BAB MENGOPERASIKAN EXCEL 2007

1.1 Pendahuluan

1

Microsoft Office Excel 2007 merupakan program aplikasi berbentuk Spreadsheet yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan dengan format tabel. Excel juga mempunyai kempuan untuk mengolah data dan mampu mengimplementasikan tampilannya dalam bentuk grafik. Microsoft Office Excel 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini. Microsoft Office Excel 2007 juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan. Berbeda dari versi sebelumnya seperti seperti Excel 2000, XP dan 2003, Excel 2007 tidak lagi menyediakan menu bar dengan pull downnya beserta toolbar-toolbar seperti formating, standar dan drawing, tetapi terdiri dari beberapa tab (lihat gambar 1.1) yang terdiri dari beberapa grup yang masing-masing grup terdiri dari beberapa perintah singkat/icon.

1.2

Fasilitas Yang Terdapat Pada Microsoft Excel 2007

Fasilitas yang terdapat pada Micorosoft Excel 2007 adalah : 1. Tampilan Menu yang sederhana dan praktis yang semakin memudahkan kita dalam bekerja dengan Microsoft 2007. Pemberian symbol perintah menggunakan tombol-tombol yang tersedia dalam toolbar akan memudahkan pengguna dalam memberikan perintah. Beberpa kotak dialog diganti dengan bentuk perintah drop down dan dilengkapi dengan keterangan pada tooltips serta tampilan contoh dari pilihan yang bersangkutan. 2. Microsoft Excel 2007 membuat kita lebih leluasa dalam menjelajahi banyak data dalam worksheet karena Mucrosoft Excel 2007 yang menyediakan 1.084.576 baris dan 16.384 kolom. Jika dibandingkan dengan Microsoft Excel 2003 maka Excel 2007 ini mempunyai baris 1.500% lebih banyak dan kolom 6.300% lebih banyak lebih banyak. Pemberian nama kolom mulai dari A hinga XFD, lebih banyak jika dibandingkan dengan Micorosoft Excel 2003 yang diakhiri hingga IV. 3. Performa manajemen memori Excel 2003 hanya sekitar 1 GB, sedangkan pada Excel 2007 mencapai 2 GB. Excel 2007 ini mendukung dualprocessor dan chipset multithread sehingga kita dapat melakukan kalkulasi jumlah besar dengan kecepatan yang sangat tinggi. 4. Saudara dapat menggunakan berbagai theme yang akan mempermudah kita dalam memformat data. Theme ini dapat berbagi pakai dengan program aplikasi Office yang lain. Theme dapat berubah warna, font, garis dan efek-efek fill objek. 5. Terdapat conditional formatting untuk mempermudah penandaan ata secara visual untuk keperluan analisis dan presentasi data. Kita dapat menggunakan aturan format yang bertingkat untuk membentuk warna gradasi, data bar dan icon menjadi lebih menarik. 6. Penulisan Formula Yang Lebih Mudah 7. Fungsi Auto Complete yang dapat menuliskan sintak-sintak rumus yang tepat. 8. Terdapat Rumus OLAP (On Line Analitycal Processing). 9. Tampilan grafik yang baru yang mempunyai efek-efek tiga dimensi.

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

1

10. Fitur Sharing antar aplik g kasi dapat d digunakan d dengan cuk kup mudah antar aplika Office asi se eperti Word PowerPoint. Kita dap mengco d, pat opy dan pa aste antar d dokumen d dari satu program ke program lai in. 11. P PivotTable c cukup muda digunaka pada ve ah an ersi yang b baru ini. De engan user interface PivotTable ini, informasi y P yang kita lihat akan dapat dianalisis dengan mu s udah. 12. T Terdapat file format Offic Open XM yang digu ce ML unakan untuk memfasilit tasi integras dengan si su umber data eksternal da mempuny kemamp an yai puan mengurangi ukuran file serta p n perbaikan data recovery y. 13. E Excel 2007 mempunya fitur kom ai mpatibilitas yang baik dengan ver rsi-versi seb belumnya se ehingga do okumen dar Excel 20 ri 007 dapat d dibuka di v versi sebelu umnya tanp harus pa mengupdate dan mengin m nstall.

1.3

Memulai Aplikasi Mic M crosoft Exc 2007 cel

Untuk me embuka Mic crosoft Excel caranya ad l dalah: • K Tombol S Klik Start yang ad di taskba da ar. • P Pilih menu All Program dan muncul s sejumlah me enu. • K Kemudian ar rahkan pointer ke Micro osoft Office dan klik pr rogram aplik kasi Microso Office oft Excel 2007. T E Tunggu sam mpai jendela Microsoft Of ffice Excel 2 2007 ditampi ilkan.
Tombol Mic crosof Office  Quick Access Toolbar  A Tombo Close ol

Title Bar

Ribbon

Formula Bar Cell Pointer  Kolom  Vertical Scroll Bar

Baris

Sheet 

Horizo ontal Scroll Bar 
Kontrol Zoom m

Gamba 1.1. Layar Exc 2007 ar cel

Keterangan Gambar 1.1 :

• • • • • • • •

Tombol Microsoft Office, hampir sama dengan menu file pada Microsoft Excel versi sebelumnya (2000, XP, dan 2003). Berisi menu new, open, save, print, dan sebagainya. Quick Access Toolbar, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujung kanan toolbar ini dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More Commands. Title Bar, yang terletak paling atas pada jendela excel. Title bar ini menampilkan nama dokumen (book) yang sedang kita buka. Untuk dokumen (book) yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft Excel akan menampilkan file tersebut dengan nama Book 1, 2, 3 dan seterusnya. Tombol Close, berfungsi menutup aplikasi Microsoft Excel. Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon. Scroll Bar, Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar. Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela excel.

1.4.

WorkBook

WorkBook adalah lembar kerja elektronik sebagai pengganti kertas. Dalam setiap Workbook terdapat lembar kerja-lembar kerja yang yang diberinama Sheet1, Sheet 2 dst. Data ditempatkan dalam sel-sel yang merupakan perpotongan antara kolom dengan baris tertentu. Sel dapat diisi dengan berbagai jenis data seperi angka, huruf, rumus dll. Jika suatu sel diisi dengan rumus atau fungsi, maka Excel akan menghitungnya. Demikian juga bila anda menganti suatu data tertentu yang berhubungan dengan suatu rumus, Excel akan menghitung kembali rumus-rumus yang berhubungan dengannya. WorkBook terdiri dari kolom dengan baris. Setiap kolom diberi nama dengan huruf Abjad mulai dari A, B, C dst. Perpotongan antara kolom dan baris disebut sebagai sel Pertemuan antara kolom dengan baris dinamakan SEL (CELL). Setiap sel diberi nama) yang merupakam gabungan dari nama kolom dan nama baris, misalnya : pertemuan antara kolom B dengan baris 15 alamatnya B15, dan seterusnya. Pada saat bekerja pada Worksheet anda akan dipandu oleh POINTER, yang sekaligus berfungsi untuk menunjuk sel yang sedang aktif (menyorot), maka sering juga disebut SEL AKTIF.

1.5.

Keluar dari Excel

Jika anda ingin keluar dari Excel Pilihlah Office Button pada pojok kiri atas layar kemudian pilih Exit Excel. Jika kita ingin menutup file yang aktif saat ini dan tidak ingin keluar dari program Excel kita dapat memilih Close.

1.6.

Jenis Isi Sel

Setiap sel yang ada pada Worksheet dapat diisi dengan data, ada beberapa jenis data yang dapat dimasukkan ke dalam sel, yaitu Angka, Huruf, Rumus dan Fungsi. Ketiga data tersebut berbeda cara memasukkannya ke dalam sel. Cara memasukkan data ke dalam SEL

Huruf

Data yang berupa huruf adalah data yang berupa kombinasi dari huruf alphabetis, angka dan tanda atau kode lain, dan tidak dapat diberi operasi aritmatika. Cara memasukkan data kedalam sel adalah dengan mengetik langsung pada sel yang diinginkan.

Angka

Data yang berupa angka adalah data yang terdiri dari kombinasi angka 0 s/d 9 dan dapat diberi operasi Aritmatik seperti Penjumlahan, pengurangan, perkalian dsb. Untuk pengetikan angka negatif, cukup menambahkan tanda – (minus) didepan angka pada saat mengetik.

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

3

Rum mus

Rumus atau formul adalah suatu opera Aritmatik yang dim a la s asi ka masukkan k dalam suatu sel. ke Penulisan formula ha arus selalu d diawali dengan prefiks yang berupa = Operator matematik yang dapat digunakan u r untuk menulis rumus adalah : + (p plus) : pe enjumlahan - (minus) : pe engurangan * (k kali) : pe erkalian / (bagi) ^ (pang gkat) : pembagian : pangkat

Jika rum mus tidak diawali denga salah sa tanda te an atu ersebut, ma aka rumus tidak akan d t dianggap sebagai rumus tetapi akan diang r ggap sebaga data huruf ai f.

1.7.

Menyimpan WorkBoo M n ok

Untuk menyimpan W Workbook ya ang telah an nda buat, kit dapat me ta enggunakan shortcut Sa ave yang ada di Q Quick Access Toolbar atau meng r ggunakan C Ctrl+S, sehingga Excel akan menampilkan kotak dia alog Save As . Lihat Gam s mbar 1.2 Pada tomb daftar p bol pilihan Save in, pilih d e drive dan folder temp anda ingin menyimpa file. pat an Pilihlah kol lom File Na ame dan tulislah nama f untuk file naskah and pilih tom da, mbol Save di pojok kanan bawah, maka Exce akan me el enyimpan na askah anda dengan a nama yang telah anda berikan ters g sebut.

Gambar 1.2 Ko otak dialog Save As

1.8.

Memanggil Workboo M ok

Untuk menampilkan kembali Workbook (do okumen) yan telah dis ng simpan kita dapat meng ggunakan shortcut Open yang terdapat d Quick Ac g di ccess Toolbar atau me enggunakan Ctrl+O. Lay akan yar menampilkan kotak dialog Open. Lihat gamb 1.3 d bar

b entukan Lok kasi pencaria anda an, Jika Anda belum mene ekan daftar pilihan pada tombol Loo in, tentukan drive a ok te dan folder ya ang diingink kan. Kemudian pilihlah n nama file yang ingin anda buka, d dalam dafta file yang ada atau ar anda bisa juga mengetik nama filen pada ko a k nya omol File Name. Lang N gkah terakh pilih tomb Open. M hir bol Maka file yang dimaksu akan seg ud gera ditampil lkan dilayar.

Gambar 1.3 Kota Dialog Open ak

Latihan, kerjakan worksheet berikut ini kemudian simpan dengan nama LATIH-1
International Express, Ltd. North American Sales Data

 
Canada Name

   
1 Quarter
st

   
2
nd

 
Quarter 3 Quarter
rd

 
4 Quarter
th

 
Totals

Mott  Abel  Cole  King  Total   
USA Name

175  50  20  80  ……….     
1st Quarter

500  225  275  100 ……….     
2nd Quarter

200  245  104  211 ……….   
3rd Quarter

20  99  30  54 ……….   
4th Quarter

………  ………  ………  ………  ……….   
Totals

Wolf  Hart  Adams  Kane  Total 

55  75  80  116  ………. 

