You are on page 1of 19

Kepada Yth

:
Dewan Komisaris dan Direksi
TOKO HERO
Denpasar

Dengan ini kami sampaikan laporan internal audit atas laporan keuangan TOKO HERO bulan
Februari tahun 2017.
Pemeriksaan kami tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan
keuangan periode tersebut. Pemeriksaan kami mencakup fungsi-fungsi akuntansi dan
keuangan perusahaan.Adapun tujuan pemeriksaan tersebut meliputi:
1) Memastikan bahwa setiap orang di dalam perusahaan telah bekerja sesuai dengan
aturan dan prosedur internal yang telah ditetapkan.
2) Mengevaluasi efisiensi, efektivitas, dan ekonomis (kehematan) dari kegiatan operasi
perusahaan dan memberikan saran perbaikan atas kelemahan yang ditemukan selama
proses pemeriksaan atas struktur pengendalian intern.

Dasar, Tujuan dan Ruang Lingkup Pemeriksaan kami sajikan di bagian I, ringkasan hasil
pemeriksaan kami sampaikan dalam bentuk Executive Summary di bagian II, sedangkan
temuan-temuan pemeriksaan dan rekomendasi kami sampaikan dalam Daftar Temuan
Pemeriksaan di bagian III.
Seandainya ada hal-hal yang perlu didiskusikan atau ditindaklanjuti, kami dengan senang hati
bersedia untuk melaksanakan hal tersebut.Selama melaksanakan internal audit ini, kami telah
memperoleh bantuan, dukungan, dan kerjasama yang sangat baik dari Direksi dan Staf
TOKO HERO. Untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih dan kami senantiasa
mengharapkan kerjasama yang lebih baik untuk perbaikan perusahaan kita ke depan.

Internal Auditor
Hero Group Denpasar

Sukartha & Rekan

1

dan ekonomi. efektif. OVERAL AUDIT OBJECTIVES 1) Untuk memeriksa apakah kegiatan usaha perusahaan telah dilaksanakan secara efisien. BAGIAN I DASAR. B. terdapat hambatan dan permasalahan (CAUSES)  Untuk memeriksa pengaruh dari hambatan dan permasalahan tersebut terdapat kinerja fungsi penjualan dan pemasaran (EFFECT) 2) Fungsi Distribusi dan Pergudangan  Untuk mengetahui apakah sudah terdapat kebijakan tertulis mengenai kegiatan distribusi dan pergudangan (CRITERIA). DAN RUANG LINGKUP PEMERIKSAAN 1. 2 . SPESIFIC AUDIT OBJECTIVES 1) Fungsi penjualan dan pemasaran :  Untuk mengetahui apakah sudah terdapat kebijakan tertulis mengenai kegiatan penjualan dan pemasaran (CRITERIA)  Untuk memeriksa apakah kebijakan tersebut sudah dijalankan dengan baik oleh bagian penjualan dan pemasaran  Untuk mengevaluasi apakah kebijakan tersebut sudah cukup baik. dalam arti dapat meningkatkan efisiensi. efektivitas. 2. dan ekonomisan dalam kegiatan fungsi penjualan dan pemasaran  Untuk memeriksa apakah dalam pelaksanaan kegiatan fungsi penjualan dan pemasaran. ketidakaktifan dan ketidakekonomisan dalam kegiatan usaha perusahaan. DASAR PEMERIKSAAN Dasar pemeriksaan kami terhadap manajemen TOKO HERO adalah penugasan dari Komisaris dan Direksi TOKO HERO melalui Rapat pemegang saham dan Direksi bulan Februari 2017. 2) Untuk memberikan saran perbaikan. TUJUAN PEMERIKSAAN A. seandainya selama pemeriksaan ditemukan adanya kelemahan dalam struktur pengendalian intern. TUJUAN.

