You are on page 1of 12

1

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL DALAM PROMOSI
KESEHATAN

A. Latar Belakang Masalah

Pemasaran merupakan suatu proses sosial dimana individu dan kelompok

mendapatkan kebutuhan dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu

yang benilai satu sama lain. Salah satu konsep pemasaran adalah strategi dalam

berkomunikasi dan komunikasi tersebut berperan penting di dalam

menyampaikan sebuah tujuan dari pemasaran.

Dalam sebuah komunikasi pada intinya merupakan proses dari sebuah

pengiriman informasi antara pengirim dan juga penerima, sebuah pemasaran juga

dapat dengan menguraikan dari unsur pokok, seperti menjalin komunikasi dan

pemasaran, berinteraksi maupun komunikasi adalah proses pemikiran yang

disampaikan antar individu dan juga organisasi.

Komunikasi pemasaran atau marketing communication merupakan suatu yang

harus dilakukan perusahaan dalam kategori penjualan, didalam hal tersebut

perusahaan harus mampu memberikan informasi dan mempengaruhi pasar dan

public untuk menggunakan produk yang dipasarkan oleh suatu perusahaan.

Berkomunikasi di dalam pemasaran melaksanakan banyak fungsi kepada para

sasaran,yang menjadi salah satu yang paling penting dalam menjalin komunikasi

dengan konsumen adalah pemberitahuan dan memaparkan mengenai, bagaimana

dan mengapa program tersebut.

Komunikan yang juga disebut sebagai sasaran atau penerima pesan adalah orang yang menerima pesan. Komunikator Komunikator adalah orang yang memprakarsai adanya komunikasi. pihak yang menerima berita atau pesan dari komunikator.Prakarsa timbul karena jabatan. proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan membangun hubungan sesama manusia melalui pertukaran informasi untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain serta mengubah sikap dan tingkah laku tersebut (Robbins dan Jones. Komunikan Komunikan adalah orang menjadi objek komunikasi. Duldt-Battey (2004) mendefinisikan komunikasi sebagai sebuah proses penyesuain dan adaptasi yang dinamis antara dua orang atau lebih dalam sebuah interaksi tatap muka yang pada saat tersebut terjadi pertukaran ide. perasaan dan perhatian. wewenang.artinya kepada siapa pesan tersebut ditujukan. komunikasi terdiri dari lima komponen yaitu: 1. 2 B. . tugas. makna. 1982). O. Menurut Efendy.Komunikator disebut juga sebagai sumber berita. 2.U (2002). dan tanggung jawab ataupun adanya suatu keinginan atau perasaan yang ingin disampaikan. Konsep tentang Komunikasi Komunikasi adalah suatu transaksi.

Hasilnya adalah terjadi perubahan pada diri sasaran. ekspresi wajah. 5. 4. Pesan adalah segala sesuatu yang akan disampaikan. Pesan atau berita juga merupakan rangsangan yang disampaikan oleh sumber kepada sasaran.Media-alat pengirim pesan atau saluran pesan-merupakan alat atau saluran yang dipilih oleh sumber untuk menyampaikan pesan kepada sasaran. Faktor yang mempengaruhi setiap unsur komunikasi antara lain : 1. maupun tingkah laku. Kredibilitas komunikator sangat mempengaruhi keberhasilan proses . gerakan tangan. Dengan demikian. 3 3. pikiran. dapat dalam bentuk verbal atau nonverbal seperti gerakan tubuh.Pesan tersebut pada dasarnya adalah hasil pemikiran atau pendapat sumber yang ingin disampaikan kepada orang lain. dan saran. Efek Efek atau akibat adalah hasil dari komunikasi.Terjadinya perubahan perilaku adalah tujuan akhir dari komunikasi.Perubahan dapat ditemukan pada aspek pengetahuan. sikap. Pesan dapat berupa ide. saluran komunikasi dapat berupa pancaindera manusia maupun alat bantuan manusia. Kredibilitas Kredibilitas terdapat dan berpengaruh pada sumber atau komunikator. Penyampaian pesan banyak macamnya. pendapat. Media Media adalah segala sarana yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaiakan pesan pada pihak lain.

