You are on page 1of 5

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT

DINAS KESEHATAN
UPT PUSKESMAS BAYONGBONG
Jl. Raya Simpang No. 183 Tlp. (0262) 543078 Kec. Bayongbong –
Garut 44162

KERANGKA ACUAN KERJA
PROGRAM KESEHATAN PEDULI REMAJA (PKPR)

1. Pendahuluan
PKPR merupakan singkatan dari Pelayanan Kesehatan Peduli
Remaja yang pengertiannya adalah program pemerintah yang diampu
oleh Dinas Kesehatan di tingkat Kabupaten / Kota. Program ini secara
resmi telah berjalan sejak tahun 2003 yang di tingkat lapangan
dilaksanakan oleh Puskesmas dengan sasaran utama adalah remaja.
Kelompok usia remaja merupakan kelompok yang cukup besar,
sekitar 23 % dari seluruh populasi yang ada di Indonesia. Sebagai
generasi penerus, kelompok ini merupakan asset atau modal utama
sumber daya manusia bagi pembangunan bangsa di masa yang akan
datang. Kelompok remaja yang berkualitas memegang peranan penting
di dalam mencapai kelangsungan serta keberhasilan Tujuan
Pembangunan Nasional.
Masa remaja merupakan periode terjadi pertumbuhan dan
perkembangan pesat baik fisik, psikologis, maupun intelektual. Pola
karakteristik pesatnya tumbuh kembang ini menyebabkan remaja
dimanapun ia menetap, mempunyai sifat khas yang sama yaitu
mempunyai rasa keingintahuan yang besar, menyukai petualangan dan
tantangan serta cenderung berani menanggung resiko atas
perbuatannya tanpa didahului pertimbangan yang matang. Keadaan ini
sering kali mendatangkan konflik batin dalam dirinya. Apabila
keputusan yang diambil tidak tepat, mereka akan jatuh pada perilaku
beresiko dan kemungkinan akan menanggung akibat lebih lanjut dalam
bentuk berbagai masalah dalam hal kesehatan baik fisik maupun
psikologis yang bahkan mungkin harus menjadi beban seumur hidup.
Dalam perkembangannya remaja sangat rentan terhadap
pengaruh lingkungan. Lingkungan sosial dan budaya yang tidak positif
merupakan faktor resiko bagi remaja untuk terjebak dalam perilaku
yang negatif, misalnya adalah merokok, mengkonsumsi obat-obatan
terlarang, minum minuman keras, narkoba, seks bebas, tawuran,
kriminalitas, kebut-kebutan di jalan dan lain sebagainya. Semua
perilaku remaja yang dianggap menyimpang ini sangat beresiko
terhadap kesehatan dan keselamatan remaja itu sendiri.

1

43 % remaja saling berinteraksi baik dengan teman yang satu wilayah maupun di luar wilayah. 2. adanya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan remaja tersebut dapat meningkatkan kualitas remaja yang menjadi generasi penerus dalam pembangunan bangsa. termasuk kualitas dalam memberikan informasi kesehatan remaja dan pelayanan konseling dengan menjaga privasi masing-masing remaja. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas remaja antara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR). PKPR di Puskesmas Bayongbong belum berjalan secara aktif pada tahun 2016 dikarenakan tidak adanya sumber dana yang mendukung dan sosialisasi terkait pelayanan konseling pada remaja di Puskesmas Bayongbong. Dimana masalah tertinggi pada remaja adalah kebiasaan merokok pada remaja laki-laki dengan persentase 20.5 % dari seluruh jumlah penduduk yang ada. Dalam pelaksanaan program pelayanan. terutama pada remaja yang mudah dijangkau pada sekolah-sekolah di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong. Pada tahun 2016 telah dilaksanakan penyuluhan tentang bahaya NAPZA dan kesehatan reproduksi pada remaja di sekolah-sekolah di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong. Selain itu dengan jumlah rata-rata 10 s/d 12 pasien KIA dengan home visite perbulan yang meliputi ibu hamil resiko tinggi yang diantaranya factor usia di bawah 20 tahun. sudah selayaknya Puskesmas Bayongbong memberikan pelayanan yang baik kepada remaja sebagai salah satu kelompok masyarakat yang menjadi sasarannya.71 % dari jumlah seluruh remaja yang ada di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong dan 71. hal ini juga menunjukkan bahwa kesadaran akan kesehatan remaja masih kurang. Sehingga dengan adanya latar belakang sebagaimana tersebut. diketahui bahwa jumlah remaja adalah 12. Berdasarkan hasil Survey Mawas Diri di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong. maka dianggap 2 . Dengan harapan. Latar Belakang Berdasarkan hasil survey kebutuhan remaja dengan memperhitungkan tugas Puskesmas di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong yang berperan sebagai lini terdepan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan kesehatan pada remaja di Puskesmas menjadi sangat strategis dan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien mengingat ketersediaan tenaga kesehatan dan kesanggupan jangkauan Puskesmas ke segenap penjuru wilayah kerja dengan target remaja.

