You are on page 1of 8

FAKTOR PENYEBAB PENYALAHGUNAAN NARKOBA

–FAKTOR INDIVIDU

 Aspek kepribadian
o Kecemasan dan depresi
o Aspek pengetahuan, sikap dan kepercayaan
o Keterampilan berkomunikasi
o Faktor emosional dan mental.

–FAKTOR SOSIAL BUDAYA

 Kondisi keluarga/orang tua
 Pengaruh teman sebaya

–FAKTOR LINGKUNGAN DI SEKOLAH

 Tempat berkumpulnya anak-anak sekolah
 Tidak ada kebijakan di sekolah tentang narkoba
 Tidak ada tata tertib sekolah tentang narkoba

–FAKTOR LAIN LINGKUNGAN

 Pengaruh iklan atau promosi
 Pengaruh dari orang di lingkungan rumah yang sering berbuat negatif

AKIBAT PENYALAHGUNAAN NARKOBA

 Penyakit AIDS
 Paru-paru
 Jantung
 Hepatitis
 Over dosis
 Kriminalitas
 Kekerasan/kejahatan
 Putus sekolah
 Gangguan Jiwa

TANDA-TANDA PENCANDU NARKOBA

–Tanda-tanda Fisik

— Mata memerah

— Kulit pucat-kepucatan

— Kelopak mata seperti berat/mengantuk

–Tanda-tanda dan Sikap

depresi — Emosional. sosialisasi peraturan perundangan dan bahaya penyalahgunaan narkoba. komite sekolah. memberikan pelatihan. keterampilan sosial (social skill).— Murung. . PENCEGAHAN — PREVENTIF: ceramah. seminar dll. cepat katakan tidak!  Mengusulkan kegiatan lain  Bila usulanmu tidak diterima. Pergi!!! APA YANG DAPAT DILAKUKAN PIHAK SEKOLAH/MADRASAH — Menilai besar dan luasnya masalah — Menetapkan dan melaksanakan kebijakan penanggulangan — Melaksanakan kurikulum pendidikan pencegahan — Program bantuan/pendukung untuk anak-anak dari TK sampai siswa — Pendidikan dan pelatihan para guru tentang pencegahan narkoba — Partisipasi orang tua — Pendidikan terpadu antara sekolah dan masyarakat. peserta didik. menurunnya daya ingat — Bermusuhan — Tanggapan lambat BAGAIMANA MENOLAK NARKOBA  Pelajari dahulu apakah rencana temanmu itu baik atau buruk  Apabila tidak benar. perasa. — PRIMER: konseling. meningkatkan kewaspadaan dan kontrol terhadap lingkungan sekolah — SEKUNDER: Bekerjasama dengan pihak keluarga. penyebaran infomasi anti narkoba. tenaga pendidik. kegiatan pendidikan sebaya (peer education). sosialisasi penanggulangan. pameran. cemas. gampang tersinggung — Mudah tersinggung oleh kritikan ringan — Mudah marah tanpa sebab — Tidak perduli dengan perasaan orang lain — Pelupa.

