You are on page 1of 9

DISUSUN OLEH

:
NAMA : MADE RAI ADHYAKSA
KELAS : XI TKR 1
NO ABS : 13

.  Tanggal 20 Maret 1602 membentuk VOC (Vereenigde Oost Indische). dipimpin oleh Alfonso d’Albuquerque 2. Pada tanggal 12 Maret 1619. MEMAHAMI PROSES KEBANGKITAN NASIONAL A. Menyebarkan agama Kristen Pieterzoon Coen diangkat menggantikan Pieter Both tahun 1617. Tanggal 30 Mei 1619 :  VOC di Ambon. Maluku dipindahkan ke Batavia  Jayakarta diubah menjadi Batavia. PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERALISME BARAT SERTA PENGARUH YANG DITIMBULKAN DI BERBAGAI DAERAH A.  Gubernur VOC I adalah Pieter Both. Inggris  Tahun 1600 mendirikan EIC ( East Indian Company ) yaitu Kongsi/ perkumpulan dagang di India timur. Spanyol  Tahun 1521 mendarat di Maluku. Mencari daerah jajahan 3.  Tahun 1526 terjadi perjanjian Saragosa antara Portugis dan Spanyol yaitu “ wilayah perdagangan Portugis di Maluku sedang Spanyol di Filipina” 3.  Di Indonesia EIC terdesak oleh Belanda (VOC) 4. VOC mendirikan benteng yang diberi nama Batavia. Portugis  Pada tahun 1511 merebut Malaka. Mencari kekayaan/rempah-rempah 2. sehingga hari itu dianggap sebagai hari pendirian Batavia. Kedatangan Bangsa-bangsa Eropa 1. Aturan/ kebijakan VOC :  Monopoli dagang  Menyaingi EIC  Menguasai pelabuhan-pelabuhan penting dan kerajaan  Pajak dibayar dengan hasil bumi (Contingenten stelsel)  Aturan penjualan paksa hasil bumi (verpliche leverantie)  Pelayaran hongi : wajib mendayung perahu patroli VOC di Maluku  Ekstripasi : penebangan rempah-rempah milik rakyat  wajib menanam kopi di Priangan Jawa Barat (Preanger stelsel)  Penyerahan upeti hasil bumi Tujuan pelayaran Bangsa-bangsa Barat : 1. Belanda  Tahun 1596 mendarat di Banten dipimpin Cornelius De Houtman.

c. masyarakat pedesaan belum terbiasa dengan sistem uang. pemeliharaan benteng) 4) Pembelian banyak hadiah/ upeti kepada penguasa kerajaan yang membantu VOC 2. kekuasaan VOC diambil pemerintah Belanda. akibat dari . Kebijakan Kolonialisme dan Imperialisme 1. Gubernur Jendral Daendels (1808 – 1811) Tugas Daendels : 2. sulit menentukan luas sempit dan tingkat kesuburan tanah. Rempah-rempah Maluku mendapat saingan di pasar internasional Tanggal 31 Desember 1799 VOC dibubarkan. Sebab-sebab VOC mengalami kebangkrutan : 1. 1) Korupsi merajalela oleh pegawai 2) perang yang terus menerus 3) Pembiayaan rutin yang sangat tinggi(gaji pegawai. . Mempertahankan jawa dari serangan Inggris 3. B. Adanya saingan berat dari EIC 3. sulit menentukan besar kecilnya pajak untuk pemilik tanah yang luasnya berbeda b. Wilayah Indonesia terlalu luas untuk dikuasai pegawai yang jumlahnya sedikit 4. Mengatur pemerintahan di Indonesia KEBIJAKAN DAENDELS 1) Menjalankan kerja rodi membangun jalan raya Anyer – Panarukan 1000km 2) Mendirikan pabrik senjata di Semarang dan Surabaya 3) Membangun angkatan laut di Merak dan Ujung Kulon 4) Menarik pajak yang memberatkan 5) membagi Jawa menjadi 9 perfectur /karisidenan 6) Menjual tanah kepada swasta 7) Pemerintahan diktator Daendels diganti Janssen. untuk mempermudah pengawasan Penyebab kegagalan sistem Landrent di Indonesia a. Perdagangan gelap oleh pedagang Indonesia 5. 2. akhirnya melalui Kapitulasi Tuntang menjadi jajahan Inggris. dan d. terbatasnya jumlah pegawai. Raffles Tahun 1811 – 1816 Jawa/ Indonesia bagian jajahan Inggris di India dengan mengangkat Raffles sebagai Gubernur Jendral ( 19 Oktober 1811) Kebijakan Raffles : 1) Menghapus aturan penyerahan wajib dan kerja rodi 2) Memperkenalkan sistem pajak tanah atau “landrente” 3) Penjualan tanah partikelir 4) Membagi Jawa 16 karisidenan . Merosotnya keuangan.

