Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau.

Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya. Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higiene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, menyikat gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih. Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan memakai air dan sejenis sabun atau deterjen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk-pilek. Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara melap jendela dan perabot rumah tangga, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan (misalnya dengan abu gosok), membersihkan kamar mandi dan jamban, serta membuang sampah. Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah. Tingkat kebersihan berbeda-beda menurut tempat dan kegiatan yang dilakukan manusia. Kebersihan di rumah berbeda dengan kebersihan kamar bedah di rumah sakit, sedangkan kebersihan di pabrik makanan berbeda dengan kebersihan di pabrik semikonduktor yang bebas debu. Kondisi kebersihan air dan lingkungan di sebagian besar daerah di Indonesia masih sangat buruk. Situasi ini menyebabkan tingginya kerawanan anak terhadap penyakit yang ditularkan lewat air. Pada 2004, hanya 50 persen penduduk Indonesia yang mengambil air sejauh lebih dari 10 meter dari tempat pembuangan kotoran. Ukuran ini menjadi standar universal keamanan air. Di Jakarta, misalnya, 84 persen air dari sumur-sumur dangkal ternyata terkontaminasi oleh bakteri faecal coliform. Secara praktis masalah kebersihan menjadi tidak kondusif karena masyarakat memang selalu tidak sadar akah hal tersebut. Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dijaga dengan baik. Akibatnya masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus dan penyakit lain yang disebabkan air sering menyerang golongan keluarga ekonomi lemah. Upaya mengembangkan kesehatan anak secara umum pun menjadi terhambat. Fakta ini terjadi khususnya di daerah bekas bencana tsunami di Aceh dan Sumatra Utara. Disamping akses air bersih yang buruk, situasi kebersihan air dan lingkungan diperparah oleh kegagalan penyuluhan bagi masyarakat kelas bawah dan mereka yang tinggal di daerah kumuh untuk berperilaku bersih. Bahkan penyediaan air minum yang bersih pun belum secara serius dijadikan prioritas pembangunan di Indonesia terutama di tingkat propinsi.

jadi sering atau tidaknya kebersihan lingkungan rumah di jaga kan tergantung seberapa kotor rumah kita. alangkah indahnya kondisi lingkungan tempat kita melaksanakan aktivitas sehari-hari. tapi kesehatan kamu juga perlu dijaga. termasuk di antaranya. debu. antara lain Perda DKI. Jika pemerintah melaksanakan tugas dengan baik dalam menjaga kebersihan dan masyarakat ikut memelihara kebersihan lingkungannya. Nanti kalau kamu sakit gak bisa membersihkan virus komputer.? yang pasti sering tidaknya rumah di bersihkan kan itu merupakan aktivitas masing-masing perongan. Berbagai upaya pengembangan kesehatan anak secara umum pun menjadi terhambat. Jawa Tengah dan Sumatra Utara. Dengan menjaga kebersihan. kita harus memulai dari hal terkecil dan harus mulai dari lingkungan terdekat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.5 Tahun 1988. masalah kebersihan selalu menjadi polemik yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan setiap tahunnya selalu meningkat. hehe…gawat kalau kebiasaan ” Dapat menyebabkan ganggguan kemalasan dan kesehatan !!!”.Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran. Pemerintah sebagai aparat negara selama ini sudah berperan dalam menjaga kebersihan dengan diterbitkannya Perda-Perda kebersihan lingkungan. Oleh karenanya biasa orang sering melihat rumah orang lain yang jarang di bersihkan tapi kan bukan berarti rumah tersebut kotor. penyakit pernafasan dan penyakit lain yang disebabkan air dan udara sering menyerang golongan keluarga ekonomi lemah. Fakta ini terjadi khususnya di daerah bekas bencana alam di Aceh. agar tetap menjadi isatana. Oleh karena itu. Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik.. sampah. Masalah kebersihan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akah hal kebersihan. jadi semua itu tergantun apa yang kita lakukan di dalam rumah kita. Di samping akses air bersih yang kurang baik. Jangan hanya kesehatan komputer kamu atau blog kamu. jangan keenakan nge blog ntar lupa bersih-bersih entah rumah atau kamar. Pemerintah dan masyarakat diharapkan mampu untuk bekerja sama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. penyakit usus. penyakit kulit. Di Indonesia. dan bau. mencuci alat makan. Jadi mari kita selalu menjaga kebersihan Lingkungan rumah kita selalu.!! . Bayangkan jika tidak membersihkan rumah kita bisa-bisa virus ada dimana-mana tuh. Akibatnya masalah diare. kondisi kebersihan air dan lingkungan diperparah oleh kegagalan penyuluhan bagi masyarakat kelas bawah dan mereka yang tinggal di daerah kumuh untuk berperilaku bersih. membersihkan spam. pemerintah pun sudah melakukan berbagai upaya dalam menjaga kebersihan melalui Dinas Kebersihannya walaupun dapat dinilai belum maksimal. Selain itu. Tahukah kamu seberapa sering kita membersihkan lingkungan rumah. Jakarta No. lingkungan kita akan menjadi lebih sehat dan kita akan lebih nyaman untuk berkarya. dan membersihkan lingkungan tempat tinggal dari kotoran dan sampah. mencuci kaki.. wah bisa tambah gawat. Jadi hendaknya kita tidak lupa dengan isatana kita. Menjaga kebersihan dapat ditempuh dangan cara: mencuci tangan. Bahkan penyediaan air minum yang bersih pun belum secara serius dijadikan prioritas pembangunan di Indonesia terutama di daerah.