dan ekonomisan dalam kegiatan fungsi keuangan dan akuntansi  Untuk memeriksa apakah dalam pelaksanaan kegiatan fungsi keuangan dan akuntansi fungsi penjualan dan pemasaran. efektivitas. efektivitas. terdapat hambatan dan permasalahan (CAUSES) yang bisa menyebabkan marginal revenue lebih kecil dari pada marginal distribusi cost  Untuk memeriksa pengaruh dari hambatan dan permasalahan tersebut terdapat kinerja fungsi penjualan dan pemasaran (EFFECT) 3) Fungsi Penagihan  Untuk mengetahui apakah sudah terdapat kebijakan tertulis mengenai pengelolaan piutang dan Penagihannya (CRITERIA)  Untuk memeriksa apakah kebijakan tersebut sudah dijalankan dengan baik oleh fungsi penagihan  Untuk memeriksa apakah dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan piutang dan Penagihannya fungsi penjualan dan pemasaran. terdapat hambatan dan permasalahan (CAUSES) yang bisa menghambat peningkatan profitabilitas dan likuiditas perusahaan 3 . dalam arti dapat meningkatkan efisiensi. terdapat hambatan dan permasalahan (CAUSES)  Untuk memeriksa pengaruh dari hambatan dan permasalahan tersebut terdapat kinerja fungsi penjualan dan pemasaran (EFFECT) 4) Fungsi Keuangan dan Akuntansi  Untuk mengetahui apakah sudah terdapat kebijakan tertulis mengenai fungsi keuangan dan akuntansi (CRITERIA)  Untuk memeriksa apakah kebijakan tersebut sudah dijalankan dengan baik oleh fungsi keuangan dan akuntansi  Untuk mengevaluasi apakah kebijakan tersebut sudah cukup baik. dalam arti dapat meningkatkan efisiensi.  Untuk memeriksa apakah kebijakan tersebut sudah dijalankan dengan baik oleh bagian distribusi dan pergudangan  Untuk mengevaluasi apakah kebijakan tersebut sudah cukup baik. dan ekonomisan dalam kegiatan fungsi distribusi dan pergudangan  Untuk memeriksa apakah dalam pelaksanaan kegiatan fungsi distribusi dan pergudangan.

 Untuk memeriksa pengaruh dari hambatan dan permasalahan tersebut kinerja fungsi keuangan dan akuntansi 5) Fungsi Sumber Daya Manusia. ketidakefektifan komponen ini akan menghapus keuntungan dari komponen-komponen lain. Lingkungan pengendalian menentukan integritas. Fungsi penjualan b. khususnya dibagian keuangan dan gudang  Untuk mengetahui apakah sudah terdapat kebijakan tertulis mengenai fungsi sumber daya manusia (CRITERIA)  Untuk memeriksa apakah kebijakan tersebut sudah dijalankan dengan baik oleh fungsi sumber daya manusia  Untuk mengevaluasi apakah kebijakan tersebut sudah cukup baik. Para pimpinan instansi harus 4 . nilai-nilai etika. 2) Penaksiran risiko bertujuan untuk mengidentifikasi dan menilai risiko yang dihadapi instansi dalam usaha pencapaian tujuan. serta pemantauan. Fungsi penagihan d. Fungsi keuangan dan akuntansi 4. dalam arti meningkatkan kualitas personil perusahaan  Untuk memeriksa apakah dalam pelaksanaan kegiatan fungsi SDM terdapat hambatan dan permasalahan (CAUSES)  Untuk memeriksa pengaruh dari hambatan dan permasalahan tersebut kinerja fungsi sumber daya manusia (EFFECT) 3. Oleh karena itu. dan kompetensi para anggota organisasi. Fungsi distribusi dan pergudangan c. RUANG LINGKUP PEMERIKSAAN Ruang lingkup pemeriksaan kami terhadap manajemen TOKO HERO adalah memeriksa seluruh kegiatan opersaional yang meliputi : a. aktivitas pengendalian. PROSEDUR AUDIT Prosedur audit yang dilaksanakan meliputi: a. Evaluasi atas struktur pengendalian intern (SPI) Evaluasi atas SPI meliputi unsur lingkungan pengendalian. penaksiran risiko. informasi dan komunikasi. 1) Lingkungan pengendalian mencerminkan filosofi dan perilaku (attitude) pimpinan.