2) Tanah yang ditanami tanaman wajib tetap ditarik pajak. karena hasil yang disetor sebagai pajak. dengan sistem tanam paksa (Culture Stelsel) Pokok-Pokok Sistem Tanam Paksa 1) Rakyat wajib menyiapkan 1/5 dari lahan garapan untuk ditanami tanaman wajib. c. menjadi tanggung jawab pemerintah. 3) Setiap kelebihan hasil panen dari jumlah pajak akan dikembalikan. 5) Rakyat yang tidak memiliki tanah wajib bekerja selama 66 hari dalam setahun di perkebunan atau pabrik milik pemerintah. yang laku di pasaran internasional 3) rakyat mengenal cara menanam yang baik. 4) Kelebihan hasil tanam dari jumlah pajak ternyata tidak dikembalikan. 5) Jika terjadi gagal panen ternyata ditanggung petani. menulis buku yang berjudul History of Java. merintis adanya Kebun Raya Bogor. . 6) Jika terjadi kerusakan atau gagal panen. Peran Thomas Stamford Raffles bagi Indonesia yaitu: a. Berikut ini penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam sistem tanam paksa : 1) Tanah yang harus diserahkan rakyat cenderung melebihi dari ketentuan 1/5. 4) Tenaga dan waktu yang diperlukan untuk menggarap tanaman wajib. tidak boleh melebihi waktu yang diperlukan untuk menanam padi. 3) Rakyat yang tidak punya tanah garapan ternyata bekerja di pabrik atau perkebunan lebih dari 66 hari atau 1/5 tahun. yaitu: 1) terbukanya lapangan pekerjaan. membentuk susunan baru dalam pengadilan yang didasarkan pengadilan Inggris b. namun terjadi kesulitan keuangan. Konvensi London (Convention of London 1814). 2) Lahan tanaman wajib bebas pajak. 2) rakyat mulai mengenal tanaman-tanaman baru. Tahun 1818 Van Der capellen diangkat sebagai Gubernur Jendral. dan d. menemukan bunga Rafflesia-arnoldii. 7) Pelaksanaan tanam paksa diserahkan sepenuhnya kepada para penguasa pribumi (kepala desa). Konvensi/ kesepakatan antara Belanda dan Inggris yang berisi: 1) Belanda memperoleh kembali daerah jajahannya yang direbut Inggris 2) Indonesia diserahkan kembali kepada Belanda. Pengaruh positif sistem tanam paksa bagi rakyat Indonesia. Tahun 1830 – 1833 diganti Van Den Bosh.