2.Jangan sampai perawat memberikan informasi yang sebetulnya tidak dibutuhkan atau sudah diketahui klien. Kesinambungan dan konsistensi . 4 komunikasi.Pesan yang disampaikan perawat seharusnya dapat memenuhi kebutuhan klien atau yang dapat memecahkan masalah klien. Hal ini sering terjadi ketika perawat melatih klien melakukan keterampilan tertentu. karena hal ini mempengaruhi tingkat kepercayaan sasaran atau komunikan terhadap pesan yang disampaikan. 2000). Pesan yang disampaikan harus berhubungan dengan kepentingan sasaran. Gates & Kenworthy. makin dapat diharapkan keberhasilan komunikasi. 3. Isi Pesan Faktor ini terdapat dan berperan pada pesan. Kesesuaian dengan kepentingan sasaran Kesesuaian dengan kepentingan sasaran terdapat dan berperan pada pesan.Kejelasan pesan yang disampaikan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan komunikasi. 4. artinya pesan yang disampaikan hendaknya mengandung isi yang bermanfaat bagi sasaran. Pesan yang membingungkan atau tidak jelas akan membuat sasaran bingung sehingga tidak terjadi perubahan perilaku (Ellis. 5. Kejelasan Kejelasan terdapat dan berperan pada pesan.Makin erat hubungan tersebut.

J.Dalam menyampaikan pesan. 5 Kesinambungan dan konsistensi terdapat pada pesan.1993). maka dapat mempengaruhi pemilihan pesan yang disampaikan dan media yang digunakan. kepribadian dan konsep diri (Rahmat. Pesan yang akan disampaikan harus konsisten dan berkesinambungan. kelas social.. social ekonomi. kekuasaan dan peran social juga mempengaruhi proses komunikasi.Faktor lain yang mempengaruhi komunikasi adalah factor psikologis seperti sikap. Faktor social seperti usia. Saluran Saluran tedapat dan berperan pada media. social budaya dan sebagainya. motivasi. bahasa. komunikator harus memperhitungkan kemampuan sasaran dalam menerima pesan.1996).Gates& Kenworthy.2000) 7. Agar pesan yang disampaikan bisa konsisten dan berkesinambungan.Media yang digunakan harus disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan. suku. Kapabilitas sasaran Kapabilitas sasaran terdiri dapat pada komunikan. jenis kelamin. seorang perawat atau tenaga kesehatan perlu membuat perencanaan yang matang sebelum melakukan intervensi atau berkomunikasi dengan klien (Taylor. 6.Kemampuan sasaran dalam menerima pesan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan. Jika sumber tidak mempunyai kredibilitas yang tinggi. Ketujuh factor tersebut saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lainnya.C. .. Pemilihan media yang tepat dapat meningkatkan pemahaman sasaran sehingga perubahan yang diharapkan dapat tercapai (Ellis. pengalaman hidup.

justru akan merusak nilai-nilai budaya. D.Tahap-tahap dalam perumusan strategi komunikasi. Konsep Strategi Komunikasi Strategi merupakan ringkasan atau taktik-taktik yang akan digunakan. yaitu: 1. Menjembatani kesenjangan budaya akibat kemudahan perolehan dan pengoperasionalan media massa yang begitu ampuh. 2010:228). terutama dalam memperhitungkan kondisi dan situasi khalayak. Yusuf. Strategi juga bisa diartikan sebagai rencana menyeluruh dalam mencapai suatu target meskipun tidak ada jaminan akan keberhasilannya (Pawit M. Baik secara makro maupun secara mikro. 6 C. Tahap-tahap Strategi Komunikasi Suatu strategi komunikasi adalah keseluruhan keputusan kondisional tentang tindakan yang dapat dijalankan guna mencapai tujuan sehingga diperlukan perumusan tujuan yang jelas. strategi komunikasi memiliki fungsi ganda. sehingga apabila tanpa pengawasan. Mengenal sasaran merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui tipe dan latar belakang khalayak yang akan disasar. diantaranya: 1. demikian pula strategi menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan mampu atau tidaknya perusahaan atau organisasi menghadapi tekanan yang muncul dari dalam maupun dari luar (Salihul Hadi. 2. Dalam hal ini komunikator . Menyebarluaskan pesan komunikasi yang bersifat informative. 2000:145). persuasive dan instruktif secara sistematis kepada sasaran untuk memperoleh hasil yang optimal.

