam tanah untuk ditampung sehingga dapat menyelamatkan sumberdaya air untuk jangka waktu yang cukup panjang yang kemudian dapat digunakan. Ketika peserta yang datang saat penyuluhan menyadari bahwa septictank sangatlah penting. Ketika peserta saat penyuluhan antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh pembicara. 1. Memberikan penyuluhan terkait dengan apa yang dimaksud dengan septictank. Indikator Keberhasilan : 1. Sasaran : Warga Pedukuhan Karang Gede Tujuan : 1.

. mengapa harus dibuat dan manfaat-manfaat yang akan didapat jika kita membuat sumur resapan serta cara pembuatan sumur resapan yang sederhana. Tujuan : 1. Mengundang bapak-bapak dan ibu-ibu ke penyuluhan yang dibuat untuk menyampaikan proker. Ketika peserta saat penyuluhan antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh pembicara. Selain itu dapat juga disampaikan pada saat acara PKK dan kumpul karang taruna. 2. 1. Cara Penyampaian : 1. Diadakan penyuluhan mengenai sumur resapan itu apa. 2.22 Bidang Disiplin Ilmu Teknik Sipil (Rumah Sehat) Penanggung Jawab : Surya Handri Atanto 12 02 14200 Sasaran : Warga dengan rentang umur 20-40 tahun diutamakan laki-laki karena banyak yang berprofesi sebagai buruh bangunan. Ketika peserta yang datang saat penyuluhan menyadari pentingnya peran sumur resapan untuk sumberdaya air di pedukuhan. Indikator Keberhasilan : 1. Indikator Keberhasilan : Dapat mengerti bahkan menjalankan rumah sehat dan saat ada pembangunan rumah bisa direncanakan rumah berbasis rumah sehat.3. Memberikan pemahaman kepada masyarakat Karang Gede tentang apa itu rumah sehat. apa saja yang menggolongkan rumah itu disebut rumah sehat dan bagaimana membangunnya dan juga menggunakan biaya yg hemat. 1.

dan Balita untuk mengikuti sosialisasi.P. Cara Penyampaian : 1. makan makanan yang bergizi.1 Bidang Kesehatan 2. Meningkatkan kepedulian akan para lansia di Pedukuhan Karang Gede. Ni Putu Ayualita C.2 POSBINDU LANSIA Penanggung Jawab : 1. Indikator Keberhasilan : 1.D. Hoppy Ramadilla 13 09 05058 2. Melakukan sosialisasi dan penyuluhan masyarakat Pedukuhan Karang Gede . dan balita yang datang pada saat sosialisasi. Banyaknya Bayi. serta Ibu Hamil. Paramitha Sindiana 13 09 05128 2. Cara Penyampaian : 1. serta pengenalan akan macam-macam penyakit yang dapat menyerang para lansia (usia lanjut). dan Ibu dari bayi. Amelinda 13 04 20512 Sasaran : Kelompok Lansia Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Untuk membantu para lansia agar hidup sehat. Mengundang para Ibu Hamil. 13 05 11415 Sasaran : Bayi. Program Kerja Wajib 2. Tujuan : Menjaga kesehatan dan pengecekan teratur kondisi tumbuh kembang anak. dan balita di Pedukuhan Karang Gede. bayi dan balita.1 POSYANDU Penanggung Jawab : 1. Balita. 2. dan Ibu dari Bayi.1. serta pemberian vitamin bagi ibu hamil.1. dan ibu dari bayi.2. Balita. serta Ibu hamil. serta pelaksanaan program Posyandu yang diadakan secara berkala di Pedukuhan Karang Gede.

Mengajak anak bernyanyi serta menari untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Mengajak anak mewarnai untuk meningkatkan daya kreatifitasnya. Memberikan cerita-cerita (dongeng atau fabel) untuk menanamkan nilai-nilai positif dan memberikan pengalaman belajar untuk mendengarkan. Paramitha Sindiana 13 09 05128 Sasaran : Seluruh anak-anak berusia ≤ 5 tahun di Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Membina dan menumbuhkan serta mengambangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar yang sesuai dengan tahap perkembangan ahar memeliki kesiapan untuk bisa lanjut ke tahap pendidikan yang selanjutnya. Indikator Keberhasilan : 1. Cornelia Verina Laveda 14 02 15150 2. 2. Indikator Keberhasilan : Kelompok lansia Pedukuhan Karang Gede dapat hidup sehat dengan makan-makanan bergizi. Cara Penyampaian : 1.2. 3. 4. mengenai pentingnya kesehatan meskipun di usia lanjut dengan bekerja sama dengan Puskemas. Memberikan permainan serta kegiatan edukatif yang mengasah kreativitas dan kecerdasan anak. 2. Kehadiran anak lebih dari 75% .1 PAUD Penanggung Jawab : 1. serta tidak terdapat penyakit yang menyerang para lansia.2 Bidang Pendidikan 2.

