You are on page 1of 186

Nama Sekolah : SMK

Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Penerangan Listrik
Kelas / Semester : X/2
Mata Pelajaran : KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK
INSTALASI TENAGA LISTRIK
Jumlah Pertemuan : 7 s/d 8
Standar Kompetensi : Memasang Instalasi Penerangan Listrik
Bangunan Bertingkat.
Kompetensi Dasar : Memasang Panel Hubung Bagi (PHB) instalasi
penerangan 3 fasa
Indikator : 1. Memahami persyaratan pemasangan Panel
Hubung Bagi (PHB) instalasi penerangan 3 fasa
2. Memahami perlengkapan dan peralatan Panel
Hubung Bagi (PHB) instalasi penerangan 3 fasa
3. Melaksanakan pemasangan Panel Hubung Bagi
(PHB) instalasi penerangan 3 fasa

I. Tujuan Pembelajaran
Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar peserta didik :
1. Memiliki kemampuan menguasai dan memahami persyaratan
pemasangan Panel Hubung Bagi (PHB) instalasi penerangan 3 fasa
2. Memiliki kemampuan mengidentifikasikan perlengkapan dan peralatan
Panel Hubung Bagi (PHB) instalasi penerangan 3 fasa
3. Memiliki kemampuan dalam melaksanakan pemasangan Panel Hubung
Bagi (PHB) instalasi penerangan 3 fasa
II. Materi Ajar
Pembelajaran ini mencakup pencapaian kompetensi konsep rangkaian listrik
dengan materi sebagai berikut :
1. Persyaratan pemasangan Panel Hubung Bagi (PHB) 3 fasa
2. Perlengkapan dan peralatan Panel Hubung Bagi (PHB) 3 fasa

3. Pemasangan Panel Hubung Bagi (PHB) 3 fasa

III. Alokasi Waktu : 16 Jam Pelajaran

IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Demonstrasi / peragaan

V. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan
1. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan
kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.
2. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran.
3. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran.
4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik.
6. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan
materi yang akan diberikan.

B. Kegiatan Inti
1. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari.
2. Guru menjelaskan materi tentang pemasangan Panel Hubung Bagi
(PHB), peralatan Panel Hubung Bagi (PHB), pemasangan Panel
Hubung Bagi (PHB).
3. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan.
4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal
materi yang disampaikan guru.
4. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang
diberikan guru.
5. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi
yang diberikan.

6. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang
diberikan.
di ruang praktikum.
8. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat
pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.

C. Penutup
1. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan
cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses
pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume
keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan
pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.
2. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah
disampaikan.
3. Menutup pelajaran dengan berdoa.

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
A. Alat
~ Komputer / Note Book dan LCD
B. Sumber Belajar
 Modul
 Buku – buku yang relevan
 Jobsheet
 Internet
 Wall Chart

VII. Penilaian

Lembaran Soal
Nama : ................................
Kelas : ................................

.. meng-gunakan kotak mesin cuci........ Sebutkan peralatan yang Kipas angin..... Apa fungsi pentanahan Sebagai pengaman dari pada kotak kontak 1 fasa arus bocor pada peralatan 20 ? listrik 4.. Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 1. televisi...Kompetensi Dasar : .. pompa air........ karena menggunakan kotak pengaruh panas dari arus 20 kontak terlalu besar yang mengalir dayanya ? Jumlah Skor Maksimal 100 Jumlah skor didapat Nilai Siswa =  Jumlah skor maksimal . Apa fungsi dari kotak Sebagai sumber tegangan kontak ? listrik yang dipergunakan untuk peralatan listrik yang mengguna-kan kabel 20 penghubung (steker) 2... dll 20 kontak ? 5... Apa yang terjadi bila Akan terjadi kerusakan beban yang pada lapisan luar. Jelaskan kabel yang Kabel merah/kuning/hitam digunakan pada kotak sebagai hantaran fasa dan kontak 1 fasa ? kabel biru sebagai hantaran 20 netral (PUIL 2000) 3....

.... Program Teknik Listrik Guru Produktif Sukardi.. 131864218/153737 NIP/NRK. S.... S.. Mengetahui.... . Jakarta..2011 Ka.... 132063307/155353 ..Pd NIP/NRK......Pd Risma Sianturi.....

Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Diskusi 4. Tanya Jawab 3. Materi Ajar Pembelajaran ini mencakup pencapaian kompetensi konsep rangkaian listrik dengan materi sebagai berikut : 1. Demonstrasi / peragaan V. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Langkah – langkah Pembelajaran A. 5. 2. Metode Pembelajaran 1. Pendahuluan 1. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. Memiliki kemampuan menguasai Melakukan pengujian Instalasi Kabel dan Pemipaan II. Memiliki kemampuan Melakukan pemasangan Instalasi Kabel dan Pemipaan 4.Nama Sekolah :SMK Kompetensi Keahlian:Teknik Instalasi Penerangan Listrik Kelas / Semester :X / 1 dan 2 Mata Pelajaran :KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK Jumlah Pertemuan :9 s/d 12 Standar Kompetensi :Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat. Tujuan Pembelajaran Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar peserta didik : 1. . Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Memahami penggunaan prosedur K3 dalam pemasangan Instalasi Kabel dan Pemipaan 2. Kompetensi Dasar :Memasang instalasi kabel dan pemipaan Indikator : 1. 3. 4. Memahami Instalasi Kabel dan Pemipaan yang sesuai PUIL I. Ceramah 2. Prosedur K3 dalam pemasangan Instalasi Kabel dan Pemipaan 2. Menguasai pemasangan Instalasi Kabel dan Pemipaan 3. Pengetahuan tentang Instalasi Kabel dan Pemipaan III. Memahami penggunaan prosedur K3 dalam pemasangan Instalasi Kabel dan Pemipaan 2. Alokasi Waktu : 32 Jam Pelajaran IV.

. Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa ....... 7. C... 5... Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari........ Alat ~ Komputer / Note Book dan LCD B.. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan.. 6.. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan............... 4....... Kompetensi Dasar : .... Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaikan guru. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru.. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan. Kegiatan Inti 1.......... Penilaian Lembaran Soal Nama : ... 2. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum.. 3.... Menutup pelajaran dengan berdoa. Sumber Belajar  Modul  Buku – buku yang relevan  Jobsheet  Internet  Wall Chart VII.. 6....... 8.. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan.......... Penutup 1... Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.. Pengetahuan tentang Instalasi Kabel dan Pemipaan 3. VI... B. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Kelas : ....... Alat / Bahan / Sumber Belajar A... 2.... Guru menjelaskan materi tentang Prosedur K3 dalam pemasangan Instalasi Kabel dan Pemipaan.

..2011 Ka.. Apa yang dimaksud Peralatan instalasi yang dengan peralatan instalasi dipasang diluar penerangan out. Jakarta. 132063307/155353 .bow ? permukaan 20 dinding/tembok 2....... 131864218/153737 NIP/NRK... Bagaimana cara Dengan menggunakan penyambungan kabel kotak sambung yang pada di luar cocok dengan kanalnya.. S.Pd Risma Sianturi...... Apa keuntungan dipasang Pemasangannya lebih instalasi di luar mudah karena tanpa dinding/tembok ? membongkar 20 dinding/tembok 4.... Bagaimana cara Pemasangaannya harus pemasangan peralatan meng-gunakan kanal instalasi di luar dinding/ supaya terlihat rapi 20 tembok ? 5.1. Jelaskan maksud dan Tujuannya untuk tujuan dipasang instalasi mempermudah perbaikan out-bow pada instalasi karena pemasangan 20 penerangan ? penghantar/kabel berada di luar dinding/tembok 3.... .. Program Teknik Listrik Guru Produktif Sukardi.. 20 dinding/tembok ? sehingga terlihat rapi Jumlah Skor Maksimal 100 Jumlah skor didapat Nilai Siswa =  Jumlah skor maksimal Mengetahui.Pd NIP/NRK. S..

Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Kelas / Semester : X/ 2 Pertemuan Ke : 9 s/d 10 Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menerapkan Pengukuran KomponenElektronika Kompetensi Dasar : Memahami hasil pengukuran Indikator Pencapaian Kompetensi :  Menguasai karakteristik dari komponen R.  Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran.  Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. L dan C  Menguasai prosedur pembuatan tabel hasil pengukuran I. Materi Ajar :  Karakteristik komponen R.  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.  Guru memberikan motivasi kepada siswa.  Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Langkah Pembelajaran :” A. Tujuan Pembelajaran :  Peserta didik dapat memahami hasil pengukuran Komponen R. Kegiatan Inti .  Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. L dan C II. Metode Pembelajaran :  Ceramah  Tanya Jawab  Diskusi  Demonstrasi / peragaan IV. B. Pendahuluan  Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. L dan C  Prosedur pembuatan tabel hasil pengukuran III.

.  Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru... ...... Alat / Bahan / Sumber Belajar : A.  Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan  Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum.. Prosedur pembuatan tabel hasil pengukuran  Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Penutup  Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. C... Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board ~ Papan praktikum B..... L dan C...  Guru menjelaskan materi tentang Karakteristik komponen R.. Sumber Belajar : ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronika VI.  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran..  Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan.. V.  Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari.......... Penilaian : Lembaran Soal Nama : ..  Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru.  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran  Menutup pelajaran dengan bedoa..

... h berapa nilai 20 tahanannya! Resistor terpasang Jumlah Nilai R total totalnya. Resistor berwarna : Nilainya adalah 222ohm atau 2k2 2 Merah......R3 6 ohm........ Besarnya Nilai Kapaitor ditentukan oleh nilai 5 Kapasitor Farad pada jenis kapasitor.... ditentukan oleh 20 nilai besaran apa.. Skor N Skor Soal Uraian Jawaban Sisw o Maks a Apakah rangkaian Rangkaian RLC adalah Suatu 1 R L C itu rangkaian yang terdiri dari Rangkaian 20 Resistor..dan Kapasitor...... Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 ... 3 seri:.... R1+R2+R3=6ohm+4ohm+6ohm=16 R1=6 ohm.... Kompetensi Dasar : ... Bagaimana bila Apabila harga Induktor diperbesar 4 terpasang harga maka akan terjadi Induktansi lebih Induktor/di besar dan akan mengurangi nilai 20 perbesar?..!...Kelas : .R2 4 ohm ohm.........Kumparan/Induktor.......berapa R 20 totalnya..... kapasitif rangkaian.......mera ohm.merah.

Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester : X/ 2 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Pertemuan Ke : 7 s/d 8 Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menerapkan Pengukuran Komponen Elektronika Kompetensi Dasar : Melakukan pengukuran komponen L Indikator Pencapaian Kompetensi :  Mengidentifikasi jenis – jenis komponen L  Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada kompone  Mengidentfikasikan jenis – jenis alat ukur komponen L  Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen L I. Materi Pelajaran :  Jenis – jenis komponen L  Rangkaian seri dan paralel pada komponen L  Jenis – jenis peralatan ukur komponen L  Prosedur penggunan peralatan ukur komponen L . Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat :  Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis komponen L  Memiliki kemampuan Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen L  Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis alat ukur komponen L  Memiliki kemampuan Menguasai Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen L II.

Fungsi utama komponen L ( induktor ) adalah sebagai memperbesar arus dan tegangan yang mengalir.. Langkah Pembelajaran : A. Pendahuluan  Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen L ( induktor ) dihubungkan secara PARALEL adalah : 1/L total = 1/L1 + 1/L2 + 1/L3 +………….Menjelaskan jenis – jenis komponen L ( induktor ) umum digunakan di industry ataupun di laboratorium listrik atau elektronika...+ Ln dimana n adalah jumlah L yang terseri. Macam – macam komponen L ( induktor ) yang berhubungan dengan pengukuran listrik yang ditandai dengan simbol L dengan satuan HENRY. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen L ( induktor ) dihubungkan secara SERI adalah : L total = L1 + L2 + L3 +…………. Adapun rangkaian komponen L ( induktor ) dapat dilakukan dengan merangkai secara SERI ataupun secara PARALEL.  Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.  Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. III. Adapun besar kecilnya komponen L ( induktor ) dapat diketahui selain dengan pengukuran juga dapat diketahui dari jumlah lilitannya.+ 1/Ln dimana n adalah jumlah L yang terparalel. Metode Pembelajaran :  Ceramah  Tanya Jawab  Diskusi  Demonstrasi / peragaan IV. .

Jenis – jenis peralatan ukur komponen L. C.  Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. .  Guru menjelaskan materi tentang Jenis – jenis komponen L.  Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Kegiatan Inti  Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari.  Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru.  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Penutup  Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.  Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan  Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum.  Guru memberikan motivasi kepada siswa.  Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. B.  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Rangkaian seri dan paralel pada komponen L. Prosedur penggunan peralatan ukur komponen L  Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan.

.. Alat / Bahan / Sumber Belajar : A....... Penilaian : Lembaran Soal Nama : . mH 20 L3 = 4 mH .... L2 = 3 mH .. V.................. Sumber Belajar : ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronika VI..... Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board ~ Papan praktikum B......  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran  Menutup pelajaran dengan bedoa. Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 3 buah induktor yang Jawab: 1 dipasang seri masing-masing LT = L1 + L2 + L3 = 9 L1 = 2 mH ........ Kelas : ...............................  Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan............... .. Kompetensi Dasar : ....

14/2 + 1/4 = 4/8 + 8/8 = 20 L2 = 4 mH .66 mH total ? Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 . berapakah L 12/8 = 8/12 = 0. Buatlah gbr rangkaian seri 2 3 buah induktor L1 L2 20 Buatlah gambar rangkaian Jawab : 4 induktor yang dipasang paralel 20 2 buah induktor yang Jawab : 5 dipasang paralel masing – LT = 1/L1 + 1/L2 = masing L1 = 2 mH. Berapakah L pengganti ? Menjelaskan tentang induktor Jawab : 2 yang dipasang seri ? Ujung induktor yang satu dihubung dengan ujung induktor yang lain 20 sehingga tidak terjadi percabangan arus.

Adapun perangkaian komponen C ( capasitor ) dapat dilakukan dengan merangkai secara SERI ataupun secara PARALEL. Macam – macam komponen C ( capasitor ) yang berhubungan dengan pengukuran listrik yang ditandai dengan simbol C dengan satuan FARAD.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester :X/2 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Pertemuan Ke : 5 s/d 6 Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menerapkan Pengukuran Komponen Elektronika Kompetensi Dasar : Melakukan pengukuran komponen C Indikator Pencapaian Kompetensi :  Mengidentifikasi jenis – jenis komponen C  Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen C  Mengidentifikasikan jenis – jenis alat ukur komponen C  Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen C I. Adapun besar kecilnya komponen C ( capasitor ) dapat diketahui selain dengan pengukuran juga dapat diketahui dari gelang – gelangnya.. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen C ( capasitor ) dihubungkan secara PARALEL adalah : C total = C1 + C2 + C3 +………….  Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis alat ukur komponen C  Memiliki kemampuan Menguasai Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen C II. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat :  Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis komponen C  Memiliki kemampuan Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen C. Fungsi utama komponen C ( capasitor ) adalah sebagai penahan atau mengurangi besarnya arus dan tegangan yang mengalir. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen C ( capasitor ) dihubungkan secara SERI adalah : .+ Cn dimana n adalah jumlah C yang terparalel. Materi Pelajaran :  Jenis – jenis komponen C  Rangkaian seri dan paralel pada komponen C  Jenis – jenis peralatan ukur komponen C  Prosedur penggunan peralatan ukur komponen C Menjelaskan jenis – jenis komponen C ( capasitor ) umum digunakan di industry ataupun di laboratorium listrik atau elektronika..

 Guru menjelaskan materi tentang Jenis – jenis komponen C.  Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran.+ 1/Cn dimana n adalah jumlah C yang terseri.  Guru memberikan motivasi kepada siswa. Penutup  Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk . III. Langkah Pembelajaran : A. B. Kegiatan Inti  Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari.. C. Metode Pembelajaran :  Ceramah  Tanya Jawab  Diskusi  Demonstrasi / peragaan IV.  Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.  Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. Pendahuluan  Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.  Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan  Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum.  Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. Jenis – jenis peralatan ukur komponen C. Prosedur penggunan peralatan ukur komponen C  Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan.  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.  Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik.  Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Rangkaian seri dan paralel pada komponen C.1/C total = 1/C1 + 1/C2 + 1/C3 +………….

...... Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board ~ Papan praktikum B.. 20 untuk mengetahui ...... peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.. Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa Kondensator adalah 1 Apakah fungsi komponen elektronik pasif kapasitor? yang berfungsi untuk 20 menyimpan dan menetabilkan arus listrik........ Elko yaitu kondensator 3 Apakah Kondensator yang hanya bisa dikenai Elektrolit itu ?....Kertas dan 20 kapasitor? kondensator Elektrolit.  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran  Menutup pelajaran dengan bedoa........... Sumber Belajar : ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronika VI.... Jenis kapasitor al: 2 Sebutkan 3 jenis Keramic...Mika......... Penilaian : Lembaran Soal Nama : .  Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan...... Kelas : ........ Alat / Bahan / Sumber Belajar : A......... Kompetensi Dasar : ....dan tidak bisa arus AC.......... V.. Alat ukur yang tepat yaitu 4 Sebutkan alat yang tepat Ohm meter.... Positif- 20 Negatif......... arus DC....

! Nilai Kapaitor ditentukan 5 Besarnya Kapasitor oleh nilai Farad pada jenis ditentukan oleh nilai kapasitor.!. 20 besaran apa. kerusakan kondensator. Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 .

Memiliki kemampuan Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen R. 3. Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis komponen R 2. Materi Pelajaran : :  Jenis – jenis komponen R  Rangkaian seri dan paralel pada komponen R  Jenis – jenis peralatan ukur komponen R  Prosedur penggunan peralatan ukur komponen R . Memiliki kemampuan Menguasai Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen R II. Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis alat ukur komponen R 4.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester :X/2 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Pertemuan Ke : 3 s/d 4 Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menerapkan Pengukuran Komponen Elektronika Kompetensi Dasar : Melakukan pengukuran komponen R Indikator Pencapaian Kompetensi :  Mengidentifikasi jenis – jenis komponen R  Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen R  Mengidentifikasikan jenis – jenis alat ukur komponen R  Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen R I. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat : 1.

Pendahuluan 1. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. 2. 3.Menjelaskan jenis – jenis komponen R ( resistor ) umum digunakan di industri ataupun di laboratorium listrik atau elektronika.+ Rn dimana n adalah jumlah R yang terseri. Diskusi 4. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen R ( resistor ) dihubungkan secara PARALEL adalah : 1/R total = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 +…………. Guru memberikan motivasi kepada siswa. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen R ( resistor ) dihubungkan secara SERI adalah : R total = R1 + R2 + R3 +…………. Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. .+ 1/Rn dimana n adalah jumlah R yang terparalel. Demonstrasi / peragaan IV. Adapun besar kecilnya komponen R ( resistor ) dapat diketahui selain dengan pengukuran juga dapat diketahui dari gelang – gelangnya. Adapun perangkaian komponen R ( resistor ) dapat dilakukan dengan merangkai secara SERI ataupun secara PARALEL. Metode Pembelajaran : 1. 4.. Tanya Jawab 3. Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.. Macam – macam komponen R ( resistor ) yang berhubungan dengan pengukuran listrik yang ditandai dengan simbol Ω dengan satuan OHM.. Langkah Pembelajaran : A. III. Fungsi utama komponen R ( resistor ) adalah sebagai penahan atau mengurangi besarnya arus dan tegangan yang mengalir. Ceramah 2.

