You are on page 1of 18

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Outbond Kelas VIII yang dilaksanakan di Desa Wisata Sambi, Pakem
Sleman, pada hari Jumat tanggal 17 Nopember 2017 telah dilaksanakan dengan
baik oleh Tim Outbond Kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 telah disetujui dan
disahkan oleh:

Yogyakarta, 20 Nopember 2017
Kepala SMP Muh 9 Yogyakarta

Hj. Siti Roikhanah, S.Pd., M.M.
NBM. 605 823

Oleh karena itu. S.M.Pd. serta peningkatan motivasi belajar peserta didik SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta khususnya kelas VIII. yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada tim sehingga pelaksanaan Outbond Kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 berjalan sukses dan lancar. Siti Roikhanah. ucapan terimakasih kami berikan kepada: 1. 20 Nopember 2017 . 2. Pelaksanaan kegiatan ini tidak terlepas dari peran serta dari berbagai pihak. KATA PENGANTAR Berpedoman pada program tahunan SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun 2017/2018. dalam rangka pembentukan karakter dan perilaku.. Kami berharap dengan laporan ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang. maka dilaksanakanlah kegiatan Outbond. Ibu Hj. Semua tim yang terlibat dalam pelaksanaan Outbond Kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 yang telah melaksanakan tugas dengan baik. M. Yogyakarta.

Meningkatkan kesehatan fisik dan mental 2. Mengatasi kejenuhan pembelajaran di sekolah 3. Pentingnya Kegiatan Outbond Proses kegiatan belajar mengajar tidak selalu harus dilakukan di dalam kelas. dan menyenangkan. sehingga efeknya kepada fisik dan mental akan lebih terasa. gembira. Tujuan Outbond Kegiatan Outbond kelas VIII ini bertujuan untuk: 1. selain mengurangi kejenuhan pada pembelajaran sehari-hari yang berada di dalam kelas. namun ada kalanya proses kegiatan belajar mengajar dilakukan di luar kelas. Outbond merupakan sebuah program/permainan yang dirancang khusus unutk membangun kemampuan life skill. Kegiatan outbound sangat penting diterapkan kepada siswa sekolah. B. BAB I PENDAHULUAN A. kegiatan ini juga bisa menjadikan tubuh menjadi sehat. Mengembangkan interaksi yang positif antar sesama peserta didik C. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik 3. Kegiatan di luar kelas ini salah satunya diwujudkan melalui kegiatan outbond. agar lebih menyenangkan dan lebih menantang. Outbond dilakukan di lingkungan alam terbuka. Membentuk karakter dan perilaku yang positif peserta didik 2. karena kegiatan ini menuntut pesertanya untuk aktif bergerak dan dalam suasana ceria. yaitu efek positif. Menumbuhkan keakraban antar peserta didik . Manfaat Outbond Kegiatan Outbond kelas VIII ini bermanfaat untuk: 1.

C. tanggal 20 Nopember 2017. Pakem. Yogyakarta. DAN TEMPAT A. WAKTU. dimulai pada jam 06.30. Waktu Waktu pelaksanaan Outbond pada hari Jum’at. Tempat Kegiatan Outbond bertempat di Desa Wisata Sambi. Peserta Peserta kegiatan Outbond adalah siswa putra dan putri kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 152 siswa.30 dan berakhir pada jam 15. . Sleman . BAB II PESERTA. B.

Kegiatan outbond dan motivasi dipandu oleh Tim Outbond dan motivasi dari Desa Wisata Sambi Materi Outbond dan motivasi terdiri dari : 1. Game kering sebanyak 5 macam 4.M. Pakem Sleman pada tanggal 17 Nopember 2017 berjalan sesuai dengan rencana.. Kelas VIII B sebanyak 4 siswa. 3. Perkenalan dengan Tim Outbond. Hasil Kegiatan Outbond dan motivasi Kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta di Desa Wisata Sambi. Kelas VIII C sebanyak 4 Siswa. Pemberian kenang-kenangan kepada kelompok terbaik dan penutupan outbond dan motivasi dari pihak sekolah oleh Ibu Hj. Siti Roikhanah S. dipandu oleh tim outbond dan motivasi. Game basah dengan 5 macam permainan 5.M 2. Dari pemaknaan diharapkan akan muncul karakter dan perilaku positif dari peserta didik seperti: . Kegiatan ini merupakan salah satu program agenda tahunan SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta pada tahun ajaran 2017/2018. Motivasi dai BNNP Yogyakarta 7.Pd. Pada setiap permainan disertai dengan pemaknaan.30). Kelas VIII D sebanyak 3 siswa dan kelas VIII E sebanyak 2 dari 137 siswa kelas VIII. Pembukaan outbond dari pihak sekolah oleh Ibu Siti Roikhanah. motivasi dan ice breaking dan permainan.M. (Kepala Sekolah) Total keseluruhan permainan selama 4 jam (08.Pd.30-11. Bersih diri. M. Pemaknaan permainan meliputi permasalahan yang ada pada permainan dan mencari solusi untuk menyelesaikan permainan.S. dalam rangka menumbuhkembangkan karakter dan perilaku positif peserta didik dengan kegiatan di luar lingkungan sekolah. Peserta yang hadir sejumlah 14 siswa kelas VIII A sebanyak 2 siswa. BAB III HASIL DAN EVALUASI A. solat Jumat dan makan 6.