Pengujian substantif Teknik-teknik audit yang digunakan: 1) Observasi/pengamatan dan inventarisasi/opname untuk mengumpulkan bukti pengujian fisik. verifikasi. 3) Aktivitas pengendalian mencakup berbagai aktivitas seperti persetujuan. Penyusunan Laporan Audit Laporan audit merupakan laporan yang berisi hasil evaluasi atas SPI perusahaan. dilaksanakan penaksiran risiko untuk menentukan pengelolaannya. c. serta kesesuaian tanggal (dengan pelaksanaan aktivitas). yang akan menghambat usaha pencapaian tujuan. kesahihan. 5) Monitoring adalah komponen pengendalian intern yang bertujuan untuk memantau secara terus-menerus efektivitas sistem pengendalian manajemen. Setelah tujuan tersusun. otorisasi. mengecek kesesuaian angka dengan huruf. pembukuan. dan rekonsiliasi yang dilaksanakan untuk mengendalikan risiko-risiko yang telah teridentifikasi. 4) Informasi dan komunikasi mencakup sistem informasi dan komunikasi. termasuk di dalamnya kebijakan. 2) Verifikasi adalah pengujian secara rinci dan teliti tentang kebenaran. kepemilikan. dan media-media informasi. ketelitian perhitungan. ketepatan nama dan kegunaan (dengan teknik uji). 5 . manual prosedur. sehingga memengaruhi sistem pengendalian manajemen secara parsial maupun menyeluruh. saluran-saluran komunikasi. b. dan eksistensi suatu dokumen. Pemonitoran diperlukan karena kegiatan atau proses-proses organisasi selalu berubah. temuan audit dan rekomendasi atas kelemahan pengendalian yang ditemukan untuk ditindak lanjuti oleh pimpinan perusahaan. Meliputi footing dan crossfooting. menyusun tujuan-tujuan instansi sebelum mengidentifikasi risiko-risiko yang dapat terjadi.

1. Setelah barang keluar dari gudang. dan ekonomis (kehematan) pada fungsi administrasi dan keuangan. tetapi apabila penjualan dilakukan secara kredit maka kredit perlu disetujui oleh AR. Bagian gudang juga mencetak SP/SJ untuk mengantar barang. A. Konsumen (merah) 2. Secara lebih terperinci. Ketika faktur penjualan telah selesai dicetak. Faktur dibuat 3 rangkap yaitu AR (putih). disampaikan temuan-temuan pemeriksaan yang mencakup temuan dan rekomendasi. Penjualan dicatat berdasarkan faktur penjualan. dalam bagian III dari laporan kami. BAGIAN PENJUALAN DAN PIUTANG DAGANG Adapun prosedur secara singkat mengenai penjualan yang dapat kami sampaikan diantaranya sebagai berikut .. Rekapan penjualan akan diperiksa terlebih dahulu oleh bagian administrasi setelah itu dibukukan pihak accounting. maka DO sudah bisa dibawa ke gudang untuk mengambil barang. Pihak counter membuat dan mencetak faktur penjualan serta DO sesuai dengan permintaan customer (program langsung mengurangi stok). Berikut ini kami sampaikan prosedur masing-masing fungsi bagian dan ringkasan temuan pemeriksaan dari masing-masing fungsi yang terdapat di perusahaan yang menurut pendapat kami memerlukan perhatian dari manajemen. efektivitas. baik penjualan tunai maupun penjualan kredit. 3. kemudian AR akan mencatat transaksi penjualan tersebut di kartu piutang berdasarkan faktur penjualan yang telah dibuat. bagian gudang langsung mengurangi stok sesuai dengan jenis dan jumlah barang yang keluar di buku stok (sesuai DO) 4. jangka waktu ketepatan waktunya perlu ditingkatkan. Arsip (kuning). ketepatan waktu dalam penyelesaian laporan keuangan di bulan Februari sekitar tanggal 11 Maret. BAGIAN II EXCECUTIVE SUMMARY Secara umum kami berpendapat bahwa struktur pengendalian intern TOKO HERO sudah cukup baik. kami melihat masih terdapat cukup banyak kesempatan untuk meningkatkan efisiensi. 6 . yang ditunjukkan dengan telah tersajinya laporan keuangan perusahaan serta secara keseluruhan telah menjalankan prosedur yang telah ditetapkan internal. Apabila penjualan dilakukan secara tunai maka pada saat itu juga uang langsung diterima oleh kasir. Demikian pula.