4. Rangkaian seri dan paralel pada komponen R. 6. 6. 7. 3. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. Penutup 1. 5. Jenis – jenis peralatan ukur komponen R. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. 8. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Guru menjelaskan materi tentang Jenis – jenis komponen R. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran . Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. B. Kegiatan Inti 1. C. 2. 5. 2. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan 7. Prosedur penggunan peralatan ukur komponen R 3. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan.

............... 4..... Kompetensi Dasar : ..... Penilaian : Lembaran Soal Nama : ...... Menutup pelajaran dengan bedoa.................. Sumber Belajar : ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronika VI........... Kelas : ............ Alat / Bahan / Sumber Belajar : A. 20 .................... V.. N Skor Skor Soal Uraian Jawaban o Maks Siswa Apakah fungsi Fungsi Resitor adalah sebagai 1 Resistor? penghambat arus listrik......... Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board ~ Papan praktikum B.

Bagaimana cara Ohm meter harus selalu 5 menggunakan Ohm dikalibrasi. Meter agar ketepatan 20 nilainya sesuai/tepat.merah 2k2 ohm.R3 6 ohm. Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 .merah. Resistor berwarna : Nilainya adalah 222ohm atau 3 Merah. R1+R2+R3=6ohm+4ohm+6ohm R1=6 ohm.sedangkan Potensiometer.R2 4 =16ohm ohm. Potensiometer nilainya bisa 20 diubah.berapa 20 R totalnya. Apa perbedaan resitor Resistor nilainya tahananny 2 konstan dan tidak bisa diubah. berapa nilai 20 tahanannya! Resistor terpasang Jumlah Nilai R total totalnya. 4 seri:.

Adapun fungsi dan sifat . L (induktor). Tujuan Pembelajaran :  Peserta didik dapat memahami peralatan ukur kompon elektronika II. C (capasitor) . Komponen elektronika dasar ini terdiri dari R (resistor) .  Macam – macam komponen elektronika yang berhubungan dengan peralatan listrik yang paling utama.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester :X/2 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Pertemuan Ke : 1 s/d 2 Alokasi Waktu : 15 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menerapkan Pengukuran Komponen Elektronika Kompetensi Dasar : Memahami Peralatan Ukur Komponen Elektronika Indikator : Mengidentifikasi jenis – jenis alat ukur komponen elektronika Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen elektronika Menguasai prosedur keamanan penggunaan alat ukur komponen elektronika I. Materi Pelajaran :  Jenis – jenis alat ukur komponen elektronika  Prosedur penggunaan peralatan ukur komponen elektronika  Prosedur keamanan penggunaan alat ukur komponen elektronika  Menjelaskan jenis – jenis komponen elektronika yang umum digunakan pada industri ataupun di laboratorium listrik dan elektronika. Adapun fungsi dan sifat R adalah untuk hambatan/resistor yang ada pada rangkaian.

Guru memberikan motivasi kepada siswa. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. Guru menjelaskan materi tentang jenis – jenis alat ukur komponen elektronika. Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. . Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. B. 5. Metode Pembelajaran :  Ceramah  Tanya Jawab  Diskusi  Demonstrasi / peragaan IV. Kegiatan Inti 1. C sebagai penyimpan tegangan yang sementara. Adapun fungsi dan sifat L untuk menaikan besarnya arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. 2. Pendahuluan 1. III. Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. 3. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Langkah Pembelajaran : A. 4. Prosedur penggunaan peralatan ukur komponen elektronika. Prosedur keamanan penggunaan alat ukur komponen elektronika 3. 6. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari. 2. 7. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.

Menutup pelajaran dengan bedoa. C. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan 7. 5. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. Alat / Bahan / Sumber Belajar : A. Penutup 1. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran 4. 3. 6. Sumber Belajar : ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika . 2. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. V. Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board ~ Papan praktikum B. 4. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. 8.

. Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa Sebutkanlah jenis-jenis  Resistor 1 komponen elektronika yang  Capasitor 20 sedang dipelajari saat ini!  Induktor Dalam pengukuran  Ketelitian dalam 2 komponen elektronika ada pengukuran beberapa hal yang harus  Keselamatan Kerja diperhatikan........................ ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronika VI........................................ sebutkanlah  Cara mengkalibrasi 20 hal-hal yang harus diperhatikan tersebut ! Jelaskan secara singkat  Resistor = penghambat 3 pengertian-pengertian dari (Tahanan listrik) komponen-komponen  Capasitor = penyimpan elektronika! muatan listrik  Induktor = ukuran 20 kemampuan sebuah induktor untuk membangkitkan suatu .............. Penilaian : Lembaran Soal Nama : .............. Kompetensi Dasar : ... Kelas : ...

yaitu? jelaskan! digelang-gelang resistor tersebut 2. tegangan induksi sebagai akibat dari perubahan arus yang mengalir pada induktor Dalam pengukuran resistor 1. dihitung hambatannya bisa dengan cara menggunakan dengan 2 memperhatikan warna cara. dimana probe + dan – dihubungkan ke kaki-kaki resistor tersebut . dengan menggunakan 20 alat ukur yaitu AVO meter. dengan menggunakan 4 untuk menghitung nilai kode warna.

Jika induktor masih bagus akan menunjukkan nilai tertentu tergantung dengan jumlah lilitan yang ada pada induktor tersebut. kedua ujungnya dihubungkan dengan ohmmeter. Jelaskan teknik pengujian Kerusakan yang sering 5 induktor! terjadi adalah putus. Jika induktor putus maka jarum penunjuk ohmmeter tidak akan bergerak atau menunjukkan nilai tak 20 terhingga.Untuk menguji induktor. Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝑋 10 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 .

Video K3. 3. Perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) digunakan dalam melakukan pekerjaan 2. Penggunaan berbagai jenis peralatan kerja. Pendahuluan 1. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. II. 7. 5. Ceramah. 2. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. 2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. 5. Melaksanakan cara penggunaan perlengkapan K3. Tanya Jawab. III. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. Mengidentifikasi kesesuaian penggunaan peralatan kerja dengan jenis pekerjaan. Demonstrasi/peragaan. Langkah – langkah Pembelajaran A. 3. Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. I. Tujuan Pembelajaran : 1. 4. Peralatan kerja digunakan sesuai dengan fungsinya. . 2. 6. Pemahaman cara penggunaan perlengkapan K3. Metode Pembelajaran : 1.Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Kelas / Semester :X/2 Pertemuan Ke : 8 s/d 9 Alokasi Waktu : 12 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Melakukan pekerjaan mekanik dasar Kompetensi Dasar : Melaksanakan Prosedur K3 Indikator : 1. 2. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. IV. Materi Ajar : 1. Diskusi. 4.

. Guru menjelaskan materi tentang pemahaman cara penggunaan perlengkapan K3.. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum.. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari.. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. 7... Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran... 5. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. Menutup pelajaran dengan bedoa... B. 2.... Sumber Belajar : ̴ Buku Pekerjaan Mekanik Elektro hal... V. Alat / Bahan / Sumber Belajar : A.... 2. Penilaian : Lembaran Soal Nama : . Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. 26 s/d 29 ̴ PUIL 2000 VI. 8... 4.. 8. 3. penggunaan berbagai jenis peralatan kerja.. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD B. Kelas : X (Sepuluh) Kompetensi Dasar : Melakukan Pekerjaan Mekanika Elektro (DKK- 011-04) .. 3.. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. 6.. Kegiatan Inti 1.. C. Penutup 1......

terhadap Untuk mengembalikannya perlu manusia? bantuan dari luar. 2. menentukan arus (I) dan tingkat tahanan (R). yaitu berhentinya ditimbulkan denyut jantung atau denyutan yang bila terjadi sangat lemah sehingga tidak mampu sengatan listrik mensirkulasikan darah dengan baik. langsung. Terbakar akibat efek panas dari listrik. Gagal kerja jantung (Ventricular saja yang Fibrillation). Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 1. bahaya sekunder adalah 20 sebutkan dan bahaya-bahaya yang diakibatkan listrik berikan secara tidak langsung. bahaya listrik 10 bagi manusia dan gambarkan diagramnya! . Gangguan pernafasan akibat 20 kontraksi hebat (suffocation) yang dialami oleh paru-paru 3. 3. Dampak apa 1. contohnya? (a) luka terbakar karena kontak langsung (b) Luka terbakar akibat percikan api (c) Jatuh 2. yaitu bahaya (a) sengatan listrik primer dan (b) kebakaran dan peledakan bahaya sekunder. Kerusakan sel tubuh akibat energi listrik yang mengalir di dalam tubuh. Bahaya listrik Bahaya primer adalah bahaya-bahaya dibedakan yang disebabkan oleh listrik secara menjadi dua. 4. Sebutkan tiga Tiga faktro: faktor yang tegangan (V).

tergencet oleh benda yang berat dll). listrik terpuntir.  Penghantar yang terbuka biasa 30 terjadi pada daerah titik-titik sambungan terminal dan akan sangat membahayakan bagi yang bekerja pada daerah tersebut.  Sambungan listrik yang kendor atau tidak kencang. Gambarkan sistem tegangan rendah yang ada di Indonesia? a) Fasa-Tunggal 20 b) Fasa-Tiga 5. walaupun .4. Sebutkan  Isolasi kabel yang rusak faktor merupakan akibat dari sudah penyebab terlalu tuanya kabel dipakai atau bahaya karena sebab-sebab lain (teriris. khususnya dari bahaya sentuhan langsung. sehingga ada bagian berada yang terbuka dan kelihatan disekitar penghantarnya atau bahkan ada kita! serabut hantaran yang menjuntai.

Ini kalau dibiarkan akan merusak bagian sambungan dan sangat memungkinkan menimbulkan potensi kebakaran. Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 . biasanya tidak membahayakan terhadap sentuhan. namun akan menimbulkan efek pengelasan bila terjadi gerakan atau goyangan sedikit.

Pembuatan jalur pada papan PRT 2. Metode Pembelajaran : 1. Membuat alat dari bahan logam dan non logam untuk keperluan teknik listrik dan elektronika sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 2. Membuat papan rangkaian tercetak (PRT) 5. Peralatan tangan dan mesin dapat digunakan untuk menyelesaikan mekanik listrik. II. 3. Diskusi 4. Materi Ajar : 1. 2. Ceramah 2. Memahami teknik pembuatan pada saat perakitan komponen atau bahan listrik dan elektronika. Membuat gambar jalur diatas bahan transparan. I. Peralatan tangan dan mesin digunakan untuk membuat alat dari bahan logam dan non logam untuk keperluan teknik listrik dan elektronika sesuai dengan SOP pekerjaan mekanik listrik dan elektronika. 3. Melakukan pekerjaan pengeboran 4. 4. Tujuan Pembelajaran : 1. Merencanakan perakitan dan pembuatan alat listrik dan elektronika menggunakan berbagai media. Teknik pembuatan PRT dipahami sesuai dengan prosedur dan ketentuan. Langkah – langkah Pembelajaran A. Melakukan pekerjaan penyolderan III. Tanya Jawab 3. Demonstrasi / peragaan IV.Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Kelas / Semester :X/2 Pertemuan Ke : 5 s/d 7 Alokasi Waktu : 18 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Melakukan pekerjaan mekanik dasar Kompetensi Dasar : Menggunakan peralatan tangan dan mesin untuk : Menyelesaikan pekerjaan mekanik listrik Indikator : 1. Melakukan pekerjaan pelapisan 5. Pendahuluan . Melakukan pekerjaan untuk proses pengetsaan (Etching) 3.

Kegiatan Inti 1. melakukan pekerjaan penyolderan. Penutup 1. 6. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. 2. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. 1. 8. 3. 5. 2. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD . Menutup pelajaran dengan bedoa. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. 4. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. C. 2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. 7. melakukan pekerjaan untuk proses pengetsaan (Etching). Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Alat / Bahan / Sumber Belajar : A. melakukan pekerjaan pengeboran. 6. 7. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. 5. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan. V. B. 8. Guru menjelaskan materi tentang pembuatan jalur pada papan PRT. 3. 3. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. melakukan pekerjaan pelapisan. 4.

.... Penilaian : Lembaran Soal Nama : .. PRT? 2. 3.. B..... Jelaskan pembuatan jalur Cara tidak langsung layout pada PRT dengan berarti pembuatan jalur cara tidak langsung? dilakukan melalui pemindahan gambar 20 (transfer) yang telah dibuat sebelumnya dengan proses foto......... Jarak antarjalur tidak terlalu renggang atau terlalu rapat.id VI..co....... Sumber Belajar : ~ Buku Pekerjaan Mekanik Elektro hal.wikipedia.. Diusahakan tidak ada jalur yang mempunyai sudut lancip atau tegak lurus karena akan bersifat frekuensi tinggi dengan arus yang relatif . 69 s/d 75 ~ Joobsheet ~ www. 69 s/d 70 ~ Buku Keterampilan Elektronika hal.. 20 3.. 2. Penempatan tata letak diperhatikan dalam komponen tersusun pembuatan gambar jalur rapih. Jelaskan pembuatan jalur Cara langsung berarti layout pada PRT dengan penggambaran jalur cara langsung? (layout PRT) dilakukan 20 langsung menggunakan spidol anti air. Kelas : X (Sepuluh) Kompetensi Dasar : Melakukan Pekerjaan Mekanika Elektro (DKK- 011-04) Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 1. Jelaskan hal yang perlu 1....

4. Panas atau daya proses penyolderan yang solder. Mata solder yang dipakai sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya terlebih dahulu dibersihkan dengan menggunakan karet penghapus tinta yang mengandung serbuk kaca. besar. Bentuk mata solder. Karakter bidang solder. Jelaskan tujuan dari Tujuan dari proses poses pelapisan pada pelapisan ini adalah PRT? melapisi jalur dengan perak agar tidak mudah 20 terkena korosi (karat) akibat oksidasi antara tembaga dan udara. Jelaskan kriterian dari 1. biasanya berwarna abu-abu. memenuhi syarat? Panas yang memenuhi persyaratan untuk komponen elektronika adalah sekitar 3600 Fahrenheit atau identik dengan daya 30 s/d 40 watt. 4. 5. Karakteristik timah yang dipakai adalah 20 yang mempunyai perbandingan 60 : 40 yang akan menghasilkan solderan yang baik dan mengikat. Timah solder. 2. Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 . 3.

6. Mempelajari cara kerja adaptor berdasarkan skema blok. Menjelaskan tentang penyearah gelombang. Tujuan Pembelajaran : 1. III. 5. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. penyearah setengah gelombang. 4. 4. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. Metode Pembelajaran : 1. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. penyearah gelombang penuh. Diskusi 4. Menjelaskan penurunan tegangan pada adaptor. Demonstrasi / peragaan IV. I. 7. 3. . 3.Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Kelas / Semester :X/2 Pertemuan Ke :4 Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Melakukan pekerjaan mekanik dasar Kompetensi Dasar : Menggunakan peralatan tangan dan mesin untuk : menyelesaikan pekerjaan mekanik listrik Indikator : 1. 2. Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Ceramah 2. Dasar-dasar perakitan dan komponen listrik dan elektronika dipahami sesuai dengan fungsi dan ketentuan. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. penyearah jembatan. II. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Membuktikan bahwa adaptor mengubah AC ke DC. 2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. 2. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Membuktikan fungsi kondensator filter. Materi Ajar : 1. Pendahuluan 1. Macam-macam rangkaian filter. Langkah – langkah Pembelajaran A. Menjelaskan bagian iput tegangan pada adaptor. 8. 3. Tanya Jawab 3.

Alat / Bahan / Sumber Belajar : A.. 3. penyearah gelombang penuh. penyearah jembatan.. 7. Guru menjelaskan materi tentang menjelaskan bagian iput tegangan pada adaptor. 4..... 5. 71 s/d 90 ~ Buku Keterampilan Elektronika hal. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari. 2. Menutup pelajaran dengan bedoa.... Penutup 1. B. Sumber Belajar : ~ Buku Pekerjaan Mekanik Elektro hal. 2... Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan... Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru.. 44 s/d 61 ~ Joobsheet ~ www. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.. macam-macam rangkaian filter... Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. menjelaskan tentang penyearah gelombang. Kegiatan Inti 1. C.. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.. 6.. V.co... Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru.id VI. penyearah setengah gelombang... 3.. menjelaskan penurunan tegangan pada adaptor.. 8... Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD B. Kelas : X (Sepuluh) . Penilaian : Lembaran Soal Nama : . Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan....wikipedia.

0. Jepit buaya 10. komponen. Kabel Jelaskan Sekring adalah suatu komponen yang 3. Dioda 2. Kapasitor komponen 3. Lampu pilot 8. Sebutkan 1. Sekring (Fuse) 20 9. Inti (plat besi. Gulungan kawat sekunder.udara).Kompetensi Dasar : Melakukan Pekerjaan Mekanika Elektro (DKK- 011-04) Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Mak Sisw s a Sebutkan 3 1. 3A.5A. Gulungan kawat primer. D1. Steker 11. Baut 12. 1. atau disebut juga sebagai pembatas arus. Resistor pembuat adaptor? 4. Gambarkn 4.misalnya 0. Saklar putar 7. Saklar geser 6. pengertian dari berfungsi sebagai alat pengaman Sekring (Fuse)? aliran listrik. 20 Kemampuan sekring untuk dapat dilalui arus biasanya ditulis langsung pada sekring tersebut. 10 transformator? 3. 2. Transistor 5. 2A. jalannya aliran arus listrik mengalir dari ujung lilitan 20 bawah sekunder melalui beban. Sekrup 13.2A. dan kembali ke lilitan bawah sekunder? . ferit. bagian dari 2. 5A. D2.

dan capacitorny a dibesarkan? Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 . output penyearah setengah gelombang tanpa capacitor. Gambarkan 5. 30 capacitor ditambahkan .