2. membuat perencanaan yang matang dan koordinasi tim yang rapi 9. Perlu adanya tindakan yang tepat untuk peserta didik yang tidak mengikuti outbond dan motivasi. Pemberangkatan sudah tepat waktu dan karena kendala hujan kepulangan peserta belum tepat waktu 4. 1. semangat berkompetisi untuk mencapai tujuan bersama 7. Permainan dan pemaknaan permainan outbond dan motivasi sudah baik Hal-hal yang perlu diperbaiki: 1. seperti pemberian tugas pembangun karakter . sikap sportif. Ketepatan acara dan waktu sesuai jadwal kegiatan 3. Evaluasi Hal-hal yang sudah baik dan dipertahankan: 1. sikap kepemimpinan dan keberanian dalam mengambil keputusan. 2. komitmen pada aturan yang disepakati 6. sikap kerjasama kelompok 4. kemampuan berkomunikasi secara efektif 5. kemampuan mengambil keputusan yang efektif dalam situasi sulit B. Kegiatan sholat Jum’at secara jamaah sudah terkoordinasi dengan baik 5. 3. sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan permasalahan 8. Penataan jadwal acara sudah terinci dengan baik 2. Kalau bisa kegiatan dilaksanakan bukan hari jumat.

B. dan terkendali. Peserta mengikuti seluruh kegiatan dengan motivasi tinggi. tidak mengalami masalah yang berarti. Kesimpulan Pelaksanaan kegiatan Outond dan motivasi Kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 sudah cukup baik dengan indikator kegiatan outbond dan motivasi berjalan lancar. Saran Kegiatan seperti outbond dan motivasi ini perlu dilaksanakan secara rutin oleh sekolah dengan materi outbond dan motivasi yang sesuai dengan kondisi kebutuhan siswa. . sesuai dengan rencana. Diharapkan untuk pelaksanaan berikutnya di tahun yang akan datang dapat lebih baik lagi. BAB IV PENUTUP A.

Drs. S. Husain Kamaruddin. 9. Elita Thresiana. S. 2. S.Pd.Pd. Arif Aviandi. S. Hidayah Tri Hastuti.M. M. Sekretaris : Margiyati. Jihad Wintolo. 5. 3. TIM PELAKSANA OUTBOND KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Ketua : Kepala Sekolah Hj. .Pd. Siti Roikhanah.Pd. 10.T.Si. S.I. S. S.Pd. Wargiyana.Pd. 8. S. S..Pd. Sigit Kartika Timoer. Muhammad Al Fatih. M.TH. S. Anggota : 1.Pd.. Indra Oktora. Sutarto 7.Pd. 11. Nurrohman 6. 4. S.

Valent Febrina 8B 1. Bagas Aji Perdana 3. Faden Mardito Iqran 2. Marizal Nur Hidayat 7. Mohammad Tegar Nur H 8. Alvian Dany Pratama 2. Sandya Andika Yudha 5. Berliani Indah Saputri . Fernanda Salsa Queenena Z 3. Anugerah Dutimardela Ayu D 2. Sevri Picko Sanjaya 6. DAFTAR SISWA TIDAK IKUT OUTBOND Kelas Nama 8A 1. Mardhatilah Nur Damayanti 6. Nandya Intan Nuraini 4. Mohammad Robet Bustomi 8C 1. Hana Ramadhani 5. Dara Ayu Justice 4.

Rani Januari Putri JUMLAH 23 siswa GALERI FOTO KEGIATAN Peserta tiba di lokasi Outbond . Irma Nur Azizah 3. 3. Grandia Mirna Julieta 8D 1. Brian Marchellino Kabes 2. Ikhwan Tegar Maulana 2. Muhammad Adzin Syah Syah M 4. Muhammad Afrizal C 8E 1.

Pd. Suasana pembukaan Outbond ..Pembukaan oleh Waka Kesiswaan. M. S.Pd. Ibu Margiyati.

Peserta dan panitia berfoto bersama Game Outbond .

Game Outbond Game Outbond .

Game Outbond Game Outbond .

Game Outbond .

Game Outbond Game Outbond .

Game Outbond Game Outbond .

Ibu Hj.. M. . S. Siti Roikhanah. Pembagian kenang-kenangan Penutupan oleh Kepala Sekolah.Pd.M.