You are on page 1of 4

PROPOSAL RISET

SEJARAH PERADABAN ISLAM MELAYU
(STUDI KASUS AWAL MULA MASUK NYA KEBUDAYAAN ISLAM DI LAMPUNG)

Khoirurroji’in

INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) AGUS SALIM METRO LAMPUNG
1. Pendahuluan
Menjelaskan tentang topik/masalah yang akan diteliti dan alasan mengapa masalah
tersebut signifikan untuk diteliti.
Provinsi Lampung merupakan daerah yang penduduknya sangat erat dengan adat
istiadatnya dan mayoritas penduduknya beragama Islam. Tahukah anda bagaimana masyarakat
Lampung sebelum mengenal Islam? Pada saat itu, masyarakat Lampung masih mengamalkan
aliran animisme yang salah satunya yaitu masih menyembah pohon belasa kepampang. Sungguh
amat menyedihkan masyarakat Lampung pada saat itu.
Dan beruntunglah, pada sekitar abad ke-15, agama Islam datang memasuki Lampung dari
tiga pintu. Namun pintu atau jalur yang paling berpengaruh ialah melalui jalur selatan atau
Banten yang dibawa oleh Fatahillah atau Sunan Gunung Jati.
Dari arah barat (Minangkabau) agama ini masuk melalui Belalau (Lampung Barat), dari
utara (Palembang) melalui Komering pada masa Adipati Arya Damar (1443), dan dari arah
selatan (Banten) oleh Fatahillah atau Sunan Gunung Jati, melalui Labuhan Maringgai di
Keratuan Pugung (1525). Dari ketiga pintu masuk agama Islam itu, yang paling berpengaruh
melalui jalur selatan atau Banten oleh Fatahillah atau Sunan Gunung Jati, melalui Labuhan
Maringgai di Keratuan Pugung pada tahun 1525. Dari berbagai jalur masuknya Islam ke
Lampung perlu adanya penelitian lebih komprehensif, dengan diajukannya proposal penelitian
ini, maka penulis akan membahas lebih lanjut mengenai masuknya peradaban Islam melayu di
Lampung.

agama Islam masuk ke Teluk Betung manakala terjadi perpindahan kedudukan Ibrahim gelar Pangeran Pemuka dari Bengkunat ke Kampung Negeri Olok Gading Teluk Betung. Dari berbagai penelitian diatas maka penulis akan merumuskan masalah yang akan diteliti. Maskun dan Wakidi. Berdirinya Keratuan Darah Putih oleh Zaka Waliyullah Ratu Darah Putih di Kuripan pada akhir abad XVI mengakibatkan Masyarakat Peminggir di daerah pesisir Lampung. ekonomi. Dalam penelitian diatas juga hanya membahas mengenai masuknya islam dengan periodisasi yang ditentukan (1552-1570). penelitian ini akan membahas lebih komprehensif. b. Jelaskan hipotesis apa yang akan dijawab dengan pertanyaan-pertanyaan ini. 3. hanya pada masuknya Islam di Teluk Betung. Islam di Lampung 1552-1570. Rasional Daftar pertanyaan spesifik (s) yang akan dicoba untuk dijawab dalam penelitian ini. Menjelaskan mengapa riset yang sudah ada belum cukup sehingga diperlukan riset ini. Oleh sebab itu. Pernikahan. diantaranya : a. Selain berdirinya Keratuan Darah Putih di Kuripan. Dari berbagai penelitian yang menjelaskan tentang masuknya Islam di Lampung penulis menemukan beberapa literatur mengenai sejarah masuk nya Islam di Lampung. Ranau. Kota Agung. Dalam penelitian ini penulis tidak membahas secara komprehensif mengenai bagaimana awal mula masuk nya Islam di Lampung. aklturasi faham keagamaan dan lain-lain. politik. Tinjauan Historis Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Teluk Betung. seperti masyarakat yang mendiami daerah Krui. diantaranya : . Dakwah. pertanyaan apa (s) yang tertinggal sehingga perlu dilakukan riset ini. Dengan kata lain. menghasilkan kesimpulan masuknya agama Islam di Teluk Betung dimulai sejak berdirinya Keratuan Darah Putih di Kuripan. mulainya dari sosial budaya. Review Literatur Penjelasan mengenai apa yang telah diketahui tentang topik riset ini. diantaranya : Perdagangan. 2. Za Zafran Febriadi. Mendiskusikan beberapa penelitian penting yang berkaitan dengan riset yang akan dilakukan. Nanik Junaidah. Berbagai cara ini masih sangat minim untuk mendiskripsikan dan mengeksplorasi masuknya Islam di Lampung. Rajabasa dan Teluk Betung mulai memeluk agama Islam. penelitian ini menghasilkan kesimpulan masuknya Islam ke Lampung melaui berbagai cara.