III. Memiliki kemampuan untuk mengetahui hasil pengukuran uji komponen. Diskusi 4.Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Kelas / Semester :X/2 Pertemuan Ke : 1 s/d 3 Alokasi Waktu : 18 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Melakukan pekerjaan mekanik dasar Kompetensi Dasar : Menggunakan peralatan tangan dan mesin untuk : Menyelesaikan pekerjaan mekanik listrik Indikator : 1. 2. Ceramah 2. Materi Ajar : 1.Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Langkah – langkah Pembelajaran A. Tanya Jawab 3. Teknik pembuatan. I. 3. Memahami teknik perakitan dan pengujian bahan atau komponen untuk keperluan teknik listrik dan elektronika. Peralatan tangan dan mesin digunakan untuk membuat alat dari bahan logam dan non logam untuk keperluan teknik listrik dan elektronika sesuai dengan SOP pekerjaan mekanik listrik dan elektronika. Dasar-dasar perakitan dan uji coba bahan dan komponen listrik dan elektronika dipahami sesuai dengan fungsi dan ketentuan. 2. Tujuan Pembelajaran : 1. Teknik perakitan dan pengujian bahan atau komponen listrik dan elektronika. 2. Metode Pembelajaran : 1. 2. . Demonstrasi / peragaan IV. Pendahuluan 1. II. pengukuran dan pembentukan bahan atau komponen listrik dan elektronika. 3.Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Memahami teknik pembuatan dan pengukuran pada saat perakitan komponen atau bahan listrik dan elektronika.

Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. C. Alat / Bahan / Sumber Belajar : A. V. 8.id . 5.Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. 4. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. 2. 71 s/d 90 ~ Buku Keterampilan Elektronika hal.Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. 53 s/d 61 ~ Joobsheet ~ www. 6. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. 7.Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. 6. Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD B.co. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan 7. Guru menjelaskan materi tentang teknik pengukuran dan pembentukan bahan atau komponen listrik dan elektronika. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Penutup 1. Menutup pelajaran dengan bedoa. 5.Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. 3. Kegiatan Inti 1. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. 8. 4. teknik perakitan dan pengujian bahan atau komponen listrik dan elektronika. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. 3.wikipedia.Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. B. 2. Sumber Belajar : ~ Buku Pekerjaan Mekanik Elektro hal. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari.

. Sebutkan 3 bagian dari 1.... transformator? 2. 4. 3..... ferit... Gambarkan simbol berbagai jenis dioda! 10 .. Penilaian : Lembaran Soal Nama : ....VI. 3.udara)... Kelas : X (Sepuluh) Kompetensi Dasar : Melakukan Pekerjaan Mekanika Elektro (DKK- 011-04) Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 1. 5.. 5 2. Meratakan arus DC pada penyearah arus.... Apa pengertian dari Dioda adalah komponen Dioda? elektronika yang hanya memperbolehkan arus listrik 5 mengalir dalam satu arah sehingga dioda biasa disebut juga sebagai “Penyearah”... Inti (plat besi. Mengontrol frekuensi rangkaian isolator. b... Sebutkan fungsi dari a. d. 5 c. Gulungan kawat primer....... Apa yang dimaksud Adalah komponen elektronika dengan kondensator? yang dapat menyimpan muatan listrik. Gulungan kawat 5 sekunder. Menyimpan muatan listrik. Memisahkan arus AC dan Kondensator! arus DC..

Dioda komponen pembuat 2. Sebutkan pengertian Transistor merupakan dari transistor? komponen aktif yang terbuat dari bahan semikonduktor dan memegang peranan penting dalam suatu rangkaian elektronika. Sekring (Fuse) 9. Kapasitor adaptor? 3. Pada umumnya transistor digunakan sebagai penguat (amplifier) dan transistor juga dapat berfungsi sebagai sakelar 10 7. Sekrup 13. 1. Lampu pilot 10 8. Baut 12. Saklar geser 6. Steker 11. Sebutkan komponen. Transistor 5. Jelaskan pengertian Sekring adalah suatu dari Sekring (Fuse)? komponen yang berfungsi 10 sebagai alat pengaman aliran listrik. Kabel 8. Saklar putar 7. atau disebut juga . Jepit buaya 10.6. Resistor 4.

2A. Kuning . kΩ ± 10% 3. 200 104 Ω ± 10% = kuning – perak. 47000 Ω ± 10% = 47 k orange – emas.0022 µF 47000 pF= ..2 µF 20 2200 pF= . Ω ± 10% 4.098 kΩ – hitam – emas. 10 µF= .misalnya 0. µF 0. nF 10 x 103 nF 100 µF= . Tentukan nilai resistor Jawab: berikut ini: 1. 9.ungu – 3.. 0...5A. 98 Ω ± 5% = 0.. µF 0.. Merah – hitam – 4.. 560 Ω ± 10% = 0.. 5A. Kemampuan sekring untuk dapat dilalui arus biasanya ditulis langsung pada sekring tersebut. pF 100 x 106 pF 200 nF= . sebagai pembatas arus. Hijau – biru – 2. µF 0.. ± 5% 2. 2A. 3A.. 200 kΩ ± 10% Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 . Putih – abu-abu 1.047 µF 10.56 20 coklat – perak.

Materi Ajar :  Karakteristik komponen R.Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Kelas / Semester : X/ 2 Pertemuan Ke :9 Alokasi Waktu : 5 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menerapkan Pengukuran Komponen Elektronika Kompetensi Dasar : Memahami hasil pengukuran ************************************************************************************ ************ Indikator :  Menguasai karakteristik dari komponen R. Kegiatan Pembelajaran :” A. Metode Pembelajaran :  Ceramah  Tanya Jawab  Diskusi  Demonstrasi / peragaan IV. Tujuan Pembelajaran :  Peserta didik dapat memahami hasil pengukuran Komponen R. L dan C II. L dan C  Prosedur pembuatan tabel hasil pengukuran III. L dan C  Menguasai prosedur pembuatan tabel hasil pengukuran I. Kegiatan awal ( 15 Menit) Apersepsi : .

Elaborasi (170 menit)  Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. Kegiatan Inti Explorasi (20 Menit):  Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari.  Guru menjelaskan materi tentang Karakteristik komponen R.  Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan  Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum.  Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.  Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. B. Prosedur pembuatan tabel hasil pengukuran  Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. . L dan C.  Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru.  Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik.  Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran.  Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Motivasi (10 menit) :  Guru memberikan motivasi kepada siswa.  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.

. C............... Alat / Bahan / Sumber Belajar : A... V............. Kelas : .. Kegiatan Akhir...................  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.  Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan....  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran  Menutup pelajaran dengan bedoa... ..... Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board ~ Papan praktikum B.. Penilaian : Lembaran Soal Nama : ..... Konfirmasi (20 menit) :  Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Sumber Belajar : ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronika VI.

.. mengurangi nilai kapasitif rangkaian....me 20 rah berapa nilai tahanannya! Resistor Jumlah Nilai R total totalnya. Bagaimana bila Apabila harga Induktor 4 terpasang harga diperbesar maka akan terjadi Induktor/di Induktansi lebih besar dan akan 20 perbesar?.... 3 terpasang seri:.. Merah.....R2 4 16ohm ohm... R1+R2+R3=6ohm+4ohm+6ohm= R1=6 ohm..R3 6 ohm...Kompetensi Dasar : .. 20 ..berapa R 20 totalnya..... Besarnya Nilai Kapaitor ditentukan oleh 5 Kapasitor nilai Farad pada jenis kapasitor.dan Kapasitor.Kumparan/Induktor. Resistor Nilainya adalah 222ohm atau 2k2 2 berwarna : ohm.. Skor N Skor Soal Uraian Jawaban Sisw o Maks a Apakah Rangkaian RLC adalah Suatu 1 rangkaian R L C rangkaian yang terdiri dari itu Rangkaian 20 Resistor..merah......

Program Teknik Listrik Guru Mata Pelajaran Dr.H. ditentukan oleh nilai besaran apa. Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 Jakarta.Sugiarto M.16 Juni 2011 Mengetahui: Ka.!. Mutalina Indah NIP:196002241985031007 NIP:196604242000122001 .Ed Dra.

Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester : X/ 2 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Pertemuan Ke : 7 s/d 8 Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Memahami Pengukuran Komponen Elektronika Kompetensi Dasar : Melakukan pengukuran komponen L ************************************************************************************* *********** Indikator :  Mengidentifikasi jenis – jenis komponen L  Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada kompone  Mengidentfikasikan jenis – jenis alat ukur komponen L  Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen L I. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat :  Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis komponen L  Memiliki kemampuan Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen L  Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis alat ukur komponen L  Memiliki kemampuan Menguasai Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen L II. Materi Pelajaran :  Jenis – jenis komponen L  Rangkaian seri dan paralel pada komponen L  Jenis – jenis peralatan ukur komponen L  Prosedur penggunan peralatan ukur komponen L .

III. Adapun besar kecilnya komponen L ( induktor ) dapat diketahui selain dengan pengukuran juga dapat diketahui dari jumlah lilitannya.Menjelaskan jenis – jenis komponen L ( induktor ) umum digunakan di industry ataupun di laboratorium listrik atau elektronika. Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa:  Jujur menjelaskan fungsi alat ukur listrik ohmmeter untuk mengukur rangkaian L  Terampil menggunakan alat ukur listrik Voltmeter Untuk mengkukur brangkaian L  Mandiri mengoperasikan alat ukur listrik pada Rangkaian Induktor” L”  Cakap mengukur Tegangan inductor L dengan alat ukur Osiloscope...+ Ln dimana n adalah jumlah L yang terseri. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen L ( induktor ) dihubungkan secara SERI adalah : L total = L1 + L2 + L3 +………….+ 1/Ln dimana n adalah jumlah L yang terparalel.1 Metode Pembelajaran :  Ceramah  Tanya Jawab  Diskusi  Demonstrasi / peragaan . Macam – macam komponen L ( induktor ) yang berhubungan dengan pengukuran listrik yang ditandai dengan simbol L dengan satuan HENRY.. VI. Fungsi utama komponen L ( induktor ) adalah sebagai memperbesar arus dan tegangan yang mengalir. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen L ( induktor ) dihubungkan secara PARALEL adalah : 1/L total = 1/L1 + 1/L2 + 1/L3 +…………. Adapun rangkaian komponen L ( induktor ) dapat dilakukan dengan merangkai secara SERI ataupun secara PARALEL.

Jenis – jenis .  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti Explorasi (20 menit) :  Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari. Kegiatan awal Apersepsi (15 menit):  Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. B. Motivasi ( 15 Menit ) :  Guru memberikan motivasi kepada siswa.Model Pembelajaran  ThinkQuest  Diskusi  Kerja Praktek  Pelaporan IV.  Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik.  Guru menjelaskan materi tentang Jenis – jenis komponen L. Kegiatan Pembelajaran : A. Rangkaian seri dan paralel pada komponen L. 2.  Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.  Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan.  Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran.

 Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran  Menutup pelajaran dengan bedoa. V.  Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. peralatan ukur komponen L.  Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. C. Prosedur penggunan peralatan ukur komponen L  Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Alat / Bahan / Sumber Belajar : .  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.  Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. Elaborasi (160 menit) :  Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan  Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. Kegiatan Akhir Konfirmasi :  Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.

............... Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 3 buah induktor yang Jawab: 1 dipasang seri masing.... Kelas : ....... Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board ~ Papan praktikum B. A...................... Sumber Belajar : ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronika VI............ LT = L1 + L2 + L3 = 9 mH masing L1 = 2 mH ... Berapakah L pengganti ? Menjelaskan tentang Jawab : ....... L2 = 3 mH ........... 20 L3 = 4 mH .......... Kompetensi Dasar : ... Penilaian : Lembaran Soal Nama : .........

Buatlah gbr rangkaian L1 L2 3 seri 2 buah induktor 20 Buatlah gambar Jawab : 4 rangkaian induktor yang dipasang paralel 20 2 buah induktor yang Jawab : 5 dipasang paralel LT = 1/L1 + 1/L2 = masing –masing L1 = 2 14/2 + 1/4 = 4/8 + 8/8 = mH. berapakah L total ? Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝑋 10 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 .66 mH 20 L2 = 4 mH .2 induktor yang dipasang Ujung induktor yang satu 20 seri ? dihubung dengan ujung induktor yang lain sehingga tidak terjadi percabangan arus. 12/8 = 8/12 = 0.

Ed Dra. Jakarta. 16 Juni 2011 Mengetahui: Kepala Sekolah : Guru Mata Pelajaran Dr.H. Mutalina Indah NIP:196002241985031007 NIP:196604242000122001 .Sugiarto M.

 Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis alat ukur komponen C  Memiliki kemampuan Menguasai Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen C II. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat :  Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis komponen C  Memiliki kemampuan Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen Capasitor “C”. Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester :X/2 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Pertemuan Ke : 5 s/d 6 Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menerapkan Pengukuran Komponen Elektronika Kompetensi Dasar : Melakukan pengukuran komponen C ************************************************************************************* *********** Indikator :  Mengidentifikasi jenis – jenis komponen C  Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen C  Mengidentifikasikan jenis – jenis alat ukur komponen C  Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen C I. Materi Ajar :  Jenis – jenis komponen C  Rangkaian seri dan paralel pada komponen C  Jenis – jenis peralatan ukur komponen C  Prosedur penggunan peralatan ukur komponen C ..

. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen C ( capasitor ) dihubungkan secara SERI adalah : 1/C total = 1/C1 + 1/C2 + 1/C3 +…………. Metode Pembelajaran : Ceramah  Tanya Jawab  Diskusi  Demonstrasi / peragaan 2.Model Pembelajaran . Adapun besar kecilnya komponen C ( capasitor ) dapat diketahui selain dengan pengukuran juga dapat diketahui dari gelang – gelangnya. III.. Adapun perangkaian komponen C ( capasitor ) dapat dilakukan dengan merangkai secara SERI ataupun secara PARALEL. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen C ( capasitor ) dihubungkan secara PARALEL adalah : C total = C1 + C2 + C3 +…………. 1.Nilai Budaya dan Karakter Bangsa  Cakap menjelaskan capasitor dengan benar  Jujur menjelaskan fungsi alat ukur listrik ohmmeter  Terampil menggunakan alat ukur listrik Voltmeter  Mandiri mengoperasikan alat ukur listrik CRO VI. Macam – macam komponen C ( capasitor ) yang berhubungan dengan pengukuran listrik yang ditandai dengan simbol C dengan satuan FARAD.+ Cn dimana n adalah jumlah C yang terparalel.+ 1/Cn dimana n adalah jumlah C yang terseri. Fungsi utama komponen C ( capasitor ) adalah sebagai penahan atau mengurangi besarnya arus dan tegangan yang mengalir..Menjelaskan jenis – jenis komponen C ( capasitor ) umum digunakan di industry ataupun di laboratorium listrik atau elektronika.

 Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran.  Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik.  Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Kegiatan Awal: Apersepsi :(15 menit)  Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.  ThinkQuest  Kerja Praktek  Diskusi  Pelaporan IV. Motivasi (15)  Guru memberikan motivasi kepada siswa.  Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. B. Langkah Pembelajaran : A. Kegiatan Inti .

Explorasi :(15 menit)  Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari. Prosedur penggunan peralatan ukur komponen C  Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan.  Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan  Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. Kegiatan Akhir Konfirmasi :(20 menit)  Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Rangkaian seri dan paralel pada komponen C. Elaborasi (160 menit)  Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru.  Guru menjelaskan materi tentang Jenis – jenis komponen C.  Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. . Jenis – jenis peralatan ukur komponen C.  Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan.  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. C.

...... Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa Kondensator adalah 1 Apakah fungsi komponen elektronik kapasitor? pasif yang berfungsi 20 untuk menyimpan dan menetabilkan arus listrik................ Kelas : .. Penilaian : Lembaran Soal Nama : ... ..  Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran  Menutup pelajaran dengan bedoa........................ V.......... Alat / Bahan / Sumber Belajar : A. Sumber Belajar : ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronik VI..... Kompetensi Dasar : .......................... Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board ~ Papan praktikum B........

Kertas kapasitor? dan kondensator 20 Elektrolit. arus DC. 20 besaran apa.!. 16 Juni 2011 Mengetahui: Kepala Sekolah: Guru Mata Pelajaran Dr.! Nilai Kapaitor ditentukan 5 Besarnya Kapasitor oleh nilai Farad pada ditentukan oleh nilai jenis kapasitor. Positif- 20 Negatif.dan tidak bisa arus AC. Mutalina Indah NIP:196002241985031007 NIP:196604242000122001 .Mika. Elko yaitu kondensator 3 Apakah Kondensator yang hanya bisa dikenai Elektrolit itu ?.H.Sugiarto M. Jenis kapasitor al: 2 Sebutkan 3 jenis Keramic. tepat untuk mengetahui 20 kerusakan kondensator. Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 Jakarta. Alat ukur yang tepat 4 Sebutkan alat yang yaitu Ohm meter.Ed Dra.

Memiliki kemampuan Menguasai Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen R II. 7. Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis komponen R 6. Memiliki kemampuan Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen Resistor. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat : 5. Memiliki kemampuan Mengidentifikasi jenis – jenis alat ukur komponen R 8.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester :X/2 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Pertemuan Ke : 3 s/d 4 Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Memahami Pengukuran Komponen Elektronika Kompetensi Dasar : Melakukan pengukuran komponen R *********************************************************************************** Indikator : :  Mengidentifikasi jenis – jenis komponen R  Menguasai konsep rangkaian seri dan paralel pada komponen R  Mengidentifikasikan jenis – jenis alat ukur komponen R  Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen R I. Materi Pelajaran : :  Jenis – jenis komponen R  Rangkaian seri dan paralel pada komponen R  Jenis – jenis peralatan ukur komponen R  Prosedur penggunan peralatan ukur komponen R . “R”.

. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen R ( resistor ) dihubungkan secara PARALEL adalah : 1/R total = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 +………….+ 1/Rn dimana n adalah jumlah R yang terparalel. III. Ceramah 6. Adapun perangkaian komponen R ( resistor ) dapat dilakukan dengan merangkai secara SERI ataupun secara PARALEL. Adapun besar kecilnya komponen R ( resistor ) dapat diketahui selain dengan pengukuran juga dapat diketahui dari gelang – gelangnya. Demonstrasi / peragaan ..+ Rn dimana n adalah jumlah R yang terseri. Macam – macam komponen R ( resistor ) yang berhubungan dengan pengukuran listrik yang ditandai dengan simbol Ω dengan satuan OHM.. Adapun rumus dalam rangkaian apabila komponen R ( resistor ) dihubungkan secara SERI adalah : R total = R1 + R2 + R3 +…………. Diskusi 8. IV. Nilai Budaya dan Karakter Bangsa  Disiplin mendiskripsikan alat ukur listrik  Jujur menjelaskan fungsi alat ukurlistrik Ohmeter  Terampil mngoperasikan alat ukur listrik Ohmmeter  Mandiri mengopera alat ukur CRO untuk mengukur rangkaian Resistor  Bekerja keras membuat rangkaian Resistor. Fungsi utama komponen R ( resistor ) adalah sebagai penahan atau mengurangi besarnya arus dan tegangan yang mengalir. Metode Pembelajaran : 5.Menjelaskan jenis – jenis komponen R ( resistor ) umum digunakan di industri ataupun di laboratorium listrik atau elektronika. Tanya Jawab 7.