Untuk stok diinput berdasarkan barang yang sudah datang dengan dokumen SJ *untuk GT adanya barang intransit* 7 . transfer. Admin gudang bertugas untuk mengecek. 6. Marketing mengajukan permintaan pembelian barang ke distributor dengan membuat PO. Untuk waker bertugas dalam mengecek. AR membuat tagihan piutang yang akan jatuh tempo untuk dititipkan ke sales dan collector. Bagian sales dan collector menagih piutang yang telah jatuh tempo ke customer. Secara personal terdapat 7 orang yang bertugas di bagian gudang yang terdiri dari 2 orang administrasi gudang dan 5 waker. Pada bagian gudang sudah terdapat program dan kartu stok yang dapat memudahkan dalam pengecekan jumlah stok. Piutang yang telah ditagih oleh collector dan sales langsung dibuatkan tanda terima pembayaran oleh bagian kasir sesuai dengan jumlah dan nama customer yang membayar. BAGIAN GUDANG 1. mencatat. BAGIAN PEMBELIAN DAN UTANG DAGANG Adapun prosedur mengenai pembelian yang dapat kami sampaikan siantaranya sebagai berikut : 1. 7. 2. Tanda terima yang telah dibuat oleh kasir langsung dijadikan acuan oleh AR untuk mengurangi piutang di buku bantu piutang dan di program. Kasir juga menerbitkan bukti penerimaan kas yang berasal dari penjualan tunai dan piutang (baik berupa kas. 5.dan mengeluarkan barang 4. 3. B. Admin gudang juga akan mencocokkan antara kartu stok dengan program C. Pada program stok barang dikeluarkan ketika terjadi penjualan yang otomatis akan mengurangi stok pada program sedangkan pada kartu stok manual berdasarkan dokumen SJ dan DO yang artinya barang sudah dikeluarkan. 6. dan menyampaikan setiap dokumen yang berkaitan dengan barang masuk dan keluar. 5. kemudian terbit SON (sales order notice) 2. Diterima faktur atas pembelian barang beserta barang yang dibeli (disertai SJ) dan dilakukan pembukuan pada bagian accounting yang dicatat sebagai pembelian pada utang dagang. dan BG) yang akan dibawa ke bagian accounting untuk dibukukan. memasukkan. 8.

Bagian pembukuan dan administrasi bertugas untuk mengecek setiap bukti yang diterima dari kasir dan setelah itu oleh pihak accounting melakukan pembukuan (laporan keuangan) 8. 3. BAGIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 1. Ketika barang sudah lengkap beserta dokumen kelengkapannya (PO. Penerimaan bersumber dari penjualan tunai dan pembayaran piutang oleh customer 2. 3. Di Toko Hero terdapat 2 kasir yaitu kas besar dan kecil. Memberikan laporan kepada bagian AR atas penerimaan pembayaran tersebut. Kasir kas besar bertugas untuk menerima dan pembayaran dari konsumen jika membayar langsung ke kantor dan via salesman atau kolektor. 4. Melakukan penyetoran ke bank atas semua penerimaan penjualan 4. Bukti transfer diterima dan accounting melakukan pembukuan. 8 . Yang bertugas pada penerimaan transaksi keuangan adalah kasir. (terutama untuk pembuatan bukti pada mutasi bank) 7. D. membuat laporan atas transfer pembayaran masuk dari konsumen kepada bagian AR 5. Terkadang terjadi keterlambatan dalam pembuatan bukti pada bagian kasir dan tgl pembuatan bukti terkadang tidak sesuai dengan kejadian. Kasir kas kecil bertugas untuk membuat bukti pengeluaran atas biaya operasional kantor sehari-hari. Bukti pengeluaran dan penerimaan kas telah bernomor dan berisi tandatangan 6.SJ. Mencatat dan membuat bukti pengeluaran bank.faktur) lalu atas perintah manajer keuangan. Membuat bukti penerimaan resmi atas pembayaran konsumen. mencatat mutasi bank pada kartu bank setiap hari. Sistem administrasi keuangan telah menggunakan sistem komputerisasi untuk mencatat transaksi di perusahaan tetapi dalam pembukuan (jurnal.buku besar) masih manual tulis tangan.invoice. kasir kas kecil membayar utang sesuai dengan tanggal invoice yang dibayar melalui bank BCA (transfer) dan diotorisasi oleh manajer keuangan. melakukan transfer pembayaran via internet banking ke supplier.

365. Semua sudah disetorkan secara utuh ke bank keesokan harinya.  Sebelum disetorkan ke bank.  Tolakan kliring yang terjadi pada bulan februari sejumlah Rp 41. piutang. 3 TS/BG  Pada kartu BG masih adanya koreksi-koreksi hitung yang perlu lebih teliti dalam memasukkan angka. dan juga ada beberapa pelunasan pinjaman karyawan. dan kesalahan hitung pada jurnal dan buku besar tetapi sudah dilakukan penyesuaian setelah diperiksa.  Pengeluaran kas yaitu hanya ada transaksi setoran tunai ke bank BPD dan BCA.  Setoran ke bank sudah dilakukan oleh pegawai yang bukan pemegang buku piutang 2 KAS KECIL  Untuk bulan februari telah dilakukan pengisian kas kecil pada akhir bulan. BAGIAN III DAFTAR TEMUAN PEMERIKSAAN A.000.00 4. BANK  Setoran tunai kas pada masing-masing bank sudah diperiksa melalui rekening koran dan sudah sesuai dengan laporan yang dibuat  Masih terdapat koreksi kesalahan yang jumlahnya tidak material  Masih sering terjadinya kesalahan seperti double catat. kasir sudah melakukan pengecekan fisik atas kas dan juga menginput penerimaan dari penjualan bengkel top speed yang disetor pada pagi hari. 9 . pencatatan terbalik. Temuan Atas Struktur Pengandalian Internal TOKO HERO NO AKUN TEMUAN 1 KAS  Penerimaan kas berasal dari penjualan tunai.