Penyampaian materi berfokus pada silabus yang ada di sekolah dan kelompok akan berusaha menjawab apa yang menjadi kesulitan dari siswa-siswi. 2. siswa-siswi mau menuruti peraturan yang ada yang dimana sudah disepakati dari awal. Indikator Keberhasilan : Siswa-siswi rajin hadir dalam mengikuti kegiatan bimbel.2 BIMBEL (Bimbingan Belajar) Penanggung Jawab : 1. Kegiatan bimbel berjalan lancar sesuai jadwal yang telah di tentukan. Anak dapat memahami materi yang diajarkan oleh pengajar 2.SMP dan SMA) Tujuan : Membantu belajar materi yang belum dimengerti di sekolah. Ni Putu Ayualita 13 05 11415 2. Maraden Randy Dolly H 13 03 20707 Sasaran : Warga Pedukuhan Karang Gede terutama Anak usia sekolah (SD . Antusias anak yang mengikuti PAUD semakin meningkat 4. Kegiatan PAUD berjalan setiap minggu 3.2. Cara Penyampaian : 1.3 BANK SAMPAH Penanggung Jawab : 1. Nikolas Aldian Putra 13 04 20306 2. Hilaria Dian Permata 12 03 19612 Sasaran : Seluruh warga Karang Gede Tujuan : . Sehingga dapat membantu masyarakat terutama anak dalam memperbaiki atau mempertahankan nilai yang maksimal. 2.

Melakukan identifikasi tempat yang cocok untuk menaruh bank sampah. 2. sekaligus dibuatnya tempat bank sampah 2. Melakukan penyuluhan tentang pentingnya pemilahan sampah bagi masyarakat. 2. Terbentuknya pengurus program Bank Sampah di wilayah dusun Karang Gede. Memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk dapat memilah sampah yang dapat diolah dan sampah yang tidak dapat diolah. Terciptanya kesadaran warga Pedukuhan Karang Gede tentang pentingnya memilah sampah. . Membentuk Struktur Organisasi yang dapat mengkoordinasi pelaksanaan bank sampah. Mengidentifikasi penanggung jawab yang tepat untuk menjadi koordinator bank sampah dan selanjutnya membuat struktur organisasi. Cara Penyampaian : 1. 3. Indikator Keberhasilan : 1. sehingga terciptanya kebersihan di wilayah tempat tinggalnya. 1.

Indikator Keberhasilan : 1. Program Kerja Kelompok 3. Penyampaian : 1. yang dapat dikonsumsi semua kalangan. 2. Ketika permen susu kambing dapat diterima oleh masyarakat Pedukuhan Karang Gede. tidak hanya untuk dikonsumsi sebagai obat saja. Berlin Bastian Alfonso Sasaran : Masyarakat Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Agar Masyarakat dapat lebih memahami pentingnya kotoran kambing untuk meningkatkan kesuburan tanah. 3. Melakukan sosialasi membahas tentang potensi sumber daya alam seperti pengolahan susu kambing. 2. Masyarakat jadi tahu manfaat susu kambing. Jika masyarakat antusias dalam mengikuti arahan mengenai pengolahan susu kambing menjadi permen. tetapi juga dikonsumsi sebagai permen susu kambing. Menjelaskan pemanfaatan dan kegunaan susu kambing salah satunya dapat dijadikan permen susu kambing. Hilarian Dian Permata 12 03 19612I 2. . sehingga kotoran kambing tidak terbuang sia-sia. Berlin bastian alfonso 13 06 07219 Sasaran : Seluruh warga di Pedukuhan Karang Gede Tujuan : 1.2 Teknologi Tepat Guna (Mengembangkan Probiotik Kotoran Hewan untuk Meningkatkan Kesuburan Tanah) Penanggung Jawab : 1. 2. Mengajak masyarakat bersama-sama berpartisipasi dalam kegiatan kewirausahaan. 3.3.1 Kewirausahaan Penanggung Jawab : 1. Meningkatkan perekonomian warga di Pedukuhan Karang Gede dengan pemanfaatan sumber daya alam yang ada disekitar pedukuhan.