258  200  190  175 ………. 

234  376  264  95 ………. 

350  488  833  275 ………. 

………  ………  ………  ………  ………. 

Gunakan Formula untuk mengisi Total.

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

5

BAB MENYUNTING WORKBOOK
Dalam Excel, Mouse sering digunakan untuk memilih, memberikan perintah dan mengerjakan semua keinginan anda. Meskipun demikian Excel masih memberikan beberapa fungsi-fungsi dasar yang dapat pula diakses dengan menggunakan keyboard.

2

2.1.

Memindahkan Pointer (Penunjuk Sel)

Posisi pointer dapat dipindah-pindah kemanapun dalam workbook anda, bila anda senang mengunaan keyboard, anda dapat menggunakan beberapa tombol berikut ini, untuk memindahkan posisi pointer. Tombol Fungsi Pindah satu sel ke kiri, kanan, atas atau bawah. Tab Pindah satu sel ke kanan Enter Pindah satu sel ke bawah Home Pindah ke kolom A pada posisi baris yang sedang dipilih. Ctrl + Home Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang sedang aktif Ctrl + End Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan PgUp Pindah satu layar ke atas PgDn Pindah satu layar ke bawah Alt + PgUp Pindah satu layar ke kiri Alt + PgDn Pindah satu layar ke kanan Ctrl + PgUp Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja sebelumnya Ctrl + PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja berikutnya Ctrl + PgDn Pindah ke sheet berikutnya Ctrl + PgUp Pindah ke sheet sebelumnya F6 Berpindah antar jendela jika jendela dibagi dua Tab Menggerakkan pointer dalam worksheet yang diproteksi. Untuk memindahkan kursor, Excel lebih banyak menggunakan mouse sebagai penggeraknya, anda bisa memindahkan kursor dengan cepat kemana saja dengan mengarahkan mouse ke tempat yang anda maksud kemudian Click di tempat itu. Anda dapat juga melihat-lihat bagian workbook yang lain tanpa perlu memindahkan posisi kursor.

2.2.

Memperbaiki Kesalahan Ketik.

Data yang telah dimasukkan ke dalam sel, dapat diubah isinya, caranya adalah : 1. Tempatkan pointer pada sel yang akan diubah, hingga isi sel yang diinginkan ditampilkan pada formula bar 2. Click formula bar yang berisi rumus atau data lain dari sel yang dimaksudkan, atau lakukan Double Click pada sel yang dimaksud. 3. Lakukan perubahan sesuai dengan yang diinginkan Anda juga dapat melakukan perbaikan dengan cara menekan tombol F2 pada sel yang ingin diperbaiki.
• Menghapus BackSpace dan Delete, anda dapat membetulkan kesalahan ketik dengan menekan Backspace untuk menghapus satu huruf di belakang kursor atau dengan Delete untuk menghapus satu huruf di depan kursor.

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

6

• Menimpa Jika anda ingin mengganti isi suatu sel dengan data yang baru, bisa langsung dilakukan dengan cara mengetik data yang baru pada sel yang dimaksud tanpa harus menghapus lebih dulu.

2.3.

Membuat Range

Membuat range berarti anda memilih satu atau beberapa sel untuk diberi suatu aksi, misalnya menghapus, memindahkan, menyalin memberi efek cetak dan sebagainya. Ada 2 macam range yang dikenal oleh Microsoft Excel yaitu : • Range segi empat tunggal, Range ini adalah merupakan kumpulan sel-sel yang berbentuk satu segi empat, untuk menandai/memilih sel itu anda harus menandai dengan melakukan Drag pada sel yang letaknya berurutan, maka sel-sel tersebut akan berubah warna menjadi Reverse (background hitam, foreground putih), selanjutnya anda tinggal memilih apa yang akan anda kerjakan terhadap range tersebut. • Range segi empat jamak, Range ini adalah merupakan kumpulan sel-sel yang terbentuk dari beberapa range segi empat tunggal, untuk menandai/memilih sel itu anda harus menandai dengan melakukan Drag pada masing-masing range segi empat tunggal kemudian sambil menekan tombol Ctrl, tandai/sorot sel-sel berikutnya.

2.4

Menghapus

Untuk menghapus isi suatu sel, anda dapat melakukannya dengan menggunakan tombol Delete, cara tersebut digunakan bila yang dihapus hanyalah isi dari 1 atau beberapa sel saja tetapi kalau yang dihapus cukup banyak, anda dapat menggunakan prosedur berikut ini. • Sorot sel-sel yang akan dihapus isinya, dengan membuatnya menjadi range • Tekan Delete untuk menghapus isi dari range tersebut

2.5 .

Menyalin

Untuk menyalin isi sel dari satu tempat ke tempat lain, ikuti prosedur berikut ini. • Buat range dari sel yang isinya akan disalin atau dicopy • Copy ke Clippboard, dengan menekan Ctrl C pada ToolBar atau click icon , jika data yang disalin lebih dari satu dan dalam range yang berbeda, anda dapat menyimpanya dengan melakukan proses yang sama seperti diatas. • Pindahkan pointer ke tempat sel tujuan • Cetak isi dari clippboard ke naskah anda dengan melakukan Paste yaitu dengan menekan Ctrl V atau click icon

2.6

Memindahkan

Memindahkan data dari suatu sel ke sel lain sebenarnya tidak berbeda dengan menghapus, karena pada saat Excel menghapus isi sel, data tersebut dihapus dari sel dan disimpan di dalam Clippboard dari Windows. Dengan demikian langkah selanjutnya adalah melakukan Paste dari Clippboard ke tempat yang dituju. Untuk memindahkan naskah dari satu tempat ke tempat lain, ikuti prosedur berikut ini. • Buat range dari sel-sel yang dimaksud • Hapus range tersebut dengan Delete • Pindahkan pointer ke tempat tujuan • Lakukan Paste, sama seperti kalau anda menyalin range atau isi sel. Cara lain yang lebih cepat dan mudah adalah dengan menyorot sel yang akan dipindahkan kemudian drag ke tempat yang diinginkan

2.7

Mengganti

Jika yang diganti cuma satu atau dua huruf tentunya tidak menjadi masalah, cukup dengan melakukan edit terhadap suatu sel. Jika yang diganti adalah isi dari satu atau beberapa sel, atau beberapa range, anda harus melakukan beberapa prosedur berikut ini :

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

7

• Sorot s yang dim sel maksud • Ketik data yang ba yang aka menggant aru an tikan data ya lama. de ang emikian teru menerus s us sampai

ya. semua sel selesai diganti isiny

2.8

Mengubah lebar kolom M

Lebar tiap kolom dar Workbook anda adalah seragam y ri h yaitu 0.843 in nch. Jika ukuran lebar te ersebut n ata engisinya, an dapat mengubahnya nda a. dirasakan kurang pas dengan da yang me Ada 2 ca yang dap digunaka yaitu : ara pat an 1. Mengg gunakan jud kolom dul Conto kolom B akan diperle oh, a ebar, langkah hnya : • Pindahkan pointer ke (sorot) sa alah satu sel kolom B, • arahkan pointer mo n ouse ke judu kolom, pad garis bata antara ko ul da as olom B dengan C (B yang diubah) • Drag ga pembata sel B den aris as ngan C ke ka anan untuk m memperleba ar ( pointe berupa tan er nda , bila ke kiri berar memperse rti empit lebar k kolom) 2. Mengg gunakan ShortCut menu dengan me u enekan tomb kanan m bol mouse. Conto oh, kolom F akan dipe m erlebar • Pindahkan pointer ke kolom F, perhatikan ponter akan berbentuk • Tekan t tombol kana mouse ke an emudian pilih Column Width dan aka tampil kot h an tak dialog b berikut :

Gambar 2.1. Ko otak Dialog Column Width

• Isi atau ganti ukura kolom yan ada pada kotak isian Column Wi an ng a idth • Click Ok bila anda selesai men O ngubah ukira tersebut a an atau Cancel bila anda ingin memba atalkannya.

2.9

Mengubah t M tinggi baris

Ukuran ti inggi tiap ba dari Wor aris rkbook anda adalah sera agam. Jika u ukuran tersebut dirasaka an kurang pas dengan d data yang m mengisinya, a anda dapat mengubahny m ya. Ada 2 ca yang dap digunaka yaitu : ara pat an 1. Mengg gunakan jud baris dul Conto baris D akan ditinggik oh, kan, langkah hnya adalah : • Pindahkan pointer ke (sorot) sa alah satu sel baris D, • arahkan pointer mo n ouse ke judu baris, pada garis batas antara bar D dengan E (D ul a s ris n yang diubah) • Drag ga pembata baris D dengan E ke atas untuk m aris as memperleba ar ( pointe berupa tan er nda, bila ke bawah b berarti memp perbesar bar ) ris 2. Mengg gunakan me Row He enu eight Conto baris 2 F akan ditamb tingginy oh, bah ya • Pindahkan pointer ke baris 2 sa ampai pointe menampilkan tanda er • Klik tom mbol kanan m mouse kemu udian pilih R Row Height d akan dita dan ampilkan kotak dialog b berikut :

Gambar 2 Kotak Dialog Row Height 2.2 g

• Isi atau ganti ukura kolom yan ada pada kotak isian Row Heigh an ng a ht

• Klik Ok bila anda selesai meng k gubah ukuran tersebut a atau Cancel b anda ing bila gin memba atalkannya.

2.10

Menyalin is sel M si

Excel 2007 memberikan beberap fasilitas u pa untuk menya isi sel. Selain perinta alin ah-perintah y yang ada di versi s sebelumnya Excel 2007 memberikan sejumlah f n fasilitas tamb bahan. Berik beberapa fasilitas kut a yang bisa kita gunak untuk me a kan enyalin isi se el. 1. Perint Fill tah Fasilitas ini banya digunakan untuk men ak n nyalin isi sel baik dalam 1 worksheet maupun an t ntar worksheet. Untuk menggunak fasilitas ini kita dapa mengklik shortcut Fill y kan a yang berada di Toolba Editing. Lihat gambar berikut : ar r • • • • • • • Down; dig gunakan unt melakuka pengisian ke bawah tuk an n Right; digungkan untu melakuka pengisian ke kanan uk an n Up; digun nakan untuk melakukan pengisisan ke atas k Left; digunakan untuk melakukan pengisian k kiri k n ke Series; digunakan untuk melakuk pengisia secara uru kan an ut. Across Wo orksheet; un ntuk menyalin antar work ksheet. Justify; me emenggal te per kata dalam sel. eks

Gamb 2.3. a. Pilihan Fill bar n

Untuk melakukan proses di atas, lebih dulu kita haru memasukkan data k dalam seb a us ke buah sel. Kemudian blok area yang ingin dijadikan sebagai tempat peny t yalinan dan pilih jenis p pengisian yang d diinginkan. Conto : oh

Gambar 2.3. b. Sumb data di sel A1 ber 1

Gambar 2. .3.c. Hasil duplikasi di sel A2 : A5 H

Ketera angan : • Masukkan kata CIC di sel A1, kem mudian blok A1:A5 ( gam A mbar 2.3.a.) • Klim shortc Fill kemu cut udian pilih D Down • Hasilnya seperti terliha pada gam s at mbar 2.3.b.

