You are on page 1of 4

PENYULUHAN DIARE

No. Dokumen : KAK/V/P2 DIARE-02/01/2016
K
A No. Revisi : 00
PEMERINTAH K
UPTD PUSKESMAS
KOTA KEDIRI Tanggal Terbit : 04 Januari 2016 MRICAN

KERANGKA ACUAN KEGIATAN
PENYULUHAN DIARE

DINAS KESEHATAN KOTA KEDIRI

UPTD PUSKESMAS MRICAN

A. PENDAHULUAN
Progam penanggulangan penyakit diare adalah upaya puskesmas dalam
penanggulangan diare sesuai dengan pedoman penanganan diare berupa
kegiatan promotif dan preventif. Penanggulangan dan pencegahan adalah

Profesional: Melakukan tindakan sesuai dengan disiplin ilmu atau kompetensinya. cara penularannya. 6. . Tujuan umum : Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tanggung jawab : Berani melakukan tindakan dengan senantiasa mempertimbangkan segala resikonya 5. B. dan bersama masyarakat agar mereka dapat menolong dirinya sendiri serta mengembangkan kegiatan yang bersumberdaya masyarakat. oleh. Hingga saat ini penyakit diare masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya angka kesakitan diare dari tahun ke tahun. LATAR BELAKANG 1. 2. Sapa : Memberikan ekspresi menyenangkan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. 2. TUJUAN UMUM DAN TUJUAN KHUSUS 1. 4. Empati : Memberikan pelayanan kepada pasien dengan penuh kasih sayang dan kepedulian 3. faktor penyebab. 7. bahaya.4%) dan pada anak balita (25. Menurut WHO di negara berkembang pada tahun 2003 di perkirakan 1. Ramah : Sikap dan tutur kata yang manis.sesuai dengan sosial budaya setempat dan di dukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Proporsi diare sebagi penyebab kematian nomor 1 pada bayi postneonatal (31.pencegahan agar tidak terjadi diare C. Promosi kesehatan adalah serangkaian upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari. serangkaian upaya menekan penularan diare melalui kegiatan promosi. tidak mudah marah/ putus asa dan menjauhi tindakan kasar dan tidak terkendali. TATA NILAI 1. 8. Salam.8 dari 10 kematian tersebut pada umur < 2 tahun 3. Disiplin : Bekerja sesuai tata tertib atau aturan yang berlaku. Sabar : Bersikap tenang. Senyum.2%) (Hasil Riskesdes 2007) Progam pengendalian penyakit diare dilakukan melalui kegiatan diharapkan dengan dilakukan penyuluhan diare masyarakat bisa mengetahui apa itu diare. pencegahan dan pemberantasannya di semua jenjang pelayanan. akrab dan simpatik.87 juta anak balita meninggal karena diare. untuk. cara pertolongan diare di rumah.

sehingga kesakitan dan kematian karena diare dapat di cegah. dan Oktober. foto. Juli. DAN EVALUASI KEGIATAN 1. 9. PELAPORAN. Tujuan khusus : Terwujudnya masyarakat yang mengerti. SASARAN Sasaran kegiatan penyuluhan diare adalah masyarakat di wilayah UPTD Puskesmas Mrican 12. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN Pelaksanaan kegiatan penyuluhan diare melalui posyandu balita yang di laksanakan pada bulan April.leaflet . PENCATATAN. 13. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN Kegiatan penyuluhan diare dilakukan dengan :  Dalam gedung : penyuluhan kepada pasien ataupun keluarga yang sedang sakit diare ataupun yang sedang berobat  Luar gedung : penyuluhan di posyandu karena penyebab kematian terbanyak pada balita Peran pihak terkait dalam penyelenggaraan Progam lintas progam : Progam Lintas Uraian peran Kegiatan progam Diare Promkes  Membuat jadwal penyuluhan Koordinasi dengan diare pelaksana penyuluhan  Menyiapkan media diare penyuluhan berupa leaflet/brosur.dll Peran Pihak terkait dalampenyelenggaraan Progam Lintas sektor Progam Lintas sektor Uraian Peran Kegiatan Diare Kelurahan Membantu menyediakan tempat Penyuluhan diare untuk kegiatan penyuluhan balita di posyandu diare di posyandu balita 11. 14. Agustus. 2. KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN NO KEGIATAN RINCIAN KEGIATAN 1. Pencatatan : Dokumentasi berupa :  Penyuluhan di posyandu balita : daftar hadir. edukasi.menghayati dan melaksanakan hidup sehat melalui komunikasi. informasi. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN Evaluasi pelaksanaan dan pelaporan dari kegiatan penyuluhan diare di posyandu balita di lakukan pada bulan saat melakukan penyuluhan menyesuaikan dengan jadwal pelaksanaan yang telah ada. Penyuluhan Penyuluhan tentang diare di posyandu balita di 4 kelurahan Diare di wilayah kerja UPTD Puskesmas Mrican 10.lembar balik.

3. Pelaporan : Laporan kegiatan penyuluhan diare melalui penyuluhan pada Kepala Puskesmas sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Lyla Andriyanti. Muhammad Fajri M. Mengetahui. Kepala UPTD Puskesmas Mrican Penanggungjawab Program P2 Diare dr. 2. Evaluasi : Evaluasi terhadap kegiatan progam dilakukan setiap bulan. 19761113 200604 1 013 NIP. A.Md Kep NIP. 19820922 201001 2 026 .