Word-of-Mouth Berpengaruh Pada Brand

By admin On: January 24, 2017 In Info No Comments

.Berdasarkan hasil survei Nielsen (2015) lalu konsumen asia tenggara lebih mempercayai word- of-mouth ketimbang iklan yang hilir mudik terpampang di beberapa media. konsumen saat ini lebih percaya rekomendasi sesama konsumen ketimbang informasi langsung dari perusahaan. mengapa perbincangan viral alias word-of-mouth menjadi media kampanye pemasaran efektif. Promosi yang mumpuni bukan berasal dari perusahaan melalui iklan. menurut jurnal IESE Business School University Navarra (Edisi Oktober 2014). Menjadi merek yang direkomendasikan maupun diperbincangkan oleh konsumen tentu harus melewati beberapa syarat. produk atau layanan tersebut memang berkualitas dan unik. Salah satunya. Kalau ini terjadi. Itu sebabnya. praktik-praktik yang mengusung aktivitas perbincangan organik ini. respons pada masukan. pengembangan kualitas dan kebermanfaatan produk. Biasanya. WOM organik menjadi strategi yang mumpuni. Organic WOM. antara lain fokus pada kepuasan pelanggan. yakni organic WOM dan amplified WOM. promosi satu arah tampak kurang mumpuni lagi. Alasannya. tetapi melalui rekomendasi dari konsumennya. Namun. dipahami sebagai perbincangan yang terjadi secara alami ketika orang memberi advokasi karena mereka senang dengan sebuah produk atau memiliki keinginan alami berbagi dukungan maupun antusiasme mereka. Dan di era konektivitas sekarang ini. ada dua cara untuk membuat WOM di kalangan pelanggan tersebut. dan membuka dialog dan mendengarkan konsumen.

semua terukur dan mengandaikan pemasar memahami betul karakter konsumen yang akan dilibatkan dalam percakapan WOM tersebut. tentu dengan tetap menjadikan otentisitas. baik komunitas lama maupun baru. (AP – dari berbagai sumber) . Amplified WOM terjadi ketika pemasar merilis kampanye marketing yang didesain untuk mendongkrak percepatan WOM pada komunitas. memberi informasi yang sifatnya advokasi. mengidentifikasi dan berkolaborasi dengan person-person atau komunitas yang berpengaruh (influencer). antara lain menciptakan komunitas. termasuk sarana dan tujuan yang ingin dicapai. Dengan desain ini. diklaim menjadi strategi WOM yang lebih mumpuni. Praktik amplified WOM ini. Alasannya. membangun perangkat yang memampukan konsumen berbagi gagasan atau motivasi mereka terkait dengan produk. Pemasar juga diandaikan tahu betul sarana dan prasarana serta tujuan yang ingin dicapainya. WOM yang sengaja didesain ini. dan melakukan tracking percakapan online maupun offline.Namun. strategi WOM ini akan lebih efektif jika sejak awal sudah didesain sedemikian rupa. gaung WOM diharapkan lebih luas dan “bergema” (berpengaruh) pada konsumen yang jauh lebih banyak.

promosi satu arah tampak kurang mumpuni lagi. Berikut dua cara membuat Word of Mouth di kalangan pelanggan. Itu sebabnya perbincangan viral alias word of mouth jadi media kampanye pemasaran efektif. Dan ini tentunya diharapkan oleh pelaku bisnis di era sekarang.Pentingnya Word of Mouth (WOM) Jadi Media Kampanye Pemasaran yang Efektif 05-Jan-2017 in Tips & Trik Jualan by : inpusar #Tips & Trik Jualan  0 comments  66 views Di era konektivitas sekarang ini. Alasannya. Advokasi menjadi tingkat tertinggi dari perjalanan pelanggan tersebut. Appeal. Konektivitas berbasis internet telah mengubah perjalanan keputusan konsumen saat ini. karena mereka merekomendasikan produk. Act. Salah satunya. konsumen saat ini lebih percaya rekomendasi konsumen lain. dan Advocate). Promosi mumpuni bukan hanya berasal dari perusahaan melalui iklan. tapi melalui rekomendasi dari konsumennya. . produk atau layanan tersebut memang berkualitas dan unik. MarkPlus menyatakan telah terjadi pergeseran customer path jadi 5A (Aware. Ask. Menjadi produk/merek/lapak yang direkomendasikan dan diperbincangkan oleh konsumen tentu harus melewati beberapa syarat. merek atau lapak kepada pelanggan lain.