Tujuan Umum Pemberian pelayanan kesehatan pada kelompok remaja di Puskesmas Bayongbong b. 4. Rincian Kegiatan 1) Kegiatan Pelayanan Dalam Gedung a) Konseling bagi remaja yang datang sendiri maupun remaja yang dirujuk dari Poli Umum. Poli Gigi. 3. perlu untuk dilaksanakan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong. Tujuan a. d) Pemberian informasi (penyuluhan) dan edukasi (pendidikan kesehatan) 3 . Kegiatan Pokok 1) Koseling 2) Rujukan 3) Penyuluhan / Sosialisasi Informasi 4) Pelayanan Kesehatan dan Penjaringan b. Tujuan Khusus 1) Meningkatkan penyediaan pelayanan kesehatan remaja yang berkualitas. maupun Poli KIA ke Klinik Remaja / Konsultasi Puskesmas Bayongbong. 4) Memberikan pelayanan konseling kepada remaja dalam menghadapi masalah yang timbul di kalangan kelompok remaja. 3) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam pencegahan masalah kesehatan khususnya pada remaja. c) Pembinaan kader sebaya di masing-masing sekolah. pelaksanaan. b) Pelayanan klinis medis (termasuk pemeriksaan penunjang dan rujukan) 2) Kegiatan Pelayanan Luar Gedung a) Penjaringan siswa remaja pada kelas 7 (tujuh) dan kelas 10 (sepuluh) setiap awal tahun ajaran baru. 2) Meningkatkan pemanfaatan Puskesmas oleh remaja untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan a. 5) Meningkatkan keterlibatan remaja sebagai jejaring kesehatan melalui perencanaan. b) Pelatihan kader sebaya di setiap sekolah. dan evaluasi pelayanan kesehatan remaja.

Membentuk tim pelaksana kegiatan PKPR yang melibatkan Program Promkes. h. 7. Melaporkan hasil kegiatan dalam rapat bulanan dan rapat lintas sektor. Sasaran Sasaran dari kegiatan program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong adalah remaja yang berada pada rentang usia 10 s/d 19 tahun yang datang langsung atau melalui masing-masing Poli di Puskemas Bayongbong dan dirujuk ke Klinik Remaja yang meliputi: a. KIA. Menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kegiatan PKPR. Tidak terjadi permasalahan remaja di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong. c. g. Siswa / siswi SMPN 17 Berau. Memberitahukan jadual pelaksanaan PKPR kepada kepala sekolah di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong sebelum dilaksanakan kegiatan. c. 6. dan P2. Cara Melaksanakan Kegiatan a. Melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadual yang telah direncanakan. Adanya ruang konseling remaja di Puskesmas Bayongbong. b.5. e. Gizi. Kesling. d. e. Terlaksananya program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong. Menentukan jadual kegiatan PKPR. d. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan. Jadual Pelaksanaan Kegiatan Pelaksanaan (Bulan) 2018 No Kegiatan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 1 Pembinaan anak sekolah dan remaja X tentang Kesehatan Reproduksi 2 Pembinaan anak sekolah dan remaja X tentang Anemia dan Tablet Fe 3 Pembinaan anak X sekolah dan remaja 4 . f. Kegiatan dilaksanakan dengan dasar adanya pertemuan lintas program dan atau lintas sektor di wilayah kerja Puskesmas Bayongbong. b. Siswa / siswi SMKN 5 Berau.

tentang Kesehatan Reproduksi 4 Pembinaan anak sekolah dan remaja X tentang konseling PKPR 5 Pembinaan anak sekolah dan remaja tentang Peran X Remaja sebagai jejaring 6 Pembinaan anak sekolah dan remaja X tentang Saka Bhakti Husada 7 Pendataan Terpadu X Data Dasar 8 Penjaringan Kesehatan Peserta X Didik kelas 7 dan 10 9 Upaya pencegahan dan pengendalian X masalah keswa dan NAPZA 8. Ditetapkan di : Bayongbong Pada Tanggal : Pelanggung Jawab Program PKPR H. dan tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan.Kes NIP: 19641212 198501 1 001 5 . Semua hasil kegiatan didokumentasikan oleh penanggung jawab program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja ((PKPR) Puskesmas Bayongbong.Sos. b. c. Hasil kegiatan dilaporkan kepada Kepala Puskesmas Bayongbong dan disampaikan pada rapat bulanan Puskesmas serta rapat Lintas Sektor yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Elan Suherlan. melakukan evaluasi. 9. b. Penanggung jawab program Pelayanan Kesehatan Peduli Ramaja (PKPR) Puskesmas Bayongbong melakukan monitoring kegiatan. Hasil kagiatan dilaporkan kepada Kepala Puskesmas Bayongbong. S. Pencatatan. Hasil evaluasi kegiatan ditindak lanjuti dan disampaikan pada rapat bulanan dan rapat lintas sektor. Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan a. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan a. SKM. M.