2. Perint Copy an Paste tah nd Cara ini adalah ca yang umum dan dap digunaka untuk men ara pat an nyalin ke sel yang berjau l uhan ataupu yang berd un dekatan. Ad 2 tahap ya dilakuka untuk menyalin denga cara ini : da ang an an • Soro sel yang a ot akan dicopy (sumbernya a) • klik Icon Copy a atau lakukan Ctrl + C (is sel disalin ke Clippboa n si ard) • Soro sel tujuan ot n • Klik Icon Paste atau lakuka Ctrl + V (i Clippboar disalin ke sel tujuan) an isi rd

3. Drag and Drop a Cara ini banyak digunakan un ntuk menyali isi sel dian in ntara sel-sel yang berse ebelahan sep perti alin Cara mengg gunakannya sebagai ber rikut : menya rumus. C • Clic ck/Sorot sel yang akan d y disalin isinya • Arah hkan pointer mouse ke s r sudut kanan bawah sel tersebut sam n mpai pointer berubah me r enjadi tand +. da • Drag ke kanan, kiri, bawah dan atas sa ampai seluruh daerah tuj juan (range) tersorot, ke ) emudian lepa askan. Contoh :

2.11

Mengisi ran dengan angka ya M nge n ang terurut t

Perintah Drag and Drop dan fas D silitas Fill S Series dapat juga digunakan untuk mengisi rang ge dengan deretan angk yang teru berdasa d ka urut arkan interva tertentu. al Contoh pada saat me p engisi nomo urut, or 1. Deng Drag an Drop, gan nd • ke angka 1 dan 2 masin etik ng-masing pada 2 sel be erturut-turut • dra kedua se tersebut ag el • ke emudian drop ke bawah seperti kalau anda menyalin isi sel p 2. Deng Fill Series gan • isi dua sel pertama denga nilai. Cont 1 dan 2 an toh • so range ya akan diis orot ang si • Klik Fill Ser K ries sehingg menu ser ga ries seperti b berikut ini dit tampilkan K Keterangan : S Series In; un ntuk memilih arah pengis sian Row be erarti a arah horizontal dan Colu umn berarti arah vertica default al, a adalah range yang telah anda sorot sebelumnya e a T Type; untuk menentukan jenis persa n amaan fungs yang si a akan digunakan untuk m menentukan isi sel beriku utnya D Date Unit; digunakan bila data yang digunakan adalah g tanggal, bula atau tahun. an T Trend; Untuk menghasilk garis ya halus (te k kan ang erbaik) d deretan angka terse dari ebut, jika digunakan mak Step ka d Stop value akan diabaikan, kare Excel ak dan ena kan m menganalisa data dan m a menentukan sendiri yang terbaik g S Step Value Nilai Interv val S Stop Value Batas nilai akhir angka series i a

Gambar 2.4.Kota Dialog Fiil Ser ak ries

Contoh Untuk me engisi range A3:A8 deng tanggal yang beruru e gan utan mulai ta anggal 25 Maret 2010
3 4 5 6 7 8 9 10 11 A ar-10 25-Ma

Isilah sel A3 dengan nilai awal ser h n ries (tgl 25-Mar r10) Sorot range A3:A8 Click Edit Fill Series k s Pada menu Series, otomatis Type berisi Date a e Step value 1 Date unit Day Click Ok k

Hasilnya range A3:A8 akan berisi data tanggal sbb: Pengisian tanggal secara cepat dapat juga dilakukan dengan Drag and Drop. Prosedurnya sama seperti anda menyalin sel formula. Jika stepnya bukan 1 hari, anda harus membuat awal series 2 tanggal dengan step yang anda inginkan, misalnya 1 minggu atau 1 bulan dsb. Drag 2 tanggal tersebut kemudian Drop sampai jumlah data yang diinginkan.

25-Mar-2010 26-Mar-2010 27-mar-2010 28-Mar-2010 29-Mar-2010 30-Mar-2010

2.12

Alamat sel Relatif dan alamat sel Absolut

Alamat sel defaultnya adalah relatif, ada 3 jenis alamat sel, yaitu : Relatif, Absolut dan Semi Absolut. Masing-masing dibedakan dengan menambah tanda $ pada notasi alamat sel. Contoh : Sel relatif A7, B5:D9 Sel Absolut $A$7, $B$5:$D$9 Sel Semi Absolut Baris D$5 Sel Semi Absolut Kolom $D5 Alamat-alamat sel tersebut banyak digunakan pada pembuatan rumus dan fungsi-fungsi yang menggunakan alamat sel didalamnya. Alamat sel relatif berarti alamat sel yang dicantumkan didalam rumus adalah alamat yang relatif terhadap sel tersebut dan bila disalin ke sel lain alamat tersebut akan berubah sesuai dengan alamat relatifnya. Alamat sel Absolut berarti alamat sel yang dicantumkan didalam rumus adalah alamat yang tetap terhadap sel manapun, dan bila disalin ke sel lain alamat tersebut akan tetap pada alamat aslinya. Alamat Sel Semi Absolut berarti alamat sel yang dicantumkan didalam rumus adalah alamat yang tetap untuk bagian yang diabsolutkan apakah baris atau kolomnya. Untuk mengubah alamat relatif menjadi Absolut, gunakan tombol F4 atau dapat diketik langsung. Contoh,
1 2 3 4 5 6 7 8 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 A Soal 1. Jumlah Liter 10 15 20 25 30 A Soal 2. Jumlah 1 2 3 4 5 6 B C Jumlah Bayar adalah Jumlah Liter dikalilan dengan Harga Satuan.

Jumlah Bayar ……..

Harga Satuan 5,000

B

C

D

Ms.Word 50,000 ……………

Ms.Excel 60,,000 ……………

Ms.Power Point 40,000 ………………..

Isilah Sel B5 dengan satu Formula yaitu Jumlah Buku dikalikan dengan Harga Satuan masing-masing buku. Gunakanlah alamat sel absolut yang sesuai supaya Formula bisa disalin ke sel yang lain. Anda cukup membuat satu Formula saja.

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

11

BAB B FUNGSI - FUNGSI D DASAR EXCEL 2007 L

3

Rumus u untuk memp proses data yang dibuat mungkin bisa panjang dan rumit. Untuk mem t b g mudahkan pekerjaan, anda da apat mengol lah data, E Excel menye ediakan fung gsi-fungsi y yang berisi perintahperintah untuk meng ghitungdan memproses data. Ada b m banyak fungs yang telah disediakan Fungsi si n. dapat dik kategorikan menjadi 11 yaitu : Fin 1 nancial, Date & Time, M e Math & Trigo onometric, S Statistical, Lookup, Database, Text, Logic cal, Informat tion, Engine eering dan Cube. Yang dimaksud dengan d fungsi dasar Excel disini adal lah fungsi-fungsi yang sederhana dan serin digunaka dalam a ng an membuat suatu laporan atau Wo orksheet. 3.1 Men nggunakan Function Li ibrary Untuk m menggunakan fungsi da alam Excel 2007 kita dapat meng getikkan se ecara langsu ung atau dengan m memanfaatk Menu Fo kan ormulas pad toolbar Fu da unction Libra ary yang be erisi ShortCu fungsiut fungsi ya ada di Excel 2007. ang

Gambar 2.5 R Ribbon Toolbar F Function Library y

Inser Function digunakan untuk me rt n; enampilkan kotak dialo Insert F og Function yan dapat ng digun nakan untuk melihat fung secara le gsi engkap. Kota dialognya seperti di b ak a bawah ini :

Gambar 3.1 Kotak Dialog Insert Function g n

• Auto Sum; S • Recen Used; ntly • Finan ncial; • Logic cal; • Text;

digun nakan untuk melakuka penjumla an ahan secara otomatis terhadap a range yang beris angka. si digun nakan untuk menampilk fungsi-fu k kan ungsi yang sering diguna akan. digun nakan untu menamp uk pilkan fungs yang be si erhubungan dengan keua angan. digun nakan untuk menampilk fungsi ya berhubu k kan ang ungan denga logika. an digun nakan untuk menampilk fungsi te k kan eks.

• Date & Time;

digun nakan untu menamp uk pilkan fungs yang be si erhubungan dengan tanggal dan jam. • Looku & Refere up ence; digun nakan untuk menampilkan fungsi pembacaan tabel dan referensi k n data. digun • Math & Trig; nakan untu menamp uk pilkan fungs yang be si erhubungan dengan mate ematika dan trigonometr ri. digun nakan untu menamp uk pilkan fungs yang bel si lum tersedia dalam • More Function; Toolbar. Excel 2007 memberikan kelebiha yang tida dimiliki ole versi sebelumnya yai fasilitas F an ak eh itu Function Auto Com mplete dimana pada saa kita mema at asukkan seb buah fungsi d dalam sel, m maka program akan m memberikan referens fungsi yan diawali de si ng engan huruf depan dari fungsi yang telah kita ke etik. Contoh : Gambar di samping menunjukka referensi fungsi yang diawali den r an g ngan huruf I. D Demikian jug dengan fu ga ungsi-fungsi yang lainny i ya.