Untuk bulan februari tidak ada pinjaman dan hanya ada pelunasan 8 STOK  Setiap pengeluaran barang sudah berdasarkan surat jalan (DO) atau sejenisnya yang telah diotorisasi. 10 .5 PIUTANG DAGANG  Penerimaan piutang berasal dari kas.  Terdapat kartu stok yang memang sudah efektif dalam pengawasan keluar masuk barang secara fisik  Dalam kegiatan opname stok terjadi selisih antara pencocokan dengan kartu stok yang kebanyakan karena DO yang belum sempat dikeluarkan pada hari bersangkutan.657. dan accounting.016. 6 PIUTANG GT  Piutang GT yaitu transaksi ppn keluaran dari insentif yang diberikan oleh GT 7 PIUTANG LAIN-LAIN  Piutang lain-lain berasal dari pinjaman karyawan toko hero dan pelunasannya. transfer.00 menjadi Rp 12.557.617.  Dalam kegiatan opname stok terkadang ada beberapa penempatan barang yang kurang rapi mengakibatkan sulitnya melakukan cek fisik.182. Sudah diperiksa antara buku besar dengan yang di aplikasi spt pajak sudah sesuai.  Belum dilakukan penghapusan piutang yang sudah overdue lama.00 dari sebelumnya Rp 11.  PPN keluaran terdiri dari ppn keluaran dari penjualan dan juga ppn dari insentif yang diberikan dari GT.141. 9 PENJUALAN  Penjualan mengalami peningkatan sebesar Rp 1. dan BG yang sudah sesuai dengan bagian kasir.124.060. AR.00  Masih sering terjadinya revisi penjualan yang mengakibatkan laporan di jurnal accounting banyak mengalami penyesuaian.525.

tetapi jumlah total yang diperoleh sama.  Pembelian lainnya pada bulan februari yaitu pembelian inventaris yang terdiri dari 12 kursi training (Bali Furindo) dan finger print (D Tech) untuk Top Speed.829.204.  Pembelian barang dagang mengalami peningkatan sebesar Rp 2. 11 BIAYA  Pencatatan bagian accouting mengenai pos/akun biaya berbeda dengan sistem biaya komputer.00 menjadi Rp 10. dan pemeliharaan kendaraan  11 .00  PPN masukan terdiri dari ppn masukan dari pembelian barang dagang dan dari pembelian inventaris. Indobatt industri permai.775.877. Hal ini terjadi karena ada biaya sewa gedung yang besar di bulan januari (620 juta)  Adapun biaya yang mengalami peningkatan di bulan februari yaitu biaya BBM.00 dari sebelumnya Rp 8.048. dan Niaga energi otomotif. pemeliharaan gedung.276. listrik.635. biaya bulan februari lebih rendah dari biaya bulan januari.10 PEMBELIAN  Pembelian barang dagang bulan februari terdiri dari ban dan part yang pemasoknya yaitu PT Gajah tunggal.839.  Perbandingan total biaya yaitu dari bulan sebelumnya. bongkar (ongkos tukang). hanya saja perbedaan terjadi karena adanya hutang pajak yang masuk pada biaya di accounting (goss up) pada bulan bersangkutan dan juga adanya biaya operasional (intern) yang tidak dimasukkan di sistem. training.499. Ongkos angkut. Serta jumlah antara SPT dan buku besar sudah sesuai. claim.