V. 10. Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Rangkaian seri dan paralel pada komponen R. 14. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. 10. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. 9. Kegiatan awal : Apersepsi:(15 menit) 8. Guru menjelaskan materi tentang Jenis – jenis komponen R. 13. Kegiatan Inti Explorasi :(20 menit) 9. Elaborasi :(160 menit) . Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari. Motivasi :(15 menit) 11. Prosedur penggunan peralatan ukur komponen R 11. Jenis – jenis peralatan ukur komponen R. 12. Guru memberikan motivasi kepada siswa. B. Kegiatan Pembelajaran : A.

Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan 15. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. 12. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran 8. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Sumber Belajar : . 6. Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board ~ Papan praktikum B. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. 13. 14. 16.. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya dan mendiskusikan perihal materi yang disampaiakan guru. VI. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. Alat / Bahan / Sumber Belajar : A. 7. Menutup pelajaran dengan bedoa. C. Kegiatan akhir: Konfirmasi :(20 menit) 5.

... Kelas : .. Resistor berwarna : Nilainya adalah 222ohm atau 2k2 3 Merah..............R3 R1+R2+R3=6ohm+4ohm+6ohm=16 20 6 ohm.................... 4 R1=6 ohm....merah....... 5 menggunakan Ohm Meter agar ketepatan 20 nilainya sesuai/tepat. 20 Apa perbedaan resitor Resistor nilainya tahananny tidak 2 konstan dan bisa diubah.. ......... Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa Apakah fungsi Resistor? Fungsi Resitor adalah sebagai 1 penghambat arus listrik..berapa R totalnya. ohm Bagaimana cara Ohm meter harus selalu dikalibrasi... ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronika VII... Penilaian : Lembaran Soal Nama : ....merah ohm..... 20 berapa nilai tahanannya! Resistor terpasang seri:.... Potensiometer nilainya bisa diubah....... Jumlah Nilai R total totalnya............sedangkan 20 Potensiometer...R2 4 ohm... Kompetensi Dasar : ....

Ed Dra.Sugiarto M. 16 Juni 2011 Mengetahui: Kepala Sekolah : Guru Mata Pelajaran Dr. Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 Jakarta. Mutalina Indah NIP:196002241985031007 NIP:196604242000122001 .H.

Mengidentifikasi jenis – jenis alat ukur komponen elektronika 2. C (capasitor) . Komponen elektronika dasar ini terdiri dari R (resistor) . L (induktor). .Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester :X/2 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan Pertemuan Ke : 1 s/d 2 Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menerapkan Pengukuran Komponen Elektronika Kompetensi Dasar : Memahami Peralatan Ukur Komponen Elektronika ************************************************************************************ ************ Indikator : 1. Materi Ajar :  Jenis – jenis alat ukur komponen elektronika  Prosedur penggunaan peralatan ukur komponen elektronika  Prosedur keamanan penggunaan alat ukur komponen elektronika  Menjelaskan jenis – jenis komponen elektronika yang umum digunakan pada industri ataupun di laboratorium listrik dan elektronika. Menguasai prosedur keamanan penggunaan alat ukur komponen elektronika I. Tujuan Pembelajaran :  Peserta didik dapat memahami peralatan ukur kompon elektronika  Peserta didik cakap menyebutkan peralatan ukur komponen elektronika  Peserta didik Terampil menggunakan peralatan ukur komponen elektronika II. Menguasai prosedur penggunaan peralatan ukur komponen elektronika 3.

Model Pembelajaran. III. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.1. . Kegiatan Pembelajaran : A. Kegiatan Awal : Explorasi ( 15 menit) 8. Metode Pembelajaran :  Ceramah  Tanya Jawab  Diskusi  Demonstrasi / peragaan 2. Adapun fungsi dan sifat C sebagai penyimpan tegangan yang sementara.  Kerja kelompok  Diskusi  Pelaporan IV. Nilai Budaya dan Karakter Bangsa  Kreatip mendiskripsikan alat ukur listrik  Mandiri menjelaskan fungsi alat ukur listrik Ohmmeter  Terampil menggunakan alat ukur listrik Voltmeter  Disiplin berlatih menggunakan alat ukur listrik Wattmeter  Bekerja keras berlatih menggunakan Alat ukur listrik KWHMETER  Cakap menggunakan alat ukur listrik Osiloscope IV. Adapun fungsi dan sifat R adalah untuk hambatan/resistor yang ada pada rangkaian. Adapun fungsi dan sifat L untuk menaikan besarnya arus yang mengalir dalam suatu rangkaian.  Macam – macam komponen elektronika yang berhubungan dengan peralatan listrik yang paling utama.

Siswa membentuk kelompok masing-masing 3-4 peserta didik. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. . Elaborasi (160 menit) : 13. Prosedur keamanan penggunaan alat ukur komponen elektronika 11. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. 12. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. Guru melakukan pengecekan terhadap peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. Kegiatan Inti Explorasi ( 20 menit) 9. 11. 13. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. 14. Prosedur penggunaan peralatan ukur komponen elektronika. 10. 12. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. 10. B. Guru melakukan pendahuluan dan penjelasan tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan pertama. Guru menjelaskan materi tentang jenis – jenis alat ukur komponen elektronika. 9. 14. Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari. Guru memberikan motivasi kepada siswa.

Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. 7. Menutup pelajaran dengan bedoa. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. 17. Alat / Bahan / Sumber Belajar : A. V. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran 8. 15. C. Kegiatan Akhir : Konfirmasi (20 menit) 5. Guru dengan siswa mengambil kesimpulan mengenai pekerjaan yang dipraktekan. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. 6. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan 16. Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan white board . 9. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran dituangkan dalam bentuk laporan individu.

.....  Cara mengkalibrasi 20 sebutkanlah hal-hal yang harus diperhatikan tersebut ! .  Resistor 1 jenis komponen  Capasitor elektronika yang  Induktor 20 sedang dipelajari saat ini! Dalam pengukuran  Ketelitian dalam 2 komponen elektronika pengukuran ada beberapa hal yang  Keselamatan Kerja harus diperhatikan.......................... Sumber Belajar : ~ Modul memahami peralatan ukur komponen elektronika ~ Joobsheet memahami peralatan ukur komponen elektronika VI................ Kompetensi Dasar : ............ Kelas : ............... Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa Sebutkanlah jenis..... Penilaian : Lembaran Soal Nama : ..... ~ Papan praktikum B................

Jelaskan secara  Resistor = 3 singkat pengertian. penghambat pengertian dari (Tahanan listrik) komponen-komponen  Capasitor = elektronika! penyimpan muatan listrik  Induktor = ukuran kemampuan sebuah induktor untuk 20 membangkitkan suatu tegangan induksi sebagai akibat dari perubahan arus yang mengalir pada induktor Dalam pengukuran 3. dengan 4 resistor untuk menggunakan kode menghitung nilai warna. yaitu? jelaskan! warna digelang- gelang resistor tersebut 20 4. dengan menggunakan alat ukur yaitu AVO meter. dimana probe + dan – dihubungkan ke . dihitung hambatannya bisa dengan cara menggunakan dengan memperhatikan 2 cara.

kaki-kaki resistor tersebut Jelaskan teknik Kerusakan yang sering 5 pengujian induktor! terjadi adalah putus. Jumlah Skor Maksimal 100 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑑𝑖𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 Nilai Siswa = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 10 . kedua ujungnya dihubungkan dengan ohmmeter. Jika induktor masih bagus akan menunjukkan nilai tertentu tergantung dengan jumlah lilitan yang ada pada induktor tersebut. Jika induktor putus maka jarum penunjuk ohmmeter tidak akan bergerak 20 atau menunjukkan nilai tak terhingga.Untuk menguji induktor.

Sugiarto M.H.Ed Dra. Juli 2011 Mengetahui: Kepala Sekolah : Guru Mata Pelajaran Dr. Mutalina Indah NIP:196002241985031007 NIP:196604242000122001 . Jakarta.

Memiliki kemampuan mengurai cara penangulangan masalah dalam pengukuran besaran besaran listrik. Memiliki kemampuan mengurai prosedur penganalisaan hasil pengukuran besaran Listrik. Memiliki kemampuan menganalisis hasil pengukuran besaran besaran listrik. II. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat : 1. 3.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester :X/1 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Keahlian Pertemuan Ke : 8 s/d 10 Alokasi Waktu : 30 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menggunakan hasil pengukuran Kompetensi Dasar : Menganalisis hasil pengukuran besaran besaran listrik Indikator : Menguasai prosedur penganalisaan hasil pengukuran besaran listrik Menguasai cara perhitungan hasil pengukuran Menguasai cara penanggulangan masalah dalam pengukuran besaran – besaran listrik I. 2. Materi Pelajaran :  Prosedur menganalisa hasil pengukuran besaran listrik  Perhitungan hasil pengukuran besaran – besaran listrik  Cara penanggulangan masalah dalam pengukuran besaran listrik OHM METER .

Adapun aturan atau cara dalam menggunakan alat ukur VOLT meter antara lain : 1. Pastikan posisi membaca alat ukur tersebut 3. siap untuk digunakan mengukur tahanan/hambatan/resistor Cara perhitungan dalam hasil pengukuran OHM Meter Jika yang dipilih adalah pengali 1 ( x 1 ) Jarum menunjuk pada angka 20 Maka terbaca hasil pengukuran adalah 20 Ω Tetapi jika yang dipilih adalah pengali 10 ( x 10 ) Maka terbaca hasil pengukuran adalah200 Ω VOLT METER Suatu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui besaran tegangan atau besaran voltage pada suatu rangkaian terhubung. Pastikan alat ukur sesuai sumber tegangan yang digunakan . Memilih alat ukur VOLT meter dengan ditandai symbol “ V“ 2. Pada jenis alat ukur OHM meter yang digunakan dipasaran mempunyai symbol Ω (omega) pada alat ukurnya.Suatu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui besaran hambatan atau besaran tahanan pada suatu beban atau R (resistor). Pastikan membaca dari KANAN ke KIRI 5. ( dengan tetap kedua ujung probe terhubung) dengan cara mengatur potensio kalibrasi 8. Setelah yakin jarum menunjuk angka “0” lepas ujung probe yang terhubung.Memilih alat ukur OHM meter dengan ditandai simbol“ Ω“ 2. Aturan atau cara menggunakan OHM meter : 1. Pastikan posisi membaca alat ukurnya 3. Pada jenis alat ukur VOLT meter yang digunakan dipasaran mempunyai symbol V pada alat ukurnya. Kalibrasi terlebih dulu untuk menentukan angka“0” . Hubungkan kedua ujung probe 7. Tentukan sistim perkalian yang digunakan 6.

sehingga sering disebut dengan MULTIMETER atau AVO. Pastikan posisi membaca alat ukur tersebut 3.Posisi beban dirangkaian tetap terhubung pada SUMBER TEGANGAN AMPERE METER Suatu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui besaran arus atau besaran Ampere pada suatu rangkaian terhubung.4. Pastikan alat ukur sesuai sumber tegangan yang digunakan 4. Memilih alat ukur WATT meter dengan ditandai simbol“ W“ . Pastikan membaca dari KIRI ke KANAN 5. Pastikan membaca dari KIRI ke KANAN 5. Posisi dalam pengukuran adalah SERI dengan beban yang diukur 7.Memilih alat ukur AMPERE meter dengan ditandai symbol “ A“ 2. Alat ukur AMPERE Meter dipasaran ada yang terpisah ada yang menjadi satu dengan alat ukur yang lain. Menentukan BU yang digunakan 6. Adapun aturan atau cara dalam menggunakan alat ukur WATT meter antara lain : 1. Posisi beban dirangkaian tetap terhubung pada SUMBER TEGANGAN WATT METER Suatu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui besaran DAYA atau besaran BEBAN pada suatu rangkaian terhubung. Adapun aturan atau cara dalam menggunakan alat ukur AMPERE meter antara lain : 1. Pada jenis alat ukur AMPERE meter yang digunakan dipasaran mempunyai symbol A pada alat ukurnya. Pada jenis alat ukur WATT meter yang digunakan dipasaran mempunyai symbol W pada alat ukurnya. Posisi dalam pengukuran adalah PARALEL dengan beban yang diukur 7. Menentukan BU yang digunakan 6.

oleh karena itu harga rata-rata. maupun harga puncak kepuncak atau Vp-p dari tegangan dapat kita ukur. Menentukan TEGANGAN dan ARUS yang digunakan PENGUJIAN TAHANAN ISOLASI MEGER singkatan Mega Ohm Meter Mengetahui besar tahanan isolasi Metode atau prinsip yang dipakai untuk mengukur besaran tahanan isolasi antara lain : Metode cross Coil ( silang) Osiloskop Osiloskop dapat melihat :  Amplitudo tegangan dan gelombang kotak.2. Pastikan skala meter yang dibaca disesuaikan dengan table ukur 6. juga hubungan antara frekuensi dan phasa antara dua gelombang juga dapat dibandingkan. Ada dua jenis osiloskop.  Selain itu. RMS (root mean square). Pastikan alat ukur sesuai sumber tegangan yang digunakan 4. . Pastikan posisi membaca alat ukur tersebut 3. puncak. yaitu osiloskop analog dan osiloskop digital. Pastikan membaca dengan TABEL UKUR 5.

Kwh Meter .

Langkah Pembelajaran : A. Metode Pengajaran : 1. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Membahas tujuan pembelajaran IV. Ceramah 2.III. Demonstrasi / peragaan 5. Diskusi 4. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Tanya Jawab 3. 2. . Pendahuluan 1. 3.

B. 4. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. cara penanggulangan masalah dalam pengukuran besaran – besaran listrik. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. menguasai cara perhitungan hasil pengukuran. C. Kegiatan Inti 1. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. 7. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan 7. . Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari. Penutup 1. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. 4. 5. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. 6. 3. 8. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. 2. 6. 5. Guru menjelaskan materi tentang prosedur penganalisaan hasil pengukuran besaran listrik. 2. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Guru memberikan motivasi kepada siswa.

................. mengeluarkan hasil arus.. amplutido berupa gelombang.... Kompetensi Dasar : ..... dengan melihat gelombang 20 sebutkan apa saja yang dari layar osiloskop dapat diukur oleh osiloskop? Megger biasanya Jawab : 2 digunakan untuk Rumah tinggal atau gedung mengukur tahanan bertingkat 20 isolasi pada? Jawab : 3 Kwh meter biasa Mengukur daya dalam 20 digunakan untuk? perjamnya Gambarkan gelombang Jawab : 4 DC pada tampilan layar osiloskop? 20 ..... Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa Pengukuran Jawab : 1 menggunakan osiloskop untuk mengukur tegangan.. Kelas : .. frekuensi.. Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD B........ Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran 4.. V... Sumber Belajar : ~ Modul Menggunakan Hasil Pengukuran ~ Joobsheet Menggunakan Hasil Pengukuran ~ Buku Teknik Pengukuran Listrik & Elektronika VI......... Penilaian : Lembaran Soal Nama : ..................... 3. Menutup pelajaran dengan bedoa..................... Alat / Bahan / Sumber Belajar : A....

Gambarkan gelombang Jawab : 5 AC pada tampilan layar osiloskop? 20 Jumlah Skor Maksimal 100 Nilai Siswa = Jumlah skor didapat X 10 Jumlah skor maksimal Mengetahui Jakarta. Februari 2011 Ka. 131864218/153737 NIP/NRK. Mutalina Indah NIP/NRK. Sukardi Dra. Program Teknik Listrik Guru Pamong Drs. 132280085/161223 .

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat melakukan pengukuran besaran listrik II. hal ini dikarenakan skala meter tidak dapat berubah dengan sendirinya. Jadi dengan kata lain Faktor pengali adalah penentu nilai yang ditentukan baik oleh pemakai ataupun pembuat. Pemilihan faktor pengali ini akan mempengaruhi besar skala ukur yang terbaca. Penentuan nilai faktor pengali untuk menentukan besarnya nilai yang akan terukur. . Faktor pengali ini menentukan berapa besar nilai maksimal yang akan digunakan dalam pengukuran. dimana harga nilai tersebut tidak lebih dari batas beban yang diukur.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester :X/1 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Keahlian Pertemuan Ke : 4 s/d 7 Alokasi Waktu : 30 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menggunakan hasil pengukuran Kompetensi Dasar : Melakukan pengukuran besaran listrik Indikator Pencapaian Kompetensi: Mengidentifikasi jenis – jenis alat ukur besaran listrik Menguasai prosedur penggunaan alat ukur besaran listrik Menguasai cara pembacaan hasil pengukuran besaran – besaran listrik I. dan nilai faktor pengali lebih tinggi dari nilai yang akan diukur. Materi Pelajaran : Pada alat ukur Ohm meter memiliki faktor kali yang digunakan sebagai nilai pengali yang sering disingkat dengan dikalikan berapa.

