You are on page 1of 6

1. Sebuah industry farmasi akan menguji kadar tablet prednisone.

Koefisien partisi
yang dimiliki tablet prednisone tersebut adalah 70. Pengujian kadar tablet akan
menggunakan KCKT dan ODS yang menggunakan elusi methanol: air (1)20:80
(2)80:20 (3)50:50. Bagaimanakah urutannya??

2. Industri farmasi akan membuat sediaan tablet asetosal. Tablet asetosal tersebut
memiliki kompresibuilitas yang rendah. Untuk menaikkan kompresibilitas tablet
asetosal dapat menggunakan bahan??

3. Sebuah granul dengan bobot 50 mg dimasukkan dalam sebuah gelas ukur 100 ml,
dihasilkan volume granul 99,89 ml. Kemudian granul dalam gelas ukur diketuk
dengan kecepatan 100 kali per menit selama 15 menit. Diperoleh volume granul
98,75 ml. Berapakah bobot jenis mampat granul tersebut?

4. Sebuah industri farmasi melakukan sampling bahan baku metformin HCL yang
dikemas dalam sebuah wadah drum kapasitas 500kg sebanyak 7 drum. Berapakah
jumlah sampel yang akan dilakukan pegujian?

5. Sebuah perusahaan X ingin memproduksi produk baru dari produk yang sudah habis
masa patennya yang terlebih dahulu melakukan uji disolusi terbanding terhadap
produk kompetitor. Untuk mengetahui bahwa produk memiliki kualitas yang mirip
atau hampir sama dengan produk kompetitor dalam uji disolusi terbanding adalah....
6. Suatu industri memiliki sediaan diazepam 2%, dilarutkan kemudian diambil 5 ml lalu
dilarutkan ditambah pelarut sampai 100 ml, diambil lagi 1 ml lalu dilarutkan sampai
100 ml.Berapakah konsetrasi Diazepam sekarang ….
a. 0,1 b/v
b. 0,2 b/v
c. 0,3 b/v
d. 0,4 b/v
e. 0,5 b/v
7. industri farmasi melakukan uji sanitasi pada kemasan primer suatu produk suspensi,
ini dilakukan untuk kontorl kualitas. Uji ini dilakukan dengan metode apa ?
a. Slit to agar
b. Settling plate
c. Surface rinse
d. Rodac
e. Swab ....

8. Paracetamol
Amylum maydis
PVP
Laktosa

orde dua e. .. Berdasar grafik tersebut termasuk obat ibuprofen mengikuti orde ? a. Pelincir 6..... Pengempaan .. Pengisi 4.. e. Pencampuran c.. Pengeringan d. Pengujian untuk antibiotik sebelum dipasarkan berapa kali? 11. Pelicin 5... dari grafik ibuprofen tersebut termasuk orde? a.... orde satu d. Stearat Talk Amylum maydis berfungsi sebagai. Validasi prospektif membutuhkan berapa batch? 9... ... orde 0 b.. Faktor penting apa yang tepat untuk produksi tablet diatas? a.. Berikut ini merupakan grafik disolusi pada pengujian obat ibuprofen. 100... orde 1 c.orde nol semu c. Pengikat 2..Mg.... Dalam proses produksi tersebut ada faktor-faktor penting yang mempengaruhi hasil dapat sesuai dpt sesuai spesifikasi yang diharapkan. Sebuah industri farmasi ingin memproduksi tablet loperamid dengan kadar 2mg.. orde 2 d.. Cara sterilisasi tetes mata polimiksin? 1. Grafik ibuprofen... . 10. orde nol b.... Penimbangan b. (konsentrasinya lupa berapa) 1.. Penghancur 3..