3.norma dalam kelompok dan masyarakat yang ada. Karena setiap individu dalam masyarakat memiliki pola pikir dan pengalaman berbeda yang meliputi: a. yang terdiri dari: 1) pengetahuan khalayak mengenai pokok persoalan. Menyusun pesan Setelah mengenal sasaran. yaitu menentukan tema dan materi. Pengaruh masyarakat dan kelompok serta nilai-nilai dan norma. 4. Seleksi dan Penggunaan Media . langkah selanjutnya adalah menyusun pesan. b. Menetapkan Tehnik Tehnik menyampaikan pesan dalam komunikasi dapat ditinjau dari dua aspek dasar. yaitu menurut cara pelaksanaannya dan menurut bentuk pernyataan atau bentuk pesan dan maksud yang dikandung (isi pesannya). Situasi dimana kelompok itu berada. c. Kondisi pribadi dan kondisi fisik sasaran. Perhatian (terhadap pesan) inilah yang merupakan titik tolak efektivitas dalam komunikasi . 7 harus menyamakan kepentingannya dengan khalayak terutama dalam hal pesan. 3) pengetahuan sasaran terutama perbendaharaan kata yang digunakan. 2) pengetahuan sasaran untuk menerimapesan-pesan melalui media yang digunakan. 2.metode dan media.Syarat utama dalam mempengaruhi khalayak dari pesan tersebut adalah mampu menarik perhatian sasaran.

Konsep Pemasaran Sosial Pemasaran sosial merupakan aplikasi atau penerapan tehnik dan strategi pemasaran komersial melalui tahapan analisis. juga mempunyai fungsi social yang kompleks. Mengingat komunikan yang akan dihadapi komunikator cenderung berbeda. E. Perubahan kognitif Setelah pemberian informasi secara terus menerus maka kelompok sasaran tersebut paham dan mengganti konsepnya yang selama ini keliru diganti dengan konsep baru. perencanaan. maka orang tua akan mengukur dan membandingkan biaya dan keuntungan produk serta menentukan pilihan. Misalnya program imunisasi menawarkan perlindungan terhadap penyakit campak. dapat dijangkau dengan komunikasi langsung tapi apabila jumlah sasaran relative luas dan tersebar maka saluran yang sesuai adalah dengan media massa. Perubahan yang diharapkan dari pemasaran sosial antara lain: 1. Apabila sasaran sedikit. Perubahan perilaku . 8 Media merupakan alat penyalur. pelaksanaan dan evaluasi aneka program yang dirancang untuk secara sengaja mempengaruhi perilaku target subyek sasaran dalam upaya memperbaiki kesejahteraan perorangan dan kesejahteraan masyarakat. maka sangat perlu dipertimbangkan pemilihan media komunikasi yang tepat. 2.

lingkungan pemasaran yang dapat mengubah sangat cepat komunikasi yang mendorong suatu sasaran. 9 Perubahan perilaku dipengaruhi oleh interest atau tujuan dari individu dan kemauan inidividu tersebut untuk mengimplementasikan pengetahuannya. . F. Titik utama dalam pemasaran sosial adalah memantau dan memperbaiki kegiatan komunikasi yang diperlukan dan ditemukan dalam proses pengalaman. bahan-bahan penyuluhan bagi kader dalam bentuk kartu konsultasi. lembar balik atau poster dan pita kaset. namun dengan melalui sebuah iklan. spanduk (yang berguna untuk promosi jangka pendek) atau poster-poster (sebagai pengingat pesan-pesan yang disampaikan media massa atau kader) dan lain sebagainya. ini akan menjadi bagian yang paling penting dalam mendorong suksesnya kegiatan yang akan dilakukan. apa saluran komunikasi dan pesan yang paling efektif untuk mencapai tujuan progam. Strategi dalam membentuk sebuah komunikasi dalam pemasaran dengan strategi promosi. bukanlah satu-satunya yang dapat mendorong sasaran. Peran Strategi Komunikasi Pemasaran Komunikasi pemasaran mampu berbentuk pada suatu ekuitas merk juga penjualan produk. Bahan komunikasi yang perlu dikembangkan meliputi TV atau slide. Perubahan nilai Perubahan yang paling diharapkan dalam perubahan perilaku karena individu tersebut tidak akan kembali ke perilaku lama yang telah ditinggalkan. 3.

10 DAFTAR PUSTAKA .

JUMRIANA 009210062016 . IRIADIN LUKMAN 016310062016 2. NIRMAWATI DARWIS 005210062016 3. THEOLINDA TAULA’BI 013510062016 4. 11 MATA KULIAH “PEMASARAN SOSIAL” “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL DALAM PROMOSI KESEHATAN” KELOMPOK 3 1.

12 5. SULTAN AMIN YASIN 001710062016 PROGRAM PASCA SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA MAKASSARTAHUN 2017 .