Pembacaan yang dilakukan oleh alat ukur dalam mengukur tahanan/hambatan pada rangkaian adalah dengan membaca arah jarum penunjuk dari kanan ke kiri. Hal ini disebabkan karena pada hasil perhitungan beban R (tahanan) yang dihitung adalah pada rangkaian yang ideal. Sedangkan pada pengukuran terjadi sebuah unsur yang bersifat R (tahanan) akan ikut terbaca pada alat ukur OHM Meter tersebut. Misal : Jika akan melakukan pengukuran R (tahanan). Contoh penentuan faktor pengali (FK) sebagai berikut : FK = 100 berarti nilai pengali dari pemakaian adalah 100. tanpa memperhitungkan R (tahanan) yang lainnya. setelah dilakukan pengukuran pada beban R (tahanan) tersebut jarum menunjuk angka 5 ( ingat pembacaan jarum penunjuk untuk Ohm Meter dari kanan ke kiri ). Adapun cara atau system pembacaannya menggunakan system PERKALIAN pada angka yang ditunjuk oleh jarum penunjuk dengan potensio pemilih system perkalian yang dikehendaki. Maka kasil pengukuran sebenarnya harga R (tahanan) tersebut adalah 5 X 10 = 50 Ω. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil pengukuran dipengaruhi oleh adanya tahanan yang diluar dari beban yang terukur. sehingga semakin ke kanan semakin kecil hasil pengukuran atau 0 Ω dan semakin ke kiri semakin besar hasil penunjukan atau XΩ ( X0 ). dan potensio pemilih system perkalian yang digunakan adalah 10X. . FK = 10 berarti nilai pengali dari pemakaian adalah 10 FK = 1 berarti nilai pengali dari pemakaian adalah 1 Dari keterangan diatas jika dilihat pada skala meter adalah sebagai berikut : Pada pengukuran tahanan/hambatan menggunakan system perkalian dari angka yang ditunjukkan oleh jarum penunjuknya. Hasil pengukuran menggunakan OHM Meter selalu berbeda dibandingkan dengan hasil yang dilakukan oleh perhitungan secara langsung.

hal ini dikarenakan skala meter tidak dapat berubah dengan sendirinya. Pemilihan batas ukur ini akan mempengaruhi besar skala ukur yang terbaca. Batas ukur ini menentukan berapa besar nilai maksimal yang akan digunakan dalam pengukuran. dimana harga nilai tersebut tidak lebih dari batas beban yang diukur. Penentuan nilai batas ukur untuk membatasi besarnya nilai yang akan terukur. Pemilihan batas ukur ini akan mempengaruhi besar skala ukur yang terbaca. Pada kenyataan semua beban yang terangkaian selalu memiliki tahanan yang besarnya biasanya diabaikan. Contoh penentuan batas ukur (BU) sebagai berikut : BU = 100 berarti nilai maksimal dari pemakaian adalah 100. dimana harga nilai tersebut tidak lebih dari batas beban yang diukur. Jadi dengan kata lain Batas Ukur (BU) adalah nilai maksimal yang ditentukan baik oleh pemakai ataupun pembuat. dan nilai batas ukur lebih tinggi dari nilai yang akan diukur. Batas ukur ini menentukan berapa besar nilai maksimal yang akan digunakan dalam pengukuran.hal ini mengakibatkan hasil perhitungan selalu tidak sama dengan hasil pengukuran. dan nilai batas ukur lebih tinggi dari nilai yang akan diukur. hal ini dikarenakan skala meter . Penentuan nilai batas ukur untuk membatasi besarnya nilai yang akan terukur. BU = 10 berarti nilai maksimal dari pemakaian adalah 10 BU = 1 berarti nilai maksimal dari pemakaian adalah 1 Dari keterangan diatas jika dilihat pada skala meter adalah sebagai berikut : Pada alat ukur AMPERE meter memiliki batas ukur yang digunakan sebagai nilai maksimal yang sering disingkat dengan BU (batas ukur). Pada alat ukur VOLT meter memiliki batas ukur yang digunakan sebagai nilai maksimal yang sering disingkat dengan BU (batas ukur).

tidak dapat berubah dengan sendirinya. dan nilai batas ukur lebih tinggi dari nilai yang akan diukur. Pemilihan batas ukur ini akan mempengaruhi besar skala ukur yang terbaca. Contoh penentuan batas ukur (BU) sebagai berikut : BU = 100 berarti nilai maksimal dari pemakaian adalah 100. BU = 10 berarti nilai maksimal dari pemakaian adalah 10 BU = 1 berarti nilai maksimal dari pemakaian adalah 1 Dari keterangan diatas jika dilihat pada skala meter adalah sebagai berikut : Pada alat ukur WATT meter memiliki batas ukur yang digunakan sebagai nilai maksimal yang sering disingkat dengan BU (batas ukur). Contoh penentuan batas ukur (BU) sebagai berikut : BU = 100 berarti nilai maksimal dari pemakaian adalah 100. Penentuan nilai batas ukur untuk membatasi besarnya nilai yang akan terukur. Batas ukur ini menentukan berapa besar nilai maksimal yang akan digunakan dalam pengukuran. dimana harga nilai tersebut tidak lebih dari batas beban yang diukur. Jadi dengan kata lain Batas Ukur (BU) adalah nilai maksimal yang ditentukan baik oleh pemakai ataupun pembuat. hal ini dikarenakan skala meter tidak dapat berubah dengan sendirinya. Jadi dengan kata lain Batas Ukur (BU) adalah nilai maksimal yang ditentukan baik oleh pemakai ataupun pembuat. BU = 10 berarti nilai maksimal dari pemakaian adalah 10 BU = 1 berarti nilai maksimal dari pemakaian adalah 1 Dari keterangan diatas jika dilihat pada skala meter adalah sebagai berikut : .

Osiloskop termasuk alat ukur elektronik. . dan fenomena lain dalam rangkaian elektronika Megger dipergunakan untuk mengukur tahanan isolasi dari alat-alat listrik maupun instalasi-instalasi. menganalisis gelombang. output dari alat ukur ini umumnya adalah tegangan tinggi arus searah. Digunakan untuk melihat bentuk gelombang.Kwh meter adalah suatu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur daya listrik arus bolak-balik per jam nya (kW/H). yang diputar oleh tangan.

prosedur penggunaan alat ukur besaran listrik. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan.III. Langkah Pembelajaran : A. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. 18. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti 17. Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Guru menjelaskan materi tentang jenis – jenis alat ukur besaran listrik. Pendahuluan 15. Guru memberikan motivasi kepada siswa. 20. 21. 19. 16. 18. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. 19. Metode Pengajaran : Ceramah Tanya Jawab Diskusi Demonstrasi / peragaan IV. Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari. B. 17. . Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. cara pembacaan alat ukur besaran listrik.

Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. C. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. 24. V. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. Penutup 9. 20. Alat / Bahan / Sumber Belajar : A. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan 23. 11. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. Sumber Belajar : ~ Modul Menggunakan Hasil Pengukuran ~ Joobsheet Menggunakan Hasil Pengukuran . Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran Menutup pelajaran dengan bedoa. 21. 22. 10. Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan praktikum ~ Papan white board B.

... Kompetensi Dasar : ..... sebutkan Ampermeter apa saja alat ukur listrik  Menggunakan alat ukur yang sudah dipelajari? Voltmeter  Menggunakan alat ukur Wattmeter  Menggunakan alat ukur Megger  Menggunakan alat ukur KWHmeter  Menggunakan alat ukur CRO 2 Jelaskanlah fungsi dari Jawaban : 25 alat ukur yang telah  Ohmmeter = untuk mengukur hambatan dipelajari !  Ampermeter = untuk mengukur arus listrik  Voltmeter = untuk mengukur tegangan  Wattmeter = untuk mengukur daya yang terpakai  Megger = untuk mengukur tahanan isolasi  KWHmeter = untuk mengukur daya yang terpakai dalam perjamnya  CRO = untuk mengukur ........ Penilaian : Lembaran Soal Nama : ............. Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 1 Dalam pengukuran listrik Jawab : 25 ada beberapa jenis alat  Menggunakan alat ukur ukur yang harus Ohmmeter digunakan pada  Menggunakan alat ukur prosedurnya........................ Kelas : .................................... ~ Buku Teknik Pengukuran Listrik & Elektronika VI..........

amplutido dengan melihat gelombang dari layar CRO 3 Jelaskanlah cara kerja Jawab : 25 dari alat-alat ukur yang Terlampir telah dipelajari! 4 Jelaskan teknik Jawab : pembacaan dari masing. 131864218/153737 NIP/NRK. tegangan. Sukardi Dra. Program Teknik Listrik 2011 Guru Pamong Drs. Februari Ka. 132280085/161223 . arus. Mutalina Indah NIP/NRK. Terlampir masing alat ukur 25 tersebut! Jumlah Skor Maksimal 100 Nilai Siswa = Jumlah skor didapat X 10 Jumlah skor maksimal Mengetahui Jakarta. frekuensi.

Prinsip kerja secara besi putar 2. Memiliki kemampuan mengidentifikasi karakteristik pengukuran 4.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester :X/1 Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Keahlian Pertemuan Ke : 1 s/d 3 Alokasi Waktu : 20 Jam Pelajaran Standart Kompetensi : Menggunakan hasil pengukuran Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan konsep pengukuran besaran- besaran listrik Indikator Pencapaian Kompetensi : Menguasai konsep pengukuran Mengidentifikasikan karakteristik pengukuran Menguasai prosedur keamanan penggunaan alat ukur I. Memiliki kemampuan penguasaan prosedur keamanan penggunaan alat ukur II. Prinsip kerja alat ukur listrik pada jenis mekanik / analog mempunyai 2 prinsip kerja antara lain : 1. Prinsip kerja secara kumparan putar . Memiliki kemampuan penguasaan konsep pengukuran 3. Memiliki kemampuan mendeskripsikan konsep pengukuran besaran besaran listrik. 2. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat : 1. Materi Pelajaran :  Menjelaskan prinsip kerja alat ukur yang umum digunakan pada pengukuran di industry ataupun di laboratorium listrik.

 dipengaruhi dengan adanya komponen lilitan sebagai induk penggerak atau sering disebut komponen utama peralatan ukur tersebut. hanya sesuai kebutuhan dan penggunaan saja. Dengan adanya data yang ada pada alat ukur tersebut memudahkan untuk menandai dan mencirikhaskan adanya penggunaan untuk tiap – tiap alat ukur listrik.  Menjelaskan adanya data – data yang ada pada alat ukur sehingga dapat membedakan kesesuaian pemakaiannya. Penugasan IV. Tanya Jawab . Demonstrasi / peragaan .Data pada alat ukur tidak semuanya ditampilkan.  Data pada alat ukur yang umum ditampilkan adanya data tentang pemilihan penggunaan. V . Prinsip – prinsip kerja ini dapat mempengaruhi dan menentukan harga atau hasil yang diukurnya. III. Ceramah . dan pemberitahuan tentang prinsip kerja yang digunakan oleh alat ukur tersebut. seperti A . Ω . Langkah Pembelajaran A.  Sedangkan pada jenis digital prinsip kerja alat ukur dipengaruhi oleh komponen elektronika yang bersifat pemicuan adanya tegangan ataupun arus yang melalui rangkaian dalam alat ukur tersebut. Penentuan data alat ukur sangatlah membantu kita dalam merawat dan menggunakan data ukur yang ada. Pendahuluan . sehingga akan memperkecil adanya kerusakan yang disebabkan oleh penyalagunaan alat ukur dalam setiap pemakaiannya. Diskusi . Metode Pengajaran : . Adapun data pada alat ukur ini merupakan data standar yang umum digunakan pada sebagian alat ukur baik bersifat analog ataupun bersifat digital.

Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaiakan guru. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Guru memberikan motivasi kepada siswa. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. B. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru . Peserta didik menyimak materi pokok yang harus dipelajari. 21. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. 16. 21. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. 17. 25. 19. Guru melakukan pemeriksaan dan penilaian tehadap tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. 15. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. 23. 20. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan 24. Guru menjelaskan materi tentang konsep pengukuran besaran-besaran listrik. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. 20. Kegiatan Inti 18. keamanan penggunaan alat ukur. Penutup 10. karakteristik. 22. 19. 18. C.

Alat : ~ Komputer / Note Book dan LCD ~ Papan White board B.. 12........................ Kompetensi Dasar : .... Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran 13...... Menutup pelajaran dengan bedoa............. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan........ Alat / Bahan / Sumber Belajar : A........... Kelas : ... 11....... memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran............... Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa ....... V... Sumber Belajar : ~ Modul Menggunakan Hasil Pengukuran ~ Joobsheet Menggunakan Hasil Pengukuran ~ Buku Teknik Pengukuran Listrik & Elektronika VI.. Penilaian : Lembaran Soal Nama : ..

Jawab : 1 Sebutkan satuan besaran Volt arus listrik ? Ohm 20 Ampere Jawab : 2 Sebutkan satuan besaran Volt meter tegangan listrik dan apa Avo meter nama alat ukur yang 20 dapat mengukur besaran tegangan listrik ? Jawab : 3 Sebutkan satuan besaran Ohm meter hambatan listrik dan apa Multi tester nama alat ukur yang AVO meter 20 dapat mengukur besaran hambatan listrik ? Sebutkan nama alat ukur Jawab : 4 yang dapat mengukur KWH meter pemakaian daya listrik 20 dlm hitungan jam ? 5 Sebutkan nama alat ukur Jawab : yang digunakan untuk Risteter/Megger mengukur tahanan 20 pentanahan ? Jumlah Skor Maksimal 100 Nilai Siswa = Jumlah skor didapat X 10 Jumlah skor maksimal .

131864218/153737 NIP/NRK. Program Teknik Listrik Guru Produktif Drs. Mutalina Indah NIP/NRK. Februari 2011 Ka. Sukardi Dra. 132280085/161223 . Mengetahui Jakarta.

elemen motor listrik. Peserta didik mampu melakukan pemeriksaan akhir untuk memastikan/menjamin bahwa perakitan dan penguraian komponen listrik/elektronika ALRT yang menggunakan elemen pemanas. elemen motor listrik. elemen sistem pendingin sesuai dengan prosedur yang ditetapkan II. elemen motor listrik. Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan TIT Listrik Kelas/Semester : X/Genap Pertemuan ke : 11 s/d 13 Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran Standar Kompetensi : Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik Kompetensi Dasar : Melakukan uji fungsi hasil perbaikan Indikator : . elemen sistem pendingin telah memenuhi peryaratan yang ditetapkan . elemen motor listrik. Materi ajar . Melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas. elemen sistem pendingin telah memenuhi peryaratan yang ditetapkan . Pembuatan laporan penyelesaian pekerjaan perbaikan . Pembuatan laporan pemeriksaan pelaksanaan pekerjaan . Prosedur pemeriksaan /pengetesan akhir . Tujuan Pembelajaran . Melakukan pemeriksaan akhir untuk memastikan/menjamin bahwa perakitan dan penguraian komponen listrik/elektronika ALRT yang menggunakan elemen pemanas. elemen sistem pendingin sesuai dengan prosedur yang ditetapkan I. Peserta didik mampu melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas.

B.Saling Gotong Royang . pemanggang roti. . mesin cuci). kipas angin. Praktik . Ceramah . Jujur. Metode Pembelajaran . IV. oven).11 1. elemen motor lisrik (blender. sistem pendingin (AC. mesin cuci). Memberikan appersepsi (gambar umum) tentang cara memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.Apersepsi. Kegiatan Inti.  Pertemuan. motor lisrik (blender.  Explorasi . . kipas angin. kulkas). (AC kulkas). Langkah-langkah pembelajaran. kompor listrik. 2.Budi Pekerti . Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga . Nilai Budaya dan Karakter Bangsa. I. Kerja sama. mixer. Sopan Santun Ramah . mixer. Demonstrasi .. Desiplin.  Di Harapkan Peserta didik memahami dan Menerapkan. Cara melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT III. Pelaporan hasil pengidentifikasian gangguan . Penugasan.menghormati sesama.

kulkas). elemen motor lisrik (blender. elemen motor lisrik (blender. kipas angin. mesin cuci). pemanggang roti. oven). kulkas). oven). kipas angin. kulkas). sistem pendingin (AC.  Peserta didik melakukan praktik memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas . kompor listrik. sistem pendingin (AC. elemen motor lisrik (blender. Konfirmasi. mesin cuci).  Pengajar mendemonstrasikan cara memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. pemanggang roti.  Pengajar menugaskan peserta didik untuk memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. sistem pendingin (AC.  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. pemanggang roti.  Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. kompor listrik. mixer. kompor listrik. mesin cuci).  Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik mengerjakan mencoba saling menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Elaborasi :  Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. mixer. mixer.  Pengajar menjelaskan tentang cara memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. oven). kipas angin.

Kegiatan Inti. pemanggang roti. sistem pendingin (AC. kompor listrik. Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga . mesin cuci). mixer. oven).Apersepsi. elemen motor lisrik (blender. mixer. kompor listrik. mesin cuci). elemen motor lisrik (blender. sistem pendingin (AC. kulkas). (seterika. pemanggang roti. kipas angin. mesin cuci). B. kipas angin. (AC kulkas).  Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif .  Explorasi . kipas angin. kipas angin. Memberikan appersepsi (gambar umum) tentang cara memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mesin cuci). sistem pendingin (AC.  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. elemen motor lisrik (blender. 2. kulkas).  Pertemuan. Kegiatan Akhir :  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktik  Peserta didik berlatih kembali cara memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.12 1. pemanggang roti. oven). mixer. mixer. kulkas). oven). kompor listrik. motor lisrik (blender.

 Peserta didik melakukan praktik memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. pemanggang roti. oven). Konfirmasi. pemanggang roti. kipas angin. kipas angin. kipas angin.  Pengajar menugaskan peserta didik untuk memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.  Pengajar mendemonstrasikan cara memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mixer. sistem pendingin (AC. elemen motor lisrik (blender. mesin cuci). pemanggang roti. mesin cuci). kompor listrik. elemen motor lisrik (blender.  Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. sistem pendingin (AC. kulkas). kompor listrik. kulkas). mixer. oven). kulkas). mesin cuci). kulkas). Kegiatan Akhir :  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktik  Peserta didik berlatih kembali cara memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen . kompor listrik. oven). mixer. pemanggang roti. kipas angin.  Peserta didik mengerjakan mencoba saling menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Elaborasi :  Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. oven).  Pengajar menjelaskan tentang cara memeriksa dan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kompor listrik. mesin cuci). elemen motor lisrik (blender. elemen motor lisrik (blender. sistem pendingin (AC. mixer. sistem pendingin (AC.

pemanas (seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven),
elemen motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin cuci),
sistem pendingin (AC, kulkas).

 Pertemuan.13
1.Apersepsi. Memberikan appersepsi (gambar umum) tentang cara
memeriksa dan
melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yang
menggunakan elemen
pemanas (seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven),
elemen
motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin cuci), sistem
pendingin
(AC, kulkas).

2. Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau
tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga .
motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin cuci), (AC
kulkas).
B. Kegiatan Inti.
 Explorasi ;
 Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6
bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif
maupun yang belum kreaktif.
 Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi
untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan
membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang
belum kreaktif
 Peserta didik mengerjakan mencoba saling
menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi
secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif
 Elaborasi :

 Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian
dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan
membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang
belum kreaktif.
 Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian
dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik
yang kreaktif maupun yang belum kreaktif.
Konfirmasi.
 Pengajar menjelaskan tentang cara memeriksa dan melaporkan
penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas
(seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven), elemen motor lisrik
(blender, kipas angin, mixer, mesin cuci), sistem pendingin (AC, kulkas).
 Pengajar mendemonstrasikan cara memeriksa dan melaporkan
penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas
(seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven), elemen motor lisrik
(blender, kipas angin, mixer, mesin cuci), sistem pendingin (AC, kulkas).
 Pengajar menugaskan peserta didik untuk memeriksa dan melaporkan
penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas
(seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven), elemen motor lisrik
(blender, kipas angin, mixer, mesin cuci), sistem pendingin (AC, kulkas).
 Peserta didik melakukan praktik memeriksa dan melaporkan
penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas
(seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven), elemen motor lisrik
(blender, kipas angin, mixer, mesin cuci), sistem pendingin (AC, kulkas).
Kegiatan Akhir :
 Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah
dipraktikkan dan membuat laporan praktik
 Peserta didik berlatih kembali cara memeriksa dan melaporkan
penyelesaian pekerjaan ALRT yang menggunakan elemen
pemanas (seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven),
elemen motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin cuci),
sistem pendingin (AC, kulkas).

