You are on page 1of 8

1.

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan
antara individu dengan kelompok maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya
Pendapat tersebut menurut ……..

a. Gilllin nd Gillin

b. Soeryono Soekanto

c. Peter Berger

d. Buhler

e. Kimballyoung dan Raymond W.Mack

2. Erik mengubah penampilannya mulai dari cara berpakaian , model rambut , berjalan
seperti penyanyi yang ia kagumi . Ini merupakan contoh dari ….

a. Imitasi

b. Sugesti

c. Simpati

d. Identifikasi

e. Motivasi

3. Suatu komunikasi dapat di katakana efektif apabila berdaya guna dan berhasil guna .
Berhasil guna mempunyai maksud …

a. Bermanfaat untuk orang lain

b. Apabila disampaikan secara praktis

c. Mengandung maksud dan tujuan yang jelas

d. Tidak terjadi kesalah pahaman

e. Apabila bersifat rasional

4. Dalam proses sosialisasi yang dipelajari adalah ….

a. Tindakan warga masyarakat

b. Pengenalan tentang nilai dan norma kelompok masyarakat

c. Tindakan kelompok masyarakat

d. Kelompok-kelompok dalam masyarakat

Disosiatif e. Interaksi sosial b. Adanya kebutuhan manusia yang tidak seimbang c. Faktor sosiologis d. Faktor yang mempengaruhi langsung terhadap pembentukan kepribadian seseorang adalah … a. Naluri e. a. e. Asosiatif c. Hasrat manusia 2. Prosessosial yang cenderung membawa kelompok kea rah perpecahan dan merenggangkan solidaritas anggota kelompok di namakan …. a. Faktor spikologis c. Desakan dari kaum kapitalis b. Keinginan manusia c. Sosialisasi d. Faktor biologis b. Kesenjangan antara masyarakat kaya dan miskin . a. Ambisi manusia e. Banyaknya konglomerat d. Suatu rasa yang timbul secara alami dalam diri manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang diperlukan dalam kehidupannya di sebut …. Naluri manusia b. Kebutuhan manusia d. Internasional 2. Keturunan 2. Salah satu penyebab timbulnya kelangkaan adalah …. Hal yang berguna dan tidak berguna 2.

Place utility c. [1] dan [2] c. e. Untuk masyarakat e. Time utility d. a. a. Pemakaian barang dalam persediaan b. [1] dan [3] e. “ Untuk siapa berproduksi “ merujuk pada …. Sebuah lempenganbesi setelah di tempa dan diubah bentuknya menjadi sebilah pisau . a. Masalah penyaluran hadil produksi kepada para konsumen d. Mempersiapkan barang untuk produksi berikutnya . From utility e. [3] dan [4] 10. Tujuan kegiatan konsumsi adalah …. Ownership utility b.. ini termasuk …. Masyarakat kaya tidak mau berbagi dengan masyarakat miskin Berikut daftar barang : [1] Kopidan teh [3] Minyak goring dan mentega [2] Bus dan solar [4] Kompor gas dan tabung gas Dari daftar di atas yang termasuk benda komplementer adalah …. a. [2] dan [4] b. Kombinasi sumber daya dan teknik yang harus digunakan c.. Form utility 11. [2] dan [3] d. Barang dan jasa mana yang harus diproduksi 12. Seberapa banyak kebutuhan orang –orang harus dipenuhi b. Memuaskan kebutuhan secara langsung c. maka nilai gunanaya akan menjadi lebih besar .

Struktur sosial b. Posisi atau kedudukan yang disandang seseorang dalam masyarakat di sebut …. d. a. Motif keuangan d. Struktur sosial 2. Achieved status . Konflik sosial c. Ascribed status c. Proses sosial b. a. Jenis-jenis sosial e. Motif rasional e. Kkonflik sosial 2. Memasukkan factor produksi dalam kegiatan produksi e. Mempersiapkan barang untuk dikonsumsi 2. Status sosial yang diperoleh dengan cara diperjuangkan terlebih dahulu di sebut …. Prinsip ekonomi b. Motif ekonomi c. Memperoleh pendapatan yang optimal dengan pengorbanan yang minimal merupakan suatu tindakan yang berdasarkan …. Yang dimaksud dengan susunan masyarakat secara hierarkis . a. Stratifikasi sosial c. Motif irasional 2. Interaksi sosial d. Status sosial d. Status sosial b. Peran sosial e. baik vertical maupun horizontal adalah … a.