Gamba 3.2 Tampilan ar Function Auto Complete n

3.2 Fungsi Statistik k
=SUM(ran nge) =AVERAG GE(range) =COUNT( (range) =MAX(ran nge) =MIN(rang ge) menghitung j jumlah dari sekumpulan angka dalam s suatu range. menghitung nilai rata-rata dari sekumpu n ulan angka da alam suatu ra ange. menghitung banyaknya da dari sekum b ata mpulan data d dalam suatu range. r mencari nilai maximum da sekumpula angka dala suatu rang ari an am ge. ri n m e. Mencari nilai minimum dar sekumpulan angka dalam suatu range

3.3 Fungsi Matema atik a. SQRT T(angka) Digunakan untuk mencari aka pangkat dua dari suat angka. ar tu Conto : oh =SQR RT(100) hasilny ya 10 =SQR RT(16) hasilny ya 4 b. =ROU UND(number num_digit) r, ) Digunakan untuk membulatka angka yan mengand an ng dung desima atau angka pecahan. al a numbe er dapat diisi dengan konstanta, nama sel, rumus, formu yang aka di bulatka n , r ula an an. num_d digit berisi orde angka yang akan d dibulatkan ditinjau dari t d titik desimal, Conto : oh =ROU UND(3.6067, ,2) has silnya 3.61 7.819 =ROU UND(3.8187, ,3) has silnya =ROU UND(12345.6 67,-1) has silnya 12350 =round d(12345.67, ,-2) has silnya 12300 c. =MOD D(number, di ivisor) Digunakan untuk menghitung sisa hasil pembagian numbe yang dib er bagi. divisor r pembag gi Conto : oh

=MOD(23,4), =MOD(20,3),

hasilnya hasilnya

3 2

d. Fungsi trigonometri =SIN(number) =COS(number) =TAN(number) Number adalah besar sudut yang akan dihitung, nilai sudut menggunakan sistim Radian. π = 180 ° atau 3.14 = 180 ° e. =INT(number) Digunakan untuk mengambil bagian bulat dari bilangan pecahan Contoh : =INT(7.9807), hasilnya 7 =INT(2.1267), hasilnya 2 f =ABS(number) Digunakan untuk menghitung harga mutlak suatu bilangan. Contoh : =ABS(-5), hasilnya 5 =ABS(7), hasilnya 7

3.4 Fungsi Text fungsi text adalah fungsi yang digunakan untuk memproses data yang berupa label atau string, a. =LEFT(text, num_chars) Digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari awal /kiri paling kiri text teks yang akan diproses, berupa konstanta string atau isi suatu sel num_chars jumlah huruf yang akan diambil Contoh : =LEFT("BANDUNG",3), hasilnya BAN =LEFT(A3,5) jika sel A3 berisi PANCASILA, maka hasilnya adalah PANCA b. = RIGHT (text, num_chars) Digunakan untuk mengambil beberapa karakter paling kanan /akhir kata text teks yang akan diproses, berupa konstanta string atau isi suatu sel num_chars jumlah huruf yang akan diambil Contoh : =RIGHT("CIREBON",3), hasilnya BON =RIGHT(A3,4) jika sel A3 berisi PANCASILA, maka hasilnya adalah SILA c. = MID (text, start_num, num_chars) Digunakan untuk mengambil beberapa karakter yang letaknya didalam suatu teks text teks yang akan diproses, berupa konstanta string atau isi suatu sel start_num urutan huruf (dari kiri) yang mulai diambil num_chars jumlah huruf yang akan diambil, berawal dari start_num Contoh : =MID("CIREBON BERINTAN",3,4), hasilnya REBO =MID(F7,6,2) jika sel F7 berisi GUNUNGSARI, maka hasilnya adalah GS 3.5 Fungsi Konversi Data String dan Numerik a. =UPPER dan =LOWER digunakan untuk mengubah jenis huruf menjadi huruf kapital (=UPPER) atau sebaliknya (=LOWER). Contoh : =UPPER("Ciremai Giri") hasilnya CIREMAI GIRI =LOWER("Ciremai Giri") hasilnya ciremai giri

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

14

b. =PROPER digunakan untuk mengubah huruf pertama dari suatu kata menjadi huruf kapital. Contoh : =PROPER("cirebon berintan") hasilnya Cirebon Berintan c. =TEXT(value, format_text) digunakan untuk mengubah data numerik (value) menjadi data label dengan format seperti yang telah ditentukan pada format_text. Contoh : =TEXT(12345,”$0,000.00”) hasilnya $12,345.00 =TEXT(“5/1/96”,”mmm ddd, yyyy”) hasilnya May 1, 1996 d. =VALUE(text) digunakan untuk mengubah data string of numeric menjadi data numerik Contoh : =VALUE("5432") hasilnya 5432 =VALUE("700")+55.25 hasilnya 755.25 e. =LEN(Text) digunakan untuk menghitung panjang (jumlah karakter) suatu string atau label. Contoh : =LEN("The Blue Fox") hasilnya 12

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

15

BA AB P PENGATURAN TAM MPILAN ISI SEL
4.1. Pen ngaturan Al lignment Excel 2007 memberi ikan kemuda ahan dalam mengatur alignment yai dengan m itu menyediakan Toolbar n khusus d menu Hom yaitu Alig di me gnment. Liha gambar be at erikut :

4

Gambar 4.1. Tool G lbar Alignment

1. Meng ggunakan Ri ibbon dari Toolbar Dari gam mbar di atas terlihat bahwa dalam Toolbar dis s sediakan 2 t tipe perataa yaitu Ver an rtikal dan Horisonta Increase dan Decrea Indent, W al, ase Wrap Text da Merge & Center. an Penempa atan data pa satu sel dapat diatur Alignmentada -nya secara vertikal dan horisontal. ShortCut n peratan v vertikal sepe gambar d samping ini erti di
Top Middle Bottom

Sedangk untuk ho kan orisontal ada 3 jenis align a nment yang disediakan oleh Excel, yaitu • Kiri Rata kiri sel Rata kanan. • Kanan .sel • Center red Data ditemp patkan diteng gah-tengah sel.

Rig ght Left Center

gunakan me Format C enu Cells Alig gnment 2. Mengg Untuk menggunak menu Fo kan ormat Cells kita dapat mengaktifkan m nnya dengn c cara mengklik tombo Show Men di sebelah kanan baw Toolbar Alignment p ol nu h wah pada Tab Me Home. enu Tampi ilan menuny seperti ter ya rlihat pada G Gambar 4.2

Gam mbar 4.2 Kotak D Dialog Menu Align nment

Keterang : gan Horizonta untuk memilih dan menentukan pengaturan penempata horizonta ada beber al m m n n an al, rapa pengatu uran didalam mnya, yaitu : General format um mum (default) Left Data ditempatkan rat kiri terhad sel ta dap Data ditempatkan rat kanan terh Right ta hadap lebar sel Data ditempatkan dite Center engah sel (tergantung d lebar sel dari l) Mencetak data berula sampai sel penuh Fill k ang Justify Data ditempatkan rap ke kiri da kanan pat an Center accross sele ection Data ditempatkan dite engah range atau sel ya dipilih e ang untuk memilih dan menentukan pengaturan penempata vertical, a beberap Vertical m m n n an ada pa pengatu uran didalam mnya, yaitu : Top Data ditempatkah me erapat pada sisi atas sel l Data ditempatkan dite Center engah terha adap tinggi sel Bottom Data ditempatkan me erapat pada sisi bawah s sel Data yang berupa ka Justify alimat akan d ditempatkan rapat atas d rapat ba dan awah sel Wrap tex xt memoto tampilan data yang panjangnya melebihi leb sel, ong n bar normaln bila data teks lebih panjang da lebar sel maka data tersebut ak nya a ari kan tetap ditampil lkan tetapi d dengan men nempati sel disebelah kanannya, b anda kl maka bila lik, sisa hur yang mel ruf lebihi akan t tidak ditampilkan Shrink to fit mengat tampilan data, sehingga data da o tur alam sel aka disesuaik dengan lebar sel an kan yang be ersangkutan Merge Cells mengga abungkan be eberapa sel menjadi satu sel Orientatio untuk m on memilih dan menentukan orientasi penulisan tek mendatar dari atas k bawah n ks, r, ke atau dari bawah ke atas 4.2. Border 1. Meng ggunakan Sh hortcut Bentuk worksheet ya w ang dibuat a atau yang a akan dicetak tentunya ti k idak akan m menarik dan mungkin informasi yang ditam mpilkan menjadi tidak begitu jelas bila tidak diberi garis-garis pemisah atau s pembatas antar kol lom/ baris/s sel/range. U Untuk memp perindah da memperjelas informasi yang an ditampilk kan pada W Worksheet, m maka perlu d diberikan ga aris-garis ya ang pada Ex xcel disebut sebagai t border.

Excel 20 007 meletakk kan shortcut Border di dalam ToolB Font di Tab Menu Home. Lihat gambar t Bar berikut :

Border rs Gam mbar 4.3.a. Toolbar Font

Keterang : gan • Borde berisi pi ers; ilihan penem mpatan untuk garis (bord k der) • Draw Border; d w digunakan untuk mem mberikan ga aris secar customize dengan ca drag pad sisi sel ya ra e ara da ang dingin nkan. • Draw Border grid digunakan untuk memberikan ga w d; aris pada range terte entu dan aka memberikan garis pa an ada seluruh sisi sel ra ange tersebu ut. • Line Color; digun nakan untuk memberika warna pa k an ada garis. • Line Style; digunakan untuk memilih jenis garis. S • More Borders; d e digunakan untuk mena u ampilkan me enu Form Cells - Bo mat order

Gambar 4.3.b Border List b.

2. Meng ggunakan Menu Format Cells - Bor t rder Selain m menggunakan cara diatas kita juga d n s, dapat mema anfaatkan menu Border seperti tamp pada pak Gambar 4.3.c.

K Keterangan : Posisi Outline Left Right Top Bottom Posisi gari border pa range is ada mengeliling range obje gi ect di sisi kiri dari sel-sel ya berada ang dalam rang object ge di sisi kanan dari sel-se yang el berada dala range ob am bject di sisi atas dari sel-sel yang berada y a dalam rang object ge di sisi bawa dari sel-se yang ah el berada dala range ob am bject

Gambar 4.3.c. M G Menu Border

Style Color

untuk memilih dan menentukan type garis yang akan d m m n y digunakan se ebagai borde er untuk memilih dan menentukan warna tinta dari garis b m m n a border

ggunakan Fa asilitas Form as Table mat e 3. Meng 007 iakan fasilita untuk mem as mbuat layou tabel mela fasilitas F ut alui Format as T Table Office 20 menyedi yang ber rada di menu Style. u Format a Table ini m as menyediaka cukup ban an nyak pilihan bentuk tabe sesuai den el ngan keinginan kita.

Gamba 4.4. Format as Table List ar s

Contoh
Nama M Mahasiswa Giovani Christian Yustina Hariyadi H Heru Ma artono Stefanus Mardiyono s M. Iqbal Tawakal l Tono Ka artono Jumlah Rata-rata a Terbesar r Terkecil Nila Ms. Word ai Teor ri Praktek k 85 75 75 78 70 80 77 82 74 72 65 70 Nilai Ms Excel s. Teori Praktek 80 8565 75 66 67 70 65 72 73 73 70 74 Nilai Ms Acce ess Teori T Praktek 90 90 9 66 71 7 68 70 7 70 68 6 72 64 6 70 65 6

4.3. Sha ading (Fill Color) C Shading atau bayang digunak untuk me gan kan enonjolkan sesuatu pada Workshee s et. ggunakan Sh hortCut 1. Meng (Fill Col lor) dari Too olbar

Menggun nakan Shad ding (Fill Color) menggunakan Shor rtCut cukup dengan mengklik Icon Fill Color kemudian pilih warna yang dised n a diakan. Pad gambar 4 terlihat d da 4.5 daftar warna yang disediakan oleh program Jika kita meng a ginginkan da aftar warna secara lebih lengkap m h maka kita dap memilih More Colors pat s. No Fill digunak untuk me kan enghilangka warna yan telah dibe an ng erikan.