Di samping Douwes Dekker. Pada tahun 1860. Politik etis yang diusulkan van Deventer ada tiga hal. Dikeluarkannya UU Agraria ini mempunyai tujuan yaitu: 1) memberi kesempatan dan jaminan kepada swasta asing (Eropa) untuk membuka usaha dalam bidang perkebunan di Indonesia 2) melindungi hak atas tanah penduduk agar tidak hilang (dijual). Buku ini berisi tentang keadaan pemerintahan kolonial yang bersifat menindas dan korup di Jawa. Menghadapi berbagai reaksi yang ada. Sistem tanam paksa secara resmi dihapuskan pada tahun 1870 berdasarkan UU Landreform (UU Agraria). pemerintah Belanda mulai menghapus sistem tanam paksa. Isi Trilogi van Deventer : 1) Irigasi (pengairan). Edward Douwes Dekker yang dikenal dengan nama samaran Multatuli menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Max Havelar”. 2) Edukasi (pendidikan). yaitu diusahakan pembangunan irigasi untuk mengairi sawah-sawah milik penduduk untuk membantu peningkatan kesejahteraan penduduk. 3) Migrasi (perpindahan penduduk). namun secara bertahap. juga ada tokoh lain yang menentang tanam paksa yaitu Baron van Hoevel. dan Fransen van de Putte yang menerbitkan artikel “Suiker Contracten” (perjanjian gula). UU Agraria tahun 1870 mendorong pelaksanaan politik pintu terbuka yaitu membuka Jawa bagi perusahaan swasta. Pokok-pokok UU Agraria tahun 1870 berisi: 1) pribumi diberi hak memiliki tanah dan menyewakannya kepada pengusaha swasta. yaitu penyelenggaraan pendidikan bagi masyarakat pribumi agar mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik. . yaitu perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya (khususnya Pulau Jawa) ke daerah lain yang jarang penduduknya agar lebih merata. Politik ini dikenal dengan politik etis atau politik balas budi karena Belanda dianggap mempunyai hutang budi kepada rakyat Indonesia yang dianggap telah membantu meningkatkan kemakmuran negeri Belanda. sehingga sering disebut Trilogi Van Deventer. 2) pengusaha dapat menyewa tanah dari gubernemen dalam jangka waktu 75 tahun. Politik Etis Van Deventer mengajukan politik yang diperjuangkan untuk kesejahteraan rakyat.

Artinya ilmu pengetahuan modern dipadu dengan ajaran islam.  Peranan golongan terpelajar. Kesadaran nasional pertama kali setelah munculnya Budi Utomo dan penderitaan rakyat Indonesia yang dijajah oleh penjajah. dan Zending. IDENTITAS INDONESIA DAN PERKEMBANGAN PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA Terbentuknya Kesadaran Nasional  Nasionalisme atau kesadaran nasional didefinisikan sebagai kesadaran keanggotaan suatu bangsa yang secara bersama-sama mencapai. Missi. Sejak abad ke-19 pemerintah Belanda secara lambat laun membuat sekolah-sekolah. mempertahankan. Salah satu penyebab tumbuhnya penyebab Nasionalisme adalah kesadaran akan kesamaan politik yang disebabkan oleh penjajahan oleh bangsa lain atau oleh penguasa yang otoriter. Pengaruh perluasan kekuasaan kolonial Barat. Peranan kaum terpelajar dan kaum professional. Para kaum pelajar yang terpelajar membentuk berbagai organisasi yaitu: . Lembaga-lembaga itulah yang kemudian menghasilkan tokoh2 nasional yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Akibatnya seluruh politik dan ekonomi Indonesia dirampas oleh kolonial Barat.  Pengaruh perluasan kekuasaan kolonial. Penjajahan dan penindasan inilah yang menyebabkan kesadaran Bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajah dengan cara berjuang. Pengaruh pendidikan Islam. B. Sekolah-sekolah yang didirikan organisasi Islam seperti Muhamadiyyah bersifat Modern karena proses pembaharuan namun masih bersifat islami. Pada mulanya kolonial Barat hanya ingin mendominasi perekonomian lama kelamaan kolonial Barat menguasai politik dan ekonomi. dan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia: 1. Selain lembaga pendidikan kolonial ada juga lembaga pendidikan swasta yaitu Taman Siswa. 2. Profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran Nasional Indonesia. pendidikan itu ternyata begitu menarik bagi pemuda Indonesia. 3. MENGURAIKAN PROSES TERBENTUKNYA KESEADARAN NASIONAL. 1. Muhamadiyyah. pengaruh perkembangan pendidikan Barat. mengisi kekuatan bangsa itu. perkembangan pendidikan Barat.