Sorakin b. Ras 19. Etnis d. Max Heber c. Profesi c. Diferensiasi ras d. Suatu keadaan sosial dimana hubungan sosial yang berlangsung diantara anggota masyarakat berlangsung selaras . Statifikasi sosial terbuka c. Pitiram A. sedangkan orang Jawa cenderung ikhlas menerima kenyataan dengan sabar . Soerjono Soekanto e. Stratifikasi tertutup 2. serasi dan harmonis dinamakan …. Konflik sosial . Klam b. Stratifikasi sosial 2. a. Selo Sumarjan 2. Assigned status e. a. Aristoteles d. Pada umumnya orang Madura terkenal ulet dan gigih . Pelapisan sosial yang anggota dari setiap stratanya sulit mengadakan mobilitas vertical adalah … a. Stratifikasi sosial campuran b. a. d. Penggolongan atau perbedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas sosial yang tersusun secara bertingkat adalah pendapat dari …. Interaksi sosial b.. Budaya e. Diferensiasi agama e. Gambaran tersebut menunjukkan pola diferensiasi sosial berdasarkan ….

Dalam konflik destruktif dikenal adanya konflik emosional destruktif . Sossialisasi e. Disosiatif b. c. Internalisasi c. Perbredaan pendapat d. Dapat merugikan pihak lain . Ditinjau dari segi ketentraman sosial perkelahian antar pelajar yang berlangsung di jalan raya merupakan bentuk menyimpang karena tindakan tersebut …. a. Proses interaksi yang cenderung membawa kelompok kearah perpecahan sehingga merenggangkan solidaritas kelompok dinamakan proses …. Konfirmasi d. a. Konfrontasi b. Perbedaan kepentingan 2. Perbedaan tujuan c. Melanggar ketertiban umum b. Perasaan tidak senang e. misalnya …. Integrasi sosial e. Eksternalisasi d. Konflik 2. Perbedaan ide b. a. Suatu proses antara individu atau kelompok yang berusaha memenuhi tujuannya ddengan jalan menentang pihak lawan dan disertai ancaman disebut …. Keteraturan sosial d. Kekerasan e. a. Asosiatif 2. Perkelahian c. Pengawasan sosial 20.

Gender e. Sikap tertutup masyarakat terhadap niali-nilai baru yang lebih canggih b. ekonomi dan budayanya homogen e. Politik 2. Faktor-faktorpenyebab terjadinya stratifikasi sangat terbatas c. Hal ini terjadi karena …. Kondisi sosial . Kuatnya pengaruh globalisasi dan demokratisasi e. Sikap tertutup masyarakat terhadap niali-nilai baru yang lebih canggih b. Bertentangan dengan norma masyarakat d. Penyebab utama konflik antar etnis yang sering terjadi belakangan ini adalah …. Cepatnya perkembangan IPTEK 27. Perilaku yang melanggar hukum 2. Masyarakat yang memandang lulusan Sarjana dihargai dan pada lulusan SMAmerupakan bentuk pelapisan sosial yang berdasarkan …. Ekonomi b. system pelapisan sosialnya sederhana dan tidak ekstrim . Proses sosialisasi dan interaksi sosial dengan dunia luar amat lamban 2. a. Masyarakatnya mengalami stagnasi b. Dalam kehidupan masyarakat desa yang terisolir . c. a. Kuatnya pengaruh materialisme dan kesenjangan ekonomi sosial dan budaya d. a. a. Intelektual c. Banyaknya tindak kejahatan yang bersifat masal . Ditentang aparatur Negara e. Penyebab utama konflik antar etnis yang sering terjadi belakangan ini adalah …. Sosiokultural d. Warga masyarakatnya pasif dan kurang kreatif d. Banyaknya tindak kejahatan yang bersifat masal c.

a. Terdiri atas dua kelompok atau lebih e. Paguyupan e. Masyarakat multicultural atau masyarakat majemuk merupakan masyarakat yang …. Gesselschaft d. Kuatnya pengaruh materialisme dan kesenjangan ekonomi sosial dan budaya d. Tinggal menetap pada daerah-daerah terpisah b. c. Sekunder group e. baik sosial maupun cultural d. Kuatnya pengaruh globalisasi dan demokratisasi e. Gemeinschaft c. Memiliki keunikan cirri . Patembayan . a. Patembayan d. Membershipgroup b. In group 2. Paguyupan c. Ditandai adanya perbedaan 29. Bentuk kehidupan bersama yang anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin dan bersifat alamiyah dengan dasar hubungan rasa cinta dan rasa persatuan disebut …. Member ship group b. Suatu kelompok yang terbentuk karena seringnya ada pertemuan yang berulang kali dengan kepentingan yang sama disebut …. Cepatnya perkembangan IPTEK 28. a. Terdiri atas penduduk yang jmlahnya besar c.