Ajarkan anak agar mampu dan terampil termasuk keterampilan mengatasi masalah 9. Jadi masalahmu bisa diselesaikan secara psikologis . siapa tahu dapat membantu memecahkan masalahmu. Mengembangkan potensi anak seoptimal mungkin 3. dll  Persiapan diri/mental menolak untuk ditawari  Belajar berkata menolak/tidak untuk narkoba  Memiliki cita-cita dalam hidup dan masa depan  Lakukan kegiatan positif. majalah.STRATEGI PENCEGAHAN NARKOBA DI SEKOLAH  Secara terpadu dalam pelajaran  Secara terpadu dalam menejemen sekolah  Secara terpadu melalui kegiatan kesiswaan BAGAIMANA AGAR TIDAK TERJERUMUS KE NARKOBA  Dapatkan dahulu informasi/keterangan yang benar tentang bahaya narkoba dari ahlinya/yang mengetahui. Hidup dalam lingkungan tetangga yang baik 7.  Ceritakan juga kepada ibu dan bapak. seperti koran. Mengontrol anak waktu menonton TV. Menerapkan standar pekerjaan dan perilaku realitas didukung oleh disiplin yang tepat 8. agar beliau membimbingmu untuk memecahkan masalahmu  Tak salah juga mengadu kepada guru BK di sekolahmu. Mengajarkan kemampuan untuk bersosialisasi yang efektif 5. buat pekerjaan yang berguna untuk orang tua dan lingkungan. untuk menguatkan hati nurani 2. seminar – seminar. Mengajarkan anak untuk menunjukkan rasa kasih sayang dan kembangkan sikap sehat terhadap sexualitas 6. Menanamkan nilai-nilai agama/spiritual sedini mungkin. Mengembangkan harga diri 4. Tegakkan kemandirian 10. MENGATASI MASALAH TANPA NARKOBA  CURHAT kepada teman baikmu. karena beliau tahu tentang psikologi. APA YANG DAPAT DILAKUKAN ORANGTUA AGAR ANAK TERBEBAS DARI NARKOBA  Ikut terlibat dalam kegiatan anak-anaknya  Belajar untuk berkomunikasi  Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari yang baik  Buat aturan keluarga yang jelas dan tegas  Kembangkan tradisi keluarga dan nilai-nilai agama  Orang tua berperan sebagai pembimbing dan pendidik 10 KUNCI MENJADIKAN ANAK SUKSES 1.

Tahun 2012-2015 Aksi Nasional P4GN ke seluruh sekolah. Isi waktumu dengan kegiatan yang bermanfaat. — Tahun 2010 sosialisasi bekerjasama dengan BNP. Tokoh Agama. Kepolisian. Tokoh Agama di 3 provinsi: Banten: 1000 siswa dan 100 guru BK SMP Jawa Timur: 1000 siswa dan 100 guru BK SMP Medan : 500 siswa dan 100 guru BK SMP — Tahun 2011 sosialisasi bekerjasama dengan BNP.  Tahun 2009 bekerja dengan Metro TV dan Media Indonesia ke beberapa sekolah di Jabodetabek penyuluhan tentang narkoba. Mengirimkan buku. Kepolisian. leaflet tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba ke provinsi. stiker. REALISASI DAN RENCANA AKSI NASIONAL P4GN  Tahun 2008 bekerjasama dengan BNN sosialisasi di Jawa Barat. .  Jika bermasalah. DKI Jakarta (2000 siswa dan 200 guru BK SMP). jangan termenung. agar diberikan jalan keluar menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.  Mengadu dan memohon petunjuk pada Tuhan yang Maha Kuasa. poster. bertopang dagu. kabupaten/kota dan sekolah. kepada siswa dan guru BK di 5 provinsi.

Upper. benar sekali. Jika bahan bahan tadi digunakan tanpa pengawasan / seizin dokter. Berikut ini adalah cara menerapkan P4GN pada kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini kita tidak harus melakukan cara kekerasan untuk memrangi narkoba. Psikotropika. Bahan bahan adiktif tadilah yang digunakan para pecandu narkoba. dan Peredaran Gelap Narkoba. ekstasi dan amfetamin. Ya. Sekarang apakah anda pernah mendengar P4GN? P4GN adalah singkatan dari Penyalahgunaan. Mungkin itu tetangga anda.  Penyalahgunaan Fungsi narkoba sesungguhnya yaitu sebagai berguna pada bidang kedokteran seperti untuk pembiusan pasien. apalagi jika digunakan dengan takaran yang sembarangan alias ngawur. 2. Halusinogen adalah napza yang beracun karena lebih menonjol sifat racunnya dibandingkan dengan kegunaan medis.. Misalnya Ganja. Downer. Itupun telah dipertimbangkan matang matang penggunaannya. dan penghilang rasa sakit. 11 Juni 2009 Memutus Jaringan Narkoba Dengan P4GN Anda semua pasti minimal pernah mendengar kata Narkoba. Misalnya: Morfin. berhati-hatilah mengkonsumsi obat-obatan tanpa seizin . upper adalah jenis narkoba yang membuat si pemakai menjadi aktif seperti sabu-sabu. Kokain.Kamis. Kodein. downer adalah golongan narkoba yang dapat membuat orang yang memakai jenis narkoba itu jadi tenang dengan sifatnya yang menenangkan / sedatif seperti obat tidur (hipnotik) dan obat anti rasa cemas. 3. Dari situlah sedikit demi sedikit rantai peredaran narkoba akan dapat diputus. dan bahan adiktif lainnya. Itu malah bisa menyebabkan kematian. Pemberantasan. Jadi. Narkoba tidak lepas dari masyarakat karena barang haram ini digunakan oleh siapa saja. Heroin. Narkoba adalah akronim dari Narkotika. Memang kita harus tetap waspada terhadap narkoba. itu sangat akan berbahaya. Tapi ada juga golongan narkoba yang berdaya adiktif sangat tinggi dan tidak digunakan untuk dunia kedokteran. kita harus bisa memerangi narkoba. Petidin. Pencegahan. dan hanya digunakan untuk penelitian. atau bahkan itu keluarga anda. Dari segi efek dan dampak yang ditimbulkan pada para pemakai narkoba dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) golongan / jenis : 1. Halusinogen. teman anda.