Kelengkapan dokumen pendukung b.370.083. sebagai berikut:  Uji ketaatan penerimaan kas dilakukan dengan mencocokkan bukti penerimaan kas dengan buku pembantu kas. jurnal dan buku besar. jurnal dan buku besar. 13 UTANG DAGANG  Utang dagang mengalami peningkatan saldo sebesar Rp 2.23.494.950.00 menjadi Rp 14. Pemeriksaan dilakukan dengan memperhatikan: a.  Untuk biaya gaji bulan januari masih terdapat selisih antara buku besar dan SPT karena by pesangon untuk karyawan yang berhenti dimasukkan ke biaya gaji pada buku besar accounting.  Uji kataatan pengeluaran kas dilakukan dengan mencocokkan bukti pengeluaran kas dengan buku pembantu kas.579. Otorisasi 12 .12 PPH  Antara buku besar pph 21. B.25 dan 4(2) sudah dicocokkan dengan SPT setiap bulan dan telah sesuai serta telah dirinci daftar nominatif yang dibuat. Kebenaran perhitungan matematis c.00  Kontrol terhadap pelunasan hutang juga perlu ditingkatkan agar tidak sampai jatuh tempo terlalu jauh. Kas Kami telah melakukan uji ketaatan atas penerimaan dan pengeluaran kas.588.791.685.894.00 dari bulan sebelumnya yaitu Rp 12.

Kebenaran posting ke buku besar dan buku pembantu Cash opname telah dilakukan pada tanggal 5 Februari 2017 pada pukul 09.000. Pemeriksaaan dilakukan dengan mencocokkan buku pembantu bank. Kebenaran nomor akun e.00. 13 . Otorisasi d.00 WITA dengan perolehan jumlah kas sebesar Rp 183. TOKO HERO menggunakan jasa dari 3 Bank. jurnal dan buku besar.295.00. Adapun pemeriksaan selengkapnya dan rincian cash opname telah disajikan pada lampiran 1KK . Adapun perbedaan saldo tersebut dan rincian cash opname telah kami sajikan pada lampiran 1. rekening koran.45 WITA dengan perolehan kas sebesar Rp 16. d. Kebenaran nomor akun e. Kelengkapan dokumen pendukung b. Bank Mega.00. Kebenaran posting ke buku besar Cash opname telah dilakukan pada tanggal 6 Februari 2017 pada pukul 15. Bank Kami telah melakukan pemeriksaan atas saldo bank TOKO HERO untuk Bulan Februari 2017. Pemeriksaaan dilakukan dengan memperhatikan:  Kebenaran saldo debet dan kredit dari masing-masing catatan. Kas Kecil Kami telah melakukan uji ketaatan atas pengeluaran kas kecil.  Kebenaran jurnal dan kelengkapan dokumen.612. Berdasarkan pemeriksaan terdapat selisih perolehan jumlah kas pada saat cash opname dengan buku besar sebesar Rp 500. dan BCA. D. Pemeriksaan dilakukan dengan memperhatikan: a.249.00 Berdasarkan pemeriksaan terdapat selisih perolehan jumlah kas pada saat cash opname dengan buku besar sebesar Rp 255. yaitu Bank Pembangunan Daerah (BPD). Kebenaran perhitungan matematis c. C. sebagai berikut:  Uji kataatan pengeluaran kas kecil dilakukan dengan mencocokkan bukti pengeluaran kas dengan jurnal dan buku besar.

saldo akhir piutang dagang menurut buku besar dan laporan harian kas tidak terdapat selisih. i.  Nomor faktur penjualan dan tanda terima pembayaran. Pemeriksaaan dilakukan dengan mencocokkan faktur penjualan.n Putu Pujana dengan nomor rekening 021420010999990. Adapun selengkapnya telah kami sajikan pada lampiran 3. tanda terima pembayaran. Bank Mega Toko Hero memiliki rekening di Bank Mega a. Pemeriksaaan dilakukan dengan memperhatikan:  Kebenaran jurnal dan kelengkapan dokumen. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Perusahaan memiliki rekening di BPD a. tidakn terdapat perbedaan saldo akhir bulan Februari antara buku besar dengan rekening koran Mega sehingga tidak perlu rekonsiliasi.n Putu Pujana dengan nomor rekening: 0500111000039. Piutang GT dan Piutang Federal Kami telah melakukan pemeriksaan atas saldo piutang TOKO HERO untuk Bulan Februari 2017. Tidak terdapat perbedaan saldo akhir bulan Februari antara buku besar dengan rekening koran BPD maka tidak dilakukan rekonsiliasi ii. jurnal dan buku besar.n Putu Pujana/ Badan Toko Hero dengan nomor rekening 0401585060. tidak terdapat perbedaan saldo akhir bulan Februari antara buku besar dengan rekening koran BCA. E. Pemeriksaaan dilakukan dengan memperhatikan: 14 . Piutang Dagang Kami telah melakukan pemeriksaan atas saldo piutang TOKO HERO untuk Bulan Februari 2017. buku pembantu piutang. Berdasarkan pemeriksaan yang kami lakukan. ii. tanda terima pembayaran.  Kebenaran perhitungan matematis. Piutang i. BCA Pada BCA. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan. perusahaan memiliki rekening a. Pemeriksaaan dilakukan dengan mencocokkan faktur penjualan. Berdasarkan pemeriksaan yang kami lakukan. iii. buku pembantu piutang. jurnal dan buku besar.

