You are on page 1of 8

BAB I

PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG

Microsoft Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang

berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat, yang mengembangkan, membuat,

memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait

dengankomputer.[1] Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April
1975.

Microsoft merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Merupakanpembuat

perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Perusahan ini berhasil mendominasi

pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti

dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows.Penawaran umum perdana Microsoft tahun

1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di

kalangan karyawan Microsoft. Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar

sistem operasi dan telahmelakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011,

Microsoft membeliSkype Technologies senilai $8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal
sepanjang sejarah Microsoft.

Tahun 2012, Microsoft adalah pendominasi pasar sistem operasi PC dan pasar perangkat lunak

perkantoran (bersama Microsoft Office). Perusahaan ini juga memproduksi serangkaian

perangkat lunak untuk desktop dan server, dan aktif di sejumlah bidang seperti pencarian

Internet (Bing), industri permainan video (konsol Xbox dan Xbox 360), pasar layanan digital

(MSN), dan telepon genggam (Windows Phone OS). Bulan Juni 2012, Microsoft mengumumkan

bahwa mereka akan memasuki pasar vendor PC untuk pertama kalinya melalui
peluncuran komputer tablet Microsoft Surface.

Pada tahun 1990-an, para kritikus mulai menuduh bahwa Microsoft menjalankan praktik
bisnis monopolistik dan strategi anti-persaingan, termasuk penolakan persetujuan danpengikatan,

seperti yang dikatakan dalam artikel majalah Fortune tahun 1995. Untuk persetujuan ini. Sejarah awal Paul Allen dan Bill Gates tanggal 19 Oktober 1981 menangani kontrak penting dengan IBM (International Business Machines Corporation) yang merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjualperangkat keras dan perangkat lunak computer[3] untuk meminta bahasa pemrograman untuk jajaran PC mereka selanjutnya. yang diganti lagi oleh IBM menjadi PC-DOS. IBM memberikan Microsoft kontrak untuk mengembangkan OS untuk jajaran baru PC mereka. Microsoft mendapatkan kepemilikan MS-DOS. Setelah negosiasi dengan Digital Research gagal. BAB II PEMBAHASAN A. IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada bulan November 1980 untuk menyediakan versi CP/M OS. seperti pilihan perangkat lunak . baik Departemen Kehakiman AS dan Komisi Eropa menyatakan perusahaan ini melanggar hukum antitrust. Microsoft membeli tiruan CP/M bernama 86- DOS dari Seattle Computer Products. membuat batasan yang tidak masuk akal dalam penggunaan perangkat lunaknya. setelah negosiasi dengan perusahaan lain gagal. dan melakukan taktik pemasaran yang tidak representative. Sejarah Microsoft[2] 1. Paul Allen dan Bill Gates secara resmi mendirikan Microsoft tanggal 4 April 1975 dan mengangkat Gates sebagai CEO. yang akan dipakai di jajaran IBM Personal Computer (IBM PC) mendatang. Allen mencetuskan nama "Micro-Soft". mengganti namanya menjadi MS-DOS. Karena berbagai faktor. Setelah peluncuran IBM PC bulan Agustus 1981. Microsoft memasuki bisnis SO (sistem operasi) pada bulan 1980 dengan Unix versinya sendiri bernama Xenix.

Microsoft meluncurkan Microsoft Windows. kemitraan OS/2 berakhir. Perangkat lunak ini terdiri dari beberapa aplikasi produktivitas kantor. Perusahaan ini memperluas diri ke pasar-pasar baru melalui peluncuran Microsoft Mouse tahun 1983. Perusahaan ini merilis Windows 95 tanggal 24 Agustus 1995. menandakan masuknya Microsoft ke pasar konsol permainan yang selama ini didominasi Sony dan Nintendo. Microsoft mulai merancang ulang penawarannya dan memperluas jajaran produknya ke jaringan komputer dan World Wide Web. yang keluar lengkap denganlayanan daring MSN. 3. dan menciptakan jabatan baru untuk dirinya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak. pesaing Word . Microsoft merilis Windows XP. Microsoft langsung menjadi vendor sistem operasi PC terdepan pada masanya.Microsoft Office. Perusahaan ini meluncurkan Xbox pada akhir tahun 2000. sehinnga menyatukan arus utama dan jajaran NT di bawah basis kode NT. seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. tanggal 20 November. Setelah Microsoft memberitahu IBM tentang windows NT. OS/2. Tanggal 13 Januari 2000. tahun 1990. MS-DOS yang tersedia. teman lama Gates di perguruan tinggi dan karyawan perusahan ini sejak 1980.000 jutawan dari kalangan karyawan Microsoft sendiri. Baik Office dan Windows menjadi produk pendominasi di bidangnya masing-masing Novell. 1995–2005: Internet dan era 32-bit Setelah "memo Internet Tidal Wave" internal Bill Gates tanggal 26 Mei 1995. Microsoft memperkenalkan perangkat lunak perkantorannya. Microsoft menjadiperusahaan umum. 1984–1994: Windows dan Office Saat mengembangkan SO baru bersama IBM tahun 1984. dan peramban web Internet Explorer. Bill Gates menyerahkan jabatan CEO kepada Steve Ballmer. serta divisi penerbitan bernamaMicrosoft Press. Pada bulan Maret 2004 . Pada tanggal 13 Maret. Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft bulan Februari setelah dinyatakan terserang penyakit Hodgkin. 2. sebuah ekstensi grafis untuk MS-DOS. kenaikan tajam harga saham berhasil menciptakan empat miliuner dan 12.