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
 Alat
- Obeng + dan Obeng –
- Tang kombinasi
- Tespen
- Avometer
 Bahan
- ALRT komponen utama elemen pemanas (seterika, kompor
listrik, pemanggang roti, oven)
- ALRT komponen utama elemen motor listrik (blender, kipas
angin, mixer, mesin cuci)
- ALRT komponen utama sistem pendingin (AC,kulkas)

 Sumber Belajar
- Modul “Alat Listrik Rumah Tangga”

VI. Penilaian
 Teknik Penilaian : 1. Ujian Tertulis
2. Ujian Lisan
3. Pengamatan Afektif dan Psikomotorik
 Bentuk Penilaian : 1. Essay Test Uraian
2. Interview
3. Lembar Pengamatan Afektif dan Psikomotorik
 Instrumen dan Pedoman Penilaian :
1) Laporan Praktik : 40%
2) Ujian lisan : 40%
3) Pengamatan Afektif dan Psikomotorik : 20%

SOAL

1. Mengapa perlu dilakukan pemeriksaan akhir pada perakitan dan
penguraian komponen listrik/elektronika ALRT?

.................. Pemeriksaan akhir dilakukan untuk memastikan/menjamin bahwa perakitan dan penguraian komponen listrik/elektronika ALRT telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.. Kelas : .. Sebutkan komponen-komponen yang digunakan untuk alat Pendingin ? 3..... 1.. Sukardi Drs..(50%) 2......... Apa yang di maksud dengan saklar manual ? dan sebutkan ! JAWABAN 1............... Kompetensi Dasar : ............. Melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT yaitu memberikan hasil praktek berupa laporan kepada pengajar pembimbing (50%) Ketua Program Penyusun Drs...... Jelaskan tentangbagian komponen pada alat Pemanas seta jelaskan? 2.............. 2...... Apa yang dimaksud dengan melaporkan penyelesaian pekerjaan ALRT ? Lembaran Remedial Nama : ...... Sukardi ......

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari pelajaran ini peserta didik diharapkan mampu:  Menentukan urutan kerja dalam memeriksa hasil perbaikan  Menggunakan multimeter sesuai dengan fungsinya yang berhubungan dengan pemeriksaan hasil perbaikan II. Metode Pembelajaran . Ceramah .Mampu menggunakan multimeter sesuai dengan fungsinya sehubungan dengan pemeriksaan hasil perbaikan I. Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan TIT Listrik Kelas/Semester : X/Genap Pertemuan ke : 8 s/ d 10 Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran Standar Kompetensi : Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik Kompetensi Dasar : Memeriksa hasil perbaikan menggunakan alat ukur multimeter Indikator : . . Penugasan II. Nilai Budaya dan Karakter Bangsa.  Di Harapkan Peserta didik memahami dan Menerapkan. Materi ajar  Urutan kerja dalam memeriksa ALTR yang menggunakan elemen pemanas dan motor  Cara menggunakan multimeter yang berhubungan dengan pemeriksaan hasil perbaikan ALTR  Cara memeriksa ALTR dengan menggunakan multimeter III. Demonstrasi . Praktik .Mampu menentukan urutan kerja dalam memeriksa hasil perbaikan .

 Explorasi . Jujur. : Memberikan appersepsi (gambar umum) tentang cara Melaksanakan urutan kerja pemeriksaan ALRT komponen utama elemen motor listrik dan pemanas 2. sistem pendingin (AC. kulkas). Langkah-langkah pembelajaran.Apersepsi.. pemanggang roti.Saling Gotong Royang .Budi Pekerti .  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga . kipas angin. III. mesin cuci). B.  Pertemuan. sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan rumah tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan (seterika.8 1. Sopan Santun Ramah . Kegiatan Inti. mixer. kompor listrik. Kerja sama.  Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan . elemen motor lisrik (blender.menghormati sesama. Desiplin. oven).

membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang
belum kreaktif
 Peserta didik mengerjakan mencoba saling
menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi
secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif
 Elaborasi :
 Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian
dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan
membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang
belum kreaktif.
 Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian
dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik
yang kreaktif maupun yang belum kreaktif
 Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi
menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi
secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum
kreaktif.
 Konfirmasi:
 Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan
pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan
elemen pemanas (seterika, kompor listrik, pemanggang roti,
oven), elemen motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin
cuci. elemen motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin
cuci), sistem pendingin (AC, kulkas).
 Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh
pengajar
mendemonstrasikan cara mempersiapkan pekerjaan dasar
perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas
(seterika,
kompor listrik, pemanggang roti, oven), elemen motor lisrik
(blender,
kipas angin, mixer, mesin cuci).Peserta didik memperhatikan
dengan

serius

C.Kegiatan Akhir:
 Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan
dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen
pemanas (seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven),
elemen motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin
cuci).

 Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah
dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik
berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar
memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas
(seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven), elemen
motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin cuci).
 Pertemuan.9
1.Apersepsi. : Memberikan appersepsi (gambar umum)
tentang cara
Melaksanakan urutan kerja pemeriksaan
ALRT
komponen utama elemen motor listrik dan
pemanas
2. Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali
atau
tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah
tangga .
sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan
rumah
tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang
menggunakan (seterika, kompor listrik,
pemanggang roti,

oven), elemen motor lisrik (blender, kipas angin,
mixer, mesin
cuci), sistem pendingin (AC, kulkas).
B. Kegiatan Inti.
 Explorasi ;
 Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6
bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif
maupun yang belum kreaktif.
 Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi
untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan
membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang
belum kreaktif
 Peserta didik mengerjakan mencoba saling
menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi
secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif
 Elaborasi :
 Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian
dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan
membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang
belum kreaktif.
 Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian
dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik
yang kreaktif maupun yang belum kreaktif
 Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi
menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi
secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum
kreaktif.
 Konfirmasi:
 Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan
pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan
elemen pemanas (seterika, kompor listrik, pemanggang roti,
oven), elemen motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin

mesin cuci). elemen motor lisrik (blender. mesin cuci). kipas angin. kompor listrik. sistem pendingin (AC.10 1. cuci. kipas angin. pemanggang roti. pemanggang roti. mixer. elemen motor lisrik (blender. elemen motor lisrik (blender. kompor listrik. oven). mesin cuci). mesin cuci).Kegiatan Akhir:  Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. oven).  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mixer. kipas angin. kipas angin. Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau . elemen motor lisrik (blender. pemanggang roti.  Pertemuan.Apersepsi. mixer.Peserta didik memperhatikan dengan serius C. : Memberikan appersepsi (gambar umum) tentang cara Melaksanakan urutan kerja pemeriksaan ALRT komponen utama elemen motor listrik dan pemanas 2. oven). kulkas).  Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh pengajar mendemonstrasikan cara mempersiapkan pekerjaan dasar perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mixer. kompor listrik.

 Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik mengerjakan mencoba saling menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Elaborasi :  Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. kulkas). mixer. mesin cuci). sistem pendingin (AC.  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. B. tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga . kipas angin. pemanggang roti.  Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi . oven). Kegiatan Inti. sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan rumah tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan (seterika. elemen motor lisrik (blender.  Explorasi . kompor listrik.

 Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh pengajar mendemonstrasikan cara mempersiapkan pekerjaan dasar perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. oven). pemanggang roti. kipas angin. kulkas). mesin cuci). elemen motor lisrik (blender. elemen motor lisrik (blender. kipas angin. kipas angin. pemanggang roti. secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. mixer.Kegiatan Akhir:  Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. sistem pendingin (AC. mesin cuci. kompor listrik. kompor listrik. pemanggang roti. kompor listrik.Peserta didik memperhatikan dengan serius C.  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas . mesin cuci). mixer. elemen motor lisrik (blender. mixer. mesin cuci). kipas angin. mixer. elemen motor lisrik (blender. oven).  Konfirmasi:  Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. oven).

ALRT komponen utama elemen motor listrik dan elemen panas  Sumber Belajar . Apa yang dimaksud dengan memperbaiki ALRT ? . Apa yang dimaksud dengan memeriksa rangkaian ALRT dengan benar dan pada kondisi harus terisolasi? 3. mesin cuci). Ujian Lisan 3. Bagaimana cara mengikuti kebijakan dan prosedur K3? 2. Obeng + dan Obeng – . Alat/Bahan/Sumber Belajar  Alat . kompor listrik. Tespen . mixer. Lembar Pengamatan Afektif dan Psikomotorik  Instrumen dan Pedoman Penilaian : 1) Ujian lisan : 40% 2) Ujian tertulis : 40% 3) Pengamatan Afektif dan Psikomotorik : 20% SOAL 1. IV. oven). Modul Alat Listrik Rumah Tangga V. Ujian Tertulis 2. elemen motor lisrik (blender. Avometer  Bahan . pemanggang roti. Interview 3. Essay Test Uraian 2. (seterika. kipas angin. Penilaian  Teknik Penilaian : 1. Tang kombinasi . Pengamatan Afektif dan Psikomotorik  Bentuk Penilaian : 1.

............ 4......... Sebutkan komponen-komponen yang digunakan untuk alat Pendingin ? 3.. mesin cuci)? Lembaran Remedial Nama : ... Kompetensi Dasar : . 1........ Jelaskan tentangbagian komponen pada alat Pemanas seta jelaskan? 2. Memeriksa rangkaian ALRT yaitu mengetahui fungsi kerja dari rangkaian ALRT dengan benar dan pada keadaan terisolasi (25%) 3........ yang dikerjakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan jadual rutin (25%) ............ Memahami struktur organisasi dan uraian tugas setiap personal di tempat kerja Memahami jadual pemeliharaan dan spesifikasi peralatan Mengidentifikasi material atau bahan yang dibutuhkan untuk penyelesaian pekerjaan Melakukan pemeriksaan pekerjaan secara berkesinambungan Memahami cara membuat laporan penyelesaian pekerjaan dan mekanisme pelaporannya (25%) 2... Memperbaiki ALRT yaitu membuat ALRT yang tadinya rusak menjadi bekerja kembali fungsinya seperti mengganti komponen yang telah rusak............ Apa yang di maksud dengan saklar manual ? dan sebutkan ! JAWABAN 1........ Kelas : . kipas angin................... mixer... Bagaimana cara kerja ALRT komponen utama elemen motor listrik (blender......

Drs.131 864 218 Nip. kipas Kepala Program Penyusun Drs. 4. mixer. mesin cuci) akan berfungsi atau . Sukardi.131 864 218 angin. Apabila steker dihubungkan ke sumber listrik maka arus akan mengalir melalui kabel penghubung menuju terminal. Nip. ketika saklar dihidupkan maka ALRT komponen utama elemen motor listrik (blender. Sukardi.

memperbaiki ALRT komponen utama elemen pemanas dan elemen motor sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan jadual rutin. memahami kebijakan dan prosedur k3 . memeriksa rangkaian ALRT komponen utama elemen pemanas dan elemen motor dengan benar dan pada kondisi harus terisolasi jika diperlukan sesuai prosedur uji yang berlaku . Mampu melakukan langkah kerja dalam melakukan perbaikan IV. Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan TIT Listrik Kelas/Semester : X/Genap Pertemuan ke : 5 /7 Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran x 45 menit Standar Kompetensi : Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik Kompetensi Dasar : Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor Indikator : . Tujuan pembelajaran Setelah mempelajari pelajaran ini peserta didik diharapkan mampu: . melaksanakan pemeriksaan/pengecekan terhadap pekerjaan ALRT komponen utama elemen pemanas dan elemen motor secara berkesinambungan selama proses pekerjaan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan . Mampu menentukan material dan alat yang dibutuhkan dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan . Mampu melakukan perbaikan ALRT sesuai dengan K3 . Memeriksa rangkaian ALRT sesuai dengan K3 . .

Materi ajar  Blender  Prinsip kerja dari blender itu adalah mengubah tenaga listrik menjadi energi gerak (kinetik) yang menggunakan motor universal untuk menggerakkan pisau dalam blender itu tersebut yang terbuat dari baja.V. .

VI. Metode pembelajaran
- Ceramah
- Praktik
- Demonstrasi
- Penugasan.
VII. Nilai Budaya dan Karakter Bangsa.
 Di Harapkan Peserta didik memahami dan Menerapkan.
Kerja sama., Desiplin, Jujur, Sopan Santun Ramah ,Budi Pekerti
,Saling Gotong Royang ,menghormati sesama.

VIII. Langkah-langkah pembelajaran.

 Pertemuan.5
1.Apersepsi. Memberikan (gambar umum) tentang cara
mempersiapkan
pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang
menggunakan
elemen pemanas (seterika, kompor listrik,
pemanggang roti,
(oven), elemen motor lisrik (blender, kipas angin,
mixer, mesin
cuci).
2. Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali
atau
tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah
tangga .
sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan
rumah
tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang
menggunakan
elemen pemanas (seterika, kompor listrik,
pemanggang roti,

(oven), elemen motor lisrik (blender, kipas angin,
mixer, mesin

B. Kegiatan Inti.
 Explorasi ;
 Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6
bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif
maupun yang belum kreaktif.
 Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi
untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan
membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang
belum kreaktif
 Peserta didik mengerjakan mencoba saling
menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi
secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif
 Elaborasi :
 Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian
dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan
membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang
belum kreaktif.
 Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian
dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik
yang kreaktif maupun yang belum kreaktif
 Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi
menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi
secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum
kreaktif.
 Konfirmasi:
 Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan
pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan
elemen pemanas (seterika, kompor listrik, pemanggang

roti, oven), elemen motor lisrik (blender, kipas angin, mixer,
mesin cuci.
 Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh
pengajar
Pengajar mendemonstrasikan cara mempersiapkan
pekerjaan dasar
perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas
(seterika,
kompor listrik, pemanggang roti, oven), elemen motor lisrik
(blender,
kipas angin, mixer, mesin cuci).Peserta didik
memperhatikan dengan
serius

 Pengajar menugaskan peserta didik untuk mempersiapkan
pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan
elemen pemanas (seterika, kompor listrik, pemanggang
roti, oven), elemen motor lisrik (blender, kipas angin, mixer,
mesin cuci).
C.Kegiatan Akhir:
 Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan
dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen
pemanas (seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven),
elemen motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin
cuci).
 Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah
dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik
berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar
memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas
(seterika, kompor listrik, pemanggang roti, oven), elemen
motor lisrik (blender, kipas angin, mixer, mesin cuci).
 Pertemuan.6
1.Apersepsi. Memberikan (gambar umum) tentang cara
mempersiapkan

pemanggang roti. Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga . 2. kipas angin.  Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik mengerjakan mencoba saling menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Elaborasi :  Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan .  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif.  Explorasi . kipas angin. pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kompor listrik. elemen motor lisrik (blender. mixer. mesin B. kompor listrik. (oven). pemanggang roti. mesin cuci). sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan rumah tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. Kegiatan Inti. (oven). mixer. elemen motor lisrik (blender.

mesin cuci).  Konfirmasi:  Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mixer. oven). kompor listrik. oven).Peserta didik memperhatikan dengan serius  Pengajar menugaskan peserta didik untuk mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kipas angin. oven). kipas angin. mesin cuci). elemen motor lisrik (blender.  Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif.  Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh pengajar Pengajar mendemonstrasikan cara mempersiapkan pekerjaan dasar perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kompor listrik. pemanggang roti. kompor listrik. kipas angin. elemen motor lisrik (blender. mixer. pemanggang roti. elemen motor lisrik (blender. pemanggang roti. mesin cuci. membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. C.Kegiatan Akhir: . mixer.

kipas angin. pemanggang roti.7 1. sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan rumah tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kompor listrik. (oven). kipas angin. pemanggang roti.  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. pemanggang roti. pemanggang roti. oven). (oven). mixer.  Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.  Pertemuan. kipas angin.Apersepsi. elemen motor lisrik (blender. mixer. mixer. mesin . kompor listrik. kipas angin. Memberikan (gambar umum) tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mesin cuci). mesin cuci). Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga . kompor listrik. 2. elemen motor lisrik (blender. elemen motor lisrik (blender. oven). elemen motor lisrik (blender. mixer. mesin cuci). kompor listrik.

 Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh pengajar .  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. elemen motor lisrik (blender. kipas angin. pemanggang roti. mixer. Kegiatan Inti.  Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. mesin cuci.  Explorasi .B.  Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik mengerjakan mencoba saling menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Elaborasi :  Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. kompor listrik.  Konfirmasi:  Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. oven).

kompor listrik. kompor listrik.Kegiatan Akhir:  Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. oven). elemen motor lisrik (blender. pemanggang roti. Obeng + dan Obeng – . Pengajar mendemonstrasikan cara mempersiapkan pekerjaan dasar perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. elemen motor lisrik (blender. IX. pemanggang roti. mixer. oven). oven). mesin cuci). mixer. kipas angin.Peserta didik memperhatikan dengan serius  Pengajar menugaskan peserta didik untuk mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mesin cuci).  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. Tang kombinasi . oven). kompor listrik. kipas angin. pemanggang roti. mixer. mesin cuci). Tespen . mesin cuci). kompor listrik. kipas angin. pemanggang roti. alat/bahan/sumber belajar  Alat . elemen motor lisrik (blender. elemen motor lisrik (blender. C. kipas angin. mixer.

. . Interview 3.. .. Lembar Pengamatan Afektif dan Psikomotorik  Instrumen dan Pedoman Penilaian : 1) Ujian tertulis : 40% 2) Ujian lisan : 40% 3) Pengamatan Afektif dan Psikomotorik : 20% SOAL 1.. oven.. Ujian Tertulis 2... Modul “Alat Listrik Rumah Tangga” X................................ Bagaimana cara mengikuti kebijakan dan prosedur K3? 2.. Apa yang dimaksud dengan memeriksa rangkaian ALRT dengan benar dan pada kondisi harus terisolasi? 3.. ALRT komponen utama elemen pemanas dan motor listrik  Sumber Belajar ....... Essay Test Uraian 2......... kompor listrik) dan elemen motor ?... Kelas : .... Avometer  Bahan ....  Teknik Penilaian : 1....... Penilaian.... Bagaimana cara kerja ALRT komponen utama elemen pemanas (seterika.. Ujian Lisan 3..... Kompetensi Dasar : . Pengamatan Afektif dan Psikomotorik  Bentuk Penilaian : 1.. dispenser............ Lembaran Remedial Nama : ... Bagaimana cara melaksanakan pemeriksaan/pengecekan terhadap pekerjaan ALRT? 4....