. Sterilisasi lembab Kering c. selulosa. Berapa ketentuan % kelebihan yang akan ditimbang? a. Sebuah pabrik akan membuat suatu sediaan ODT Ondasentron yang memiliki komposisi cross povidon. Sorbitol 134.Sebuah industri Farmasi ingin membuat sediaan tetes mata berisi polymixin. Industri farmasi membuat suspensi paracetamol untuk pasien DM ..Sebuah industri Farmasi ingin membuat sediaan tetes mata berisi fisostigmin dengan komposisi formula yang telah ditentukan. e. Penimbangan 101.. Sterilisasi penyaringan 136. untuk menghindari pengurangan jumlah zat aktif akibat penyaringan maka diberi kelebihan saat penimbangannya. a. Sterilisasi penyinaran e. 5 tetes 135.. (lupa soal) a. manitol. 15 % . na strach glikonat. 1 tetes b. 4 tetes e. Aspartam d. Sukrosa b. 2 tetes c. 3 tetes d. metode sterilisasi yang digunakan adalah sterilisasi penyaringan. Metode sterilisasi yang digunakan untuk produk tetes mata tersebut adalah.Industri farmasi memproduksi obat tetes mata atropin. Mikrokristal 133. Cross povidon b. Na strach glikonat e. Sterilisasi dengan gas etilen oksid d. 10 % b.. mikrokristal selulosa. Dekstrosa e. Pada komposisi tersebut yang merupakan bahan untuk menutupi rasa zat aktif obat adalah.mata tidak berkedip 30 UI dan mata berkedip 10 UI. a. Sterilisasi Lembab Panas b... Manitol c. Glukosa c. Selulosa d.apakahpemanis yang bisa digunakan? a.

.Sediaan tablet berisi parasetamol. amilum.Laktosa q..Talk 2% . Meningkatkan sifat hidrofobik e. talkum.. 25 % e. Tablet tersebut diberi lapisan Amilum pada bagian luarnya.Mg Stearat 1% . pengisi 139. Amilum yang diberikan berfungsi sebagai. a.Parasetamol 500 mg . Orde nol .Mucilago Amili 10 % . Pelicin d.. rumus yang dapat digunakan adalah … a. Meningkatkan daya kohesi b. 20 % d. mg stearat.Berikut ini formulasi tablet parasetamol ... Meningkatkan ikatan ion c.s . dan laktosa. Mengubah bentuk garam 138. c. a.. 30 % 137.. Pemanis e. Penghancur c.Amilum kering 10 % . Mengubah bentuk amorf d. Pengikat b.Amilum kering 5% Mg stearat dan Talk pada formulasi tersebut dapat menurunkan bioavailibilitas tablet paracetamol dengan cara. Intersep = Ln A Ln A Slope = -1 Waktu (t) Dari grafik diatas dapat ditentukan wktu kadaluarsa suatu obat..

Salah satu karakteristik tabir surya adalah tidak mudah luntur oleh keringat. uji disolusi Ibuprofen menggunakan dapar fosfat pH 7. smoothing agent c. Ditambah NaOH b. Bahan tambahan apakah yang sesuai untuk formula tersebut ? a.2. Industri Farmasi yang akan memproduksi tabir surya dengan ekstrak buah tomat 20% dengan zat aktif likopen.4. 77% d. Pada pembuatan floating tablet aminofilin maka ditambahkan natrium bikarbonat. Diketahui pKa Ibuprofen 4.5) kodein (pka=8. Ditambah HCl e. 66% c. Pada pembuatan antasida antasida untuk menguji kadar air dengan metode karl fisher. 55% b. Ditambah air d. Dalam suatu tablet berisi kodein dan paracetamol. 99% 145. Untuk dapat memisahkan kodein dari tablet tersebut. emollient agent . Reaksi apa yang terjadi 144. suatu suspensi yang dibuat terjadi pengendapan yang lambat dan sulit untukterredispersi kembali. Orde Satu d. Ditambah NaCl c. Orde dua e. 88% e. alasan penambahan natrium bikarbonat ? 143.2). Peristiwa ini dinamakan… 141. Industri farmasi yang memproduksi Ibuprofen 500 mg akan melakukan evaluasi tablet. Berdasarkan FI. b. diperlukan hal sebagai berikut a. Parasetamol (pka=9. Berapakah sediaan dalam bentuk ion pada kondisi disolusi tersebut ? a. waterproof agent b. Orde tiga 140. Ditambah kloroform Berapa persen kadar udara yg harus diserap melalui hepa filter menurut CPOB? 142. Orde nol semu c.

Enkapsulasi dengan menggunakan koaservasi . mekanisme kerjanya? . Pembuatan tablet ibuprofen metode kempa langsung. Bahan tambahan yang harusnya digunakan adalah ? 147. sunchring agent 146. moustirizing agent e. Salah satu faktornya adalah sifat alir yang baik. d. Industri farmasi memproduksi asam asetilsalisilat dengan metode enkapsulasi polimer.