Microsoft mengumumkan keinginannya untuk membuka jaringan toko ritel bermerek Microsoft. dan pada 22 Oktober 2009. . 5. dan antarmuka pengguna baru yang dijulukiAero. Pada 12 Februari 2009. SaaS. Azure Services Platform. menampilkan antarmuka pengguna "Ribbon" yang menjadi perubahan terbesar dari versi sebelumnya. berfokus pada fitur. Penjualan kedua produk yang relatif kuat membantu menciptakan rekor laba tahun 2007. diluncurkan tanggal 27 Oktober 2008. Microsoft merombak sistem operasi telepon genggamnya yang sudah tua dan menggantinya dengan Windows Phone OS yang baru dan terus bekerja sama dengan manufaktur telepon genggam seperti Nokia dan menyediakan pengalaman pengguna yang konsisten di semua telepon cerdas yang memakai Windows Phone OS. Microsoft perlahan melakukan pencitraan ulang seluruh jajaran produknya antara 2011 dan 2012. Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak pada 27 Juni 2008 dan memegang jabatan lain di Microsoft selain menjadi penasihat perusahaan pada proyek-proyek utama. telepon genggam. Logo. dan situs web diperbarui dengan fitur indah bahasa desain Metro. Arizona. Windows XP Home Edition N dan Windows XP Professional N. 2011-sekarang: Telepon genggam dan Metro Setelah peluncuran Windows Phone 7. versi Windows selanjutnya. Apple dan Google. dirilis pada saat yang sama. Windows Vista. Microsoft Store pertama dibuka di Scottsdale. Microsoft berusaha sejajar dengan pesaingnya. 2006–2010: Windows Vista. tanda masuknya Microsoft ke pasar komputasi awan untuk Windows. hari yang sama dengan peluncuran resmi Windows 7. layanan. keamanan. 4. microsoft corporation memproduksi versi baru Windows XP tanpa Windows Media Player. Yammer Dirilis bulan Januari 2007. dalam penyediaan sistem operasi telepon cerdas modern. Seiring ledakan industri telepon cerdas yang dimulai tahun 2007. produk. Microsoft Office 2007.

· Microsoft Desktop Virtualization. Mengakses secara virtual aplikasi apapun dan lingkungan mana pun. Mempertahankan manajemen PC Anda secara sederhana dan aman dengan menggunakan layanan Cloud dan Windows 7 . Membawa manajemen proyek ke tingkat berikutnya · Microsoft Visio. Industri-perangkat produktivitas bisnis terkemuka · Exchange. telepon dan penjelajah Internet · Lync. Layanan membuat situs untuk berbagi dokumen dan informasi. Komunikasi melalui suara antarorang (orang ke orang). Web berbasis Microsoft Exchange. SharePoint dan Lync. kalender dan daftar kontak untuk PC. Bisnis-surat elektronik terkonstruksi. dan berbagi web yang lebih maju. tersedia di dalam Awan selama sebulan pembayaran · Microsoft Project. video dan pesan instan secara real-time · Microsoft Office 365. sementara menjaga pengalaman personalisasi Anda · Windows Intune. Divisi Produk[4] Beberapa produk yang dihasilkan oleh microsoft corporation adalah sebagai berikut: · Windows 8 · Microsoft SQL Server 2012 Enterprise Edition. meningkatkan proses kemampuan manajemen. Microsoft merilis versi pratinjau perangkat lunak Windows 8 generasi selanjutnya. Membawa pembuatan diagram ke tingkat baru dengan dinamis. perangkat visualisasi pengaturan data dan model. B. · Microsoft Office. Tanggal 31 Mei 2012. Perangkat lunak ini dirancang untuk beragam peralatan mulaidari tablet hingga komputer meja. Perangkat data berkekuatan penuh untuk profesional TI · Microsoft SQL Server 2012 Business Intelligence Edition. Perangkat data berkekuatan penuh untuk profesional TI · SharePoint.