Gambar 4.5. Fill Color Pa r alette

2. Meng ggunakan Fo ormat Cells – Fill s Kita juga dapat me a enggunakan menu Fill yang bera ada di dalam Menu Format Cells. Untuk mengaktifkannya Ket terangan : Cel shading; untuk memilih dan menen ll h ntukan ben ntuk arsiran d warna dari arsiran s dan d shading yan akan digu ng unakan Col lor; Pat ttern; untuk memilih wa k arna shading g untuk memilih po arsiran sh k ola hading

Gamba 4.6. Menu Fill ar

4.4. For rmat Tampilan Angka 1. Meng ggunakan Sh hortCut dar Ribbon bar Number. ri r Semua d data yang dimasukkan k dalam su ke uatu sel aka ditampilka dengan f an an format stand dard atau format de efault dari E Excel, forma tersebut ti at idak akan m menjadi masalah bila da yang dim ata masukkan hanyalah data angk yang sed h ka derhana, tet tapi bila yan dimasuk ng kkan berupa data nume a erik yang besarnya jutaan, ata data tang a au ggal atau da yang lain ata nnya, maka tampilan da standard tersebut ata d harus diu ubah, ini dim maksudkan a agar informas menjadi je si elas dan mudah dimengerti.

007 on us pat an pilan data Office 20 menyediakan Ribbo bar khusu yang dap digunaka untuk mengatur tamp angka ya Number aitu r. akan untuk m menampilkan simbol $ p pada angka. $; diguna %; diguna akan untuk m menampilkan angka dalam bentuk p prosentase.

,
Gambar 4.7 Ribbon Numbe 7. er

diguna akan untuk m menampilka pemisah ribuan, jutaa dsb. an an

2. Meng ggunakan Fo ormat Cells – Number s

Gambar 4.8.a Kotak Dialog Format Cells a. F

Keterang : gan Category y berisi kategory fo ormat angka yang tela disediakan oleh Ex a ah xcel, masing g-masing adalah General, Number, Cu h: urrency, Acc counting, Da ate, Time, Percentage, Fraction, P Scienti ific, Text, Sp pecial dan Custom. Type berisi bentuk-b bentuk form tampilan yang sudah disediaka sesuai de mat an engan categ gory atau kelomp jenis ang pok gka/data yan telah dipilih pada kolo Category ng om y

Location Custom

akan b berisi format negara yang kita inginkan. g pilihan ini dapat digunakan jik kita ingin mengatur f ka n format sesuai dengan k keinginan kita. d-mmm m-yy tampilan 25-Mar-10 format jika format diubah men t njadi d-mmm mm-yyy ch-2010 tampilan 25-Marc

Gambar 4.8.b mengg gambarkan c contoh peng gunaan Cust tom untuk m mengatur tam mpilan tanggal.

Contoh tampilan tang ggal setelah diubah.

Te empat mengatu format ur tan nggal (data)

Catatan : Form bulan cuku 4 rmat up huru untuk tampil uf lan leng gkap.

Gambar 4.8.b Penggunaan Custom Tang ggal

4.4.1 Pen ngolahan Data Tangga D al Data tang ggal merupa akan data ya cukup pe ang enting dan b banyak digun nakan dalam berbagai a m aplikasi. Berikut in adalah fun ni ngsi-fungsi y yang sering d digunakan dalam tangga : d al • =DAT TE(tahun,bu ulan,tanggal) ) digun nakan untuk memasukka data tang an ggal dan aka menghasi an ilkan data be erbentuk tan nggal. Conto : =date(2 oh 2009,4,13) ak mengha kan asilkan data 4/13/09 yan berarti tan ng nggal 13 Apr 2009. ril Untuk tahun diba awah tahun 2000 cuku dituliskan digit tahu up unnya saja. Contoh . =date(09 9,4,13). Untuk mencari selisih hari (tangg anda cu gal) ukup melaku ukan pengura angan biasa a.

• =WEEKDAY(tanggal) digunaka untuk mencari angka urut hari da an alam 1 minggu. Dimana a angka 1 ada alah untuk ha Minggu s 7 adalah untuk hari S ari s/d Sabtu. • =DAY Y(tanggal) digunaka untuk menampilkan d an digit tanggal dari suatu d data tanggal. . Conto : =DAY(D oh DATE(09,10,23)) akan m menghasilkan 23 n • =MONTH(tangga al) digunaka untuk menampilkan d an digit bulan da suatu dat tanggal. ari ta Conto : =MONT oh TH(DATE(09 9,10,23)) aka menghasilkan 10 an • =YEA AR(tanggal) digunaka untuk menampilkan d an digit tahun da suatu dat tanggal. ari ta Conto : =YEAR(09,10,23)) a oh akan mengh hasilkan 200 09 4.4.2 Pen ngolahan Data Jam D Seperti h halnya tangg data jam juga sering digunakan untuk aplikas gal u si-aplikasi te ertentu. Untuk me emasukan data jam kita dapat meng d ggunakan 2 cara :

diketik langsu ung dengan menggunakan format : hh:mm:ss (jam:menit:d detik). Dima ana untuk angka jam ma aksimal ada alah 24, angk menit ma ka aksimal 60 da engka de maksima 60. an etik al Contoh: jika k masukk data 10:2 C kita kan 25:23 berart kita mema ti asukkan data jam 10 sia lewat a ang 25 m menit 23 detik. Untuk c contoh lain jika datanya adalah 22 a 2:25:23 bera anda arti mem masukkan data jam 10 m malam lewat 2 menit 23 detik. 25 Untuk melakukan perhitungan jam, kita harus mem a mperhitungkan tampilan apakah n, hasilnya ingin be erbentuk jam ataukah b m bilangan bia asa. Contoh lembar kerj berikut ja ini: A B C D E F 1 07:12:24 08:12:24 1:00:00 1 2 Rumus di sel C1 adalah =B1-A1 sehing mengha 1 gga asilkan selisi jam yaitu satu jam ih nol m menit dan no detik ( selis ol sihnya adala tepat satu jam). ah u Seda angkan di sel D1 rumu s usnya adala =(B1-A1)*24 dimana 24 adalah variabel ah a tetap untuk mengkonversi da jam men p ata njadi bilanga bulat. Hasilnya adala 1 yang an ah berar satu jam. rti Menggunakan fungsi yait =TIME(jam M tu m,menit,deti ik). Contoh:Untuk memasukk C k kan data jam 7 pagi lew 12 men 24 detik data yang d m wat nit d diketikkan adalah =TIME E(7,12,24) Untuk menam U mpilkan =HOUR(jam) =MINUTE(jam m) =SECOND(ja am) ma asing-masing elemen da data jam anda bisa menggunaka fungsi g ari m an unt menghasilkan digit ja dari suat data jam tuk am tu unt menghasilkan digit m tuk menit dari su uatu data jam m unt menghasilkan digit d tuk detik dari sua data jam atu m

4.4.3

Pengaturan Tampilan T P Tanda Mata Uang

Cara yan paling se ng ederhana un ntuk menam mpilkan tanda mata uang adalah de a engan meng ggunakan Icon $. N Namun ada kelemahan dalam peng ggunaannya yaitu tanda $ akan mu a uncul tepat d disebelah kiri angkanya. Anda bisa mengg gunakan ca lain yaitu dengan memilih piliha Accountin dalam ara u an ng Menu Fo ormat Cells - Number. Lihat contoh le embar kerja berikut :
A $500 $1,000 $ $1,500 $ $2 20,000 B $ 500 $ 1 1,000 $ 1 1,500 $ 20 0,000

1 2 3 4 5

Dengan men D nggunakan Format Accounting data akan terli F ihat lebih je elas. Data di kolom A menggunakan Format Cu i n urrency seda angkan di ko olom B m menggunakan Format Accounting. Anda jug dapat n ga mengubah ta m anda mata u uang dengan tanda mata uang neg n a gara yang diinginkan. Ik prosedur berikut ini : kuti r

Pilih atau sorot sel ya anda ing format. K u ang gin Kemudian pi Format C ilih Cells - Numb Kemudia pilih ber. an Accounting dari dafta Category, dan pilih Rp Indonesian dari dari da ar , p n aftar Symbo langkah te ol, erakhir Klik OK. Lihat Gambar 4.9

Gambar 4.9. Menu Custo Number om

4.5. Font Semua d data yang d dimasukkan ke dalam s suatu sel ak kan ditampilkan dengan font standard yaitu n Calibri de engan ukura 11 point. Untuk melakukan peru an . ubahan terh hadap jenis dan ukuran font kita dapat me enggunakan DropList F n Font dan Dro opList Font Size yang te erdapat di R Ribbon Font Dalam t. Ribbon t tersebut juga terdapat Increase Fo Size dan Decrease Font Size. Perhatikan gambar ont e . n berikut :
Decrease Fo Size ont Font Increas Font Size se

Font Size

Kita juga dapat meng ggunakan Fo ormat Cells – Font untu mengatur tampilan fo seperti ya kita s uk ont ang inginkan. .

Gam mbar 4.10. Menu Custom Numbe er

Keterang : gan 1. Font Pilihan ini untuk m n menentukan font (jenis h huruf) yang digunakan . d 2. Font S Style, Berisi pilihan-piliha efek ceta an ak • Bold d ce etak tebal • Italic c ce etak miring • Bold Italic d ce etak tebal da miring an • Reg gular ce etak normal Contoh : Bold Regular Italic BoldIta d alic rline 3. Under Berisi pilihan-piliha bentuk garis bawah an • None ce etak normal • Sing gle ga tunggal aris • Dou uble ga ganda aris Contoh :

Non ne Single Double 4. Effect ts Berisi pilihan-piliha posisi da efek cetak an an k • Strik kethrough hu akan dic uruf cetak dengan coret yang berupa gar horisonta g ris al • Superscript ce etak pangkat t • Subscript ce etak index Contoh : Superscript Strik kethrough Subscript 5. Color diguna akan untuk m mengganti w warna (defau Automatic ult c). 6. Size diguna akan untuk m mengubah u ukuran huruf f 7. Normal Font kliklah bila anda in h ngin supaya setting anda tersebut menjadi settin default m ng

4.6.

Fasilitas Cle ear

Excel 20 007 menyediakan fasilitas baru yaitu fasil llitas Clear yang dapat digunaka untuk an menghap isi sel m pus maupun bag gian-bagian lain dalam sel. Shortcutnya terdapat di dalam Ribbbon s Editing di Menu Hom Tombolnya seperti berikut ini : me. ang at ar hat Pilihan ya terdapa dalam Clea dapat dilih pada gambar berikut : Clear All; ; menghapus data dan kel m d lengkapan la dalam se ain el Clear Formats; menghapus format yang telah diberik dalam s m f kan sel. Clear Co ontents; menghapus data dalam sel tanpa m m menghapus format yang telah diberikan. y Clear Co omments; m menghapus k komentar-ko omentar yan pernah diberikan ng dalam sel. d
Gam mbar 4.11. Clear Options r

BA AB MENATA LEMBAR KERJA M L
5.1. Menyisipkan Baris dan Kolom M n

5

007 iakan Ribbon khusus ya dapat dig ang gunakan unt keperlua penyisipan baris, tuk an Office 20 menyedi penyisipa kolom da memindah an an hkan isi sel a atau isi rang Ribbon ya digunak adalah R ge. ang kan Ribbon Cells yan berada di menu Hom ng me. Insert ; d digunakan u untuk melak kukan penyisipan baik kolom mau upun baris, memindahkan isi sel atau isi range dan menyisip b pkan sheet baru. s Delete; d digunakan u untuk mengh hapus kolom baris ma m, apun isi sel atau range dan m r menghapus s sheet. Format; d digunakan untuk memod difikasi kolom baris mau m, upun sheet.