 Kebenaran jurnal dan kelengkapan dokumen.00.  Kebenaran jurnal dan kelengkapan dokumen.245. rekening koran. maka tidak terdapat selisih.277.076. F. Piutang Lain-lain Kami telah melakukan pemeriksaan atas saldo piutang TOKO HERO untuk Bulan Februari 2017.00 WITA dengan perolehan jumlah BG fisik senilai Rp 2.287.  Nomor faktur penjualan dan tanda terima pembayaran.625. Kami telah melakukan BG Opname pada tanggal 30 Februari 2017 pada pukul 15. Penjualan 15 .287.00 Hasil perhitungan fisik BG dengan Buku besar menunjukkan saldo sebesar Rp 2. jurnal dan buku besar. Titipan Sementara Kami telah melakukan pemeriksaan atas saldo bank TOKO HERO untuk Bulan Februari 2017. Adapun pemeriksaan selengkapnya telah disajikan pada lampiran 3.376.463.  Kebenaran perhitungan matematis. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan saldo akhir piutang GT per perusahaan dan per audit telah sesuai yaitu sebesar 97.00.277. G. Adapun pemeriksaan selengkapnya telah disajikan pada lampiran 3. Adapun perhitungan mundur titipan sementara yang selengkapnya telah disajikan pada lampiran 4. iii. Pemeriksaaan dilakukan dengan mencocokkan bukti pengeluaran kas.  Kebenaran perhitungan matematis.791. Pemeriksaaan dilakukan dengan memperhatikan:  Kebenaran jurnal dan kelengkapan dokumen.00. Pemeriksaaan dilakukan dengan mencocokkan buku pembantu bank.463.00 begitu pula dengan piutang federal sebesar Rp 3. jurnal dan buku besar. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan saldo akhir piutang lain-lain per perusahaan dan per audit telah sesuai yaitu sebesar Rp 451.000. Pemeriksaaan dilakukan dengan memperhatikan:  Kebenaran saldo debet dan kredit dari masing-masing catatan.

dan oli.560. part. Untuk pemeriksaan atas saldo pembelian selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 6. Berdasarkan pemeriksaan total penjualan per audit dan per perusahaan terdapat selisih sebesar Rp 1. pelumas. pemeriksaan dilakukan dengan memperhatikan:  Kebenaran jurnal dan keterangan dokumen  Pengawasan terhadap Pembelian 16 . buku kas. H.00 . Berdasarkan pemeriksaan tersebut total pembelian per perusahaan dan per audit terdapat selisih sebesar Rp 1. buku besar dan buku pembelian. PPN Masukan Kami telah melakukan Pengujian atas Saldo PPN Masukan secara bersamaan dengan memeriksa bukti pembelian ban.00 Selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 5.365.00. Pembelian Kami telah melakukan uji ketaatan dan uji substantif atas pembelian secara bersamaan dengan memeriksa faktur pembelian dan mencocokkan buku harian. Kami telah melakukan uji ketaatan dan uji substantif atas penjualan secara bersamaan dengan memeriksa faktur penjualan dengan mencocokkan jurnal. dengan mencocokkan jurnal dan buku besar.767.305. pemeriksaan dilakukan dengan memperhatikan:  Kebenaran jurnal dan keterangan dokumen  Pengawasan terhadap pembelian  Otorisasi  Kebenaran terhadap pelaporan PPN Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap saldo pembelian TOKO HERO per Februari 2017. buku besar dan buku pembantu piutang. I.00 dengan jumlah total penjualan sebesar Rp 12. Total pembelian sejumlah Rp 11.925.322. pemeriksaan diakukan dengan memperhatikan:  Kebenaran jurnal dan keterangan dokumen  Otorisasi  Kebenaran nomor faktur dan Nomor Pajak  Kebenaran terhadap pelaporan PPN Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap saldo penjualan TOKO HERO per Februari 2017.

