You are on page 1of 7

r.ARDHI.

n
Saturday, 18 January 2014

Alterasi dan Mineralisasi pada Low Sulfidation System
PENDAHULUAN
Pengetahuan mengenai alterasi dan mineralisasi dalam dunia eksplorasi khususnya
eksplorasi bahan galian emas sangat mutlak diperlukan, supaya dapat membedakan
ciri-ciri secara fisik dari tipe-tipe batuan hasil proses alterasi dan mineralisasi yang
notabene setiap daerah berbeda bentuk dan proses pembentukannya. Tetapi jika kita
sudah menguasai dasar materinya paling tidak ada sedikit gambaran dan tidak terlalu
“hideung ngabelegbeg” alias blank alias “lieur” tidak “puguh” apa yang harus dikerjakan.
Pada intinya setelah kita menguasai dasar alterasi dan mineralisasi, akan kita apakan
zonasi tersebut, apakah mau “dipelong” saja atau membuat kesepakatan dengan teman
dengan membuat perjanjian “ Bro... kita tidak pernah melihatnya kan??” atau “samain
aja lah...!!!” (biasanya hal ini sering dilakukan jika mendapat sesuatu yang tidak
diketahui atau tidak bisa terpecahkan...hayoo ngaku....heheh..)
Terpikirkan untuk sedikit berbagi pengalaman (secara garis besar nya saja tapi yaa...)
yang saya dapat dari para suhu yang sudah fasih di dunia eksplorasi emas kepada
kawan-kawan yang mungkin membutuhkan. Tulisan ini saya susun dengan bahasa
santai tetapi tidak mengurangi kualitas dari isi yang akan saya sampaikan.
Oh iya sebelum berlanjut saya mau berpesan...jangan berfikir susah terlebih dahulu
yaa...kalo kata bahasa sunda nya “ think simple” baca sampai selesai biar ga
ngambang, ga ada yang susah jika kita punya kemauan, kalo ditanya apa yang
susah?? baru jawabannya “menciptakan emas”, Nah itu baru susah hehhe..... jadi
woles aja kalo kata bahasa anak mudanya.
Satu lagi sebelum beranjak ke permasalahan alterasi-mineralisasi diharapkan anda
telah menguasai petrologi batuan beku karna proses pembentukan alterasi-mineralisasi
berhubungan erat sekali dengan proses intrusi. (nah loo...ayooo dibuka kembali buku
semester 2 nya..hehhe....).
Kalau anda sudah siap, “ let us Begin...!”.

ALTERASI DAN MINERALISASI
Alterasi atau ubahan adalah suatu proses yang menyebabkan adanya pelepasan
dan pengikatan salah satu atau beberapa unsur kimia dari mineral pembentuk
batuan yang disebabkan oleh adanya interaksi antara fluida panas magma, air
magmatik ataupun air meteorik dengan batuan yang diterobosnya pada tekanan dan
temperature tertentu, baik itu lewat patahan, pori-pori batuan, ketidak selarasan dan lain
sebagainya. Dimana salah satu atau beberapa mineral akan berubah menjadi mineral
lainya dengan rumus molekul yang lebih stabil pada tekanan dan temperature tersebut.

clay dan pyrite... cockade.. Jadi secara simple nya kalau sudah ada proses mineralisasi sudah pasti teralterasi.Mineralisasi adalah proses terkonsentrasinya mineral yang dapat terbentuk akibat adanya proses alterasi. Mineral ini berasal dari fluida magma itu sendiri yang memang membawa mineral-mineral berharga pada saat menerobos menuju ke permukaan. dengan penciri hadirnya mineral chlorite. stringer.. kemudian fluida tersebut tereduksi menjadi fluida berpH mendekati Netral. cavity filling. carbonate. kalo belum silahkan pengertian diatas dibaca berulang-ulang sampai maksudnya kalian fahami ). Mengacu kepada model yang dibuat oleh om saya yaitu Buchanan 1981 (ngimpii. adularia. rhodochrosite.. kalo kamu sudah dapat kesimpulan atau sudah faham dengan alterasi dan mineralisasi.2.!!!). tetapi kalau ada proses alterasi belum tentu menyebabkan mineralisasi.  Semakin kedalam ditempati oleh alterasi Argilic dengan penciri hadirnya illite. stockwork) dan lain sebagainya.. Low Sulfidation Low Sulfidation (LS) atau lebih dikenal dengan sebutan vein system. Terjadi karena adanya reaksi keseimbangan antara fluida yang naik ke permukaan dengan batuan samping. comb structure dan lain- lain.) dengan batuan samping yang diterobosnya. veinlets. Dan salah satu penciri paling dominan adalah adanya silica sinter dibagian permukaan yang merupakan Petunjuk paleo- surface dan paleo-watertable. Biasanya sistem ini penyebarannya dikontrol oleh struktur yang berkembang di daerah tersebut.hehhee.. K mica (Illite atau sericite). Pengayaan juga dapat terjadi karena adanya interaksi antara air meteorik yang merembes ke bawah permukaan dengan fluida panas magma yang membawa mineral berharga. .. Penciri sistem LS ini secara umum sering dijumpai adanya vein yang bisa berupa teksturcolloform – crustiform banded. Sistem Epithermal Di bagian epithermal dibagi kedalam dua sistem alterasi-mineralisasi yaitu Low Sulfidationdan High Sulfidation. fahami per kata. sericite (warna hijau muda).. ( Nah gimana teman sudah sedikit ada gambaran???. berinteraksi (kalo bahasa alay nya “hati kita berdua telah menyatu” hahha. atau bisa juga berupa stockwork. Alterasi yang berkembang pada sistem LS bisa dilihat dari gambar 2. yang kemudian dapat menyebabkan mineralisasi tersebar merata (disseminations) atau dapat pula terkonsentrasi mengisi patahan dan retakan-retakan yang biasanya hadir sebagai urat (vein. chlorite dan pyrite. (warna kuning). dapat dijelaskan sebagai berikut:  bagian terluar dari sistem di tempati oleh alterasi propylitic. Pada gambar 1.!!. Secara umum ore yang ditemukan pada sistem LS berasosiasi dengan kuarsa dan/atau kalsedonik. yuukkk kita lanjuuutt. calcite..

Argilic dan Silicification/Silicic/Vein. terbentuk alterasi advance argilic dengan ciri hadirnya mineral alunite dan kaolinite. yang tujuannya hanya untuk membedakan antar zonasi. orange untuk advance argilic dan merah untuksilicification/silicic.  Sedangkan sebagai penutup sistem LS di bagian atas terdapat sinter (warna orange). dan pyrite (warna biru). Menunjukan pembagian zona alterasi dan penyebaran mineralisasi terhadap kedalaman di bawah permukaan bumi. Tetapi itu semua tidak terlalu penting untuk diperdebatkan. Warna disini hanya sebagai ilustrasi dan bukan sebagai warna alterasi. .  Kemudian di bagian inti terdapat zona alterasi silicification atau silicic dengan penciri biasanya berupa vein kuarsa termasuk didalamnya adularia dan albite(warna merah). kuning untuk argilic. biasanya pewarnaan ditentukan sesuai kesepakatan bersama. Gambar 1. Tetapi alterasi yang umum ditemukan pada LS hanya dibagi kedalam tiga zona yaitupropylitic. jarosite.  Dibawah zona sinter. Dibawah ini saya akan sertakan foto-foto contoh batuan yang telah teralterasi dan termineralisasi pada sistem low sulfidation. Di beberapa lokasi hadir native sulphur. Warna yang biasa digunakan untuk alterasi yaitu hijau untukpropylitic.

.

Berikut saya akan share foto-foto yang mengindikasikan berada pada zona base metal. Gambar 2. sphalerite atau galena (yang paling mudah dikenali oleh kasat mata) dengan tingkat kehadiran lebih dominan dibandingkan dengan mineral yang lain. tipis kemungkinan akan ditemukan Au yang Ekonomis untuk dilakukan penambangan. Dapat dikatakan pula bahwa daerah tersebut sudah mengalami erosi yang cukup kuat. Pada sistem low sulfidation juga terdapat zona base metal yang mencirikan bahwa jika ketika kita melakukan eksplorasi kemudian menemukan mineral base metal seperti zn. structure. .Bentuk texture. maka dapat diperkirakan daerah tersebut sudah berada di zona paling bawah jika dilihat dari model buchanan. tembaga. alterasi dan mineralisasi pada low sulfidation system.

. ( naahh gimana makin penasaran kan??.... selamat mencari model dari peneliti yang lain yaa. akan banyak variasi tentunya.. Masih banyak model alterasi pada sistem LS yang lain yang mungkin lebih sesuai dengan daerah yang anda eksplorasi... dan tidak selamanya model ini dapat kita jadikan acuan... Tetapi di lapangan memang tidak semudah seperti yang ada pada model. Untuk High Sulfidation menyusul di postingan berikutnya yaa..kalo sudah menemukan jangan lupa di share dengan penulis yaa.).. karna penulis juga masih sangat-sangat haus ilmu nih .!!! Posted by ardhi at 22:01 .heehe...

About Me ardhi i'am a simple. but plain by others. i mean wife an son and my parents of course. his name is Cakum Sugiyono.. Powered by Blogger. a man who love a little family. View my complete profile Travel theme.Email ThisBlogThis!Share to TwitterShare to FacebookShare to Pinterest No comments: Post a Comment Newer PostHome Subscribe to: Post Comments (Atom) Blog Archive  ▼ 2014 (2) o ► February (1) o ▼ January (1)  Alterasi dan Mineralisasi pada Low Sulfidation Sys.. . Interseted in the extraordinary things. Proud to be the son of my father.