Gam mbar 5..1 Ribb Cells bon

1. Inser rt Pilihan dari menu ins adalah sebegai berikut : sert s Insert Cells; di igunakan un ntuk menyisi ipkan sebua sel atau ah ra ange dengan beberapa action pilihan. Lihat a ga ambar 5.1.b. di igunakan un ntuk menyisip pkan 1 baris di posisi s po ointer. di igunakan un ntuk menyisip pkan 1 kolom di posisi m po ointer. di igunakan un ntuk menyisip pkan sheet b baru.

Insert Sheet Ro ows; Insert Sheet Co olumns;
Gambar 5..1.a. G Pilihan Insert P

Insert Sheet;

Insert cells rig ght;

Insert cells do own;

En ntire row; En ntire column n;

digunakan u d untuk menyis sipkan sebu sel atau uah range dan akan memind r dahkan 1 kolom data ke sebelah kanan sel baru. s digunakan u d untuk menyis sipkan sebua sel atau ah renge dan akan memind r dahkan 1 baris data ke bawah sel baru. b digunakan u d untuk menyis sipkan 1 baris baru. digunakan u d untuk menyis sipkan 1 kolo baru. om

Gambar 5..1.b. G Kotak Dialog Insert Ce k ells

Contoh penggunaan. Perhatikan lembar kerj berikut : p n ja Dari lemb kerja di s bar sebelah kan kita melihat bahwa d nan data harga be erada di kolo jumlah. Untuk memin om U ndahkan data anya ke kolom ha arga kita menggunakan prosedur be erikut : • Blok s B2 sampa B5 sel ai • Kemudian klik Sho ortcut Insert di Ribbon In nsert menu Home, kemud dian klik Inse Cells Shift cells righ Hasilnya terlihat ert ht. pada l lembar kerja di berikut in : a ni

Meminda ahkan data d dalam sebua range ata sel kita ju dapat m ah au uga melakukan d drag secara langsung pada sel atau range tertentu. Demikian ju uga dengan menyisipka kolom atau baris kita dapat n an a menggun nakan cara cepat yaitu dengan me emanfaatkan tombol ka n anan mouse untuk menampilkan kotak dia alog Insert C Cells. Excel 20 007 memung gkinkan kita untuk men a nandai kolom dan baris pada area sheet jika kita ingin m menyisip pkan baik kolom ataupun baris. n

2. Delet te Pilihan dari menu de elete adalah sebegai ber rikut : Delete Cells; e digu unakan menghapus seb buah sel ata range au deng gan beberap action pilihan. Lihat gambar pa 5.1.d d. Delete Sheet Row e ws; digu unakan untuk menghapu 1 baris di posisi k us poin nter. Delete Sheet Colu e umns; digu unakan untuk menghapu 1 kolom di posisi k us poin nter. Delete Sheet; e digu unakan untuk menghapu sheet. k us Ins cells righ sert ht; digunakan un ntuk menghapus sebua sel atau ah ra ange dan ak meminda kan ahkan 1 kolo data ke om posisi sel atau range yan dihapus. ng digunakan un ntuk mengha apus sebuah sel atau h re enge dan ak meminda kan ahkan 1 bari data ke is ke posisi sel a e atau range y yang dihapus. digunakan un ntuk mengha apus 1 baris. digunakan un ntuk mengha apus 1 kolom m.

Gambar 5..1.c. G Pilihan Delete P

Ins cells dow sert wn;

Entire row; Entire column;

Gambar 5..1.d. G Kota Dialog Delete ak e

5.2.

Memodifikas Kolom, Baris dan Sh M si heet

Fasilitas lain yang da apat kita gun nakan dari R Ribbon Cells adalah mem modifikasi ko olom, baris d dan sheet. Sh hortCut yang digunakan adalah g

Menu pili ihannya terli ihat pada ga ambar beriku : ut Keterang : gan Row Heig ght; AutoFit R Row Height; mengatu tinggi baris secara ma ur anual mengatu tinggi baris berdasark tinggi ur kan data dala sel seca otomatis. am ara .

Column W Widht; Mengatu lebar kolom secara manual ur AutoFit C Column Widh Mengatu lebar kolom secara ot ht; ur tomatis sesuai d dengan lebar data dalam sel. r m Default W Widht; Hide & U Unhide; Rename Sheet; Move or Copy Sheet t; Tab Colo or; Protect S Sheet; Lock Cel ll; Format C Cells; Mengatu lebar kolom ke ukuran standar ur n Menyem mbunyikan / m menampilka kolom, an baris ata sheet. au Mengubah nama sheet. Meminda ahkan / mem mbuat duplik sheet.. kat Mengatu warna tab sheet. ur b Member rikan proteks terhadap sheet. si s Mengunci sel tertent tu. pilkan menu Format Cell ls. Menamp
Gambar 5.1.e. Pilihan Format

5.3.

Menggunaka Fasilitas Styles M an

Fasilitas baru yang d disediakan d dalam Excel 2007 adala fasilitas S ah Styles. Sala satu piliha dalam ah an Styles ad dalah Forma as Table s at sudah dibah di bab se has ebelumnya. Dua fasilitas lainnya ad s dalah Cell Styles da Condition Formattin an. nal ng 1. Cell S Styles Cell Style digunakan untuk mem es milih style ya disediak oleh prog ang kan gram.

Gamba 5.2. Pilihan Ce Styles ar ells

Ada 4 pilihan yang la angsung dap digunaka yaitu : pat an • • • • Good Bad and Neutral; d, N Data and Model; Titles and Headin s ngs; Numb Format; ber digunakan un ntuk memilih warna style bagi jenis data good, bad dan h e ne eutral. digunakan un ntuk memilih style yan berhubun ng ngan denga model an da dan jenis data ata s digunakan un ntuk memilih style yang digunakan untuk Tit h tles dan Heading H digunakan untuk memilih style yang b berktitan den ngan format angka.

Secara u umum Cell S Styles diguna akan untuk m menentukan jenis style y yang dapat d digunakan bentuk laporan tertentu sesu dengan k t uai kebutuhan.

2. Cond ditional Formatting Fasilitas ini digunak kan untuk menampilkan data berd m n dasarkan ko ondisi / krite eria tertentu dengan u tampilan yang berbe eda dengan tujuan unt n tuk memuda ahkan dalam pengelom m mpokkan / p pencarian data. Pilihan yang dis sediakan ter rlihat pada ta ampilan beri ikut : Keterang : gan • Higli ight Cells Ru ules;

digun nakan untuk membeda k akan tampila an data berdasark kan kondis relasional si tertentu. Pilhannya terlihat pada tab t bel berik : kut

Greate Than er Less T Than Betwee en Equal t to Text th Contains hat A Date Occurring e Duplica Values ate

Menanda sel deng ai gan kondisi lebih besar dari nilai terten ntu. Menanda sel deng ai gan kondisi lebih kecil dari nilai tertentu. Menanda sel denga kondisi diantara ai an nilai terte entu. Menanda sel yang b ai berisi nilai ter rtentu. Menanda sel yang berisi karakter ai g tertentu. Menanda ai sel dengan kriteria berdasar rkan peride t tanggal terte entu. Menanda sel yang berisi nila yang ai ai muncul le ebih dari 1 k kali.

Gambar 5.3. Pilihan Con r nditional Formatting

Contoh : Perhatikan lembar kerja berikut a

Dari lemb kerja di atas kita ing menanda sel yang nilainya kura dari 60. Prosedurny adalah bar gin ai n ang ya sebagai berikut : b

1. B Blok sel B2:B seperti ter B6 rlihat pada g gambar berik : kut

2. K Shortcut Conditional Formatting Higlight Ce Rules Less Than Klik ells Hasilnya sepe terlihat p H erti pada gamba berikut : ar

Gambar di at menamp G tas pilkan bahw data nilai yang kuran dari 60 a wa ng akan diberika warna an berbeda. •

Top/ /Bottom Rule es;

digun nakan untu menentu uk ukan jumlah record y h yang akan ditandai berdasarkan uru utan posisi re ecordnya, pr rosentase nilai atau berd dasarkan nilai rata-rata ter rtentu. Pilhan nnya terlihat pada tabel berikut : t

Top T 10 Items s Top T 10 % Bottom 10 Ite B ems Bottom 10 % B Above Average A Below Averag B ge

Men nandai sejum mlah record yang memp punyai nilai tertinggi. De efault 10 r record. Men nandai pro osentase jumlah recor yang m rd mempunyai nilai tertinggi dari se eluruh record Default 10 dari seluruh record. d. 0% Men nandai sejum mlah record yang memp punyai nilai t terendah. De efault 10 r record. Men nandai pro osentase jumlah recor yang m rd mempunyai nilai tere endah dari seluruh recor Default 10% dari selu rd. uruh record. Men nandai sejum mlah record yang mempunyai nilai diatas nilai ratarata seluruh rec a cord. Men nandai sejumlah record yang mem d mpunyai nila di bawah nilai ai rata a-rata seluru record. uh

Contoh k akan me kita enandai 5 da (record) yang memp ata punyai nilai u ujian tertingg Perhatika lembar gi. an kerja ber rikut : Pada lembar kerja d samping kita masukk di kan 10 reco yang ord berisi nam siswa dan nilai. ma n Proses ya ang kita la akukan ada alah menan ndai 5 reco ord yang mempunya nilai tertin ai nggi. Prosedur y yang kita lak kukan adalah sebagai be erikut : • • • • • Lakukan blok u untuk data n nilai Klik Conditiona Formatting al g Pilih Top/Botto Rules om Pilih Top 10 Ite ems ( lihat gambar 5.4) Lakukan perub bahan pada jumlah recordnya menja 5. adi Lih gambar 5 hat 5.5.

Gam mbar 5.4. Pilihan Top/Bottom Rules

Gambar 5.5. Tampilan Data S Setelah Diproses s

Pada gam mbar 5.5. terlihat bahwa 5 record de a engan nilai tertinggi akan diberi warn berbeda. na •

Data Bars; a

digun nakan untuk menampil lkan bar co ode pada se etiap sel be erisi nilai deng gan ukuran proporsiona berdasark al kan nilainya. Prosedurn nya sama deng gan pilihan sebelumny yaitu kita blok se ya eluruh data nilainya kemu udian pilih Data Bars yang kita inginkan dalam Co s onditional Form matting. Liha gambar 5.6 dan gam at 6.a. mbar 5.6.b.

Gamba 5.6.a. Tampila Data Setelah ar an Diproses s Gam mbar 5.6.b. Piliha Data Bars an

Colo Scales; or

digun nakan untuk membeda k akan warna yang berbe eda pada s setiap sel beris nilai. Pros si sedurnya sa ama dengan pilihan se n ebelumnya y yaitu kita blok seluruh da ata nilainya kemudian pilih Colo Scales y a or yang kita ingin nkan dalam C Conditional Formatting. Lihat gamba 5.7.a. dan gambar ar n 5.7.b b.