Membangun. · Shared Vision (Visi Bersama) Komitmen dari semua anggota terhadap tujuan organisasi dan cara untuk mencapai tujuan tersebut · Team Learning (Pembelajaran Kelompok). infrastruktur sebagai layanan (IaaS) berbiaya efektif · Windows Server 2012. Solusi manajemen relasi konsumen · Windows Azure. buat jaringan dan skala aplikasi di dalam datacenter Microsoft pada kode . komandokan dan tempatkan dalam satu lingkungan C. Solusi ERP lengkap untuk konsumen Enterprise · Microsoft Dynamcis CRM. Mengembangkan “cara berpikir” yang benar untuk mengendalikan tindakan dan keputusan. yang pada gilirannya diatur untuk mendukung usaha pribadi tersebut. Mengatur lingkungan virtualisasi dan Awan yang memungkinkan Anda untuk memberikan fleksibilitas. Mengeksploitasi kenyataan bahwa hasil pemikiran keelompok lebih besar ketimbang jumlah total dari pemikiran perorangan . Kelima disiplin ini digambarkan sebagai dasar dari “pekerjaan learning organization” yaitu:[5] · Personal Mastery (Kemampuan Pribadi). Solusi virtualisasi yang ringkas. Membawa orang secara bersamaan seperti belum pernah terjadi sebelumny · Microsoft System Center. Para karyawan diharapkan mengembangkan kapasitas pribadi mereka untuk mencapai tujuan mereka sendiri. uji. dapat diandalkan. · Windows Phone.net. · Mental Models (Model Mental). Microsoft berpegang pada lima learning diciplines yang diidentifikasikan oleh peter senge. Perilaku dan budaya kerja Microsoft dikenal sebagai contoh learning oganization yang murni.seorang profesor di massachusetts institude of technology dan pengarang buku fifth dicipline (1990). berbiaya efektif dan optimal · Microsoft Dynamics AX 2012. dan tujuan perusahaan.

Sejak 1990-an.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft. Microsoft membeliSkype Technologies senilai $8. dan kenaikan tajam harga sahamnya. · Shared Vision (Visi Bersama) · Team Learning (Pembelajaran Kelompok). · System Thinking (Pemikiran Sistem) DAFTAR PUSTAKA . Kelima disiplin ini digambarkan sebagai dasar dari “pekerjaan learning organization” yaitu: · Personal Mastery (Kemampuan Pribadi). perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telahmelakukan sejumlah akuisisi perusahaan.Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986.5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft. menciptakan tiga miliuner dan 12. Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an. KESIMPULAN Microsoft merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. tetapi mempunyai implikasi dalam perusahaan secara keseluruhan.· System Thinking (Pemikiran Sistem) Betindak dengan dasar pemahaman bahwa tindakan dan keputasan tidak dapat berdiri sendiri. Pada bulan Mei 2011. diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. · Mental Models (Model Mental). Microsoft berpegang pada lima learning diciplines yang diidentifikasikan oleh peter senge- seorang profesor di massachusetts institude of technology dan pengarang buku fifth dicipline (1990). Merupakanpembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya.

Serial Maestro Bisnis : Bill Gate .Jakarta:Esensi .microsoft.wikipedia.2008.net/2013/03/inilah-7-perusahaan-teknologi-paling.2008.org/wiki/Microsoft www.Jakarta:Esensi http://www.org/wiki/IBM [4] http://www.com/enterprise/ [5] Heller.html [3] http://id.wikipedia.Robert.org/wiki/IBM [1] https://id.wikipedia.net/2013/03/inilah-7-perusahaan-teknologi-paling.html Heller.Robert.microsoft.com/enterprise/ http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft [2] www.Serial Maestro Bisnis : Bill Gate .technology-portfolio.https://id.technology-portfolio.