lebih PD.  Pencegahan Untuk dapat mencegah narkoba masuk ke kehidupan kita. sering mlamun. Pandai berbohong. Lebih sering bersama teman baru yang belum diketahui asal usulnya 6. Dan jika dia tetap memaksa. lebih berprestasi. Berikut ini adalah cirri-ciri para pengguna narkoba… 1. Bicaranya gagap. Carilah teman yang bersih. Ada beberapa cara untuk menghindari penyalahgunaan Narkoba : 1. 12. mata merah berair. 2. Antagonistik 8. kuncinya hanya terletak pada diri kita sendiri. suka menipu dan mencuri 10.  Peredaran . Hindari bergaul dengan kelompok yang menggunakan narkoba. Cepat marah 9. Sering terlambat atau bahkan tidak bayar uang sekolah 11. Belajar mengatakan tidak atas tawaran teman yang kita anggap tidak baik. Sering bolos sekolah / pelajaran 3.dokter. Tidak kooperatif. Menghindari kegiatan bersama keluarga 7.  Rasa ingin tahu yang sangat tinggi  Emosi yang belum stabil  Ingin memperluas pergaulan  Takut ditinggal teman sebayanya  Ingin ngetrend / dianggap jagoan walau tidak tahu resikonya. Perubahan pola makan. Sikap bermusuhan. 4. tinggalkan saja dan cari teman baru yang lebih baik dari dia atau alihkan pembicaraan 3. lebih mandiri. Prestasi sekolah menurun 2. Hidung berlendir walaupun tidak sedang terkena flu 13. tidur menjadi tidak rapi 5. Pilihlah kegiatan yang positif yang dapat menolong anda meninggalkan dunia narkoba sekaligus dapat untuk menyalurkan hoby. seperti tawaran untuk menggunakan narkoba. Karena jika kita akan berbuat sesuatu kita harus berpikir sematang mungkin untuk kemudian mengambil keputusan apakah itu baik untuk kita. Konsentrasi / daya ingat melemah dan tidak bergairah 4. Tertutup. serta siapkan alasan yang masuk akal untuk menolak narkoba. Siapkan diri untuk hadapi tekanan dan tawaran dari teman. suka menyendiri Sedangkan faktor faktor remaja yang terlibat penyalahgunaan narkoba antara lain.