Soetomo.menjadi sarana propaganda yang efektif. kaum terpelajar dan professional dalah kelompok masyarakat Indonesia ayang pertama kali memahami dan menyadari nasib buruk bangsanya. Dalam kongresnya. Berdiri pada 9 Maret 1915. sampai dengan terbentuknya nasionalisme Indonesia 1. Semboyannya “Indonesia Lepas Dari Belanda”.  Partai Nasional Indonesia. Berjuang utntuk kemerdekaan Indonesia. Organisasi pergerakan yang bersifat etnik. Partai ini juga memperjuangkan Indonesia tetapi bersifat komunis atau tidak mengakui adanya Tuhan. 2.  Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik. Tujuannya membangun rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia.dan pendidikan. Hal ini dipengaruhi oleh berkembangnya alat komunikasi yang semakin canggih. Peranan Pers. pers juga berperan penting sebagai pihak yang membawa ide-ide kemerdekaan. Pada umumnya organizazi ini didirikan di daerah2 masing-masing oleh para pemuda. Hatta. . Surat kabar dari Indonesia berisi tentang ajakn bangsa Indonesia untuk memerdekakan Indonesia. Keterkaitannya adalah: Satu.  Jong Java. kedaerahan. kedaerahan.mendorong terjadinya perubahan dalam masarakat. Kedua.  Jong Sumatranen Bond.  Perhimpunan Indonesia. PNI sepakat untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.  Boedi Oetomo.Dr. Cipto Mangunkusumo. perhatian masyarakat meluas melampoi batas. keagamaan. Didirikan pada tanggal 25 Desember 1912 di Bandung oleh Tiga Serangkai yaitu: Douwes Dekker. Didirikan tahun 1908 yang dipelopori oleh Dr. Salah satu tokohnya adalah Abdul Rivai  Pers dan peranan kaum terpelajar. Organisasi yang dipelopori oleh pemuda Sumatra pada 9 Desember 1917. Berdiri tahun 1918 yang merupakan reinkarnasi dari Tri Koro Dharmo. Ketua Moh. Organisazi ini banyak bergerak dibidang social. Contohnya:  Tri Koro Dharmo.  Indishe Partij. Tri Koro Dharmo artinya tiga tujuan mulia.  Partai Komunis Indonesia. Organisasi ini adalah sebuah organisasi pelajar2 Hindia yang didirikan di Belanda.Ki Hajar Dewantara. pers sangat penting karena dapat mempengaruhi pendapat atau opini Publik. Dalam sejarah dunia.  Pers dan pergerakan nasional. ekonomi.

Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI) mengadakan kongres perempuan pada 22 Desember 1928. Tujuan didirikan organisasi ini melindungi dan menjamin kepentingan pedagang muslim terhadap persaingan Negara CIna. perkembangan pendidikan Barat. Pada tahun 1925 Perhimpunan Indonesia mengeluarkan suatu pernyataan politik yang kemudian dikenal dengan Manifesto Politik (Manipol). Organisasi ini merupakan reinkarnasi dari Serikat Dagang Islam yangh didirikan oleh HOS. 1. Mendiskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik.Memiliki cirri keislaman dan ekonomis.  Muhamadiyyah. social. Didirikan pada tahun 1926 oleh KH. Adalah organisasi pemuda pelajar yang berasal dari Sulawesi. Dipelopori oleh KH. Kongres ini WR. Kongres Perempuan.  Peran manifesto politik 1925. Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar . kongres perempuan pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia. keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia . Supratman dengan gesekan biolanya memeperdengarkan lagu Indonesia Raya 3. Pada tahun 1918 pemuda Sulawesi Utara juga mendirikan organisasi ini. dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia a. Pada kongres pemuda 1928 para pemuda mengeluarkan sebuah Sumpah yaitu Sumpah Pemuda.  Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial .dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia b. Organisasi pergerakan yang bersifat Keagamaan.profesional .  Serikat Islam. ekonomi.  Nahdatul Ulama(NU). 2. Isinya: PI tetap menggunakan nama Indonesia sekaligus memakai nama Belanda yaitu Indonesische Vereeniging sebagai nama perkumpulannya. Manifesto Pilitik 1925. kongres pemuda 1928.  Jong Minahasa. Ahmad Dahlan pada tahun 1912.  Jong Celebez. organisasi ini banyak bergerak dibidang pendidikan. Tujuan memperyahankan kepentingan kaum muslim tradisional. 2. kongres ini menje3laskan bahwa kaum perempuan Indonesia harus berjuang untuk kepentingan seluruh perempuan Indonesia. Hasjim Asj’ari. Kongres Pemuda 1928. Didirikan oleh Haji Samanhudi tahun1911 di Solo. kedaerahan. Cokroaminoto tahun 1911. Inilah yang menjadi hari Ibu yaitu tanggal 22 Desember.  Serekat Dagang Islam(SDI).