Gamba 5.7.a. Tampilan Data Setelah ar n Diproses s Ga ambar 5.7.b. Pilih Color Scales han s

Icon Sets; n

digun nakan untuk menampilk icon (sim k kan mbol) pada setiap sel ya berisi s ang nilai. Kita dapat melakukan pengaturan range nilai pada masing g-masing jenis Icon Set yang kita gunakan dengan me s emilih More Rules. e Perh hatikan lemb kerja beri bar ikut : Pada lembar kerja d samping kita masukk di kan 10 reco yang ord berisi nam siswa dan nilai. Kita akan memb ma berikan simb untuk bol menampilk simbol d kan dengan rang angka seb ge bagai beriku : ut Untuk nilai >=85 k Untuk nilai >=60 s <85 k s.d Untuk nilai <60 k Simbol-sim mbol di atas akan ditampilkan pada setiap angk sesuai ka dengan ra angenya mas sing-masing.

Gambar 5.8.a. Tampilan D 5 Data Sebelum Diproses

Prosedur yang kita la r akukan adalah sebagai berikut : • • • Lakukan blok untuk data nilai k Klik K Condition Formattin nal ng Pilih Icon Set kemudian pilih More Rules. Menu P ts, n unya tampak pada gamb 5.8.b. k bar

Gambar 5.8.a. K Kotak Dialog Form matting Rule Icon Sets n

Keterang : gan • Icon Style diisi de S engan pilihan 3 Arrows ( (Colored) • Isi wh value is >= dengan 85 hen • Isi wh <85 and >= dengan 60 hen d • Form Style isi dengan piliha Icon Sets mat d an s. Pada le embar kerja di sebelah kiri terliha bahwa Ic a h at con akan ditampilkan sesuai dengan ran nilai yan telah kita tentukan nge ng yaitu : Panah a atas untuk n nilai >=85 Panah kanan untuk nilai 60 s.d <85 k Panah bawah untuk nilai <60 k

Gamba 5.8.c. Lembar Kerja Setelah ar r Diproses s

BAB FUNGSI IF
Dalam melakukan sebuah proses terhadap data seringkali kita dihadapkan pada syarat atau kondisi yang harus dipenuhi untuk mengerjakan proses tersebut. Syarat atau kondisi yang harus diuji dapat terdiri dari minimal 1 kondisi atau lebih. 6.1. Perintah IF Dengan Satu Kondisi (IF Tunggal) Penggunaan IF dengan satu kondisi digunakan jika pilihan dari proses yang akan dikerjakan terdiri dari 2 pilihan. Pilihan akan dikerjakan sesuai dengan hasil pengujian yang dilakukan yang terdiri dari kemungkinan True (Benar) atau False (Salah). fungsi IF mempunyai format aturan sebagai berikut : IF(logical_test, value_if_true, value_if_false) adalah suatu perbandingan yang akan menghasilkan True atau False Nilai atau suatu perintah yang harus dikerjakan bila logical_test menghasilkan True value_if_false Nilai atau suatu perintah yang harus dikerjakan bila logical_test menghasilkan False Dalam menuliskan IF kita memerlukan beberapa Operator Relasional sebagai berikut : Symbol = > < >= <= <> Keterangan Sama dengan Lebih dari Kurang dari Lebih dari sama dengan Kurang dari sama dengan Tidak sama dengan logical_test value_if_true

6

Contoh 1 : menentukan siswa Lulus atau Gagal. Perhatikan lembar kerja berikut : A Nama Jordi Michael Mulyadi Siskawati Giovani B Nilai 1 75 60 55 74 80 C Nilai 2 40 55 70 65 85 D Rata-Rata ………….. E Keterangan ………………

1 2 3 4 5 6

Nilai rata-rata diisi dengan rumus =AVERAGE (B2:C2) Keterangan mempunyai ketentuan sebagai berikut : • Berisi Lulus jika nilai rata-rata minimal 60 • Berisi Gagal jika nilai rata-rata kurang dari 60 Berdasarkan ketentuan di atas kita masukkan formula untuk mengisi kolom keterangan sebagai berikut: =IF(D2>=60,”Lulus”,”Gagal”) atau =IF(D2<60,”Gagal”,”Lulus”)

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

35

Dari rum mus di atas kita amb kesimpulan bahwa penempata argumen Lulus ata Gagal s bil an n au bergantu dari kond yang kita tuliskan da ung disi a alam rumus. Pada rum mus pertam Proses p ma pertama (val lue_if_true) diisi dengan Lulus kar rena kita me enuliskan kondisi jika isi sel D2 bernilai min 2 nimal 60. Se edangkan pa rumus ke ada edua sebalik knya. IF dapat dituliskan se ecara langsu atau me ung enggunakan fasitas Func ction Wizard d. 1. Meng getik langsun pada sel yang dimak ng ksud. Cara ini adalah cara yang mudah dan cepat, teta anda harus ingat da tahu betul format api an penggunaan fung IF, alama sel dapat langsung disorot denga menggun gsi at an nakan mouse pointer. e Conto untuk me oh emasukkan rumus diata langkahny adalah as ya sel E2 (se keterangan) • K Klik el • ke etiklah =IF( sel D2 (se yang akan diperiksa) • K Klik el n • ke etik >=60,”Lulus s”,”Gagal”) • te ekan Enter 2. Mengg gunakan Function Wizar rd Cara ini digunaka bila ada tidak mau repot-repot mengetik ru an umus atau f fungsi dan b anda bila tidak ingat dengan jelas forma pemakaian dari fungs yang akan anda gunak n at si kan. Conto untuk me oh emasukkan r rumus diatas langkahnya adalah s a Soro ot sel E2 Menu Klik Formulas tampilann seperti te s, nya erlihat pada gambar ber rikut :

Gambar 6.1. Fu unction Library

Exc 2007 me cel emberikan f fasilitas Fun nction Librar yang men ry nyediakan pilihan-pilliha fungsi p an yan kita perlukan. Jika kit memerluk ng ta kan fungsi lain yang be elum ditampilkan dalam daftar di tool lbar kita dap memilih More Functio pat M ons. Kita pilih logical karena IF b a berada di dalam jenis Lo ogical. Pilihannya sebagai berikut :

Gam mbar 6.2. Logical Function l

Berikut p pengisian rum jika men mus nggunakan Function Wizard : pindahkan po ointer ke kolo Logical_ om _test klik sel D2 ( (sel yang ak diperiksa kan a) ketik >=60 pindahkan po ointer ke kolo om value_if_true v ketik “Lulus” pindahkan po ointer ke kolo om value_if_false v e ketik “Gagal” k ” klik OK k
Gambar 6.3. Function Wiz 6 zard IF

Contoh 2 : menentuk diskon. kan
A 1 2 3 4 5 6 7 8 ama Na Wahy yu Robe ert Ediya anto Susia ana Indah h Pratiw wi B Jum mlah 5 16 6 10 13 27 C Harg ga Satua an 1000 1500 750 2500 2 1750 1250 D Tota al E Disco ount F Ba ayar

Masalah : 1. Total a adalah Jumlah dikalikan Harga Satu n uan 2. Bagi yang membe dengan ju y eli umlah 10 uni atau lebih mendapat d it discount 10% % 3. Bayar adalah Tota dikurangi discount al 6.2. Per rintah IF Be ersarang Fungsi if bersarang atau If did f g dalam If, di igunakan bila harus memilih satu dari banya pilihan ak tindakan (lebih dari 2) yang ada berdasarka kondisi atau kenyataa yang ada, 2 an an Seperti p pada contoh berikut ini : Suatu Le embaga Pen ndidikan ingin membuat laporan sisw periode J 2010. Da wa Juli ata-data yan diinput ng adalah : NIM, Nama, Kode Pake dan Kode Shift. , et A 1 2 3 4 5 6 7
NIM M 1990 021 1990 034 1990 016 1990 023 1990 032 1990 019

B
Nama Siswa Lindayani Intan Ku usuma Ridho P Prambudi Ahmad W Warsidi Iin Kania a Lia Nura alia

C
Ko ode Pa aket A C A D B A

D
Kode e Shift t P S M M P S

E
Paket

F
Biaya

G
Shift

H

I

Ketentuan : Kod de aket Pa Pak ket A Ms. Wor rd B Ms. Exc cel C Ms. Acc cess D Visual B Basic

Biaya Rp 250,000 Rp 275,000 Rp 300,000 Rp 400,000

Kode Shift P S M

Shift Pagi Siang Malam

Dari ketentuan soal diatas, jelas terlihat bahwa jumlah pilihan dari Paket, Biaya dan Shift lebih dari dua pilihan. Dengan demikian anda harus menggunakan IF Bersarang. Perhatikan rumus berikut :
Paket akan berisi : =IF(C2=”A”,”Ms. Word”,IF(C2=”B”,”Ms.Excel”,IF(C2=”C”,”Ms. Access”,”Visual Basic”))) Buatlah rumus untuk Biaya dan Shift. Dari penjelasan diatas, kita bisa mengambil kesimpulan untuk penggunaan IF Bersarang : Jika ada 3 kemungkinan, gunakan 2 IF Jika ada n kemungkinan, gunakan n-1 IF 6.3. Perintah IF dengan Operator Logika Dalam menguji suatu kondisi terkadang kita memerlukan Operator Logika yaitu : • NOT(Kondisi) ; dituliskan didepan kondisi yang diuji dan akan memberikan penyangkalan terhadap kondisi yang diuji. • AND(kondisi-1,kondisi-2,…) ; digunakan untuk menguji beberapa kondisi sekaligus. Untuk bernilai True, semua syarat (kondisi) harus terpenuhi. • OR(kondisi-1,kondisi-2,…) ; digunakan untuk menguji beberapa kondisi sekaligus. Untuk bernilai True, cukup salah satu syarat (kondisi) saja yang harus terpenuhi. Contoh Nama Purnomo Mulyati Suryana Hari Nuryati

Kategori Anggota Bukan Anggota Anggota Bukan

Jumlah 15 5 3 1 20

Harga 10000 15000 10000 7500 10000

Total

Discount

Bayar

Discount sebesar 10% diberikan bagi anggota yang jumlah pembeliannya mencapai 10 unit, rumus yang harus diberikan pada perhitungan Discount adalah : =IF(AND(B2="Anggota",C2>=10),10%,0%)*E2 Bagaimanakah rumusnya jika ketentuan Discount diubah menjadi : Diberikan discount sebesar 10% bagi anggota. Untuk yang bukan anggota discount diberikan jika jumlah pembelian mencapai 10 unit. 6.4. Perintah IF digabung dengan fungsi lain Fungsi IF dapat digabung dengan fungsi-fungsi yang lain, penempatan fungsi yang lain tersebut bisa dimana saja, pada logical_test , value_if_true, atau pada value_if_false
Contoh,
No Kode Faktur Jumlah 1 2 3 4 5 6 7 8 A-1001CS B-9123CR C-3421CS A-1301CS B-9123CQ A-2421CS A-1001CQ B-2123CR 5 6 7 1 4 12 4 8 Harga Satuan Sub Total Discount Biaya Adm Beban Bunga Bayar

