You are on page 1of 4

LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS

)

A. Materi : Efek Doppler
B. Waktu : 10 menit
C. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa memahami konsep efek Doppler.
2. Siswa mampu menghitung besar nilai frekuensi yang didengar berdasarkan kecepatan
pendengar dan sumber.
3. Siswa mengetahui aplikasi efek Doppler pada kehidupan sehari-hari.
D. Alat dan Bahan: Animasi Efek Doppler, laptop, dan infocus
E. Dasar Teori
Efek Doppler

Gambar 1. (a) Kedua pengamat yang berdiri di trotoar mendengar frekuensi yang sama dari truk pemadam
kebakaran yang berada dalam keadaan diam. (b) Efek Doppler: saat truk bergerak maju, pengamat yang berada di
depan akan mendengar bunyi dengan frekuensi yang lebih tinggi, dan pengamat di belakang truk akan mendengar
frekuensi yang lebih rendah.
Perhatikan sirene truk pemadam kebakaran dalam keadaan diam, yang memancarkan
bunyi dengan frekuensi tertentu ke semua arah sebagaimana ditunjukkan pada gambar 1a.
Kecepatan gelombang hanya bergantung pada medium di mana ia merambat, dan tidak
bergantung pada kecepatan sumber dan pengamat. Jika sumber kita, truk pemadam kebakaran,
bergerak, sirene memancarkan bunyi dengan frekuensi yang sama seperti pada waktu diam.
Tetapi gelombang-gelombang bunyi yang dipancarkannya ke luar lebih dekat satu sama lain
daripada normal, seperti pada gambar 1b. Hal ini karena mesin pemadam, sementara bergerak,

𝑓𝑠 (1) 𝑣±𝑣𝑠 2. 𝑓𝑠 (2) 𝑣 ′ ±𝑣𝑠 v’ = v + va (kecepatan bunyi searah dengan kecepatan angin) v’ = v . Peristiwa naik-turunnya frekuensi bunyi semacam ini disebut efek Doppler. Jika sumber bunyi relatif mendekati pendengar. Efek ini ditemukan oleh seorang ahli fisika Austria. Sebaliknya jika sumber bunyi relatif menjauhi pendengar maka frekuensi bunyi yang didengar lebih rendah.va (kecepatan bunyi berlawanan arah dengan kecepatan angin) keterngan : fp = frekuensi sumber bunyi yang didengar oleh pendengar (Hz) fs = frekuensi sumber bunyi sebenarnya (Hz) v = kecepatan gelombang bunyi di udara (m/s) vp = kecepatan gerak pendengar (m/s) vs = kecepatan gerak sumber bunyi (m/s) . Dengan demikian. Pengaruh angin yang diperhatikan 𝑣 ′ ±𝑣𝑝 𝑓𝑝 = . Pengaruh kecepatan angin diabaikan 𝑣±𝑣𝑝 𝑓𝑝 = . Efek Doppler adalah efek dimana seorang pengamat merasakan perubahan frekuensi dari suara yang didengarnya manakala ia bergerak relatif terhadap sumber suara. lebih jauh dari normal karena truk menjauh. pada tahun 1842. Untuk menghormati penemuan tersebut maka efek ini disebut Efek Doppler. Dengan demikian pengamat yang berdiri di trotoar akan mendeteksi lebih banyak puncak gelombang yang lewat per detik. Christian Doppler. muka gelombang yang dipancarkan di belakang truk. sehingga frekuensi bertambah besar. di pihak lain. Persamaan efek Doppler : 1.“menyusul” muka gelombang yang dipancarkan sebelumnya. lebih sedikit puncak gelombang per detik yang melewati pengamat di belakang truk dengan ketinggian nada lebih rendah. frekuensi bunyi yang didengar lebih tinggi daripada frekuensi sumber bunyi sebenarnya.

Tanda vp dan vs : Jika P adalah pendengar dan S adalah sumber bunyi. P dan S diam. Sebuah mobil ambulans bergerak dengan kecepatan a sambil membunyikan sirine yang berfrekuensi f. Sebuah mobil ambulans bergerak dengan kecepatan a sambil membunyikan sirine yang berfrekuensi f. 1. 2. Ia mendengar bunyi sirine dengan frekuensi f. maka hubungannya dapat ditulis dengan persamaan…. 4. Kerjakan soal-soal tes yang ada pada animasi Efek Doppler pada kertas portofolio. F.Sumber mendekati pengamat . Baca dan pelajarilah materi yang ada pada animasi Efek Doppler. 5. P bergerak menjauhi S. Kerjakan soal-soal tambahan berikut. maka vs diberi tanda (+) sehingga fp > fs. Lembar Kerja 1. Jawab: 2. Seorang pengendara motor menjauhi mobil ambulans dengan kecepatan b sambil mendengarkan sirine. . maka vp diberi tanda (+) sehingga fp > fs. Seorang pengendara motor mengejar mobil ambulans dengan kecepatan b sambil mendengarkan sirine. Ia mendengar bunyi sirine dengan frekuensi f. 3. maka hubungannya dapat ditulis dengan persamaan….Pengamat menjauhi sumber 2. 3. 1. S bergerak menjauhi P. P bergerak mendekati S.Sumber menjauhi pengamat . maka vp = vs = 0 sehingga fp = fs. maka vp diberi tanda (-) sehingga fp < fs. maka vs diberi tanda (-) sehingga fp < fs.Pengamat mendekati sumber . S bergerak mendekati P. .

Apakah yang akan terjadi jika sumber bunyi mendekati pendengar dengan kecepatan sebesar kecepatan bunyi di udara? Jawab: . Apakah yang akan terjadi apabila kecepatan pendengar sama dengan kecepatan bunyi di udara yang sedang menjauhi sumber? Jawab: 4. Apakah yang akan terjadi apabila laju sumber bunyi yang menjauhi pendengar sama dengan laju bunyi di udara? Jawab: 5. Jawab: 3.