261.00 dengan total ppn masukan sebesar Rp 1. Berdasarkan pemeriksaan.210. Adapun perhitungan mengenai PPN masukan telah kami sajikan pada lampiran 6. pemeriksaan dilakukan dengan memperhatikan:  Kebenaran jurnal dan keterangan dokumen  Pengawasan terhadap Penjualan  Otorisasi  Kebenaran terhadap pelaoran PPN Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap saldo PPN Keluaran TOKO HERO per Februari 2017.040.  Otorisasi  Kebenaran terhadap pelaporan PPN Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap total PPN masukan TOKO HERO per Februari 2017. J. Berdasarkan pemeriksaan total PPN Masukan per klien dan per audit tidak terdapat selisih sebesar Rp 3. K.00. Biaya-Biaya Kami telah melakukan pemeriksaan atas biaya-biaya. Adapun pemeriksaan mengenai PPN keluaran telah kami sajikan dalam lampiran 5.00.193. terdapat selisih sebesar Rp 1. PPN Keluaran Kami telah melakukan pengujian atas saldo PPN keluaran secara bersamaan dengan memeriksa faktur penjualan dengan mencocokkan jurnal dan buku besar.852.00 antara PPN keluaran berdasarkan per perusahaan dan per audit dengan total PPN keluaran sebesar Rp 1. pemeriksaan dilakukan dengan memperhatikan:  Kelengkapan dokumen pendukung  Kebenaran perhitungan matematis  Otorisasi  Kebenaran nomor akun  Kebenaran posting ke buku besar dan buku pembantu 17 .439.

903. Berdasarkan pemeriksaan. Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap biaya-biaya yang terdapat di TOKO HERO.  Nomor faktur penjualan dan tanda terima pembayaran. Semua kendaraan tersebut masih menggunakan atas nama pribadi dimana 1 kendaraan atas nama I Ketut Ananda Kusuma. dengan hasil masih terdapat selisih karena kebanyakan kesalahan operasional seperti tertukar. M. 1 kendaraan atas nama P. 3 pick up. 1 kendaraan atas nama Vanessa Febriana Pujana dan 1 kendaraan yang belum ada BPKBnya.- Hasil stock opname selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 9. Dian Yaniartha. Adapun daftar kendaraan telah kami sajikan pada lampiran 10.697. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) atas kendaraan tersebut. jurnal dan buku besar. dan 1 sepeda motor. buku pembantu utang.. Adapun rician biaya-biaya telah kami sajikan pada lampiran 7. Pemeriksaaan dilakukan dengan mencocokkan faktur pembelian.serta selisih kurang dengan nilai Rp 36.308. Utang Kami telah melakukan pemeriksaan atas saldo utang TOKO HERO untuk Bulan Februari 2017. 18 . L. N. Hasil cek fisik menunjukkan selisih lebih dengan nilai Rp 46. Berdasarkan hasil pemeriksaan. Stock opnme dilakukan pada tanggal 29-30 Februari. saldo akhir semua biaya per perusahaan dan per audit telah sesuai. Persediaan Kami telah melakukan pemeriksaan atas persediaan barang di gudang serta pencocokkan kartu stok di gudang dengan kartu stok di bagian penjualan. Kendaraan Kami telah melakukan pemeriksaan atas kepemilikan kendaraan operasional TOKO HERO. diketahui bahwa terdapat 9 kendaraan yang dimiliki oleh perusahaan dengan rincian 4 truk. Pemeriksaaan dilakukan dengan memperhatikan:  Kebenaran jurnal dan kelengkapan dokumen.355. 1 minibus. Stock opname dilakukan untuk mengetahui kebenaran atas saldo persediaan per Februari 2017. 2 kendaraan atas nama Handi Kristaldi Pujana. 3 kendaraan atas nama Widhy Lesmana.

91. Berdasarkan pemeriksaan penjualan sesuai hasil uji dan penjualan sesuai WP terdapat selisih sebesar Rp 5. Pengujian pembelian selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 13. Pengujian Pembelian Kami telah melakukan uji terhadap kebenaran saldo pembelian TOKO HERO per Februari 2017. P. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan.36.00 dengan saldo sebesar Rp 12.037.  Kebenaran perhitungan matematis.646.00 O. kami menemukan saldo akhir utang dagang bulan Februari 2017 per perusahaan dan per audit terdapat selisih sebesar Rp 2.805. Adapun perhitungan uji arus piutang telah kami sajikan pada lampiran 12. 19 . Pengujian Penjualan Kami telah melakukan uji terhadap kebenaran saldo penjualan TOKO HERO per Februari 2017. Berdasarkan pemeriksaan pembelian sesuai hasil uji dan pembelian sesuai WP terdapat selisih sebesar Rp 1.