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

38

Kode faktur terdiri dari kombinasi Kode Barang yang menjual, Nomor Faktur dan Kode Pembayaran, contoh A-1001CS berarti Kode Barang A Nomor Faktur 1001 Kode Jenis Pembayaran CS
Kode Barang A B C Kode Pembayaran CS CR CQ Harga Satuan 50000 65000 75000 Jenis Pembayaran Tunai Kredit Cheque Keterangan Dapat discount 10% Kena bunga 20% Kena biaya Adm. 2%

Rumus yang digunakan : Harga Satuan Sub Total Discount Biaya Adm Beban bunga Bayar =IF(Left(B2,1)=”A”,50000,IF(Left(B2,1)=”B”,65000,75000)) =C2*D2 =IF(Right(B2,2)=“CS”,E2*10%,0) =IF(Right(B2,2)=“CQ”,E2*2%,0) =IF(Right(B2,2)=“CR”,E2*20%,0) =E2-F2+G2+H2

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

39

BAB FUNGSI TABEL

7

Fungsi-fungsi yang termasuk dalam kategori atau kelompok fungsi tabel adalah HLOOKUP dan VLOOKUP, fungsi ini banyak digunakan pada pembuatan Worksheet dimana perhitungan datanya dilakukan dengan memanfaatkan sebuah tabel. 7.1. Fungsi VLookup Digunakan untuk mengambil data dari sebuah tabel data berdasarkan kunci pencarian (lookup value). Fungsi ini digunakan bila data pada tabel disusun secara Vertical, format perintah dari perintah ini adalah : =VLOOKUP(Lookup_value, Table_Array, Col_Index_num,[range lookup]) Lookup_value nilai pada worksheet, sebagai referensi tabel Table_Array range tabel atau nama tabel data yang sudah didefinisikan sebelumnya Col_Index_num nomor index atau kolom ke berapa dari tabel yang akan diambil Range Lookup dapat berisi range atau statement Logical True/False Sebagai contoh, Pembuatan laporan gaji, Gaji Pokok pegawai ditentukan bersadarkan tabel Gaji Pokok yang disusun berdasarkan Golongannya.
A 1 No B NIP C NAMA D Gol E Gaji Pokok F G Tunjangan H I J

2 3 4 5 6 7 8 9

1 2 3 4 5 6 7 8

550112 567123 658949 601245 687561 702333 620121 591212

Yanuar Ahmad Putranto Pertiwi Lambert Joko Amir Yohana

A C B B D C B C

Tabel Gaji Gol Gaji Pokok Tunjangan A 500000 5% B 600000 10% C 700000 15% D 1000000 25%

Untuk mengisi Gaji pokok dan Tunjangan, Data yang diperlukan diambil dari Tabel Gaji berdasarkan masing-masing golongan. Dalam hal ini golongan digunakan sebagai kunci pencarian data ke dalam Tabel Gaji. Tabel data dapat diletakkan di dalam sheet yang sama dengan tabel kerja atau di sheet yang berbeda. 7.1.1. Tabel Tabel data yang digunakan harus disusun secara sistematis, tabel terdiri dari kolom dan baris dan terdiri dari 2 bagian yang utama yaitu Kriteria ( Kunci Pencarian ) dan Data. Pada contoh diatas data disusun secara Vertikal, terdiri dari 3 Kolom dan 4 baris (judul tidak termasuk) dan akan lebih mudah jika dimasukkan ke dalam suatu nama range kolom pertama disebut sebagai kolom Kriteria (Kunci Pencarian) dan kolom berikutnya disebut sebagai Data kolom kriteria dihitung sebagai posisi index ke 1, berikutnya 2, 3 dst. 7.1.2. Nama Range Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk membuat nama range. 1. Melalui Name Box Blok range yang akan diberi nama (nama field /judul kolom tidak disertakan) Klik Name Box (lihat gambar 7.1) Ketik nama range yang diinginkan. Catatan : nama range tidak boleh mengandung spasi. Tekan Enter

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

40

Gambar 7.1.. Name Box dan Tabel Data

2. Melalui Fasilitas Define Name Fasilt ini juga sudah ada di versi seb tas belumnya ha anya prosed durnya sedik berbeda. Di Excel kit 2007 fasilitas Def fine Name b berada di Me Formula Prosedur enu as. rnya adalah sebagai ber rikut : Blok area yan akan dibe nama B ng eri Klik K Shortcut Define Nam layar aka menampil me an lkan kotak d dialog New N Name seper tampak rti pada gambar berikut : r

Gam mbar 7.2. Kotak D Dialog New Name

Ketikkan nam range pad kotak isia Name, co K ma da an ontoh : DATA A Klik K OK. Sehingga untuk men a nghitung Gaji pokok dan Tunjangan rumus yang digunakan adalah =VL LOOKUP(D2 2,DATA,2,Fa alse) Keterang : gan Isi sel D2 adalah nil yang beri kunci pen 2 lai isi ncarian data. DATA adalah range tabel ya akan dig ang gunakan dan sudah dibe nama den n eri ngan nama D DATA. adalah da kolom ke berapa (ind 2 ata e dex) dari Tab yang aka digunaka bel an an. False adalah st tatement ya ang kita be erikan untuk memberika pesan kesalahan ji k an k ika kunci pencarian dalam tab data tidak sama dengan kunci p n bel pencarian da alam tabel ke erja, juga untuk me enghindari k kesalahan pe embacaan data jika ku d unci pencaria data dalam tabel an data belum sorted (di iurutkan).

7.2. Fungsi HLookup Fungsi ini digunakan bila data pada tabel data disusun secara Horisontal, format perintah dari perintah ini adalah : =HLOOKUP(Lookup_value, Table_Array, Col_Index_row,[range lookup]) Lookup_value nilai pada worksheet, sebagai referensi tabel Table_Array Range tabel Row_Index_num Nomor index atau baris ke berapa dari tabel yang akan diambil Range Lookup dapat berisi range atau statement Logical True/False

A B C 1 No NAMA Kode 2 1 Yanuar M 3 2 Ahmad SP 4 3 Putranto ST 5 4 Pertiwi KR 6 5 Lambert KR 7 6 Joko SP 8 7 Amir ST 9 8 Yohana KR 10 11 Tabel Jabatan 12 Kode KR 13 Jabatan Kasir 14 Tunjangan 60000

D E Jabatan Tunjangan

F

G

M Manajer 150000

SP ST Supervisor Satpam 100000 50000

karena data disusun secara horisontal, maka yang digunakan adalah Hlookup. Sorotlah sel B12:F14 dan beri nama dengan DATA_JABATAN Sehingga untuk mengisi Jabatan rumus yang digunakan adalah =HLOOKUP(C2,DATA_JABATAN,2,False) Isi sel C2 adalah nilai yang akan menentukan Kolom mana dari tabel yang akan digunakan (Nilai yang di Test dengan kriteria Tabel) adalah range tabel yang akan digunakan (sebelumnya sudah diberi nama range) adalah data baris ke berapa dari Tabel yang akan digunakan adalah statement yang kita berikan untuk memberikan pesan kesalahan jika kunci pencarian dalam tabel data tidak sama dengan kunci pencarian dalam tabel kerja, juga untuk menghindari kesalahan pembacaan data jika kunci pencarian data dalam tabel data belum sorted (diurutkan).

DATA_JABATAN 2 False

7.3. Memanfaatkan Name Manager Fasilitas baru yang disediakan dalam Excel 2007 adalah Name Manager. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya fasilitas ini memiliki kelebihan yaitu menyediakan fasilitas untuk meng-edit nama range yang sudah pernah dibuat sebelumnya selain membuat nama range baru dan menghapus nama range yang sudah ada. Selain Name Manager pilihan yang tersedia pada tab Defined Names adalah Define Name (sudah dibahas pada bagian sebelumnya), Use in Formula, Create from Selection. Shortcutnya berada di Menu Formulas pada Tab Defined Names seperti terlihat pada gambar 7.3. berikut ini :

Ms Excel 2007 @ PT - CIC

halaman

42

Gambar 7.3. Tab Define Name ed

Name Ma anager; Define N Name; Use in Fo ormula; Create fr rom Selectio on;

digunakan untuk melakuk pengolahan terhada nama rang kan ap ge. digunakan untuk mendefinisikan nam range yan baru ma ng digunakan untuk mengam nama ra mbil ange untuk d ditempatkan pada fo ormula yang sedang kita buat. digunakan untuk member rikan nama r range berdasarkan value (teks) e ya ada dala sel. ang am

7.3.1. N Name Manag ger Fasilitas ini dapat d digunakan untuk melak u kukan pengolahan terhadap nama range yan sudah a ng pernah d dibuat sebelu umnya. Kota dialognya tampak pad gambar b ak da berikut :

Gambar 7.4 Kotak Dialog N 4. Name Manager

New;

digu unakan untu membuat nama ran uk nge yang ba aru. Kotak dialog yang muncul g adalah New Name (sudah d dibahas pad point 7.1.2). Prosedurnya dapat d da dilakukan blok lebih dulu a k atau menggu unakan tomb select ra bol ange pada pi ilihan Refers to. s digu unakan untu melakuka perubaha terhadap nama rang yang sud uk an an p ge dah ada. Nam Range ya ingin die kita klik lebih dulu k ma ang edit kemudian klik tombol Ed Kotak dit. dialo ognya seper gambar berikut : rti Nam me; Com mment; diis dengan na si ama range yang baru y opt tional digunakan untuk memberika an not tes (kome entar) terha adap nam ma ran nge. sec cara otoma atis akan diisi denga an ran nge dari nam range ya ma ang ingin kit ta edit. Range dapat diedit jika meman ng dip perlukan.
Gambar 7.5. Kotak Dialog Edit Name

Edit;

Refe to; ers

Delete;

digu unakan untu menghap uk pus nama ra ange yang sudah ada. Nama Ran nge yang ingin dihapus k n kita klik lebih dulu kem mudian klik t tombol Dele ete. Akan ditampikan konf firmasi pen nghapusan. Klik Ok untuk me enghapus a atau Cance untuk el mem mbatalkan.

7.3.2. U in Formula Use Fasilitas ini digunaka untuk me an engambil se ebuah nama range pada saat kita s a sedang mem masukkan sebuah formula. Ha ini sangat membantu kita menghindari kesa f al t u alahan dala pengetika nama am an range. Pa saat kita klik shorcu ada a utnya maka akan ditamp pikan daftar nama range yang telah kita buat e sebelumn nya. Untuk mengambil satu dari n nama range tersebut ki cukup meng-klik pada nama ita m range yang dimaksud Tampilannya seperti t d. terlihat pada gambar be a erikut : Pada gam mbar 7.6 te erlihat nama a-nama ran nge yang t telah dibua Untuk at. mengambiln nya cukup dengan meng-klik pada nama ran a nge yang di iinginkan. Tombol dro oplist pada Use Formu akan tetap aktif pad saat kita sedang ula da a memasukka sebuah fo an ormula.

Gam mbar 7.6. Pilihan Nama Range N Use in Fornula n

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful