You are on page 1of 9

ALAT PERLINDUNGAN DIRI (APD

)
D
I
S
U
S
U
N
OLEH: 1.AGUS IRAWAN SAPUTRA
2.ANGGUN PRATIWI
3.AYU DWI HARLIANI
KELAS: 1EGB

POLITKENIK NEGERI SRIWIJAYA
TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Oleh karena itu kami meminta kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran- nya guna memperbaiki makalah ini. Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar makalah ini. Terlepas dari semua itu. KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang.yang telah melimpahkan rahmat. hidayahdaninayah- Nyakepada kami. 2016 . Akhir kata kami berharap semoga makalah tentang Alat Perlindungan Diri (APD) ini dapat memberikan manfaat terhadap pembaca. kami panjatkan puji dan syukur kehadirat-Nya . kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari susunan kalimat maupun dari tata bahasanya. sehingga kami dapat menyelesaikan makalah K3 ini dengan tema “ALAT PELINDUNGAN DIRI (APD)”. Palembang.

Disinilah alat pelindung diri (APD) dibutuhkan. BAB I PENDAHULUAN A. Untuk mengetahui apasaja jenis dan bagaimana fungsi Alat Perlindungan Diri (APD) . Untuk mengetahui apa ruang lingkup dari Alat Perlindungan Diri (APD). Baik di lingkungan kerja (perusahaan. kita sering tidak menduga akan mendapatkan resiko kecelakaan pada diri kita sendiri. D. ataukantor). Latar belakang Di dalam kegiatan sehari-hari dalam melakukan aktivitas. Apa definisi Alat Pelindung Diri (APD) ? B. termasuk di Indonesia. Sehingga di perlukan cara untuk mencegah agar tidak terjadi kecelakaan yang tidakdi inginkan. APD tidak mencegah insiden bahaya. tentu dibutuhkan alat penunjang untuk mengurangi resiko terjadi kecelakaan. dan manfaat Alat Pelindung Diri (APD) ? D. Banyak sekali masyarakat yang belum menyadari akan hal ini. Meskipun alat ini lebihs erring digunakan di tempat kerja. B. Selain pemberian peringatan diri dan pengertian kepada masyarakat. Secara umum APD adalah salah satu usaha yang dapat mencegah kecelakaan guna memberikan perlindungan kepada masyarakat. Apa saja jenis dan bagaimana fungsi Alat PelindungDiri (APD) bagi aktifitas manusia ? C. Masyarakat sering menyepelekan faktor-faktor tertentu karena mereka belum mendapat kecelakaan itu sendiri. Apa tujuan. Rumusan masalah A. namun juga dibutuhkan pula untuk melindungi diri dalam kegiatan sehari-hari. C. Tujuan A. B. tempat umum maupun di lingkungan rumah. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Alat Pelindung Diri (APD). Untuk mengetahui apa manfaat dari penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi kegiatan manusia. Alat Pelindung Diri( APD ) di lingkungan kerja adalah seperangkat alat yang digunakan oleh tenaga kerja untuk melindungi seluruh/sebagian tubuhnya terhadap kemungkinan adanya potensi bahaya/kecelakaan kerja. Apa ruang lingkup Alat Pelindung Diri (APD) ? C. tetapi mengurangi akibat dari kecelakaan yang terjadi. di jalanraya. pabrik.

BAB II PEMBAHASAN. Sedangkan manfaat dari penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). 3. B. Alat-alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan harus sesuai dengan potensi bahaya dan resiko pekerjaannya sehingga efektif melindungi pekerja sebagai penggunanya. Definisi Alat Pelindung Diri (APD) Alat Pelindung Diri (APD) atau Personal Protective Equipment adalah alat-alat atau perlengkapan yang wajib digunakan untuk melindungi dan menjaga keselamatan pekerja saat melakukan pekerjaan yang memiliki potensi bahaya atau resiko kecelakaan kerja. Ruang Lingkup Alat Pelindung Diri (APD) Ruang lingkup APD antara lain : 1. Menciptakan lingkungan kerja yang aman. Alat-alat pelindung diri 2. Manfaat alat pelindung diri 3. A. Cara memilih alat pelindung diri C.Meningkatkan efektifitas dan produktivitas kerja. Mengurangi resiko penyakit akibat kecelakaan. . 2. Untuk melindungi seluruh atau sebagian tubuhnya terhadap kemungkinan adanya potensi bahaya/kecelakaan kerja. Tujuan dan Manfaat Alat Pelindung Diri (APD) Adapun tujuan dari penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) antara lain : 1. Melindungi tenaga kerja apabila usaha rekayasa (engineering) dan administrative tidak dapat dilakukan dengan baik. antara lain : 1. 2.