Para penegak hukum juga harus memiliki ketakwaan. hindari merokok juga karena rokok juga dapat menimbulkan ketergantungan. tak perduli itu Roy Martin atau siapapun tersangkanya. dan pola-pola yang membahayakan masa depan harus dilarang. Dalam memberantas narkoba – dan dalam menerapkan seluruh hukumnya– Islam memperhatikan tiga. Acara-acara TV yang bisa mempengaruhi pola kehidupan menuju pola hidup materialistis. faktor. Dengan demikian diharapkan massa depan yang lebih cerah daripada sebelumnya oleh masyarakat Indonesia terutama anak muda Kendal. Tapi untuk kamu yang telah terlanjur menggunakan. Oleh sebab itu. langkah yang dilakukan untuk memberantas narkoba adalah: 1.Kunci utama memutus jaringan narkoba melalui peredarannya adalah pengawasan Negara. Harus yakin kalau kamu bisa lepas dari narkoba. Hanya Islam yang secara historis dan empiris terbukti bisa membasmi narkoba sampai ke akarnya. Keluarga juga harus mendukung usahanya untuk sembuh. Seseorang yang bertakwa akan merasa bahwa hidupnya sangat tergantung oleh Allah SWT. Selain menumbuhkan ketakwaan itu pada rakyat. My life is beautiful without Drugs. Menumbuhkan ketakwaan kepada anggota masyarakat. Ideologi Kapitalime-Sekularisme. Pengawasan Masyarakat. 3. Tindakan Tegas Negara. jangan sekali kali tergoda suap. Jaga pergaulan. Kita juga harus waspada. kamu pasti bisa. 2. sekularis. Selain itu Negara harus menetapkan suatu hukuman tegas yang memberi efek jera kepada para pengguna maupun pengedar narkoba. konsumeris. Karena dengan itu dapat terbentuk moral yang baik pada seseorang. dia tidak mudah terjerumus ke dalam jurang kegelapan. dan faktor negara. memberinya semangat untuk tetap hidup. Negara harus membongkar jaringan narkoba di Indonesaia. . Masyarakat yang apatis adalah masyarakat yang mudah terjangkit wabah narkoba. yang membuat masyarakat ini menjadi bobrok moralitasnya. Karenanya. Jangan malah disia-siakan.  Pemberantasan Merebaknya narkoba merupakan akibat yang lahir karena tatanan masyarakat tidak didasarkan pada Islam. Selain itu hakim – hakim juga harus bersikap tegas. faktor pengawasan masyarakat. Karena dorongan keluarga. kenapa? Karena tidak dapat dipungkiri bahwa ada juga teman kita yang mengkonsumsinya dan bahkan menawarkan kepada kita. Godbye drugs and let’s we pick up clearer future. jangan biarkan hidupmu dalam bayang-bayang narkoba. Karena narkoba berasal dari luar negeri dan bagaimana bisa masuk ke Indonesia karena lemahnya pengawasan Negara terhadap turis yang masuk ke Indonesia. Untuk itu kita harus tetap waspada agar tidak ikut terjerumus dalam gelapnya dunia narkoba. jika kamu benar-benar berusaha untuk sembuh. yaitu : faktor individu. Salah satu ciri sebuah sistem yang sehat adalah minimnya rangsangan untuk melakukan kejahatan. Jika tidak mereka akan mudah disuap dengan lembaran- lembaran uang. Yakinlah. hedonis.

Diancam hukuman 20 th. + denda 750 jt. – Untuk Psikotropika (UU RI no. Ancaman hukuman lebih dari 4 th. . Ancaman hukuman kurang dari 15 th. membeli untuk dijual kembali). kurang dari 15 th. Produsen / Mengolah (dijerat pasal 80). (Import / export . (Membawa / mengirim / mengangkut narkotika). Ancaman hukuman kurang dari 10 th.Sanksi bagi para pelanggar – Untuk Narkotika (UU RI No. + denda 750 jt. Diancam hukuman 15 th. Ancaman hukuman kurang dari 15 th. Menyalahgunakan narkotika.  Dijerat pasal 82. Distributor / pengedar dijerat pasal berlapis:  Dijerat pasal 18. 3. Ancaman hukuman kurang dari 20 th. 22/97) 1. Produsen psikotropika (dijerat pasal 80). Menanam. Atau seumur hidup + denda 1 Milyar.62). 2. Kultivasi atau penanaman (dijerat pasal 78). 4. Pengedar psikotropika (dijerat pasal 59.60). atau seumur hidup dan denda 1 milyar. + denda 750 jt. Pengguna psikotropika (dijerat pasal 59. 2. 5 / 97) 1. Memiliki. Pengguna (dijerat pasal 79). + denda 750 jt. Ancaman hukuman kurang dari 4 th. dan denda 250 jt. 3. Memelihara.