termasuk sarana dan tujuan yang ingin dicapai. dan membuka dialog dan mendengarkan konsumen. 2. Praktik Amplified WO ini antara lain. Kamu juga bisa memanfaatkan media lain untuk melakukan strategi WOM ini.1. Dan semoga cara ini bisa menjangkau konsumen jauh lebih banyak. Amplified WOM Strategi WOM ini juga akan lebih efektif jika sejak awal sudah didesain sedemikian rupa. Misalnya selain dalam bentuk ulasan. memberi informasi yang sifatnya rekomendasi. kamu juga bisa menggunakan gambar atau video testimoni. pengembangan kualitas. Sehingga memungkinkan konsumen memberikan rekomendasi ke pelanggan lain. Organic WOM Yakni perbincangan terjadi secara alami ketika orang memberi rekomendasi karena mereka senang dengan sebuah produk atau memiliki keinginan alami berbagi dukungan maupun antusiasme mereka. antara lain dengan fokus pada kepuasaan pelanggan. untuk strategi WOM ini mungkin bisa rasakan dengan kehadiran BukaForum ini. Sekaligus adanya kolom feedback dan ulasan di masing-masing lapak. > Intan . respons pada masukan. Nah.com) . mengindentifikasi dan melakukan traking percakapan online maupun offline. Amplified WOW terjadi ketika pemasar merilis kampanye marketing yang didesain untuk mendongkrak percepatan WOM pada komunitas. membangun perangkat yang memampukan konsumen berbagi gagasan atau motivasi mereka terkait dengan produk. dan kebermanfaatan produk.Tim Komunitas Bukalapak (sumber artikel : marketeers. Contoh bentuk-bentuk Organic WOM.

Kalau anda baru saja selesai melihat film yang sedang nge hits di tahun 2017. apakah Bu Joko memiliki termos es. Kemudian apakah saat ini dengan adanya fitur share di facebook dan twitter kemudian cerita berubah? Tidak juga. Tapi mengapa lebih banyak dari kita mengenal Kevin ketimbang Nicholas. Hal lain adalah. riset dari Jonah Berger di tahun 2016 menyatakan bahwa orang share sesuatu di media sosial dan berdampak pada eksekusi pembelian adalah 7 persent. Tidak lain dan tidak bukan adalah karena tiap nama memiliki kekuatan marketing yang berbeda. berbau kebebasan. terlebih di tahun 80 an belum ada media online juga. Pertanyaannya kenapa. Ray Kroc McDonald’s founder [pict from Investor Daily]Pertanyaannya adalah. Misal kalau di Indonesia iklan penurun turun panas. why things catch on ternyata adalah word of mouth atau dalam bahasa kita adalah dari mulut ke mulut. Jawaban mengapa sesuatu bisa viral menurut Jonah Berger dalam bukunya Contagious. berbau keluarga the open drive sky country lah. Bagaimana si Ray Kroc yang berjasa mempopulerkan waralaba McDonald lebih memilih nama McDonald ketimbang nama dirinya sendiri. karena perbincangan mulut ke mulut adalah Persuasif . words of mouth 22 April 2017 dimas_mukhlas Reading Time: 2 minutes Sering melintas di benak kita. Nama restoran McDonald di tahun 60an itu juga menyebar sangat cepat dan di tahun 80 an Ray Kroc memiliki pendapatan revenue 700 juta dollar USD per tahun. Bu Joko Bu Joko. di mana salah satu adegan menanyakan. adalah nama. Saya bahkan sudah lupa nama produknya apa tapi iklan ini begitu membekas di benak saya.One of the best strategi in Marketing. Apakah orang menggunakan media online. Artinya 93 persen dilakukan di luar media online. Jawabannya bukan itu. Nama Nicholas dan Kevin adalah dua nama yang dua duanya tidak asli Indonesia. kenapa sebuah cerita bisa menyebar dengan sangat cepat. Si Doi bilang kalau nama Kroc itu lebih berbau Amerika. Kalaupun ada kenalan kita bernama Nicholas pasti lebih banyak yang bernama Kevin. kenapa produk atau sebuah campaign dari kegiatan pemasaran bisa begitu viral*.

Orang yang memiliki pengalaman buruk terhadap suatu produk tidak akan mempromosikan produk tersebut. Seperti uber yang memberikan es krim gratis. Atau bahkan promo yang diberikan akan kontra produktif. Oleh karena itu Word to mouth biasaya memiliki persentase eksekusi pembelian atau penggunaan produk yang lebih tinggi. dan Tessy. Gojek yang memiliki sistem poin. seperti analogi virus tapi dalam hal ini pesan yang menyebar cepat. Maka tidak heran kalau banyak app memberikan fitur gratis kepada konsumennya. Selektif Word to mouth biasanya juga sangat selektif dalam hal penyebarannya. Brainly yang memiliki tutorial gratis. Konsumen yang memiliki pengalaman tidak menyenangkan biasanya akan menyimpan untuk dirinya sendiri. Tidak mungkin kita mempromosikan kolam pemancingan pada rekan yang melihat ikan aja takut.id yang memberikan tes plagiarisme secara gratis. Nah sudah tahu kan! Hari ini sampai sekian dulu ya! Nanti kita belajar bareng lagi! *viral dalam konteks komunikasi artinya menyebar secara cepat. Oleh karena itu sebuah biaya marketing menjadi sangat efektif dalam kegiatan word to mouth ini. .