c. Bagaimana proses masuknya Islam di Lampung ? b. b. Memberikan dorongan kepada masyarakat untuk melestarikan penginggalan sejarah agama Islam di Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah atau disebut metode historis. dan ditafsirkan kembali sesuai dengan imajinasi peneliti dan tetap berdasrkan atas data yang ada. Kemudian penliti melakukan penyeleksian dengan membandingkan isi sumber yang satu dengan yang lain sehingga akan diperoleh sumber mana yang lebih mendekati objek kajian sejarah Islam di Lampung. Bagaimana pola pengembangan Islam di Lampung ? Jadi hipotesa yang dapat ditemukan sementara ini adalah masuknya Islam di Lampung dan pola pengembangan Islam di Lampung untuk memperkaya kepustakaan sejarah agama Islam di Lampung. Verifikasi atau Pengujian Sumber Dalam hal ini peneliti mengawalinya mdengan mencari sumber primer. diteliti. 4. Dasar utama metode penelitian sejarah adalah merangkai bukti-bukti sejarah dan menghubungkan satu sam lain. Setelah semua bukti. Dalam penulisan ini dilakukan . sehingga menjadi rujukan bagi generasi berikutnya dalam hal penelitian lebih lanjut. Interpretasi atau Penafsiran Data Interpretasi bertujuan untuk melakukan sistematis atas jumlah fakta yang diperoleh dari sumber-sumber sejarah dan bersama-sama dengan teori disusunlah fakta itu dalam interpretasi yang menyeluruh secara subjektif. potongan peristiwa dan fakta sejarah sangat penting untuk merumuskan fakta sejarah sehingga terbentuk gambaran yang utuh dan jelas. Metode sejarah yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : a. Heuristik atau Pengumpulan Data yang Menyeluruh Kegiatan heuristik dilakukan dengan memprioritaskan penggalian data tentang sejarah Islam di Lampung yang terdapat pada beberapa buku yang telah ada. Metode dan Desain Menjelaskan tentang metode dan desain pengumpulan serta analisis data. dilanjutkan dengan tahapan membaca data sejarah yang berupa sumber sekunder serta memahaminya. a. Memberikan dorongan kepada pemerintah Provinsi Lampung untuk melestarikan peninggalan sejarah agama Islam di Lampung.

masjid-masjid bersejarah. Bandung : Mandar Maju. Hal ini menunjukan bahwa seluruh kegiatan keagamaan sangat dipengaruhi dari beberapa daerah. berkaitan dengan masuknya Islam ke Lampung. Dari pembahasan diatas. bagian barat. Penelitian ini memberikan kontribusi bahwa masuknya Islam ke Lampung merupakan awal mula perkembangan perdaban Islam di Lampung. dan tempat-tempat bersejarah termasuk kitab dan syair serta kerajaan- kerajaan islam yang ada di Lampung. 1985 . DJ. Hubungan Lampung dengan Kesultanan Banten dan Palembang dalam Perfektif Sejarah 1500-1900. 1990 _________________. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Investarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional. Bandar Lampung : Depdikbud. Adat Istiadat Daerah Lampung. Islam masuk ke Lampung melalui budaya dan jalur perdagangan. Jakarta : PT Rosda Jayaputra. 1985 Fatimah Zahra Arsyad. Daftar Pustaka Penulisan mengikuti gaya penulisan referensi APA Endjat. 6. utara dan selatan. 5. analisis atas teori dorong tarik yang dipakai untuk menunjukan beberapa faktor yang mempengeruhi masuknya Islam di Lampung. 1993 Hilman Hadikusuma. Bukti- bukti adanya peradaban islam di lampung ditandai dengan adanya makam-maka bersejarah. komprehensif dan faktual. Hermansyah. Masyarakat dan Adat Budaya Lampung. 19977/1978 Husin Sayuti. Penelitian ini akan memberikan kontribusi pemikiran yang lebih mendalam. Sejarah Pugung Raharjo Lampung dan Keprubakalaannya. dapat kita ambil suatu kesimpulan bahwa agama Islam masuk ke Lampung melalui tiga penjuru yakni arah barat. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah. utara dan selatan. Signifikansi dan Kesimpulan Menjelaskan tentang bagaimana riset ini memberikan kontribusi pada teori dan praktis yang sudah ada selama ini. Geografi dan Sejarah Provinsi Lampung.