Mempererat tali silaturahmi antar warga pedukuhan. Meningkatkan kesadaraan masyarakat akan kebersihan lingkungan. Mengundang seluruh warga Karang Gede untuk diberikan penyuluhan mengenai manfaat kotoran kambing dan penjelasan cara membuat probiotik kotoran dari kotoran kambing. Jenis kegiatan : Kerja Bakti Sasaran : Seluruh warga Pedukuhan Karang Gede Tujuan : 1. Masyarakat paham cara mengapilkasikan probiotik kotoran. Penyampaian : 1. tidak hanya itu saja tetapi warga juga akan diberi penjelasan mengenai cara penggunaan probiotik dari kotoran kambing dan manfaatnya sendiri dari probiotik. Indikator keberhasilan : Masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingungan dan Terciptanya lingkungan yang bersih di Pedukuhan Karang Gede. I Kadek Beto Wedayana 12 05 11059 1. Masyarakat mengerti cara membuat probiotik kotoran.3 Bidang Sosial Budaya Penanggung Jawab : 1. 2. 3. dll. 3. 2. Masyarakat mampu memahami pentingnya kotoran kambing. membersihkan tumbuhan liar. Indikator Keberhasilan : 1. Menciptakan lingkungan bersih. Penyampaian : Mengumpulkan masyarakat pada waktu yang telah kemudian membagi tugas antara lain mengumpulkan sampah. Jenis kegiatan : Pembinaan dan Pelatihan Kesenian Tradisional . 3. 2.

4 Bidang Penghijauan Penanggung Jawab : 1. Menjelaskan tentang keunggulan menanam tebu di daerah yang rawan longsor. Indikator Keberhasilan : Generasi muda mau berpartisipasi dalam setiap kegiatan pembinaan dan pelatihan kebudayaan atau kesenian yang dilaksanakan di Pedukuhan Karang Gede. 3. . 2. musik dll. Menjelaskan manfaat dan kegunaan penghijauan dengan menggunakan tanaman yang berfungsi sebagai penahan longsor yang salah satunya adalah tebu . Sasaran : Seluruh warga Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Menumbuhkan rasa bangga dan cinta pada kebudayaan atau kesenian tradisional yang terdapat di Pedukuhan Karang Gede. Cara Penyampaian : 1. Penyampaian : Melakukan pembinaan dan pelatihan kesenian tradisional pada masyarakat khususnya karang taruna setiap sore hari dimana kegiatannya meliputi pelatihan tari-tarian. Yeryko Sangputra Seto 13 07 07565 Sasaran : Seluruh warga di Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Membantu masyarakat dalam mencegah terjadinya longsor yang semakin meluas dengan menanam tanaman tebu yang berfungsi untuk menahan dan menguatkan tanah pada pedukuhan. Melakukan sosialisasi yang membahas tentang manfaat dan kegunaan penghijauan pada masyarakat Karang Gede. Amelinda 13 04 20512 2. Sasaran : Seluruh warga yang berkebun dan memiliki lahan untuk menanam tebu pada Pedukuhan Karang Gede. 3.

Indikator Keberhasilan : 1. 4. Mengajak warga untuk bersama-sama berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan pada Pedukuhan Karang Gede. Masyarakat dapat merasakan lebih nyaman dengan adanya penghijauan tersebut dan mencegah akan terjadinya longsor yang meluas. . Tingkat keberhasilan dilihat dari seberapa antusias masyarakat dalam berpartisipasi dalam program kerja yang telah ditawarkan (apabila masyarakat aktif dan dapat berpartisipasi dengan baik maka program kerja dapat dikatakan berhasil). 2.

4. Melakukan demo langsung pembuatan lampion bambu. Mengundang warga juga karang taruna untuk sosialisasi penyampaian ide. Masyarakat karang taruna memahami demo langsung pembuatan lampion bambu. 2. 2. Margaretha Susetya 13 07 07388 Sasaran : Seluruh Warga Di Pedukuhan Karang Gede Tujuan : Memberi ide kepada warga Pedukuhan tentang bagaimana pemanfaatan bambo yang berlebihan serta dapat menghasilkan uang. Indikator Keberhasilan: 1. Surya Handri Atanto 12 02 14200 2. Banyaknya masyarakat serta karang taruna yang datang ketika sosialisasi PKM. Bidang PKM (Lampion Bambu) Penanggung Jawab : 1. . Cara Penyampaian : 1.