Nama : Novia Eka Wardani

NIM : 160722614620

Offering :H

Bentang Lahan Geomorfologi Fluvial

1. Kipas Aluvial

Kipas Aluvial adalah kenampakan pada mulut lembah yang berbentuk kipas
yang merupakan hasil proses pengendapan atau merupakan akhir dari sistem erosi-
deposisi yang dibawa oleh sungai. Lingkungan ini umumnya berkembang di kaki
pegunungan, dimana air kehilangan energi untuk membawa sendimen ketika
melintasi dataran. Atau dapat diartikan pula bila suatu sungai dengan muatan
sedimen yang besar mengalir dari bukit atau pegunungan, dan masuk ke dataran
rendah. Sehingga sehingga terjadi pengendapan material yang cepat, yang dikenal
sebagai kipas aluvial, berupa suatu onggokan material lepas, berbentuk seperti kipas,
biasanya terdapat pada suatu dataran di depan suatu gawir. Biasanya material kasar
diendapkan dekat kemiringan lereng, sementara yang halus terendapkan lebih jauh
pada pedataran, tetapi secara keseluruhan lingkungan ini mengendapkan sendimen -
sendimen yang berukuran besar seperti bongkahan batuan.

Gambar 1.1 Sumber : Wikipedia. Alluvial fan southern Iran.

2. Teras Sungai
Teras Sungai salah satu bentuk morfologi yang terbentuk pada sungai. Proses
yang terbentuk deposisi, prosesmigrasi saluran, proses erosi sungai meander dan

Gambar 1. Danau Tapal Kuda .3 Sumber : Google. Pembentukannya dari sedimentasi material yang terangkut oleh arus sungai kemudian terendapkan yang merupakan proses bentukan alami. Sungai Pemalis Brebes. 4.aliran overbank sangat berperan dalam pembentukan dan perkembangan teras sungai adalah perubahan base level of erosion dan perubahan iklim. River Terrace 3. sedangkan bentukan yang berupa pengaruh manusia merupakan artificial form. Gambar 1. Tanggul Sungai Tanggul sungai merupakan bentukan dari proses fluvial yaitu sebuah bentukan berupa gundukan yang terdapat di sepanjang tepian sungai. Tanggul sungai berfungsi untuk mencegah banjir ketika debit air berlebih.2 Sumber : Google.

Sumber : Wikipedia. Danau Tapal Kuda merupakan bentukan lahan terpotong akibat dari sungai meander/ kelokan sungai dan terpotong berbentuk huruf U. Bentuk lahan tersebut disebut Danau Oxbow dengan bentuk lengkungan yang khas. Gosong Sungai Loire France Tur 6. Bentuk dan ukuran sedimentasi bervariasi tergantung pada besarnya alur sungai serta berkembang pada bagian lengkung dalam (inner band) alur sungai. Point Bar . Kelerengan umumnya miring kea rah aliran menuju lengkung luar. bagian hulu gosong tumpul dan bagian hilir menyudut. Tekstur dari material point bar tergantung pada keadaan sedimen yang terangkut pada saat banjir terjadi. Gambar 1. Terbentuk pada tubuh sungai bagian hilir.4 Sumber : Alamy Stock Photo. Gosong Sungai Gosong Sungai terjadi pada sungai yang sedang mengalami meandering dan pada saat yang bersamaan pengendapan point bar merupakan proses sedimentasi yang terjadi di dalam alur sungai tersebut. Oxbow Lake Amazon 5.

Bilah titik ditemukan dalam kelimpahan dalam arus yang matang atau berkelok . Point Bar adalah pengendapan yang terbuat dari aluvium yang terakumulasi di belokan sungai dan sungai di bawah lereng slip-off . juga memiliki lereng yang sangat landai dan ketinggian yang sangat dekat dengan permukaan air. Dooly County. kerikil dan batu-batu kecil di lantai dasar sungai dan naikkan lantai miring dangkal dari bilah titik. Point Bar. Berbentuk bulan sabit dan terletak di bagian dalam tikungan sungai. kepala towhead . Bilah titik terbentuk sebagai aliran sekunder dari arus yang menyapu dan menggulung pasir.6 Sumber : Google. Namun. Karena rendah. sangat mirip dengan. Bilah titik adalah daerah pengendapan sedangkan bank yang dipotong merupakan area erosi . GA 7. Georgia. Bilah titik terdiri dari sedimen yang disortir dengan baik dan biasanya mencerminkan keseluruhan kapasitas arus. sering disusul oleh banjir dan dapat mengakumulasi kayu apung dan puing-puing lainnya pada saat air tinggi.kelok . atau pulau sungai. Delta . berkemah di bar titik bisa berbahaya karena banjir bandang yang menaikkan tingkat arus hanya beberapa sentimeter (sentimeter) bisa membanjiri perkemahan pada saat-saat tertentu. Karena topografi datar dekat dan fakta bahwa kecepatan air lambat di dangkal dari titik bar mereka berhenti berhenti populer untuk pelaut dan kasau. meski seringkali lebih kecil dari pada. Gambar 1.

Kedua.lapisan sedimen. Setelah sekian lama . Pertama. Sehingga mengalami pengendapan. Delta merupakan bentang lahan fluvial pada daerah base level. Pasir akan diendapkan sedangkan tanah liat dan lumpur akan tetap terangkut oleh aliran air.7 Sumber : Google. arus panjang di sepanjang pantai tidak terlalu kuat. akan terbentuk lapisan . Pada saat aliran di hilir yang mendekati laut akan mengalami perlambatan arus. Akhirnya lapian lapisan sedimen membentuk dataran yang luas pada bagian sungai yang mendekati muaranya dan membentuk delta. pantai harus dangkal. sedimen yang dibawa oleh sungai harus banyak ketika akan masuk laut atau danau. Pembetukan delta memenuhi beberapa syarat. Delta Sungai Kapuas . Gambar 1. Ketiga .