Pemeriksaan/pengecekan terhadap pekerjaan ALRT dilaksanakan secara berkesinambungan selama proses pekerjaan (25%) 4.(25%) Kepala Program Penyusun Drs. Memeriksa rangkaian ALRT yaitu mengetahui fungsi kerja dari rangkaian ALRT dengan benar dan pada keadaan terisolasi (25%) 3. Apa yang di maksud dengan saklar manual ? dan sebutkan ! JAWABAN 1. Drs. oven. Nip.131 864 218 . Sebutkan komponen-komponen yang digunakan untuk alat Pendingin ? 3.131 864 218 Nip. dispenser. Sukardi. 1. Apabila steker dihubungkan ke sumber listrik maka arus akan mengalir melalui kabel penghubung menuju terminal. kompor listrik) akan berfungsi atau bekerja. ketika saklar dihidupkan maka ALRT komponen utama elemen pemanas (seterika. Sukardi. Memahami struktur organisasi dan uraian tugas setiap personal di tempat kerja Memahami jadual pemeliharaan dan spesifikasi peralatan Mengidentifikasi material atau bahan yang dibutuhkan untuk penyelesaian pekerjaan Melakukan pemeriksaan pekerjaan secara berkesinambungan Memahami cara membuat laporan penyelesaian pekerjaan dan mekanisme pelaporannya (25%) 2. Jelaskan tentangbagian komponen pada alat Pemanas seta jelaskan? 2.

menghubungi personil yang berwenang untuk memastikan bahwa persiapan pelaksanaan perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas dan elemen motor listrik terkoordinasi secara efektif dengan pihak lain terkait . mempersiapkan pekerjaan perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas dan elemen motor listrik untuk menjamin kebijakan dan prosedur k3 sesuai dengan ketentuan. Memeriksa material. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari pelajaran ini peserta didik diharapkan mampu: . perkakas dan gawai uji yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan perbaikan II. Mempersiapkan pekerjaan perbaikan ALRT untuk menjamin kebijakan dan prosedur k3 sesuai dengan ketentuan . . memeriksa jadual pemeliharaan ALRT yang menggunakan elemen pemanas dan elemen motor listrik dan spesifikasinya sesuai kebutuhan dan persyaratan kerja . Menghubungi personil yang berwenang untuk memastikan bahwa persiapan pelaksanaan perbaikan terkoordinasi secara efektif dengan pihak lain terkait . Nama Sekolah : SMK Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan Kelas/Semester : X/Genap Pertemuan ke :1-4 Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran Standar Kompetensi : Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik Kompetensi Dasar : Memahami cara perbaikan peralatan rumah tangga listik Indikator : . alat.

jadi motor listrik dapat diatur kecepatannya. sedang dan tinggi melalui saklar pengatur yang berfungsi sebagai tegangan yang masuk pada motor. . kecepatan rendah. Pengetahuan macam-macam dan prinsip kerja peralatan rumah yang menggunakan Motor listrik (Mixer. Blender. memeriksa perkakas dan gawai uji yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas dan elemen motor listrik untuk operasi yang benar dan aman III. mempersiapkan material yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas dan elemen motor listrik sesuai dengan prosedur yang ditetapkan . Alat pegaduk dijalankan oleh motor universal melalui transmisi roda gigi dan biasanya mixer mempunyai beberapa kecepatan.  Blender . Kipas Angin)  Mixer Mixer digunakan untuk mengaduk bahan makanan di dalam mangkok.1 Pembelajaran ini mencakup pencapaian kompetensi konsep rangkaian listrik 1. Materi ajar.

Kipas angin langit – langit . Macam – macam kipas angin antara lain: .  Kipas angin Prinsip kerja dari blender itu adalah mengubah tenaga listrik menjadi energi gerak (kinetik) yang menggunakan motor universal untuk menggerakkan pisau dalam blender itu tersebut yang terbuat dari baja. Kipas angin dinding (wallfan) .Kipas angin berdiri (standfan) . Prinsip kerja dari blender itu adalah mengubah tenaga listrik menjadi energi gerak (kinetik) yang menggunakan motor universal untuk menggerakkan pisau dalam blender itu tersebut yang terbuat dari baja.

Metoda Pembelajaran  Ceramah. IV. 1. 2.  Bertanggung Jawab. Model Pembelajaran.1.  Desiplin  Jujur  Bekerja sama. kompor listrik. Kipas angin duduk (deskfan) Nilai Budaya dan Karakter Bangsa :  Peserta didik di harapkan dapat melaksanakan. . (oven). Langkah-langkah Pembelajaran  Pertemuan . Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau . mesin cuci). kipas angin. mixer.  Tink quest  Praktik  Demonstrasi  Penugasan V.Memberikan (gambar umum) tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.Apersepsi. pemanggang roti. elemen motor lisrik (blender.

kompor listrik.  Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik mengerjakan mencoba saling menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Elaborasi :  Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif.  Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi . mixer.  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. pemanggang roti. kipas angin. tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga . elemen motor lisrik (blender. (oven). mesin B. sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan rumah tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.  Explorasi . Kegiatan Inti.

elemen motor lisrik (blender. kipas angin. mesin cuci). C. mixer.  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik . oven). mesin cuci. pemanggang roti. secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. kipas angin. mixer. oven). mixer. pemanggang roti. oven).  Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh pengajar Pengajar mendemonstrasikan cara mempersiapkan pekerjaan dasar perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.Kegiatan Akhir:  Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kipas angin.  Konfirmasi:  Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. elemen motor lisrik (blender. elemen motor lisrik (blender. kompor listrik.Peserta didik memperhatikan dengan serius  Pengajar menugaskan peserta didik untuk mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. pemanggang roti. mesin cuci). elemen motor lisrik (blender. kompor listrik. mesin cuci). pemanggang roti. kompor listrik. oven). kipas angin. mixer. kompor listrik.

 Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik mengerjakan mencoba saling menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif . 2.  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan rumah tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan B. pemanggang roti.  Explorasi .  Pertemuan. mesin cuci). kipas angin. kompor listrik.Apersepsi. Kegiatan Inti. mixer. elemen motor lisrik (blender. berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. oven). (oven). kompor listrik. elemen motor lisrik (blender. Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga . pemanggang roti.2 1. Memberikan (gambar umum) tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mesin cuci). mixer. kipas angin.

kipas angin. oven). Elaborasi :  Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. elemen motor lisrik (blender. oven). pemanggang roti. mesin cuci. elemen motor lisrik (blender. kompor listrik.Peserta didik memperhatikan dengan serius  Pengajar menugaskan peserta didik untuk mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mixer. kompor listrik.  Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. mixer. kipas angin. mesin cuci). pemanggang . pemanggang roti.  Konfirmasi:  Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kompor listrik.  Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh pengajar Pengajar mendemonstrasikan cara mempersiapkan pekerjaan dasar perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.

elemen motor lisrik (blender. elemen motor lisrik (blender.Memberikan (gambar umum) tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.  Pertemuan . oven). kipas angin. pemanggang roti. mesin cuci).3 1. . mesin cuci). kompor listrik.  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. (oven). kompor listrik. 2. kipas angin. sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan rumah tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT B. mesin cuci). Kegiatan Inti. mixer. pemanggang roti. mixer. oven). kipas angin.Kegiatan Akhir:  Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. roti. oven). C. mixer. kompor listrik. mesin cuci). mixer. elemen motor lisrik (blender. elemen motor lisrik (blender. kipas angin. pemanggang roti. Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga .Apersepsi.

 Konfirmasi:  Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. mesin cuci.  Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. Explorasi .  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. elemen motor lisrik (blender. oven). pemanggang roti. kompor listrik. mixer.  Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh pengajar .  Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik mengerjakan mencoba saling menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Elaborasi :  Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. kipas angin.

mesin cuci). pemanggang roti. mixer. mesin cuci). mixer. mesin cuci). kipas angin. elemen motor lisrik (blender.  Pertemuan.4 1. elemen motor lisrik (blender.  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. pemanggang roti. oven).Kegiatan Akhir:  Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. oven).Peserta didik memperhatikan dengan serius  Pengajar menugaskan peserta didik untuk mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kompor listrik. elemen motor lisrik (blender. mixer. C. Memberikan (gambar umum) tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan . kompor listrik. pemanggang roti. mixer.Apersepsi. Pengajar mendemonstrasikan cara mempersiapkan pekerjaan dasar perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kipas angin. oven). kipas angin. mesin cuci). oven). pemanggang roti. elemen motor lisrik (blender. kipas angin. kompor listrik. kompor listrik.

kompor listrik. elemen pemanas (seterika. Kegiatan Inti.  Peserta didik membentuk kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif.  Explorasi . pemanggang roti. (oven). Motivasi : Memberikan (gambar umum) mengulang kembali atau tayangan gambar bebagai jenis Peralatan rumah tangga . sebagai dasar Pelatihan bongkar pasang peralatan rumah tangga pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kipas angin. mixer. elemen motor lisrik (blender. pemanggang roti.  Peserta didik membentuk kelompok belajar berdiskusi untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik mengerjakan mencoba saling menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Elaborasi :  Peserta didik membentuk Ber diskusi tentang kejadian dalam Proses kelompok belajar menjadi 6 bagian dengan . 2. elemen motor lisrik (blender. mesin cuci). kipas angin. mesin B. mixer. (oven). kompor listrik.

oven). kipas angin.  Peserta didik mendengarkan apa yang diampaikan oleh pengajar Pengajar mendemonstrasikan cara mempersiapkan pekerjaan dasar perbaikan ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kompor listrik. mixer. C. mixer. elemen motor lisrik (blender. pemanggang roti.  Konfirmasi:  Pengajar menjelaskan tentang cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika.  Peserta didik mendefinisikan untuk mencari penyelesaian dalam mengerjakan dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif  Peserta didik memprestasikan dari hasil diskusi menyelesaikan pekerjaan tugas nya dengan membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. oven). membagi secara rata baik yang kreaktif maupun yang belum kreaktif. mesin cuci). pemanggang roti. oven). elemen motor lisrik (blender. kipas angin.Peserta didik memperhatikan dengan serius  Pengajar menugaskan peserta didik untuk mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kompor listrik. mesin cuci). elemen motor lisrik (blender. kipas angin.Kegiatan Akhir: . mesin cuci. kompor listrik. pemanggang roti. mixer.

ALRT komponen utama elemen motor listrik (blender. Alat/Bahan/Sumber Belajar  Alat .  Pengajar dan peserta didik merangkum apa yang telah dipraktikkan dan membuat laporan praktikPeserta didik berlatih kembali cara mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. Avometer  Bahan . mixer. Tespen . oven). mesin cuci)  Sumber Belajar . mixer. Tang kombinasi . pemanggang roti. kipas angin. oven) . mesin cuci). kompor listrik. Obeng + dan Obeng – . Modul “Alat Listrik Rumah Tangga” VII. ALRT komponen utama elemen pemanas (seterika. VI. oven). elemen motor lisrik (blender. Ujian Tertulis . pemanggang roti. mixer. mesin cuci). kipas angin. elemen motor lisrik (blender.  Peserta didik melakukan praktik mempersiapkan pekerjaan dasar memperbaiki ALRT yang menggunakan elemen pemanas (seterika. kompor listrik. kompor listrik. kipas angin. Penilaian  Teknik Penilaian : 1. pemanggang roti.

... Bagaimana cara mempersiapkan pekerjaan perbaikan ALRT ? 2............Pengamatan Afektif dan Psikomotorik : 20% SOAL 1......... Kompetensi Dasar : .... Ujian Lisan 3....... Sebutkan komponen-komponen yang digunakan untuk alat Pendingin ? 3. Pengamatan Afektif dan Psikomotorik  Bentuk Penilaian : 1.......... Apa yang di maksud dengan saklar manual ? dan sebutkan ! .. Apakah tujuannya menghubungi personil yang berwenang pada persiapan pelaksanaan perbaikan ALRT? 3. Apakah tujuan memeriksa jadual pemeliharaan ALRT ? 4.... Bagaimana cara memeriksa perkakas dan gawai uji yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan perbaikan ALRT? Lembaran Jawaban ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ________________________________ Lembaran Remedial Nama : .Ujian tertulis : 40% ..... Interview 3... Kelas : ................ Essay Test Uraian 2..... Jelaskan tentangbagian komponen pada alat Pemanas seta jelaskan? 2.... Bagaimana cara mempersiapkan material yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan perbaikan ALRT ? 5........ 1... 2...... Lembar Pengamatan Afektif dan Psikomotorik  Instrumen dan Pedoman Penilaian : .Ujian lisan : 40% ........

196002241985031007 Nip.Ed Sukardi S. Kunci jawaban JAWABAN 1. Tujuan menghubungi personil yang berwenang adalah untuk memastikan bahwa persiapan pelaksanaan terkoordinasi secara efektif degan pihak lain yang terkait seperti asisten bengkel. Bekerja dengan serius tidak bercanda Selalu memberitahukan pengajar praktik saat akan menguji peralatan. Pastikan perkakas dan gawai uji yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan perbaikan ALRT tidak mengalami kerusakan dan memiliki fungsi yang masih baik. Pemeriksaan jadual dilaksanakan agar pemeliharaan ALRT dapat dipenuhi sesuai kebutuhan dan persyaratan kerja. (20%) 2.196406011989031002 . Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya. (20%) Mengetahui Jakarta 15 Juni 2011 Kepala SMK N 5 Jakarta Penyusun RPP. Hubungi personil yang berwenang dan tanyakan material apa saja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan perbaikan ALRT. (20%) 5. Sugiarto M. H. Menggunakan pakaian kerja dan sepatu diwaktu praktikum. (20%) 4. Menghindari diri dari bahaya sengatan listrik. Dr. Membaca petunjuk pekerjaan dengan teliti. (20%) 3.Pd Nip.

Memiliki kemampuan mengidentifikasikan jenis – jenis peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan didalam permukaan 2. Memiliki kemampuan menguasai prosedur penyambungan kabel . Memiliki kemampuan menguasai prosedur penggunaan peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan didalam permukaan 3. Kompetensi Dasar : Memasang Instalasi Penerangan di Dalam Permukaan Indikator : 1. Memahami prosedur pemasangan instalasi listrik yang dilakukan sesuai dengan rangkaian yang dilaksanakan diluar permukaan. Memiliki kemampuan menguasai cara pemasangan peralatan instalasi penerangan didalam permukaan 4. Menganalisa rangkaian listrik di luar permukaan setelah terpasang. Menerapkan prosedur pemasangan yang direncanakan sesuai dengan rangkaian yang ditetapkan. Memahami cara menentukan jumlah kawat penghantar yang digunakan dalam rangkaian I. 3. Tujuan Pembelajaran Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar peserta didik : 1.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Penerangan Listrik Kelas / Semester : X/2 Mata Pelajaran : KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK Jumlah Pertemuan : 13 s/d 16 Standar Kompetensi : Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana. 4. 2.

Pendahuluan 1. Prosedur penggunaan peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan didalam permukaan 3. . Langkah – langkah Pembelajaran A. instalasi penerangan 5. Materi Ajar Pembelajaran ini mencakup pencapaian kompetensi konsep rangkaian listrik dengan materi sebagai berikut : 1. Prosedur penyambungan kabel instalasi penerangan 5. Tanya Jawab 3. Cara pemasangan peralatan instalasi penerangan didalam permukaan 4. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. Memiliki kemampuan menguasai prosedur pemasangan instalasi penerangan didalam permukaan II. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. 2. Jenis – jenis peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan didalam permukaan 2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Ceramah 2. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Metode Pembelajaran 1. Demonstrasi / peragaan V. 3. Diskusi 4. Prosedur pemasangan instalasi penerangan didalam permukaan III. Alokasi Waktu : 32 Jam Pelajaran IV. 4.

Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. prosedur pemasangan instalasi penerangan didalam permukaan 3. Guru menjelaskan materi tentang Jenis – jenis peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan didalam permukaan. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume . 2. 5 Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. Kegiatan Inti 1. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaikan guru. 5. cara pemasangan peralatan instalasi penerangan didalam permukaan. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan. prosedur penggunaan peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan didalam permukaan. prosedur penyambungan kabel instalasi penerangan. 4. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari. Penutup 1. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. di ruang praktikum. B. 6. 1. 2. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan. C. 8.

Sumber Belajar  Modul  Buku – buku yang relevan  Jobsheet  Internet VII...... Alat ~ Komputer / Note Book dan LCD B.......... Alat / Bahan / Sumber Belajar A.. Penilaian Lembaran Soal Nama : .... keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.. Apa yang dimaksud dengan Peralatan instalasi yang peralatan instalasi dipasang di dalam permukaan penerangan in-bow ? dinding/ tembok 20 ... VI..... Kompetensi Dasar : .......................... Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 1.......................... 2....... Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan....... Menutup pelajaran dengan berdoa. Kelas : ..... 3...

Apa keuntungan dipasang Pemasangan instalasi akan instalasi di dalam lebih aman. Bagaimana cara pemasangan Pemasangaannya harus meng- peralatan instalasi dalam gunakan pipa PVC yang dinding/ tembok ? ditanam di dalam tembok untuk 20 mempermudah dalam perbaikan instalasi 5. Bagaimana cara Dengan menggunakan kotak penyambungan kabel pada di sambung yang di letakkan di 20 dalam dinding/ tembok ? atas plafon Jumlah Skor Maksimal 100 Jumlah skor didapat Nilai Siswa =  Jumlah skor maksimal .2. karena tersembunyi dinding/tembok ? di dalam dinding/tembok 20 4. Jelaskan maksud dan tujuan Tujuannya untuk kerapihan dan dipasang instalasi in-bow keindahan ruangan karena pada instalasi penerangan ? pemasangan penghantar/kabel berada di dalam 20 dinding/tembok 3.

....2011 Ka.Pd NIP/NRK. Jakarta.. Program Teknik Listrik Guru Produktif Sukardi.Pd Risma Sianturi.. 132063307/155353 .. S. Mengetahui. 131864218/153737 NIP/NRK............. .... S.....

3. Memiliki kemampuan menguasai prosedur penyambungan kabel instalasi penerangan 5.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Penerangan Listrik Kelas / Semester : X / 1 dan 2 Mata Pelajaran : KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK Jumlah Pertemuan : 9 s/d 12 Standar Kompetensi : Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana. Tujuan Pembelajaran Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar peserta didik : 1. Menganalisa rangkaian listrik di luar permukaan setelah terpasang. 2. Memiliki kemampuan menguasai cara pemasangan peralatan instalasi penerangan diluar permukaan 4. Memiliki kemampuan menguasai prosedur pemasangan instalasi . Kompetensi Dasar : Memasang instalasi penerangan di luar permukaan Indikator : 1. Memahami prosedur pemasangan instalasi listrik yang dilakukan sesuai dengan rangkaian yang dilaksanakan di luar permukaan. IV. Memiliki kemampuan mengidentifikasikan jenis – jenis peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan diluar permukaan 2. Memiliki kemampuan menguasai prosedur penggunaan peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan diluar permukaan 3. Menerapkan prosedur pemasangan yang direncanakan sesuai dengan rangkaian yang ditetapkan.

3. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Prosedur penggunaan peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan diluar permukaan 3. Pendahuluan 1. Ceramah 2. Alokasi Waktu : 32 Jam Pelajaran IV. Langkah – langkah Pembelajaran A. Materi Ajar Pembelajaran ini mencakup pencapaian kompetensi konsep rangkaian listrik dengan materi sebagai berikut : 1. Cara pemasangan peralatan instalasi penerangan diluar permukaan 4. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. 2. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. penerangan diluar permukaan V. Prosedur pemasangan instalasi penerangan diluar permukaan VI. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. 4. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Metode Pembelajaran 1. Jenis – jenis peralatan yang digunakan dalam pemasangan instalasi penerangan diluar permukaan 2. 5. . 6. Diskusi 4. Tanya Jawab 3. Demonstrasi / peragaan V. Prosedur penyambungan kabel instalasi penerangan 5.

Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. 7. Alat / Bahan / Sumber Belajar . Penutup 1. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. Guru menjelaskan materi tentang Prosedur perencanaan instalasi penerangan 1 fasa. peralatan gambar teknik dan penggunaannya. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. 6. 5. VI. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan. Menutup pelajaran dengan berdoa. 3. Kegiatan Inti 1. B. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari. 8. C. simbol – simbol satu garis dan pengawatan peralatan instalasi penerangan 1 fasa. 2. 4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaikan guru. prosedur pembuatan gambar rencana instalasi penerangan 3. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. 2.

Alat ~ Komputer / Note Book dan LCD B. Sumber Belajar  Modul  Buku – buku yang relevan  Jobsheet  Internet  Wall Chart .A.

... Kompetensi Dasar : ......... Apa keuntungan dipasang Pemasangannya lebih instalasi di luar mudah karena tanpa dinding/tembok ? membongkar 20 dinding/tembok 4...bow ? permukaan 20 dinding/tembok 2............. Jelaskan maksud dan Tujuannya untuk tujuan dipasang instalasi mempermudah perbaikan out-bow pada instalasi karena pemasangan 20 penerangan ? penghantar/kabel berada di luar dinding/tembok 3....... Apa yang dimaksud Peralatan instalasi yang dengan peralatan instalasi dipasang diluar penerangan out.....................VII.. Penilaian Lembaran Soal Nama : ..... 20 sehingga terlihat rapi Jumlah Skor Maksimal 100 Jumlah skor didapat Nilai Siswa =  Jumlah skor maksimal .. Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 1.... Bagaimana cara Dengan menggunakan penyambungan kabel pada kotak sambung yang di luar dinding/tembok ? cocok dengan kanalnya....................... Kelas : ....... Bagaimana cara Pemasangaannya harus pemasangan peralatan meng-gunakan kanal instalasi di luar dinding/ supaya terlihat rapi 20 tembok ? 5......

..Pd NIP/NRK..... S.. .Pd Risma Sianturi...... Mengetahui... Program Teknik Listrik Guru Produktif Sukardi... 131864218/153737 NIP/NRK. Jakarta..2011 Ka.......... S. 132063307/155353 .

I. Tujuan Pembelajaran Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar peserta didik : 1. Perhitungan rekapitulasi daya instalasi penerangan 3 fasa . Kompetensi Dasar : Menggambar Rencana Instalasi Penerangan 3 Fasa Indikator : 1. Standardisasi gambar perencanaan instalasi penerangan 3 fasa 2. Materi Ajar Pembelajaran ini mencakup pencapaian kompetensi konsep rangkaian listrik dengan materi sebagai berikut : 1. Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Penerangan Listrik Kelas / Semester : X / 1 dan 2 Mata Pelajaran : KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK Jumlah Pertemuan : 3 s/d 6 Standar Kompetensi : Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat. Memahami dan menerapkan metode menggambar yang benar sesuai dengan standardisasi gambar. 2. Memiliki kemampuan menguasai prosedur perencanaan instalasi penerangan 3 fasa yang sesuia standardisasi gambar 2. Mampu merangkai rangkaian instalasi listrik sesuai dengan gambar/layout yang direncanakan. Memiliki kemampuan dalam menghitung rekapitulasi daya yang sesuai dengan kapasitas daya PLN 3. Mampu merencanakan rekapitulasi daya instalasi penerangan listrik yang sesuai dengan kapasitas daya standar PLN. 3. Memiliki kemampuan menerapkan gambar/layout instalasi penerangan listrik sesuai rencana II.

Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaikan guru. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. B. Pendahuluan 1. 4. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. Diskusi 4. 6. Ceramah 2. 3. 2. Langkah – langkah Pembelajaran A. Menggambar layout instalasi penerangan 3 fasa sesuai dengan denah rumah III. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. . Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. Alokasi Waktu : 32 Jam Pelajaran IV. 2. 4. Tanya Jawab 3. Demonstrasi / peragaan V. 5. 3. Metode Pembelajaran 1. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Kegiatan Inti 1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. prosedur pembuatan gambar rencana instalasi penerangan 3. Guru menjelaskan materi tentang prosedur perencanaan instalasi penerangan 1 fasa. peralatan gambar teknik dan penggunaannya. simbol – simbol satu garis dan pengawatan peralatan instalasi penerangan 1 fasa.

Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. 4. Sumber Belajar  Modul  Buku – buku yang relevan  Jobsheet  Internet  Wall Chart VII. Menutup pelajaran dengan berdoa. Penutup 1. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. di ruang praktikum. Penilaian . VI. 2. Alat / Bahan / Sumber Belajar A. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan. 3. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. Alat ~ Komputer / Note Book dan LCD B. C. 8. 5. 6.

.... dan instalasi penerangan 1 besar daya pada tiap titik 20 fasa ? beban 5...... Bagaimana cara Berdasarkan jumlah titik menentukan jumlah beban untuk satu kelompok kelompok beban pada maksimal 10 titik beban.......... .. mengetahui perencanaan instalasi denah rumah..... alat tulis 20 dibutuhkan untuk (pensil/Drawing pen)................................. Apa fungsi saklar pada Untuk instalasi penerangan ? menghidupkan/mematikan peralatan instalasi 20 penerangan 2.. menentukan 20 penerangan 1 fasa ? titik letak peralatan instalasi penerangan 4........... Sebutkan peralatan Media gambar/kertas gambar yang gambar/ kalkir.....Lembaran Soal Nama : ..... Skor Skor No Soal Uraian Jawaban Maks Siswa 1. Jelaskan prosedur Mengetahui lokasi pembuatan pemasangan............ Kompetensi Dasar : . Kelas : ......... Saklar apa saja yang Saklar tunggal atau saklar digunakan pada kontak pada kotak kontak 20 instalasi penerangan ? 3.

.... Program Teknik Listrik Guru Produktif Sukardi.. ....Pd Risma Sianturi.. penghapus...Pd NIP/NRK..... Jakarta....... 132063307/155353 . S. membuat perencanaan penggaris.dll gambar instalasi penerangan ? Jumlah Skor Maksimal 100 Jumlah skor didapat Nilai Siswa =  Jumlah skor maksimal Mengetahui... 131864218/153737 NIP/NRK.. S..2011 Ka..

Memiliki kemampuan mengidentifikasikan pengertian dan jenis – jenis instalasi penerangan 3 fasa 2. Prinsip kerja peralatan utama instalasi penerangan 3 fasa . Jenis – jenis peralatan utama instalasi penerangan 3 fasa 3.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester : X / 1 dan 2 Mata Pelajaran : KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK Jumlah Pertemuan : 1 s/d 2 Standar Kompetensi : Memasang Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Bertingkat. Memiliki kemampuan menguasai prinsip kerja dari peralatan instalasi penerangan 3 fasa II Materi Ajar Pembelajaran ini mencakup pencapaian kompetensi konsep rangkaian listrik dengan materi sebagai berikut : 1. 2. Memahami pemilihan peralatan utama instalasi penerangan listrik 3 fasa yang tepat. Kompetensi Dasar : Memahami pemasangan instalasi penerangan listrik 3 fasa Indikator : 1. I. 3. Pengertian dan jenis – jenis instalasi penerangan 3 fasa 2. Tujuan Pembelajaran Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar peserta didik : 1. Memiliki kemampuan mengidentifikasikan jenis – jenis peralatan utama instalasi penerangan 3 fasa 3. Prinsip kerja Instalasi penerangan 3 fasa dipahami dengan benar. Memahami penerapan PUIL1977 & PUIL 2000 terhadap Instalasi penerangan 3 fasa.

3. Guru menjelaskan materi tentang jenis – jenis instalasi penerangan 1 fasa. Langkah – langkah Pembelajaran A. jenis-jenis peralatan instalasi penerangan 1 fasa. prinsip kerja peralatan instalasi penerangan 1 fasa. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari. Pendahuluan 1. perhitungan pengelompokan penerangan instalasi penerangan 1 fasa 3. Kegiatan Inti 1. Ceramah 2. Peraturan instalasi penerangan 3 fasa III. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. 5. B. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. 5. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaikan guru. 4. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. 2. Demonstrasi / peragaan V. Diskusi 4. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. 6. 2. Tanya Jawab 3. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. Alokasi Waktu : 16 Jam Pelajaran IV. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. . Metode Pembelajaran 1. 4. 4.

.. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. Alat / Bahan / Sumber Belajar A....... Skor Skor No Uraian Jawaban Soal Maks Siswa ......... Sumber Belajar  Modul  Buku – buku yang relevan  Jobsheet  Internet  Wall chart VII.. 3. Penutup 1.. Menutup pelajaran dengan berdoa. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.. Penilaian Lembaran Soal Nama : ............ Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran................. 6. VI..... Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan....... Alat ~ Komputer / Note Book dan LCD B..... Kompetensi Dasar : ........... C..... Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum.. 7.. Kelas : .. 8... 2...............

Berapa banyak Terdiri atas dua kelompok pembagian kelompok beban. Bagaimana pembagian Dengan memperhatikan kelompok untuk besar daya yang dimiliki peralatan instalasi oleh peralatan instalasi 20 penerangan 1 fasa ? penerangan 5. Jelaskan jenis-jenis Pemasangan in-bow dan pemasangan pada pemasangan out-bow instalasi penerangan 20 listrik berdasarkan letaknya ! 2.59 A tersebut ? 3.1. karena untuk satu beban untuk 18 titik kelompok maksimal 10 20 beban ? titik beban Jumlah Skor Maksimal 100 . Dit : I ? berapa arus yang I = P/V = 350/220 = 20 mengalir pada pomapa air 1. Bagaimana prinsip kerja Prinsip kerjanya dari pompa air ? berdasarkan putaran motor listrik yang 20 memutar baling penyedot air 4. Sebuah pompa air dengan Dik : P = 350 W daya 350 Watt diberi V = 220 V tegangan 220 Volt.

.. 131864218/153737 NIP/NRK.. ...Pd NIP/NRK....2011 Ka..Pd Risma Sianturi. Jumlah skor didapat Nilai Siswa =  Jumlah skor maksimal Mengetahui.... S. Jakarta.... S.. 132063307/155353 ........... Program Teknik Listrik Guru Produktif Sukardi.

Kompetensi Dasar : Memasang beban listrik penerangan 1 fase di dalam sistem 3 fase Indikator : 1. 3. 2. Pengetahuan tentang persyaratan pemasanagan beban sistem 3 fase . Tujuan Pembelajaran Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar peserta didik : 1. Menguasai pengetahuan tentang persyaratan pemasangan beban 3 fasa.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Penerangan Listrik Kelas / Semester : X/2 Mata Pelajaran : KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK Jumlah Pertemuan : 13 s/d 16 Standar Kompetensi : Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat. Memiliki kemampuan melakukan pemasangan instalasi penerangan 1 fase didalam sistem 3 fase 4. Memiliki kemampuan menguasai pengetahuan tentang persyaratan pemasangan beban sistem 3 fasa. Prosedur K3 dalam pemasangan Instalasi Penerangan 4. Memiliki kemampuan melakukan pengujian hasil pemasangan Beban listrik penerangan 1 fase didalam sistem 3 fase V. Memahami prosedur K3 untuk memasang instalasi penerangan. Materi Ajar Pembelajaran ini mencakup pencapaian kompetensi konsep rangkaian listrik dengan materi sebagai berikut : 3. IV. Memahami prosedur K3 untuk memasang instalasi penerangan. 2.

VI. Alokasi Waktu : 32 Jam Pelajaran

IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Demonstrasi / peragaan

V. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan
1. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan
kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.
2. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran.
3. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran.
4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik.
6. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan
materi yang akan diberikan.

B. Kegiatan Inti
1. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari.
2. Guru menjelaskan materi tentang Prosedur K3 dalam pemasangan
Instalasi Penerangan, Pengetahuan tentang persyaratan pemasanagan
beban sistem 3 fase
3. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan.
4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal
materi yang disampaikan guru.
6 Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang
diberikan guru.
7 Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi
yang diberikan.

8 Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang
diberikan.
di ruang praktikum.
8. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat
pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.

C. Penutup
1. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan
cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses
pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume
keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan
pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran.
2. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah
disampaikan.
3. Menutup pelajaran dengan berdoa.

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
A. Alat
~ Komputer / Note Book dan LCD
B. Sumber Belajar
 Modul
 Buku – buku yang relevan
 Jobsheet
 Internet

VII. Penilaian
Lembaran Soal
Nama : ................................
Kelas : ................................
Kompetensi Dasar : ................................

Skor Skor
No Soal Uraian Jawaban
Maks Siswa

1. Apa yang dimaksud dengan Peralatan instalasi yang
peralatan instalasi dipasang di dalam permukaan
20
penerangan in-bow ? dinding/ tembok

2. Jelaskan maksud dan tujuan Tujuannya untuk kerapihan dan
dipasang instalasi in-bow keindahan ruangan karena
pada instalasi penerangan ? pemasangan penghantar/kabel
20
berada di dalam
dinding/tembok
3. Apa keuntungan dipasang Pemasangan instalasi akan
instalasi di dalam lebih aman, karena tersembunyi
20
dinding/tembok ? di dalam dinding/tembok

4. Bagaimana cara pemasangan Pemasangaannya harus meng-
peralatan instalasi dalam gunakan pipa PVC yang
dinding/ tembok ? ditanam di dalam tembok untuk
20
mempermudah dalam
perbaikan instalasi
5. Bagaimana cara Dengan menggunakan kotak
penyambungan kabel pada di sambung yang di letakkan di
20
dalam dinding/ tembok ? atas plafon

Jumlah Skor Maksimal 100

Jumlah skor didapat
Nilai Siswa = 
Jumlah skor maksimal

S... . S. Mengetahui....2011 Ka..Pd Risma Sianturi.. Program Teknik Listrik Guru Produktif Sukardi.......Pd NIP/NRK.. 131864218/153737 NIP/NRK............ 132063307/155353 . Jakarta..

Memiliki kemampuan mengidentifikasikan jenis – jenis instalasi penerangan 1 fasa 5. Prinsip kerja Instalasi penerangan 1 fasa dipahami dengan benar. I. Memahami pemilihan komponen – komponen instalasi penerangan listrik 1 fasa yang tepat. 3. Tujuan Pembelajaran Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar peserta didik : 4. Kompetensi Dasar : Memahami pemasangan instalasi penerangan listrik 1 fasa Indikator : 1. Memiliki kemampuan mmenguasai cara perhitungan pengelompokkan beban instalasi penerangan 1 fasa II Materi Ajar Pembelajaran ini mencakup pencapaian kompetensi konsep rangkaian listrik dengan materi sebagai berikut : 8. Memiliki kemampuan mengidentifikasikan jenis – jenis peralatan instalasi penerangan 1 fasa 6. Memiliki kemampuan menguasai prinsip kerja dari peralatan instalasi penerangan 1 fasa 7. 2.Nama Sekolah : SMK Kompetensi Keahlian : Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas / Semester : X / 1 dan 2 Mata Pelajaran : KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK Jumlah Pertemuan : 1 s/d 2 Standar Kompetensi : Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana. Jenis – jenis instalasi penerangan 1 fasa . Memahami penerapan PUIL1977 & PUIL 2000 terhadap Instalasi penerangan 1 fasa.

6. 5. Jenis – jenis peralatan instalasi penerangan 1 fasa 10. Alokasi Waktu : 16 Jam Pelajaran IV. Tanya Jawab 3. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya perihal materi yang disampaikan guru. jenis-jenis peralatan instalasi penerangan 1 fasa. prinsip kerja peralatan instalasi penerangan 1 fasa. Pendahuluan 1. 4. 4. Langkah – langkah Pembelajaran A. Perhitungan pengelompokan penerangan instalasi penerangan 1 fasa III. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Metode Pembelajaran 1. 2. Peserta didik menyimak materi yang harus dipelajari. 2. Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan. Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Diskusi 4. Ceramah 2. Guru memperagakan bahan materi yang sedang dijelaskan. Kegiatan Inti 1. Guru menjelaskan materi tentang jenis – jenis instalasi penerangan 1 fasa. Peserta didik menyimak silabus pembelajaran. 9. Prinsip kerja peralatan instalasi penerangan 1 fasa 11. perhitungan pengelompokan penerangan instalasi penerangan 1 fasa 3. . B. Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik. Guru mengabsen peserta didik yang hadir mengikuti pembelajaran. 3. Demonstrasi / peragaan V.

5. 8. C. 6. Alat ~ Komputer / Note Book dan LCD B. Pemberian tugas terstruktur berdasarkan materi yang telah disampaikan. Peserta didik mencatat spesifikasi materi pembelajaran yang diberikan guru. Penutup 1. 2. Guru memberikan tugas latihan kepada peserta didik tentang materi yang diberikan. Sumber Belajar  Modul  Buku – buku yang relevan  Jobsheet  Internet  Wall chart VII. Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa untuk melihat pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. VI. Peserta didik melakukan peragaan atau mempraktekkan materi yang diberikan di ruang praktikum. Melakukan refleksi proses pembelajaran secara keseluruhan dengan cara meminta peserta didik memberikan komentar tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung dan guru memberikan resume keseluruhan pembelajaran untuk peningkatan dan penguatan pencapaian hasil dan tujuan pembelajaran. 3. Alat / Bahan / Sumber Belajar A. 7. Penilaian Lembaran Soal . Menutup pelajaran dengan berdoa.

.... Kompetensi Dasar : ... Skor Skor No Uraian Jawaban Soal Maks Siswa 1........ Bagaimana prinsip kerja Prinsip kerjanya dari pompa air ? berdasarkan putaran motor listrik yang 20 memutar baling penyedot air 4............ Kelas : .................... Sebuah pompa air dengan Dik : P = 350 W daya 350 Watt diberi V = 220 V tegangan 220 Volt......... karena untuk satu beban untuk 18 titik kelompok maksimal 10 20 beban ? titik beban ..59 A tersebut ? 3............ Bagaimana pembagian Dengan memperhatikan kelompok untuk besar daya yang dimiliki peralatan instalasi oleh peralatan instalasi 20 penerangan 1 fasa ? penerangan 5....... Berapa banyak Terdiri atas dua kelompok pembagian kelompok beban. Jelaskan jenis-jenis Pemasangan in-bow dan pemasangan pada pemasangan out-bow instalasi penerangan 20 listrik berdasarkan letaknya ! 2......... Dit : I ? berapa arus yang I = P/V = 350/220 = 20 mengalir pada pomapa air 1.......Nama : ...........

... 131864218/153737 NIP/NRK. Jakarta.. 132063307/155353 ..Pd NIP/NRK. S............Pd Risma Sianturi.2011 Ka. Program Teknik Listrik Guru Produktif Sukardi...... S.....Jumlah Skor Maksimal 100 Jumlah skor didapat Nilai Siswa =  Jumlah skor maksimal Mengetahui.. .