benda panas. Berfungsi sebagai pelindung kepala dari benda yang bisa mengenai kepala secara langsung  Sabuk Keselamatan (safety belt) Sabuk Keselamatan (safety belt) berfungsi sebagai alat pengaman ketika menggunakan alat transportasi atau pun peralatan lain yang serupa (mobil. alatberat. cairan kimia. dan sebagainya. D. Kebanyakan di lapisi dengan metal untuk melindungi kaki dari benda tajam atau berat. . Kelengkapan Alat Pelindung Diri  Safety Helmet. dan lain-lain).  Sepatu Pelindung (safety shoes) Sepatu karet (sepatu boot) berfungsi sebagai alat pengaman saat bekerja di tempat yang becek ataupun berlumpur. pesawat.

beracun.  Masker (Respirator) Masker (respirator) berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk (missal berdebu. Sarung Tangan Berfungsi sebagai alat pelindung tangan pada saat bekerja di tempat atau situasi yang dapat mengakibatkan cedera tangan. .  PenutupTelinga (Ear Plug / Ear Muff) Penutup telinga (ear plug/ear muff) berfungsi sebagai pelindung telinga pada saat bekerja di tempat yang bising. dsb).  Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses) Kacamata pengaman (safety glasses) berfungsi sebagai pelindung mata ketika bekerja (misalnya mengelas). Bahan dan bentuk sarung tangan di sesuaikan dengan fungsi masing-masing pekerjaan.

APD harus digunakan sesuai dengan jenis pekerjaan dan dalam jumlah yang memadai. . Semua jenis APD harus digunakan sebagaimana mestinya. Keselamatan Kerjadan Lingkungan). selain itu APD juga harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.  Pelindung wajah (Face Shield) Berfungsi sebagai pelindung wajah dari percikan benda asing saat bekerja (misal pekerjaan menggerinda)  Jas Hujan (Rain Coat) Jas hujan (rain coat) berfungs imelindungi dari percikan air saat bekerja (missal bekerja pada waktu hujan atau sedang mencuci alat). gunakan pedoman yang benar- benar sesuai dengan standar keselamatan kerja (K3L : Kesehatan. memastikan APD yang dugunakan aman untuk keselamatan pekerja.

Ruang lingkup Alat Pelindung Diri (APD) antaralain : alat-alat pelindung diri. Pemantauan terhadap penggunaan APD harus rutin dilakukan. B. pernafasan. dan mengurangi resiko penyakit akibat kecelakaan. 4. 3. Sebaiknya dilakukan penyuluhantentang APD kepada semua masyarakat agar dapat mengurangi angka kecelakaan. Kesimpulan 1. 2. Dimana penggunaannya harus disesuaikan dengan jenis aktivitas/pekerjaannya. muka dan mata. BAB III PENUTUP A. 2. Setiap pekerja sebaiknya menggunakan APD. telinga. dan cara memilih alat pelindung diri. agar dalam penggunaan lebih optimal. Penggunaan APD sebaiknya sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja. tangan. 4. Alat Pelindung Diri( APD ) adalah seperangkat alat yang digunakan oleh tenaga kerja untuk melindungi seluruh/sebagian tubuhnyaterhadapkemungkinan adanya potensi bahaya/kecelakaan kerja. manfaat alat pelindung diri. Saran 1. Jenis-jenis alat pelindung diri adalah alat pelindung kepala. . Manfaat dari penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yaitu untuk melindungi seluruh atau sebagia ntubuhnya terhadap kemungkinan adanya potensi bahaya/kecelakaan kerja. kaki dan tubuh. 3.

html .html http://id.wikipedia.blogspot.com/2010/04/makalah-apd.blogspot. DAFTAR PUSTAKA http://makalahpendidikanteknikmesin.org/wiki/Alat_pelindung_diri http://lindariski.com/2012/03/aalat-pelindung-diri-untuk- memenuhi.