karena anakku akivitasnya macam-macam. diadakan piket setiap kelas dsb. Bagi anda yang lupa bersih-bersih. segeralah bersihkan rumah anda. hal-hal negatif yang diakibatkan oleh perilaku kita dapat dihindari. sorry yang namanya ijah. oleh karena itu kebersihan sangat berarti dan sangat bermanfaat bagi semua orang terutama kebersihan rohani dan jasmani. biasa anak kecil. Walau setiap hari kubersihkan. Kan kasihan ijahnya? “yang lamanya juga gak papa”dalam hati. Cara penanggulangan sampah harus benar karena akan menimbulkan dampak yang negatif. Keadaan ini akan menimbulkan kesan bagi seeorang yang berada di lingkungan tersebut. jika sekolah tersebut memiliki fasilitas yang nyaman dan bersih. soalnya bagian dari olah raga. Mengatasi kebersihan lingkungan sekolah sangatlah tidak sulit. Setidaknya anda sempatkan membersihkan lingkungan rumah seminggu sekali. Sekolah yang bersih akan menimbulkan kesan baik bagi orang lain yang melihatnya. Atau sebelum tidur. jika kita mau berusaha mengatasinya bersama-sama. Untuk mewujudkan sebuah sekolah impian tidak hanya membutuhkan dana dan pengetahuan rancang bangun serta murid yang pintar tapi yang tak kalah penting adalah kebersihan dan kreativitas murid untuk mewujudkan sebuah sekolah yang indah dengan menggalakan kebersihan di sekolah. Enak kok bersih-bersih itu. JAMBU AIR . ” Cara ini hanya berlaku rumah tidak berpembantu. salah satu persoalan yang sering menghambat kemajuan adalah kurangnya pendidikan. kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Karena “Kebersihan sebagian dari Iman”. tapi aja yang namanya kotoran selalu ada. Dengan perilaku demikian. mudah-mudahan akan tercipta sebuah sekolah yang indah dan bersih serta nyaman untuk belajar. Untuk menjadikan sekolah bersih perlu dilakukan beberapa kegiatan seperti : membuang sampah pada tempatnya. Jadi ku usahakan setiap minggu anakku ku ajak ikut bersih-bersih.!!!” klo ada pembantu ya gak apa-apa juga sih kita coba bersih-bersih rumah kita. Menurut agama.Jadi sebaiknya jika kita benar-benar memiliki banyak aktivitas dan gak sempat untuk membersihkan lingkungan rumah. Sebuah sekolah akan menjadi sumber pembelajaran bagi semua murid yang ada didalamnya. Kita sadar bahwa kita ingin memperoleh kemajuan dalam hidup. Biar gak kotor-kotor amat kan gak enak istana jadi gubuk. Semua guru dan murid hendaknya bersama-sama mengatasi lingkungan dan menjaga kebersihan dengan baik demi keselamatan dan juga kesehatan kita bersama. ya belajar bersihsejak dini kan lebih baik. Karena hanya dengan kebersihan akan tercipta suatu keindahan. Aku sekeluarga tadi pagi sekitar jam 8 pagi habis membersihkan setelah makan pagi tentunya. baik itu keindahan lahiriah maupun batiniah. begitupun sebuah sekolah ingin memperoleh kemajuan tapi tidak pernah mengutamakan kebersihan di lingkungannya.

1909 . 1929 SINONIM EUGENIA JAVANICA LAMK. ROBINSON.B. AQUEUM NAMA BINOMIAL SYZYGIUM AQUEUM (BURM. 1789 (PART) EUGENIA MINDANAENSIS C.) ALSTON.F..KLASIFIKASI ILMIAH KERAJAAN: PLANTAE DIVISI: MAGNOLIOPHYTA KELAS: MAGNOLIOPSIDA ORDO: MYRTALES FAMILI: MYRTACEAE GENUS: SYZYGIUM SPESIES: S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful