You are on page 1of 5

LAPORAN HASIL SAMPING BUAH

“STIK BIJI NANGKA”

7C Kelompok 9:
1. Aretha Nadira C. / 11
2. Audrey Safira K. / 14
3. Jasmin Lailafitri A. / 21
4. Martin Andini / 24

LATAR BELAKANG a. kita pun memiliki ide dengan membuat hasil sampingan dari buah nangka yaitu dengan memanfaatkan bijinya dan kita akhirnya membuat stik biji nangka yang gurih dan enak. Biji nangka juga dapat dimanfaatkan upaya pengeluaran racun atau detoks dari tubuh. Rutin makan biji nangka juga menjaga kulit tetap lembab alami.I. Kandungan gizi: Biji nangka: 1. Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji nangka bisa melawan penuaan di wajah. Menjaga kesehatan jantung. 3. . Diketahui tinggi protein dan mikronutrien lainnya. Melawan keriput. Ide / gagasan: Kami memilih “stik biji nangka” karena selain buah nangkanya ternyata biji/beton (sebutan orang jawa) juga bisa diolah kemudian dimakan. Mencegah konstipasi. biji nangka pun baik digunakan sebagai bahan terapi penyakit kulit dan mengatasi stres. Mentega: 1. 2. b. Mengatasi stres dan penyakit kulit. Dan karena kita saat makan bersama kita melihat biji nangka yag jatuh akhirnya kita pun terinspirasi dan juga suka stik.

Manfaat mentega berikutnya yaitu dapat menyehatkan mata karena kaya akan vitamin A. Membantu pertumbuhan. yaitu zat mineral yang baik untuk perkembangan otak. vitamin E. Membantu perkembangan otak. Kuning Telur: 1. . Di samping itu. Mentega mengandung vitamin A. 2. 2. selenium yang berperan sebagai antioksidan sehingga membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker juga mengganggu kesehatan jantung dan pembuluh darah. mengkonsumsi mentega juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tiroid dan mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon. Kuning telur sangat baik untuk anak- anak karena membantu mendukung tumbuh kembang dan kesehatan mereka. Kuning telur mengandung chlorine. Menyehatkan mata.

Tepung terigu (500 gram) 3. 5. 6. 2. kuning telur. Kuning telur (1 butir) 7. Campurkan biji nangka halus. Alat 1. . Haluskan bawang putih dan biji nangka dengan diulek sampai betul betul halus. Rebus biji nangka selama 30 menit (hingga empuk). Bawang putih (50 gram) 4. Pisau 4. Biji nangka halus (500 gram) 2. Pilih biji nangka yang bagus kemudian cuci sampai bersih. dan garam lalu aduk sampai rata dan kalis. Siapkan alat yang diperlukan dalam keadaan bersih dan siapkan bahan bahan sesuai kebutuhan.II. Mentega (200 grram) 5. RESEP a. Saringan peniris minyak 7. Bahan 1. Timbangan 3. 4. Baskom plastik 5. terigu. Cara Membuat 1. 3. bawang putih halus. Minyak goreng (2 liter) 6. Cobek c. Garam (secukupnya) b. Panci 2. Talenan 6. mentega. Kupas kulit biji nangka sampai bersih.

mengupas 4. saringan. minyak. biji nangka. cobek  Bagian mengupas. Bentuk lembaran lembaran memanjang dan potong menggunakan pisau. III. Jasmin  Membawa garam. Dira  Membawa tepung terigu. Audrey  Membawa bawang putih. pisau+talenan. biji nangka  Bagian mengupas. menggoreng 2. 7. Martin  Membawa biji nangka  Bagian mengulek. menggoreng . PEMBAGIAN KERJA DAN PELAKSANAAN 1. 8. baskom. mengulek 3. mentega  Membawa timbangan  Bagian mengupas. kuning telur  Membawa panci. Cetak/iris lembaran tadi seperti mie atau sesuai kebutuhan.